SI1433481681: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(←Membuat halaman berisi 'BAB 1 SASADADADAD')
 
Baris 1: Baris 1:
BAB 1
+
BAB I
SASADADADAD
+
PENDAHULUAN
 +
 
 +
1.1.1. Latar Belakang
 +
Perindustrian di dunia ini belakangan memang menjadi sektor primadona bagi negara - negara di seluruh dunia. Betapa tidak, bahkan sektor perindustrian dijadikan tolak ukur suatu negara dikatakan sebagai negara yang maju, yakni apabila masyarakatnya lebih banyak bekerja di bidang industri. Hal ini juga termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terus mengembangkan potensi diri, dan Indonesia juga mulai mengemabangkan sektor- sektor perindustrian yang dimilikinya. Namun perlu kita ketahui juga, bahwa semakin banyak industri ada di suatu negara maka akan semakin banyak pula kesempatan bagi suatu negara untuk mencemari lingkungannya. Mengapa demikian? Hal ini karena hampir setiap proses industri akan menghasilkan sisa atau yang biasa disebut sebagai limbah.
 +
Limbah didefinisikan sebagai bahan yang terbuang atau dibuang akibat kegiatan manusia yang tidak atau belum memiliki nilai ekonomi dan nilai positif bahkan dapat memiliki nilai ekonomi negatif. Limbah pada industri makanan umumnya dibagi menjadi tiga yaitu limbah cair, limbah padat, dan limbah gas. Limbah pada industri wafer stick umumnya berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah padat yang dihasilkan berupa sisa produk yang sudah tidak dapat dipakai lagi dan kemasan yang sudah tidak terpakai. Penanganan limbah padat yang berupa sisa produk yang sudah tidak dapat dipakai dilakukan dengan cara mendistribusikannya untuk pakan ternak dan untuk limbah padat yang berupa kemasan yang tidak terpakai akan dibakar. Limbah cair pada industri wafer stick dibagi menjadi dua yaitu limbah cair domestik dan limbah cair industri. Limbah cair domestik berasal dari kamar mandi, dapur, dan sanitasi karyawan, sedangkan limbah cair industri berasal dari buangan hasil proses. limbah ini tentunya tidak mempunyai manfaat sama sekali, bahkan keberadaannya harus ditangani dengan sangat selektif keadaan seperti ini menimbulkan imbas yang sangat besar pada semua kehidupan manusia terutama bidang industri. mengakibatkan industri sebagai produsen menggunakan cara otomatisasi untuk mempermudah sebuah proses.
 +
Di dalam dunia industri khususnya proses pemindahan masih secara manual dengan tenaga manusia sehingga memerlukan waktu yang cukup lama, maka dari itu perusahaan memerlukan alat yang dapat mempermudah proses pemindahan salah satunya mesin pemilah limbah otomatis dan terciptalah sebuah judul “PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY PADA UD BAROKAH”. 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
1.2. Rumusan Masalah
 +
Dalam pembuatan sebuah sistem, tentu tidak akan terlepas dari beberapa permasalahan. Dari latar belakang diatas maka, dapat disimpulkan beberapa permasalahan yang ada yaitu sebagai berikut:
 +
1. Bagaimana cara agar mengetahui batas volume suatu limbah yang terdapat pada proses pemilahan?
 +
2. Bagaimana cara membedakan bahan limbah logam dan plastik pada prototipe tersebut?
 +
3. Bagaimana merancang prototype alat pemilah limbah otomatis menggunakan Proximity?
 +
1.3. Ruang Lingkup Penelitian
 +
Ruang lingkup penelitian ini adalah merancang sebuah sistem Prototype Monitoring Alat Pemilah Limbah Logam dan Plastik Otomatis Menggunakan Arduino dengan Sensor Proximity pada UD Barokah.
 +
Perangkat ruang lingkup penelitian ini meliputi: Arduino uno, Sensor proximity induktif dan Motor servo.
 +
1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
 +
1.4.1. Tujuan Penelitian
 +
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk:
 +
1. Merancang sebuah Prototipe pemilah limbah otomatis menggunakan Arduino uno.
 +
2. Menunjang proses pemilah limbah agar meminimalisir pegawai perusahaan dalam proses pemilahan limbah.
 +
1.4.2. Manfaat Penelitian
 +
Manfaat dari penelitian ini adalah:
 +
1. Lebih memahami cara kerja alat tersebut.
 +
2. Efesiensi waktu dalam proses pemilahan limbah.
 +
3. Membantu staff perusahaan dalam pemilahan limbah dengan skala besar.
 +
1.5. Metode Penelitian
 +
Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini terdiri dari 2 tahapan:
 +
1.5.1. Metode Pengumpulan Data
 +
1. Observasi (Observation)
 +
Dalam metode observasi pada UD Barokah penulis melakukan analisa terhadap masalah yang ada dengan cara mengamati sumber pengolahan data serta melakukan pengumpulan data dari bagian-bagian yang berhubungan dengan pemilahan limbah baik berupa dokumen formulir, catatan-catatan, maupun laporan.
 +
 
