SI 1221471598: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
(→Konsep Dasar Desain) |
(→Konsep Dasar Desain) |
||
Baris 886: | Baris 886: | ||
</ol> | </ol> | ||
− | + | {{page break}} | |
===Definisi Typografi=== | ===Definisi Typografi=== |
Revisi per 9 Agustus 2016 14.29
PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL
SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA
PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG
SKRIPSI
Disusun Oleh :
1221471598 BIAN PRAMANA PUTRA
|
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
STMIK RAHARJA
TANGERANG
(2015/2016)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL
SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA
PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG
RAHARJA SEMESTER GENAP TA. 2015/2016
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221471598
|
Nama |
: Bian Pramana Putra
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Juni 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 00594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL
SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA
PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG
RAHARJA SEMESTER GENAP TA. 2015/2016
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221471598
|
Nama |
: Bian Pramana Putra
|
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Oleh :
Tangerang, Juni 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Adi Kusuma Widya Tama, S.kom.) |
(Triyono, S.Kom.)
| ||
NID : 15006 |
NID : 05078
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL
SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA
PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG
RAHARJA SEMESTER GENAP TA. 2015/2016
Disusun Oleh :
NIM |
: 1221471598
|
Nama |
: Bian Pramana Putra
|
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, Juni 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Saya yang bertanda tangan dibawah ini, :
NIM |
: 1221471598
|
Nama |
: Bian Pramana Putra
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di Lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Juni 2014
NIM : 1221471598
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Kata Kunci: Desain komunikasi visual, media informasi dan promosi.
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi, dengan judul “Perancangan Media Komunikasi Visual sebagai sarana informasi dan promosi pada PT. TirtaNusa Indotama Tangerang”
Penulisan Skripsi diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Raharja Tangerang. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Skripsi ini banyak mendapatkan bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Adapun ucapan terima kasih penulis tujukan kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku pembantu ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika (TI) Jenjang Strata Satu STMIK Raharja.
- Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom , selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan arahan dari pada isi laporan Skripsi dan telah memberikan dorongan sehingga terselesaikannya perancangan media dan laporan Skripsi ini.
- Bapak Triyono, S.Kom , selaku Pembimbing II yang telah membantu mengarahkan sistem penulisan, sehingga terselesaikannya laporan Skripsi ini
- Bapak Triyono, S.Kom., selaku Pembimbing II yang telah memberikan pengarahan dan masukan agar penelitian penulis dapat berjalan dengan baik.
- Bapak Kristiyo Heny Widodo, selaku Direktur PT. TirtaNusa Indotama Tangerang yang telah memberikan kesempatan Observasi Penelitian Skripsi.
- Kedua orang tua tercinta serta keluarga yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil sehingga selesainya studi dan dapat menyelesaikan tugas Skripsi ini.
- Teman – teman seperjuangan Mega agustina margareta, Achmad Kurniawan, Ferry Chrisdyanto, Maulana Khadafi, Rhoma Rio Ramadhani, Multi Andika Satria.
- Terimakasih kepada teman-teman Ukm Maranatha dan OnecakFC serta teman-teman di dalam lingkungan Kampus yang telah memberi semangat dan dukungan dan doa dalam menyelesaikan tugas Skripsi ini.
- Semua pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu-persatu, yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan Laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penulis menyadari adanya kekurangan dalam penulisan Skripsi ini. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dalam penulisan Skripsi ini. Semoga Skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca umumnya dan bagi penulis pada khususnya.
Tangerang, Juni 2014 | |
Bian Pramana Putra | |
NIM. 1221471598 |
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1. Tabel Material Produk
Tabel 3.2. Tabel Pesaing
Tabel 3.3. Tabel Biaya Produksi
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Tampilan Jendela Program Adobe Photoshop CS
Gambar 2.2 Tampilan Jendela Program Adobe Illustrator CS
Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT. Tirtanusa Indotama Tangerang
Gambar 4.1 Layout Kasar Desain Media Brosur (cover)
Gambar 4.2 Layout Kasar Desain Brosur (product).
