SI1021465540

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFORMASI

SEKALIGUS SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT.KARYA RESOURCES PERSADA


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg



Disusun Oleh :

NIM : 1021465540

NAMA : Herdy Fajar Handoko AR


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2013/2014)


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFORMASI

SEKALIGUS SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT.KARYA RESOURCES PERSADA

Disusun Oleh :

NIM
: 1021465540
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual & Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 27 Maret 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan MAVIB
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 007002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFORMASI

SEKALIGUS SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT.KARYA RESOURCES PERSADA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1021465540
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi MAVIB


Disetujui Oleh :

Tangerang, 17 Juni 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 99001
   
NID : 12003

|}

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFORMASI

SEKALIGUS SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT.KARYA RESOURCES PERSADA

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021465540
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Teknik Informatika

Konsentrasi MAVIB

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, 17 Febuari 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFORMASI

SEKALIGUS SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA

PT.KARYA RESOURCES PERSADA

Disusun Oleh :

NIM
: 1021465540
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: MAVIB

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 27 Maret 2014

 
 
 
 
 
NIM : 1021465540

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Perkembanganbisnis di era globalisasi berkembang sangat pesat. Dalam dunia persainganbisnis sekarang ini setiap perusahaan bersaing mempromosikan produk mereka.Untuk itu sebuah perusahaan sangat membutuhkan bentuk-bentuk media yang dapatdijadikan sarana dalam menginformasikan profil, visi, misi, dan latar belakangsuatu perusahaan yang diimplementasikan kedalam media promosi. Adapun bentukdesain ataupun produk rancangan, beraneka ragam sesuai dengan kreatifitas yangdimiliki digolongkan menurut fungsi dan tujuan diantaranya adalah desaingrafis, desain web, desain manufacturing, desain fashion, desain interior,desain arsitektur, dan lain-lain. Untuk memperkenalkan identitas PT.Karya Resources Persada diperlukan sarana media informasi yang dapat memperkenalkan aset-aset perusahaankepada konsumen dan relasi bisnis untuk menjalin kerjasama di bidang jasalayanan pembuatan pakaian jadi. Media promosi sangat diperlukan untuk menjagaeksistensi PT.Karya Resources Persada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa layananFood & Beverages. Denganterdapatnya media promosi konsumen ataurelasi bisnis akan lebih percaya untuk melakukan suatu kerjasama dengan PT.Karya Resources Persada. Alasan perancangan media promosi karena sebelumnya perusahaan belummemiliki media sarana penunjang informasi. Sebagai mahasiswa yang berlatar belakangdesain grafis, peneliti mengambil topik penelitian yang berjudul ”PERANCANGAN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFOMASI SEKALIGUS SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA PT.KARYA RESOURCES PERSADA” Dari hasil rancangan media jika telahdiimplementasikan harapannya dapat meningkatkan jumlah pesanan seperti yangtelah ditargetkan oleh perusahaan.

Kata Kunci: Media, Promosi. Pemasaran.

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini dengan baik. Laporan ini disajikan dalam bentuk buku. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan Skripsi ini adalah "Perancangan Media Company Profile Sebagai Sarana Informasi Sekaligus Sebagai Penunjang Promosi Pada PT.Karya Resources Persada".

Tujuan pembuatan laporan Skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) di Perguruan Tinggi Raharja. Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan sumber literature yang mendukung penulisan ini.

Penulis berharap karya tulis ini dapatmemberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembacaumumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadibahan perbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karyailmiah yang baik. Penulis menyadari bahwa laporanskripsi ini belum merupakan karya ilmiah yang jauh dari sempurna, tidak menutupkemungkinan isi di dalamnya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan,hal ini disebabkan pengalaman dan pengetahuan penulis masih terbatas. Namun demikian berkat adanya bimbinganserta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan skripsi ini dapatterselesaikan dangan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan inipenulis mengucapkan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom.,Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. BapakJunaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik InformatikaSTMIK Raharja.
  4. Bapak Drs.Sugeng Widada, selaku staff Ahli MAVIB dan dosen pembimbing I yang telahmeluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk memberikan bimbingan danpengarahan kepada penulis.
  5. Muhaimin.S.T., sebagai dosen pembimbingII yang telah membantu, membimbing dan membina dalam pembuatan laporan skripsi ini.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis
  7. Kedua orang tua, adik dan semua saudara yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil, maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Skripsi ini.
  8. Seluruh dosen dan asisten dosen, serta staff dankaryawan Perguruan Tinggi Raharja atas kerja samanya.
  9. Dan semuapihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu, yang telah banyak membantupenulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan ini, baik secara langsung maupuntidak langsung.

Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang sangatspesial oleh penulisdihaturkandengan rendah hati dan rasa hormat kepada kedua orang tua Ayah dan Ibunda tercinta. Dari seluruhsegala pengorbanan tak pernah penulis lupakan atasjasa-jasa mereka. Atas biaya,nasehat, petunjuk dan doa restu yang telah diberikan selama penulis melakukanstudi di Perguruan Tinggi Raharja.

Akhir kata kepada semua pihak yangtelah membantu terwujudnya karya tulis ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkanrahmat dan hidayah-Nya, Amin.



Tangerang, ..... 2014
Herdy Fajar Handoko AR
NIM. 1021465540

Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologiberkembang dengan pesat khususnya pada bidang Teknologi multimedia. berkembangnyateknologi multimedia saat ini semakin berkembang pesat dengan hasil yang maksimal.

Semakin ketatnya persaingan dunia usaha menjadikan PT. Karya Recources Persada(Lawton Coffee) yang beralamat di Jl.Danau Sunter Selatan, Ruko RoyalSunter Blok C No 16, Jakarta Utara.Semakin ketatnyapersaingan dunia usaha menjadikan perusahaan PT. Karya Recources Persada(Lawton Coffee) yang beralamat di Jl.Danau Sunter Selatan, RukoRoyal Sunter Blok C No 16, Jakarta Utara. Didunia F & B banyak sekali tempat seperti café, restoran dan coffee shop, untuk sekedar sarana tempatbersantai, rekreasi dan berkumpul. Meski sudah banyak tetapi masih ada saja dunia F & B yang tidakberjalan semestinya sehingga membuat masyarakat kecewa, contohnya kasus pelayanan yang kurang ramahdari para pekerjanya dan juga kurangnya informasi yang diberikan tentangsejarah perusahaan itu sendiri . Oleh karena itu agar tercapainya pelayanan yang maksimalberserta dengan info detail perusahaan agar dapat membantu para konsumen dengansemestinya . Yang kemudiandipromosikan menjadi Company Profile. Berdasarkanuraian diatas pembuatan iklan Company Profile dalam penulisan skripsidengan judul “PERANCANGAN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANAINFORMASI SEKALIGUS SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA PT. KARYA RESOURCES PERSADA(LAWTON COFFEE) “ diharapkan Iklan ini mampu memberikan informasi danedukasi kepada masyarakat khususnya masyarakat awam tentang dunia F&B atau CoffeeShop kepada masyarakat.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka dapat diuraikanbeberapa permasalahan yang dihadapi sebagai berikut :

  1. Bagaimana memberikan informasi pada masyarakat tentang PT. Karya Recources Persada (Lawton Coffee)?
  2. Bagaimana merancang sebuah media CompanyProfile yang efektif serta memberikan manfaat bagi PT. Karya Recources Persada (Lawton Coffee)?
  3. Media Company Profile seperti apa yangdapat meningkatkan image PT. Karya Recources Persada (Lawton Coffee) ?

1.3 Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasanpermasalahan Skripsi ini lebih terarah maka penulis membatasi ruang lingkup,yaitu perancangan media Company Profile yang diwujudkan dalam bentuk Magazine.


1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1. Tujuan Penelitian

Tujuan utama dari penelitian iniyaitu, untukmengiklankan PT. Karya Recources Persada(Lawton Coffee), Selain itu ada beberapa tujuan lain dari laporan Skripsi ini yaitusebagai berikut :

  1. Menerapkan konsep Company Profile sebagai sarana Informasi dan promosi yang lengkapdan terperinci.

    Memberikan informasi tentang pelayanan PT.Karya Recources Persada (Lawton Coffee) kepada pasien yang berguna bagi masyarakat.

  2. Membuat sebuah iklan CompanyProfile yang disediakan untuk menginformasikan PT. Karya Recources Persada (Lawton Coffee).

    1.4.2 Manfaat Penelitian.

    Adapunmanfaat dari Skripsi yang dihasilkan adalah sebagai berikut :

    1. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang media penunjang promosi yaitu Company Profile tentang F&B yang berpengalamanPT. Karya RecourcesPersada (Lawton Coffee).

    2. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalammenganalisa dan memperluas wawasan serta mampu menerapkan ilmu yang didapatsecara teoritis dalam perkuliahan.

    1.5 Metode Penelitian

    1.5.1. Wawancara

    Untuk mendapatkan data dengan cara wawancara atau tanya jawab pada tanggal 28 januari 2014 yang dilakukan penulis secaralisan baik itu kepada kepala pemilik perusahaan PT. Karya Recources Persada (Lawton Coffee) selaku stakeholder untuk mendapatkan data yang diperlukan.


