KP0521454978: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
(→Sistematika Penulisan) |
(→Konsep Dasar Laporan) |
||
Baris 359: | Baris 359: | ||
==Konsep Dasar Laporan== | ==Konsep Dasar Laporan== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | ||
+ | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Menurut Nindiyah Purpitasari Laporan Adalah Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka.</p> | ||
+ | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.</p> | ||
+ | |||
+ | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Laporan merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi baik formal maupun nonformal</p> | ||
+ | |||
+ | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Penyampaian informasi dari petugas atau pejabat tertentu kepada petugas atau pejabat tertentu dalam suatu system administrasi</p> | ||
+ | |||
+ | </div> | ||
===Proses Perancangan Laporan Secara Umum=== | ===Proses Perancangan Laporan Secara Umum=== | ||
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | ||
− | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in"></p> | + | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Menurut Hendi Hendratman (2010 : 09-12)<ref name="Hendi Hendratman">Hendrataman, Hendi, S.T., '''Tips & Trik Komputer Grafis Desain Edisi Revisi''', Informatika, Bandung, 2010.</ref> :</p> |
+ | # Konsep<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment atau audience yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dan lain-lain yang ingin menterjemahkan ke dalam bentuk visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.</p> | ||
+ | # Media<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik.</p> | ||
+ | # Ide<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. Kadang untuk mendapatkan ide, diperlukan suatu imajinasi, membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan membenturkan atau membuat suatu hal yang konflik atau paradoks.</p> | ||
+ | # Persiapan Data<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali</p> | ||
+ | # Visualisasi<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing</p> | ||
+ | # Produksi<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in">Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan</p> | ||
</div> | </div> | ||
− | |||
===Pengertian Project=== | ===Pengertian Project=== | ||
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | ||
<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in"></p> | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in"></p> | ||
</div> | </div> | ||
− | |||
===Tujuan Laporan=== | ===Tujuan Laporan=== | ||
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | ||
<p style="line-height: 2;text-indent:0.5in"></p> | <p style="line-height: 2;text-indent:0.5in"></p> | ||
</div> | </div> | ||
− | |||
===Manfaat Laporan=== | ===Manfaat Laporan=== | ||
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> |
Revisi per 15 Januari 2015 03.46
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA BAGIAN
DESIGN PROMOSI DAN INFORMASI DI SMK
NUSA JAYA KOTA TANGERANG
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
0521454978 | : FIRMAN RAHMATULLAH |
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA BAGIAN
DESIGN PROMOSI DAN INFORMASI DI SMK
NUSA JAYA KOTA TANGERANG
Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Teknik informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
STMIK Raharja Tahun Akademik 2014/2015.
Tangerang, 11 Januari 2015
Dosen Pembimbing
( Wahyu Hidayat, S.I.Kom )
NID. 12002
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM | : 0521454978 |
Nama | : FIRMAN RAHMATULLAH |
Jenjang Studi | : Strata Satu |
Jurusan | : Teknik Informatika |
Konsentrasi | : Multimedia Audio Visual and Broadcasting |
Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 11 Januari 2015 | |
(FIRMAN RAHMATULLAH) | |
NIM : 0521454978 |
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi untuk saat ini sumber daya manusia dibidang multimedia audio visual and broadcasting belum terpenuhi, oleh karena itu untuk menguasai dan memahami teknologi komputer secara optimal perlu diadakannya Kuliah Kerja Praktek yang diharapkan memberikan dampak yang positif bagi penyelesaian permasalahan diatas. SMK Nusa Jaya Kabupaten Tangerang bergerak pada bidang pendidikan, yang terletak di Jalan Nusa Dua IV No. 48, Perumnas II Karawaci Kota Tangerang.
Kata Kunci : Media komunikasi visual, Desain, Media informasi
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim,
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik.
Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan.
Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.
Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :
- Bapak. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja
- Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom., selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
- Pembimbing sekaligus Guru SMK Nusa Jaya Kota Tangerang yang telah membantu memperlancar untuk menyelesaikan laporan ini
- Teman teman saya yang telah memberikan dukungan moril kepada saya
Tangerang, 11 Januari 2015 | |
(FIRMAN RAHMATULLAH) | |
NIM : 0521454978 |
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 2.1 Konsep Dasar Laporan
- 2.2 Konsep Dasar Kuliah Kerja Praktek
- 2.3 Konsep Dasar Desain
- 2.3.1 Definisi Desain
- 2.3.2 Fungsi Fungsi Desain
- 2.3.3 Definisi Grafis
- 2.3.4 Unsur Unsur Desain Grafis
- 2.3.5 Prinsip Prinsip Desain Grafis
- 2.3.6 Definisi Typografi
- 2.3.7 Pengertian Tentang Psikologi Warna
- 2.3.8 Pengertian Tentang Simbolisasi Bentuk
- 2.3.9 Pengertian Citra Atau Image
- 2.3.10 Layout
- 2.3.11 Teori Desain Komunikas Visual
- 2.4 Konsep Dasar Informasi
- 2.5 Program Aplikasi Penunjang Desain
- 2.6 Literature Review
- 3 BAB III
- 4 BAB IV
- 5 DAFTAR PUSTAKA
- 6 DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1. Struktur Organisasi
Tabel 3.2. Skema Alur Kerja
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1. Desain Banner Idul Adha
Gambar 3.2. Desain Banner Selamat Datang
Gambar 3.3. Desain Banner Selamat Ujian Nasional
Gambar 3.4. Desain Kartu Tanda Pelajar
Gambar 3.5. Desain Setifikat 1
Gambar 3.6. Desain Sertifikat Praktek Kerja Industri
Gambar 3.7. Desain Sticker SMK Nusa Jaya Tangerang
Gambar 3.8. Desain Stiker 2
Gambar 3.9. Desain Spanduk Penerimaan Siswa Baru
Gambar 3.10. Desain Kartu Parkir
Gambar 3.11. Desain X Banner
BAB I
Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek
Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi untuk saat ini sumber daya manusia dibidang multimedia audio visual and broadcasting belum terpenuhi, oleh karena itu untuk menguasai dan memahami teknologi komputer secara optimal perlu diadakannya Kuliah Kerja Praktek yang diharapkan memberikan dampak yang positif bagi penyelesaian permasalahan diatas.
SMK Nusa Jaya Kabupaten Tangerang bergerak pada bidang pendidikan, yang terletak di Jalan Nusa Dua IV No. 48, Perumnas II Karawaci Kota Tangerang.
Kuliah Kerja Praktek adalah salah satu syarat yang wajib di penuhi oleh mahasiswa untuk mencapai kelulusan, dengan mengikuti waktu yang telah ditetapkan yaitu minimal satu semester 160 jam, dimana dalam prosesnya masih dalam pengawasan Perguruan Tinggi sebagai pelaksana pendidikan. Dalam Kuliah Kerja Praktek ini penulis mendapat kesempatan untuk memperdalam ilmu serta mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kelak penulis memiliki pengalaman yang nantinya dapat digunakkan dalam dunia pekerjaan khususnya di bidang IT.
Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek
Maksud Kuliah Kerja Praktek
Maksud dari Kuliah Kerja Praktek adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengimplementasikan semua ilmu yang telah dipelajari pada masa perkulihannya ke dalam dunia kerja, serta mahasiswa secara langsung belajar untuk berinteraksi dalam dunia kerja. Selain itu mahasiswa dituntut untuk dapat mengatasi dan mempertanggung jawabkan suatu permasalahan yang ada dalam pekerjaan tersebut di bidang Teknik Informatika, yang secara pribadi melalui Kuliah Kerja Praktek, dapat menambah pengalaman serta meningkatkan kemampuan dalam berkreatifitas yang lebih banyak lagi dalam membuat suatu desain yang diinginkan.
Tujuan Kuliah Kerja Praktek
- Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat sebelumnya selama masa perkuliahan guna untuk tampil bekerja baik secara individu maupun secara kelompok ke dalam dunia kerja.
- Mahasiswa mampu berkerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki untuk melengkapi kreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain, sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan dalam dunia kerja.
Manfaat Kuliah Kerja Praktek
Kuliah Kerja Praktek ini akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga bagi mahasiswa sebelum memulai karir yang sebenarnya sebagai seorang sarjana komputer yang berbasis multimedia
Manfaat Kuliah Kerja Praktek
- Agar mahasiswa dapat mengerti apa yang salah dan apa yang benar dalam prakteknya untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya
- Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berguna dan lebih siap sebelum terjun kelingkungan masyarakat
- Agar mahasiswa mampu bekerja secara profesional dan mampu bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baik secara individu maupun berkelompok (team work)
- Agar mahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan ilmu dan wawasan yang didapat selama masa perkuliahan, maupun pada saat mempraktekkan sebelum masuk pada dunia pekerjaan yang sesungguahnya.
Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek
Dalam kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Observasi (Observation research)
Adalah pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain di SMK Nusa Jaya Kabupaten Tangerang.
- Wawancara (Interview)
Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang akan diteliti.
- Studi Pustaka
Pengumpulan teori-teori dengan cara membaca, mempelajari dan memahami buku-buku, diktat-diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting.
