SI1021464752: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB II)
(BAB III)
Baris 623: Baris 623:
 
{{Pagebreak}}
 
{{Pagebreak}}
  
=BAB III=
+
=<p align="center">'''BAB III'''</p>=
==Gambaran Untuk SMAN 8 Kabupaten Tangerang==
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''IDENTIVIKASI MASALAH '''</div>
 +
 
 +
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: justify">'''Sejarah Singkat Gambaran Umum SMAN 8 Kabupaten Tangerang'''</div>==
 +
 
 
===Sejarah Singkat SMAN 8 Kabupaten Tangerang===
 
===Sejarah Singkat SMAN 8 Kabupaten Tangerang===
 
===Visi dan misi SMAN 8 Kabupaten Tangerang===
 
===Visi dan misi SMAN 8 Kabupaten Tangerang===

Revisi per 2 Agustus 2014 05.58

PERANCANGAN MADDING DIGITAL BERBASIS WEB

SEBAGAI MEDIA INFORMASI SEKOLAH

PADA SMAN 8 KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg



Disusun Oleh :

NIM : 1021464752

NAMA : Eva Fahrudin


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2013/2014)


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA MADDING DIGITAL BERBASIS WEB

SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI SEKOLAH

PADA SMAN 8 KABUPATEN TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1021464752
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual & Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 27 Maret 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan MAVIB
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 007002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA MADDING DIGITAL BERBASIS WEB

SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI SEKOLAH

PADA SMAN 8 KABUPATEN TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021464752
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Teknik Informatika

Konsentrasi MAVIB

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, 17 Febuari 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA MADDING DIGITAL BERBASIS WEB

SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI SEKOLAH

PADA SMAN 8 KABUPATEN TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1021464752
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: MAVIB

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 27 Maret 2014

 
 
 
 
 
NIM : 1021464752

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Majalah dinding (Mading) adalah salah satu media informasi yang biasanya dipakai disekolah untuk sarana informasi siswa. Tidak hanya sebagai media informasi mading juga merupakan wadah kreasi dari siswa dalam menyalurkan ide-ide kreatif dalam bentuk majalah. Dalam penerbitannya madding disajikan secara berkala. Ragam dalam isi mading itu sendiri berupa tulisan, gambar, puisi, karikatur, teka-teki silang dan disajikan dalam bentuk yang menarik. Hingga saat ini mading ditampilkan dengan bentuk tulisan atau kreasi yang ditempelkan didinding, dari hal tersebut saya selaku mahasiswa Progranm Studi Tekhnik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) di Perguruan Tinggi Raharja mempunyai ide atau gagasan untuk Merancang Media Madding Digital Berbasis WEB Sebagai Penunjag Informasi Sekolah pada SMAN 8 Kabupaten Tangerang. Dengan dirancangnya madding digital ini menjadikan mading menjadi lebih menarik untuk diliat, dengan menampilkan tambahan animasi, instrumen musik, serta rancangan semua desain visual yang ditampilkan pada website. Dalam pembuatan madding digital peneliti menggunakan aplikasi desain grafis diantaranya adalah : Addobe Photoshop cs3, Addobe Ilustrator cs3, Correl Draw x4. Sedangkan dalam penampilan diwebsitenya penulis menggunakan aplikasi Addobe Dream Weaper cs3. Penelitian ini diharapkan menjadi bermanfaat bagi pihak SMAN 8 Kabupaten Tangerang dan menjadi sarana informasi yang lebih epektif dari sebelumnya.

Kata Kunci : Madding Digital, Media Informasi, Desain Grafis, Website


ABSTRACT

wall magazine is one of the media information that is usually used in schools for student information tool. Not only as a medium of informationbulletin board is also a container creations of students in channeling creative ideas in the form of a magazine. In publishing the madding presented periodically. Variety in the contents of the bulletin board itself in the form of text, images, poems, cartoons, crossword puzzles and presented in an attractive form. Until now displayed by Madingcreative writing or taped to the wall, of that I as a student Progranm Studies informatics techniques concentrationMultimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) in college Raharja have an idea or ideas for Designing Mediawall magazine Based websites As Supporting Information at the School district 8 Tangerang. With the magazine he designed digital wall becomes more interesting to watch with additional display animated, musical instruments, and design all visualdesigns displayed on the website. In the manufacture of digital Madding researchers use graphic design applications include: Addobe Photoshop CS3, Illustrator CS3 Addobe, Correl Draw x4. While in appearance diwebsitenya authors use AddobeDream Weaper cs3 applications. This study is expected to be beneficial to SMAN 8 Tangerang regency and become a more effective means of information than ever before.