    1.5.2. Observasi

    Untuk mendapatkan data dengan jalanpengamatan dan untuk mencari sumber informasi, metode ini melakukan evaluasi terhadap masalah yang ada danmelaksanakan pencatatan secara sistematis terhadap unsur-unsur yang diteliti.


    1.5.3 Studi Pustaka

    Untuk mendapatkan data dengan caramempelajari buku-buku yang berkaitan dengan judul yang diambil, metode inipenulis mendapatkan gambaran secara teoritisyang berguna untuk perancangan maupun penulisan penelitian ini.

    '1.5.4 Metode Analisa perancangan

    Metode Company Profile yangdibutuhkan oleh PT. KaryaRecources Persada (Lawton Coffee) akan di produksi menggunakanaplikasi program komputer grafis diantaranya : Adobe Illustrator CS6, AdobePhotoshop CS3 dan Coreldraw X5.

    1.6 Sistematika Penulisan

    Untuk mempermudah dalam memahamilebih jelas tentang penulisan penelitian ini, maka penulis mengelompokkanmateri penulisan menjadi lima (V) bab yang masing-masing saling berkaitan satusama lainnya, kelima bab tersebut yaitu :

    BAB I PENDAHULUAN

    Bab ini berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian, dan sistematika penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Bab ini berisikan pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku dan jurnal yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

    BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

    Bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, konfigurasi sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi dan alternatif pemecahan masalah, dan user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan.

    BAB IV HASIL PENELITIAN

    Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan, rancangan basis data, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan prototipe, tampilan layar, konfigurasi sistem yang berjalan, testing, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya. Serta pembahasan secara detail final elisitasi yang ada di bab sebelumnya, di jabarkan secara satu persatu dengan menerapkan konsep sesudah adanya sistem yang diusulkan.

    BAB V PENUTUP

    Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN

    BAB II

    LANDASAN TEORI

    2.1 Konsep Dasar Perancangan

    2.1.1 Pengertian Perancangan

    Perancangan adalah wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentukkreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermuladari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melaluiproses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur,sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secarabaik.

    2.1.2. Proses Perencanaan Secara Umum

    1. Persiapan Data

      Datadapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu kita seleksi, apakah datatersebut penting atau kurang penting. Data dapat berupa data informatif berupafoto, teks, video dan judul serta data estetis berupa bingkai, background,

      efek grafis garis atau bidang.
    2. Ide
      Untukmencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agardesain yang dibuat bisa efektif diterima audience dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.
    3. Konsep
      Hasil kerjaberupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen audience yang dituju. Oleh karena itu,desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untukmembantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
    4. Media
      Untuk mencapaikriteria ke sasaran yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok danefektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luarruang dan sebagainya.
    5. Visualisasi
      Menentukan sesuatu yang berhubungan dengan komponendesain, yaitu seperti pemilihan warna, layoutsampai finishing.
    6. Produksi
      Setelah desainyang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu di proofing (print previewsebelum cetak mesin). Jikawarna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain dapat dicetakdan diperbanyak.2

    2.1.3 Pengertian Project

    Bahwaproject merupakan suatu usaha yangdirencanakan sebelumnya dan memerlukan sejumlah pembiayaanserta penggunaan masukan lain untuk mencapai tujuan tertentu dan dilaksanakanpada waktu tertentu pula. 3


    2.2 Konsep Dasar Promosi

    2.2.1 Pengertian Promosi

    Promosi merupakan salah satu penentukeberhasilan suatu program pemasaran. Pentingnya promosi dapat digambarkanlewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkan seorang priaberkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanyapada seorang gadis di kejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukanpria tersebut selain dirinya sendiri.

    Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentukkomunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalahaktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agarbersedia menerima dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yangbersangkutan. 4

    2.2.2 Tujuan Promosi

    Menurut McLeod dalam bukunya Yakub, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta:Graha Ilmu, 2012:8. Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, informasi disebut juga data yang diproses atau yang memiliki arti.

    2.2.3 Bentuk Promosi

    Meskipun secara umum bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yangsama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugaskhususnya. Beberapa tugaskhusus itu sering disebut bauran promosi, antara lain :

    1. Personal Selling

      Adalahkomunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untukmemperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman

      pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya.
    2. Mass Selling
      Adalahpendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasikepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak fleksibel sepertipersonal selling namun merupakanalternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasarsasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.
    3. Promosi Penjualan
      Adalahbentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diaturuntuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
    4. Public Reletion
      Adalah upayakomunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini,keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, public relations mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhikemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
    5. Direct Marketing
      Adalahsistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapamedia iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.

    2.3 Konsep Dasar Informasi

    2.3.1. Pengertian Data

    Data adalah catatan atas kumpulan fakta.Datamerupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yangberarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari databerarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalahhasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yangbentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

    2.3.2. Pengertian Informasi

    MenurutGordon B. Davis Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebihberguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, informasi ibarat darah yangmengalir di dalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat pentingdi dalam suatu organisasi.

    2.3.3. Kualitas Informasi

    Kualitas dari suatu informasi (quality of information)tergantung dari tiga hal, yaitu :

    1. Akurat (accurate),berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias ataumenyesatkan.

    2. Tepatpada waktunya (timeliness), berarti informasi yang datang pada penerimatidak boleh terlambat.
    3. Relevan(relevance), berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untukpemakainya.

    2.3.4. Nilai Informasi

    Menurut Rachmat Kriyantoro dalam buku Teknik Praktis, Riset Komunikasi, Jakarta:Kencana, 2011:43-46. Nilai informasi ditentukan oleh dua hal, yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. Suatu informasi dianggap bernilai kalau manfaatnya lebih efektif disbanding dengan biaya untuk mendapatkannya. Pada kenyataan, nilai informasi tidak mudah untuk dinyatakan dengan ukuran yang bersifat kuantitatif. Namun, nilai informasi dapat dijelaskan menurut skala relatif. Misalnya, jikasuatu informasi dapat menghasilkan hal yang mengurangi ketidakpastian bagi pengambil keputusan, maka nilai informasinya tinggi. Sebaliknya, sekiranya kurang memberikan relevansi bagi pengambil keputusan, informasi tersebut dikatakan kurang bernilai atau nilai informasinya rendah.

    2.4. Konsep Dasar media

    2.4.1 Pengertian Media

    Media adalah saluran penyampaian pesan komersialkepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklananyang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar,majalah, radio, buku profil, media luar ruang, iklan transit dan direct mail.

    Pemilihan setiap media dipengaruhi olehfaktor-faktor seperti ciri produk, jenis pesan, pasar sasaran, luas dan jenisdistribusi, anggaran, strategi iklan pesaing, serta keunggulan dan kekuranganmedia itu sendiri.

    2.4.2 Alternatif Media

    Secara umum media yang tersedia dapatdikelompokkan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang dan media lini bawah.

    1. Media Cetak
      Media yang statis dan mengutamakan pesan denganjumlah kata, gambar atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Bentukiklan dalam media cetak biasanya berupa iklan baris, iklan display, pariwara dan iklan masyarakat. Jenis-jenis media cetakterdiri atas surat kabar, buku profil, majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.

    2. Media Elektronik
      Media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Bentuk-bentukiklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan ditengah-tengah filmatau acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronikterdiri atas televisi dan radio.

    3. Media Luar Ruang (Outdoor)
      Media iklan (berukuran besar) yang dipasangditempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atautempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembok dansebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi billboard, baliho, poster, spanduk umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa danlain-lain.

    4. Media Dalam Ruangan(Indoor)
      Media iklan yang biasanya berukuran kecil atau sedang yang dipasangdidalam ruangan. Jenis media dalam ruangan adalah panelindoor, poster, poster session dan lain-lain.

    5. Media Lini Atas
      Media lini atas adalah media komunikasi yang dapat dicerna atau ditangkap dengan inderapenglihatan sekaligus indera pendengaran seperti televisi.