Gambar 4.3 Layout Kasar Media Brosur (Review).
Gambar 4.4 Layout Kasar Media Brosur (sejarah & visi misi)
Gambar 4.5 Layout Kasar Media Brosur (ruang lingkup)
Gambar 4.6 Layout Kasar Media Katalog Produk
Gambar 4.7 Layout Kasar Media Katalog Produk (isi)
Gambar 4.8 Layout Kasar Media Baju (marketing)
Gambar 4.9 Layout Kasar Media Baju (lapangan)
Gambar 4.10 Layout Kasar Media Stiker
Gambar 4.11 Layout Kasar Media Kartu Nama
Gambar 4.12 Layout Kasar Media Amplop
Gambar 4.13 Layout Kasar Media kop surat
Gambar 4.14 Layout Komprehensif Media Brosur (cover)
Gambar 4.15 Layout Komprehensif Media Brosur (review)
Gambar 4.16 Layout Komprehensif Media Brosur (produk)
Gambar 4.17 Layout Komprehensif Media Brosur (depan)
Gambar 4.18 Layout Media Brosur (sejarah & visi misi)
Gambar 4.19 Layout Komprehensif Media Brosur (ruang lingkup)
Gambar 4.20 Layout Komprehensif Desain Media Brosur (ruang lingkup)
Gambar 4.21 Layout Komprehensif Desain Media Brosur (isi)
Gambar 4.22 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (Cover-end)
Gambar 4.23 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (1-18)
Gambar 4.24 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (17-2)
Gambar 4.25 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (3-16)N
Gambar 4.26 . Layout Komprehensif Media Katalog Produk (15-4)
Gambar 4.27 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (5-14)
Gambar 4.28 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (13-6)
Gambar 4.29 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (7-12)
Gambar 4.30 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (11-8)
Gambar 4.31 Layout Komprehensif Media Katalog Produk (9-10)
Gambar 4.32 Layout Komprehensif Media Baju (Marketing)
Gambar 4.33 Layout Komprehensif Media Baju (Lapangan)
Gambar 4.34 Layout Komprehensif Media Sticker
Gambar 4.35 Layout Komprehensif Media Kartu Nama
Gambar 4.36 Layout Komprehensif Media Amplop
Gambar 4.37 Layout Komprehensif Media Kop Surat
Gambar 4.38 Final Art Work Media Brosur (cover)
Gambar 4.39 Final Art Work Media Brosur (review)
Gambar 4.40 Final Art Work Media Brosur (produk)
Gambar 4.41 Final Art Work Media Brosur (sejarah & visi misi)
Gambar 4.42 Final Art Work Media Brosur (ruang lingkup)
Gambar 4.43 Final Art Work Media Brosur (ruang lingkup)
Gambar 4.44 Final Art Work Media Brosur
Gambar 4.45 Final Art Work Media Brosur (isi)
Gambar 4.46 Final Art Work Media Katalog Produk (cover)
Gambar 4.47 Final Art Work Media Katalog Produk (end)
Gambar 4.48 Final Art Work Media Katalog Produk (1)
Gambar 4.49 Final Art Work Media Katalog Produk (2)
Gambar 4.50 Final Art Work Media Katalog Produk (3)
Gambar 4.51 Final Art Work Media Katalog Produk (4)
Gambar 4.52 Final Art Work Media Katalog Produk (5)
Gambar 4.53 Final Art Work Media Katalog Produk (6)
Gambar 4.54 Final Art Work Media Katalog Produk (7)
Gambar 4.55 Final Art Work Media Katalog Produk (8)
Gambar 4.56 Final Art Work Media Katalog Produk (9)
Gambar 4.57 Final Art Work Media Katalog Produk (10)
Gambar 4.58 Final Art Work Media Katalog Produk (11)
Gambar 4.59 Final Art Work Media Katalog Produk (12)
Gambar 4.60 Final Art Work Media Katalog Produk (13)
Gambar 4.61 Final Art Work Media Katalog Produk (14)
Gambar 4.62 Final Art Work Media Katalog Produk (15)
