SI1021465135

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

'REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANG TANGERANG

SKRIPSI


jpg


Disusun Oleh :


NIM
: 1021465135
NAMA



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI Multimedia Audio Visual and Broadcasting

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANG TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1021465135
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 00 Januari 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
       
           
           
           
           
(Drs. Sugeng Widada, M.si)
       
(Himawan, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 007002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

PCABANG TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021465135
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, 00 Januari 2015

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
(Drs. Sugeng Widada, M.si)
   
(Himawan, M.Kom)
NID : 00000
   
NID : 00000

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANG TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021465135
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, 00 Januari 2015

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
(...............)
 
(...............)
 
(...............)
NID : 00000
 
NID : 00000
 
NID : 00000

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA [PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

PADA [PT CABANG TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021465135
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sangksi jika pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 00 Januari 2015

 
 
 
 
NIM : 1021465135

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Perkembangan ilmu Pengetahuan Teknologi Informasi pada masasekarang ini sudah sangat maju, semakin ketatnya persaingan dunia usahamenjadikan perusahaan, institusi atau instansi, berlomba melakukan promosipenjualan dengan menggunakan bentuk-bentuk media yang dinilai dapat dijadikanpenunjang dalam program promosi seperti melalui sebuah Company Profile dalam bentuk booklet.Secara umum Company Profile adalahsebagai aset perusahaan yang berfungsi sebagai tanda atau identitas dariperusahaan dalam menjalin kerjasama dengan relasi yang baik dengan perusahaanatau lembaga dan instansi terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan untukmenerapkan konsep media Company Profiledapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai profilperusahaan menggunakan media cetak dalam bentuk booklet. Saat ini PT Swadharma Sarana Informatika merupakan badanusaha yang bergerak di bidang pengelolaan, pengisian, perawatan dan perbakanmesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Untuk memperoleh data-data yang diperlukanselama penelitian, penulis menggunakan beberapa metodologi, antara lain: metodeanalisa permasalahan, metode pengumpulan data (observasi, interview, studi pustaka), metode analisa perancangan, dan konsepdesain. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa rancangan media Company Profile berbentuk booklet yang diharapkan dapatmenyampaikan tambah dalam penyampaian informasi yang diinginkan, khususnyadalam hal penyampaian informasi layanan dan jasa pengelolaan mesin ATM.

Kata Kunci : Media, Promosi, Booklet, Company Profile


ABSTRACT

Developmentof Science in InformationTechnology today isalready very advanced,increasing competition in the businessworld make the company, institutionor agency, racing to the promotion of sales byusing forms ofmedia that can be used as supporting assessedin promotional programssuch as through aCompany Profile in the form of booklets. In general companyprofile is a corporate asset that serves as the sign or theidentity of the company in cooperation witha good relationship with the company or institutionand other relevant agencies. This study aims to applythe concept of media companyprofile can provide information and moreeffective promotion of theprofile companies using print media inthe form of booklets. CurrentlyPT Swadharma FacilityInformation is a business entity that is engaged in the management, replenishment, maintenance and the banking ATMs(Automatic Teller Machine). To obtain the necessary datafor the study, theauthors used several methodologies, among others: problem analysis methods, datacollection methods (observation, interview,literature), the method of analysisdesign, and design concepts. The end result of this research is to plan a media companyprofile booklet form that is expected to deliver added in delivering thedesired information, particularly in terms of the delivery of informationservices and managementservices ATM machines.

Keywords : media,promotion, booklet, company profile,

KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat AllahSWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segalarahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan denganbaik dan selesai dengan semestinya. </b>.

Dengan segala kerendahanhati, penulis mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT. atas segala berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi dengan judul REDESIGN MEDIA COPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK DANPENIGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA CABANGTANGERANG.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak,maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesaitepat waktu.

Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasiyang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya sertamahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahanperbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karya ilmiahyang baik.

  1. Bapak Ir.Untung Rahardja, M.T.I., selaku ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak SugengSantoso, S.Kom., selaku Asisten Direktur Akademik.
  3. Bapak JunaidiM.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Bapak Drs.Sugeng Widada selaku dosen Pembimbing 1(Satu) dan Staff ahli konsentrasi MAVIB Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Himawan,S.kom, M.Kom selaku dosen Pembimbing 2 (Dua).
  6. Bapak WahyuSavitri Syahrizal selaku koordinator senkas tangerang yang telah memberikankesempatan bagi penulis untuk penelitian ini.
  7. <listyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;"> Kepada Orang Tua yang selama ini telah setia memberikandorongan semangat, perhatian, dan doa.


  8. Para sahabatdan rekan-rekan penulis dimana penulis tidak dapat menyebut satu persatu.

<pstyle="line-height: 2"> Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masihterdapat kekurangan-kekurangan serta kelemahan-kelemahan, untuk itu penulissangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakanpenyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT. senantiasa menyertai langkahkita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Amin.

</p>



Tangerang, Maret 2015
Ade Gunawan
NIM.1021465135

Daftar isi

<divstyle="font-family: 'times new roman';text-align: center">BABI

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Permasalahan

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi informasi pada masasekarang ini sudah sangat maju, semakin ketatnya persaingan dunia usahamenjadikan perusahaan, institusi atau instansi, berlomba melakukan promosi penjualandengan menggunakan bentuk-bentuk media yang dinilai dapat dijadikan penunjangdalam program promosi seperti melalui sebuah Company Profile yang akan digunakan sebagai alat bantuberkomunikasi dan sebagai media pemasaran produk agar dapat dikenal oleh parakonsumen dan karyawan perusahaan itu sendiri.

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasadigunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi yang baik dankerjasama dalam lingkup internperusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkaitlainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut.

PT Swadharma Sarana Informatika yang berpusat di Graha Manggala Pakartigedung B lantai 1 Jl. Arteri jorr Jatiwarna adalah suatu badan usaha yangbergerak di bidang pelayanan perawatan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri)secara berkala (Preventive maintenance),pengisian kas ATM (ATM cash Replenishment),pemasangan atau instalasi mesin ATM, pengadaan kebutuhan supplies komputer,pengadaan kebutuhan perangkat keras ATM, pemasangan dan perbaikan grounding pelistrikan, pemasangan atauinstalasi jaringan kabel data atau LAN (LocalArea Network) dan jasa konsultasi untuk ITmanagement.

Saat ini PT Swadharma Sarana Informatika , menggunakan media promosi dan informasidalam beberapa bentuk media yaitu berupa websitedan melakukan presentasi ke klien secara lisan, melakukan pemasaran denganmemperkenalkan pelayanan jasa yang belum dikemas dalam bentuk buku yang sudahrapi dan terorganisir dengan baik dan semakin berkembangnya perusahaan setiaptahunnya, kebutuhan perusahaan mengenai informasi dan promosi akan terusbertambah sesuai perkembangan zaman. Agar dapat menyampaikan informasi profilperusahaan yang lebih optimal setidaknya harus mempunyai sarana media yangdapat menunjang efektivitas dalam proses komunikasi yang perusahaan lakukan.

Melihat dari permasalahan yang muncul dengan belumterdapatnya bentuk media yang bisa memberikan informasi pada saat perusahaaningin menyampaikan orientasi visi dan misi perusahaan, pihak pemasaran ataumarketing memerlukan sebuah Company Profile yang mampu mengemas seluruhaset yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalin relasi pada perusahaanterkait.

Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan penulis terhadapPT Swadharma Sarana Informatika, perusahaan tersebut membutuhkan media promosiyang menarik untuk memperkenalkan seluruh kapasitas perusahaan dan diharapkanmelalui perancangan media komunikasi visualini dapat meningkatkan omset transaksi perusahaan.