    6. Media Lini Bawah
      Media-media minor yang digunakan untukmengiklankan produk. Umumnya ada empat macam media yang digunakan dalam medialini bawah, yaitu pameran, direct mail,point of purchase, merchandising schemes dan kalender.
    7. </ol>

      2.5. Konsep Dasar Desain

      2.5.1. Definisi Desain

      Desain merupakan rancangan, gagasan, ide-ide yangmengkomposisikan berbagai elemen dan unsur pendukung seperti bentuk, teknik,pengerjaan, keindahan yang dinyatakan dalam bentuk gambar dan warna. Desain adalah produk, atau solusi visual yangmempunyai fungsi dan nilai estetik. Berbeda dengan seni murni yang lebihterfokus pada keindahan semata-mata, desain (seni terapan) lebih berfokus padaefektifitas desain tersebut dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam buku graphich design processes, Kennet j. Hiebertmenyebutkan bahwa tujuan utama dari sebuah desain adalah untuk melayanimasyarakat melalui bidang komersial dan cultural.Dengan demikian, maka sebuah desain ada karenaadanya masyarakat yang membutuhkan. . Desain adalah sebuah proses dan jugaproduk atau solusi dari sebuah masalah. Proses desain dapat juga disebutsebagai visual problem solving yangmencakupi penciptaan, pengorganisasian dan pengevaluasian dalam menghasilkansebuah karya. Desain juga dapat dilihat sebagai produk atau solusi visual yangmengandung nilai estetik. Contoh dalam desain komunikasi visual adalahpembuatan rambu atau penunjuk arah. Meskipun sederhana namun mempunyai banyakpertimbangan dalam proses pembuatannya. Desainer papan dihadapkan pada masalahuntuk menciptakan sebuah papan tanda exityang efektif, namun tidak merusak suasana eksterioratau interior tempat dimana tandatersebut diletakkan. Dalam proses pembuatannya, desainer mengenali masalahnyadan mencari solusi yang terbaik. Warna, ornamen serta bentuk papan disesuaikandengan situasi dimana papan tanda tersebut diletakan. Dalam prosespembuatannya, desainer mengenali masalahnya dan mencari solusi yang terbaik. Warna,ornamen serta bentuk papan disesuaikan dengan situasi dimana papan tanda exit tersebut dapat berkomunikasi denganbaik dan indah dipandang. Proses terciptanya ide dan konsep hingga terbentuknyasuatu komposisi inilah yang dimaksud sebagai proses desain. 13

      Pada dasarnya, desain adalah salah satumanivestasi kebudayaan yang berwujud produk dari nilai yang berlaku pada kurunwaktu tertentu. Sebagai produk kebudayaan, ia terkait dengan sistem ekonomi dansosial. Desain sangat akrab dengan kehidupan manusiaadalah suatu kenyataan yang universalkeberadaannya tidak dapat dipisahkan dengan sejarah manusia, karena desainadalah satu upaya manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Desain modern merupakan keseluruhan prosespemikiran yang akan membentuk sesuatu dengan menggabungkan fakta, konstruksi,fungsi, dan estetika. Merupakan suatu konsep untuk memecahkan fenomena bentukgambar, semuanya diabadikan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebagai suatukegiatan yang menyangkut alam pikiran dan perbuatan manusia untuk menjawabkebutuhan ketika berhadapan dengan lingkungannya, menjadikannya sangat eratdengan kebudayaan. Yakni kebudayaan yang benar-benar dihayati, bukan kebudayaandalam arti sekumpulan sistem bentuk, warna dan gerak dari masa lampau. Hakikatnyadesain grafis merupakan sebuah rancangan maupun karya desain yang menggunakanmedia grafis atau tulisan untuk kepentingan mengkomunikasikan informasi tertentu dalambentuk visual. Hal ini berguna untuk kepentingan promosi, iklan, publikasimaupun layanan lainnya.

      2.5.2.Fungsi Desain

      1. Fungsi Informasi
        Desain selalu menyampaikan informasi da pengirim pesan secara visual.
      2. Fungsi Identifikasi
        Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.
      3. Fungsi Persuasi
        Ditujukanuntuk kepentingan promosi, karena untuk mempengaruhi sikap atau perilaku audience agar membeliproduk yang ditawarkan.
      4. Fungsi Rekreasi
        Lingkunganyang bertujuan menciptakan suasana tertentu dalam mendukung illustrasi dalamsebuah media.
      5. </ol>

        2.5.3. Unsur-Unsur Desain Grafis

        Desain yang menekankan tanpa keindahanakan tidak menarik sehingga tidak komunikatif, menarik atau indah bisa dilihatdengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati

        (batin), maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yangkreatif. Keindahanyang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai.

        Agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis, antara lain :

        • Garis (line)
          Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik point dengan tititk point yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.
        • Bentuk (shape)
          Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
        • Tekstur (teksture)
          Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, kulit kayu, dan lain sebagainya.
        • Ruang (space)
          Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetik desain. Sebagai contoh, tanpa ruang anda tidak tahu mana harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu objek (figure) dan latar belakang (background).
        • Ukuran (size)
          Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek. Dengan menggunakan unsur ini anda dapat menggunakan kontras atau penekanan (emphasis) pada objek desain anda sehingga orang dapat mengetahui mana yang akan dibaca dan dilihat terlebih dahulu.
        • Warna (color)
          Warna merupakan unsur penting dalam objek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua, yaitu : warna yang ditimbulkan karena sinar (Additive color) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substactive color) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar kepermukaan benda padat seperti kertas, logam, kain plastik.
        • Titik (Dot)
          Titik merupakan unsur rupa yang secara konsep tidak tampak, misalnya terdapat pada pertemuan dua garis (ujung dan pangkal garis). Lanjutnya ciri umum dari sebuah titik yaitu tidak memiliki panjang dan lebar, tidak mengambil daerah atau ruang, berukuran kecil dan memiliki raut yang sederhana.
        • 2.5.4. Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis

          Dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :

          • Keseimbangan (balance), secara keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang.
          • Irama (Rhytm), pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola/pattern tertentu.
          • Skala dan Proporsi, skala adalah perubahan ukuran tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
          • Fokus, tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan/arahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis/konflik pada komponen desain grafis.
          • Kesatuan (Unity), semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.
          • 2.5.5. Tipografi

            Tipografi adalah disiplin ilmu yang mempelajarikarakter dan fungsi karakter dan fungsi huruf dan pemakaiannya dalam sebuah desain. Pemakaianhuruf tertentu dapat mempengaruhi suasana hati pembacanya sehingga pesan yang disampaikandapat tercapai.Langkah awal untuk mempelajari tipografi adalah mengenali anatomi huruf.

            Seperti halnya manusia, huruf memiliki berbagai organ yang berbeda. Gabungandari seluruh komponen dari suatu huruf merupakan identifikasi visual yang dapatmembedakan antara huruf yang satu dengan yang lain. Apabila kita telah memahamianatomi huruf secara baik, dengan mudah kita dapat mengenal sifat dankarakteristik dari setiap jenis huruf.

            • Baseline
              Garismaya lurus horisontal yang menjadi batas bagian terbawah setiap huruf besar.
            • Capline

              Garis maya lurus horisontalyang menjadi batas bagian teratas setiap huruf besar.

            • Meanline

              Garis maya lurus horisontalyang menjadi batas bagian teratas badan huruf kecil.

            • X -Height

              Jarakketinggian dari baseline sampai ke meanline (tinggi dari badan huruf kecil).

            • Ascender

              Bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat beradadiantara meanline dan capline.

            • Descender

              Bagian dari huruf kecil yangposisinya tepat berada dibawah baseline. Tanda-tanda tulisan dibedakan menjadi dua kelompok :

            • Piktografi, atau tulisan berupa gambar (picture writing). Tulisan model inimenggambarkan obyek-obyek tertentu. Misalnya binatang kijang, harimau, manusia raja, manusiabiasa laki-laki, dan perempuan.

            • Ideografi, atau tulisan yang mengungkapkan gagasan (idea writing). Yang dituangkan disinilebih dari satu gambar, dan itu mempunyai nilai simbolik.

            • 2.5.6 Definisi Tentang Psikologi Warna

              1. Pengertian Warna

              Secara Obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan teruraisebagai warna pelangi (Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu). Jenis warna yang demikianini disebut ”spectrum” atau warnacahaya. Secara subyektif atau psikologis warna adalah bagian dari pengalamanindera penglihatan (mata) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya padasuatu obyek atau benda tertentu. Jenis warna ini disebut ”pigmen” atau warna bahan yang dapat terlihat berupa cat, tekstil,bunga, daun, buah, tanah, kayu, logam, dan sebagainya. Ada 5 kelas warnasebagai berikut:

              1. Warna Primer
                Warna primer adalahwarna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuatwarna lain atau disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primermeliputi warna merah (magenta), warnakuning (yellow), dan warna biru (cyan). Komposisi warna-warna primer kuatdan kontras.
              2. Warna Sekunder
                Warna sekunder adalahwarna-warna yang merupakan hasil percampuran dua warna primer, atau disebutjuga warna kedua. Komposisi warna-warna sekunder terkesan kuat, tetapi kurangkontras. Warna sekunder contohnya:
                • warna jingga (orange) hasilpercampuran warna merah dan warna kuning.
                • warna hijau(green) hasil percampuran warnakuning dan warna biru.
                • warna ungu (violet) hasilpercampuran warna biru dan warna merah.
              3. Warna Tresier
                Warna tersier adalah warna-warna yang merupakan hasil percampuran duawarna sekunder atau disebut juga warna ketiga. Komposisi warna-warna tersier terkesan makin lemah dan tidak kontras. Warna tersier contohnya:
                • warna siena mentah hasil percampuran warna jingga dan warna hijau.
                • Warna Siena bakar hasil percampuran warna jingga dan warna ungu.
                • Warna Sienasephia hasil percampuran warna hijau dan warna ungu.
              4. Warna Quarter
                Warna quarter adalahwarna-warna yang merupakan hasil percampuran dua warna tersier atau disebutjuga warna keempat. Warna quarter contohnya adalah:
                • Kuning >< Ungu
                • Merah >< Hijau
                • Biru >< Jingga

                2. Dimensi Warna

                Secara garis besar dikenal adanya 2 daasar teori tentang warna :

                1. Munsell system
                2. Prang system, menurut teori prang system warna dapat dibagi :
                3. a. HUE (nama warna) : panas atau dinginnya warna.

