SI1321476877

Dari widuri
Revisi per 14 Desember 2017 13.29 oleh Mei (bicara | kontrib)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI SARANA

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK

YUPPENTEK 2 CURUG KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :


NIM
: 1321476877
NAMA



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2017/2018)



LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


LAPORAN KERJA KULIAH PRAKTEK PADA BAGIAN

MEDIA DESAIN VISUAL DI BADAN PERTANAHAN

NASIONAL KOTA TANGERANG


Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting

STMIK Raharja Tahun Akademik 2016/2017.


Tangerang, Januari 2017


Dosen Pembimbing


( Triyono, S.Kom)

05078


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1321476877
Nama
: Mei Ermawati
Jenjang
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting

Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2017
Mei Ermawati
NIM. 1321476877

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi saat ini khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi sudah berkembang sangat pesat terutama dalam bidang multimedia. Karena inilah suatu lembaga pendidikan khususnya dituntut untuk mengembangkan informasi dari berbagai media yang sesuai dengan perkermbangan jaman. Media promosi dan informasi sangatlah dibutuhkan, untuk itulah media promosi harus dibuat yang interaktif dan efisien agar dapat menarik siswa-siswi baru. Salah satu media yang interaktif dan efisien adalah media video promosi. SMK YUPPENTEK 2 CURUG KABUPATEN TANGERANG, adalah lembaga atau institusi pendidikan yang selalu bersaing demi meningkatkan kualitas pendidikan di era globalisasi saat ini. Namun disayangkan, untuk saat ini sekolah tersebut belum mempunyai media video promosi yang lengkap dan efektif tentang profile sekolah tersebut sekaligus dapat menjadi sarana promosi kepada masyarakat luas. Maka dari itu sekolah tersebut membutuhkan sebuah penelitian dengan judul “PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK YUPPENTEK 2 CURUG KABUPATEN TANGERANG”, sebagai media promosi ini serta informasi yang dapat diihat oleh masyarakat luas. Dengan metode audio visual diharapkan dapat memberikan informasi dan promosi yang efektif. Sehingga hasil akhir yang dicapai penulis dari laporan skripsi ini yaitu terciptanya sebuah rancangan media informasi dan promosi berbentuk media video profile yang sesuai dan efektif dengan kebutuhan sehingga mampu meningkatkan target pemasaran.

Kata kunci : Media, Promosi, Video Profile

ABSTRACT

Current technological developments, especially in the field of information and communication has grown very rapidly, especially in the field of multimedia. Because this is an educational institution in particular is required to develop information from various media in accordance with the development of the era. Media promotion and information is needed, for that campaign media must be made interactive and efficient in order to attract new students. One of the interactive and efficient media is the promotional video media. SMK YUPPENTEK 2 CURUG TANGERANG REGENCY, is an institution or educational institution that always compete in order to improve the quality of education in the current era of globalization. Unfortunately, for now the school does not have a complete and effective video promotion media about the school profile as well as can be a means of promotion to the public. Therefore the school requires a study entitled "DESIGN OF VIDEO PROFILE MEDIA AS A SUPPORT FOR INFORMATION AND PROMOTION IN SMK YUPPENTEK 2 CURUG DISTRICT TANGERANG", as a media campaign and information that can be seen by the public. With audio visual method is expected to provide information and effective promotion. So the final results achieved by the authors of this thesis report is the creation of an information media design and promotion in the form of video media profile appropriate and effective with the needs so as to increase the target marketing.

Keywords: Media, Promotion, Video Profile


KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini, yang berjudul “ Perancangan Media Video Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi Pada SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang ” di STMIK RAHARJA dengan tujuan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu dengan baik dan tepat waktu.