 +
 
 +
 
 +
2. Wawancara (Interview)
 +
Pada metode wawancara dengan dilakukan tanya jawab secara langsung dengan stakeholder perusahaan bagian karyawan pemilah untuk mendapatkan data dan informasi yang berhubungan teknik pemilahan limbah logam dan pelastik untuk memahami akan hal yang akan diteliti sesuai dengan tujuan penelitian.
 +
3. Studi Pustaka
 +
Selain telah melakukan observasi dan wawancara, peneliti juga melakukan studi pustaka, jurnal, dan buku-buku dengan cara pengumpulan data, dengan cara ini peneliti berusaha untuk melengkapi data-data yang diperoleh sebagai referensi yang berhubungan dengan pembuatan prototype ini.
 +
1.5.2. Metode Pengujian
 +
Metode pengujuan ini digunakan untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Metode pengujian yang peneliti gunakan adalah Black Box karena metode Black Box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.
 +
1.5.3. Metode Perancangan
 +
Dalam laporan skripsi ini, perancangan yang digunakan adalah metode perancangan melalui tahap pembuatan flowchart program dan flowchart sistem dengan desain hardware menggunakan diagram blok. Metode ini dimaksudkan bagaimana sistem itu dirancang dan alat apa saja yang dibutuhkan.‎
 +
1.6. Sistematika Penulisan
 +
Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan SKRIPSI ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :
 +
BAB I PENDAHULUAN
 +
Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.
 +
BAB II LANDASAN TEORI
 +
Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku dan jurnal nasional serta internasional yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.
 +
BAB III PEMBAHASAN
 +
Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat UD Barokah, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, sistem yang berjalan, alternatif pemecahan masalah, elisitasi.
 +
 
 +
 
 +
 
 +
BAB IV HASIL DAN UJI COBA
 +
Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan prototype, tampilan layar, konfigurasi sistem yang berjalan, testing, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya.
 +
BAB V PENUTUP
 +
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.
 +
DAFTAR PUSTAKA
 +
DAFTAR LAMPIRAN

Revisi per 30 Juli 2019 13.22

BAB I PENDAHULUAN

1.1.1. Latar Belakang Perindustrian di dunia ini belakangan memang menjadi sektor primadona bagi negara - negara di seluruh dunia. Betapa tidak, bahkan sektor perindustrian dijadikan tolak ukur suatu negara dikatakan sebagai negara yang maju, yakni apabila masyarakatnya lebih banyak bekerja di bidang industri. Hal ini juga termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terus mengembangkan potensi diri, dan Indonesia juga mulai mengemabangkan sektor- sektor perindustrian yang dimilikinya. Namun perlu kita ketahui juga, bahwa semakin banyak industri ada di suatu negara maka akan semakin banyak pula kesempatan bagi suatu negara untuk mencemari lingkungannya. Mengapa demikian? Hal ini karena hampir setiap proses industri akan menghasilkan sisa atau yang biasa disebut sebagai limbah. Limbah didefinisikan sebagai bahan yang terbuang atau dibuang akibat kegiatan manusia yang tidak atau belum memiliki nilai ekonomi dan nilai positif bahkan dapat memiliki nilai ekonomi negatif. Limbah pada industri makanan umumnya dibagi menjadi tiga yaitu limbah cair, limbah padat, dan limbah gas. Limbah pada industri wafer stick umumnya berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah padat yang dihasilkan berupa sisa produk yang sudah tidak dapat dipakai lagi dan kemasan yang sudah tidak terpakai. Penanganan limbah padat yang berupa sisa produk yang sudah tidak dapat dipakai dilakukan dengan cara mendistribusikannya untuk pakan ternak dan untuk limbah padat yang berupa kemasan yang tidak terpakai akan dibakar. Limbah cair pada industri wafer stick dibagi menjadi dua yaitu limbah cair domestik dan limbah cair industri. Limbah cair domestik berasal dari kamar mandi, dapur, dan sanitasi karyawan, sedangkan limbah cair industri berasal dari buangan hasil proses. limbah ini tentunya tidak mempunyai manfaat sama sekali, bahkan keberadaannya harus ditangani dengan sangat selektif keadaan seperti ini menimbulkan imbas yang sangat besar pada semua kehidupan manusia terutama bidang industri. mengakibatkan industri sebagai produsen menggunakan cara otomatisasi untuk mempermudah sebuah proses. Di dalam dunia industri khususnya proses pemindahan masih secara manual dengan tenaga manusia sehingga memerlukan waktu yang cukup lama, maka dari itu perusahaan memerlukan alat yang dapat mempermudah proses pemindahan salah satunya mesin pemilah limbah otomatis dan terciptalah sebuah judul “PROTOTYPE MONITORING ALAT PEMILAH LIMBAH LOGAM DAN PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO DENGAN SENSOR PROXIMITY PADA UD BAROKAH”.