Gambar 4.63 Final Art Work Media Katalog Produk (16)
Gambar 4.64 Final Art Work Media Katalog Produk (17)
Gambar 4.65 Final Art Work Media Katalog Produk (18)
Gambar 4.66 Final Art Work Media Baju (marketing)
Gambar 4.67 Final Art Work Media Baju (lapangan)
Gambar 4.68 Final Art Work Media Stiker
Gambar 4.69 Final Art Work Media Kartu Nama
Gambar 4.70 Final Art Work Media Amplop
Gambar 4.71 Final Art Work Media Kop Surat
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 2.1 Konsep Dasar Perancangan
- 2.2 Konsep Dasar Media
- 2.3 Konsep Dasar Komunikasi Visual
- 2.4 Konsep Dasar Desain
- 2.5 Definisi Typografi
- 2.6 Definisi Psikologi Warna
- 2.7 Definisi Citra atau Image
- 2.8 Elemen atau Unsur Desain
- 2.9 Konsep Dasar Informasi
- 2.10 Konsep Dasar Promosi
- 2.11 Tahapan Produksi
- 2.12 Definisi Multimedia, Audio Visual, and Broadcasting
- 2.13 Program Aplikasi Penunjang Desain
- 2.14 Elisitasi
- 2.15 Literatur Review
BAB I
Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi informasi berkembang pesat dan perkembangan tersebut berdampak pada ketatnya persaingan bisnis. Tiap-tiap jenis usaha membutuhkan strategi pemasaran sebagai bentuk pengenalan produk atau jasa yang ditawarkan, diantaranya melalui website, katalog, brosur. Pemanfaatan media informasi dan promosi oleh suatu perusahaan memiliki tujuan untuk memudahkan pengenalan akan profil perusahaan beserta produk dan jasa yang diperdagangkan. pengenalan profil perusahaan dan jenis produk yang dipasarkan merupakan proses bisnis perusahaan sehingga dapat memudahkan perusahaan dikenal oleh calon pelanggan. untuk itu dengan menggunakan desain visual sebagai profil perusahaan akan lebih menarik dalam menyampaikan informasi dan promosi suatu produk atau jasa yang ditawarkan. PT. Tirtanusa Indotama Tangerang, sebuah badan usaha yang bergerak di bidang water treatment chemicals boiler and cooling water, yang beralamatkan di Jalan Harmonika No.5 Cipondoh Permai Tangerang, Telp. (021) 5544361, 5544018, E-mail: [email protected], dalam mengembangkan segmen pasar sampai saat ini belum adanya pemanfatan sarana penunjang informasi dan promosi yang dapat dinilai baik, efektif dan berkualitas. seperti halnya PT. Tirtanusa Indotama Tangerang dalam mengembangkan usaha saat ini dibutuhkan sarana media penyampaian informasi dan promosi, perlu diajukan perancangan-perancangan kembali media informasi dan promosi sebagai daya tarik konsumen dan peningkatan daya jual. Dalam memenuhi kebutuhan operasional pelayanan kepada konsumen perlu dirancang media dengan ide-ide yang menarik. Dengan terpenuhinya bentuk-bentuk media penunjang operasional usaha tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai efektifitas dalam mengembangkan segment pasar agar keuntungan perusahaan semakin meningkat. Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan untuk membuat, merealisasikan dan menjadikannya sebagai penelitian dengan judul “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. TIRTANUSA INDOTAMA TANGERANG”
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:
Media dalam bentuk apa yang dapat digunakan untuk penunjang operasional penjualan produk, penyampaian informasi detail usaha dan sekaligus dapat dijadikan penunjang promosi produk yang dijual serta dapat meningkatkan pencitraan perusahaan ?