Dalam menyusun laporan Skripsi ini penulis menyadari bahwa masih banyak kesulitan dan kekurangan di pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang penulis miliki, oleh karna itu tidak lepas dari bimbingan dan bantuan serta arahan dari yang telah membantu menyelesaikan tugas si penulis. Maka pada kesempatan kali ini penulis ingin mengucapkan terimkasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I. Kom, selaku Pembimbing I, yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya dalam membimbing selama melakukan Penelitian Skripsi.
  5. Bapak Triyono S.Kom, selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan arahan dan motivasi untuk kelancaran penyusunan Penelitian Skripsi ini.
  6. Bapak Nilam,Drs.,SH selaku Kepala Sekolah SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang.
  7. Ibu Heppy Familiana,ST dan Bapak Tata Sopiyan,ST selaku Stackholder dan pembimbing lapangan dari SMK Yuppentek 2 Curug Kabupaten Tangerang yang telah membantu dan memberikan ijin selama melakukan Observasi Penelitian Skripsi pengambilan gambar dan pembuatan video.
  8. Bapak dan Ibu Dosen STMIK RAHARJA yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  9. Kedua orang tua saya, adik serta keluarga, yang selalu mendo’akan yang terbaik dan memberikan support untuk saya.
  10. Pipin Maulida yang selalu membantu dalam mengerjakan laporan skripsi ini.
  11. Irfan Apriatna yang selalu memberikan motivasi dan dukungannya serta waktu nya untuk membantu pembuatan laporan skripsi ini.
  12. Sahabat-sahabat penulis yang sudah membantu dan memberi dukungan selama pembuatan Skripsi dan dalam pembuatan laporan.

  13. Penulis menyadari penulis tidaklah sempurna dalam penulisan ini, apabila nantinya terdapat kekeliruan dalam penulisan laporan Skripsi ini penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya. Akhir kata semoga Laporan Skripsi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi penulis dan kita semua. .

    Tangerang, Januari 2016
    Mei Ermawati
    NIM. 1321476877

    DAFTAR GAMBAR

    Gambar 3.1 Struktur Organisasi

    Gambar 3.2 Skema Alur Kerja

    Gambar 3.3 Alur Kerja

    Gambar 3.4 Design X Banner

    Gambar 3.5 Design Kartu Nama

    Gambar 3.6 Design Jam Dinding

    Gambar 3.7 Design Pin atau Bross

    Gambar 3.8 Design Id Card

    Gambar 3.8 Design Spanduk Ramadhan

    Gambar 3.8 Design Kop Surat dan Amplop

    Gambar 3.8 Design Banner Kota BPN

    Gambar 3.8 Design Kartu Parkir

    Gambar 3.8 Design Paper Bag


    BAB I

    PENDAHULUAN

    Latar Belakang

    Latar Belakang KKP (Kuliah Kerja Praktek) Latar Belakang KKP (Kuliah Kerja Praktek) merupakan salah satu syarat yang harus diambil dan lulus sebelum mengambil mata kuliah Skripsi, setiap mahasiswa diarahkan untuk bekerja dengan cara magang di salah satu badan usaha atau lembaga instansi tertentu dengan ketentuan waktu yang telah ditentukan oleh pihak kampus.

    Dengan Kuliah Kerja Praktek setiap Mahasiswa dituntut untuk dapat memahami dan mengerti pekerjaan diluar lapangan. Setiap mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan tehnologi dan informasi saja, selain itu yang lebih penting, setiap mahasiswa harus memiliki kemmpuan dan keterampilan untuk menerapkan ilmu yang dimilikinya.

    Kuliah Kerja Praktek ini juga sebagai langkah praktis dalam mempersiapkan mahasiswa untuk dapat ahli, tangkas, bertanggung jawab dan tampil dalam kehidupan kedepannya pada dunia kerja. Mahasiswa diharapkan agar mendapatkan inspirasi tentang dunia kerja yang sebenarnya sehingga tidak ada kesan canggung dan kaku pada saat terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di perusahaan atau instansi Dengan demikian sesuai dengan tugas yang diberikan dan kesempatan yang diperoleh penulis, bahwa Kantor Badan Pertanahan Nasional telah memberikan kesempatan tempat untuk magang atau observasi tersebut ialah untuk mendapatkan pengalaman kerja dan pengetahuan dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang yang mencangkup Multimedia Audio Visual And Broadcasting (MAVIB), Design.

    Maksud Dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek

    Maksud Kuliah Kerja Praktek

    1. memberi pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas ilmu yang telah dipelajari selama masa perkuliahan. Mahasiswa dapat belajar untuk bertanggung jawab pada suatu masalah yang terjadi pada pekerjaan tersebut. Melalui Kerja Kuliah Praktek ini mahasiswa dapat menambah pengalaman dan keterampilan dalam bidang design.

    2. Tujuan Kuliah Kerja Praktek

      kelak akan lulus menjadi sarjana komputer yang akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya dan bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat semala dimasa perkuliahan agar dapat bekerja dengan baik didalam dunia kerja dan dapat memahami bidang pekerjaan yang sedang dijalani. Serta menambah dan memperkaya pengetahuan tentang dunia kerja khususnya broadchasting dan menambah wawasan, meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam ilmu yang telah dipelajari.