Keywords: Digital Madding, Media Information, Graphic Design, Website

Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Jika diperhatikan saat ini kebutuhan akan informasi semakin meningkat, dalamperkembangannya semua pihak yang terkait dalam penyebaran informasi baik dalam lingkungan umum ataupun khusus selalu berusaha meningkatkan kualitasnya agar mampu menyampaikan informasi dengan maksimal dan jelas.

Dalam penyampaiannya informasi bisa disampaikan melalui beberapa media seperti media cetak, media televisi serta media internet. Informasi yang diberikan senantiasa berusaha untuk menciptakan citra positif. Tidak hanya positif saja tampilan dari media informasi haruslah menarik untuk dilihat, agar penerima informasi menerima info dengan maksimal.

Media internet saat ini menjadi media informasi yang sangat populer dimasyarakat modern terutama diintansi-intansi sekolah. penyajian website yang menarik menjadikan penyampaian informasi menjadi maksimal karena dirancang sedemikian rupa.

Dilingkungan sekolah penyampaian informasi yang disajikan tidak terlepas dari majalah dinding (Mading) yang dirancang sedemikian rupa, dengan menempelkan gambar-gambar animasi, teka-teki silang, puisi yang semuanya disajikan dalam bentuk yang menarik, serta penerbitannya dilakukan secara berkala oleh team madding sebagai penunjang informasi sekolah.

SMAN 8 Kabupaten Tangerang adalah salah satu sekolah yang mempunyai madding yangsangat epektif dalam penyampaian informasi sekolah, mempunyai team madding yang kompak dalam menyajikan madding secara berkala. Akan tetapi siswa-siswi yang melihat madding akan cepat merasa bosan dengan tampilan majalah dinding yang sifatnya manual.Siswa-siswi terlihat asik menggunakan laptop yang terkoneksi dengan internet.


Berdasarkan permasalahan yang disampaikan diatas peneliti mempunyai ide tau gagasan untukmenjadikan majalah dinding (madding) menjadi madding digital berbasis web. Agar para siswa bisa menikmati madding secara digital dengan terkoneksi dengan jaringan internet.


Maka dari itu peneliti menarik topik desain grafis dalam penelitian skripsi yang berjudul : “PERANCANGAN MEDIA MADDING DIGITAL BERBASIS WEB SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI SEKOLAH PADA SMAN 8 KABUPATEN TANGERANG” Dengan maksud membuat media madding menjadi lebih baik dan dapat diterima oleh para siswa.

Rumusan Masalah

Permasalahan-permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimanamenampilkan informasi mading sekolah secara efisien, aktif dan menarik ?
  2. Melalui media dalam bentuk apa agar informasi mading sekolah mudah diterima oleh lingkungan sekolah ?
  3. Media mading digital seperti apa yang bisa menarik perhatian setiap siswa yang melihatnya ?
  4. Target apa yang ingin dicapai oleh pihak sekolah melalui rancangan media mading digital setelah diimplementasikan ?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan tidak menyimpang dari topik penelitian , peneliti membatasi permasalahan yang akan dibahas , adapun permasalahan yang akan dibahas adalah hal-hal yang berkaitan dengan Perancangan madding digital berbasis web sebagai media informasi sekolah.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian adalah :

    a. Tujuan Oprasional
    1. Sebagai sarana efektif untuk menyampaikan informasi sekolah melalui teks dan gambar, secara elektronik.
    2. Sebagai informasi efektif tentang kegiatan sekolah.
    3. Sebagai sarana peningkatan motivasi yang ditunjukan kepada setiap siswa.

    b. Tujuan Fungsional

    1. Dapatmemacu kreatifitas setiap siswa dalam berkreasi didalam maupun diluar sekolah.
    2. Dapatmenumbuh kembangkan bakat setiap siswa.
    3. Dapatmeningkatkan kualitas sumber daya siswa.


