TA1323376622: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
(→Sistematika Penulisan) |
|||
Baris 715: | Baris 715: | ||
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''DAFTAR PUSTAKA'''</div>= | =<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''DAFTAR PUSTAKA'''</div>= | ||
<references /> | <references /> | ||
+ | |||
+ | =<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>= | ||
+ | <div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''LANDASAN TEORI'''</div> | ||
+ | ==Teori Umum== | ||
+ | ===Konsep Dasar Internet=== | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''1. Definisi Internet''' </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"> | ||
+ | <p style="line-height: 2"> | ||
+ | Menurut eWolf Community (2012:1)<ref name="Community,eWolf. 2012. “Panduan Internet Paling Gampang”. Yogyakarta: Cakrawala">Community,eWolf. 2012. “Panduan Internet Paling Gampang”. Yogyakarta: Cakrawala.</ref>, “Internet merupakan singkatan dari <i>Interconnection Networking</i>, yaitu jaringan komputer dalam skala dunia. Internet terdiri dari banyak jaringan komputer lokal yang saling terhubung sehingga membentuk jaringan global dengan segala macam aturan (protokol). Protokol utama yang digunakan saat ini adalah TCP/IP <i>(Transmission Control Protocol/Internet Protocol)</i>, yaitu sekumpulan aturan untuk komunikasi data antar komputer dalam suatu jaringan”.</p></div> | ||
+ | |||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"> | ||
+ | <p style="line-height: 2">Berdasarkan pendapat para ahli yang terdapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa internet adalah komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu dan wilayah yang tak terbatas.</p></div> | ||
+ | |||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''2. Definisi Online''' </p></div> | ||
+ | <div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"> | ||
+ | <p style="line-height: 2"> | ||
+ | Secara umum, sesuatu dikatakan ''online'' adalah bila ia terkoneksi atau terhubung dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Beberapa arti kata lainnya yang lebih spesifik adalah sebagai berikut:<ref name="ana">Rahardja, Untung, Muhamad Yusup dan Ana Nurmaliana. 2014. [http://raharja.ac.id/karyailmiah/karyailmiah/view/id/7030214 Penerapan iLearning Survey (iSur) Dalam Meningkatkan Kualitas Sistem Informasi Selama Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Raharja]. Jurnal CCIT. Perguruan Tinggi Raharja. Vol.7 No.3.</ref></p></div> | ||
+ | <ol> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Dalam percakapan umum, jaringan/network yang lebih besar dalam konteks ini biasanya lebih mengarah pada ''internet'', sehingga ''online'' menjelaskan status bahwa ia dapat diakses melalui ''internet''.</li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Secara lebih spesifik dalam sebuah sistem yang terkait pada ukuran dalam satu aktifitas tertentu, sebuah elemen dari sistem tersebut dikatakan ''online'' jika elemen tersebut beroperasional. Sebagai contoh, Sebuah instalasi pembangkit listrik dikatakan online jika ia dapat menyediakan listrik pada jaringan elektrik.</li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Dalam telekomunikasi, istilah ''online'' memiliki arti lain yang lebih spesifik.</li> | ||
+ | <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2">Suatu alat diasosiasikan dalam sebuah sistem yang lebih besar dikatakan ''online'' bila berada dalam kontrol langsung dari sistem tersebut. Dalam arti jika ia tersedia saat akan digunakan oleh sistem (''on-demand''), tanpa membutuhkan ''intervensi'' manusia, namun tidak dapat beroperasi secara mandiri di luar sistem tersebut.</li></ol> |
Revisi per 14 September 2016 15.03
PERANCANGAN GO+ SEBAGAI MEDIA INFORMASI
TAGIHAN PEMBAYARAN PERKULIAHAN
PADA PERGURUAN TINGGI
TUGAS AKHIR
Disusun Oleh :
NIM |
: 1323376622
|
NAMA |
JURUSAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI
KONSENTRASI WEB BASED ACCOUNTING SYSTEM
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TANGERANG
2015/2016
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR
PERANCANGAN GO+ SEBAGAI MEDIA INFORMASI
TAGIHAN PEMBAYARAN PERKULIAHAN
PADA PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1323376622
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma 3
|
Jurusan |
: Komputerisasi Akuntansi
|
Konsentrasi |
: Web Based Accounting System
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, 23 Juni 2016
Direktur |
Kepala Jurusan
| ||||
AMIK Raharja Informatika |
Jurusan Komputerisasi Akuntansi
| ||||
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si) |
(Euis Sitinur Aisyah, M. Kom.)