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Berdasarkan analisa di atas, penulis mencoba mengambil temadalam Skripsi ini dengan judul: “REDESIGNMEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA CABANGTANGERANG”.

</div>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<pstyle="line-height: 2">">Darirancangan media yang dihasilkan kedepan diharapkan dapat lebih memberi nilaiefektifitas dalam program informasidan promosi yang telah direncanakan.</p></div>


1.2. RumusanMasalah

Berdasarkan latar belakang yang telahdikemukakan, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:

1. Media Company Profile sepertiapa yang dapat digunakan sebagai penyampaian informasi detail usaha yangmenarik, yang efektif, dan efisien?

2. Bagaimana merancang media Company Profile yang menarik, efektif, efisien, dan dapatmeningkatkan pencitraan image usaha?

3. Setelah dirancangnya kembali mediacompany profile dan apabila telah digunakan target apa yang diinginkan oleh PTSwadharma Sarana Informatika?


1.4. RuangLingkup Penelitian

Agarpembahasan permasalahan Skripsi ini lebih terarah maka penulis membatasi ruanglingkup, yaitu perancangan kembali media CompanyProfile dalam bentuk booklet.

1.4. Tujuandan Manfaat

1.4.1. TujuanPenelitian

Adapuntujuan penulis melakukan penelitian adalah sebagai berikut :

A. Tujuan Operasional Menerapkan konsep media Company Profile sebagai sarana informasidan promosi yang lengkap dan terperinci. B. Tujuan Fungsional Secara fungsional media Company Profile PT Swadharma Sarana Informatika dapat memberikaninformasi dan promosi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkupperusahaan. C. Tujuan Individual Untuk menambah wawasan dan mendapatkanpengalaman serta sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapikreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalammenyelesaikan Skripsi.

</ol>  

Manfaat Penelitian

Manfaatdari penelitian ini adalah:

A. Tujuan Operasional Menerapkan konsep media Company Profile sebagai sarana informasidan promosi yang lengkap dan terperinci.

B. Tujuan Fungsional Secara fungsional media Company Profile PT Swadharma Sarana Informatika dapat memberikaninformasi dan promosi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkupperusahaan.

C. Tujuan Individual Untuk menambah wawasan dan mendapatkanpengalaman serta sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapikreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalammenyelesaikan Skripsi.

Manfaat Penelitian.

Manfaat dari penelitian ini adalah:

1. Manfaat bagi penulis :

a.. Sebagai saranapembelajaran bagi penulis dalam merancang media penunjang promosi yaitu Company Profile.


b.. Mampumengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.


c. Memberikan pengalamanbagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan serta mampu menerapkanilmu yang didapat secara teoritis dalam perkuliahan.


2. Manfaat bagi perusahaan :

a. Sebagai penunjanginformasi dan promosi terhadap relasi dan memperlihatkan media CompanyProfile pada saat rapat untuk melakukan sebuah kerja sama dengan klien.

b. Meningkatkan citra dansebagai aset perusahaan. c. Memberikan informasitentang perusahaan yang lebih terperinci sehingga konsumen atau relasi PTSwadharma Sarana Informatika lebih meyakinkan untuk terus menjadi relasi ataukonsumen tetap.


1.5. Metode Penelitian

Metode-metodeyang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Metode Analisa Permasalahan,Metode Pengumpulan Data, Metode Analisa Perancangan Media, dan Metode KonsepDesain.

1 Analisa Permasalahan

Untuk mendapatkanpermasalahan penelitian skripsi ini penulis melakukan wawancara pada hari senintanggal 3 November 2014 pada bagian Ass. Manager Pengawasan bapak WahyuSavitri Syahrizal.

2 Pengumpulan Data

a. Observasi

Penulis melakukan metode observasi untukmengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam prosespenyusunan laporan penelitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secaralangsung.

b. Interview(wawancara)

Metode pengumpulan datayang dilakukan adalah dengan cara wawancara langsung atau tanya jawab secaralisan dengan narasumber atau stakeholder yaitu pada bagian Ass. ManagerPengawasan bapak Wahyu Savitri Syahrizal yang terlibat langsung dalam materipembahasan ini.

c. Studi Pustaka

Materi-materi yangdipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber, yaitumembaca buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berhubungan dengantopik penelitian.

3 Analisa Perancangan

Media CompanyProfile yang dibutuhkan oleh PT Swadharma Sarana Informatika akandiproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis diantaranya: Adobe Photoshop, dan CorelDRAW x5.

4 Konsep Design

Konsep desain yangdigunakan penulis dalam penelitian skripsi ini akan menyampaikan: a. Perencanaan media; b. Perencanaan pesan; c. Perencanaan visual .


1.6. SistematikaPenulisan

Penulisan terbagi menjadilima bab dan setiap bab terbagi dalam subab-subab dengan urutan pembahasansebagai berikut:


BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulismenguraikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan ManfaatPenelitian, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulismenjelaskan konsep-konsep dasar yang akan mendasari laporan penelitian skripsiyang penulis ajukan.

BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI

Bab ini berisi tentanggambaran umum perusahaan yaitu, mengenai Sejarah, Product Information, Market Analisis,Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective dan Marketing Strategy.

BAB IV KONSEP DESAIN

Berisi perencanaan (konsep media), strategimedia, program media, konsep kreatif yang meliputi tujuan kreatif dan strategikreatif, konsep visual, (tujuan visual, strategi visual, pengarahaan visualisasidan designing).

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentangkesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitianyang dilakukan.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Konsep Dasar Perancangan

2.1.1 Pengertian Perancangan

Perancanganadalah suatu kegiatan membuat desain teknis berdasarkan evaluasi yang telahdilakukan pada kegiatan analisis. Perancanganmerupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yangtelah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-halyang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui prosespenggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehinggahal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik. Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitekturprogram, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untukmenggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untukmenggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.

               Perancangan adalah wujud visual yang dihasilkan daribentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangandesain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-idekemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-halyang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dankegunaan secara baik.

Berdasarkan beberapa pendapatyang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwaperancangan adalah tahap pembuatan suatu bentuk visual yang telah direncanakansebelumnya.

2.1.2 Proses Perancangan Secara Umum

1. Persiapan Data

                     Data dapat berupa teks ataugambar yang terlebih dahulu kita seleksi. Kita harus menentukan apakah datatersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau kurang penting sehinggadapat ditampilkan lebih kecil, disamarkan atau dibuang sama sekali. Data jugadapat berupa data informatif yaitu berupa foto, teks dan judul, sertadata estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis, garisatau bidang.

2. Ide

Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studibanding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentuyang sulit dilupakan.

3. Konsep

Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan,kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secaravisual.

4. Media

Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmenyang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapaitujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain -lain.

5. Visualisasi

Menentukan komponen desain, pemilihanwarna, layout sampai finishing.

6. Produksi

Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing)untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.

2.1.3 Pengertian Project

Project adalah susunan klip video, gambar, atau musik di timelineatau storyboard yang sedang dalam pengeditan.

2.2 Konsep Dasar Promosii

2.2.1 Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satufaktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnyasuatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin produkitu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpapromosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempatgelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis cantik dikejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut, selaindirinya sendiri. Promosimerupakan salah satu penentu keberhasilan suatu pemasaran. Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasipemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaranyang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk danmengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerimadan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Berdasarkan pendapat-pendapatyang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa promosiadalah salah satu kegiatan yang dapat menentukan keberhasilan suatu programpemasaran.

