SI1222473156: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
(←Membuat halaman berisi '<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> <p style="line-height: 1">'''SISTEM PAKAR PENYAKIT ANAK PADA'''</P></div> <div style="...') |
|||
Baris 43: | Baris 43: | ||
<p style="line-height: 1">'''TANGERANG'''</P></div> | <p style="line-height: 1">'''TANGERANG'''</P></div> | ||
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> | <div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> | ||
− | <p style="line-height: 1">''' | + | <p style="line-height: 1">'''2015/2016'''</P></div> |
{{pagebreak}} | {{pagebreak}} | ||
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">'''SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER'''</p></div> | <div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">'''SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER'''</p></div> |
Revisi per 17 Juni 2016 09.59
SISTEM PAKAR PENYAKIT ANAK PADA
PUSKESMAS TELUK NAGA
TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1222473156
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2015/2016
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
SISTEM PAKAR PENYAKIT ANAK PADA
PUSKESMAS TELUK NAGA
TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1222473156
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, 28 Januari 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 05062
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
SISTEM PAKAR PENYAKIT ANAK PADA
PUSKESMAS TELUK NAGA
TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1222473156
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Software Engineering
Tahun Akademik 2015 / 2016
Disetujui Oleh :
Tangerang, 28 Januari 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Sutrisno, M.Kom) |
(Dedy Iskandar, S.Kom)
| ||
NID : 10020 |
NID : 05060
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
SISTEM PAKAR PENYAKIT ANAK PADA
PUSKESMAS TELUK NAGA
TANGERANG
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1222473156
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Tahun Akademik 2015/2016
Disetujui Penguji :
Tangerang, 28 Januari 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Yang bertanda tangan dibawah ini,
NIM |
: 1222473156
|
Nama |
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini dari awal sampai akhir merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikasi dari Laporan Skripsi yang telah dipergunakan untuk memenuhi persyaratan mengambil Skripsi guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.
Tangerang, 28 Januari 2016
NIM : 1222473156
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Aplikasi studi peminatan merupakan sebuah aplikasi yang dibangun untuk membantu mengetahui tingkat peminatan sekelompok orang terhadap suatu hal dengan cara mengumpulkan data melalui survey dan menganalisa data tersebut. Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang melakukan survey untuk mengumpulkan data mengenai minat siswa/i pada berbagai bidang industri pariwisata dan industri kreatif untuk dijadikan data pelengkap dalam pengajuan program studi baru. Namun sistem survey yang masih menggunakan form kertas membuat waktu penyimpanan data kedalam komputer memakan waktu yang lama karena itu penggunaan form kertas terasa kurang efisien. Dengan merancang aplikasi untuk melakukan studi peminatan secara terkomputerisasi yang juga mencakup fungsi survey online diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada. Penulis menggunakan Metode Analisa SWOT, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), kesempatan (oppurtunities), dan yang menjadi ancaman (threats), dalam perancangan sistem informasi untuk menggambarkan tahapan utama dan langkah-langkah dalam pengembangan aplikasi dan metode perancangannya menggunakan UML sebagai alat bantu untuk memodelkan sistem, metode pengetesan blackbox testing digunakan pada saat mengetes fungsi-fungsi aplikasi apakah sudah benar atau masih terdapat kesalahan.
Kata kunci : Industri Pariwisata dan Industri Kreatif, Studi Peminatan, Survey
ABSTRACT
Specialization studies application is an application built to help determine the level of specialization in a group of people on a case by collecting data through surveys and analyze the data. Faculty of Tourism and Creative Industries Muhammadiyah University of Tangerang conduct surveys to collect data on student interest in the various fields of the tourism industry and the creative industries to be used as supplementary data in the filing of new courses. But the survey systems that still use paper forms to make the storage time data into the computer takes a long time because of the use of paper forms was less efficient. By designing the application to perform a computerized specialization studies which also includes an online survey functionality is expected to overcome the existing problems. The author uses the method of SWOT analysis, the Strength, Weakness, Opportunity, and the Threat, in the design of information systems to illustrate the main stages and steps in the development of application and method of its design using UML as a tool for modeling systems, blackbox testing methods used when testing the functions of the application whether it is correct or error condition exists.