Media apa saja yang efektif untuk mempromosikan PT. Tirtanusa Indotama Tangerang ?
Bagaimana merancang media penunjang operasional usaha yang dapat memberikan daya tarik ?
Ruang Lingkup Penelitian
Untuk menghasilkan penelitian yang lebih cepat, tepat dan terarah maka pada kesempatan ini penulis membatasi ruang lingkup penelitian dalam hal-hal yang berhubungan dengan perancangan media komuniasi visualsebagai Penunjang Informasi dan promosi pada PT. Tirtanusa Indotama Tangerang.
Tjuan dan manfaat Penelitian
Tujuan Perancangan
Adapun tujuan perancangan media adalah sebagai berikut :
Rancangan media penunjang informasi, guna melengkapi dan menyempurnakan secara fungsi dan daya tarik bentuk-bentuk media yang dibutuhkan perusahaan.
Rancangan media penunjang promosi, bertujuan agar dalam melaksanakan program promosi, media-media yang digunakan berkualitas dan dapat lebih efektif.
Memberikan pengalaman tersendiri, baik untuk pengembangan kemampuan dalam perancangan media dengan menggunakan berbagai sarana pendukung maupun pengalaman yang bisa dijadikan acuan untuk menjadi lebih baik kedepannya, serta sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menggapai gelar Sarjana Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) di STMIK Raharja.
Manfaat Perancangan
Adapun manfaat perancangan bagi peneliti, perusahaan dan kampus yang diharapkan dari karya rancangan ini yaitu:
Bagi Penulis, Merupakan sarana pembelajaran dengan menambah pengetahuan dan wawasan serta dapat menerapkan atau mengaplikasikan teori yang telah dimiliki dan diperoleh selama perkuliahan.
Bagi Perusahaan, Dapat meningkatkan daya tarik pada PT. Tirtanusa Indotama Tangerang serta menambah daya saing melalui perancangan media komunikasi visual sebagai sarana penunjang operasional perusahaan dan program promosi yang telah dibuat peneliti.
Bagi Perguruan Tinggi Raharja, Untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Raharja dengan membuat laporan peneliti secara ilmiah dan sistemastis.
Metode Penelitian
Untuk memperoleh dan melengkapi data – data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan perancangan media komunikasi visual ini, terdapat beberapa metode yang digunakan. Adapun metode yang tersebut adalah sebagai berikut :
Analisis Permasalahan
Pengumpulan Data
Analisa Perancangan Media
Analisis permasalahan didapatkan pada saat melakukan pertemuan dengan stakeholder PT. Tirtanusa Indotama Tangerang yaitu Bapak Kristiyo Heny Widodo, S.E. melalui tanya jawab dan interview yang bertempat di kantor beliau pada tanggal 17 Febuari 2016.
a. Metode Observasi, Suatu metode pengambilan data yang diperlukan untuk peracangan media komunikasi visual melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan terjun secara langsung pada PT. Tirtanusa Indotama Tangerang.
b. Metode Wawancara (Interview), Suatu metode pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai dan untuk memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai gambaran media penunjang media komunikasi visual seperti apa yang diinginkan oleh PT. Tirtanusa Indotama Tangerang diadakan pertemuan dengan stakeholder PT. Tirtanusa Indotama Tangerang yaitu Bapak Kristiyo Heny Widodo, S.E. bertempat di kantor beliau pada tanggal 17 Febuari 2016.
c. Studi Pustaka, Suatu metode pengumpulan data berupa teori, mempelajari dan memahami buku – buku diktat. Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat berdasarkan pada buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berkaitan dengan penulisan Laporan Skripsi konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB), sebagai panduan secara teoritis.
