SI 1221471598

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA

PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG

RAHARJA SEMESTER GENAP TA. 2015/2016

Disusun Oleh :

NIM
: 1221471598
Nama
: Bian Pramana Putra
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting


   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juni 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 001405




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG

RAHARJA SEMESTER GENAP TA. 2015/2016

Disusun Oleh :

NIM
: 1221471598
Nama
: Bian Pramana Putra

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016


Disetujui Oleh :

Tangerang, Juni 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Adi Kusuma Widya Tama, S.kom.)
   
(Triyono, S.Kom.)
NID : 15006
   
NID : 05078




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA

PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG

RAHARJA SEMESTER GENAP TA. 2015/2016


Disusun Oleh :

NIM
: 1221471598
Nama
: Bian Pramana Putra

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juni 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, :

NIM
: 1221471598
Nama
: Bian Pramana Putra
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di Lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juni 2014

 
 
 
 
 
NIM : 1221471598

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI


Teknologi media informasi pada saat ini semakin berkembang. Dengan munculnya terobosan – terobosan baru, dimana Komputer menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kebutuhan sehari – hari, sehingga membuat integrasi antara berbagai disiplin ilmu seperti desain grafis, broadcasting dan audio visual. Ditandai dengan munculnya berbagai macam betuk media promosi video profile sekolah, company profile perusahaan, feature biografi seseorang, web design, dan berbagai bentuk rancangan citra diam lainnya, hal ini membuktikan bahwa media informasi menggunakan aplikasi computer meningkat lebih baik sehingga mengikuti tuntutan perkembangan teknologi. Tiap-tiap jenis usaha membutuhkan strategi pemasaran sebagai bentuk pengenalan produk atau jasa yang ditawarkan, diantaranya melalui website, katalog, brosur. PT. Tirtanusa Indotama Tangerang, sebuah badan usaha yang bergerak di bidang water treatment chemicals boiler and cooling water. dalam mengembangkan segmen pasar sampai saat ini belum adanya pemanfatan sarana penunjang informasi dan promosi yang dapat dinilai baik, efektif dan berkualitas. Dalam memenuhi kebutuhan operasional pelayanan kepada konsumen perlu dirancang media dengan ide-ide yang menarik. Pemanfaatan media informasi dan promosi oleh suatu perusahaan memiliki tujuan untuk memudahkan pengenalan akan profil perusahaan beserta produk dan jasa yang diperdagangkan. pengenalan profil perusahaan dan jenis produk yang dipasarkan merupakan proses bisnis perusahaan sehingga dapat memudahkan perusahaan dikenal oleh calon pelanggan. untuk itu dengan menggunakan desain visual sebagai profil perusahaan akan lebih menarik dalam menyampaikan informasi dan promosi suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Dan dengan terpenuhinya bentuk-bentuk media penunjang operasional usaha tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai efektifitas dalam mengembangkan segment pasar agar keuntungan perusahaan semakin meningkat.


Kata Kunci: Desain komunikasi visual, media informasi dan promosi.


KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi, dengan judul “Perancangan Media Komunikasi Visual sebagai sarana informasi dan promosi pada PT. TirtaNusa Indotama Tangerang”

