SI1022465483: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(bab 1 metode analisis)
Baris 463: Baris 463:
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
  
<p style="line-height: 2">'''DAFTAR GAMBAR'''</p></div>
+
 
  
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
Baris 594: Baris 594:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Hal ini disebabkan, data akan menuntun kita ke arah temuan ilmiah, bila dianalisis dengan teknik-teknik yang tepat. Analisis sistem dilakukan menggunakan Metode analisis PIECES (Performance, Information/Data, Economic, Control/Security, Efficiency, dan Service).<Br>
+
Pada penelitian ini digunakan teknik analisis berupa pendekatan Object Oriented Analysis (OOA) atau yang disebut juga dengan analisis berorientasi obyek dengan UML. Proses analisis ini dilakukan dengan menggunakan hasil tahapan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.</p></div>
Metode Analisis PIECES peneliti  gunakan untuk mengidentifikasi masalah, maka harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan. Dari analisis ini biasanya didapatkan beberapa masalah utama, hal ini penting karena biasanya yang muncul di permukaan bukan masalah utama, tetapi hanya gejala dari masalah utama saja.<br>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
Kelebihan metode PIECES yaitu : Adanya laporan setiap akhir sehingga memudahkan adanya pengawasan, serta mudah dalam melakukan dokumentasi, sehingga memudahkan penelusuran kembali terhadap kebutuhan bisnis.<br>
+
<p style="line-height: 2">Pada proses analisis, teknik analisis yang dilakukan adalah :</p></div>
Alasan mengapa peneliti menggunakan metode PIECES pada penelitian skripsi ini, karena untuk memperbaiki performa dalam pengelolaan laporan  kas kecil menjadi lebih baik, dan untuk mengurangi kesalahan dalam  pencatatan saat proses pencatatan kas kecil. Untuk mengurangi pemborosan biaya dalam penggunaan kertas dan alat alat tulis, untuk memperbaiki keamanan sehingga orang yang tidak berwenang tidak bisa mengakses dan merubah data, dan mengurangi keterlambatan untuk memperoleh data-data pengeluaran dan pemasukan yang dibutuhkan yang di butuhkan oleh perusahaan.
+
 
</p></div>
+
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Analisis Pengguna.
 +
Dilakukan analisis terhadap user-user yang akan menggunakan aplikasi dan juga fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing– masing user.</li>
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Analisis kebutuhan Fungsional, non fungsional dan pengguna.
 +
Pemodelan kebutuhan fungsional untuk menggambarkan fungsi sistem dan pengguna yang terlibat serta fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing-masing pengguna dimodelkan dengan Use Case Diagram.</li>
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Analisis perilaku sistem.
 +
Pada tahapan ini, dilakukan analisis perilaku sistem yang dikembangkan dan dimodelkan dengan Activity Diagram dan Sequence Diagram. Activity Diagram untuk memodelkan proses use case yang berjalan di dalam sistem, sedangkan sequence diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar object dan kronologinya.</li>
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Analisis sistem berjalan saat ini.
 +
Pada tahapan ini, penulis menganalisa dan menelaah sejauh mana sistem yang sedang berjalan diperpustakaan SMK Negeri 8 Kota Tangerang, apakah sudah berjalan efesien atau masih ditemukan banyak kendala.</li></ol>
 +
 
 +
 
  
  
Baris 605: Baris 618:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
Dalam Skripsi ini metode perancangan yang digunakan penelitin adalah metode perancangan terstruktur melalui tahapan pembuatan UML, pembuatan database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan administrasi pada elisitasi. Sedangkan Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP serta database yang digunakan MySQL, sedangkan software pendukung yang digunakan dalam mendesain dan membuat program adalah Adobe Dreamweaver CS6 dan model desainnya menggunakan UML dan menggunakan tools Visual Paradigm for UML 8.0 Enterprise Edition.(''flowchart program'').</p></div>
+
Metode perancaangan system yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan tahapan sebagai berikut:</p></div>
 +
 