Perancangan Media Komunikasi visual sebagai penunjang operasional perusahaan dan program promosi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain dari itu juga terdapat analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang dengan menggunakan aplikasi computer grafis. Media-media yang digunakan sebagai sarana Perancangan media Komunikasi visual sebagai penunjang operasional perusahaan dan program promosi pada PT. Tirtanusa Indotama Tangerang dirancang menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3 dan Adobe Illustrator CS3.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam memahami lebih jelas tentang penulisan penelitian ini, maka penulis mengelompokkan materi penulisan menjadi beberapa Bab yang masing-masing saling berkaitan satu sama lainnya, sehingga tulisan ini menjadi satu kesatuan yang utuh, kelima bab tersebut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, ruang lingkup, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, ruang lingkup, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI
Bab ini berisi tentang gambaran umum Obyek yang diteliti yaitu, mengenai sejarah singkat, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, product information, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective, marketing strategy, budget produksi media, konfigurasi hardware dan elisitasi.
BAB IV KONSEP DESAIN
Konsep produksi media dalam penelitian ini menggunakan konsep produksi media MAVIB, atau konsep produksi. berisi juga tentang perancangan dan rancangan megenai proses pembuatan desain media yang penulis lakukan.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB II
Konsep Dasar Perancangan
Pengertian Perancangan
Proses Perancangan Secara Umum
Persiapan Data
Ide
Konsep
Media
Visualisasi
Produksi
Menurut Soepadmo (2013:10), Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.
Menurut Lusyani Sunarya (2013:81) data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.
Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.
Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.
Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.
Konsep Dasar Media
Pengertian Media
jenis - jenis media
media cetak
media elektronik
media internet
Menurut Maimunah (2012:284) "Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto. Media adalah saluran penyimpanan pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet, buku profil, media luar ruangan, iklan transit dan direct mail.
Menurut Dewi Immaniar Desrianti (2012:133) "Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for education communication and tecnology) ini menunjukkan bahwa istilah ”media” memiliki makna yang sangat umum".
Dapat disimpulkan bahwa media adalah segala bentuk dalam berbagai unsur komunikasi grafis untuk menyampaikan informasi kepada public.
Menurut Soyomukti (2012 : 200) terdapat jenis-jenis media sebagai berikut :
Yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Contoh : Poster, stiker, sampul buku, packaging, folder, leaflet, amplop & kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar.
Yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Contoh : Radio, televisi, film, program video, animasi komputer.
Yaitu media dengan teknologi internet dan hanya bias digunakan bila ada koneksi internet. Contoh : Detik.com, Wikipedia.com, Youtube.com.
Konsep Dasar Komunikasi Visual
Menurut Rakhmat Supriyono (2010 : 9) Desain grafis belakangan lebih sering disebut “desain komunikasi visual” (DKV) karena memiliki peran mengomunikasikan pesan atau informasi kepada pembaca dengan berbagai kekuatan visual, seperti tipografi, ilustrasi warna, garis, layout dan sebagainya dengan bantuan teknologi. Dalam beberapa kasus, istilah DKV dianggap lebih dapa menampung perkembangan desain grafis yang semakin luas, tidak terbatas dengan penggunaan pada penggunaann unsur-unsur grafis (visual). Meski demikian, istilah Desain Grafis (Graphic Design) masih sering digunakan. DKV dikatagorikan sebagai Commercial Art kerena merupakan paduan antara seni rupa (Visual Art) dan keterampilan komunikasi untuk tujuan bisnis. Ketatnya tujuan bisnis dibidang industri barang dan jasa, ditambah perkembangan tekhnologi dan komunikasi, menjadikan DKV berkembang pesat. Tidak dapat menghindari karya – karya desain karya komunikasi visual saat ini sudah merampok sebagian waktu dan perhatian manusia. Setiap hari mata kita dipaksa untuk melihat iklan. Ketika membuka halaman majalah, surat kabar, internet, ataub televisi mata kita segera disergap iklan. Saat melintas dijalan raya kita pun selalu dikepung media outdoor berupa poster, bilboard, spanduk, baliho, banner, papan nama, dan bentuk-bentuk iklan lainnya. Di ruangan kantor mata kita masih dijejali brosur, katalog, kop surat, kartu nama, kalender, dan barang cetak lainnya.Tidak berhenti sampai disitu, iklan cetak berupa leaflet atau brosur bahkan sering dibagikan di Traffucdan warna.- light saat lampu merah, dipusat perbelanjaan dan ditempat – tempat publik lainnya. Semua media iklan tersebut berusaha keras merebut perhatian konsumen dengan menggunakan elemen-elemen visual, seperti logo, tipografi, dan warna. Maraknya karya-karya desain komunikasi visual menuntut desainer untuk lebih kreatif. Desain yang “biasa-biasa saja” dapat dipastikan kalah bersing dan kurang diperhatikan pembaca. Desainer kini semakin dituntut mampu memunculkan gagasan – gagasan besar, ide-ide segar yang tidak terduga.
Konsep Dasar Desain
Definisi Desain
Fungsi-fungsi Desain
Fungsi Informasi
Fungsi identifikasi
Fungsi Persuasi
Fungsi Rekreasi
Unsur-Unsur Desain Grafis
Garis (Line)
Bentuk (shape)
Ilustrasi atau Gambar atau Image
Manual atau Hand Drawing atau Gambar tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol dan lain-lain. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisan dan lain-lain.
Computerized. Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vektor atau bitmap. Format vektor yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format bitmap terdiri dari pixel-pixel, cocok untuk foto.
Ruang (Space)
Teks atau Tipografi
Warna (Color)
Prinsip-Prinsip Desain Grafis
Keseimbangan (Balance)
Irama (Rhythm)
Skala dan Proporsi
Fokus
Kesatuan (Unhity)
Pengeretian Warna
Jenis Bentuk Warna
Warna Premier
Warna sekunder
Warna Quarter
Warna Tersier
Warna Complementer
Unsur-Unsur Desain Grafis
Garis (Line)
Bentuk (shape)
Ilustrasi atau Gambar atau Image
Manual atau Hand Drawing atau Gambar tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol dan lain-lain. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisan dan lain-lain.
Computerized. Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vektor atau bitmap. Format vektor yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format bitmap terdiri dari pixel-pixel, cocok untuk foto.
Ruang (Space)
Teks atau Tipografi
Warna (Color)
Prinsip-Prinsip Desain Grafis
Keseimbangan (Balance)
Irama (Rhythm)
Skala dan Proporsi
Fokus
Kesatuan (Unhity)
Menurut Rakhmat Supriyono (2010:136) Desain merupakan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, hingga final artwork (FAW). Adapun maksud Desain dalam penelitian ini Desain adalah tampilan visual sepenuhnya dari iklan yang dihasilkan dari konsep verbal dan visual yang dibuat melalui beberapa tahapan dari bentuk sketsa kasar sampai pada final artwork.
Menurut Lusyani Sunarya (2010 :7) Dalam Diktat Mata kuliahnya mengatakan Fungsi- fungsi Desain dapat dikategorikan sebagai berikut:
Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.
Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.
Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.
Lingkungan yang bertujuan untuk menciptakan suasana tertentu dalam lustrasi dalam sebuah media. Contoh : Taman Rekreasi,Expo (Pameran),pusat ilmiah dan sebagainya.
Desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. ’Menarik’ atau ’indah’ bisa dilihat dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin),maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. Keindahan yang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai. Agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis. Unsur-unsur dalam desain grafis diantaranya adalah:
Garis di definisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Setiap garis menimbulkan kesan psikologis atau persepsi sendir. Misalnya garis yang membentuk ‘S’, sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. Bandingkan garis yang membentuk ‘Z’, terkesan tegas dan kaku.
Bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun semedikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra). Setiap bentuk mempunyai arti sendiri, tergantung budaya, geografis dll. Contoh : segitiga bisa melambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak), tetapi di mesir segitiga melambangkan simbol feminimitas (kewanitaan).