      Manfaat Kuliah Kerja Praktek

      1. Manfaat Kuliah Kerja Praktek ini adalah manfaat yang sangat berharga untuk setiap mahasiswa sebelum memulai karir di dunia kerja, sebagai seorang mahasiswa sarjana komputer yang berbasis Multimedia dan Broadcasting.

      2. Agar mahasiswa mampu bekerja secara professional serta mampu bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baik dalam kelompok maupun individu dalam mencapai target yang diberikan.

      3. Mahasiswa mampu menguasai dan mengimplementasikan wawasan dan ilmu yang didapat saat masa perkuliahan, dan mahasiswa dapat meraskan realita apa dan bagaimana saat didunia kerja yang sebenarnya.

      Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek

      1. Observasi (Observation Research),adalah pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain di Badan Pertanahan Nasional.

      2. Wawancara (Interview), adalah pengumpulan data secara bertatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai untuk memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai objek yang diteliti.

      3. Studi Pustaka, adalah pengumpulan data berupa teori dengan cara memahami, membaca, dan mempelajari buku-buku diktat yang berkaitan dengan penulisan Kuliah Kerja Praktek pada Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting.

      Sistematika Penulisan

      Untuk mempermudah dalam membaca dari penulisan KKP ini, maka penulis membuat sistematika menjadi beberapa bab, sebagai berikut :

      BAB I PENDAHULUAN

      Bab ini berisi tentang Latar Belakang, Rumusan masalah, Ruang Lingkup, Maksud dan Tujuan, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek.

      BAB II LANDASAN TEORI

      Bab ini berisikan mengenai teori yang mencangkup penjelasan mengenai Kuliah Kerja Praktek yang sedang penulis lakukan.

      BAB III PEMBAHASAN

      Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Profil Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Ruang Lingkup, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban tiap Departemen, dan Daftar Klien.Tinjauan umum menjelaskan tentang Skema Alur Kerja dan Alur Kerja, sedangkan Tinjauan Khusus menjelaskan tentang Daftar Project serta latar belakang dan konsep desain selama Kuliah Kerja Praktek (KKP).

      BAB IV PENUTUP

      Bab ini berisi tentang kesimpulan, saran dan kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil Kuliah Kerja Praktek..

      DAFTAR PUSTAKA

      Bab ini berisi tentang referensi yang digunakan dalam menyusun hasil laporan Kuliah Kerja Praktek.

      LAMPIRAN

      Berisi daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai Lampiran.


      BAB II

      LANDASAN TEORI

      Konsep Dasar Laporan

      Menurut Nasution (2012:118), “Desain atau perancangan adalah tahapan dimana dimulai analisa mengenai bentuk input system, rancangan database, output system dan skema alur kerja program”. Menurut Nindiyah Purpitasari, Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keteranga, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka. Salah satu cara pelakanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya. Laporan merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi baik formal maupun non formal. Penyampaian informasi dari petugas atau pejabat tertentu kepada petugas atau pejabat tertentu dalam suatu system administrasi. Menurut Pujriyanto (2009 : 87-91) Perancangan adalah wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengolahan akan menghasilkan hal-hal yang sudah teratur bias memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.

      Proses Perancangan Laporan Secara Umum

      Menurut Hendi Hendratman (2010 : 09-12) :

      a. Media

      Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik.

      b. Konsep

      Adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment atau audience yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya, dan lain-lain yang ingin menterjemahkan ke dalam bentuk visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

      c. Ide

      Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. Kadang untuk mendapatkan ide, diperlukan suatu imajinasi, membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan membenturkan atau membuat suatu hal yang konflik atau paradox.

      d. Persiapan Data

      Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali.

      e. Visualisasi

      Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

      f. Produksi

      Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.


      Pengertian Project

      Menurut Rama dan Jones (2008 : 250) berpendapat laporan ialah adalah presentasi data yang telah terformat dan terorganisasi dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa laporan adalah dokumen yang terbentuk dari data yang ada pada database yang telah terformat dan terorganisir dengan baik sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi.

      Tujuan Laporan

      Menurut Gugun Gunaidi, manfaat laporan adalah membeikan maklumat dan fakta, mencadangkan penyelesaian, mencadangkan tindakan yang perlu dilakukan, membuat kesimpulan, menilai sesuatu penyelidikan atau aktiviti, membuat rekod sesuatu peristiwa, menganalisi aktiviti perniagaan, mensistensi sesuatu pelan tindakan, menguraikan sesuatu peristiwa, prosedur, tindakan dll.

