SI1533488901: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 426: Baris 426:
  
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''DAFTAR SIMBOL'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''DAFTAR SIMBOL'''</div>
 +
 +
 +
{{pagebreak}}
 +
 +
 +
=<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB I'''</div>=
 +
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 +
 +
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Latar Belakang'''</div>==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Teknologi informasi saat ini berkembang sangat cepat sudah mempengaruhi diberbagai bidang kehidupan dan profesi, hal ini menyebabkan perubahan sistem pada setiap instansi atau perusahaan juga harus mengubah sistem cara kerja mereka. Teknologi informasi banyak digunakan untuk mengelola pekerjaan karena daya efektivitas dan efisiensinya yang terbukti mampu mempercepat kinerja. Penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari dapat mempermudah pertukaran informasi dan data sehingga penyebaran ilmu pengetahuan menjadi begitu cepat. Kemajuan paling terlihat adalah pada penggunaan teknologi informasi dalam proses pengolahan data menjadi informasi lebih cepat dan dilakukan secara otomatis.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Menanggapi permasalahan yang ada di bidang teknologi serta informasi yang hanya dipakai untuk online dan hiburan semata saja, tapi bisa digunakan untuk mencari informasi perkembangan dunia mikrokontroler. Selain itu juga melihat perkembangan para pecinta kucing di Indonesia yang semakin banyak muncul juga bermacam macam ras kucing begitu juga semakin banyaknya pecinta kucing di luar indoensia begitu banyaknya daya Tarik untuk memeliharak hewan peliharaan ini.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Pada dasarmya kucing membuang kotorannya dengan menggali pasir yang ada pada litter box lalu menutupinya  kembali dengan menggaruk pasir yang ada untuk menandakan bahwa kucing sudah selesai membuang kotorannya, dan dia akan terus mengulanginnya dengan hal yang sama sampai pada akhirnya Litter box penuh sehingga kucing tidak bias lagi menggaruk pasir di karenakan telatnya pemilik untuk membersihkan Litter box nya.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Pemilik kucing harus rutin membersihkan kandang kucing terutama Litter box, karna disitu tempat awal kucing menjadi jorok dan sakit karna Litter box tempat kucing buang kotoran menjadi kotor, disini penting nya para pemilik kucing merasa kewalahan jika setiap hari membersihkan kandang kucing yang kotor karna Litter box yang sudah penuh dengan kotorannya, jika pemilik kucing telat membersihkan kandang atau telat membersihkan kotoran kucing pada Litter box, kucing akan menjadi malas dan sakit karna kandang yang kotor.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Ketika kucing sakit pun ada tempat untuk memeriksa penyakitnya yang berada di spesialis dokter hewan disebut juga medik veteriner adalah dokter yang menangani hewan dan penyakit-penyakitnya. Selain bertanggung jawab terhadap kesehatan hewan, dokter hewan juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan hewan, seringkali Dokter hewan menangani masalah pada kucing yang sakit karna masalah kandangnya yang kotor, biasanya masalah ini terjadi karna pemilik kucing telat membersihkan kandang kucing terutama Litter Box tempat kotoran kucing, sehingga kucing menjadi jorok dan kandang menjadi kotor membuat kucing setres dan sakit.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Berdasarkan Latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul “PROTOTYPE SMART LITTER BOX PADA KANDANG KUCING BERBASIS ARDUINO”.</p></div>
 +
 +
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Rumusan Masalah'''</div>==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Dalam rumusan masalah ini memuat uraian secara rinci dari permasalahan yang diidentifikasi pada latar belakang, adapun rumusan masalah dalam penyusunan penelitian ini sebagai berikut:</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bagaimana cara membersihkan Litter box kucing saat ini ?</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bagaimana cara membersihkan Litter box kucing agar teratur ?</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bagaimana cara membuat prorotype membersihkan Litter box kandang kucing seara otomatis yang efektif dan efisien?</li>
 +
</ol>
 +
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Ruang Lingkup Penelitian'''</div>==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Sebagai batasan ruang lingkup penelitian atas penyusunan laporan SKRIPSI  ini adalah merancang sebuah alat pembersih Litter box kucing secara otomatis menggunakan Mikrokontroller pada Citra PetShop. Smart Litter Box ini di rancang guna membantu pecinta hewan peliharaan kucing untuk membersihkan kotoran kucing secara teratur. Maka penulis memberikan ruang lingkup penelitian ini meliputi:</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Prototype mengunankan litter box sebagai wadah utama.</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Menggunakan Arduino sebagai inti dari alat.</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Ruang kerja untuk percobaan alat yaitu dirumah.</li>
 +
</ol>
 +
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Tujuan Dan Manfaat Penelitian'''</div>==
 +
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Tujuan Penelitian'''</div>===