Keywords: Tourism Industries and Creative Industries, Specialisation Studies, Survey
Bismillahirrahmanirrahim
Dengan mengucapkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Perancangan Aplikasi Studi Peminatan Siswa/i SLTA Terhadap Industri Pariwisata dan Industri Kreatif Berbasis Web Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang” sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Tujuan dari penyusunan laporan skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering Pada Sekolah Tinggi dan Manajemen Ilmu Komputer (STMIK) Raharja.
Dalam penyusunan laporan skripsi ini penulis banyak menerima bantuan dan dorongan baik moril maupun materil dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom, selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
- Bapak Sandro Alfeno, M.Kom, selaku Dosen Pembimbing I yang banyak meluangkan waktunya dalam memberikan arahan dan masukan kepada penulis dalam penyusunan laporan skripsi ini.
- Bapak Dedy Iskandar, S.Kom, selaku Dosen Pembimbing II yang banyak meluangkan waktunya dalam memberikan arahan dan masukan kepada penulis dalam penyusunan laporan skripsi ini.
- Bapak Drs. Zalzulifa, M.Pd, selaku Dekan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang yang telah berkenan memberikan izin dalam penelitian ini.
- Kedua Orang Tua serta saudara-saudara penulis, yang telah memberikan segala dukungan moril, materil, maupun doa untuk keberhasilan penulis dalam menyelesaikan laporan skripsi ini.
- Teman-teman yang telah banyak membantu dalam penyusunan laporan skripsi ini yaitu Dwiki Prayogo, Ihsan Maulana, Muhammad Rizal Ghani, dan Rivai Sungkowo.
- Serta semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu-persatu yang telah ikut membantu dalam penyusunan laporan skripsi ini.
Penulis menyadari akan keterbatasan dan kekurangan yang ada pada laporan skripsi ini maka penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.
Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih dan berharap semoga laporan skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak pada umumnya dan bagi penulis khususnya.
Tangerang, 28 Januari 2016 | |
Angga BAhtiar Rizky | |
1222473156 |
Daftar isi
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1 Literature Review
Tabel 3.1 Skenario Use Case Membagikan form survey
Tabel 3.2 Skenario Use Case Mengisi form survey
Tabel 3.3 Skenario Use Case Menyerahkan form yang telah diisi ke admin
Tabel 3.4 Skenario Use case Menginput data dari form survey kedalam dokumen spreadsheet
Tabel 3.5 Skenario Use case Membuat laporan studi peminatan
Tabel 3.6 Analisa SWOT
Tabel 3.7 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.8 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.9 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.10 Final Draft Elisitasi
Tabel 4.1 Skenario Use Case Menjelaskan cara mengakses aplikasi
Tabel 4.2 Skenario Use Case Isi data survey
Tabel 4.3 Skenario Use Case Login
Tabel 4.4 Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan
Tabel 4.5 Table Unnormal
Tabel 4.6 Table First Normal Form
Tabel 4.8 Struktur Tabel Pengguna
Tabel 4.9 Struktur Tabel Data Pribadi
Tabel 4.10 Struktur Tabel Frekuensi Keterlibatan
Tabel 4.11 Struktur Tabel Survey Peminatan
Tabel 4.12 Struktur Tabel Tingkat Pemahaman Responden
Tabel 4.13 Struktur Tabel Lama Pendidikan
Tabel 4.14 Struktur Tabel Level Pendidikan
Tabel 4.15 Tabel Pengujian BlackBox Pada Menu Login dan Logout
Tabel 4.16 Tabel Pengujian BlackBox Pada Menu Survey
Tabel 4.17 Schedule Implementasi
Tabel 4.18 Estimasi Biaya
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Logo CodeIgniter
Gambar 3.1 Sturktur Organisasi Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun 2015