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Perencanaan (Planning).
 +
Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan – kebutuhan sumber daya, seperti  : perangkat fisik, metode dan anggaran yang sifatnya masih umum. Dalam tahap ini juga dilakukan langkah – langkah berupa: mendefinisikan masalah, menentukan tujuan sistem, mengidentifikasi kendala – kendala system dan membuat studi kelayakan.</li>
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Analisis (Analysis).
 +
Tahap analisis merupakan tahap penelitian atas sistem yang berjalan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru dengan menggunakan tools atau alat bantu UML (Unified Modeling Language) dengan software Entreprise Architect yaitu sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar, menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah system pengembangan piranti lunak berbasis “OO”(Object Orientied) melalui tahap : Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu: (1) Survey terhadap sistem yang berjalan, (2) Analisa terhadap temuan survey, (3) Identifikasi kebutuhan informasi dengan menggunakan alat bantu elisitasi melalui 4 (empat) tahapan, yaitu tahap 1 (satu) mencakup semua kebutuhan sistem, tahap 2 (dua) melakukan pengelompokkan kebutuhan dengan metode MDI (Mandatory, Desirable, Inessential) selanjutnya tahap 3 (tiga) dengan TOE (Technical, Operational dan Economic) serta tahap final, (4) Identifikasi persyaratan sistem. Hasil analisa kemudian dibuat laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang diusulkan.</li>
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Desain (Design).
 +
Tahap Design yaitu tahap dalam menentukan proses data yang diperlukan oleh sistem baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan user dengan alat bantu UML dengan software Entreprise Architect, Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram dan Activity Diagram. Proses design akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, representasi interface dengan menggunakan Notepad ++, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah : menyiapkan rancangan sistem yang rinci, mengidentifikasi alternatif konfigurasi sistem dan menyiapkan usulan implementasi.</li>
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Implementasi (Implementation).
 +
Tahap implementasi adalah tahap dimana rancangan sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan. Langkah-langkahnya yaitu : menyiapkan fasilitas fisik dan personil, dan melakukan simulasi.</li>
 +
<ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">
 +
Pemeliharaan (Maintenance).
 +
Setelah melakukan implementasi terhadap sistem baru, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan pengembangan sistem.</li></ol>
 +
 
 +
 
  
 
=='''Metode Pengujian (Testing)'''==
 
=='''Metode Pengujian (Testing)'''==
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
Metode pengujian ini digunakan untuk menganalisis suatu sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mengeliminasi kesalahan yang terjadi saat sistem di terapkan. Peneliti menggunakan metode Black Box Testing karena metode Black Box Testing dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.</p></div>
+
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Black Box Testing. Black Box Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba Black Box memungkinkan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian Black Box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.</p></div>
  
 
=='''Sistematika Penulisan'''==
 
=='''Sistematika Penulisan'''==
Baris 633: Baris 664:
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
 
'''BAB III ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN'''<br>
 
'''BAB III ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN'''<br>
Dalam bab ini berisikan analisis gambaran dan sejarah singkat PT.FM Global Logistics, struktur organisasi, penjabaran tugas dan wewenang, tata laksana sistem yang berjalan, rancangan prosedur sistem yang berjalan, analisis sistem yang berjalan, metode analisis masukan, analisis proses, analisis keluaran, analisis masalah, analisis kontrol, analisis waktu, analisis tenaga kerja, analisis kebutuhan sistem, alternatif pemecahan masalah,  konfigurasi sistem berjalan, dan user requirement. </p></div>
+
Pada bab ini membahas mengenai gambaran umum serta sejarah objek  yang  diteliti, struktur organisasi serta cara kerja admin perpustakaan dalam memproses data dan menggunakan data atau berkas-berkas yang digunakan.</p></div>
  
  
Baris 639: Baris 670:
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
 
'''BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN'''<br>
 
'''BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN'''<br>
Bab ini berisikan rancangan sistem yang akan diusulkan pada PT. FM Global Logistics, UML yang diusulkan, rancangan basis data, rancangan tampilan layar, tampilan output program, pengujian dengan black box testing, dan rancangan implementasi, estimasi biaya.</p></div>
+
Bab ini menjelaskan tentang permasalahan dan pemecahan masalah, diagram alur data sistem usulan, rancangan UML, normalisasi, rancangan database, struktur kode, rancangan menu, desain input/output, tampilan input/output, spesifikasi sistem komputer sampai jadwal implementasi.</p></div>
  
  

Revisi per 19 Juli 2017 15.55

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

PADA SMK NEGERI 8 KOTA TANGERANG


SKRIPSI



Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM : 1022465483

NAMA : PARCI HIDAYAT



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

PADA SMK NEGERI 8 KOTA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1022465483
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2015

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi,M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 078010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

PADA SMK NEGERI 8 KOTA TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1022465483
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang, 19 Juli 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Sutrisno, M.Kom)
   