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Untuk menyelesaikan SKRIPSI sebagai syarat lulus jenjang studi Strata 1 (S1)</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Membuat suatu sistem yang dapat membersihkan litter box kotoran kucing otomatis menggunakan Arduino sebagai otak utama untuk membuat system.</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Membantu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan masyarakat khususnya di kalangan pemilik hewan peliharaan kucing.</li>
 +
</ol>
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Manfaat Penelitian'''</div>===
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Memaksimalkan dan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan sebuah karya yang mengimplementasikan ilmu teknologi.</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Mempermudah para pemilik hewan peliharaan khususnya kucing untuk membersihkan kotoran kucing pada Litter box.</li>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Alat ini diharapkan bisa digunakan untuk para pemilik hewan peliharaan khususnya kucing.</li>
 +
</ol>
 +
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Metode Penelitian'''</div>==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Metode yang digunakan dalam penulisan SKRIPSI ini terdiri dari 3 tahapan:</p></div>
 +
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Metode Pengumpulan Data'''</div>===
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Pada tahapan ini dilakukan pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan. </p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Observasi</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">pada metode ini peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap ke aktifan kucing dan sifat kucing di Citra PetShop. Kemudian hasil dari observasi yang telah dilakukan peneliti dapat mengumpulkan berbagai sumber informasi yang dapat membantu proses analisa dalam pembangunan sistem yang akan diimplementasikan.</p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Wawancara </li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Metode wawancara merupakan proses tanya jawab yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk saling bertukar informasi dan ide mengenai sistem yang sedang diteliti. Agar memperoleh data yang jelas dan akurat, dalam hal ini penulis melakukan wawancara secara langsung dengan Pemilik PetShop , Karyawan, dan Pengunjung  Citra PetShop.</p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Studi Pustaka</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui sumber buku dan tulisan terkait dengan Mikrokontroller maupun laporan SKRIPSI yang terdahulu sebagai referensi. Sumber-sumber lain yang mendukung penelitian ini di peroleh melalui internet seperti penelitian-penelitian dan jurnal-jurnal yang telah ada.</p></div>
 +
</ol>
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Metode Analisis'''</div>===
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Pada metode ini, penulis menganalisa sifat dan sikap hewan peliharaan kucing sampai pada akhirnya penulis menemukan kelemahan pada litter box yang masih manual membersihkannya.</p></div>
 +
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Metode Perancangan'''</div>===
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Dalam metode ini berisi tentang bagaimana sistem tersebut di rancang dengan tahap alur kerja sistem yang akan dirancang di sajikan dalam bentuk flowchart dan diagram blok, kemudian dengan komponen hardware apa saja sistem tersebut di buat</p></div>
 +
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Metode Prototipe'''</div>===
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode prototipe evolutionary karena dengan metode tersebut terus menerus di kembangkan sampai sistem tersebut menuju pada tahap sistem tersebut dapat di realisasikan dalam bentuk akhir</p></div>
 +
 +
===<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Metode Pengujian'''</div>===
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Metode pengujian dalam penelitian ini digunakan untuk mengkoreksi kesalahan yang terjadi pada sistem yang akan di buat. Metode yang digunakan peneliti adalah Black Box. Metode Black Box digunakan karena dapat mengetahui apakah sistem yang dibuat dapat berfungsi dan sesuai dengan harapkan.</p></div>
 +
 +
==<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'; text-align: left;">'''Sistematika Penulisan'''</div>==
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan SKRIPSI ini di kelompokan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut:</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">BAB I PENDAHULUAN</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">BAB II LANDASAN TEORI</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Bab ini berisikan teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus berupa pengertian dan definisi yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas serta literature review yang berhubungan dengan penelitian.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">BAB III PEMBAHASAN</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat CITRA PETSHOP, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, sistem yang berjalan, serta alternatif pemecahan masalah.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">BAB IV HASIL DAN UJI COBA</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan alat, konfigurasi sistem yang berjalan, testing, implementasi dan estimasi biaya.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">BAB V PENUTUP</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">DAFTAR PUSTAKA</p></div>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in;"><p style="line-height:2">DAFTAR LAMPIRAN</p></div>
  