                  - menunjukkan nama-nama warna : merah, biru, hijau.

                  - Perbedaan warna adalah perbedaan HUE.

                  - Bila hijau menjadi kebiruan dapat dikatakan berubah HUEnya.

                  b. VALUE : terang atau gelapnya warna.

                  c. INTENSITY : cerah atau suramnya warna.

                3. Korelasi Warna

                Warna dapat menimbulkan respons

                psikologis yang berbeda-beda dalam setiap rancangan atau aplikasi yang dipakai,hal ini dapat dilihat dari korelasi psikologis antara warna dan manusia sebagaiberikut:

                • Warna Kuning : kegembiraan, keceriaan, kecermelangan, keagungan, ciptaan.
                • Warana Kuning Emas : kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatan spiritual.
                • Warna Hijau : pertumbuhan, kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian.
                • Warna Biru : keberanian, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati.
                • Warna Putih : kesucian, keberanian, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.
                • Warna Hitam : ketabahan, kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.
                • Warna Abu-Abu : ketaatan, rendah hati, kesholihan, modern.
                • Warna orange : kemajuan, semangat, perkembangan, energi.
                • Warna Violet : kemulyaan, kebesaraan jiwa, kelembutan.
                • Indigo : ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.

                2.5.7 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

                imbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure,sosok suatu objek bentuk terungkap dalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.

                2.5.8. Definisi Citra atau Image

                Citra atau Image adalah kesan batin atau mental,bayangan visual yang ditimbulkan oleh obyek atau figur dalam karya seni. Citrasangat penting sebagai unsur yang turut berperan dalam karya, karena dapatmembentuk ciri khas tersendiri serta memberikan pengaruh terhadap apa yang akandihasilkan dari hasil suatu karya seni yang lebih bersifat karakter atau pesan yang ada didalamhasil karya seni tersebut sebagai nilai keindahan, artistik serta fungsionalisasi dari karya seni tersebut.

                2.5.9. Definisi Layout

                Pengertian Layout

                Layout adalah tata letak yangdipakai untuk mengatur sebuah komposisi dalam sebuah desain, seperti hurufteks, garis-garis, bidang-bidang, gambar-gambar pada majalah, buku danlain-lain. Menjadi suatu media komunikasi visual yang informatif, estetik dan menarik.

                Adapun patokan penting yang harus diperhatikandalam membuat layout, yaitu :
                1. unity:menempatkan unsur-unsur desain yang terdiri dari headline, illustrasi, logo perusahaan, body text, dsb dengan baik sehingga tercipta karya desain yang baikdan enak dilihat
                2. Variety:memanfaatkan semua unsur desain termasuk ruang kosong sehingga menjadi desainyang attractive atau tidak monoton.
                3. Balance: menjaga keseimbangan darisetiap unsur-unsur desain agar terlihat proposional.


                2.5.10. Jenis-Jenis Layout

                Banyaksekali kemungkinannya, mungkin tidak terbatas. Tapi intinya yang biasa dipakai adalah layout dengan menggunakan format sumbu :horizontal, diagonal, radial, acakdan kombinasinya.

                2.5.11. Elemen dan Unsur Desain

                Dalam bentukgeometris dan organis, sebagai berikut :

                2.5.8. Teori Desain komunikasi visual

                Sejakzaman dahulu manusia telah mengenal sesuatu yang indah, bagus, menarik danmengagumkan, sebagai bagian dari dirinya, hanya bobot rasa dari tiap orangberbeda. Namun kesadaran mengenai hal ini baru diketahui dan disadari olehmanusia setelah para ilmuan dari yunani mengangkatnya ke permukaan. Merekamenyebut dengan istilah ” estetika ” yang dalam bahasa yunani disebut ” Aisthesis ” yang berarti tanggapan ataupengawasan. Keindahan yangdipelajari berupa karya – karya seni disebut objek dan proses kreatif darisiperencana sebagai subjek. Menurut kamus webster : School and officeDictionary tertulis Aesthetic sebagaikata benda yang berarti ” The teory ofthe beautiful in state and art ”,secara sederhana dapat disimpulkan bahwa istilah estetika dapatdigunakan untuk menjelaskan masalah – masalah yang berkaitan dengan keindahan.Desain pada dasarnya adalah hasil penyusunan pengalamanvisual dan emosional dengan memperhatikan elemen – elemen dan prinsip – prinsipdesain yang dituangkan dalam satu kesatuan komposisi yang mantap. komposisiberasal dari kata laitn Componereyang artinya penggabungan. Pada dasarnya suatu komposisi yang merupakanpenggabungan dari banyak bagian menjadi suatu bentuk yang serasi. Komposisi dianggapsebagai suatu pengorganisasian elemen – elemen desain dengan mengikuti prinsip-prinsiptertentu secara ketat, meskipun sering hanya digunakan sebagai arahan sajatetapi mampu mencapai bentuk abstrak, alamiah, non-objektif, ornamental ataupun struktural. Sehingga Desain Komunikasi Visual sering disebutdengan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi,konsep, ide, gagasan melalui bentuk lambing dan symbol yang mudah dicerna atauditangkap dengan indra penglihat dengan menggunakan bahasa visual. Desain komunikasivisual bisa juga disebut dengan GraphicDesign keduanya adalah ilmu yang mempelajari tentang media penyampaianpesan, ide, ajakan kepada khalayak ramai, gagasan melalui bentuk, lambang dansimbol yang mudah dicerna atau ditangkap dengan indra penglihatan. Desain komunikasi visual dapat juga diartikan sebagaiilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, tehnik dan mediauntuk meyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio denganmengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf dan warna, sertatata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya,tetapi yang jelas desain grafis erat kaitannya dengan proses cetak. Melaluimedia ini desain grafis berfungsi sebagai jembatan penghubung antara pihak yangberkepentingan didalam dunia bisnis dan hal – hal yang berkaitan dengan mediakomunikasi. Desain Komunikasi Visualadalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi denganpublik, baik secara perorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luasyang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual.

                Keindahan desain komunikasi visual mengandungunsur – unsur estetika yang terdiridari : garis, bentuk, warna, cahaya, ruang, tekstur, keseimbangan, keserasian,proporsi, skala, irama, disamping fungsi tehnik dan pesan yang terkandung.

                2.5.8. Definisi Media Komunikasi Visual

                Desain komunikasi visual bisa juga disebut dengan graphicdesign keduanya adalah ilmu yang mempelajari tentang media penyampaianpesan, ide, ajakan kepada khalayak ramai, gagasan melalui bentuk, lambang dansimbol yang mudah dicerna atau ditangkap dengan indera penglihatan. 37 Desain komunikasi visual dapat jugadiartikan sebagai ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif,teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasukaudio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk dan gambar, huruf danwarna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima olehsasarannya

                2.5.15. Definisi Majalah

                Bukumerupakan suatu media cetakan berupa lembaran-lembaran kertas yang dijilid, sedangkan Majalah terbitan berkala ygisinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan, topik aktual yg patutdiketahui pembaca, dan menurut waktu penerbitannya dibedakan atas majalahtahunan, bulanan, tengah bulanan, mingguan dan sebagainya, dan menurutpengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, wanita, remaja, olahraga,sastra, ilmu pengetahuan tertentu. Sedangkan untuk perusahaan terbitan yg dikeluarkan secara teratur olehsuatu perusahaan, berisi berita kepegawaian, karyawan, kebijakan, dan produksiperusahaan. Majalahmerupakan sebuah asset promosi bagi perusahaanyang lengkap.

                2.6. Program Aplikasi Penunjang Desain

                2.6.1. Corel DRAW X5

                CorelDRAW X5 merupakan versi CorelDRAW saat ini yang diperkenalkan olehperusahaan software, yaitu Corel Corporation. CorelDRAW X5 merupakan program aplikasi pengolah grafis yangberoperasi pada lingkungan Windowsdan MacOS. Versi CorelDRAW X45sekarang ini tentunya menawarkan fitur yang lebih baikdan lengkap dari versi sebelumnya, yaitu CorelDRAWX5.

                a. Menu Bar

                Menu Bar beradapada bagian atas kotak dialog utama sistem. Sistem menu CorelDRAW menggunakan standar sistem operasi Windows yang sangat memudahkan pemakaian.

                b. Standard Toolbar

                Standard toolbar terletakdi bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkansimbol proses cepat. Misalnya terdapat simbol seperti folder untuk membukasuatu data grafis CorelDRAW.

                c. Property Bar

                Property bar adalahfasilitas tambahan yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Tujuannya untuk mempermudahpemakaian alat fasilitas toolboxterpilih. Property bar biasanyaberada di bawah standard toolbar.

                d. Toolbox

                Toolbox biasanya terletakdi bagian paling kiri. Sistem meletakkan sebagian memberi tanda lipatan padasisi kanan bawah alat fasilitas toolbox yang memiliki sub-alat. Untukmenampilkan daftar sub-alat tersebut dapat dilakukan dengan mengklik danmenahan simbol alat yang bersangkutan.

                e. Status Bar

                Sistemmeletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat pada sisi bawahkotak dialog utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek gambar/teks danalat proses terpilih.

                f. Color Palette

                Color palette atau kotakwarna terletak di bagian paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi warnapada objek gambar/teks cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan untukmemberi warna garis, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.

                g. Dialog Box

                Sistem CorelDRAW akan meletakkan sejumlahpilihan proses dari fasilitas yang komplek pada suatu kotak dialog. Fasilitasyang bersangkutan dapat diatur melalui kotak dialog tersebut. Misalnya,pengubahan format objek gambar dari vektor ke bitmap melalui menu bitmaps,submenu convert to bitmap.

                h. Docker

                Sistemmeletakkan sejumlah kotak dialog fasilitas yang (dianggap) sering digunakandalam bentuk tetap pada sisi kanan kotak dialog. Format tersebut disebut dengandocker. Fasilitas ini dapatditampilkan melalui menu window, submenu docker.


                i. Fixed/Floating Toolbar

                Salah satukeistimewaan dari sistem CorelDRAW,yaitu fasilitas toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar, dan propertybar yang dapat digeser dan ditempatkan di sembarang lokasi.