(Haerudin, S.Kom.,MM)
NID : 10020
   
NID : 05092

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

PADA SMK NEGERI 8 KOTA TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1022465483
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, 19 Juli 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(xxx)
 
(xxx)
 
(xxx)
NID : xx
 
NID : xx
 
NID : xx

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertandatangan dibawah ini,

NIM
: 1022465483
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 19 Juli 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1022465483

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

Today, the era of globalization in Information technology is increasingly growing rapidly, one example is the library information system. The large number of reading interests by children and adults makes the lending of books increasingly crowded in visits by young people and adults. Both who want to borrow books, who want to read only in the library, and who will see what books are in the library. Libraries are usually enabled by visitors as a medium to seek references and obtain information. The problems faced today are many libraries that do not have a web-based information system online for service. This study aims to analyze and design a web-based library information system and perform testing on the performance of the library information system. The results show that web-based library information system built with PHP and MySQL software, can work in Internet network, with the ability to receive visit data to web library, serve member registration to get wider access, provide information service need to availability Books in the form of searching, serving direct lending and return transactions..

Keyword : Internet, Library, MySQL, PHP, WEB

ABSTRAKSI

Dewasa ini, era globalisasi dalam teknologi Informasi kian sangat berkembang dengan pesat, salah satu contohnya adalah sistem informasi perpustakaan. Banyaknya minat baca oleh anak – anak maupun dewasa membuat peminjaman buku yang kian ramai di kunjungi oleh para orang – orang muda maupun orang dewasa. Baik yang ingin meminjam buku, yang ingin membaca saja di pepustakaan, maupun yang akan melihat buku apa saja yang ada di perpustakaan. Perpustakaan biasanya difungsikan oleh pengunjung sebagai media untuk mencari referensi dan memperoleh informasi. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah banyak perpustakaan yang belum memiliki sistem informasi berbentuk web secara online untuk pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sebuah sistem informasi perpustakaan berbasis web serta melakukan pengujian terhadap unjuk kerja dari sistem informasi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi perpustakaan berbasis web yang dibangun dengan perangkat lunak PHP dan MySQL, dapat bekerja dalam jaringan Internet, dengan kemampuan dapat menerima data kunjungan terhadap web perpustakaan, melayani registrasi anggota untuk mendapatkan akses yang lebih luas, memberikan layanan kebutuhan informasi terhadap ketersediaan buku dalam bentuk searching, melayani transaksi peminjaman dan pengembalian secara langsung.

Kata Kunci : Internet, Perpustakaan, MySQL, PHP, WEB

KATA PENGANTAR


Bismilahirrahmanirrahim,

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan skripsi ini dengan baik. Adapun judul penulis uraikan dalam laporan ini adalah “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMK NEGERI 8 KOTA TANGERANG”.

Tujuan dari laporan skripsi ini antara lain memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan pendidikan jenjang Srata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja, juga berguna untuk memperdalam kemampuan penulis dalam merancang suatu sistem agar diterapkan dengan baik.

Dalam kesempatan ini penulis juga ingin mengucapkan terima kasih bahwa tanpa bimbingan, bantuan dan dorongan semua pihak maka penulis ingin menyampaikan terima kasih khususnya kepada kedua orang tua tercinta dan keluarga yang telah memberikan banyak do’a, dukungan moril dan materiil kepada penulis. Dan pada kesempatan ini penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu selama ini :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I (PUKET 1) bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Sutrisno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing pertama yang telah memberikan masukkan dan motivasi kepada penulis sehingga laporan skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
  5. Bapak Haerudin, S.Kom.,MM selaku Dosen Pembimbing kedua yang telah memberi bantuan masukkan dan ilmu kepada penulis untuk penyelesaian laporan Skripsi ini.
  6. Bapak dan ibu Dosen STMIK Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat kepada saya.
  7. Kepada Ayah, Ibu dan keluarga tercinta yang memberikan motivasi serta selalu dorongan berupa doa, sehingga skripsi ini terselesaikan dengan baik.
  8. Bapak Abdul Aziz, selaku pembimbing lapangan dan SMK Negeri 8 Kota Tangerang yang telah mengizinkan dan membantu mengumpulkan data yang saya butuhkan untuk menyelesaikan skripsi.
  9. Untuk sahabat dan teman-teman tercinta yang banyak memberikan dukungan serta doa dalam penyusunan skripsi ini.

Peneliti menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan skripsi ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan dalam laporan skripsi ini. Akhir kata dari peneliti, peneliti berharap laporan skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan bahan acuan yang bermanfaat di kemudian hari.