  
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}

Revisi per 31 Januari 2020 03.43


PROTOTYPE SMART LITTER BOX

PADA KANDANG KUCING BERBASIS ARDUINO



SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1533488901

NAMA : ABDUL RIZAL FAHMI


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION

AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

SKRIPSI(2019/2020)



UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PROTOTYPE SMART LITTER BOX PADA KANDANG

KUCING BERBASIS ARDUINO


Disusun Oleh :

NIM
: 1533488901
Nama
: Abdul Rizal Fahmi
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: CCIT

   

Disahkan Oleh :

Tangerang,

Dekan
       
Ketua Program Studi
Fakultas Sains dan Teknologi
       
Sistem Komputer
           
           
           
           
(Sugeng Santoso,M.Kom.)
       
(Ageng Setiani Rafika, S.Kom., M.S.I)
NIP : 03009
       
NIP : 13001
       
Rektor
       
Universitas Raharja
           
           
           
           
       
(Dr. Po Abas Sunarya., M.S.I)
       
NIP : 03037

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PROTOTYPE SMART LITTER BOX PADA KANDANG

KUCING BERBASIS ARDUINOTANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1533488901
Nama
: Abdul Rizal Fahmi

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communicative and Inovative Technology


Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2020

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
( Dedy Prasetya Kristiadi, M.Kom.)
   
(Dra. Nurlaila S. Rahayu Rais, M.M., M.H.)
NID: 16007
   
NID: 02013



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PROTOTYPE SMART LITTER BOX PADA KANDANG

KUCING BERBASIS ARDUINOTANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1533488901
Nama
: Abdul Rizal Fahmi

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And Innovtive Technolgy

Skripsi 2019/2020


Disetujui Penguji :

Tangerang,

Ketua Penguji
   
Penguji I
   
Penguji II
       
       
       
       
(_____________)
   
(_____________)
   
(_____________)
NID :
   
NID :
   
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PROTOTYPE SMART LITTER BOX PADA KANDANG

KUCING BERBASIS ARDUINOTANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1533488901
Nama
: Abdul Rizal Fahmi
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: CCIT

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang,

 
 
 
 
 
(Abdul Rizal Fahmi)
NIM : 1533488901

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

Alat pembersih kotoran kucing secara otomatis ini dibuat dengan tujuan untuk membantu para penyayang hewan peliharaan terutama kucing dalam memantau kesehatan kucing di dalam kandang yang sudah ada Litter Box dan untuk membantu kebersihan kendang kucing secara teratur dengan alat ini kotoran kucing dan kesehatan kucing bisa terpantau setiap saat, dimana alat ini bisa di gunakan yaitu untuk memantau kebersihan dan kesehatan kucing bisa di ketahui ketika kucing masuk ke dalam Litter Box untuk membuang kotoranya bergerak setelah kucing meninggalkan Litter Box bisa di ketahui dengan bantuan dari Ultrasonic Sensor mengecek apakah kucing keluar dari Litter Box untuk melanjutkan proses membersihkan Arduino sebagai otak utama dari alat ini bekerja jika Ultrasonic Sensor sudah mengirim data ke Arduino bahwa kucing sudah pergi dan kemudian dari Arduino mengirim data ke DC Motor Control untuk menggerakan Motor DC bergerak membersihkan kotoran kucing yang berada di dalam Litter Box kedalam plastik sebagai wadah penampung kotoran kucing setelah di bersihan maka Arduino akan mengirimkan data Berupa pesan dari GSM SIM900 Module yang berisi Litter Box sudah di bersihkan.