Penulisan Skripsi diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja Tangerang. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Skripsi ini banyak mendapatkan bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Adapun ucapan terima kasih penulis tujukan kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku pembantu ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika (TI) Jenjang Strata Satu STMIK Raharja.
  4. Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom , selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan arahan dari pada isi laporan Skripsi dan telah memberikan dorongan sehingga terselesaikannya perancangan media dan laporan Skripsi ini.
  5. Bapak Triyono, S.Kom , selaku Pembimbing II yang telah membantu mengarahkan sistem penulisan, sehingga terselesaikannya laporan Skripsi ini
  6. Bapak Triyono, S.Kom., selaku Pembimbing II yang telah memberikan pengarahan dan masukan agar penelitian penulis dapat berjalan dengan baik.
  7. Bapak Kristiyo Heny Widodo, selaku Direktur PT. TirtaNusa Indotama Tangerang yang telah memberikan kesempatan Observasi Penelitian Skripsi.
  8. Kedua orang tua tercinta serta keluarga yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil sehingga selesainya studi dan dapat menyelesaikan tugas Skripsi ini.
  9. Teman – teman seperjuangan Mega agustina margareta, Achmad Kurniawan, Ferry Chrisdyanto, Maulana Khadafi, Rhoma Rio Ramadhani, Multi Andika Satria.
  10. Terimakasih kepada teman-teman Ukm Maranatha dan OnecakFC serta teman-teman di dalam lingkungan Kampus yang telah memberi semangat dan dukungan dan doa dalam menyelesaikan tugas Skripsi ini.
  11. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu-persatu, yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan Laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari adanya kekurangan dalam penulisan Skripsi ini. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dalam penulisan Skripsi ini. Semoga Skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca umumnya dan bagi penulis pada khususnya.


Tangerang, Juni 2014
Bian Pramana Putra
NIM. 1221471598



DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Tabel Material Produk

Tabel 3.2. Tabel Pesaing

Tabel 3.3. Tabel Biaya Produksi


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Tampilan Jendela Program Adobe Photoshop CS

Gambar 2.2 Tampilan Jendela Program Adobe Illustrator CS

Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT. Tirtanusa Indotama Tangerang

Gambar 4.1 Layout Kasar Desain Media Brosur (cover)

Gambar 4.2 Layout Kasar Desain Brosur (product).

Gambar 4.3 Layout Kasar Media Brosur (Review).

Gambar 4.4 Layout Kasar Media Brosur (sejarah & visi misi)

Gambar 4.5 Layout Kasar Media Brosur (ruang lingkup)

Gambar 4.6 Layout Kasar Media Katalog Produk

Gambar 4.7 Layout Kasar Media Katalog Produk (isi)

Gambar 4.8 Layout Kasar Media Baju (marketing)

Gambar 4.9 Layout Kasar Media Baju (lapangan)

Gambar 4.10 Layout Kasar Media Stiker

Gambar 4.11 Layout Kasar Media Kartu Nama

Gambar 4.12 Layout Kasar Media Amplop

Gambar 4.13 Layout Kasar Media kop surat

Gambar 4.14 Layout Komprehensif Media Brosur (cover)

Gambar 4.15 Layout Komprehensif Media Brosur (review)

Gambar 4.16 Layout Komprehensif Media Brosur (produk)

Gambar 4.17 Layout Komprehensif Media Brosur (depan)

Gambar 4.18 Layout Media Brosur (sejarah & visi misi)

Gambar 4.19 Layout Komprehensif Media Brosur (ruang lingkup)

Gambar 4.20 Layout Komprehensif Desain Media Brosur (ruang lingkup)

Gambar 4.21 Layout Komprehensif Desain Media Brosur (isi)

Gambar 4.22 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (Cover-end)

Gambar 4.23 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (1-18)

Gambar 4.24 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (17-2)

Gambar 4.25 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (3-16)N

Gambar 4.26 . Layout Komprehensif Media Katalog Produk (15-4)

Gambar 4.27 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (5-14)

Gambar 4.28 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (13-6)

Gambar 4.29 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (7-12)

Gambar 4.30 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (11-8)

Gambar 4.31 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (9-10)

Gambar 4.32 Layout Komprehensif Media Baju (Marketing)

Gambar 4.33 Layout Komprehensif Media Baju (Lapangan)

Gambar 4.34 Layout Komprehensif Media Sticker

Gambar 4.35 Layout Komprehensif Media Kartu Nama

Gambar 4.36 Layout Komprehensif Media Amplop

Gambar 4.37 Layout Komprehensif Media Kop Surat

Gambar 4.38 Final Art Work Media Brosur (cover)