2.2.2 Tujuan Promosi

Tujuan utama dari promosi adalahmenginformasikan, mempengaruhi, membujuk serta mengingatkan pelanggan sasarantentang perusahaan dan bauran pemasaran.

2.2.3 Bentuk Promosi

Meskipun secara umumbentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebutdapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya. Beberapa tugas khusus itusering disebut bentuk promosi, antara lain: 1. Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antarapenjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calonpelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga merekaakan mencoba dan membelinya.

2. Mass Selling adalahpendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasikepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling namun merupakanalternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasarsasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.

3. Promosi Penjualan adalah bentuk persuasilangsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untukmerangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yangdibeli pelanggan.

4. Public Relations (hubungan masyarakat) adalah upaya komunikasimenyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinandan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapatmempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

5. Direct Marketing adalah system pemasaran yang bersifatinteraktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkanrespon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.


2.3 Konsep Dasar Informasi

2.3.1 Pengertian Data

Data adalah deskripsi tentangbenda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atautidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

               Menurut Loudon, K.C.  dalam buku Sistem Informasi ManajemenPemahaman dan Aplikasi (2008:8) data adalah deretan fakta-fakta yangmenggambarkan kejadian dalam organisasi lingkungan fisik sebelum diorganisasidan diatur kedalam bentuk yang dapat dimengerti dan digunakan orang.

Sumber informasi adalahdata. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau item. Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatukejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatiftidak berarti bagi pemakai. Berikut ini adalah berbagai macam jenis-jenis ataubettuk data :

1.Teks, adalah sederetan huruf, angka, dansimbol-simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing itemsecara individual misalnya, artikel koran, majalah dan lain-lain.

2. Data yang terformat,adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya data yang menyatakan tanggalatau jam, dan nilai mata uang.

3. Citra (image), adalahdata dalam bentuk gambar, citra dapat berupa, grafik, foto, hasil ronsten, dantanda tangan.

Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan di atasmaka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa data adalah sumber informasi yang menggambarkan suatukejadian berdasarkan fakta-fakta yang ada.



2.3.2 Pengertian Informasi

Informasi adalah data yangtelah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya danbermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan. Informasi adalah data yangtelah diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanyadan merupakan nilai yang sesungguhnya dan dapat dipahami dalam tindakan ataukeputusan yang sekarang atau nantinya. Informasiadalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berartibagi yang menerimannya, informasi disebut juga data yang diproses atau datayang memiliki arti. Berdasarkan pendapat-pendapatyang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwainformasi adalah data yang telah diolah dan memiliki makna atau arti sertamanfaat bagi penerimanya.

2.3.3 Nilai Informasi

Nilai dari informasi (valueof information) ditentukan oleh dua hal yaitu, manfaat dan biayapendapatannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektifdibandingkan biaya mendapatkannya. Sulit untuk menggabungkan suatu bagianinformasi pada suatu masalah yang tertentu dengan biaya memperolehnya, karenasebagian besar informasi dipakai banyak pihak dalam perusahaan. Informasi tidakdapat ditaksir keuntungannya dengan nilai uang, tetapi dapat ditaksir dengannilai efektifnya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengananalisis cost effectiveness atau cost benefit. Parameteruntuk mengukur nilai sebuah informasi (value of information) ditentukan dari dua hal pokokyaitu manfaat (benefit) dan biaya (cost). Namun, dalam kenyataannya informasiyang biaya untuk mendapatkannya tinggi belum tentu memiliki manfaat yang tinggipula. Suatu informasi dikatakan bernilai jika manfaatnya lebih efektifdibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya dan sebagian besar informasitidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang, tetapi dapatditaksir nilai efektivitasnya.

2.4 Konsep Dasar Media

2.4.1 Pengertian Media

Mediaadalah saluran penyampaian pesan komersial kepada khalayak sasaran. Mediatersebut dapat berupa surat kabar, majalah, televisi, radio, internet,buku profil, media luar ruang, iklan transit dan direct mail.Pemilihan setiap media dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ciri produk,jenis pesan, pasar sasaran, luas dan jenis distribusi, anggaran, strategi iklanpesaing, serta keunggulan dan kekurangan media itu sendiri. Selain itupemilihan media juga tergantung pada tujuan pengiklanan, yang merupakan pintugerbang dari seluruh kegiatan dalam program pengiklanan.

Mediaadalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada publicdengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambaratau foto.

Mediaadalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertianmedia yang diberikan AECT (Association for Education Communication andTechnology) ini menunjukkan bahwa istilah “media” memiliki makna yangsangat umum, ini disebabkan kata “segala bentuk” yang terdapat dalam pengertiantersebut memberikan makna bahwa yang disebut media tidak terbatas pada satujenis media tertentu.

Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan di atasmaka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa media adalah sarana yang digunakan untuk menyampaikaninformasi dan kegiatan promosi.

2.4.2 Alternatif Media

Secara umum media yang tersedia dapatdikelompokan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang, mediadalam ruang, media lini atas dan media lini bawah.



1. MediaCetak

Yaitu media yang statis dan mengutamakanpesan-pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupunhitam putih. Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat kabar, buku profil,majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.


2. MediaElektronik

Mediaelektronik, yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila adatransmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship,iklan partisipasi (disisipkan ditengah-tengah film atau acara), pengumumanacara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronikterdiri atas: televisi, radio daninternet.


3.Media Luar ruangan

Media luar ruangan (outdoor), yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yangdipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian,atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembokdan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi: billboard,baliho, poster, spanduk umbul-umbul, transit(panel bis), balon raksasa, dan lain-lain.


4.Media Dalam Ruangan

Media dalam ruangan (indoor), yaitu media iklan(biasanya berukuran kecil) yang dipasang disuatu ruangan, gedung atau toko-tokolainnya. Jenis-jenis media dalam ruanganmeliputi: poster, sticker, katalog,etalase, hanging design, point of purchase, floor stand dan lain-lain.


5.Media Lini Atas

Media lini atas, yaitumedia utama dalam langkah berpromosi. Hal ini dilakukan untuk menjangkau target audience secara menyeluruh. Media lini atas terdiri dari media yangberkaitan dengan media cetak dan media elektronik.


6.Media Lini Bawah

Medialini bawah, yaitu media penunjang dalam berpromosi. Bertujuan sebagaialternatif dalam berpromosi yang sifatnya kontinyu.

2.5 Konsep Dasar Desain

2.5.1 Definisi Desain

Desainmerupakan art direction, yaitu penampilan visual secaramenyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter(berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalamdesain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukanalternatif desain, hingga final artwork (FAW). Padadasarnya, desain adalah salah satu manivestasi kebudayaan yang berwujud produkdari nilai-nilai yang berlaku pada kurun waktu tertentu. Sebagai produk kebudayaan, ia terkaitdengan sistem ekonomi dan sosial. Disamping itu desain bersahabat dengan sistemnilai yang bersifat abstrak dan spiritual. Desain sangat akrab dengan kehidupanmanusia adalah suatu kenyataan yang universal keberadaannya tidak dapatdipisahkan dengan sejarah manusia, karena desain adalah satu upaya manusiauntuk meningkatkan kualitas hidupnya.

2.5.2 Fungsi-Fungsi Desain

Desainbiasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaiankreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baiksebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memilikiarti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda,“desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baikitu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

1. Fungsi Informasi Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual. 2. Fungsi identifikasi Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirimpesannya lewat karakter visual. 3. Fungsi Persuasi Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkanresonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya(seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.