Kata Kunci: Ultrasonic Sensor, Arduino, DC Motor Control, Motor DC, GSM SIM900 Module

ABSTRACTION

This cat litter cleaning tool is automatically made with the aim to help pet lovers, especially cats in monitoring the health of cats in an existing cage Litter Box and to help clean cat drums regularly with this tool cat litter and cat health can be monitored at any time , where this tool can be used that is to monitor the cleanliness and health of cats can be known when the cat enters the Litter Box to get rid of dirty moving after the cat leaves the Litter Box can be known with the help of an Ultrasonic Sensor to check whether the cat came out of the Litter Box to continue the process of cleaning Arduino as the main brain of this tool works if the Ultrasonic Sensor has sent data to Arduino that the cat has left and then from Arduino sends data to the DC Motor Control to move the DC Motor moves to clean cat litter inside the Litter Box into the plastic k as a container for cat litter after cleansing, Arduino will send data in the form of message from the GSM SIM900 Module which contains a Litter Box that has been cleaned.

Keywords: Sensor Ultrasonic, Arduino, DC Motor Control, Motor DC, GSM SIM900 Module

KATA PENGANTAR

Ahlhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “PROTOTYPE SMART LITTER BOX PADA KANDANG KUCING BERBASIS ARDUINO”.

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Sistem Komputer pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi.
  3. Ibu Ageng Setiani Rafika, S.Kom., M.Si. selaku Ketua Program Studi Sistem Komputer.
  4. Bapak Dedy Prasetya Kristiadi, M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  5. Ibu Dra. Nurlaila S. Rahayu Rais, M.M., M.H. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
  6. Bapak Martin selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar atas pengarahan dan mamberikan banyak masukan selama penulis menjalani penelitian skripsi ini.
  7. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  8. Orangtua Tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  9. Teman – teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya.

Tangerang, 13 Januari 2020
Abdul Rizal Fahmi
NIM:1533488901
DAFTAR GAMBAR
  1. Gambar 2.1. Karakteristik Sistem
  2. Gambar 2.2 Simbol Flowchart Dan Fungsinya
  3. Gambar 2.3 Arduino Uno
  4. Gambar 2.4 Arduino IDE Default Window
  5. Gambar 2.5 Arduino IDE Board Setup Procedure
  6. Gambar 2.6 Motor DC
  7. Gambar 2.7 Rangkaian Driver Motor L298N
  8. Gambar 2.8 Driver Motor L298N
  9. Gambar 2.9 Sensor Ultrasonic
  10. Gambar 2.10 Cara Kerja Sensor Ultrasonic
  11. Gambar 2.11 Dc to DC Step Down Converter
  12. Gambar 2.12 Real Time Clock DS3231
  13. Gambar 2.13 ESP32
  14. Gambar 3.1 Citra Petshop
  15. Gambar 3.2 Struktur Organisasi Citra Petshop
  16. Gambar 3.3 Flowchart Sistem Yang Berjalan
  17. Gambar 3.4 Flowchart Sistem Usulan
  18. Gambar 3.5 Diagram Blok Alat
  19. Gambar 3.6 Rangkaian HC-SR04
  20. Gambar 3.7 Rangkaian Driver Motor DC Dan Motor DC
  21. Gambar 3.8 Rangkaian Modul Gsm
  22. Gambar 3.9 Rangkaian Keseluruhan
  23. Gambar 3.10 Shorcut Arduino
  24. Gambar 3.11 Tampilan Loading Software Arduino
  25. Gambar 3.12 Listing Program Pada Arduino 1.6.13
  26. Gambar 4.1 Pengujian Pada Sensor HC SR04
  27. Gambar 4.2 Listing Program Untuk Menguji Sensor HC SR04
  28. Gambar 4.3 Pengujian Pada Driver Motor DC L298N
  29. Gambar 4.4 Listing Program Pada Pengujian Driver Motor DC
  30. Gambar 4.5 Pengujian Pada Module GSM SIM900
  31. Gambar 4.6 Listing Program Pada Pengujian Modul Gsm 900a
  32. Gambar 4.7 Flowchart Sistem Usulan
  33. Gambar 4.8 Tampilan Listing Program Pada Arduino Uno
  34. Gambar 4.10 Upload Listing Program Kedalam Arduino Nano
DAFTAR TABEL
  1. Tabel 2.1 Spesifikasi Arduino Uno
  2. Tabel 2.2 Spesifikasi ESP32
  3. Tabel 3.1 Elisitasi Tahap 1
  4. Table 3.2 Elisitasi Tahap 2
  5. Table 3.3 Elisitasi Tahap 3
  6. Table 4.1 Pengujian Black Box Pada Sensor HC SR04
  7. Table 4.2 Pengujian Black Box Pada Motor Dc
  8. Table 4.3 Pengujian Black Box Pada Modul Sim900
  9. Tabel 4.4 Spesifikasi Perangkat Keras
  10. Table 4.5 Spesifikasi Perangkat Lunak
  11. Table 4.6 pengolahan jadwal proses pembuatan sistem 86
  12. Tabel 4.7 Estimasi biaya yang dikeluarkan 86
DAFTAR SIMBOL



