SI1321477456: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
Baris 400: | Baris 400: | ||
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''KATA PENGANTAR'''</div> | <div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''KATA PENGANTAR'''</div> | ||
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"> | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"> | ||
− | <p style="line-height: 2"> Dengan mengucapkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM ACARA CRAZY CHALLENGE PADA PT. MEDIA NUSANTARA CITRA (GAMES CHANNEL) JAKARTA BARAT”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.</p> | + | <p style="line-height: 2">Dengan mengucapkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM ACARA CRAZY CHALLENGE PADA PT. MEDIA NUSANTARA CITRA (GAMES CHANNEL) JAKARTA BARAT”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.</p> |
− | <p style="line-height: 2"> Penulisan Skripsi ini diajukan untuk memenuhi syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) di Perguruan Tinggi Raharja. Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu, membimbing dan memberikan motivasi dari berbagai pihak yang terkait yang selama ini telah meluangkan waktun dan tenaganya.. Oleh karena itu, pada kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :</p> | + | <p style="line-height: 2">Penulisan Skripsi ini diajukan untuk memenuhi syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) di Perguruan Tinggi Raharja. Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu, membimbing dan memberikan motivasi dari berbagai pihak yang terkait yang selama ini telah meluangkan waktun dan tenaganya.. Oleh karena itu, pada kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :</p> |
<ol> | <ol> | ||
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.</li> | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.</li> | ||
Baris 430: | Baris 430: | ||
| width="60%" | || align="center" | Tangerang, Januari 2017 | | width="60%" | || align="center" | Tangerang, Januari 2017 | ||
+ | |||
+ | |- | ||
+ | |||
+ | | || | ||
+ | |||
+ | |- | ||
+ | |||
+ | | || | ||
+ | |||
+ | |- | ||
+ | |||
+ | | || | ||
+ | |||
+ | |- | ||
+ | |||
+ | | || | ||
+ | |||
+ | |- | ||
+ | |||
+ | | || | ||
|- | |- |
Revisi per 13 Januari 2017 03.16
PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM
ACARA CRAZY CHALLENGE PADA
PT. MEDIA NUSANTARA CITRA
(GAMES CHANNEL)
JAKARTA BARAT
Disusun Oleh :
NIM |
: 1321477456
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
(2016/2017)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM
ACARA CRAZY CHALLENGE PADA
PT. MEDIA NUSANTARA CITRA
(GAMES CHANNEL)
JAKARTA BARAT
Disusun Oleh :
NIM |
: 1321477456
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Januari 2017
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Junaidi, M.Kom.)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM
ACARA CRAZY CHALLENGE PADA
PT. MEDIA NUSANTARA CITRA
(GAMES CHANNEL)
JAKARTA BARAT
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1321477456
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2017
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si) |
(Giandari Maulani, M.Kom.)
| ||
NID : 06124 |
NID : 06126
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM
ACARA CRAZY CHALLENGE PADA
PT. MEDIA NUSANTARA CITRA
(GAMES CHANNEL)
JAKARTA BARAT
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1321477456
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2016/2017
Disetujui Penguji :
Tangerang, .... 2017
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM
ACARA CRAZY CHALLENGE PADA
PT. MEDIA NUSANTARA CITRA
(GAMES CHANNEL)
JAKARTA BARAT
Disusun Oleh :
NIM |
: 1321477456
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Januari 2017
NIM : 1321477456
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAK
Media massa saat ini tidak hanya sekedar sebagai tempat untuk mencari informasi bagi masyarakat, namun media massa juga mempromosikan berbagai macam acara yang dapat dijadikan sebagai media hiburan bagi khalayak ramai. Hal ini yang menyebabkan manusia tidak dapat luput dari media massa. Oleh karena itu stasiun-stasiun televisi saling berlomba-lomba untuk membuat program acara yang bisa menarik pemirsa, sehingga persaingan media tidak dapat dihindari. MNC Games Channel merupakan program-program game yang meliputi kuis, challenge dan yang lainnya terutama untuk para pecinta game. Saat ini Games Channel memerlukan pengembangan video promosi program acara karena permasalahannya yang ada pada Games Channel yaitu kurang minatnya penonton untuk berlangganan tv kabel Indovision yang berisikan program acara seputar dunia game, karena Games Channel bukan stasiun televisi nasional melainkan stasiun televisi berbayar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menyampaikan informasi kepada para pelanggan setia Indovision maupun penonton yang belum berlangganan Indovision, untuk menambah sponsor yang lebih banyak dan untuk meningkatkan rating share penonton pada setiap program acara yang ada di Games Channel terutama program acara Crazy Challenge. Adapun metodologi penelitian yang dilakukan selama penelitian ini berlangsung yaitu metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisa perancangan dan metode konsep produksi media yang didalamnya terdapat pre production, production dan post production. Hasil akhir dari pengembangan media ini berupa video promosi berdurasi 1.30 detik yang dapat langsung digunakan untuk promosi program acara Crazy Challenge.