      Manfaat Laporan

      Menurut Gugun Gunaidi, Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan, bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya, mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan, data sejarah pekembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.

      Konsep Dasar Kuliah Kerja Praktek

      Definisi KKP

      Menurut Yunita (2014), Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan. Magang adalah bentuk belajar dan berlatih keterampilan pada dunia kerja yang lebih menekankan pada praktek daripada teori. Observasi adalah metode pengumpulan data dimana peneliti atau kolaboratornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama penelitian.Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoritis dengan praktek.


      Maksud KKP

      Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya didalam perkuliahan pada kegiatan nyata dibidang study masing-masing.

      Tujuan KKP

      Mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya agar mahasiswa mendapat pengalaman secara factual dilapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam menerapkan dalam kehidupan kerja yang nyata. Status KKP merupakan bagian integral kurikulum Perguruan Tinggi Raharja , KKP memiliki bobot 2 sks baik untuk program Diploma dan Strata Satu . Bagi mahasiswa yang melanjutkan laporsn KKP menjadi TA/Skripsi akan dianggap sudah dilaksanakan.

      Konsep Dasar Desain

      Definisi Desain

      Menurut Rakhmat Supriyono Dalam buku Desain Komunikasi Visual dan Aplikasi (2010 : 136) , Desain merupakan art direction yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternative desain, hingga final artwork (FAW).

      Fungsi-Fungsi Desain

      Menurut Lusyani Sunarya Dalam Diktat Mata Kuliah Desain Karakter and Modeling ( 2010 : 7 ) :

      a. Fungsi Informasi

      Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim secara visual.

      b. Fungsi Identifikasi

      Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.

      c. Fungsi Presuasi

      Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.

      Definisi Desain Grafis

      Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi symbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupundisiplin ilmu yang digunakan (desain).

      Unsur Desain Grafis

      Supaya desain yang kita hasilkan menarik mata, ada beberapa unsur yang harus dipelajari yaitu unsur dalam desain grafis. Semua unsur tersebut tidak harus dimasukan sekaligus dalam sebuah karya desain karena ada sebagian desain yang menuntut salah satu dari unsur tersebut harus diprioritaskan jadi ada penekanan-penekanan dalam setiap unsur.

      a. Garis (Line)

      Garis adalah desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau kontruksi desain. Dalam dunia komunikasi visual kita sering menggunakan dotte line, solid line, dan garis putus-putus.

      b. Bentuk (Shape)

      Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk nya ialah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

      c. Tekstur (Texture)

      Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai.

      d. Ruang (Space)

      Ruang adalah jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lain. Dengan ruang kita dapat merasakan jauh-dekat, tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil, dll. Ukuran tersebut bersifat relatif. Besar menurut anda belum tentu sama denagn besar menurut orang lain. Untuk ukuran-ukuran tersebut muncul karna ada pembanding, yaitu :

      1. Teks / Tipografi></div>

      <p style="line-height: 2"> Ialah seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga pembaca dapat membaca semaksimal mungkin.</p>
      <p style="line-height: 2">e. Ukuran (Size)>
      <p style="line-height: 2"> Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.</p>
      <p style="line-height: 2">f. Warna (Color)>
      <p style="line-height: 2"> Warna adalah unsur penting dalam obyek desain.</p>
      <p style="line-height: 2">Prinsip - Prinsip Desain Grafis</p>
      <p style="line-height: 2">1. Keseimbangan (Balance), secara keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang.</p>
      <p style="line-height: 2"> 2. Irama (Rhytme), pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola/pattern tertentu.</p>
      <p style="line-height: 2"> 3. Skala dan Proposi, skala adalah perubahan ukuran tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar dan tinggi, promosi adalah perubahan perbandingan antara panjang atau tinggi sehingga gambar denagn perubahan promosi sering terlihat disortir.</p>
      <p style="line-height: 2"> 4. Focus, tidak semua komponen sama pentingnya, audience harus fokuskan atau arahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis/konflik pada komponen desain grafis.</p>
      <p style="line-height: 2">5. Kesatuan (unity), semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.</p>
      <p style="line-height: 2">Definisi Typografy</p>
      <p style="line-height: 2">Tifografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-font komputer kita akan leluasa memilih jenis font yang ingin digunakan.</p>