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Teknologi informasi saat ini berkembang sangat cepat sudah mempengaruhi diberbagai bidang kehidupan dan profesi, hal ini menyebabkan perubahan sistem pada setiap instansi atau perusahaan juga harus mengubah sistem cara kerja mereka. Teknologi informasi banyak digunakan untuk mengelola pekerjaan karena daya efektivitas dan efisiensinya yang terbukti mampu mempercepat kinerja. Penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari dapat mempermudah pertukaran informasi dan data sehingga penyebaran ilmu pengetahuan menjadi begitu cepat. Kemajuan paling terlihat adalah pada penggunaan teknologi informasi dalam proses pengolahan data menjadi informasi lebih cepat dan dilakukan secara otomatis.

Menanggapi permasalahan yang ada di bidang teknologi serta informasi yang hanya dipakai untuk online dan hiburan semata saja, tapi bisa digunakan untuk mencari informasi perkembangan dunia mikrokontroler. Selain itu juga melihat perkembangan para pecinta kucing di Indonesia yang semakin banyak muncul juga bermacam macam ras kucing begitu juga semakin banyaknya pecinta kucing di luar indoensia begitu banyaknya daya Tarik untuk memeliharak hewan peliharaan ini.

Pada dasarmya kucing membuang kotorannya dengan menggali pasir yang ada pada litter box lalu menutupinya kembali dengan menggaruk pasir yang ada untuk menandakan bahwa kucing sudah selesai membuang kotorannya, dan dia akan terus mengulanginnya dengan hal yang sama sampai pada akhirnya Litter box penuh sehingga kucing tidak bias lagi menggaruk pasir di karenakan telatnya pemilik untuk membersihkan Litter box nya.

Pemilik kucing harus rutin membersihkan kandang kucing terutama Litter box, karna disitu tempat awal kucing menjadi jorok dan sakit karna Litter box tempat kucing buang kotoran menjadi kotor, disini penting nya para pemilik kucing merasa kewalahan jika setiap hari membersihkan kandang kucing yang kotor karna Litter box yang sudah penuh dengan kotorannya, jika pemilik kucing telat membersihkan kandang atau telat membersihkan kotoran kucing pada Litter box, kucing akan menjadi malas dan sakit karna kandang yang kotor.

Ketika kucing sakit pun ada tempat untuk memeriksa penyakitnya yang berada di spesialis dokter hewan disebut juga medik veteriner adalah dokter yang menangani hewan dan penyakit-penyakitnya. Selain bertanggung jawab terhadap kesehatan hewan, dokter hewan juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan hewan, seringkali Dokter hewan menangani masalah pada kucing yang sakit karna masalah kandangnya yang kotor, biasanya masalah ini terjadi karna pemilik kucing telat membersihkan kandang kucing terutama Litter Box tempat kotoran kucing, sehingga kucing menjadi jorok dan kandang menjadi kotor membuat kucing setres dan sakit.

Berdasarkan Latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul “PROTOTYPE SMART LITTER BOX PADA KANDANG KUCING BERBASIS ARDUINO”.

Rumusan Masalah

Dalam rumusan masalah ini memuat uraian secara rinci dari permasalahan yang diidentifikasi pada latar belakang, adapun rumusan masalah dalam penyusunan penelitian ini sebagai berikut:

  1. Bagaimana cara membersihkan Litter box kucing saat ini ?
  2. Bagaimana cara membersihkan Litter box kucing agar teratur ?
  3. Bagaimana cara membuat prorotype membersihkan Litter box kandang kucing seara otomatis yang efektif dan efisien?

Ruang Lingkup Penelitian

Sebagai batasan ruang lingkup penelitian atas penyusunan laporan SKRIPSI ini adalah merancang sebuah alat pembersih Litter box kucing secara otomatis menggunakan Mikrokontroller pada Citra PetShop. Smart Litter Box ini di rancang guna membantu pecinta hewan peliharaan kucing untuk membersihkan kotoran kucing secara teratur. Maka penulis memberikan ruang lingkup penelitian ini meliputi:

  1. Prototype mengunankan litter box sebagai wadah utama.
  2. Menggunakan Arduino sebagai inti dari alat.
  3. Ruang kerja untuk percobaan alat yaitu dirumah.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Untuk menyelesaikan SKRIPSI sebagai syarat lulus jenjang studi Strata 1 (S1)
  2. Membuat suatu sistem yang dapat membersihkan litter box kotoran kucing otomatis menggunakan Arduino sebagai otak utama untuk membuat system.
  3. Membantu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan masyarakat khususnya di kalangan pemilik hewan peliharaan kucing.

Manfaat Penelitian

  1. Memaksimalkan dan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan sebuah karya yang mengimplementasikan ilmu teknologi.
  2. Mempermudah para pemilik hewan peliharaan khususnya kucing untuk membersihkan kotoran kucing pada Litter box.
  3. Alat ini diharapkan bisa digunakan untuk para pemilik hewan peliharaan khususnya kucing.

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penulisan SKRIPSI ini terdiri dari 3 tahapan:

Metode Pengumpulan Data

Pada tahapan ini dilakukan pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan.

  1. Observasi
  2. pada metode ini peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap ke aktifan kucing dan sifat kucing di Citra PetShop. Kemudian hasil dari observasi yang telah dilakukan peneliti dapat mengumpulkan berbagai sumber informasi yang dapat membantu proses analisa dalam pembangunan sistem yang akan diimplementasikan.

  3. Wawancara
  4. Metode wawancara merupakan proses tanya jawab yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk saling bertukar informasi dan ide mengenai sistem yang sedang diteliti. Agar memperoleh data yang jelas dan akurat, dalam hal ini penulis melakukan wawancara secara langsung dengan Pemilik PetShop , Karyawan, dan Pengunjung Citra PetShop.

  5. Studi Pustaka
  6. Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui sumber buku dan tulisan terkait dengan Mikrokontroller maupun laporan SKRIPSI yang terdahulu sebagai referensi. Sumber-sumber lain yang mendukung penelitian ini di peroleh melalui internet seperti penelitian-penelitian dan jurnal-jurnal yang telah ada.

Metode Analisis

Pada metode ini, penulis menganalisa sifat dan sikap hewan peliharaan kucing sampai pada akhirnya penulis menemukan kelemahan pada litter box yang masih manual membersihkannya.

Metode Perancangan

Dalam metode ini berisi tentang bagaimana sistem tersebut di rancang dengan tahap alur kerja sistem yang akan dirancang di sajikan dalam bentuk flowchart dan diagram blok, kemudian dengan komponen hardware apa saja sistem tersebut di buat

Metode Prototipe

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode prototipe evolutionary karena dengan metode tersebut terus menerus di kembangkan sampai sistem tersebut menuju pada tahap sistem tersebut dapat di realisasikan dalam bentuk akhir

Metode Pengujian

Metode pengujian dalam penelitian ini digunakan untuk mengkoreksi kesalahan yang terjadi pada sistem yang akan di buat. Metode yang digunakan peneliti adalah Black Box. Metode Black Box digunakan karena dapat mengetahui apakah sistem yang dibuat dapat berfungsi dan sesuai dengan harapkan.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan SKRIPSI ini di kelompokan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisikan teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus berupa pengertian dan definisi yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas serta literature review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat CITRA PETSHOP, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, sistem yang berjalan, serta alternatif pemecahan masalah.

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan alat, konfigurasi sistem yang berjalan, testing, implementasi dan estimasi biaya.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN


Contributors

AbdulRizalFahmi