SI1133468555

Dari Widuri
Ini adalah revisi disetujui dari halaman ini, juga revisi terkini.
Lompat ke: navigasi, cari

SMART FARMING BERBASIS RASPBERRY

PADA SEKOLAH PELITA HARAPAN

INTERNATIONAL KEMANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1133468555
NAMA


JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION AND

INNOVATIVE TECHNOLOGY (CCIT)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)



 

SEKOLAH TINGGIMANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

SMART FARMING BERBASIS RASPBERRY

PADA SEKOLAH PELITA HARAPAN

INTERNATIONAL KEMANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1133468555
Nama  : Surya Christian Irawan
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Sistem Komputer
Konsentrasi  : CCIT

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 20 Mei 2015

Ketua

 

 

 

 

Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA

 

 

 

 

Jurusan Sistem Informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Ir. Untung Rahardja,M.T.I)

 

 

 

 

(Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd)
NIP : 00594

 

 

 

 

NIP : 079010

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

SMART FARMING BERBASIS RASPBERRY

PADA SEKOLAH PELITA HARAPAN

INTERNATIONAL KEMANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1133468555
Nama  : Surya Christian Irawan

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi CCIT

 

Disetujui Oleh:

Tangerang, 20 Mei 2015

Pembimbing I

 

 

Pembimbing II

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Dendy Jonas,S.Kom)

 

 

(Ignatius Agus Supriyono. S.Kom., M.M)
NID : 14004

 

 

NID : 09004

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

SMART FARMING BERBASIS RASPBERRY

PADA SEKOLAH PELITA HARAPAN

INTERNATIONAL KEMANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1133468555
Nama  : Surya Christian Irawan

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi CCIT

Tahun Akademik 2014/2015

 

Disetujui Penguji:

Tangerang, .... 2015

Ketua Penguji

 

Penguji I

 

Penguji II

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(_______________)

 

(_______________)

 

(_______________)
NID :

 

NID :

 

NID :

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK)RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 

SMART FARMING BERBASIS RASPBERRY

PADA SEKOLAH PELITA HARAPAN

INTERNATIONAL KEMANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1133468555
Nama  : Surya Christian Irawan
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Sistem Komputer
Konsentrasi  : CCIT

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan,atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

 

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang,20 Mei 2015

 

 

 

 

 

(Surya Christian)
NIM : 1133468555

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;

 


ABSTRAKSI

Smart Farming merupakan salah satu pemanfaatanuntuk mengontrol dan memonitoring pompa air yang ada pada green house.Penggunaan Raspberry Pi sebagai perangkat dengan ukuransebesar kartu kredit.Raspberry Pi memiliki banyak fungsi, dengan memanfaatkanfitur GPIO (general purpose input output) pada Raspberry Pi, Perangkat yangdikontrol adalah pompa air, komunikasi pengontrolan web melalui protokol TCP/IPdan HTTP. Penggunaan relay sebagai saklar yang digunakan untuk mengkontrolmenyalakan atau mematikan pompa air, dengan memanfaatkan jaringan wireless padaLAN. Hasil pengujian pengontrolan dapat dilihat pada kamera yang menunjukanbahwa pengontrolan berjalan dengan baik.Terlihat bahwa pin-pin GPIO yang telahdiaktifkan berhasil mengirimkan instruksi untuk mengontrol pompa air.


Kata Kunci: Raspberry Pi,Smartphone,GPIO,Pompa

KATA PENGANTAR


Puji syukur, penulis panjatkankehadirat Tuhan Yesus Kristus yang telah memberikan seribu jalan, sejutalangkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan SkripsiPenulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Penulisan laporan Skripsi inidisusun sebagai salah satu syarat guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer.Sebagaibahan penulisan, Penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi danstudi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwatanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi initidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu padakesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian danterimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja,M.T.I., selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Drs. PO. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Ferry Sudarto S.Kom,M.Pd., selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer.
  4. Bapak dan Ibu DosenPerguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  5. Bapak Dendy Jonas, S.Kom sebagaiDosen Pembimbing 1 yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahankepada penulis.
  6. Bapak Ignatius Agus Supriyono,S.Kom sebagai Dosen Pembimbing Lapangan dan Dosen Pembimbing 2 yang telahberkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  7. Kepada keluargaku yangselalu memberikan dukungan serta memberikan semangat dalam mengerjakan Skripsiini dengan baik.
  8. Kepada teman teman seperjuanganDavid, Wendra, Thomson yang selalu memberikan dukungan dan masukan dalammengerjakan Skripsi ini dengan baik..
  9. Serta semua pihak yang tidak dapatdisebutkan satu persatu yang telah memberikan semangat dalam menyelesaikanlaporan skripsi.