      BAB III

      PEMBAHASAN

      Gambaran Umum Perguruan Tinggi Raharja

      Sejarah Singkat Perguruan Tinggi Raharja

      <p style="line-height: 2">Embem Nurul bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Penelitian Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang.LPPK Raharja diresmikan pada tanggal 3 Januari 1994 oleh bapak walikota Tangerang Drs. H. Zakaria Mahmud, Raharja telah terdaftar pada Depdiknas Kotamadya Tangerang dengan nomor 201/PLSM/02.4/L.93. Lembaga inilah yang mempelopori penggunaan operating system windows dan aplikasinya diwilayah Tangerang dan sekitarnya, hal tersebut mendapat respon positif dan jumlah peminatnya pun meningkat pesat seiring dengan kerjasama yang di lakukan oleh lembaga ini dengan sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Tangerang.</p>
      <p style="line-height: 2">Karena semakin pesatnya perkembangan dan pertumbuhan akan komputerisasi dan meningkatnya peminat masyarakat Tangerang maka pada tanggal 24 Maret 1999 LPPK Raharja berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika yang diresmikan melalui surat keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 56/D/O/1999 yang diserahkan langsung dari Bapak Prof. Dr. Udju D. Rusdi selaku Koordinator KOPERTIS wilayah IV Jawa Barat kepada ketua yayasan Nirwana Nusantara Ibu Kasarina Sudjono. Pada tanggal 2 Februari 2000 dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika.</p>
      <p style="line-height: 2">Pada tanggal 2 Februari 2000 AMIK Raharja Informatika menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menjalankan studi formal untuk program Diploma I (DI) dengan memberikan gelar Ahli Pratama dan Program Diploma II (DII) dengan memberikan gelar Ahli Muda dan Diploma III (DIII) dengan memberikan gelar Ahli Madya kepada lulusannya, sesuai dengan surat keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta wilayah IV Jawa Barat dengan Nomor 3024/004/KL/1999.</p>
      <p style="line-height: 2">Kemudian pada tanggal 7 September 2000 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 354/Dikti/Kep/2000 menambah 2 program yakni D3 Teknik Informatika dan D3 Komputer Akuntasi.</p>
      <p style="line-height: 2">Kini AMIK Raharja Informatika mempunyai 3 (tiga) program studi Diploma III dengan jurusan Manajemen Informatika (MI), Teknik Informatika (TI), dan Komputer Akuntansi (KA) yang masing-masing jurusan memberikan gelar Ahli Madya (A.md), Ahli Muda (AM), Ahli Pratama (AP) kepada lulusannya.</p>
      <p style="line-height: 2">Pada tanggal 20 Oktober 2000 dalam usahanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pada lulusan AMIK RAHARJA INFORMATIKA meningkatkan statusnya dengan membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) RAHARJA. Dengan surat keputusan Nomor 42/01/YNN/PR/II/200. ketua Yayasan Nirwana Nusantara mengajukan permohonan pendirian STMIK RAHARJA kepada Mendiknas KOPERTIS Wilayah IV jawa barat dengan 3 (tiga) program studi SI Jurusan Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika(TI), dan Sistem Komputer (SK), hal tersebut telah mendapat tanggapan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan surat keputusan Nomor 5706/D/T/2000. Tidak hanya sampai disini, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas lulusan RAHARJA sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Raharja, bahwa dalam kurun waktu tidak lebih dari 5 tahun sudah berdiri Universitas RAHARJA.</p>
      <p style="line-height: 2">Pada saat ini, Perguruan Tinggi Raharja pun telah meningkatkan mutu dan kualitasnya melalui sertifikat Akreditasi, diantaranya yaitu sebagai berikut:</p>
      1. Pada tanggal 5 April 2006 dengan sertifikat Akreditasi Nomor 00117/Ak-1-DIII-03/DFXMEI/IV/2002 yang berisi Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika Terakreditasi A.
      2. Pada tanggal 4 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08479/Ak-X-SI-001/CAGTLF/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa studi Strata 1 Teknik Informatika di STMIK Raharja terakreditasi B.
      3. Pada tanggal 11 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08523/Ak-X-S1-002/CAGSIM/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Sistem Informasi di STMIK Raharja terakreditasi B.
      4. Pada tanggal 3 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 006/BAN-PT/AK-VIII/DPI-III/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika terakreditasi B.
      5. Pada tanggal 25 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 019/BAN-PT/AK-X/SI/VIII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program Strata 1 Sistem Komputer di STMIK Raharja terakreditasi B.
      6. Pada tanggal 29 Desember 2007 sesuai surat keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 017/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/XII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Teknik Informatika di AMIK Raharja Informatika dengan terakreditasi B.
      7. Pada tanggal 18 Januari 2008 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 019/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/I/2008 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma Tiga Komputerisasi Akuntansi di AMIK Raharja Informatika terakreditasi A.
      8. Pada tanggal 08 Juli 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 010/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.
      9. Pada tanggal 23 September 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.
      <p style="line-height: 2">1. Jurusan / Program Studi pada STMIK Raharja</p>
      Tabel 1.JPG
      <p style="line-height: 2">Gambar 3.1.Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja</p>
      <p style="line-height: 2">2. Jurusan / Program Studi pada AMIK Raharja Informatika</p>
      Tabel amik.JPG
      <p style="line-height: 2">Gambar 3.2. Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja</p>