Gambar 4.39 Final Art Work Media Brosur (review)

Gambar 4.40 Final Art Work Media Brosur (produk)

Gambar 4.41 Final Art Work Media Brosur (sejarah & visi misi)

Gambar 4.42 Final Art Work Media Brosur (ruang lingkup)

Gambar 4.43 Final Art Work Media Brosur (ruang lingkup)

Gambar 4.44 Final Art Work Media Brosur

Gambar 4.45 Final Art Work Media Brosur (isi)

Gambar 4.46 Final Art Work Media Katalog Produk (cover)

Gambar 4.47 Final Art Work Media Katalog Produk (end)

Gambar 4.48 Final Art Work Media Katalog Produk (1)

Gambar 4.49 Final Art Work Media Katalog Produk (2)

Gambar 4.50 Final Art Work Media Katalog Produk (3)

Gambar 4.51 Final Art Work Media Katalog Produk (4)

Gambar 4.52 Final Art Work Media Katalog Produk (5)

Gambar 4.53 Final Art Work Media Katalog Produk (6)

Gambar 4.54 Final Art Work Media Katalog Produk (7)

Gambar 4.55 Final Art Work Media Katalog Produk (8)

Gambar 4.56 Final Art Work Media Katalog Produk (9)

Gambar 4.57 Final Art Work Media Katalog Produk (10)

Gambar 4.58 Final Art Work Media Katalog Produk (11)

Gambar 4.59 Final Art Work Media Katalog Produk (12)

Gambar 4.60 Final Art Work Media Katalog Produk (13)

Gambar 4.61 Final Art Work Media Katalog Produk (14)

Gambar 4.62 Final Art Work Media Katalog Produk (15)

Gambar 4.63 Final Art Work Media Katalog Produk (16)

Gambar 4.64 Final Art Work Media Katalog Produk (17)

Gambar 4.65 Final Art Work Media Katalog Produk (18)

Gambar 4.66 Final Art Work Media Baju (marketing)

Gambar 4.67 Final Art Work Media Baju (lapangan)

Gambar 4.68 Final Art Work Media Stiker

Gambar 4.69 Final Art Work Media Kartu Nama

Gambar 4.70 Final Art Work Media Amplop

Gambar 4.71 Final Art Work Media Kop Surat


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada kehidupan sehari-hari banyak sekali dampak asap rokok pada perokok di sekitar kita seperti yang kita ketahui sangat banyak sekali kerugian yang ditimbulkan akibat asap rokok bagi kesehatan manusia karena asap rokok tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung berbagai zat kimia yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan bermacam-macam penyakit seperti batuk kronis kanker paru-paru dan gangguan kesehatan lainnya.

Walaupun asap rokok ini sangat berbahaya bagi kesehatan tapi kebutuhan akan rokok ini masih terbilang cukup besar dikarenakan banyak orang yang tidak peduli dengan kesehatan dan efek negative pada asap rokok ini oleh karena factor buruk yang dibawa oleh asap rokok maka pada daerah tertentu diadakan larangan yang tidak memperbolehkan seorang untuk merokok misalnya pada rumah sakit gedung sekolah bioskop dan ruangan perkantoran yang ber AC dan lain lain.

Hal tersebut dilakukan agar asap pada perokok tidak mengenai orang yang tidak merokok dan asap yang ditimbulkan tidak mengganggu orang lain yang berada disekitarnya. Perkembangan teknologi sangat maju dengan pesat perkembangan teknologi ini merupakan hasil kerja keras dari rasa ingin tahunya manusia terhadap suatu hal yang pada akhirnya diharapkan akan mempermudah manusia dengan adanya teknologi tersebut akan bermunculan alat alat yang sangat canggih yang dapat bekerja secara otomatis yangdapat memudahkan pekerjaan manusia.