                2.6.2. Adobe Photoshop CS3


                Adobe Photoshop adalah suatu perangkatlunak yang canggih yang dapat digunakan untuk membuat, menyunting danmemanipulasi tampilan termasuk mengoreksi warna dan memberi efek tampilan atassebuah gambar atau photo, hasil dari program ini merupakansebuah gambar atau image, didalamkomputer grafis terbagi menjadi dua kelompok yaitu Gambar Bitmap dan GambarVektor.

                Dengan kemampuan pengolahan bitmap yang sangatbaik, menjadikan Adobe Photoshop menjadi standar yang umum digunakan didalampengolahan objek bitmap. Photoshop menyimpan beberapa kemampuan yang sangatbaik untuk membuat gambar selayaknya menggunakan aplikasi berbasis vektor. Akantetapi hal tersebut membutuhkan pemahaman konsep dasar pembentukan kurva vektoryang tidak dapat ditinggalkan 42 oleh aplikasi dalam mengolah bitmap seperti photoshop. Konsep dasar yang harus dipahami adalah : manajemen layer, pembuatan path, dan seleksi. Toolboxberfungsi sebagai tombol pengganti perintah yang dipergunakan untuk mempercepatpekerjaan. Nama-nama toolbox terdiriatas Marquee tools, Lasso tools, MagicWand tool, Move tool, Crop tool, Slice tool, Healing brush tool, Pencil tool,Clone Stamp tool, History Brush tool, Eraser tool, Paint Bucket tool, Blurtool, Path Component Selection tool, Type tool, Pen tool, Zoom tool, EyedroperHand tool, dan sebagainya.


                2.6.2.1. Area Kerja Photoshop

                1. Title Bar
                Baris judul berisi nama untuk judul program yang sedang aktif.
                2. Menu Bar
                Baris menu berisi barisan perintah berupa menu yang terdiri dari file, edit, object, type, dan lain-lain.
                3. Lembar Kanvas
                Berisi piranti untuk mempermudah dalam pengerjaan memanipulasi gambar.
                4. Tool Box
                Digunakan sebagai lembar kerja atau penempatan obyek, teks, dan gambar. </p>

                2.7 Elisitasi

                Elisitasi berisi usulan rancangan sistem baruyang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untukdieksekusi. Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melaluitiga tahap, yaitu sebagai berikut:


                a. Elisitasi tahap I, yaitu berisi seluruh rancangansistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proseswawancara.

                b. Elisitasi tahap II merupakan hasilpengklasifikasian dari elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI inibertujuan untuk memisahkanantara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru denganrancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Berikut saya jelaskan mengenai Metode MDI :

                1) M pada MDIitu artinya Mandatory (Penting).Maksudnya requirement tersebut harusada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.

                2) D pada MDI itu artinya Desirable. Maksudnya requirement tersebuttidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akanmembuat sistem tersebut lebih perfect.

                3) I pada MDI itu artinya Inessential.Maksudnya bahwa requirement tersebutbukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.

                c. Elisitasi tahap III merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap IIdengan cara mengeliminasi semua requirementyang optionnya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisadiklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu sebagai berikut:

                1) T artinya Teknikal, maksudnya bagaimana tata cara atau tehnik pembuatanrequirement tersebut dalam sistem yang diusulkan ?

                2) O artinya Operasional, maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirementtersebut dalam sistem yang akan dikembangkan ?

                3) E artinya Ekonomi, maksudnyaberapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalamsistem ?

                MetodeTOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu :

                1) High(H): Sulit untuk dikerjakan, karena tehnik pembuatan dan pemakaiannya sulitserta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.

                2) Middle(M): Mampu untuk dikerjakan

                3) Low(L): Mudah untuk dikerjakan Final draft elisitasimerupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapatdigunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

                </p>

                2.8 Literatur Review

                2.8.1. Penelitian sebelumnya (literatur review) merupakan surveyliteratur tentang penemuan-penemuan yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya(emprical fiding) yang berhubungandengan topik penelitian. Literatur reviewbukan hanya mengumpulkan jurnal atau hasil penelitian yang sesuai dengan topikpenelitian. Bagian utama dari literatur review berisitentang tujuan penelitian, model yang digunakan,data dan hasil atau kesimpulandari sebuah penelitian. Bagian pokok yang tidak boleh dilewatkan yaitu tentangdiskusi atau tanggapan penulis atau peneliti tentang literatur review.Jikamemungkinkan dan sangat dianjurkan untuk mencarikan jurnal atau hasilpenelitian yang mendukung dan tidak dari jurnal yang direview dengan maksud peneliti akan mendapatkan gambaranpermasalahan yang dihadapi lebih detail dan mendalam dari sisi yang se-aliranpemikiran dan berbeda pemikiran. Berdasarkan hasil penelitian terhadap perpustakaanPerguruan Tinggi Raharja maka didapat 5 Literaturreview yang melakukan penelitian skripsi dan mempunyai kesamaan dalam topikatau pembahasan. a. Penelitian yang dilakukan Dede Hermawan dari STMIKRaharja. Penelitian ini membahas tentang “PERANCANGANBUKU COMPANY PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA CV.NANI BUDI WEDDING ORGANIZER” penelitianyang dilakukan menggunakan metode :Analisa masalah, Pengumpulan data, Analisa perancangan media, Konsep desain. 45 b. Penelitian yang dilakukan Yoan Prantika Dewi dariSTMIK Raharja. Penelitian ini membahas tentang “PERANCANGAN MEDIA IKLAN SEBAGAI SARANA PROMOSI MEDIA KORAN PROTANGERANG PADA CV. PRO KINARYA TANGERANG ” penelitianyang dilakukan menggunakan metode :Pengumpulan data, Analisa data, Analisa perancangan media. 46 c. Penelitian yang dilakukan Meta Remawasih STMIKRaharja. “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASIVISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA CV. MINDJOB ” penelitian yang dilakukan menggunakan metode: Pengumpulan data, Analisa data, Analisa perancangan media.47 d. Penelitian yang dilakukan ZaedansareinAndisaputra STMIK Raharja. “PERANCANGANMEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PENUNJANG PROMOSI PT. SWADHARMA GARISDINAMIKA” penelitian yang dilakukan menggunakan metode : Pengumpulan data, Analisa data, Analisa perancanganmedia. 48 45 Hermawan, Dede., Perancangan Buku Company Profile Sebagai Penunjang Media Promosi Dan Informasi Pada Cv. Nanibudi Wedding Organizer, STMIK Raharja, 2010, Hal. 43 46 Dewi, Prantika, Yoan., Perancangan Media Iklan Sebagai Sarana Promosi Media Koran Pro Tangerang Pada Cv. Pro Kinarya Tangerang, Stmik Raharja, 2009, Hal. 63 47 Remawasih, Meta., Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Pada Cv. Mindjob, Stmik Raharja, 2009, Hal. 75 48 Andisaputra, zaedansarein., Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Penunjang Promosi Pt Swadharma Garis Dinamika, STMIK Raharja. 2009, hal. 114

                e. Penelitianyang dilakukan Yatna Priatna STMIK Raharja. “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOMPRESORMERK FETCH PADA PT. SHARPRINDO DINAMIKA PRIMA” penelitian yang dilakukanmenggunakan metode : Pengumpulan data, Analisa data, Analisa perancangan media

                BAB III

                Gambaran Umum Objek Yang diteliti


                3.1. Gambaran Umum PT.Karya Resources Persada


                PT KaryaRecources Persada (Lawton Coffee), sebagai sebuah usaha yangberjalan di bidang Food and Bevarages yang berdiri pada tanggal 28 Februari2010 di Sunter Jakarta Utara. Di awal berdirinya, PT Karya Recources Persada(Lawton Coffee) memiliki satu store yang berlokasi di Rest Area Km 72, Tol Jakarta – Bandung danstore ke dua berlokasi di Cibubur Square, Rest Area Km 10, Cibubur. Di tahun2011 berdirilah store ke tiga yang berlokasi di Mall Living World, Alam SuteraTangerang Selatan, ke empat berdiri diHotel Sumi, Mangga Besar Jakarta dan yang ke lima berlokasi di Jl.Jatiwaringin,Jakarta Timur.