      Struktur Organisasi

      <p style="line-height: 2">Sebuah organisasi atau perusahaan harus mempunyai suatu sktruktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha untuk menunjukkan kerangka – kerangka hubungan diantara fungsi, bagian – bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukkan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu oragnisasi.Sama halnya dengan Perguruan Tinggi Raharja yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut.</p>
      Strk.jpg
      <p style="line-height: 2">Gambar 3.3. Stuktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja</p>

      Tugas dan Tanggung Jawab

      <p style="line-height: 2">Seperti halnya di dalam sebuah perusahaan, Perguruan Tinggi Raharja di dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai tugas dan kewajiban dalam menyelesaikan semua pekerjaannya.</p>
      <p style="line-height: 2">Berikut adalah wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja, yaitu sebagai berikut :</p>
      <p style="line-height: 2">1. Presiden Direktur</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
      2. Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
      3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
      4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Pemimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga edukatif, mahasiswa, tenaga administrasi dan terhadap lingkungan.
      <p style="line-height: 2">2. Direktur</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang:</p>
      1. Merupakan wakil presiden direktur.
      2. membantu presiden direktur dalam berbagai kegiatan.
      <p style="line-height: 2">3.Pembantu (Bidang Akademik)</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
      2. Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
      3. Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
      4. Mengadakan afiliasi.
      5. Membina dan mengembangkan kelembagaan.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
      <p style="line-height: 2">4.Pembantu Direktur II (Administrasi)</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Melaksanakan dan mengelola seluruh kegiatan administrasi dan keuangan.
      2. Membina dan mengembangkan kepegawaian.
      3. Mengadakan sarana dan prasarana kepegawaian.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang keuangan dan administrasi.
      <p style="line-height: 2">5. Pembantu Direktur III (Bidang Kemahasiswaan)</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Membina kegiatan kemahasiswaan.
      2. Membina kehidupan mahasiswa dalam kampus sehingga dapat mengembangkan penalaran.
      3. Membina dan mengawasi kegiatan lembaga mahasiswa serta unit kegiatan khusus akademik.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang kemahasiswaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa.
      <p style="line-height: 2">6.Asisten Direktur Akademik</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
      2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
      3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
      4. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
      5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
      6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
      7. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien, pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar, kemajuan kualitas pelayanan akademik yang berkesinambungan, dan kelancaran proses belajar mengajar.
      <p style="line-height: 2">7. Kepala Jurusan</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang:</p>
      1. Mengusulkan kepada Assisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan kurikulum jurusan.
      2. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
      3. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan pengangkatan dosen baru dan pemberhentian dosen.
      4. Memberikan kebijakan administratif Akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, dan pembukaan semester pendek.
      5. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
      6. Memberikan sanksi Akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan bahan ajar, monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen, terlaksananya penelitian, seminar, pembinaan prestasi akademik mahasiswa dan peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannya.
      <p style="line-height: 2">8. Asisten Direktur Finansial</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang:</p>
      1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pembuatan budget pada setiap bagian dan pelaksanaan pemakaian dana.
      2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor, pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
      3. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya dan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Bertanggung jawab atas penyusunan budgeting pada setiap bagian, dan tersedianya dana atas budget yang telah disetujui.
      2. Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pendanaan aktifitas yang berkesinambungan.
      3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
      <p style="line-height: 2">9. Layanan Keuangan Mahasiswa(LKM)</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang:</p>
      1. Mengusulkan prosedur layanan keuangan kepada Asisten Direktur Finansial
      2. Mengusulkan tentang unit baru yang dibutuhkan kepada Asisiten Direktur Finansial.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab:</p>
      1. Bertanggung jawab atas kelancaran proses penerimaan keuangan mahasiswa
      2. Bertanggung jawab atas penagihan tunggakan mahasiswa.
      <p style="line-height: 2">10. Asisten Direktur Operasional(ADO)</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar
      2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
      3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
      4. Memberikan kebijaksanaan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
      5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
      6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
      2. Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan dan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
      3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
      <p style="line-height: 2"> 11. Registrasi Perkuliahan dan Ujian(RPU)</p>
      <p style="line-height: 2"> Bagian registrasi perkuliahan dan ujian terdiri dari dua bagian antara lain:</p>
      <p style="line-height: 2">A. Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Berwenang memberikan kebijakan yang berhubungan dengan proses registrasi mahasiswa.
      2. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya
      3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan
      4. Mengusulkan kepada ADO untuk pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab:</p>
      1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi POM mulai dari persiapan hingga pada penutupan setiap semesternya.
      2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi batal tambah dan jumlah mahasiswa yang melakukan POM.
      3. Bertanggung jawab atas seluruh informasi mengenai registrasi mahasiswa.
      <p style="line-height: 2">B. Perkuliahan dan Ujian (PU)</p>
      <p style="line-height: 2">Wewenang :</p>
      1. Mengusulkan kepada ADO atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar serta kebijakan yang diambil.
      2. Mengusulkan kepada ADO tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
      3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang dianggap telah melanggar tata tertib karyawan.
      4. Mengusulkan kepada kepala jurusan untuk kelas perkuliahan yang dapat dibuka.
      <p style="line-height: 2">Tanggung Jawab :</p>
      1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pendokumentasian perkuliahan dan ujian.