2.5.3 Pengertian Grafis

Grafis dalam istilah bahasaInggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupatitik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak. Desain Grafisdapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam wujudgambar. Dalamproses mendesain ini seorang desainer dapat mempergunakan peralatan manualseperti kuas atau dengan teknologi komputer. Desain grafis komputer dapatdiartikan sebagai upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam wujudgambar yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer. Seni grafis adalahsejenis karya seni murni yang umumnya memiliki dwimatra, merupakan hasil kerjadiatas kertas, lempengan batu, logam, kayu, lembar sablon atau lainnya dimanapada permukaannya seseorang telah mengungkapkan gagasan dan cita rasa seninyadalam bentuk goresan, torehan, cukilan, guratan, sapuan, dan sebagainya.

2.5.4 Unsur-unsur Desain Grafis

Ada beberapa unsur visual yang perlu Anda ketahui terlebihdahulu sebelum mendesain. Ibarat ingin menjadi juru masak, Anda perlu mengenalbahan dan bumbu masakan kemudian tahu cara meramu dan mengolahnya menjadisajian makanan yang lezat dan bisa dinikmati oleh orang banyak. Belajar desainkomunikasi visual terlebih dahuluperlu mengenal materi-materi dasar dan tahu cara penataannya sehingga dapatmenghasilkan komposisi desain yang harmonis, menarik, komunikatif, danmenyenangkan pembaca. Elemen-elemen desain berikut sebenarnya sudahtidak asing lagi di mata kita, hampir setiap hari kita jumpai, dan telah banyakdiuraikan dalam buku-buku seni rupa, yaitu:


1. Garis (line) Secara sederhana, garis dapatdimaknai sebagai jejak dari suatu benda. Ketika Anda menggoreskan alat tulisatau menggerakkan mouse computer, dan gerakan itu meninggalkan jejak,maka jejak tersebut bisa disebut garis. Garis tidak memiliki kedalaman (depth),hanya memiliki ketebalan dan panjang. Oleh karena itu, garis disebut elemensuatu dimensi.

2. Bidang (shape) Elemen grafis yang kedua adalahbidang (shape). Segala bentuk apa pun yang memiliki dimensi tinggi danlebar disebut bidang. Bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris (lingkaran,segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) danbentuk-bentuk yang tidak beraturan. Bidang geometris memiliki kesan formal.Sebaliknya, bidang-bidang non-geometris atau bidang tak beraturan memilikikesan tidak formal, santai dan dinamis.

3. Warna (color)Salahsatu elemen visual yang dapat denganmudah menarik perhatian pembaca adalah warna. Betapa sepinya dunia desaingrafis tanpa kehadiran warna. Namun demikian, Anda perlu hati-hati dalampenggunaan warna. Apabila pemakaian warna kurang tepat maka dapat merusakcitra, mengurangi nilai keterbacaan, dan bahkan dapat menghilangkan gairahbaca. Jika Anda dapat menggunakan dengan tepat, warna dapat membantumenciptakan mood dan membuat teks lebih berbicara. Sebagai contoh,desain publikasi yang menggunakan warna-warna soft dapat menyampaikankesan lembut, tenang dan romantik. Warna-warna kuat dan kontras dapat memberikesan dinamis, cenderung meriah.

4. Gelap-terang (value) Perbedaan nilai gelap-terangdalam desain grafis disebut value. Salah satu cara untuk menciptakankemudahan baca adalah dengan menyusun unsur-unsur visual secara kontras gelap-terang. Kontras value bersifatrelatif, sangat dipengaruhi oleh background dan elemen-elemen laindisekitarnya. Kontras value dalam desain komunikasi visual dapat digunakan untuk menonjolkan pesan atau informasi,sekaligus menciptakan citra. Penggunaanwarna-warna yang kurang kontras (low contrast value) dapat menciptakankesan kalem, damai, statis, dan tenang. Sebaliknya, komposisi warna-warnakontras (high contrast value) memberikan kesan dinamis, enerjik, riang,dramatis, dan bergairah. Kontras value dapat kalian buat denganmemadukan warna-warna terang (putih, kuning, hijau muda, dan lain-lain) denganwarna-warna gelap (hitam, ungu, biru tua, dan lain-lain).

5. Tekstur (texture) Tekstur adalah nilai raba atauhalus-kasarnya suatu permukaan benda. Jika pembaca meraba batu candi, dapatdirasakan adanya tekstur kasar. Hal ini berbeda dengan meraba permukaan kacayang memiliki tekstur halus. Permukaan pohon yang kasar danpermukaan kaca yang halus, keduanya dapat disebut tekstur nyata. Di komputer tersedia berbagai imagetekstur, halus, dan kasar, yang dapat digunakan untuk menciptakan citratertentu. Dalam seni rupa, khususnya desaingrafis, tekstur dapat bersifat nyata dan dapat pula tidak nyata (tekstur semu).Karya-karya desain grafis umumnya dicetak di atas kertas halus, seperti HVS, artpaper, ivory, dan lain-lain. Memang ada beberapa barang cetakan yangmenggunakan media bertekstur kasar, tetapi sangat jarang. Tekstur kasar hanyadigunakan untuk desain-desain special. 6. Format Besar-kecilnya elemen visual perlu Anda perhitungkan secaracermat sehingga desain komunikasi visualmemiliki nilai kemudahan baca (legability) yang tinggi. Langkah pertamauntuk mempermudah penyusunan elemen-elemen desain adalah dengan membuat skalaprioritas (visual hierarchy). Tulis semua informasi yang akan Andasampaikan. Urutkan dari atas, mulai dari informasi yang paling penting, agakpenting, kurang penting, sampai ke elemen yang paling tidak penting. Hal iniseolah-olah Anda hendak menyarankan pada pembaca informasi mana yang perludidahulukan untuk dibaca. Informasi yang dianggap paling penting, baik verbalmaupun visual, perlu ditonjolkandengan ukuran lebih besar dan mencolok. Demikian pula warna, bentuk, danposisinya. Secara visual perlu dibuatkontras dan menonjol sehingga menjadi focal point.


2.5.5 Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Penerapan prinsip-prinsipdesain dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Keseimbangan (Balance) Kesan seimbang atau balance dapat dibangun menggunakan elemen garis,warna, value, ukuran, bidang, dan tekstur.

2. Tekanan (emphasis) Penekanan bisa pada ilustrasi, logo, judul, slogan, atau elemen lainnyayang dianggap paling penting dan mendesak untuk disampaikan. Penekanan elemendesain bisa diciptakan dengan beberapa cara, antara lain: a. Kontras antara background denganilustrasi atau teks. b. Kontras warna dan kontras value (gelap-terang). c. Kontras ukuran, jenis, warna dan style huruf. d. Ilustrasi dibuat besar atau menonjol. e. Menggunakan bidang kosong (white space) untukmemunculkan elemen yang ingin dibaca pertama kali. f. Irama (rythm), irama atau ritmik adalah carapenyusunan elemen-elemen grafis dalam satu layout.

3. Kesatuan (Unity) Elemen pemersatu bisa berupa warna, garis, jenis huruf, bentuk bidang, dansebagainya.

2.5.6 Definisi Tiphografi

Tipografi (typography) adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-fontkomputer, kita akan leluasa memilih jenis fontyang diinginkan. Namun memilih fontadalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.Caramemilih dan mengelola huruf dalam desain grafis sudah menjadi disiplin ilmutersendiri, disebut Tipografi (typography). Sejarah tipografi dapat dikatakan seumurdengan sejarah seni mencetak buku. Tipografi berasal dari kata Yunani tupos (yang diguratkan) dan graphoo(tulisan). Dulu tipografi hanyadiartikan sebagai ilmu cetak-mencetak. Orang yang memiliki keahlian mencetakdisebut tipografer. Dalam perkembangannya, istilah tipografi lebih dikaitkandengan gaya atau model huruf cetak. Bahkan saat ini pengertian tipografi sudahberkembang lebih luas lagi, yaitu mengarah pada disiplin ilmu yang mempelajarispesifikasi dan karakteristik huruf, bagaimana memilih dan mengelola hurufuntuk tujuan-tujuan tertentu.