                3.1.2 Visi, Misi, dan Tujuan


                3.1.2.1 Visi PT.Karya Resources Persada

                Creatinga destination Coffee Shop For Coffee Lovers community.

                a. Homy & comfortable space.

                b. Convenience seating area (Smoking/non smokingarea).

                c. Menu variation focus on coffee.

                3.1.2.2 Misi PT.Karya Resources Persada

                Providinghygiene food & beverages menu with good service. a. FriendlyGreeting & interantive service. b. Commitmenton healthy food service.


                3.1.2.3 Tujuan PT.Karya Resources Persada

                1. LAWTONCOFFEE dibawah PT. Karya Resources Persada memiliki tujuan memberikan pelayanan kepada konsumen penikmat kopi danmampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

                2. Mempunyai komitmen dalam penyajian makan dan minumansehat serta memberikan pelayanan yang sebaik baiknya kepada semua konsumen PT. KARYA RESOURCES PERSADA.

                3.2.4 Struktur Organisasi PT.Karya Resources Persada

                Strukturorganisasi merupakan pemisahan fungsi tugas-tugas, wewenang dan jabatan darisuatu organisasi sehingga jelas pembagian dari masing-masing tanggung jawabyang diberikan kepadanya, seperti yang tergambar dibawah ini adalah strukturorganisasi PT.Karya ResourcesPersada.




                Salah satualat manajemen untuk mencapai suatu tujuan organisasi adalah terciptanya suatustruktur organisasi yang baik dan tepat. Pembentukan struktur organisasi iniharus sesuai dengan pembagian wewenang dan tanggung jawab setiap individu,sehingga dapat tercipta kerjasama yang bai antar setiap pegawai, baik bawahanmaupun atasan. Strukturorganisasi sangat berpengaruh anatara bagian yang satu dengan bagian yang laindaan suatu kelompok kerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Oleh karena itustruktur pengorganisasian dibuat agar tujuan yang telah ditetapkan dapattercapai, untuk memperjelas tugas dari masing – masing bagian, maka diperlukanbagian organisasi yang menunjukan hubungan – hubungan dalam stuktur berdasarkanwewenang yang sah. Berikut inipenjelasan mengenai wewenang dan tanggung jawab bagian – bagian yang ada padaPT. Karya Resources Persada. 1. Direktur/Owner Bertugas secara umum memimpin Perusahaan beserta segala sumber daya yang ada, dan terutama dalamhal pengambilan keputusan. Dari seluruh kebijakan keputusan di tujukan kepadabagian yang berkepentingan terhadapsetiap keputusan yang dibutuhkan. 2. Tugasdan Kewajiban Operational Manager memiliki tugasutama atas seluruh aktivitas operasional perusahaan, mulai dari pembuatanrencana produksi, pembuatan rencana pemakaian sistem dan anggaran produksi,memastikan kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan standar perusahaanhingga pengelolaan suasana kerja agar SDM mampu bekerja secara optimal. 3. Tugasdan Kewajiban Finance & Acc Merencanakan,mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansidi perusahaan dalammemberikan informasi keuangan secara komprehensif dantepat waktu untuk membantuperusahaan dalam proses pengambilan keputusanyang mendukung pencapaian targetfinancial perusahaan. 4. Tugasdan Kewajiban Purchasing Head Bertanggungjawab terhadap pengadaan dan pengelolaan material. 5. Tugasdan Kewajiban Operational Development Operation Development Officermerupakan suatu jabatan yang bergerak pada divisi operasional perusahaan, yangmemiliki tugas utama dalam melakukan review, analisa dan melakukan koordinasiatas usulan pengembangan kegiatan bisnis perusahaan, serta memastikanpelaksanaan pengembangan bisnis perusahaan telah sesuai dengan prosedur. 6. Tugasdan Kewajiban Reckruitment & Training Melaksanakan fungsi administrasi & operasional, dukungan progam pemasaran sertafungsi pelayanan pelanggan dalam bidang rekrutmen dan pelatihan.

                3.3. Informasi Produk

                3.3.1 Produksi


                3.1.1. DigunakanPT. KaryaResources Persada

                Media Company Profile berfungsi sebagaisalah satu media komunikasi dalam bentuk visual, yang umumnya Company Profileadalah media informasi yang berupa buku, biasanya dipakai perusahaan untukmenunjukan citra/image perusahaan tersebut, dan untuk presentasi dalam mencariminta kerja. Company Profile berisikan seluruh informasi perusahaan mulai darisejarah, visi misi, dan lainnya.

                Media tersebut memiliki kelebihan yaitu, sebagai alat marketing untuk memperolehklien, dan disetiap manfaat dan kegunaanya nanti dipengaruhi oleh bentuk desaindan kelengkapan data. Sehingga pada dasarnya company profile yang menariklahyang akan banyak menarik perhatian pengunjung/klien, baik menarik dari segiimage maupun tulisan. Oleh karena itu keunggulan diataslah media promosimelalui company profile menjadi prioritas perusahaan – perusahaan dalammelakukan promosi untuk memperoleh klien baru. Namun, dari beberapa mediacompany profile juga mempunyai kekurangan yaitu, mudah rusak/hilang, perusahaanharus mencetak company profile terlebih dahulu sebelum rapat dengan klien.

                Pada saat ini media informasiyang digunakan oleh PT. Karya Resources Persada sebagai promosi intuisi ataulembaga perusahaan yaitu, berupa spanduk, x-banner, website, dan melakukanpresentasi klien secara lisan.

                3.3.2 Latar Belakang Produk


                Media promosi yang dipakai sebelumnya adalahspanduk, banner oleh karena itu usulan yang diajukan adalah iklan profile agarlebih menarik. Banyak dari masyarakat yang telahmempunyai televisi maupun media internet yang pastinya dalam mencari informasimenginginkan sesuatu yang praktis, dengan adanya multimedia audio visual andbroadcasting memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi media iklan yang telahbanyak dibuat oleh instansi pemerintahan maupun lembaga swasta yang terbuktiefektif dalam mempromosikan sebuah jasa, maupun produk. Hasilproduksi media diproses berdasarkan kegiatan-kegiatan, fasilitas dan keunggulanyang terdapat pada KLINIK USADA NUGRAHA KABUPATEN TANGERANG.

                3.3.3 Material Produk


                Persaingan bisnis di bidang Food & Beverages disekitar Tangerangdan Jakarta sangatlah ketat.Hal ini dapat dibuktikan eksisnya perusahaan lama serta dengan masuknya perusahaan-perusahaan baru yang juga bermain dalam bisnis ini. Dari survei yang pernah dilakukan oleh penulis, berikut tabel pesaingdari PT. KaryaResources Persada (Lawton Coffee).

                3.2.2 kondisi Pesaing


                3.4. Market Analisis

                3.4.1 Marker Positing


                PT. Karya Resources Persada (Lawton Coffee) yang terletak di kawasan Tangerang merupakan salah satu perusahaan yang sedang berkembang dengan pesat, Hal ini dapat dilihat dari pelanggan yang datang tidak hanya berada di lingkungan Tangerang tetapi juga yang berada diluar wilayah Kota Tangerang Selatan. PT. KaryaResources Persada (Lawton Coffee), memiliki banyak sekali pelanggan tetap, pelanggan perusahaan melingkupisemua kalangan baik dari kalangan personal maupun instansi pemerintah ataupunswasta. Cara penditribusiannya dengan media katalog produk, spanduk ke Wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya, atau datang langsung ke kantor perusahaan. PT. Karya Resources Persada(Lawton Coffee) memilikicitra atau image yang baik, hal inidibuktikan dengan adanya kepercayaan dari relasi atau perusahaan yang sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan. Market positioning PT. Karya Resources Persada(Lawton Coffee). berada di Mall Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan dan sekitarnya.

                3.4.2 Kondisi Pesaing


                Persaingan bisnis di bidang Food & Beverages disekitar Tangerang dan Jakarta sangatlah ketat. Hal ini dapat dibuktikan eksisnya perusahaan lama serta dengan masuknya perusahaan-perusahaan baru yang juga bermain dalam bisnis ini. Dari survei yang pernah dilakukanoleh penulis, berikut tabel pesaing dari PT. Karya Resources Persada (Lawton Coffee).


                3.5. Potensi Market


                Potensi pasar dari lembaga ini berada diwilayah Kota TangerangSelatan, Jakarta dan sekitarnya, dengan pangsa pasar yang cukup signifikan.Target market pada tahun-tahunberikutnya diperkirakan akan meningkat, karena pertumbuhan ekonomi yang pesat padasaat inidan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang baru berdiri. Biasanya perusahaan-perusahaanyang baru berdiri tersebut memerlukan suatu bentuk kegiatan promosi yang dapatmenunjang citra atau image perusahaandengan pembuatan desain promosi produk. Selain itu dengan semakin banyaknya pesaing yang ada, maka PT. Karya Resources Persada (Lawton Coffee) berusaha menarikkonsumen dengan membuat desain media promosi yang menarik. Sasaran PT. Karya Resources Persada(Lawton Coffee) kini mulai dikembangkan untuk kalangan menengah ke atas. Kota Tangerangdianggap sebagai pangsa pasar potensial dikarenakan tingkat pendapatanpenduduknya sudah berada di atas propinsi lain, disamping itu dari tingkatpendidikan, sosial dan budayanya juga sudah mengalami kemajuan sehingga akanmudah menerima informasi yang disampaikan.