      Tata Laksana Sistem Yang Berjalan

      Prosedur Sistem Berjalan

      <p style="line-height: 2"> Isi Paragraf </p>

      Rancangan Sistem Yang Berjalan

      <p style="line-height: 2">Untuk menganalisa sistem berjalan, penelitian ini menggunakan program Unified Modelling Language (UML) untuk menggambarkan prosedur dan proses yang berjalan saat ini.</p>
      <p style="line-height: 2">1. Analisa sistem yang berjalan pada Use Case Diagram</p>
      <p style="line-height: 2">Gambar 3.4. Use Case Diagram</p>
      <p style="line-height: 2">Berdasarkan gambar 3.4. Use Case Diagram diatas terdapat :</p>
      <p style="line-height: 2">....</p>
      <p style="line-height: 2">2.Analisa Sistem Pada Activity Diagram</p>
      <p style="line-height: 2">Gambar 3.5. Activity Diagram</p>
      <p style="line-height: 2">Berdasarkan gambar 3.5. Activity Diagram diatas terdapat :</p>
      <p style="line-height: 2">a. ....</p>
      <p style="line-height: 2">3.Analisa Sistem Pada Sequence Diagram</p>
      Sequence wini.png
      <p style="line-height: 2">Gambar 3.6. Sequence Diagram</p>
      <p style="line-height: 2">Berdasarkan gambar 3.6. Sequence Diagram diatas terdapat :</p>
      <p style="line-height: 2">a)...</p>

      Analisa Sistem Yang Berjalan

      Metode Analisa Sistem

      Metode Analisa Data (Jika menggunakan Kuesioner)

      Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran

      Konfigurasi Sistem Berjalan

      Permasalahan yang dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah

      <p style="line-height: 2">1. Permasalahan yang dihadapi</p>
      <p style="line-height: 2">2. Alternatif Pemecahan Masalah</p>

      User Requirement

      BAB IV

      PENUTUP

      Kesimpulan

      <p style="line-height: 2">Isi Kesimpulan</p>

      Saran

      <p style="line-height: 2">Isi Saran</p>

      <p style="line-height: 2">DAFTAR PUSTAKA</p>

      <p style="line-height: 2">

      </p>

      <p style="line-height: 2">DAFTAR LAMPIRAN</p>

      <p style="line-height: 2"> Lampiran A: </p>
      A.1.Surat Pengantar KKP
      <p style="line-height: 2">Lampiran B: </p>
      B.1. Penilaian Objectif iDu

Contributors

Mei