Tangerang, 19 Juli 2017


 

 

 

(Parci Hidayat)
NIM : 1022465483


BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Di jaman yang berkembang dan modern ini, perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangat pesat untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat dibutuhkan informasi yang baik untuk dapat mempermudah dalam melakukan pekerjaan dan keputusan yang akan diambil. Dari sebuah data, jika data tersebut dibutuhkan oleh pengguna maka akan menjadi informasi yang dapat membantu dalam mencari informasi yang dibutuhkan, hingga saat ini dalam dunia pendidikan juga sangat membutuhkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Beberapa sekolah yang sudah memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai diantaranya adalah perpustakaan dimana perpusatakaan yang ada pada sekolah ini sangat penting karena sudah menjadi kebutuhan dari para siswa yang ingin mendapatkan informasi tentang pelajaran yang sedang dihadapinya, referensi dari buku yang ada di perpustakaan sangatlah penting untuk dimiliki oleh siswa di sekolah.

Sekolah yang memiliki perpustakaan dengan intensitas mobilitas peminjaman buku yang tinggi, dibutuhkan sistem informasi yang baik dalam melakukan management peminjaman buku pada perpustakaan tersebut agar buku yang dipinjam dapat dikembalikan dengan tepat waktu dan tersimpan histori peminjam. Peranan dari sekolah dalam hal ini sangat menentukan berjalannya management perpus yang diinginkan.

Untuk memberikan pelayanan atau kualitas sekolah yang lebih baik maka instalasi pendidikan harus mengikuti kemajuan teknologi agar setiap kepentingan sekolah terutama dalam meningkatkan kinerja dan mempermudah proses pekerjaan yang membutuhkan monitoring dan kecepatan pengelolaan data dan informasi pada perpustakaan yang ada pada sekolah.

Perancangan sistem informasi SMK Negeri 8 Kota Tangerang terdapat kesulitan dalam mengetahui informasi peminjam buku yang sudah melebihi waktu pinjam yang sudah disepakati atau di tentukan serta kesulitan dalam melihat atau melakukan pencarian buku yang ditanyakan oleh siswa ke admin perpustakaan dimana pencarian buku yang dicari oleh siswa memakan waktu yang cukup lama dalam proses pencariannya yaitu harus mencari ke rak buku satu persatu dan juga melihat pada buku catatan pinjaman yang harus di cari di setiap lembar, Oleh, karena itu Sistem informasi peminjaman buku yang menggunakan sistem teknologi komputer merupakan salah satu upaya untuk membantu kelancaran dalam pendataan keluar masuknya buku sehingga mempermudah pegawai dan data yang di dapat lebih tepat dan akurat, maka dalam penulisan Skripsi ini peneliti memilih judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMK NEGERI 8 KOTA TANGERANG ”.

Rumusan Masalah

Pada perancangan sistem informasi perpustakaan SMK Negeri 8 Kota Tangerang ini diketahui ketika siswa ingin mencari buku yang akan di pinjam maka siswa harus datang ke perpustakaan dan menanyakan buku tersebut ke bagian administrasi perpustakaan sekolah, lalu bagian administrasi sekolah mencari satu persatu sehingga memakan waktu yang cukup lama dan terkadang siswa sudah menunggu lama dan datang ke perpustakaan buku yang dicari sering tidak ada. Untuk bagian administrasi dalam mencari informasi siswa yang melakukan peminjaman buku sudah melebihi waktu yang ditentukan membutuhkan waktu yang lama, berdasarkan latar belakang diatas, penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana cara siswa dapat mengetahui buku yang akan di cari ada atau tidak pada perpustakaan?
  2. Bagaimana cara bagian administrasi dapat mengetahui buku yang di cari oleh siswa ada pada rak atau masih dalam status di pinjam?
  3. Bagaimana cara bagian administrasi perpustakaan dapat melihat laporan peminjam dan mengetahui status peminjam yang melewati batas waktu pinjam.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui prosedur peminjaman buku pada perpustakaan dan pengembalian buku yang di pinjam.
  2. Untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi serta usaha pemecahannya yang dilakukan oleh SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada perpustakaan.
  3. Untuk mengimplementasikan sistem perpustakaan yang telah dibuat pada SMK Negeri 8 Kota Tangerang.
  4. Untuk dapat menghasilkan sistem yang dapat membantu administrasi perpustakaan dalam pengelolaan peminjaman buku.
  5. Untuk mempermudah siswa mengetahui buku yang ingin di pinjam.
  6. Agar penulis mendapatkan pengalaman secara faktual dilapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya, serta sebagai salah satu syarat kelulusan dan untuk memperoleh gelar Strata 1 (S1) STMIK Raharja.

