Ahmad Rizky Permana

Dari widuri
Revisi per 25 September 2016 08.23 oleh Kyren (bicara | kontrib)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN APLIKASI PEMETAAN LOKASI
PARIWISATA BERBASIS WEBGIS PADA DINAS
KOMINFO KOTA TANGERANG

SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :
NIM : 1222472979
NAMA : Ahmad Rizky Permana


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
STMIK RAHARJA
TANGERANG
2015/2016



 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN APLIKASI PEMETAAN LOKASI
PARIWISATA BERBASIS WEBGIS PADA DINAS
KOMINFO KOTA TANGERANG

     

Disusun Oleh :

NIM : 1222472979
Nama : Ahmad Rizky Permana
Jenjang Studi : Strata Satu
Jurusan : Teknik Informatika
Konsentrasi : Software Engineering

Disahkan Oleh :

Tanggerang,24 Juni 2016

Ketua   Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA   Teknik Informatika

 

(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)

NIP : 00594

 

 

(Junaidi, M.Kom)

NIP : 001405





 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN APLIKASI PEMETAAN LOKASI
PARIWISATA BERBASIS WEBGIS PADA DINAS
KOMINFO KOTA TANGERANG

   

Dibuat Oleh :

NIM : 1222472979
Nama : Ahmad Rizky Permana

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tanggerang, Juni 2016

Pembimbing I   Pembimbing II

 

 

(Sandro Alfeno, M.Kom)

NID : 08203

 

 

 

(Nasril Sany, S.Kom)

NID : 08190





 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN APLIKASI PEMETAAN LOKASI
PARIWISATA BERBASIS WEBGIS PADA DINAS
KOMINFO KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM : 1222472979
Nama : Ahmad Rizky Permana

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji


Disetujui Oleh :

Tanggerang, Juni 2016

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II

 

 

(_____________)

NID :

 

 

 

(_____________)

NID :

 

 

 

(_____________)

NID :





SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN APLIKASI PEMETAAN LOKASI
PARIWISATA BERBASIS WEBGIS PADA DINAS
KOMINFO KOTA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM : 1222472979
Nama : Ahmad Rizky Permana
Jenjang Studi : Strata Satu
Jurusan : Teknik Informatika
Konsentrasi : Software Engineering

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, Juni 2016



(Ahmad Rizky Permana)

NIM : 1222472979










 

ABSTRAKSI

Teknologi saat ini, sekarang semua orang berusaha untuk membuat suatu sistem informasi yang baik dan mudah digunakannya. Dengan adanya jaringan yang luas maka setiap lembaga pemerintah ingin mengubah dari sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi. Kota Tangerang saat ini telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor dalam pembangunan budaya ekonomi, sosial dan budaya. Pada saat ini di sektor pariwisata belum adanya pemetaan lokasi pariwisata yang menyebabkan para wisatawan atau masyarakat belum mengetahui adanya objek wisata, hotel dan tempat kuliner di Kota Tangerang. Mengacu pada permasalahan yang ada yaitu kurangnya pemetaan lokasi pariwisata untuk para wisatawan atau masyarakat maka dibuatlah sebuah website dalam bentuk web gis yang bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Kominfo Kota Tangerang, agar dapat memberikan informasi tentang objek wisata, hotel dan tempat kuliner pada Kota Tangerang. Adapun metodologi yang digunakan diantaranya yaitu metode pengumpulan data, metode analisa, metode perancangaan dan metode pengujian yang menggunakan metode blackbox testing. Diharapkan dengan adanya pemetaan dalam bentuk web gis ini dapat mempermudah para wisatawan dan masyarakat untuk mencari lokasi yang terletak pada geografis Kota Tangerang.

Kata Kunci: Web GIS, Pemetaan, Kota Tangerang.

ABSTRACTION

The current technology, now everyone is trying to create an information system that is good and easy to use. With their extensive network then any government agency wants to change from a manual system to a computerized system. Tangerang City today has set the tourism sector as one of the sectors in the cultural development of economic, social and cultural. At this time in the tourism sector has not been any mapping tourism sites that cause the tourists or people not know about attractions, hotels and culinary venues in the city of Tangerang. Referring to the existing problems, namely a lack of mapping the location of tourism for tourists or people then made a website in the form of web-gis which aims to provide solutions to problems faced by the Department of Communications and Information Technology Tangerang City, in order to provide information about attractions, hotels and culinary in City of Tangerang. The methodologies used include the method of data collection, analysis methods, methods perancangaan and test methods that use the blackbox testing method. Hopefully, by the mapping in the form of web-GIS can facilitate the tourists and the public to track the geographical location is located in the city of Tangerang.