| ||||
NIP : 000603 |
NIP : 060003
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN GO+ SEBAGAI MEDIA INFORMASI
TAGIHAN PEMBAYARAN PERKULIAHAN
PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1323376622
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Komputerisasi Akuntansi
Konsentrasi Web Based Accounting System
Disetujui Oleh :
Tangerang 23 Juni 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Khanna Tiara, S.Kom) |
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
| ||
NID : 14013 |
NID : 99001
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN GO+ SEBAGAI MEDIA INFORMASI
TAGIHAN PEMBAYARAN PERKULIAHAN
PADA PERGURUAN TINGGI
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1323376622
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Komputerisasi Akuntansi
Konsentrasi Web Based Accounting System
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, 23 Juni 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
() |
() |
()
| ||
NID : 08182 |
NID : 07142 |
NID : 14013
|
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA
LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR
PERANCANGAN GO+ SEBAGAI MEDIA INFORMASI
TAGIHAN PEMBAYARAN PERKULIAHAN
PADA PERGURUAN TINGGI
Disusun Oleh :
NIM |
: 1323376622
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Diploma 3
|
Jurusan |
: Komputerisasi Akuntansi
|
Konsentrasi |
: Web Based Accounting System
|
Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 22 September 2015
NIM : 1323376622
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAK
Lembaga Keuangan Mahasiswa mempunyai peran sangat vital dalam sebuah institusi. Pelayanan informasi yang masih menggunakan jaringan lokal masih terbilang kurang dalam memberikan informasi tagihan perkuliahan. Sistem yang berjalan saat ini adalah mahasiswa harus datang ke kampus untuk menanyakan kepada kasir mengenai tagihan yang harus dibayarkan atau mahasiswa mengakses Student iLearning Service Box menggunakan Swipe Card namun jika PRC rusak maka informasi yang ingin di dapatkan pun akan terhambat. Hal ini menjadi dasar pemikiran bagaimana merubah kelemahan menjadi suatu kelebihan yang dapat dirasakan manfaatnya untuk pribadi raharja dengan merancang dan melakukan penelitian yang menggunakan 3 metode yaitu metode analisa sistem, metode perancangan dan metode pengujian. Hasil yang dicapai adalah sebuah sistem informasi GO+ yang fleksibel dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja, serta menambah nilai mutu pelayanan lembaga keuangan mahasiswa dalam penyampaian informasi. Simpulan yang didapat adalah dengan melakukan implementasi pada sistem GO+ sebagai media informasi tagihan pembayaran perkuliahan pada perguruan tinggi raharja dengan menggunakan YII dan dapat diakses online mampu memudahkan seluruh pribadi raharja untuk mendapatkan informasi yang sesuai kebutuhan.
Kata Kunci: Online,GO+,Lembaga Keuangan Mahasiswa
ABSTRACT
Student financial institutions had a role in a very vital institution. The Ministry of information that still uses the local network is still somewhat lacking in providing billing information and associated costs. The system is currently running a student should come to the campus to ask the cashier about the Bills that must be paid or the student to access Student iLearning Service Box using a Swipe Card but if the PRC is broken then the information you wish to get would be hampered. This has been the rationale of how changing the weaknesses into a surplus that can be perceived benefits for private raharja with designing and conducting research using the 3 methods i.e., methods of system analysis method of designing and testing methods. Results achieved is an information systems GO+ that is flexible and can be accessed anywhere and anytime, as well as add value to the quality of service delivery in the student financial institution information. Summary of the implementation is to do on the GO system + as media information bill payment lectures at College raharja using YII and accessible online is able to make easy the whole personal raharja in order to get the information as required.