                3.6. Market Segmentation

                Geografi:Kota Tangerang Selatan dan Jakarta

                Demografi: 1.Jenis kelamin : Pria & Wanita
                2. Kelas Ekonomi  : Menengah keatas
                3. Sasaran  : a. Relasi Perusahaan
                b. Relasi Pemerintah
                c. Masyarakat
                psikografi : Relasi dan masyarakat yang ingin labih mengetahui informasimenenai profil PT.Karya Resources Persada (Lawton Coffee). </br>

                3.7. Marketing Objektif (Tujuan Pemasaran )


                PT.Karya Resources Persada (Lawton Coffee) dalam sebulanmelakukan banyak penjualan makanan dan minuman.

                Perusahaan menargetkan tingkat penjualan pada tahun 2014harus meningkat dari tahun sebelumnnyayaitu tahun 2013. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang mulai mengenalkualitas kopi pada PT.Karya Resources Persada (Lawton Coffee), dan tidak lupaperusahaan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan agar lebihoptimal dan agar terjalin hubungan bisnis yang berkesinambungan.

                3.8. Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)


                Untuk mendapatkan konsumen serta menambah mitra kerja bukan hal yang mudah, makadiperlukan strategi dalam bentuk promosi yang dapat meningkatkan konsumen sertadapat bergabung dengan PT.Karya Resources Persada (Lawton Coffee) sebagai Dengan adanya mediaCompany Profile yang akan diajukan diharapkan akan mendukung promosi yangdilakukan sekaligus dapat menunjukan image atau citra perusahaan.

                3.8.2 Budget Produksi Media

                3.9.2 Saran Spesifikasi Hardware

                Perancangantersebut menggunakan 1 unit komputer dengan spesifikasi sebagai berikut : a. Processor: Intel I5 b. Monitor: LCD 15 c. Mouse: Optik d. RAM :4 Gb e. Harddisk: 500 Gb f. Keyboard: International Layout g. Printer: Inkjet Printer

                3.9.2 Saran Spesifikasi Software


                Perancangan tersebutmenggunakan 2 software sebagai berikut :

                a. CorelDRAW X5

                b. AdobePhotoshop CS 3

                BAB IV

                <center">KONSEP DESAIN</center>

                4.1. Perancangan Media

                Dalam hal ini,konsep media yang diajukan adalah perancangan mediapromosi dalam bentuk sebuah majalah yang berukuran 29.9x21 cm. Majalah ini berisi cover depan, backcover depan, daftar isi, informasi kontak perusahaan, biografi pemilikperusahaan, profilperusahaan, katalogproduk, daftarklien, artikel-artikel, backcover belakang dan cover belakang. Semua isi yang terkait dalam perancangan majalah tersebut dikemas dengan menggunakan pengembangankreatif desain grafis.k


                4.1.1 Tujuan Media


                Tujuan dariperancangan media majalah iniadalah sebagai salah satu saranan media informasi untuk mempromosikan detailprofil usaha kepada konsumen atau relasi bisnis khususnya perusahaan-perusahaanyang relevansinya bergerak dibidang food & Beverages.

                Dari perancanganmedia majalah ini diharapkan dapat menjangkau 80% dari target yang diinginkan. Media saranainformasi sekaligus digunakan sebagai sarana promosi selama program informasi danstrategi promosi perusahaan tidak mengalami perubahan baik strategi pemasaran maupunmanajemen. Apabila tidak terdapat perubahan yang penulis sampaikan diatas makabentuk media secara visual atau isi belum mengalami perubahan. Jika terdapatpertimbangan-pertimbangan secara teknis operasional sesuai strategi yang baru,hal tersebut akan dianalisa dan dibicarakan kemudian hari.


                4.1.2 Strategi Media


                Dalam menunjang nilaiefektifitas sarana media yang dirancang strategi media informasi dan penunjang promosiadalah dengan menggunakan bentuk media majalah, secara visual orientasi gambar-gambar tampilandengan menggunakan teknik drawingyang diproduksi melalui aplikasi penunjang gambar vektor, hal tersebut secaravisual untuk memenuhi 3 aspek sasaran yaitu :


                  1.Geografi  : Kota Tangerang Selatan, Jakartadan Purbalenyi.
                      2. Demografi  :
                  • a. Jenis Kelami : Pria& Wanita
                  • b. Kelas Ekonomi : Menengah keatas
                  • c. Sasaran  : 1.Relasi
                  • 2. Masyarakat Umum
                    • 3. Psikografi  : Relasi dan masyarakat yang ingin lebih mengetahui informasi mengenai profil PT.Karya Resources Persada.

                    4.1.3 Program Media

                    Melihat rancangan media terdapat beberapa mekanisdan ketentuan yang harus dilalui dalam tahapan penelitian ini berdasarkankesepakatan dari pihak stakeholder,penulis merencanakan media rancangan tersebut diprogramkan penggunaannya mulaibulan Januari Tahun 2014.

                    4.2. Perancangan Pesan ( Konsep Kreatif )

                    Rancangan mediadirencanakan terdapat bentuk-bentuk gambar yang berfungsi sebagai ilustrasikegunaan objek yang diperjelas dengan teks-teks penjelasan secara sepintas,untuk memberikan nuansa isi majalah dan menambah bobot isi majalah akandilengkapi artikel-artikel yang berhubungan dengan model busana sebagaitambahan wawasan terhadap pembaca, tampilan-tampilan pesan secara kreatif akandiolah, ditata sesuai dengan kebutuhan pesan yang direncanakan oleh pihakperusahaan.


                    4.2.1 Tujuan Kreatif


                    Dari tampilanbentuk-bentuk pesan peneliti bertujuan untuk memberikan gambaran orientasiproduk layanan yang diberikan ditambah referensi- referensi artikel modelsebagai daya tarik dan tambahan wawasan diwilayah Coffee Shop.

                    4.2.2 Strategi Kreatif

                    Dari elemen-elemenrancangan yang penulis sampaikan adalah merupakan strategi pesan yang ingindisampaikan secara visual akan dapat memberi daya tarik dan memberikan ruangterhadap pihak-pihak yang menginginkan kerjasama, adapun pihak yang digandeng terarahperusahaan-perusahaan yang berorientasikan yang berhubungan dengan Food & Beverages.


                    4.3. Perancangan Visual ( Konsep Kreatif )


                    Image yang ingin disampaikan olehpenulis dengan menampilkan majalah dengan kesan harmonis,ekslusif dan full colour diantaranya tata letak (layout), warna, tipografi dan gambar.

                    Penyajian desain majalah dengan tetapmempertahankan warna – warna asli yang berasal dari nama PT.Karya ResourcesPersada, yang diolah dengan menggunakan kombinasi warna lain yang senada denganwarna aslinya. Untuk gambar, penulis menggunakan gambar atau image dari browsing di internet yang diolah dengan menggunakan gabungan beberapasoftware pendukung yaitu Adobe Photoshop, CorelDraw X 5 dan softwarependukung lainnya sebagai sarana dalam menyampaikan strategi kreatif.


                    4.3.1 Tujuan Visual


                    Tujuan visualisasi dalam desain majalah adalah untukmempengaruhi minat konsumen untuk dapat membaca, mengerti ataupun memahami seluruh informasiyang disampaikan, dimuat dalam majalah. Sedangkan dengan dibuatnya majalah, imageatau citra yang ditampilkan yaitu dapat menciptakan suatu identitas yang baikdan menjadi perusahaan yang lebih dipercaya eksistensinya oleh para relasi bisnis PT.KaryaResources Persada sehingga dapat menimbulkan image atau citra baru yang baik bagi PT.Karya Resources Persadasebagai sebuah perusahaan yang bergerakdalam bidang Food & Beverages.Proses desain majalah ini lebih ditekankan kepada hal – hal yang akan mempengaruhi hasil dari desain yang berkualitas baikserta mempunyai nilai seni yang tinggi, dengan memperhatikanunsur warna yang dipilih, jenis huruf yang digunakan, tata letak atau layout yang diterapkan, gambar yangdipilih dan ditampilkan dalam majalah.

                    4.3.2 Strategi Visual


                    Penyajian visualisasi padaperancangan media informasi dan promosi yaitu dengan pembentukan objek-objek danpengaturan tata letak dengan menggunakan Corel Draw X 5 dan Adobe Photoshop, software pendukung lainnya disesuaikan dengan kebutuhan rancangan. Adapunstrategi visual yang ingin disampaikan penulis adalah dengan pendekatan secaraemosional yang terkesan formal namun tegas mulai dari segi warna, tata letakatau layout, jenis huruf dan gayapenampilan grafis serta dalam bentuk penyampaiannya dilakukan secara sederhanaagar konsumen dan relasi bisnis lebih dapat memahami, dari pencitraan tersebutdiharapkan dapat menarik konsumen atau relasi bisnis, setelah mengetahuikelebihan-kelebihan melalui majalah ini.