Gambar di desain grafis bisa terbagi dari metodenya :
Dengan ruang, kita dapat merasakan jauh-dekat, tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil dll. Ukuran tersebut sifatnya relatif. ‘Besar’ menurut anda belum tentu sama dengan ‘besar’ menurut orang lain. Ukuran-ukuran tersebut muncul karena ada pembanding.
Merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan pembaca dapat membaca semaksimal mungkin.
Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif.
Secara Dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
Keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Mata kita akan menangkap keseluruhan atau halaman desain dalam satu komponen yang lebih kecil.
Pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola atau pattern tertentu.
Skala adalah perubahan ukuran atau size tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
Tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan atau diarahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis atau konflik pada komponen desain grafis.
Semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.
Definisi Typografi
Menurut Maharsi (2013 : 2), Tipografi adalah seni dalam memilih, menyusun, dan mengatur tata letak huruf dan jenis huruf untuk keperluan percetakan maupun reproduksi. Dikatakan pula, tipografi adalah seni memilih jenis huruf dari sekian banyak jumlah huruf yang tersedia untuk digabungkan dengan jenis huruf yang berbeda serta menggabungkan sejumlah kata dalam ruang yang tersedia. Dengan perkembangan font-font komputer, kita akan leluasa memilih jenis font yang diinginkan. Namun memilih font adalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.
Definisi Psikologi Warna
Menurut Sugeng (2010 : 14-17) Secara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi ( merah, jingga, kuning, ungu ). Jenis warna yang demikian disebut Spectrum atau warna cahaya. Secara Subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat ( mata ) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.
Warna Primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna : kuat dan kontras.
Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran 2 (dua) warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula, yaitu jingga, ( merah + kuning ), hijau ( kuning + biru ), dan ungu ( merah + biru).
Warna yang merupakan hasil percampuran 2 (dua) warna tersier, yaitu coklat jingga adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijau adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.
Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna – warna sekunder yang menghasilkan tiga warna, yaitu orange – jingga, orange – hijau, dan hijau – jingga.
Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinya dapat bergerak.
Desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. ’Menarik’ atau ’indah’ bisa dilihat dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin),maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. Keindahan yang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai. Agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis. Unsur-unsur dalam desain grafis diantaranya adalah:
Garis di definisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Setiap garis menimbulkan kesan psikologis atau persepsi sendir. Misalnya garis yang membentuk ‘S’, sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. Bandingkan garis yang membentuk ‘Z’, terkesan tegas dan kaku.
Bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun semedikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra). Setiap bentuk mempunyai arti sendiri, tergantung budaya, geografis dll. Contoh : segitiga bisa melambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak), tetapi di mesir segitiga melambangkan simbol feminimitas (kewanitaan).
Gambar di desain grafis bisa terbagi dari metodenya :
Dengan ruang, kita dapat merasakan jauh-dekat, tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil dll. Ukuran tersebut sifatnya relatif. ‘Besar’ menurut anda belum tentu sama dengan ‘besar’ menurut orang lain. Ukuran-ukuran tersebut muncul karena ada pembanding.
Merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan pembaca dapat membaca semaksimal mungkin.
Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif.
Secara Dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
Keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Mata kita akan menangkap keseluruhan atau halaman desain dalam satu komponen yang lebih kecil.
Pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola atau pattern tertentu.
Skala adalah perubahan ukuran atau size tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
Tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan atau diarahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis atau konflik pada komponen desain grafis.
Semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.
Definisi Citra atau Image
Citra atau Image adalah kesan batin atau mental, bayangan visual yang ditimbulkan oleh obyek atau figur dalam karya seni. Citra sangat penting sebagai unsur yang turut berperan dalam karya, karena dapat membentuk ciri khas tersendiri serta memberikan pengaruh terhadap apa yang akan dihasilkan dari hasil suatu karya seni yang lebih bersifat karakter atau pesan yang ada didalam hasil karya seni tersebut sebagai nilai keindahan, artistik serta fungsionalisasi dari karya seni tersebut.