Keywords : Online, GO+, Financial institution students
Puji syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga dapat terselesaikannya laporan Tugas Akhir ini dengan baik dan sebagaimana semestinya.
Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Ahli Madya untuk jenjang D3 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.
Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Tugas Akhir ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :
- Bapak Ir.Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak Padeli, M.Kom selaku Pembantu Direktur I (Pudir I) AMIK Raharja Informatika.
- Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika
- Ibu Euis Sitinur Aisyah, M.Kom selaku Kepala Jurusan Komputerisasi Akuntansi.
- Ibu Khanna Tiara, S.Kom selaku Pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom selaku Stakeholder Laporan Tugas Akhir yang telah membantu penulis mendapatkan data selama penulis melakukan riset di Perguruan Tinggi Raharja.
- Kepada keluarga tercinta khususnya kepada Ayah tercinta Nursikin dan Ibu Amaliyah beserta adik adik yang telah memberikan dukungan baik moril, materil, maupun doanya sehingga dapat terselesaikannya laporan ini dengan baik.
- Rekan-rekan TimUR.
- Rekan-rekan teman jurusan Web Based Accounting System.
- Rekan-rekan seperjuangan URGEN (Baiq, Deddy, Endah, Iis, Lily, Lintang, Nursam, Maya, Rista, Ria, Wulan)
- Rekan-rekan grup Green Dragon
- Rekan-rekan grup 4G
- Rekan-rekan grup Gluwings (Ridwan, Nursam, Dwiki, Wulan, Iis, Opan).
- Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan dan masukan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini.
Sangat disadari bahwa dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dan bermanfaat bagi penulis untuk menyempurnakannya dimasa yang akan datang. Akhir kata penulis ucapkan banyak Terima Kasih, Semoga Laporan Tugas Akhir ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan pembaca.
Tangerang, 22 September 2015 | |
Yeti Faradisa | |
NIM. 1323376622 |
Daftar isi
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja
Tabel 3.2 Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja
Tabel 3.3 Elisitasi tahap I
Tabel 3.4 Elisitasi tahap II
Tabel 3.5 Elisitasi tahap III
Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi
Tabel 3.7 Tabel List Pengujian Sistem
Tabel 3.8 Tabel Pengujian Black box Pada login dengan Rinfo
Tabel 3.9 Tabel Pengujian Black box Pada login dengan selain Rinfo
Tabel 3.10 Tabel Pengujian Black box Pada Logo GO+ redirect ke sistem
Tabel 3.11 Tabel Pengujian Black box Pada Akses Menu RBK
Tabel 3.12 Tabel Pengujian Black box Pada Akses Menu RBR
Tabel 3.13 Tabel Pengujian Black box Pada Akses Menu VA
Tabel 3.14 Tabel Pengujian Black box Pada Akses Menu Riwayat Transaksi
Tabel 3.15 Tabel Schedule Implementasi
Tabel 3.16 Tabel Estimasi Biaya
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Logo GO+
Gambar 2.1 Diagram Yii Framework
Gambar 2.2 Logo GO
Gambar 2.3 Logo GO+
Gambar 3.1 Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja
Gambar 3.2 Mind Mapping GO+
Gambar 3.3 Halaman Utama SiS+
Gambar 3.4 Tampilan Tagihan RBR dan RBK
Gambar 3.5 Tampilan Biodata Tagihan RBR dan RBK
Gambar 3.6 Sisa Tagihan Pembayaran
Gambar 3.7 Tampilan Upload RBK
Gambar 3.8 Tampilan Page View
Gambar 3.9 Tampilan Tagihan Rincian Registrasi
Gambar 3.10 Tampilan Keterangan Paid dan Unpaid
Gambar 3.11 Tampilan Tagihan RBK
Gambar 3.12 Tampilan GO+
Gambar 3.13 Tampilan Ketentuan Pembayaran RBK
Gambar 3.14 List Artikel Tutorial GO+
Gambar 3.15 Tampilan Video GO+ pada Youtube
Gambar 3.16 Tampilan Komentar pada iMe
Gambar 3.17 Tampilan Fanpage GO+ pada Facebook
Gambar 3.18 Flowchart Program menu RBK pada GO+