                    4.3.3 Perancangan Naskah

                    Rancanganmedia majalah terdapat unsur-unsur komunikasi grafis sepertiteks (tulisan), ilustrasi (foto atau image)dan warna. Salah satunya adalah teks (tulisan) yang mempunyai karakter khususdiperlukan dalam perancangan agar penyampaian misi media mudah dimengerti dantepat sasaran, teks akan menyesuaikan bentuk-bentuk media yang telahdirencanakan terdiri dari beberapa bagian yaitu cover, subjudul, naskah (bodycopy), logo (logo type). Berikutadalah penjelasan dari masing-masing bagian dari teks (tulisan).

                    1. Cover

                    Bagian terpenting dari majalahyang menarik perhatian dan merupakan hal yang pertama kali dibaca. Judul akanmengarahkan pembaca untuk lebih jauh mengetahui tentang isi dari sebuah pesanatau informasi yang ada di dalamnya.

                    2. Daftar isi

                    Lanjutan keterangan dari cover yang akan menjelaskan isi dari majalahtersebut.

                    3. Naskah (body copy)

                    Kalimat yang menerangkan lebihrinci tentang isi pesan yang ingin disampaikan, berfungsi untuk mengarahkanpembaca dalam mengambil sikap berpikir dan bertindak lanjut. Secara kreatifbentuk naskah atau body copy dapatdikombinasikan dengan gambar dalam berbagai bentuk.


                    4. Gambar

                    Biasanya dibuat secarasingkat, sederhana dan komunikatif dengan menggunakan huruf dan gambar agarlebih mudah diingat.

                    4.3.3 Pengarahan Visual

                    Agar desainmedia komunikasi visual yang dirancang terlihat menarik dan memiliki karaktertersendiri, maka dalam proses visualisasi penulis harus memperhatikan hal-hal yang akan mempengaruhi kegunaan dannilai artistik sebuah media. Dalam menentukan unsur-unsur warna yang dipilih,jenis huruf yang dipakai, tata letak atau layoutyang diterapkan, gaya penampilan grafis yang sesuai serta model yang dipilihuntuk ditampilkan di setiap rancangan media. Oleh sebab itu, penulismenjabarkan visualisasi yang dipilih dan dapat dipergunakan pada media-mediarancangan : 1. Totalitas warna yang dipergunakan adalah : a. Hijau  : Melambangkan alam, Sehat, islami, dan Pembaharuan b. Kuning: Melambangkan Optimis,harapan, c. Orange : Melambangkan Energi, Keseimbangan, Kehangatan, d. Hitam  : Melambangkan Kekuatan, Kecanggihan, Keagungan e. Putih  : Melambangkan Kesucian, Kebersihan f. Merah  : Melambangkan keberanian dan semangat. g. Ungu  : Spiritual,Misteri, Kebangsawanan, Transformasi. h. Coklat  : Tanah atau Bumi, Nyaman, Daya Tahan. 2. Jenis huruf yang dipergunakan adalah jenishuruf Bank Gothic, , Arial, TimesNew Roman, Gungsuhche, Mistral,Bickham Script Pro, Century Gothic, Dan . karena jenis huruf tersebutmenarik, formal dan mudahdibaca oleh semua kalangan. 3. Tata letak atau layout yang dipergunakan adalah dengan menata atau menyatukanunsur-unsur komunikasi visual mulai dari teks, gambar dan warna agar menjadimedia komunikasi visual yang komunikatif dan dapat menarik perhatian konsumen atau relasi bisnis. 4. Gaya penampilan grafis yang dipergunakanadalah menciptakan kesan elegan, formal dan dinamis karena PT.Karya Resources Persada merupakan salah satuperusahaan yang bergerakdibidang jasa. 5. Model yang dipergunakan dalam majalah adalah gambar dan foto aset-asetyang ada di PT.Karya Resources Persada, karena untuk mewakili dari keterangan teks yang ada dalam Majalah agar pembacalebih mengerti dan percaya.

                    4.3.3 Proses Desain

                    Dalam proses perancangan majalah ini, penulis melakukan secara bertahap sesuaidengan tahapan yang telah ditentukan melalui buku panduan, untuk mendapatkanhasil rancangan yang menarik dan efektif penulis menerapkan 3 (tiga) tahapanproses yaitu : a. Layout Kasar (Rough Layout) Sebelum membuat rancangan melalui komputer, penulis terlebih dahulumembuat layout kasar dengan menggunakan alat gambar pensil dan kertas, untukmemberikan kebebasan penulis dalam menuangkan ide gagasan yang sesuai denganperancangan, selain itu sebagai pedoman pada saat proses desain denganmenggunakan komputer. Proses-proses berikutnya, dalam hal ini yang dimaksud layout kasar adalah penempatan elemen-elemendesain yang nantinya akan dipergunakan dalam perancangan media komunikasi yangdisertai acuan standarisasi pada desain yang akan dibuat, umumnya dibuat hitamputih, salah satu diantaranya dapat dibuat dengan coretan atau sketsa denganmenggunakan pensil gambar. Pada tahap ini penulis akan menyesuaikan terhadap banyaknya jenis mediayang akan dirancang dari media pertama hingga selanjutnya.



                    BAB V

                    PENUTUP

                    5.1. Kesimpulan

                    Dari proses pengalaman yang didapat setelah Penulismelakukan penelitian dan menyelesaikan perancangan media Company Profile berbentuk magazine pada Klinik Usada Nugraha Kabupaten Tangerang Februari 2014 sampai dengan Bulan Mei 2014 Penulis mengutarakan kesimpulan sebagai berikut :


                    1. Dari penelitian yangdilakukan penulis, PT.KaryaResources Persada (Lawton Coffee) belum memiliki media company profile dalambentuk buklet. Diharapkan dari media company profile yang penulis usulkan dapatmemberikan nilai efektifitas dalam penyampaian informasi yang diinginkan.


                    2. Untukmenrancang sebuah media company profile yang efektif serta dapat memberikan manfaat bagi bagi perusahaandiperlukan rancangan Company Profile yang dibuat dengan layout yang menarik danbahasa yang ditampilkan pun mudah dimengerti. Dikemas sebagai sarana informasimengenai profil perusahaan secara lengkap dan terperinci


                    3. Untukmerancang media Company Profile yang menarik perlu memperhatikan susunan grafisseperti warna, layout, foto, dan pemilihan font yang menarik.


                    4. Darimedia Company Profile yang telah penulis usulkan, diharapkan perusahaan dapatmencapai target keuntungan lebih besar dari total keuntungan pada tahunsebelumnya.

                    5. Penggunaanebook referensi untuk costumer


                    5.2. Saran-saran

                    Setelahmenganalisa dan mempelajari permasalahan PT.Karya Resources Persada (Lawton Coffee) seperti pembahasan sebelumnya,makan penulis memberikan saran atau usulan sebagai berikut.
                    Dengan segala kerendahan hati, maka penulis memberikansaran yang ditujukan kepada Klinik Usada Nugraha Kabupaten Tangerang :

                    1. Media company profile yang dibuat adalah berdasarkan data –data yang didapat pada tahun 2014, perusahaan perlu melakukan pengembangan jikaada perubahan materi atau menginginkan adanya pengembangan dari company profiletersebut dalah waktu 3-4 tahun atau sesuai kebutuhan perusahaan

                    2. Kiranya perusahaantetap memberikan kesempatan kepada desainer muda yang ingin melakukanpenelitian tentang desain media promosi dan informasi di PT.Karya Resources Persada (Lawton Coffee).

                    DAFTAR PUSTAKA


                    Daryanto,S, 1997. KamusLengkap Bahasa Indonesia, Jakarta : Appollo

                    GordonB. Davis, 1974. ManagementInformation System: Conceptual Foundation, Structure, and Development,Aucklland : McGraw-HillInternational Book Company

                    Hendratman, Hendi, ST.,2006.Tips n TrixComputer Graphics Design, Bandung: INFORMATIKA.

                    Maulana,Arya,2005. panduanLengkap Adobe Illustrator Cs5,Jakarta : RestuAgung.

                    Nugroho,Gilang, 2008. PerancanganMedia Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi CV. Mitra Jaya ManufacturingEngineering & General Suppliers, Tangerang : PerguruanTinggi Raharja

                    Sunarya,Lusyani, S.Sn., 2007:DiktatAplikasi Desain Grafis III, Tangerang : Raharja Informatika

                    Susanto,Mikke, 2002, DiksiRupa.Jogjakarta : Kanisius.

                    Sunardi,P.W, PrinsipDan Istilah Desain Komunikasi Visual, blogspot.com

                    Tjiptono, Fandi, 2007. Diktat Riset Media Strategi Pemasaran, Jakarta: dian Rakyat

                    Umar, Husein, 2003. Business AnIntroduction, Jakarta : GRAMEDIA

                    Vardiansyah, Dani, 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi, Jakrta : Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta

                    Widada, Sugeng, Drs.,2006. Materikuliah Desain Karakter dan Modelling, Tangaerang perguruan TinggiRaharja, Tangerang

                    Warsina, S.Sn., 2005. Materi Kuliah Nirmana, Tangerang : PerguruanTinggi Raharja
                    </br>