    Manfaat Penelitian

    a. Manfaat Bagi SMAN 8 Kabupaten Tangerang :

    1. Melalui media mading digital penyampaian informasi yang disajikan lebih variatif.
    2. Dengan menggunakan mading digital SMAN 8 Kabupaten Tangerang merupakan pelopor madingdigital berbasis web sekolah.
    3. Secara operasional team penyelenggara mading digital akan selalu dapat menampilkan bentuk informasi yang akurat, menarik dan efektif.
    4. Setiap siswa SMAN 8 KabupatenTangerang akan merasa efisien dalam hal mendapatkan informasi kegiatan sekolah.

    b. Manfaat Bagi Penulis:

    1. Menambah wawasan penulis dalam hal perencanaan bentuk media dalam pengembangan bentukinformasi yang dapat disajikan secara menarik dan efisien mempelajari danmengembangkan dibidang desain grafis dan web programming.
    2. Menambah pengalaman peneliti dalam membuat media informasi dan menambah kreatifitaspeneliti dalam mengerjakan suatu projek, terutama dalam projek mading digitalberbasis web yang diteliti di SMAN 8 Kabupaten Tangerang.

    Metode Penelitian

    Metode yang digunakan penulis dalam memenuhi ketentuan dalam penulisan laporan skripsiadalah sebagai berikut :

    Analisa Permasalahan

    Analisa permasalahan bisa didapatkan dari hasil tanya jawab dan interview yangdilakukan peneliti kepada Kepala Sekolah SMAN 8 Kabupaten Tangerang.

    Pengumpulan Data

    1. Data-data dukungan yang digunakan untuk melengkapi penulisan laporan skripsi, peneliti menggunakan tiga metode yaitu :

    Sistematika Penulisan

    untuk memahami lebih jelas laporan skripsi ini maka peneliti mengelompokan laporan materi ini menjadi beberapa bab, diantaranya :

    BAB I PENDAHULUAN

    Bab ini membahasmengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan danmanfaat penelitian, metodologipenelitian, dan sistematika penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Bab ini membahasmengenai definisi dari ilmu-ilmu yangberkaitan dengan topik pembahasan dalampenyusunan Laporan Skripsi.

    BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI

    Bab ini membahasmengenai sejarah singkat Perusahaan, struktur organisasi, wewenang dan tanggungjawab, informasi tentang produk, marketanalisis, potensial market, market segmentation, marketobjective, market strategy, budget produksi media, konfigurasi hardware.

    BAB IV KONSEP DESAIN

    Bab ini membahas mengenai perencanaan (konsep media), perencanaan pesan dan perencanaan visual

    BAB V PENUTUP

    Bab ini membahas mengenai kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulisdari hasil penelitian selama observasi.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN

    BAB II

    LANDASAN TEORI

    Konsep Dasar Perancangan Mading Digital

    Pengertian Perancangan

    Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagian alir (Flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain


    Perancangan adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendesign system baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternative system yang terbaik.


    Perancangan adalah suatu kegiatan membuat desain teknis berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pada kegiatan analisis.

    Berdasarkan definisi diatas, penulis menarik kesimpulan bahwa perancangan merupakan suatu pola yang dibuat untuk mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan atau organisasi setelah melakukan analisis terlebih dahulu.

    Proses Perancangan Secara Umum

    Menurut Hendi Hendratman (2010 : 09-12) :

    1. Persiapan data
    2. Datadapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu disleksi, apakah datatersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang pentigsehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samara tau ditiadakan samasekali. Datadapat berupa data inopatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta dataestetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.

    3. Ide
    4. Untukmencari ide yang kreatif diperlukan study banding, wawancara dan lain-lain agardesain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkam kesan tertentu yangsulit dilupakan.

    5. konsep
    6. Hasilkerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yangdituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agardapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

    7. Media
    8. Untuk mencapai criteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan study kelayakanyang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak,elektronik, luar ruang dan lain-lain.

    9. Visualisasi
    10. Menentukan komponen desain, pemilihan warna, Layout sampai finishing.

    11. Produksi
    12. Setelahdesain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba(Testing) untuk memastikan system atau produk tidak ada kesalahan.

    Pengertian Project

    MenurutDewi Priyanto (2010:35) “ Project adalah susunan klip video, gambar, atau musikditime line atau storyboard yang sedang dalam tahapan pengeditan”.