Gambar 3.19 Flowchart Program menu RBR pada GO+
Gambar 3.20 Hipo (Hirarchy Plus Input Process Output) sistem GO+
Gambar 3.21 Prototype Login GO+ melalui SIS+
Gambar 3.22 Prototype tampilan SiS+ biodata
Gambar 3.23 Tampilan Tagihan Registrasi
Gambar 3.24 Tampilan Tagihan Biaya Kuliah
Gambar 3.39 Prototype iRAN Panduan VA via Counter Bank Lain
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SQUENCE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL HIPO
BAB I
Latar Belakang
Informasi yang cepat dan akurat sangat vital dalam persaingan teknologi saat ini, salah satunya pada bidang keuangan dalam instansi tertentu. Keuangan salah satu hal yang sangat sensitif sehingga diperlukan adanya informasi yang tepat waktu dan terpercaya. Perkembangan teknologi informasi dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kebutuhan. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi juga mempunyai pengaruh erat terhadap pendidikan, yaitu guna meningkatkan keefisienan dan efektifitas dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Perguruan Tinggi Raharja salah satu institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan teknologi dan informasi. Teknologi informasi biasa digunakan untuk memproses, mengolah data, menyimpan, menyusun, mendapatkan data untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Menurut Sutabri (2012:1)[1], “Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata”.
Perguruan Tinggi Raharja tidak henti-hentinya melakukan pembaruan dan pengembangan, dari segi sistem pembelajaran ataupun sistem pelayanan yang diterapkan pada Perguruan Tinggi Raharja. GO (Green Orchestra) pada Perguruan Tinggi Raharja merupakan suatu sistem pelayanan yang berada di dalam komponen SiS (Student iLearning Service) yang memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk dapat melihat tagihan rincian pembayaran perkuliahan. Namun saat ini penggunaan sistem GO masih terdapat beberapa kendala dan kekurangan sehingga sistem tersebut belum bisa berjalan secara maksimal. Seperti, GO hanya bisa diakses untuk lingkungan kampus dengan menggunakan Box SiS, lalu pada saat melakukan Swipe Card PRC (Pribadi Raharja Card) kartu sering tidak terdeteksi dengan baik sehingga mahasiswa harus melakukannya secara berulang kali dan jika tidak berhasil mahasiswa harus ke kasir untuk mendapatkan PRC sementara. Selain itu pihak LKM (Lembaga Keuangan Mahasiswa) harus mengirimkan surat edaran pemberitahuan biaya setiap 6 bulan sekali, yang seringkali mahasiswa telat mendapatkan surat edaran tersebut karena kendala alamat yang sulit dideteksi sehingga mahasiswa membayar melewati dari tanggal jatuh tempo yang berakibat mahasiswa harus menambah bayaran dengan denda. Dengan demikian GO+ sangat berperan penting dalam perkembangan kualitas sistem pelayanan kampus khususnya bagi mahasiswa.
Guna memaksimalkan fasilitas dan pelayanan pada Perguruan Tinggi Raharja yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari informasi rincian biaya kuliah dengan tepat waktu dan akurat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tergerak untuk melakukan penelitian terhadap sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir dengan judul: “Perancangan GO+ Sebagai Sistem Informasi Tagihan Pembayaran Perkuliahan pada Perguruan Tinggi”.
Menurut Nugroho (2011:128)[2], “Sistem informasi adalah sebuah sistem yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik”. Dengan adanya sistem informasi pembayaran perkuliahan menggunakan GO+, maka di harapkan mahasiswa bisa mencari informasi biaya perkuliahan dengan efektif dan efisien karena kemudahan akses sistem yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan internet."