Gambar 3.2 Use case diagram dari sistem yang berjalan
Gambar 3.3 Sequence Diagram Sistem Yang Berjalan
Gambar 3.4 Activity Diagram Sistem Yang Berjalan
Gambar 4.1 Use Case Diagram sistem yang diusulkan
Gambar 4.2 Activity Diagram survey yang diusulkan
Gambar 4.3 Activity Diagram studi peminatan yang diusulkan
Gambar 4.4 Sequence Diagram survey yang diusulkan
Gambar 4.5 Sequence Diagram studi peminatan yang diusulkan
Gambar 4.6 Second Normal Form (2NF)
Gambar 4.7 HIPO (Hierarchy Plus Input Process Output)
Gambar 4.8 Flowchart Program Untuk Halaman Beranda
Gambar 4.9 Flowchart Program Untuk Menu Survey
Gambar 4.10 Flowchart Program Untuk Menu Bantuan
Gambar 4.11 Flowchart Program Untuk Menu Login
Gambar 4.12 Prototype Halaman Beranda
Gambar 4.13 Prototype Halaman Survey
Gambar 4.14 Prototype Halaman Bantuan
Gambar 4.15 Prototype Halaman Admin
Gambar 4.16 Prototype Halaman Grafik
Gambar 4.17 Prototype Halaman Laporan
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kemajuan dalam bidang informatika mengalami perkembangan pesat satu dekade belakangan ini, hampir semua bidang menggunakan komputer sebagai alat bantu yang penting bagi organisasi untuk mencapai tujuan. Komputerisasi pada sistem yang masih manual memungkinkan pengelolaan yang lebih baik terhadap data-data penting yang dibutuhkan organisasi untuk mengelola data-data tersebut menjadi informasi yang bermanfaat.
Universitas Muhammadiyah Tangerang termasuk salah satu instansi pendidikan yang memanfaatkan kemajuan ini untuk menunjang berbagai kegiatan akademis. Penggunaan sistem yang terkomputerisasi bahkan sudah menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam menangani berbagai keperluan misalnya dalam sistem informasi akademis. Namun demikian ada beberapa sistem yang prosesnya masih dilakukan secara manual khususnya sistem studi peminatan siswa/i SLTA di fakultas pariwisata dan industri kreatif. Penggunaan form fisik dirasa semakin tidak efisien karena berkas-berkas tersebut semakin bertambah banyak setiap tahun sehingga menyebabkan sulitnya proses pengelolaan berkas tersebut.
Studi peminatan siswa/i SLTA merupakan hal yang diperlukan oleh fakultas untuk mengetahui seberapa besar minat para siswa/i SLTA terhadap berbagai bidang pariwisata dan industri kreatif sehingga dapat berfungsi sebagai penunjang keputusan dalam menentukan parogram studi baru apa yang akan dibuka oleh pihak fakultas, selain itu studi peminatan siswa/i SLTA merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak fakultas dalam rangka untuk membuka program studi baru dan mengajukannya ke DIKTI sehingga DIKTI bisa menilai apakah program studi baru itu layak dibuka atau tidak. Oleh karena itu, untuk memberikan solusi pada masalah diatas penulis mengambil judul penelitian yakni : “Perancangan Aplikasi Studi Peminatan Siswa/i SLTA Terhadap Industri Pariwisata dan Industri Kreatif Berbasis Web Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang”.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah:
-
Bagaimana sistem studi peminatan pada fakultas pariwisata dan industri kreatif yang berjalan saat ini?
-
Bagaimana sistem studi peminatan dapat melakukan efisiensi terhadap penggunaan form fisik?
-
Bagaimana membangun sistem studi peminatan yang dapat membantu fakultas dalam menentukan tingkat peminatan siswa/i SLTA terhadap berbagai bidang pariwisata dan industri kreatif?
Ruang Lingkup
Sesuai dengan penulisan penelitian ini, maka penulis membatasi ruang lingkup penelitian sebagai berikut:
-
Penelitian ini hanya membahas sistem studi peminatan yang ada pada fakultas pariwisata dan industri kreatif yang ada di universitas muhammadiyah tangerang.
-
Sistem studi peminatan yang dapat men-generate data dari database ke format spreadsheet.