Kata kunci : Televisi, Promosi, Acara
ABSTRACT
The current mass media not just as a place to find information for the community, but the mass media also promotes a variety of events that can be used as a medium of entertainment for audiences. This is causing humans can not escape from the mass media. Therefore each other television stations vying to create a program of events that could attract viewers, so that media competition is inevitable. MNC Games Channel is the gaming programs that include quizzes, challenge and more especially for lovers of the game. Currently the Games Channel requires the development of video promotion program because of the problem on the Games Channel that is less interest in the audience for a cable tv subscription Indovision containing tv program about the world games, because Games Channel instead of the national television station but pay television station. The main objective of this research is to convey information to loyal customers or audience yet Indovision subscribe Indovision, to add more sponsors and to increase the share rating audience on any program that is in the Games Channel tv program especially Crazy Challenge. As for the methodology of the research conducted for this study took place, namely the method of analysis of the problems, data collection methods, methods of analysis and design methods of production concepts therein contained pre media production, production and post production. The final result of the development of this medium in the form of promotional videos was 1.30 seconds which can be directly used for the promotion of the event's programme Crazy Challenge.
Keywords: television, promotion, events
Dengan mengucapkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI PROGRAM ACARA CRAZY CHALLENGE PADA PT. MEDIA NUSANTARA CITRA (GAMES CHANNEL) JAKARTA BARAT”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulisan Skripsi ini diajukan untuk memenuhi syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) di Perguruan Tinggi Raharja. Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu, membimbing dan memberikan motivasi dari berbagai pihak yang terkait yang selama ini telah meluangkan waktun dan tenaganya.. Oleh karena itu, pada kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
- Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn.,M.Si., selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
- Ibu Giandari Maulani, M.Kom., selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
- Papa, Mama dan Adik yang selalu memberikan kasih sayang, perhatian, semangat serta dukungan untuk keberhasilan penulis.
- Bapak Hendra Kurniawan selaku Producer dan Stakeholder pada MNC Games Channel.
- Hanny Hannifa selaku Tim Kreatif dan Seluruh Staff Games Channel yang selalu mengajarkan kerjasama yang baik kekompakan dalam bekerjasama dalam tim.
- Wulan Lestari dan Ajeng Ananda selaku sahabat terkasih yang selalu memberikan semangat serta motivasi supaya penulisan Skripsi ini segera terselesaikan.
- Ka Isna selaku yang membantu jalannya penulisan skripsi sampai sekarang.
- Teman – teman seperjuangan Rindang Kusumaninggar, Erna Amirullah, Sri Rahayu, Iqbal Fadillah, Bayu Budiman, Rio Ramadhani, Muhammad Khadafi, Ferry Chrisdyanto.
- Teman-teman yang selalu mendukung Deni Erlangga Saragih, Muhammad Ichsan, Edray Pranata, Erwana Amarulloh, Ariffandi Maulana.
- Komunitas MAVIB yang telah memberikan banyak ilmu broadcsasting yang bermanfaat.
- Rekan – rekan dari Genk Gonk : Revilia Ardista, Fitri Pratiwi, Sugiarti, dan Entih Hayati.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun.
Akhir kata, penulis mengucapkan semoga amal baik yang telah diberikan untuk kepentingan penulis dalam penyusunan laporan Skripsi ini, mendapat imbalan serta pahala yang setimpal dari Allah Subhanahu Wata’ala, Aamiin.
Tangerang, Januari 2017 | |
Citra Jessycha | |
NIM. 1321477456 |