Rumusan Masalah
Pada dasarnya dalam menyelesaikan masalah harus melalui penelitian bertujuan untuk mendapatkan pemecahan yang berasal dari masalah tersebut. Masalah atau problem merupakan sesuatu kesenjangan dengan harapan apa yang terjadi. Sedangkan rumusan masalah ialah adanya suatu pertanyaan yang nantinya ditemukan jawaban melalui pengumpulan data. Untuk sebuah penelitian berawal dari rumusan masalah yang selanjutnya yaitu pemecahan masalah.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah, maka terdapat 3 rumusan masalah sebagai berikut :
-
Bagaimana menciptakan sistem GO+ sebagai informasi tagihan biaya perkuliahan secara online demi meminimalisir kekurangan pada sistem yang telah berjalan ?
-
Bagaimana pengaruh GO+ terhadap peningkatan mutu lembaga keuangan mahasiswa ?
-
Bagaimana menciptakan sebuah sistem tagihan yang dapat menampilkan tagihan pembayaran secara terperinci ?
Ruang Lingkup Penelitian
Dengan adanya permasalahan yang begitu luas, maka untuk mempermudah penulisan laporan tugas akhir serta menjadikannya lebih terarah serta berjalan dengan baik, maka perlu adanya suatu batasan masalah. Batasan-batasan masalah dalam laporan ini meliputi: Sistem informasi tagihan pembayaran perkuliahan, diimplementasikan untuk pengguna Rinfo, fokus pada tagihan RBR dan RBK mahasiswa, sistem menampilkan total tagihan yang harus dibayarkan, sistem dapat menampilkan sisa biaya yang sudah di cicil yang secara detailnya tertuang dalam final elisitasi.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian bertujuan agar dapat dilaksanakannya suatu penelitian. Oleh karena itu sangat berkaitan dengan jenis penelitian yang dilakukan. Tujuan berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditentukan dan pada jawaban terdapat pada kesimpulan penelitian. Tujuan penelitian dijabarkan, seperti biasa menggunakan kata-kata kerja pembuka diantaranya : menjelaskan, menemukan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, menemukan hubungan, memperoleh data atau pengetahuan maupun keterangan tentang peneliti. Tujuan dari penelitian ini diantaranya :
-
Menciptakan sebuah sistem tagihan mahasiswa secara online agar mudah di akses dimana saja dan kapan saja.
-
Meningkatkan nilai mutu pelayanan lembaga keuangan mahasiswa dalam memberikan informasi tagihan pembayaran.
-
Mencapai sebuah hasil dengan adanya sebuah sistem informasi yang diharapkan.
Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian yaitu masalah dari tercapainya tujuan dan akan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Manfaat yang terdapat pada penelitian ini terdiri dari :
-
Dapat memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi tagihannya.
-
Keuangan tak perlu lagi memberikan surat edaran yang dikirimkan ke alamat pribadi raharja
-
Memberikan informasi tagihan secara terperinci sehingga mahasiswa mendapatkan informasi yang sesuai kebutuhan.
Metode Penelitian
Pada penelitian ini penulis membutuhkan metode penelitian dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut.
Metode Pengumpulan Data
- Metode Pengamatan (Observation Research)
Metode pengumpulan data melalui pengamatan langsung pada lokasi penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Raharja Enrichment Center (REC) Perguruan Tinggi Raharja. Hasil yang didapat dari observasi yang dilakukan selama 4 (empat) bulan ini adalah untuk mendapatkan data-data dan keterangan yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. sehingga peneliti dapat melaporkan kegiatan langsung pada apa yang pernah dilihat dan dipelajari sehingga dapat dituangkan dalam penulisan laporan ini.
- Metode Wawancara (Interview Research)
Pada Metode ini terjadi proses tanya jawab dengan narasumber di objek penelitian. Dalam proses tanya jawab ini langsung kepada stakeholder yaitu Ibu Tuti Nurhaeni, S.Kom.
- Studi Pustaka
Metode studi pustaka ini digunakan untuk mendapat data dengan cara mempelajari dari sumber (literature), buku, jurnal, dan informasi yang berasal dari internet untuk mendapatkan data yang berkaitan dalam menunjang kelengkapan data.