Keyword : Web GIS, mapping, Tangerang City.



 

KATA PENGANTAR


Assalamu'alaikum wr..wb..

Dengan mengucapkan puji serta rasa syukur dan rasa terimakasih kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala anugerah, rahmat, dan karunia–Nya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini sebagaimana mestinya dan tepat pada waktunya. Skripsi dengan judul “PERANCANGAN APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA BERBASIS WEBGIS PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG” ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Software Engineering STMIK Raharja Tangerang.

Dalam penulisan Laporan Skripsi ini, penulis menemukan beberapa kesulitan yang dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang penulis miliki, sehingga tidak lepas dari bantuan, bimbingan, dan arahan dari berbagai pihak terkait yang selama ini telah meluangkan waktu dan tenaganya. Maka pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :

1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.
2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
3. Bapak Junaidi, M.Kom, selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja.
4. Bapak Sandro Alfeno, M.Kom, selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak memberikan bimbingan dan sarannya kepada penulis yang sangat berarti dalam perancangan dan penyelesaian laporan Skripsi ini.
5. Bapak Nasril Sany, S.Kom , selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan pengarahan dan motivasi untuk kelancaran penyusunan laporan skripsi ini.
6. Bapak Adhi Zulkifli, ST.MT., Rama Al Rasyid, S. Kom yang telah membantu penulis untuk melaksanakan observasi pada Dinas Kominfo Kota Tangerang dan memberikan nasehat serta saran yang membangun untuk penulis kedepannya.
7. Seluruh Dosen STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
8. Seluruh teman seperjuangan I Nyoman Lingga Anjana, Ady Kuncoro, Said Salman Farisi, Hendrian, Dkk yang telah berjuang bersama dalam skripsi ini.
9. Rasa terima kasih yang terdalam untuk Orang tua yang selalu memberikan kasih sayang, dukungan moril, semangat dan selalu mendo’akan untuk kelancaran dan keberhasilan penulis.
10. Semua pihak terkait yang tidak bisa penulis sebutkan satu – persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan maupun kesalahan dalam penyusunan serta penulisan laporan skripsi ini, dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna perbaikan dimasa yang akan datang, dan sejarah tidak akan mencatat orang-orang yang tidak pernah berbuat, untuk itu penulis mengharapkan karya-karya nyata yang dibuat dalam bentuk Skripsi. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi pembaca umumnya dan penulis pada khususnya.

Tangerang,24 Juni 2016


(Ahmad Rizky Permana)

NIM : 1222472979






 

DAFTAR TABEL


Tabel 3.1. Deskripsi Aktor Sistem yang Berjalan

Tabel 3.2. Deskripsi Use Case Diagram Pencarian User

Tabel 3.3. Deskripsi Use Case Diagram Melihat Kategori Pariwisata

Tabel 3.4. Deskripsi Use Case Diagram Mengolah Data Pariwisata Admin

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III

Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1. Perbedaan Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Tabel 4.2. Blackbox Testing

Tabel 4.3. Schedule Implementasi

Tabel 4.4. Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1. Sistem Tertutup

Gambar 2.2. Sistem Terbuka

Gambar 2.3. Langkah Analisis Sistem

Gambar 2.4. Sub Sistem SIG

Gambar 3.1. Struktur Organisasi Dinas Kominfo

Gambar 3.2. Use Case Diagram

Gambar 3.3. Activity Diagram Pencarian (User)

Gambar 3.4. Activity Diagram Melihat Kategori Pariwisata (User)

Gambar 3.5. Activity Diagram Mengolah Data Pariwisata (Admin)

Gambar 3.6. Sequence Diagram Mengolah Data Pariwisata

Gambar 3.7. Sequence Diagram Pariwisata

Gambar 3.8. Sequence Diagram Mengolah Pencarian

Gambar 4.1. Use Case Yang Diusulkan

Gambar 4.2 Activity Diagram Mengolah Data Pariwisata (Admin)

Gambar 4.3 Activity Diagram Melihat Informasi Pariwisata (User)