2.5.7 Definisi Tentang Psikologi Warna

1. Pengertian Warna

Secara obyektif warna adalahsifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga,kuning, ungu).

Jeniswarna yang demikian disebut Spectrum atau warna cahaya. Secara Subyektifwarna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima daripantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.

2. Teori Warna Secara garis besar dikenal adanya 2 dasarteori tentang warna: a. Prangsystem. b. Munsellsystem. Menurut teori Prang system, warnadapat dibagi berdasarkan:

1) HUE (nama warna): panas atau dinginnya warna a. Menunjukkan nama-nama warna : merah, biru,hijau. b. Perbedaanwarna adalah perbedaan HUE. c. Bilahijau menjadi kebiruan dapat dikatakan berubah HUE nya.

2) VALUE: Terang atau gelapnya warna.

3) INTENSITY: Cerah atau suramnya warna.

1. Jenis atau Bentuk Warna

a. Warna Primer Warna primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warnalain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atauwarna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta),Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna: kuatdan kontras.

b. Warna sekunder Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran 2 warna primer, denganperbandingan yang sama akan mendapatkan 3 warna pula, yaitu jingga, (merah +kuning), hijau (kuning + biru), dan ungu (merah + biru).


c. Warna Quarter Warna yang merupakan hasil percampuran 2 warna tersier, yaitu coklatjingga adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah,sedangkan coklat hijau adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklatbiru.


d. Warna tersier Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna-warnasekunder yang menghasilkan 3 warna, yaitu orange-jingga, orange-hijau,dan hijau-jingga.


e. Warna Complementer Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning,merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ biladigoyang sepertinya dapat bergerak.

2. Makna Simbolik Warna

a. Warna Merah : semangat, keberanian, amarah,bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan. b. Warna Kuning : kegembiraan, keceriaan,kecemerlangan, keagungan, ciptaan. c. Warna Kuning Emas : kemewahan, kejayaan, kemenangan,kemulyaan, kekuatan spiritual. d. Warna Hijau : pertumbuhan, kesuburan,keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian. e. Warna Biru: Kebenaran, keteguhan, ketenangan,kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati. f. Warna Putih: Kesucian, kebenaran, perdamaian,kemurnian, kejujuran, ketentraman.

g. Warna Hitam: Ketabahan, kekuatan, ketegasan,kejantanan, kesengsaraan. h. Warna Abu-abu: Ketaatan, rendah hati,kesholihan, modern. i. Warna Orange: Kemajuan, semangat, perkembangan,Energi. j. Warna Violet: Kemulyaan, kebesaran jiwa, kelembutan. k. Indigo: Ilmu pengetahuan, kemapanan,kedewasaan.


2.5.8 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkapdalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.

2.5.9 Pengertian Mutu

Mutu adalah kemampuan (ability) yang dimiliki oleh suatu produk atau jasa (service) yang dapatmemenuhi kebutuhan atau harapan, kepuasan (satisfaction), pelanggan (costumer) yang dalam pendidikan dikelompokkan menjadi dua,yaitu internalcostumer daneksternal.

2.5.10 Devinisi Citra atau Image

Citra atauImage adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto,hasil rontgen, dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.

2.5.11 Devinisilayout

1. Pengertian Layout

Layout arti katanya secara bahasa adalah Tata letak. Menurut salahsatu teorinya, layout adalah usaha untuk menyusun, menata atau memadukanunsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, table, dll) menjadikomunikasi visual yang komunikatif,estetik dan menarik.

Padadasarnya layout dapat dijabarkansebagai tata letak elemen-elemen desain terhadap suatu bidang dalam mediatertentu untuk mendukung konsep/pesan yang dibawanya. Me-Layout adalah salah satu proses/tahapan kerja dalam desain. Dapatdikatakan bahwa desain merupakan arsiteknya, sedangkan layout pekerjaannya. Namun definisi layout dalam perkembangannya sudah sangat meluas dan meleburdengan definisi desain itu sendiri, sehingga banyak orang mengatakan bahwa me-layout itu sama dengan mendesain.

2. Jenis-Jenis Layout

a. Layout Kasar Adalah gambar kerja untukmemperlihatkan komposisi tata letak sinopsis, gambar yang akan dibuat, biasanyapada layout kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsapensil gambar yang dibuat secara manual.

b. Layout Komprehensif Adalah suatu gambar yangsudah mendekati komposisi final, dalam hal ini komposisi gambar yangpada umumnya disajikan dalam bentuk warna.


c. Final Artwork Merupakan tahap desain yangsudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu layoutkasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak imagetelah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama proses desain.


2.5.12 Elemen atau unsurdasar desain

Dalam bentuk geometris dan organis, sebagaiberikut:

1. Elemen Konseptual (element basicvisual: elemenbentuk) yang terdiri dari:

a. Titik (Dot point) b. Garis (Line) c. Bidang (Plane) d. Volume

2. Elemen Visual ( karakteristik basicvisual: karakteristik bentuk ) yang terdiri dari:

a.Ukuran b. Shape c. Warna; Value (nada) & Color (warna); tone d. Teksture

3. Elemen Relasional terbagi menjadi 2 diantaranya:

a. Interaksi basic visual:interaksi bentuk yang terdiri dari: 1. Posisi 2. Arah 3. Space 4. Gravity b. Elemen interaksi komposisional yang terdiri dari: 1. Depth 2. Perspektif


2.5.13 Teori DesainKomunikasi Visual

Desaingrafis belakangan lebih sering disebut “Desain Komunikasi Visual” (DKV) karena memiliki peran mengomunikasikan pesan atauinformasi kepada pembaca dengan berbagai kekuatan visual, seperti tipografi, ilustrasi warna, garis, layoutdan sebagainya dengan bantuan teknologi.Dalam beberapa kasus, istilah DKV dianggap lebih dapa menampung perkembangandesain grafis yang semakin luas, tidak terbatas dengan penggunaan padapenggunaann unsur-unsur grafis (visual).

Meski demikian, istilah Desain Grafis (Graphic Design) masih sering digunakan. DKV dikategorikan sebagai Commercial Art karena merupakan paduan antaraseni rupa (Visual Art)dan keterampilan komunikasi untuk tujuan bisnis. Ketatnya tujuan bisnisdibidang industri barang dan jasa, ditambah perkembangan teknologi dankomunikasi, menjadikan DKV berkembang pesat.

Tidak dapat dihindari, karya-karya desain karya komunikasi visualsaat ini sudah merampok sebagian waktu dan perhatian manusia. Setiap hari matakita “dipaksa” untuk melihat iklan. Ketika membuka halaman majalah, suratkabar, internet, atau menghidupkan televisi, mata kita segera disergap iklan.Saat melintas di jalan raya, kita pun selalu dikepung media outdoor berupa poster, billboard, spanduk, baliho, banner, papan nama, signboard, dan bentuk-bentuk iklan lainnya.Di ruangan kantor, mata kita masih dijejali brosur, katalog, kop surat, kartunama, kalender, dan barang cetak lainnya.