Salah satu alat yang cerdas yang dibutukan manusia adalah alat yang dapat mendeteksi asap rokok dan memberi peringatan dan dapat memberikan kepada perokok untuk tidak merokok di area tersebut dengan demikian dengan adanya alat ini dapat diharapkan pengawasan terhadap rokok tidak lagi dibutuhkan karena sudah dilakukan secara otomatis dan di harapkan dengan adanya alat ini juga dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan perokok untuk tidak merokok pada area tertentu.

Rumusan Masalah

Berdasarkan permasalahan di atas penulis mencoba untuk merancang suatu alat yang dapat mendeteksi asep rokok pada suatu ruangan dan memberi peringatan kepada perokok bahwa di ruangan tersebut tidak diperbolehkan untuk merokok.

Berdasarkan dari uraian diatas bahwa penulis mengambil beberapa pokok permasalahan :

  1. Bagaimanakah cara sistem pendeteksi asap rokok ini bekerja ?

  2. Bagaimana membuat sistem yang dapat mengetahui siapa yang merokok pada ruangan tersebut ?

  3. Bagaimanakah cara kerja Internet of Thing sistem pendeteksi asap rokok pada ruangan tersebut ?

Ruang Lingkup Penelitian

Sebagai pembatasan bahasan atas penyusunan laporan ini sehingga tetap fokus dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, maka ruang lingkup laporan ini adalah sebagai berikut:

  1. Sistem yang dapat mendeteksi asap pada lingkungan bebas asap rokok.

  2. Sistem pada terdeteksi asap rokok tersebut akan mengirimkan gambar melalui email ketika asap rokok terdeteksi.

Tjuan dan manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan pokok dari penelitian ini yaitu untuk menerangkan fakta - fakta yang telah ditemukan serta menerapkan berbagai teori yang telah didapatkan selama ini. Adapun tujuan lain dari skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Membuat sistem internet of thing pendeteksi asap rokok pada lingkungan bebas asap rokok.

  2. Merancang sebuah system yang dapat mengambil gambar dan mengirimkan gambar tersebut melalui email untuk mengetahui siapa yang melakukan pelanggaran tersebut.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian merupakan dampak dari pencapaiannya tujuan.Manfaat atau kegunaan hasil penelitian dapat diklasifikasikan menjadi manfaat teoritis dan manfaat praktis.Manfaat teoritis artinya hasil penelitian bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan obyek penelitian.Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan dibuat dengan dukungan beberapa kajian teoritis dan temuan sebelumnya, maka penelitian ini mempunyai manfaat teoritis. Sedangkan manfaat praktisnya tergantung pada bentuk penelitian yang dilakukan, terutama untuk penelitian evaluasi dan eksperimen.

Beberapa manfaat yang diperoleh penulis dalam penelitian ini adalah:

  1. Optimalisasi fungsi dari sensor asap MQ-2 yang digunakan untuk mendeteksi udara yang mengandung asap.

  2. Memenfaatkan sebuah kamera webcam sebagai media untuk pengambilan data yang berupa foto dan foto tersebut akan otomatis dikirimkan melalui email.

Metode Penelitian

Dalam metode ini memanfaatkan sistem kecerdasan buatan yang diterapkan pada mikrokontroller untuk memberi informasi, peringatan dan penanganan pada ruangan yang terdapat asap rokok, sehingga ruangan tersebut bebas dari asap rokok.

Dalam pembuatan laporan skripsi ini, penulis akan menggunakan 5 (lima) metode penelitian yang meliputi:

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam laporan skripsi ini, digunakan metode sebagai berikut:

Metode Analisa

Pada metode analisa sistem ini penulis menggunakan metode analisa SWOT dimana dalam pengertian metode analisa SWOT ini adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (sterngths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths), mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Metode Pengembangan

Metode pengembangan adalah sebuah cara yang tersistem atau teratur yang bertujuan untuk melakukan analisa pengembangan suatu sistem agar sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan. Merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan penelitian pengembangan sebagai proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi sistem yang terdiri dari temuan penelitian yang berkaitan dengan sistem yang akan dikembangkan, melakukan pengujian dalam pengaturan dimana ia akan digunakan akhirnya, dan merevisinya untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dalam tahap mengajukan pengujian. Dalam metode ini penulis mencoba mengembangkan sistem yang telah ada dengan membuat usulan sistem yang akan dikembangkan dan dituangkan dalam bentuk draf elisitasi.