Penulis menyadari bahwa dalampenulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritikdan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkaryalebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yangmembutuhkan.




Tangerang, 10Februari 2015
SuryaChristian
NIM. 1133468555





BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada era globalisasi ini Teknologi semakin berkembang danmengalami kemajuan pesat.Saat ini teknologi komputer sangat berpengaruhterhadap segala ruang lingkup kehidupan, karena teknologi komputer dimanfaatkanuntuk membantu mengolah suatu pekerjaan menjadi lebih mudah.Selain itu,teknologi komputer menjadi kebutuhan yang sangat penting dimana melakukanpekerjaan yang cepat, akurat, handal dan berkualitas menjadi suatu hal yangsangat memungkinkan untuk dilakukan.

Dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi saat ini ditandaidengan bermunculannya alat-alat yang menggunakan sistem digital dan otomatis.Elektronika adalah salah satu dari teknologi yang membantu kehidupan manusiaagar menjadi lebih mudah.

Teknologi Komputer erat hubungannya dengan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), maka dari itu peran komputersangat penting sebagai media atau alat bantu dalam memproses suatu pekerjaanuntuk menghasilkan karya berkualitas yang digunakan untuk keperluan pribadi,bisnis, pemerintahan beserta pendidikan dan merupakan informasi yang strategisuntuk pengambilan keputusan. Selain perangkat keras, perangkat lunak jugasangat penting dalam menciptakan suatu teknologi komputer.

Dari perkembangan teknologi dalam dunia informatika saat inimengalami kemajuan maka membuat semua instansi baik di pemerintah dan swastaingin mengembangkan dan menggunakan kecanggihan teknologi itu sendiri, untukmeningkatkan kinerja dan pemenuhan terhadap kebutuhannya yang diperlukan saatini.Mikrokontroler sudah menjadi umum untuk digunakan pada berbagai area, dandapat ditemukan pada peralatan rumah tangga, perangkat komputer dan peralataninstrumentasi. Mikrokontroler juga banyak digunakan di dalam mobil, banyakindustri yang menggunakannya, dan telah menjadi bagian sentral dari robotikaindustri., Maka dengan adanya mikrokontroler yang terkomputerisasi/berbasiskomputer ini pekerjaan yang dihasilkan akan menjadi lebih efektif dan efisien.Beberapa alasan mengapa mikrokontroler saat ini sangat di butuhkan dalampemenuhan-pemenuhan kebutuhan dalam pekerjaan yaitu tersedianya RAM danperalatan I/O pendukung sehingga ukuran boardmikrokontroler menjadi sangat ringkas, Mikrokontroler tersusun dalam satu chipdimana prosesor, memori, dan I/O terintegrasi menjadi satu kesatuan kontrolsistem sehingga mikrokontroler dapat dikatakan sebagai komputer mini yang dapatbekerja secara inovatif sesuai dengan kebutuhan sistem. Mikrokontroler sebagaialat yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisaditulis dan dihapus dengan cara yang khusus termasuk dalam kategori yangterbaik dan hemat biaya dalam mempermudah pekerjaan untuk saat ini, karenadapat meningkatkan kecepatan pekerjaan sehingga dicapai efisiensi tenaga danwaktu.