Tidak berhenti sampai disitu, iklan cetak berupa leaflet atau brosur bahkan seringdibagikan di traffic-light saat lampu merah, disebar di perumahan, di pusat perbelanjaan, dan ditempat-tempat publik lainnya. Semua media iklan tersebut berusaha keras merebutperhatian konsumen dengan menggunakan elemen-elemen visual, seperti logo, ilustrasi, tipografi, dan warna.

Maraknyakarya-karya desain komunikasi visual menuntut desainer untuk lebih kreatif. Desain yang “biasa-biasa saja”dapat dipastikan kalah bersaing dan kurangdiperhatikan pembaca. Desainer kini semakin dituntut mampu memunculkan gagasan-gagasan besar, ide-ide segaryang tidak terduga.


2.5.14 Definisi Companyrofile

Company Profileadalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang dapat digunakan untukmeningkatkan suatu image atau citradari perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan relasi perusahaan, lembaga daninstansi terkait lainnya. Company Profiletersebut sebagai aset perusahaan yang dipegang dan dimiliki oleh setiapperusahaan atau lembaga.

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasadigunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan kerjasama dalamlingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihakterkait lainnya di luar lingkungan perusahaan tersebut.

Berdasarkanpendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikankesimpulan bahwa Company Profileadalah aset suatu lembaga atau perusahaan yang digunakan untuk meningkatkancitra dan sebagai tanda pengenal untuk menjalin kerjasama dengan perusahaanlain.


2.6 Program Aplikasi Penunjang Desain

1. Corel Draw X5 PengertianCorel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garisvektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yangberkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolahgambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasiatau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan prosesvisualisasi. Berikut akan dijelaskan tentang perbedaan keduanya agar anda dapatmenentukan tipe grafik yang akan digunakan dalam mengolah foto: a.Obyek Vektor Obyek vektor tersusun dari sekumpulan garis, kurva dan bidang tertentusehingga membentuk suatu gambar. Gambar vektor terbentuk oleh fill dan stroke,oleh karena itu gambar vektor sama sekali tidak terpengaruh oleh resolusi.Kondisi gambar vektor tetap tajam saat dicetak. Gambar vektor mempunyaikeunggulan warna yang solid sehingga sangatlah cocok untuk bentuk-bentuk logoyang sederhana. Selain itu obyek vektor tidak akan pecah jika anda melakukanpengaturan ukuran. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk memindah, mengatur ulangukurannya atau mengganti warnanya tanpa menurunkan kualitas. b.Obyek Bitmap

               Gambar bitmap terdiri dari titik-titik yang sering disebutdengan pixel. Pixel tersusun secara terstruktur pada bidangtertentu. Setiap pixel mempunyai warna-warna tertentu yang akhirnyadapat membentuk pola tertentu dan menjadi sebuah gambar. Semakin tinggiresolusi suatu gambar maka semakin solid atau halus gambar tersebut. Akibatnyasemakin tinggi resolusi mengakibatkan ukuran file juga semakin besar.
               Image bitmap cocok untukmereproduksi gradasi warna yang halus seperti gradasi warna didalam fotografi.Tepi image bitmap dapat pecah (tidak rapi) apabila diperbesartampilannya atau apabila image bitmap tersebut dicetak dengan resolusiyang lebih rendah dari aslinya.
               Dengan mengetahui karakteristikdari dua tipe grafik diatas, tentunya akan memudahkan dalam melakukanmanipulasi image menggunakan program Corel Draw X5.

2. Adobe Photoshop CC Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk mengolahfoto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan olehfotografer digital danperusahaan iklan, sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolahgambar atau foto.

2.7 Elisitasi

Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkansistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi olehpenulis untuk dieksekusi. Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tigatahap, yaitu:

2.7.1 Elisitasi Tahap I

Berisi seluruhrancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melaluiproses wawancara.

2.7.2 Elisitasi Tahap II

Merupakan hasilpengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDIbertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada padasistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Berikutpenjelasan mengenai MDI: 1. M pada MDI berarti Mandatory (penting). Maksudnya, requirementtersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistembaru. 2. D pada MDI berarti Desirable. Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalupenting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirementtesebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistemtersebut lebih sempurna. 3. I pada MDI berarti Inessential, Maksudnya, requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas,tetapi bagian dari luar sistem

2.7.3 Elisitasi Tahap III

Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengancara mengeliminasi semua requirement denganoption I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metodeTOE, yaitu: 1. T artinya Teknikal, bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan? 2. O artinya Operasional, bagaimana tata cara penggunaan requirementtersebut dalam sistem yang akan dikembangkan? 3. E artinya Ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem? Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option yaitu: a. High (H): sulit untuk dikerjakan, karenateknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi. b. Middle (M): Mampu untuk dikerjakan. c. Low (L): Mudah untuk dikerjakan.


2.7.4 Finaldraft elisitasi

Merupakanhasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakansebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

2.8 Literature Review

Berdasarkan studi pustaka pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja.Maka penulis melakukan literature review terhadap penelitian-penelitiansebelumnya sebagai berikut: 1.Perancangan Media visual company profilberbentuk magazine sebagai penunjang informasi dan promosi di klinik usadanugraha kabupaten tangerang yang di susun oleh eko siswanto putra. Saat inimedia promosi seperti apa yang dapat memberikan informasi kepada masyarakatatau pelaku bisnis yang dapat mengkomunikasikan usada nugraha baik dan menarik,kepada khalayak sehingga informasi yang dihasilkan dapat menjadi nilai tambah,nilai jual serta mengharumkan nama baik klini, sebagai salah satu alternatifpemecahan masalah, maka diperlukan sebuah perancangan media promosi berupa Company Profile berbentuk magazine atau booklet yang efektif. 2 Perancangan media companyprofile sekolah sebagai sarana informasi untuk meningkatkan efektifitas promosipada SMK kesehatan Nusa Husada Tangerang ynng disusun oleh Ridho Amanilah. Mediainformasi dan promosi yang ada di SMK Kesehatan Nusa Husada Tangerang harusbervariasi dan semakin ditingkatkan, sehingga proses sosialisasi kepadakhalayak dapat lebih mudah, efisien dan efektif. 3. Perancangan media company profile sebagai penunjang informasidan promosi pada PT Pos Indonesia (persero) Tangerang 15000 yang di susun olehM. Arief Hidayat. Media promosi merupakan sarana yang sangat penting dalampenyampaian informasi yang lengkap dan terperinci mengenai PT Pos Indonesia(persero) Tangerang 15000. Mulai dari Sejarah mutu kualitas, fasilitas sampaidengan kelebihan yang terdapat pada PT Pos Indonesia (persero) Tangerang 15000.Dalam hal ini akan dirancang sebuah media CompanyProfile dalam suatu desain grafis yang dikemas dalam bentuk booklet yang setiap saat dipergunakanoleh pihak pemasaran. 4. Perancangan media Company Profile sebagai penunjanginformasi dalam meningkatkan efektifitas program pemasaran pada hotel naritatangerang yang disusun oleh Martini Jayanti. Media informasi dan promosi yangada di SMK Kesehatan Nusa Husada Tangerang harus bervariasi dan semakinditingkatkan, sehingga proses sosialisasi kepada khalayak dapat lebih mudah,efisien dan efektif. 5. Perancngan buku companyprofile sebagai penunjang media promosi dan informasipada CV Nani Budi WeddingOrganizer yang disusun oleh DedeHermawan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode : Analisa masalah,Pengumpulan data, Analisa perancangan media, Konsep desain.