-
Sistem studi peminatan yang dapat menampilkan grafik dari database sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Dalam penulisan laporan Skripsi ini, penulis mempunyai tujuan antara lain :
-
Tujuan Operasional
-
Mengetahui proses pengambilan data peminatan siswa/i melalui survey.
-
Merancang aplikasi terkomputerisasi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pada sistem yang masih berjalan secara manual.
-
Tujuan Fungsional
-
Merancang aplikasi studi peminatan yang dapat membantu dalam mengetahui tingkat peminatan secara efisien.
-
Membangun sistem studi peminatan sebagai fasilitas yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
-
Tujuan Individual
-
Sebagai syarat kelulusan program sarjana pada STMIK Raharja.
-
Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi dan informasi.
Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Bagi Penulis
-
Untuk menambah pengetahuan penulis dalam hal penyusunan tulisan ilmiah serta mengaplikasikan teori yang didapat selama masa kuliah.
-
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana (Strata Satu/S1) pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering pada Perguruan Tinggi Raharja.
-
Bagi Perguruan Tinggi Raharja
-
Menambah literatur studi kasus tentang sistem studi peminatan, khususnya yang berkaitan dengan peminatan siswa/i SLTA terhadap bidang pariwisata dan industri kreatif.
-
Bagi Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang.
-
Tersedianya perangkat lunak yang memberikan alternatif solusi dalam menentukan peminatan siswa/i, sehingga membantu pihak fakultas dalam mengumpulkan data peminatan dengan efisien.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Contributors
Kemajuan dalam bidang informatika mengalami perkembangan pesat satu dekade belakangan ini, hampir semua bidang menggunakan komputer sebagai alat bantu yang penting bagi organisasi untuk mencapai tujuan. Komputerisasi pada sistem yang masih manual memungkinkan pengelolaan yang lebih baik terhadap data-data penting yang dibutuhkan organisasi untuk mengelola data-data tersebut menjadi informasi yang bermanfaat.
Universitas Muhammadiyah Tangerang termasuk salah satu instansi pendidikan yang memanfaatkan kemajuan ini untuk menunjang berbagai kegiatan akademis. Penggunaan sistem yang terkomputerisasi bahkan sudah menjadi hal yang mutlak diperlukan dalam menangani berbagai keperluan misalnya dalam sistem informasi akademis. Namun demikian ada beberapa sistem yang prosesnya masih dilakukan secara manual khususnya sistem studi peminatan siswa/i SLTA di fakultas pariwisata dan industri kreatif. Penggunaan form fisik dirasa semakin tidak efisien karena berkas-berkas tersebut semakin bertambah banyak setiap tahun sehingga menyebabkan sulitnya proses pengelolaan berkas tersebut.
Studi peminatan siswa/i SLTA merupakan hal yang diperlukan oleh fakultas untuk mengetahui seberapa besar minat para siswa/i SLTA terhadap berbagai bidang pariwisata dan industri kreatif sehingga dapat berfungsi sebagai penunjang keputusan dalam menentukan parogram studi baru apa yang akan dibuka oleh pihak fakultas, selain itu studi peminatan siswa/i SLTA merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak fakultas dalam rangka untuk membuka program studi baru dan mengajukannya ke DIKTI sehingga DIKTI bisa menilai apakah program studi baru itu layak dibuka atau tidak. Oleh karena itu, untuk memberikan solusi pada masalah diatas penulis mengambil judul penelitian yakni : “Perancangan Aplikasi Studi Peminatan Siswa/i SLTA Terhadap Industri Pariwisata dan Industri Kreatif Berbasis Web Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang”.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah:
-
Bagaimana sistem studi peminatan pada fakultas pariwisata dan industri kreatif yang berjalan saat ini?
-
Bagaimana sistem studi peminatan dapat melakukan efisiensi terhadap penggunaan form fisik?
-
Bagaimana membangun sistem studi peminatan yang dapat membantu fakultas dalam menentukan tingkat peminatan siswa/i SLTA terhadap berbagai bidang pariwisata dan industri kreatif?