Sekolah Pelita Harapan International Kemang sebagai salahsatu lembaga pendidikan internasional yang berada di Kota Jakarta, ingin ikutberpatisipasi dan mendukung program kepedulian dan pelestarian lingkungan.Sekolah Pelita Harapan International Kemang telah mendirikan sebuah Green Houseyang merupakan sebagian kecil bentuk mendukung pelestarian lingkungan danpenelitian terhadap tanaman,Green house merupakan tempat atau sebuah bangunandimana tanaman di budidayakan, namun green house dan tanaman tersebut tidakterawat dengan baik dan benar. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologimikrokontroler, Penulis mencoba untuk membuat terobosan dengan membuat sistemSmart Farming menggunakan mikrokontroler yang dapat memudahkan kegiatanPenyiraman, Pemupukan terhadap Green House.Sistem tersebut diharapkan dapatmemaksimalkan dan memudahkan Sekolah Pelita Harapan International Kemang dalambercocok tanam dan penelitian terhadap tanaman pada green house tersebut.Dandiharapkan juga dengan berkembangnya sistem ini, proses pertumbuhan tanamandapat berjalan dengan optimal dan maksimal.Dari latar belakang tersebut makapenulis mengambil judul “Smart FarmingBerbasis Raspberry pada Sekolah Pelita Harapan International Kemang”.Semogapenelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak Sekolah dan dapat digunakan olehberbagai pihak yang ada di lingkungan Sekolah Pelita Harapan InternationalKemang.


Rumusan Masalah

Setiap penelitian dimulai dari rumusan masalah yangdilanjutkan dengan pemecahan masalah. Rumusan masalah ini dikategorikan sebagaipertanyaan utama yang dicari dan yang akan dijawab melalui penelitian. Rumusanmasalah itu muncul karena adanya gap (kesenjangan) antara (real life condition) kondisi realitas atau nyata dengan (future expected condition) kondisi yangnantinya diharapkan. Adanya rumusan masalah merupakan salah satu faktor pentingyang menentukan jalannya penelitian.Suatu masalah perlu diteliti untukmenguraikan masalah – masalah yang ada, untuk menggambarkan ataumendeskripsikan masalah tersebut, dan untuk menemukan solusi atas masalahtersebut. Masalah adalah kesenjangan (discrepancy)antara apa yang seharusnya (harapan) dengan apa yang ada dalam kenyataansekarang.

Sesuai dengan latar belakang penelitian yang telah diuraikanpada bahasan sebelumnya, penelitian ini secara jelas berkaitan denganmikrokontroler dan green house. Beberapa hal akan dikemukakan dan dijelaskantentang masalah yang dihadapi saat ini.


Berdasarkan analisa yang dilakukan dalam latar belakangdiatas maka dapat ditarik beberapa rumusan permasalahan sebagai berikut :

  1. Bagaimanamembangun Smart Farming dengan menggunakan raspberry ?

  2. Bagaimanamembuat smartphone dapat melakukan pengontrolan jarak jauh pada smart farming ?

  3. Bagaimanamembuat pemantauan terhadap kerja Smart Farming dengan menggunakan webcam ?

Ruang Lingkup Penelitian

Sebagaipembatasan pembahasan atas penyusunan laporan ini untuk tetap fokus dan sesuaidengan tujuan yang ditetapkan, maka penulis memberikan ruang lingkup penelitiansebagai berikut:

  1. Smartphoneyang digunakan untuk mengendalikan Smart Farming.

  2. PengontrolanSmart Farming sebatas menghidupkan dan mematikan pompa tersebut.

  3. Implementasidilakukan pada Green House Sekolah Pelita Harapan International Kemang.

  4. Pemantauankerja Smart Farming dengan menggunakan webcam.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan merupakan arah dari suatu penelitian.Tujuanpenelitian harus disesuaikan dengan rumusan masalah. Bila permasalahanmempertanyakan hal-hal yang belum diketahui, maka tujuan merinci apa saja yangingin diketahui, sehingga jika permasalahan sudah terjawab maka tujuanpenelitian sudah tercapai. Dalam beberapa penelitian dimana permasalahannyasangat sederhana terlihat bahwa tujuan sepertinya merupakan pengulangan darirumusan masalah, hanya saja rumusan masalah dinyatakan dengan pertanyaan,sedangkan tujuan dituangkan dalam bentuk pernyataan yang biasanya diawalidengan kata ingin mengetahui.

Tujuandari penelitian ini adalah :


  1. Tujuan Individual

    Tujuan Individual dari Smart Farming adalah untuk menerapkan ilmu secaraterpadu dan terperinci sehingga berguna bagi teknologi informasi dan komunikasikhususnya dilingkungan akademis, sehingga penulis melakukan penelitian danperancangan sebagai persyaratan untukmenyelesaikan mata Kuliah Skripsi.