    Konsep Dasar Informasi

    Pengertian data

    Dataadalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.Kejadian-kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu didalam duniabisnis adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi.

    Dataadalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidakmempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

    Daridefinisi diatas dapat disimpulkan bahwa data adalah kumpulan kejadian yangdiangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf,simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapatbercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

    Pengertian Informasi

    Informasiadalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berartibagi yang menerimanya. Informasi disebut juga data yang diproses atau data yangmemiliki arti

    Pengertiansebuah informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yangberarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat iniatau saat mendatang.

    MenurutMaimunah dalam jurnal CCIT (Maimunah dkk, 2012: 284) “Informasi adalah datayang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya,dan bermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan”.

    Informasidapat disimpulkan sebagai hasil dari pengelolaan data dalam suatu bentuk yang lebihberguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatukejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilankeputusan

    Jenis-jenis Informasi

    Paraahli system Informasi Manajemen tidak mempunyai pendapat yang sama mengenaijenis-jenis ionformasi yang dioperasikan dalam manajemen. Dari berbagaipendapat yang berbeda itu dapat disimpulkan bahwa informasi dalam manajemendiklasifikasikan berdasarkan pada aspek-aspek seperti yang akan dipaparkansebagai berikut ini:

    1. Informasi Berdasarkan Persyaratan
    2. Suatuinformasi harus memenuhi persyaratan sebagai mana dibutuhkan oleh manajer dalamrangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan.

    3. Berdasarkan Dimensi Waktu
    4. Informasiberdasarkan dimensi waktu diklasifikasikan sebagai berikut :

      1. Informasi Masa Lalu
      2. Informasijenis ini adalah mengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang dipergunakan,namun dalam penyimpanannya pada data storageperlu disusun secara rapih dan teratur.

      3. Informasi Masa Kini
      4. Dariistilahnya sendiri adalah jelas bahwa makna dari informasi masa kini ialahinformasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang.

        Kualitas Informasi

        Nilai Informasi

        Konsep Dasar Media

        Pengertian Media

        Alternatif Media

        Konsep Dasar Desain

        Definisi Desain

        Fungsi-fungsi Desain

        Unsur-unsur Desain Grafis

        Prinsip-prinsip Desain Grafis

        Definisi typografi

        Definisi Psikologi Warna

        Definisi simbolisasi bentuk

        definisi citra atau image

        definisi layout

        elemen dan unsur desain

        Teori Desain Komunikasi Visual

        Definisi Mading

        Definisi Website

        Website sebagai alat promosi

        Fungsi Website

        Aplikasi yang digunakan untuk membangun sebuah web

        Program Aplikasi Penunjang Produksi Media

        Adobe Photoshop cs3

        Adobe Ilustrator cs3

        Corel Draw x4

        Adobe Dream weaper cs3

        Elisitasi

        Literature Review

        Penelitian Sebelumnya

        BAB III

        IDENTIVIKASI MASALAH

        Sejarah Singkat Gambaran Umum SMAN 8 Kabupaten Tangerang

        Sejarah Singkat SMAN 8 Kabupaten Tangerang

        Visi dan misi SMAN 8 Kabupaten Tangerang

        Struktur Organisasi

        Wewenang dan Tanggung Jawab

        Product Information

        Produksi

        Market Analis

        Market Positioning

        Kondisi Pesaing

        Potensial Market

        Market Segmentation

        Marketing Objective

        Strategi Marketing

        Budget Produksi Media

        Konfigurasi Hardware

        Spesifikasi Hardwere

        Sofware yang digunakan

        Definisi Sofware yang digunakan

        BAB IV

        Perencanaan Media

        Tujuan Media

        Strategi Media

        Program Media

        Perencanaan Pesan

        Tujuan Kreatif

        Strategi Kreatif

        Perencanaan Visual(Konsep Visual)

        Tujuan Visual(Visual Objective)

        Strategi Visual (Visual Strategy)

        Penulisan Naskah (Copy writting)

        Pengarahan Visualisasi(Art Directing)

        Proses Desain (Designing)

        BAB V

        Kesimpulan

        Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah

        Kesimpulan Terhadap Tujuan dan Manfaat Penelitian=

        Kesimpulan Terhadap Metode Penelitian

        Saran

        Kesan