BAB III

GAMBARAN OBJECT YANG DITELITI

3.1. SejarahSingkkat

<p style="line-height: 2">Perjalanan PT Swadharma SaranaInformatia di mulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudan untukmemberikan dukungan pelayanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer.</p>
<p style="line-height: 2">Dalam perkembangannya PT SwadharmaSarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkatkan profesionalismenyasejalan dengan perubahan teknologi da bisnis pada umumnya khususnya di sektorperbankan, Sejalan dengan meningkatnya kepercayaan dari pelanggan/mitra usahadan dengan didukung sumber daya manusia yang handal PT. Swadharma saranaInformatika telah memiliki jaringan kantor terbesar diseluruh indonesia.</p>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<p style="line-height: 2">PT Swadharma Sarana Informatika yang berpusat di Graha ManggalaPakarti gedung B lantai 1 Jl. Arteri jorr Jatiwarna adalah suatu badanusaha yang bergerak di bidang pelayanan perawatan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) secara berkala (Preventive maintenance), pengisian kasATM (ATM cash Replenishment),pemasangan atau instalasi mesin ATM, pengadaan kebutuhan supplies komputer,pengadaan kebutuhan perangkat keras ATM, pemasangan dan perbaikan grounding pelistrikan, pemasangan atauinstalasi jaringan kabel data atau LAN (LocalArea Network) dan jasa konsultasi untuk ITmanagement.</p>

3.2 StrukturOrganisai=

=3.2.1 Tugas dan wewenang

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<p style="line-height:2">Salah satu alat manajemen untuk mencapaisuatu tujuan organisai adalah terciptanya suatu struktur organisasi yang baikdan tepat. Pembentukan struktur organisasi ini harus sesuai dengan pembagian wewenangdan tanggung jawab setiap individu, sehingga dapat tercipta kerjasama yang baikantar setiap pegawai, baik bawahan maupun atasan.</p>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<p style="line-height:2">Struktur organisasi sangat berpengaruhantara bagian yang satu dengan bagian yang lain dalam suatu kelompok kerjasamauntuk mencapai tujuan yang sama. Oleh karena itu struktur pengorganisasiandibuat agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai, untuk memperjelastugas dari masing-masing bagian, maka diperlukan bagian organisasi yangmenunjukan hubungan-hubungan dalam struktur berdasarkan wewenang yang sah.</p>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<p style="line-height:2">Berikut ini adalah penjelasan mengenaiwewenang dan tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada PT. Swadharma saranaInformatika:</p>

1. ManagerSentra Kas Mempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut: a. Merumuskandan mengkoordinir schedul pnngisianATM bank yg di kelola setiap harinya. b. Menetapkantarget yang haruus didapat setiapbulannya serta alokasi anggaran biaya. c. Menjagadan memelihara asset Perusahaan yang berada di sentra kas yang dikelolanya dalam lingkup tanggung jawabnya. d. Memberikanbimbingan dan pengarahan kepada karyawannya untuk kelancaran pelaksanaan tugas. e. Mengelolasumber daya di kantornya sesuai dengan ketentuan Perusahaan yang berlaku. 2. Wakil Manager Sentra Kas Mempunyai wewenang dantanggung jawab sebagai berikut: a. Merumuskan dan mengkoordinir schedul pnngisian ATM bank yg di kelolasetiap harinya. b. Menetapkan pengaturan pelaksanaan kegiatanoperasional pada hari libur berdasarkan ketentuan Kantor Pusat; c. Mengevaluasi secaraberkala proses operasi dan kinerja operasi meliputi pengelolaan jaringantertier. d. Mengevaluasi pelaksanaanprogram kerja, dan anggaran biaya di bidangnya. e. Mewakili kepala kantoruntuk kegiatan eksternal. f. Membuat dan menyampaikan laporandi bidangnya kepada kepala kantor pos dan unit kerja terkait. 3. Admin Scheduller Mempunyai wewenang dantanggung jawab sebagai berikut: a. Memantauschedul yang sudah dibuat manager dan wakil manager sentra kas. b. Mengarahanrestocker pada ATM yang harus segera di isi ulang saldonya. c. MengarahkanFLM (First Level Maintenace) kepada ATM yang bermasalah agar segera mendapatpenanganan. d. Mengkonfirmasikepada pihak bank atas kejadian atau kedala apa saja yang terjadi kepada ATMkelolaanya. e. Memonitorkinerja FLM dan restocker. f. Merumuskandan menyampaikan laporan di bagiannya kepada Manager atau wakil manager sentra kas. 4. Admin Sentra Kas Mempunyai wewenang dan tanggungjawab sebagai berikut: a. Membuat laporan program kerja,dan anggaran biaya setiapharinya. b. Membuatlaporan berita acara pengisian ATM setiap harinya yang akan dikirim kepadabank-bank yang bekerja sama. c. Membuatlaporan bulanan yang akan dikirim kepada pihak bank-bank yang dilekola sebagaihasil kerja sentra kas stiap bulannya. d. Mengelolakeuangan sentra kas. e. Membuatpembukuan setiap bank yang dikelola sentra kas. f. Melakukanpenelitian pada ATM yangbermasalah. g. Melakukanpenelitian pada setiapkomplenan yang datang dari piha bank. 5. Restocker Mempunyai wewenang dantanggung jawab sebagai berikut: a. Menjalankan schedul pengisian ATM yangsudah di buat. b. Membuat laporan pengisian ATM. c. Bertanggung jawab penuh atas schedul yangdi berikan. d. Melakukan pengisian ATM sesuai schedul yangdiberikan. 6. FLM ( First Level Maintenace ) Mempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut: a. Menerima printah perbaikan ATM dari arahanscheduller. b. Melakukan perbaikan ATM yang bermasalah. c. Melakukan perawatan ATM yang dikelola. d. Membuat laporan perbaikan ATM yangdilakukan. 7. KasirSentra Kas Mempunyai wewenangdan tanggung jawab sebagai berikut: a. Membutan pembukuan manual setiap bank yang dikeola. b. Menyiapkan pengisian yang akan di bawarestocker. c. Menghitung sisa pengisian ATM yang dibawarestoker d. Menghitung dan menyortir uang yang diterima dari bank. 8. Pamrestock Mempunyai wewenangdan tanggung jawab sebagai berikut: a. Mengawasipengisian ATM. b. Mengawasipebaikan ATM jika harus membuka berangkas ATM. c. Menjaga keamanan saat pengisian dan perbaikanATM. 9. Security Mempunyai wewenang dantanggung jawab sebagai berikut: a. Menjaga keaman kantor atau sentra kas. b. Mencatan kegiatan stocker yang bertugassesuai wilayah. c. Membuatan catatan dan laporan absen manualPOLDA dan POLRES yang datang bertugas. d. Membuat laporan kerja security setiapharinya.


3.1 Informai Prudok

3.3.1 Produk

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<pstyle="line-height: 2">Media Company Profile berfungsisebagai salah satu media komunikasi dalam bentuk visual, yang umumnya Company Profile adalah media informasiyang berupa buku, biasanya dipakai perusahaan untuk menunjukkan citra/imageperusahaan tersebut, dan untuk presentasi dalam mencari mitra kerja. CompanyProfile berisikan seluruh informasi perusahaan mulai dari sejarah, visimisi, produk, dan lainnya.</p>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<p style="line-height: 2">Media tersebutmemiliki kelebihan yaitu, sebagai alat marketing untuk memperoleh klien,dan disetiap manfaat dan kegunaannya nanti dipengaruhi oleh bentuk desain dankelengkapan data. Sehingga pada dasarnya company profile yang menariklahyang akan banyak menarik perhatian pengunjung/klien, baik menarik dari segi imagemaupun tulisan. Oleh karena keunggulan diataslah media promosi melalui CompanyProfile menjadi prioritas perusahaan-perusahaan dalam melakukan promosiuntuk memperoleh klien baru. Namun, dari media Company Profile jugamempunyai kekurangan yaitu, mudah rusak/hilang, perusahaan harus mencetak CompanyProfile terlebih dahulu sebelum rapat dengan klien.

3.3.2 Latar belakangProduk

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Pada saat ini media informasiyang digunakan oleh PT SwadharmaSarana Informatika sebagai promosi perusahaanyaitu, berupa website dan melakukan presentasi ke klien secara lisan.

3.3.3 PerkembanganPeoduk

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Agar lebih lengkap dan menarikperhatian serta dapat membangun image atau citra PT Swadharma Sarana Informatika, makadirancanglah sebuah media promosi dan informasi dalam bentuk desain komunikasi visual yang menarik, hasil karya mediatersebut dirancang untuk memberikan nilai lebih pada saat penyusunan strategipemasaran. Maksud dari strategi tersebut dapat didefinisikan sebagai programuntuk menentukan dan mencapai tujuan dalam mengimplementasikan promosinya.

3.3.4 Material Produk

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<pstyle="line-height: 2"> Dalam karyanya penulis menggunakan produkberupa Media Komunikasi Visual yangdidalamnya terdapat media sebagai berikut:</p>

3.3.5 Spesifikasi Produk

<divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;text-indent: 0.5in">

Agar lebihlengkap dan menarik perhatian serta dapat membangun image atau citra PT Swadharma Sarana Informatika, makadirancanglah sebuah media promosi dalam bentuk desain komunikasi visual yang menarik, hasil karya mediatersebut dirancang untuk memberikan nilai lebih pada saat penyusunan strategipemasaran. Maksud dari strategi tersebut dapat didefinisikan sebagai programuntuk menentukan dan mencapai tujuan dalam mengimplementasikan promosinya. Di dalamproses pembuatanya terdapat manfaat, kelebihan dan kekurangannya.

1. Manfaat a. Dapatmenjadi media promosi yang efektif serta dapat lebih mudah diterima oleh mitra kerja. b. Memperolehkemitraan dengan relasi dan bank. c. Dikenak oleh banyak bank.. d. Meningkatkancitra PT Swadharma SaranaInformatika. 2. Kelebihan a. Menghematwaktu dalam proses penyampaian informasi. b. Mudahdimengerti oleh konsumen dan mitrakerja. c. Tampilanlebih menarik karena dikemas secara baik. 3. Kekurangan a. Mudahrusak b. Harusdilakukan proses pencetakan dan pengiriman secara fisik.

3.3.6 HargaProduk

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Pembuatan buku companyprofile ini membutuhkan biaya yang cukup besar jika diproduksi dalam jumlahbanyak, di dalam proses pembuatannya dibutuhkan ide kreatif untuk komposisidesain dalam pembuatan buku company profile yang akan di desain olehdesainer .

</div>

3.4 MarketAnalisis

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Market analisis adalahinvestigasi terdokumentasi dari pasar yang digunakan untuk menginformasikankegiatan perencanaan instansi terutama sekitar keputusan persediaan, pembelian,perluasan tenaga kerja, fasilitas, pembelian peralatan modal, kegiataninformasi dan banyak aspek lain dari instansi.

</div>

3.4.1 Market Positioning

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Positioning merupakan penempatan pesan dibenak audience.Pada celah mana suatu image atau citra ”pesan” mengenai produk, jasa, ide ataugagasan akan diposisikan di dalam benak konsumen, relatif terhadap penawaranpesaingnya.

</div>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<pstyle="line-height: 2"> PT Swadharma Sarana Informatika beberapamedia promosi. Konsumennya berasaldari kalangan bank yang ingin ATMmiliknya bisa di pergunakan setiap saat.</p></div> div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Belum terdapatnya Company Profile menjadikan PTSwadharma Sarana Informatika kurangmenunjukkan image atau citraperusahaan sebagai perusahaan jasa yang besar dan dikenal.

</div>

3.4.2 Kondisi Perusahaan Pesaing

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Pesaing PT Swadharma Sarana Informatika antara lain dari perusahaan-perusahaan jasa yang terdapat pada wilayah Kota/Kabupaten Tangerang, antara lain:

</div>

3.5. PotensialMarket

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;text-indent: 0.5in">

Media CompanyProfile sebagai saranapenunjang promosi ini ditujukan untuk relasi, masyarakat dan pegawai PT Swadhama Sarana Informatika, agar calon pelanggan dapat mengetahui image perusahaan dan jasa yang ditawarkan pada PT Swadhama Sarana Informatika.

</div>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Potensi pasardari lembaga ini berada di wilayah Kota/Kabupaten Tangerang dan sekitarnya,dengan pangsa pasar yang cukup signifikan. Target market pada tahun-tahunberikutnya diperkirakan akan meningkat, karena pertumbuhan ekonomi yang pesatpada saat ini.

</div>

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

PT Swadhama Sarana Informatika berusahamenarik konsumen dengan membuat desain media promosi yang menarik. Kota/KabupatenTangerang dianggap sebagai pangsa pasar potensial dikarenakan tingkatpendapatan penduduknya sudah berada di atas propinsi lain, disamping itu daritingkat pendidikan, sosial dan budayanya juga sudah mengalami kemajuan sehinggaakan mudah menerima informasi yang disampaikan.

</div>

3.5.1 MarketSegmentation

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Geografi  : Kota/Kabupaten Tangerang. Demografi : 1. Jenis Kelamin  : Pria & Wanita 2. Kelas Ekonomi  : Menengah keatas 3. Sasaran  : a. Relasi Perusahaan b.Relasi BANK

</div>

3.6. Marketing Objective

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<pstyle="line-height: 2"> PT Swadhama Sarana Informatika dalam sebulan mengerjakan banyak pengisian, Perawataan, Perbaikan ATM dan jasa layananlainnya.</p></div> div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Perusahaan menargetkantingkat kinerja pada tahun2014 harus meningkat daritahun sebelumnya yaitu tahun 2013.Hal ini dikarenakan banyaknya bankyang menggunakan jasa pegisian,perawatan, dan perbaikan ATM yang menjadi mitra kerja. Dan untukpelanggan tetap, perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih optimalagar terjalin hubungan bisnis yang berkesinambungan.

</div>

3.7 MarketingStrategy

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

<pstyle="line-height: 2"> Marketing Strategy Untuk mendapatkan konsumen serta menambah mitra kerja bukanhal yang mudah, maka diperlukanberbagai strategi dalam bentuk promosi yang dapat meningkatkan konsumen danserta dapat bergabung denganPT. Swadhama Sarana Informatikasebagai mitra kerjanya nantinya.</p></div> div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Dengan adanya media Company Profile yang akan diajukandiharapkan akan mendukung promosi yang dilakukan sekaligus dapat menunjukkan image atau citra perusahaan.

</div>

3.8. Budget Produksi Media

divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;text-indent: 0.5in"> <pstyle="line-height: 2"> Adapun perkiraan biaya produksi yang akan dikeluarkan untuk pencetakanbuku company profile adalah sebagai berikut:</p></div>

3.9. Konfigurasi Hardware

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Perancangan tersebut menggunakan 1 unit Komputer dengan spesifikasi sebagai berikut: 1. Processor  : AMD Radeon E1 Dual Core 2500+ 1.4 GHz 2. Monitor  : 14.0” 3. Mouse  : Optic 4. RAM  : DDR3 2 Gb 5. Hard disk  :500 GB 6. Keyboard  : US 7. VGA  : HD LED LCD

</div>

Contributors

Ade gunawan