1.2. Rumusan Masalah Dalam pembuatan sebuah sistem, tentu tidak akan terlepas dari beberapa permasalahan. Dari latar belakang diatas maka, dapat disimpulkan beberapa permasalahan yang ada yaitu sebagai berikut: 1. Bagaimana cara agar mengetahui batas volume suatu limbah yang terdapat pada proses pemilahan? 2. Bagaimana cara membedakan bahan limbah logam dan plastik pada prototipe tersebut? 3. Bagaimana merancang prototype alat pemilah limbah otomatis menggunakan Proximity? 1.3. Ruang Lingkup Penelitian Ruang lingkup penelitian ini adalah merancang sebuah sistem Prototype Monitoring Alat Pemilah Limbah Logam dan Plastik Otomatis Menggunakan Arduino dengan Sensor Proximity pada UD Barokah. Perangkat ruang lingkup penelitian ini meliputi: Arduino uno, Sensor proximity induktif dan Motor servo. 1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.4.1. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1. Merancang sebuah Prototipe pemilah limbah otomatis menggunakan Arduino uno. 2. Menunjang proses pemilah limbah agar meminimalisir pegawai perusahaan dalam proses pemilahan limbah. 1.4.2. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah: 1. Lebih memahami cara kerja alat tersebut. 2. Efesiensi waktu dalam proses pemilahan limbah. 3. Membantu staff perusahaan dalam pemilahan limbah dengan skala besar. 1.5. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini terdiri dari 2 tahapan: 1.5.1. Metode Pengumpulan Data 1. Observasi (Observation) Dalam metode observasi pada UD Barokah penulis melakukan analisa terhadap masalah yang ada dengan cara mengamati sumber pengolahan data serta melakukan pengumpulan data dari bagian-bagian yang berhubungan dengan pemilahan limbah baik berupa dokumen formulir, catatan-catatan, maupun laporan.


2. Wawancara (Interview) Pada metode wawancara dengan dilakukan tanya jawab secara langsung dengan stakeholder perusahaan bagian karyawan pemilah untuk mendapatkan data dan informasi yang berhubungan teknik pemilahan limbah logam dan pelastik untuk memahami akan hal yang akan diteliti sesuai dengan tujuan penelitian. 3. Studi Pustaka Selain telah melakukan observasi dan wawancara, peneliti juga melakukan studi pustaka, jurnal, dan buku-buku dengan cara pengumpulan data, dengan cara ini peneliti berusaha untuk melengkapi data-data yang diperoleh sebagai referensi yang berhubungan dengan pembuatan prototype ini. 1.5.2. Metode Pengujian Metode pengujuan ini digunakan untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Metode pengujian yang peneliti gunakan adalah Black Box karena metode Black Box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan. 1.5.3. Metode Perancangan Dalam laporan skripsi ini, perancangan yang digunakan adalah metode perancangan melalui tahap pembuatan flowchart program dan flowchart sistem dengan desain hardware menggunakan diagram blok. Metode ini dimaksudkan bagaimana sistem itu dirancang dan alat apa saja yang dibutuhkan.‎ 1.6. Sistematika Penulisan Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan SKRIPSI ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan. BAB II LANDASAN TEORI Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku dan jurnal nasional serta internasional yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian. BAB III PEMBAHASAN Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat UD Barokah, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, sistem yang berjalan, alternatif pemecahan masalah, elisitasi.


BAB IV HASIL DAN UJI COBA Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan prototype, tampilan layar, konfigurasi sistem yang berjalan, testing, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya. BAB V PENUTUP Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya. DAFTAR PUSTAKA DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Admin, Muhamad Idris