Ruang Lingkup
Sesuai dengan penulisan penelitian ini, maka penulis membatasi ruang lingkup penelitian sebagai berikut:
-
Penelitian ini hanya membahas sistem studi peminatan yang ada pada fakultas pariwisata dan industri kreatif yang ada di universitas muhammadiyah tangerang.
-
Sistem studi peminatan yang dapat men-generate data dari database ke format spreadsheet.
-
Sistem studi peminatan yang dapat menampilkan grafik dari database sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Dalam penulisan laporan Skripsi ini, penulis mempunyai tujuan antara lain :
-
Tujuan Operasional
-
Mengetahui proses pengambilan data peminatan siswa/i melalui survey.
-
Merancang aplikasi terkomputerisasi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pada sistem yang masih berjalan secara manual.
-
Tujuan Fungsional
-
Merancang aplikasi studi peminatan yang dapat membantu dalam mengetahui tingkat peminatan secara efisien.
-
Membangun sistem studi peminatan sebagai fasilitas yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
-
Tujuan Individual
-
Sebagai syarat kelulusan program sarjana pada STMIK Raharja.
-
Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi dan informasi.
Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Bagi Penulis
-
Untuk menambah pengetahuan penulis dalam hal penyusunan tulisan ilmiah serta mengaplikasikan teori yang didapat selama masa kuliah.
-
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana (Strata Satu/S1) pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering pada Perguruan Tinggi Raharja.
-
Bagi Perguruan Tinggi Raharja
-
Menambah literatur studi kasus tentang sistem studi peminatan, khususnya yang berkaitan dengan peminatan siswa/i SLTA terhadap bidang pariwisata dan industri kreatif.
-
Bagi Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang.
-
Tersedianya perangkat lunak yang memberikan alternatif solusi dalam menentukan peminatan siswa/i, sehingga membantu pihak fakultas dalam mengumpulkan data peminatan dengan efisien.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah:
-
Bagaimana sistem studi peminatan pada fakultas pariwisata dan industri kreatif yang berjalan saat ini?
-
Bagaimana sistem studi peminatan dapat melakukan efisiensi terhadap penggunaan form fisik?
-
Bagaimana membangun sistem studi peminatan yang dapat membantu fakultas dalam menentukan tingkat peminatan siswa/i SLTA terhadap berbagai bidang pariwisata dan industri kreatif?
Ruang Lingkup
Sesuai dengan penulisan penelitian ini, maka penulis membatasi ruang lingkup penelitian sebagai berikut:
-
Penelitian ini hanya membahas sistem studi peminatan yang ada pada fakultas pariwisata dan industri kreatif yang ada di universitas muhammadiyah tangerang.
-
Sistem studi peminatan yang dapat men-generate data dari database ke format spreadsheet.
-
Sistem studi peminatan yang dapat menampilkan grafik dari database sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Dalam penulisan laporan Skripsi ini, penulis mempunyai tujuan antara lain :
-
Tujuan Operasional
-
Mengetahui proses pengambilan data peminatan siswa/i melalui survey.
-
Merancang aplikasi terkomputerisasi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pada sistem yang masih berjalan secara manual.
-
Tujuan Fungsional
-
Merancang aplikasi studi peminatan yang dapat membantu dalam mengetahui tingkat peminatan secara efisien.
-
Membangun sistem studi peminatan sebagai fasilitas yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
-
Tujuan Individual
-
Sebagai syarat kelulusan program sarjana pada STMIK Raharja.
-
Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi dan informasi.
Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Bagi Penulis
-
Untuk menambah pengetahuan penulis dalam hal penyusunan tulisan ilmiah serta mengaplikasikan teori yang didapat selama masa kuliah.
-
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana (Strata Satu/S1) pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering pada Perguruan Tinggi Raharja.
-
Bagi Perguruan Tinggi Raharja
-
Menambah literatur studi kasus tentang sistem studi peminatan, khususnya yang berkaitan dengan peminatan siswa/i SLTA terhadap bidang pariwisata dan industri kreatif.
-
Bagi Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang.