Metode Analisa Sistem
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode analisa pada User Requirement. User Requirement adalah rancangan yang dibuat berdasarkan sistem yang baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan tiga tahapan (Hidayati, 2007)[3]
Metode Perancangan
Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan untuk menggambarkan dalam sebuah bentuk gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang bisa dimengerti oleh pemakai dengan mudah. Menggunakan Mind mapping sebagai kerangka penjelasan sistem, flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program, dan prototype sebagai tampilan dari perancangan sistem, yang akan dijelaskan di BAB III.
Metode Pengujian
Pengujian adalah proses eksekusi suatu program untuk menemukan kesalahan sebelum digunakan oleh pengguna akhir (end-user). Salah satu metode pengujian perangkat lunak yang digunakan adalah Black Box Testing. Black-Box Testing itu sendiri merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional pada perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program.
Lokasi Penelitian
Penelitian ini yang berjudul “Perancangan GO+ Sebagai Media Informasi Tagihan Pembayaran Perkuliahan pada Perguruan Tinggi” dilakukan di Raharja Enrichment Centre (REC) ruang penelitian yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.
Sistematika Penulisan
Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan Tugas Akhir terdiri dari beberapa bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan menjelaskan informasi tentang akar permasalahan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian, dan sistematika penelitian.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan, dan literature review.
BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL
Pada bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, flowchart, rancangan program, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, estimasi biaya.
BAB IV PENUTUP
Bab ini merupakan penutup yang berisi kesimpulan dari hasil analisa dan rancangan sistem yang dilakukan serta saran-saran terhadap sistem yang diusulkan.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
- ↑ Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi.
- ↑ Nugroho, Bondan Dwi, dan Imam Azhari. Sistem Informasi Inventori FADEGORETAS!!™ Berbasis Barcode. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1, No. 2, September 2011.
- ↑ Rahadja Untung, Maimunah, Hidayati. 2007. “Metode Pencarian Data Dengan Menggunakan Intelligence Auto Find System (IAFS)”. CCIT Journal Vol.1 No.1, 2007.
BAB II
Teori Umum
Konsep Dasar Internet
1. Definisi Internet
Menurut eWolf Community (2012:1)[1], “Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, yaitu jaringan komputer dalam skala dunia. Internet terdiri dari banyak jaringan komputer lokal yang saling terhubung sehingga membentuk jaringan global dengan segala macam aturan (protokol). Protokol utama yang digunakan saat ini adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yaitu sekumpulan aturan untuk komunikasi data antar komputer dalam suatu jaringan”.
Berdasarkan pendapat para ahli yang terdapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa internet adalah komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu dan wilayah yang tak terbatas.
2. Definisi Online
Secara umum, sesuatu dikatakan online adalah bila ia terkoneksi atau terhubung dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Beberapa arti kata lainnya yang lebih spesifik adalah sebagai berikut:[2]
- Dalam percakapan umum, jaringan/network yang lebih besar dalam konteks ini biasanya lebih mengarah pada internet, sehingga online menjelaskan status bahwa ia dapat diakses melalui internet.
- Secara lebih spesifik dalam sebuah sistem yang terkait pada ukuran dalam satu aktifitas tertentu, sebuah elemen dari sistem tersebut dikatakan online jika elemen tersebut beroperasional. Sebagai contoh, Sebuah instalasi pembangkit listrik dikatakan online jika ia dapat menyediakan listrik pada jaringan elektrik.
- Dalam telekomunikasi, istilah online memiliki arti lain yang lebih spesifik.
- Suatu alat diasosiasikan dalam sebuah sistem yang lebih besar dikatakan online bila berada dalam kontrol langsung dari sistem tersebut. Dalam arti jika ia tersedia saat akan digunakan oleh sistem (on-demand), tanpa membutuhkan intervensi manusia, namun tidak dapat beroperasi secara mandiri di luar sistem tersebut.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref>
ditemukan, tapi tag <references/>
tidak ditemukan