  2. Tujuan Fungsional

    Tujuan fungsional dari Smart Farming yaitu agar hasil dari penelitian dapatdimanfaatkan dan digunakan oleh berbagai pihak yang ada di lingkungan Sekolahuntuk bercocok tanam dengan lebih efektif dan efisien waktu, tenaga danpenelitian terhadap tanaman pada green house tersebut.Karena kegiatan sepertimenyiram dan memupuk pada Green House tersebut dapat dilakukan dengan raspberryyang artinya pekerjaan menjadi lebih efisien tenaga dan waktu.

  3. Tujuan Operasional

    Tujuan operasional dari Smart Farming adalah untuk mengetahui masalah-masalahyang terjadi pada sistem bercocok tanam pada Green House tersebut.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang dihasilkandari penelitian ini adalah :

  1. Bagi Peneliti

    Untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan diPerguruan Tinggi Raharja dengan membuat tugas penelitian dan perancangan secarailmiahdan sistematis.

  2. Bagi Sekolah Pelita HarapanInternasional Kemang

    Adanya penelitian Smart Farming ini dapat menjadi sarana labotarium biologipadagreen house tersebut, yang dapat digunakan sebagai tempat penelitian padatumbuh tumbuhan bagi para siswa dan guru.


Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan suatu rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaanpenelitian yang didasari oleh asumsi-asumsi dasar, pandangan-pandanganfilosofis dan ideologis, pertanyaan dan isu-isu yang dihadapi. Suatu penelitianmempunyai rancangan penelitian tertentu.

Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan penulis dalammenyusun Laporan Skripsi ini sebagai berikut:


Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi(Pengamatan)

    Merupakan cara pengumpulan data dimana penulis diharuskanuntuk terlibat langsung dalam pencarian datanya atau peninjauan secara cermatdan langsung di lokasi penelitian. Dalam hal ini, penulis perlu mengunjungiGreen House Sekolah Pelita Harapan Internasional Kemang sebagai lokasipenelitian untuk mengamati berbagai hal atau kondisi yang ada dilapangan danmeminta data yang diperlukan sebagai bahan untuk menulis laporan penelitian.Kemudian dari pengamatan lapangan tersebut dijadikan pedoman untuk dilakukanpengamatan dan perancangan terhadap sistem yang akan dikembangkan.

  2. Studi Pustaka

    Adalah segala upaya yang dilakukanoleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yangrelevan dengan masalah yang diteliti.Informasi ini dapat diperoleh daribuku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis/disertasi, ensiklopedia,serta melakukan searching pada internet.Dalam hal ini seorang penelitiberkewajiban mempelajari teori-teori yang mendasar masalah dan bidangpenelitiannya.Selain itu, penulis juga perlu memanfaatkan hasil penelitian danpemikiran yang relevan dengan masalah penelitiannya untuk menghindariterjadinya pengulangan penelitian serupa atau duplikasi yang tidak diinginkan.

  3. <listyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;line-height: 2;">Diskusi Ilmiah

    Mengumpulkan data dengan melakukanserangkaian diskusi dengan pihak lain yang lebih memahami dan menguasai,sehingga didapat pemecahan masalah yang dihadapi.

Metode Perancangan

Dalam melakukan perancangan penulismenggunakan metode sistem flowchart dimana tahap demi tahap proses pembuatanalat Smart Farming berbasis Raspberry dijabarkan tahap demi tahap.

Metode Prototipe

Prototip yang digunakan dalampenulisan skripsi ini adalah pendekatan evolutionary,dimana penulis melakukan pengembangan terhadap sistem Smart Farming berbasisRaspberry pada Prototip Green House.

Metode Pengujian

Dalam skripsi ini metode pengujianyang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah pengujian aspekfundamental sistem tanpa memperhatikan struktur logika internal perangkatlunak.Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapakategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahaninterface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal,kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.


Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera padaLaporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dikelompokkan menjadi beberapa sub babdengan sistematika penyampaian sebagai berikut :

BAB IPENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaatpenelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang landasangteori sebagai konsep dasar dalam penyusunan alat dan beberapa definisi yangsesuai dengan penelitian sehingga menghasilkan karya yang bernilai ilmiah danmemiliki daya guna.