Sistematika Penulisan
Untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang akan dibahas, penulis membagi menjadi beberapa bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan secara umum tentang latar belakang, pembahasan masalah umum, metode penelitian, ruang lingkup, manfaat dan tujuan serta sistematika penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
Pada Bab ini berisikan tentang teori dasar yang melandasi penulisan laporan tugas magang sesuai penugasan yang diberikan kepada setiap mahasiswa yang melakukan magang KKP (Kuliah Kerja Praktek)
BAB III TINJAUAN UMUM DAN TINJAUAN KHUSUS
Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Ruang Lingkup. Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban tiap Departemen, dan Daftar Klien. Tinjauan umum menjelaskan tentang Skema Alur Kerja dan Alur Kerja, sedangkan Tinjauan Khusus menjelaskan tentang Daftar Project serta latar belakang dan konsep desain selama Kuliah Kerja Praktek (KKP).
BAB IV PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil penulisan Kuliah Kerja Praktek (KKP) serta saran-saran yang diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan generalisasi perbaikan di masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP).
LAMPIRAN
Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.
BAB II
Konsep Dasar Laporan
Menurut Nindiyah Purpitasari Laporan Adalah Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka.
Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.
Laporan merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi baik formal maupun nonformal
Penyampaian informasi dari petugas atau pejabat tertentu kepada petugas atau pejabat tertentu dalam suatu system administrasi
Proses Perancangan Laporan Secara Umum
Menurut Hendi Hendratman (2010 : 09-12)[1] :
- Konsep
Adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment atau audience yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dan lain-lain yang ingin menterjemahkan ke dalam bentuk visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
- Media
Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik.
- Ide
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. Kadang untuk mendapatkan ide, diperlukan suatu imajinasi, membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan membenturkan atau membuat suatu hal yang konflik atau paradoks.
- Persiapan Data
Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali
- Visualisasi
Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing
- Produksi
Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan
Pengertian Project
Tujuan Laporan
Manfaat Laporan
Konsep Dasar Kuliah Kerja Praktek
Definisi Kuliah Kerja Praktek
Maksud Kuliah Kerja Praktek
Tujuan Kuliah Kerja Praktek
Konsep Dasar Desain
Definisi Desain
Fungsi Fungsi Desain
Definisi Grafis
Unsur Unsur Desain Grafis
Prinsip Prinsip Desain Grafis
Definisi Typografi
Pengertian Tentang Psikologi Warna
Pengertian Tentang Simbolisasi Bentuk
Pengertian Citra Atau Image
Layout
Teori Desain Komunikas Visual
Konsep Dasar Informasi
Pengertian Data
Pengertian Informasi
Jenis Jenis Informasi
Kualitas Informasi
Nilai Informasi
Program Aplikasi Penunjang Desain
Adobe Photoshop CS6
Literature Review
BAB III
Profil Perusahaan
Sejarah Singkat SMK Negeri 2 Kota Tangerang
Ruang Lingkup
Visi, Misi, dan Tujuan Dari SMK Negeri 2 Tangerang
Struktur Organisasi
Wewenang Dan Tanggung Jawab
Tinjauan Umum
Skema Alur Kerja
Alur Kerja
Kepala Sekolah
Wakil Kepala Sekolah
Kepala Urusan Tata Usaha
Urusan Kurikulum
Urusan Kesiswan
Urusan Humas
Urusan Sarana Dan Prasarana
Tinjauan Khusus
Daftar Project
Latar Belakang Dan Konsep Desain
BAB IV
Kesimpulan
Saran
Kesan
DAFTAR PUSTAKA
- ↑ Hendrataman, Hendi, S.T., Tips & Trik Komputer Grafis Desain Edisi Revisi, Informatika, Bandung, 2010.
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran A1 : Surat Pengantar KKP
Lampiran A2 : Surat Penugasan Kerja
Lampiran A3 : Form Penggantian Judul
Lampiran A4 : Kartu Bimbingan
Lampiran A5 : Kartu Study Tetap Final (KSTF)
Lampiran A6 : Form Validasi Kuliah Kerja Praktek (KKP)
Lampiran A7 : Kwitansi Pembayaran Kuliah Kerja Praktek (KKP)
Lampiran A8 : Daftar Mata Kuliah Yang Belum Diambil
Lampiran A9 : Daftar Nilai
Lampiran A10 : Formulir Seminar proposal
Lampiran A11 : Sertifikat TOEFL
Lampiran A12 : Sertifikat Prospek
Lampiran A13 : Sertifikat IT Internasional
Lampiran A14 : Sertifikat IT Nasional
Lampiran A15 : Curriculum Vitae (CV)