Gambar 4.4. Activity Diagram Melihat Rute

Gambar 4.5. Activity Diagram Melihat Kolom Pencarian Pariwisata

Gambar 4.6. Activity Diagram Peta Pariwisata

Gambar 4.7. Activity Diagram Melihat Informasi Aplikasi

Gambar 4.8. Sequence Diagram Mengolah Data Pariwisata

Gambar 4.9. Sequence Diagram Pariwisata

Gambar 4.10. Sequence Diagram Pencarian

Gambar 4.11. Sequence Diagram Peta

Gambar 4.12. Class Diagram Admin

Gambar 4.13. Desain Halaman Utama

Gambar 4.14. Desain Halaman Lihat Lokasi Objek Wisata

Gambar 4.15. Desain Halaman Kategori Hotel

Gambar 4.16. Desain Halaman Kategori Kuliner

Gambar 4.17. Desain Halaman Kategori Taman

Gambar 4.18. Perancangan Halaman Utama

Gambar 4.19. Perancangan Halaman Lihat Lokasi Objek Wisata

Gambar 4.20. Perancangan Halaman Kategori Hotel

Gambar 4.21. Perancangan Halaman Kategori Kuliner

Gambar 4.22. Perancangan Halaman Kategori Taman



DAFTAR SIMBOL



Gambar Simbol Use Case Diagram




Gambar Simbol Class Diagram




Gambar Simbol Sequence Diagram



Gambar Simbol State Chart Diagram




Gambar Simbol Activity Diagram






BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Dengan kemajuan teknologi saat ini, sekarang semua orang berusaha untuk membuat suatu sistem informasi yang baik dan mudah digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Adanya jaringan yang luas dan mudah diakses juga merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan informasi yang mudah dan cepat. Dengan adanya perancangan inilah, maka setiap lembaga pemerintah ingin mengubah sistem manual ke sistem yang terkomputerisasi agar tidak tertinggal dari yang lain.

Hampir semua kota di Indonesia sekarang menggunakan teknologi modern. Saat ini kota Tangerang telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor dalam pembangunan ekonomi, sosial, budaya dan juga merupakan sektor tercepat pertumbuhannya bersamaan dengan sektor telekomunikasi dan teknologi informasi.

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau dikenal juga sebagai Geographic Information System (GIS) akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang berarti seiring kemajuan teknologi infomasi. GIS merupakan sistem informasi berbasis komputer yang menggabungkan antara unsur peta (geografis) dan informasinya tentang peta tersebut (data atribut) yang dirancang untuk mendapatkan, mengolah, memanipulasi, analisa, memperagakan dan menampilkan data spasial untuk menyelesaikan perencanaan, mengolah dan meneliti permasalahan. Penggunaan data geografis ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah di segala bidang, dalam bidang pariwisata GIS dapat digunakan untuk mengetahui lokasi-lokasi pariwisata yang ada di Tangerang.

Mengacu pada pemahaman diatas, maka tidaklah mengherankan apabila GIS memiliki kemampuan analisis spasial yaitu untuk melakukan indentifikasi unsur peta yang deskripsinya (salah satu atau lebih atributnya) ditentukan. GIS dapat menemukan lokasi yang memenuhi beberapa syarat atau kriteria sekaligus.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka akan dilakukan penelitian dengan judul "PERANCANGAN APLIKASI PEMETAAN LOKASI PARIWISATA BERBASIS WEB GIS PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG". Yang dapat mempermudah Dinas Pariwisata Kota Tangerang.

Perumusan Masalah

Perumusan masalah pada penelitian ini adalah :

1. Perancangan seperti apa yang dapat diterima oleh masyarakat ?
2. Bagaimana cara merancang web GIS pariwisata Kota Tangerang ?
3. Apakah perancangan web GIS pariwisata Kota Tangerang sudah memberikan informasi yang fleksibel bagi penggunanya ?


Ruang Lingkup

Penulis menyadari akan luasnya permasalahan yang terjadi pada Dinas Kominfo Kota Tangerang. Sehingga penulis memberi batasan hanya pada web gis pemetaan lokasi pariwisata yang ada pada Kota Tangerang. Hal ini dimaksudkan agar masalah yang diteliti tidak berkembang dan tidak melebar ke masalah-masalah di luar penelitian.


Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem informasi geografis untuk mengetahui pemetaan pariwisata pada Kota Tangerang.


Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini dapat dirasakan oleh tiga ( 3 ) sisi pengguna yaitu Dinas Pariwisata, Peneliti dan User, berikut manfaat dan dibuatnya Sistem Informasi Pariwisata Kota Tangerang Berbasis GIS adalah:

  1. Dinas Pariwisata

    Dengan web gis mempermudah dalam menangkap, menyimpan, menganalisa serta mengelola data dan karakteristik yang berhubungan dengan data spasial khususnya di kota Tangerang.

  2. Peneliti

    Mengetahui cara untuk membangun website yang berbasis GIS.

  3. User

    Untuk mempermudah didalam memperoleh informasi mengenai pariwisata Kota Tangerang.


Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini penyusun melakukan beberapa cara untuk mendapatkan informasi yang dapat dikumpulkan sebagai bahan penelitian diantaranya, yaitu :

Metode Pengumpulan Data

  1. Pengamatan (observation)
    Penulis melakukan tinjauan langsung ke objek penelitian untuk melakukan pengamatan dan melaksanakan pencatatan data terhadap unsur-unsur yang diteliti, penulis melakukan tinjauan langsung ke Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.
  2. Metode Pustaka
    Untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan permasalahan yang akan diteliti, penulis mengumpulkan data yang bersumber dari berbagai buku melalui sumber-sumber dari kepustakaan, guna mendapatkan gambaran secara teoritis yang berkaitan dengan pembuatan data. Disamping materi yang didapatkan semasa kuliah dan beberapa literature yang diperlukan. Dalam metode ini digunakan dan diterapkan teori-teori dari buku-buku refrensi.
  3. Metode Wawancara (Interview Search)
    Penulis melakukan wawancara dengan beberapa pihak terkait untuk kejelasan hasil temuan observasi sekaligus mendapatkan informasi lebih banyak seputar sistem berjalan. Dengan Bapak Adhi Zulkifli yaitu sebagai stakeholder dan Bapak Rama bagian development.

Metode Analisa

Setelah proses pengumpulan data dilaksanakan melalui beberapa teknik, maka data yang sudah ada akan diolah dan dianalisa supaya mendapatkan suatu hasil akhir yang bermanfaat bagi penelitian. Dalam merancang sistem penulis menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan elisitasi yang dilakukan melalui 3 (tiga) tahap, yaitu elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III dan final elisitasi.

Metode Perancangan

Dalam skripsi ini metode perancangan yang digunakan adalah metode prototyping melalui tahapan pembuatan UML, pembuatan database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan administrasi pada elisitasi. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP serta database yang digunakan MySQL.

Metode Pengujian (Testing)

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Blackbox Testing. Blackbox Testing adallah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan fungsional software. Karena itu, uji coba Blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input atau data uji yang akan menguji fugsional output suatu program. Metode pengujian Blackbox digunakan untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, antara lain fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan tampilan luar, kesalahan output, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal dan kesalahan performa.


Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas pembuatan laporan skripsi ini, dilakukan dengan cara mengelompokan materi menjadi beberapa subbab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penelitian.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini akan menguraikan landasan teori yang penyusun gunakan untuk menjelaskan sistem yang berlaku umum, seperti landasan teori yang membahas tentang konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, literature review serta membahas teori-teori pendukung lainnya pada laporan ini. Dan beberapa istilah maupun konsep yang berhuungan dengan objek penelitian.
BAB III PEMBAHASAN
Pada bab ini merupakan penjabaran hasil penelitian dilokasi kerja yang meliputi analisa organisasi yang berisi penjelasan singkat mengenai gambaran umum instansi, sejarah singkat instansi, struktur organsasi instansi serta dan tanggung jawab, tata laksana sistem yang berjalan dengan menggunakan UML, serta elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III dan final elisitasi.
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan dalam bentuk Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari usecase diagram, class diagram, statechart diagram, sequence diagram dan spesifikasi database, tampilan layar dari sistem yang di implementasikan, serta prototype sistem yang akan dibuat.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan yang berkaitan kesimpulan dengan hasil analisa dan rancangan sistem guna menjawab tujuan penelitian yang diajukan, serta saran dari penyusun untuk lebih mengoptimalkan kinerja sistem yang diusulkan dan permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



Contributors

Admin, Kyren