BAB III ANALISA SISTEM DAN PERANCANGAN

Bab ini berisi tentang gambaranumum perusahaan, Struktur Organisasi, langkah-langkah perancangan, diagram blok, cara kerja alat. pembuatan alat,flowchart, permasalahan yang di hadapi dan alternatif pemecahan masalah, danuser requirement.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Pada bab ini berisi tentang rancangan sistem usulan, rancangan basis data,flowchart sistem yang diusulkan, rancangan program, rancangan prototipe,konfigurasi sistem usulan, testing, evaluasi, implementasi, estimasi biaya.

BAB V PENUTUP

<pstyle="line-height: 2">Bab ini berisi tentang kesimpulan yang dapat diambil dari skripsi ini dansaran-saran yang bisa diberikan untuk memperbaiki pengembangan sistemberikutnya.</p>

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN


BAB II

LANDASANTEORI

Untukmendukung pembuatan laporan ini, maka perlu dikemukakan hal-hal atauteori-teori yang berkaitan dengan permasalahan dan ruang lingkup pembahasansebagai landasan dalam pembuatan laporan ini.


Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:22), Sistem merupakan suatu bentukintegrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena sistem memilikisasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi dalam sistem tersebut.

MenurutTaufiq (2013:2), “Sistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem abstrak maupunfisik yang saling terintegrasi dan berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuantertentu”.

Berdasarkan kedua definisi di atas, maka dapat disimpulkansistem adalah sekelompok unsur yang saling terhubung satu sama lain yangberfungsi bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.



BAB III

PERANCANGANDAN PEMBAHASAN

Tinjauan Organisasi

Gambaran Umum Institusi

Sekolah Pelita Harapan Kemang Village berdirisejak 2010 yang melayani siswa dari Kindergarden sampai tingkat SMA kelas 12,untuk tingkat SMP Sekolah Pelita Harapan Kemang Village memakai kurikulumCambridge dan tingkat SMA memakai kurikulum International Baccalaurate (IB),sampai saat ini ada sekitar 600 murid dari kindergarden sampai SMA.

Visi dan Misi

Vision
  1. TrueKnowledge
  2. Faithin Christ
  3. Godly Character
Mission
  1. Memberitakan keunggulan Kristus dan terlibat dalam pemulihan penebusan segala sesuatu di dalam Dia melalui pendidikan holistik.


BAB IV

RANCANGANSISTEM YANG DIUSULKAN

Rancangan Sistem Usulan

Prosedur Sistem Usulan

SistemSmart Farming ini bisa menyalakan dan mematikan pompa air dengan pengontrolanmelalui device smartphone.Alat ini bekerja berdasarkan inputan dari variableyang dikirim dari raspberry Pi dengan jaringan lokal.


  1. Jika rangkaianraspberry diberikan tegangan 5 volt untuk menyalakan dan mematikan, maka relayakan hidup.
  2. Alat akan bisadikontrol jika router wireless aktif yang sudah terpasang pada raspberry.
  3. Masing-masing alatbekerja sesuai instruksi atau variable yang dikirim oleh bahasa Phyton.
  4. Dalam aplikasiterdiri beberapa tombol yang terhubung dengan pin GPIO Raspberry Pi untukmengontrol relay.
  5. Pin GPIO padaRaspberry Pi Byang digunakan adalah pin GPIO 2, pin GPIO 3, pin VCC dan pinGround yang terhubung dengan relay module, yang mengatur arus listrik.


BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Dariperancangan sistem Smart Farming berbasis Raspberry ada beberapa kesimpulan,antara lain :



Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah
  1. Smart Farming ini menggunakan smartphone sebagai mediapengontrolan, smartphone tersebut terhubung dengan alat yang bernama raspberry melaluijaringan lokal dan mengontrol pin GPIO dengan menggunakan bahasa program python,Pin GPIO tersebut terhubung dengan relay module untuk mengontrol pompa air.
  2. Komunikasi Smartphone terhadap Smart Farming adalah denganmenggunakan teknologi jaringan WIFI, dimana semua instruksi yang dikirim oleh smartphonedisalurkan melalui jaringan sinyal wifi ke router yang terkoneksikan dengan raspberrymelalui ethernet.
  3. Proses penampilan gambar bisa dilihat secara langsung pada kamerawebcam yang telah terhubung dengan raspberry pi dan dapat ditampilkan pada webbrowser.

Contributors

Surya Christian