-
Tersedianya perangkat lunak yang memberikan alternatif solusi dalam menentukan peminatan siswa/i, sehingga membantu pihak fakultas dalam mengumpulkan data peminatan dengan efisien.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Sesuai dengan penulisan penelitian ini, maka penulis membatasi ruang lingkup penelitian sebagai berikut:
-
Penelitian ini hanya membahas sistem studi peminatan yang ada pada fakultas pariwisata dan industri kreatif yang ada di universitas muhammadiyah tangerang.
-
Sistem studi peminatan yang dapat men-generate data dari database ke format spreadsheet.
-
Sistem studi peminatan yang dapat menampilkan grafik dari database sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Dalam penulisan laporan Skripsi ini, penulis mempunyai tujuan antara lain :
-
Tujuan Operasional
-
Mengetahui proses pengambilan data peminatan siswa/i melalui survey.
-
Merancang aplikasi terkomputerisasi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pada sistem yang masih berjalan secara manual.
-
Tujuan Fungsional
-
Merancang aplikasi studi peminatan yang dapat membantu dalam mengetahui tingkat peminatan secara efisien.
-
Membangun sistem studi peminatan sebagai fasilitas yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
-
Tujuan Individual
-
Sebagai syarat kelulusan program sarjana pada STMIK Raharja.
-
Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi dan informasi.
Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Bagi Penulis
-
Untuk menambah pengetahuan penulis dalam hal penyusunan tulisan ilmiah serta mengaplikasikan teori yang didapat selama masa kuliah.
-
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana (Strata Satu/S1) pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering pada Perguruan Tinggi Raharja.
-
Bagi Perguruan Tinggi Raharja
-
Menambah literatur studi kasus tentang sistem studi peminatan, khususnya yang berkaitan dengan peminatan siswa/i SLTA terhadap bidang pariwisata dan industri kreatif.
-
Bagi Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang.
-
Tersedianya perangkat lunak yang memberikan alternatif solusi dalam menentukan peminatan siswa/i, sehingga membantu pihak fakultas dalam mengumpulkan data peminatan dengan efisien.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Tujuan Penelitian
Dalam penulisan laporan Skripsi ini, penulis mempunyai tujuan antara lain :
-
Tujuan Operasional
-
Mengetahui proses pengambilan data peminatan siswa/i melalui survey.
-
Merancang aplikasi terkomputerisasi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pada sistem yang masih berjalan secara manual.
-
Tujuan Fungsional
-
Merancang aplikasi studi peminatan yang dapat membantu dalam mengetahui tingkat peminatan secara efisien.
-
Membangun sistem studi peminatan sebagai fasilitas yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
-
Tujuan Individual
-
Sebagai syarat kelulusan program sarjana pada STMIK Raharja.
-
Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi dan informasi.
Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Bagi Penulis
-
Untuk menambah pengetahuan penulis dalam hal penyusunan tulisan ilmiah serta mengaplikasikan teori yang didapat selama masa kuliah.
-
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana (Strata Satu/S1) pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering pada Perguruan Tinggi Raharja.
-
Bagi Perguruan Tinggi Raharja
-
Menambah literatur studi kasus tentang sistem studi peminatan, khususnya yang berkaitan dengan peminatan siswa/i SLTA terhadap bidang pariwisata dan industri kreatif.
-
Bagi Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang.
-
Tersedianya perangkat lunak yang memberikan alternatif solusi dalam menentukan peminatan siswa/i, sehingga membantu pihak fakultas dalam mengumpulkan data peminatan dengan efisien.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Dalam penulisan laporan Skripsi ini, penulis mempunyai tujuan antara lain :
-
Tujuan Operasional
-
Mengetahui proses pengambilan data peminatan siswa/i melalui survey.
-
Merancang aplikasi terkomputerisasi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pada sistem yang masih berjalan secara manual.
-
-
Tujuan Fungsional
-
Merancang aplikasi studi peminatan yang dapat membantu dalam mengetahui tingkat peminatan secara efisien.