Manfaat

Adapun manfaat yang didapatkan peneliti dari laporan penelitian skripsi ini, yaitu:

  1. Dapat mengatasi kendala-kendala dan permasalahan pada sistem yang berjalan agar mendapat solusi yang terbaik untuk meningkatkan kinerja yang optimal khususnya untuk masalah peminjaman buku pada perpustakaan sekolah.
  2. Dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien.
  3. Memberikan alternatif pemecahan masalah pada perpustakaan.


Ruang Lingkup

Untuk memudahkan pekerjaan serta membatasi pekerjaan yang akan diselesaikan guna menghindari adanya kegiatan diluar tujuan yang akan dicapai, sehingga dalam pembuatan sistem informasi perpustakaan SMK Negeri 8 Kota Tangerang, diperlukan suatu batasan masalah. Adapun batasan masalahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran anggota Proses ini hanya berlaku untuk siswa atau siswi SMK Negeri 8 Kota Tangerang, dan dilakukanlah penginputan data untuk calon anggota.
  2. Proses sirkulasi, bagian ini hanya mencakup : a.Peminjaman Pada proses ini hanya mencakup peminjaman buku yang dilakukan oleh anggota sesuai dengan persyaratan peminjaman. b.Pengembalian Pada proses ini hanya mencakup penanganan pengembalian buku secara utuh dan tidak mencakup pengembalian buku dalam keadaan rusak atau hilang.
  3. Pendaftaran buku Proses yang dilakukan untuk menginputkan data buku baru, dimana buku-buku tersebut sudah melalui proses pengklasifikasian dan pengkodean.
  4. Proses pencarian buku Pencarian buku hanya berdasarkan jenis buku, penerbit buku dan judul buku.
  5. Proses Pembuatan Laporan a.Laporan anggota. b.Laporan buku. c.Laporan peminjaman buku.




Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan skripsi ini sebagai berikut :

  1. Metode Wawancara (Interview):
    Penulis melakukan suatu teknik pengumpulan data dengan jalan wawancara dan tanya jawab kepada pembimbing lapangan yaitu Bapak Abdul Aziz selaku administrasi perpustakaan yang mempunyai wewenang serta mengetahui tentang seluk beluk dari perpustakaan tersebut dan dikerjakan secara sistematik dan berlandaskan tujuan dari penelitian.
  2. Metode Pengamatan Langsung (Observasi):
    Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan langsung dan pencatatan tentang peminjaman buku serta cara siswa mengembalikan buku yang sudah di pinjam. Penulis dapat melakukan kegiatan pengamatan secara langsung tentang cara ataupun proses penyimpanan buku serta cara pengembalian buku pada sekolah SMK Negeri 8 Kota Tangerang.
  3. Metode Studi Pustaka (Study Literature)
    Selain melakukan observasi, peneliti juga melakukan pencarian data dengan studi putaka. Dalam metode ini, peneliti berusaha untuk melengkapi data-data yang diperoleh dengan membaca dan mempelajari dari buku-buku, laporan penelitian, jurnal ilmiah, serta pencarian melalui media internet.

Metode Analisis

Pada penelitian ini digunakan teknik analisis berupa pendekatan Object Oriented Analysis (OOA) atau yang disebut juga dengan analisis berorientasi obyek dengan UML. Proses analisis ini dilakukan dengan menggunakan hasil tahapan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.

Pada proses analisis, teknik analisis yang dilakukan adalah :

  1. Analisis Pengguna. Dilakukan analisis terhadap user-user yang akan menggunakan aplikasi dan juga fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing– masing user.
    1. Analisis kebutuhan Fungsional, non fungsional dan pengguna. Pemodelan kebutuhan fungsional untuk menggambarkan fungsi sistem dan pengguna yang terlibat serta fungsi-fungsi apa saja yang bisa didapatkan oleh masing-masing pengguna dimodelkan dengan Use Case Diagram.
      1. Analisis perilaku sistem. Pada tahapan ini, dilakukan analisis perilaku sistem yang dikembangkan dan dimodelkan dengan Activity Diagram dan Sequence Diagram. Activity Diagram untuk memodelkan proses use case yang berjalan di dalam sistem, sedangkan sequence diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar object dan kronologinya.
        1. Analisis sistem berjalan saat ini. Pada tahapan ini, penulis menganalisa dan menelaah sejauh mana sistem yang sedang berjalan diperpustakaan SMK Negeri 8 Kota Tangerang, apakah sudah berjalan efesien atau masih ditemukan banyak kendala.



        Metode Perancangan

        Metode perancaangan system yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan tahapan sebagai berikut:

        1. Perencanaan (Planning). Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan – kebutuhan sumber daya, seperti  : perangkat fisik, metode dan anggaran yang sifatnya masih umum. Dalam tahap ini juga dilakukan langkah – langkah berupa: mendefinisikan masalah, menentukan tujuan sistem, mengidentifikasi kendala – kendala system dan membuat studi kelayakan.
          1. Analisis (Analysis). Tahap analisis merupakan tahap penelitian atas sistem yang berjalan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru dengan menggunakan tools atau alat bantu UML (Unified Modeling Language) dengan software Entreprise Architect yaitu sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar, menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah system pengembangan piranti lunak berbasis “OO”(Object Orientied) melalui tahap : Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram yang dilakukan melalui 4 (empat) tahap, yaitu: (1) Survey terhadap sistem yang berjalan, (2) Analisa terhadap temuan survey, (3) Identifikasi kebutuhan informasi dengan menggunakan alat bantu elisitasi melalui 4 (empat) tahapan, yaitu tahap 1 (satu) mencakup semua kebutuhan sistem, tahap 2 (dua) melakukan pengelompokkan kebutuhan dengan metode MDI (Mandatory, Desirable, Inessential) selanjutnya tahap 3 (tiga) dengan TOE (Technical, Operational dan Economic) serta tahap final, (4) Identifikasi persyaratan sistem. Hasil analisa kemudian dibuat laporan untuk masukan dalam perancangan sistem yang diusulkan.
            1. Desain (Design). Tahap Design yaitu tahap dalam menentukan proses data yang diperlukan oleh sistem baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan user dengan alat bantu UML dengan software Entreprise Architect, Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Statechart Diagram dan Activity Diagram. Proses design akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data dengan menggunakan MySQL, arsitektur perangkat lunak, representasi interface dengan menggunakan Notepad ++, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan programmer untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah : menyiapkan rancangan sistem yang rinci, mengidentifikasi alternatif konfigurasi sistem dan menyiapkan usulan implementasi.
              1. Implementasi (Implementation). Tahap implementasi adalah tahap dimana rancangan sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan. Langkah-langkahnya yaitu : menyiapkan fasilitas fisik dan personil, dan melakukan simulasi.
                1. Pemeliharaan (Maintenance). Setelah melakukan implementasi terhadap sistem baru, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan pengembangan sistem.


                Metode Pengujian (Testing)

                Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Black Box Testing. Black Box Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba Black Box memungkinkan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian Black Box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.

                Sistematika Penulisan

                Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada laporan skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa 5 bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :

                BAB I PENDAHULUAN
                BDalam bab ini, membahas tentang Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Ruang Lingkup Penelitian, Metode Penelitian, Metode Analisis, Metode Perancangan, Metode Pengujian (testing) dan Sistematika Penulisan.


                BAB II LANDASAN TEORI
                Pada bab ini berisikan teori yang bersifat umum tentang konsep dasar dan teori khusus yang berkaitan dengan judul laporan skripsi serta definisi yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas pada sistem yang sedang berjalan, dan berisikan pula penelitian terdahulu (literature review) sebagai pembanding antara penelitian terdahulu dan penelitian yang sedang dilakukan.


                BAB III ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN
                Pada bab ini membahas mengenai gambaran umum serta sejarah objek yang diteliti, struktur organisasi serta cara kerja admin perpustakaan dalam memproses data dan menggunakan data atau berkas-berkas yang digunakan.


                BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
                Bab ini menjelaskan tentang permasalahan dan pemecahan masalah, diagram alur data sistem usulan, rancangan UML, normalisasi, rancangan database, struktur kode, rancangan menu, desain input/output, tampilan input/output, spesifikasi sistem komputer sampai jadwal implementasi.


                BAB V PENUTUP
                Bab ini merupakan bab penutup berisikan kesimpulan dari hasil analisis penelitian dan rancangan sistem dalam rangka menjawab rumusan masalah yang diajukan.

                DAFTAR PUSTAKA

                DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Adialfian, Parci hidayat