Dari kedua metode penelitian yang telah dijabarkan di atas, maka penulis akan menggunakan kedua metode tersebut untuk menganalisa sistem yang berjalan. Hal ini dikarenakan dengan memakai metode observasi, penulis dapat secara langsung mengetahui kendala-kendala yang timbul dalam pemakaian sistem tersebut, dan dapat langsung mencari tahu penyelesaiannya.Dengan memakai metode studi pustaka, penulis diharapkan mendapat teori-teori maupun literatur dari penelitian sebelumnya, agar tidak terjadi pembuatan ulang dari penelitian yang sudah ada.Dan survei, penulis berharap dapat menerima penilaian terhadap sistem yang berjalan dari para pengguna kemudian dapat langsung melakukan perbaikan terhadap sistem.

Metode Prototipe

Alat yang dibuat bersifat prototype atau simulasi alat yang dapat dipergunakan secara nyata uji coba dan penelitian menggunakan Sensor Asap MQ-2 atau AF-30 dan asap rokok.

Metode Testing

Pada metode testing ini penulis ingin menggunakan Black Box pada sistem yang akan penulis bangun, dalam pengertiannya Black Box testing adalah metode pengujian dengan struktur internal tau kerja. pengetahuan khusus dari kode aplikasi / struktur internal dan pengetahuan pemrograman pada umumnya tidak diperlukan. Uji kasus dibangun di sekitar spesifikasi dan persyaratan, yakni, aplikasi apa yang seharusnya dilakukan.Menggunakan deskripsi 'eksternal perangkat lunak, termasuk spesifikasi, persyaratan, dan desain untuk menurunkan uji kasus. Tes ini dapat menjadi fungsional atau non-fungsional, meskipun biasanya fungsional. Perancang uji memilih input yang valid dan tidak valid dan menentukan output yang benar. Tidak ada pengetahuan tentang struktur internal benda uji itu. Sedangkan alasan penulis memilih black box ini karena metode uji dapat diterapkan pada semua tingkat pengujian perangkat lunak: unit, integrasi, fungsional, sistem.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas tentang penulisan penelitian ini, maka dikelompokkan materi penulisan menjadi 5 (lima) bab yang masing-masing saling berkaitan antara bab satu dengan yang lainya, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh, yaitu:

BAB I PENDAHULUAN :

Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, ruang lingkup, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI :

Bab ini berisi tentang uraian mengenai teori-teori dasar yang akan mendukung pembahasan masalah, serta cara berfikir dalam penyusunan Skripsi ini. Uraian tersebut menjelaskan tentang , Mikrokontroler Raspberry pi, serta beberapa komponen pendukung.

BAB III ANALISIS SISTEM YANG BERJALAN :

Bab ini berisi tentang gambaran umum objek yang diteliti meliputi sejarah singkat,wewenang dan tanggung jawab,permasalahan yang dihadapi,dll.

BAB IV HASIL PENELITIAN :

Bab ini berisi tentang hasil penelitian memuat sesuatu yang anda buat berdasarkan analisis permasalahan pada bab 3,pada bab ini terdapat pembahasan penting yaitu

  1. Penyajian data penelitian

  2. Pengolahan terhadap data yang terkumpul

  3. Pembahasan

BAB V PENUTUP :

Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dan saran dari hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan pada Skripsi ini.


BAB II

LANDASAN TEORI

Contributors

Bian, Bian Pramana