-
Membangun sistem studi peminatan sebagai fasilitas yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
-
-
Tujuan Individual
-
Sebagai syarat kelulusan program sarjana pada STMIK Raharja.
-
Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi dan informasi.
-
Manfaat penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Bagi Penulis
-
Untuk menambah pengetahuan penulis dalam hal penyusunan tulisan ilmiah serta mengaplikasikan teori yang didapat selama masa kuliah.
-
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana (Strata Satu/S1) pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering pada Perguruan Tinggi Raharja.
-
Bagi Perguruan Tinggi Raharja
-
Menambah literatur studi kasus tentang sistem studi peminatan, khususnya yang berkaitan dengan peminatan siswa/i SLTA terhadap bidang pariwisata dan industri kreatif.
-
Bagi Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang.
-
Tersedianya perangkat lunak yang memberikan alternatif solusi dalam menentukan peminatan siswa/i, sehingga membantu pihak fakultas dalam mengumpulkan data peminatan dengan efisien.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
-
Bagi Penulis
-
Untuk menambah pengetahuan penulis dalam hal penyusunan tulisan ilmiah serta mengaplikasikan teori yang didapat selama masa kuliah.
-
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana (Strata Satu/S1) pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Software Engineering pada Perguruan Tinggi Raharja.
-
-
Bagi Perguruan Tinggi Raharja
-
Menambah literatur studi kasus tentang sistem studi peminatan, khususnya yang berkaitan dengan peminatan siswa/i SLTA terhadap bidang pariwisata dan industri kreatif.
-
-
Bagi Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang.
-
Tersedianya perangkat lunak yang memberikan alternatif solusi dalam menentukan peminatan siswa/i, sehingga membantu pihak fakultas dalam mengumpulkan data peminatan dengan efisien.
-
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Metode Pengumpulan Data
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan peneliti dalam menyusun laporan penelitian ini sebagai berikut :
-
Metode Pengamatan Langsung (Observasi)
Merupakan cara pengumpulan data dimana peneliti diharuskan untuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermat dan langsung di lokasi penelitian.
-
Metode Wawancara (Interview)
Merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.
-
Metode Studi Pustaka
Metode Studi Pustaka Adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia, buku tahunan, peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan dan sumber-sumber lain, serta melakukan searching pada internet. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh.
Metode Analisa dan Perancangan
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Dalam penelitian ini metode perancangan menggunakan suatu analisis Unified Modeling Language (UML) serta dengan suatu metode Prototyping dalam pengembangannya yang akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing. Dan dalam hal ini, peneliti menggunakan PHP Framework Codeigniter dalam sistem pembuatannya dan untuk penyimpanan datanya menggunakan Database MySql.
Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Dalam perancangan Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Prototyping. Dengan menggunakan metode prototyping ini pengembangan dan pengguna dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Proses pada prototyping yaitu:
-
Pengumpulan Kebutuhan
-
Perancangan
-
Evaluasi Prototype
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini.
BAB II
LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat.
BAB V
PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
Untuk mempermudah dalam penulisan laporan Skripsi ini maka penulis mengelompokan menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I | PENDAHULUAN |
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang di pergunakan serta sistematika penulisan Skripsi ini. | |
BAB II | LANDASAN TEORI |
Bab ini merupakan landasan teori dari penyusunan Skripsi yang membahas tentang definisi-definisi dan penjelasan yang berhubungan dengan penelitian. | |
BAB III | ANALISA SISTEM YANG BERJALAN |
Bab ini berisikan tentang gambaran umum SMK Al-Amanah, sejarah singkat, struktur organisasi, uraian sistem yang diusulkan digambarkan melalui flowchart, serta analisa kebutuhan sistem yang dituangkan dalam elisitasi. | |
BAB IV | HASIL PENELITIAN |
Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan dan uraian mengenai tampilan layar dari program yang dibuat serta pengujian dari program yang dibuat. | |
BAB V | PENUTUP |
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan penulis dari hasil penelitian yang dilakukan. Saran tersebut ditujukan untuk memperbaiki jika masih ada kekurangan pada sistem yang dibuat. |
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN