SI1021464955

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA SMK

YUPPENTEK 2 CURUG

TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1021464955
NAMA
: RAHMANDINI SHOLEHA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014)

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA SMK

YUPPENTEK 2 CURUG

TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1021464955
Nama
: Rahmandini Sholeha
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA SMK

YUPPENTEK 2 CURUG

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021464955
Nama
: Rahmandini Sholeha

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang,17 Juni 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Dewi Immaniar, S.kom)
   
(Hani Dewi Ariessanti, M.Kom)
NID : 11006
   
NID : 12003

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA SMK

YUPPENTEK 2 CURUG

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021464955
Nama
: Rahmandini Sholeha

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting

Tahun Akademik 2013/2014

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA SMK

YUPPENTEK 2 CURUG

Tangerang

Disusun Oleh :

NIM
: 1021464955
Nama
: Rahmandini Sholeha
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang,17 Juni 2014

 
 
 
 
 
(Rahmandini Sholeha)
NIM : 1021464955

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Current technological developments are already very advanced, in terms of theoretical capability in the field of computers alone isn't necessarily enough to keep up with the times, and until recently there were breakthroughs - new breakthrough in which a computer becomes integral part of daily needs so as to make the integration between various disciplines like graphic design, broadcasting and audio-visual. Marked with the emergence of various forms of artwork using a computer application as a means of planning and designing a work, such as: documentary, feature film biography of a person's profile, advertising, web design, and various other forms of visual communication design. SMK Yuppentek 2 Curug Tangerang is one of the educational establishments which are relic in Curug Tangerang and computer-based educational institutions. On the existence of a school media promotion in the form of commercial advertisement design a media that can be made into an attraction to the public at the same time can improve Imaging school SMK Yuppentek 2 Curug. Based on the above problems then the researcher proposes the draft ad-based media promotion,so expect the new media promotions can enhance Imaging at school SMK Yuppentek 2 Curug. for it was made a media promotion in the form of commercial advertising that did not exist previously in SMK YUPPENTEK 2 Curug to support a promotion that exists in all schools to VOCATIONAL Yuppentek.

Keywords: visual communication Design, Media promotions, commercial advertisements.


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan segala puji syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Skripsi ini dengan tepat pada waktunya, Adapun judul yang diambil oleh penulis dalampembuatan Skripsi ini yaitu “Perancangan Iklan Komersil Pada SMK YUPPENTEK 2 Curug”.

Maksud dan Tujuan dari penyusunan Skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) pada jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STIMIK) Raharja.

Penulis sangat menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka Skripsi ini tidak dapat berjalan lancar. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Raharja, M.T.I., selaku Ketua STMIK RAHARJA.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK RAHARJA.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika yang telah banyak memberikan masukan dan bimbinganya terhadap penulis.
  4. Dewi Immaniar, S.Kom, selaku Dosen Pembimbing 1 yang telah memberikan banyak masukan dan motivasi kepada penulis sehingga laporan Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  5. Hani Dewi Ariessanti, M.Kom selaku Dosen Pembimbing 2 yang telah memberikan banyak masukan dan motivasi kepada penulis sehingga laporan Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  6. Bapak Arif Wahyu Pramudianto, selaku stakholder yang telah banyak membantu penulis dalam penyusunan Skripsi ini.
  7. Bapak Drs. Nilam, SH., selaku Kepala Sekolah SMK YUPPENTEK 2 Curug.
  8. Seluruh guru dan staff SMK YUPPENTEK 2 Curug yang telah banyak membantu penulis dalam penyusunan Skripsi ini.
  9. Ayah dan Ibu serta segenap keluarga tercinta, yang selalu memberikan semangat dan dukungan moril, material serta doanya untukkeberhasilan penulis. Semoga Allah SWT meninggikan derajat Ayah dan Ibu, baik di dunia maupun di akhirat. Amin.
  10. Seluruh Dosen dan Staf Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada peneliti.
  11. Teman-teman saya M. Nugraha, Reni Mulyani, Rahma Rinie, Aryanti Nurmalasari, Siti Rohayati, Fiqia Ramdhoni K, maupun sahabat dan teman-teman yang saya tidak dapat disebutkan namanya satu persatu, terima kasih karena telah banyak membantu penulis dalammenyusun laporan ini dan terima kasih kalian sudah menjadi bagian didalam kehidupan penulis.
  12. Muhamad Rojak terima kasih sudah memberikan semangat didalam kehidupan penulis.

Sebagai insan yang penuh dengan kesalahan penulis menyadari bahwa laporan Skripsi ini tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan sarannya dari pembaca, sehingga dimasa yang akanmendatang dapat memperbaikinya.

Akhir kata, penulis mengucapkan semoga amal baik yang telah diberikan untuk kepentingan penulis dalam penyusunan laporan ini, mendapat imbalan serta pahala yang setimpal dari yang Maha Kuasa Allah Subhanahu Wata’ala, Amin.

Tangerang, Juni 2014
Rahmandini Sholeha
NIM. 1021464955

Daftar isi

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan zaman diikuti dengan berkembangnya kemajuan-kemajuan dalam bidang teknologi yang semakin canggih dan maju, yang mana pada zaman saat ini banyak sekolah-sekolah yang perkembanganya maju dengan pesat sehingga terjadi persaingan antara beberapa sekolah dalam mempromosikan kualitas sekolah tersebut.

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju,kemampuan dalam hal teoritis di bidang komputer saja belum tentu cukup untuk mengikuti perkembangan zaman tersebut, dan sampai saat ini terdapat terobosan–terobosan baru dimana komputer menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kebutuhan sehari-hari sehingga membuat integrasi antar berbagai disiplin ilmu seperti desain grafis, broadcasting dan audio-visual. Ditandai dengan munculnya berbagai macam bentuk karya seni yang menggunakan aplikasi komputer sebagai sarana perencanaan dan perancangan sebuah karya, contohnya :film dokumenter, profile film feature biografi seseorang, iklan, webdesign, dan berbagai bentuk rancangan komunikasi visual lainnnya. Hal inidibuktikan bahwa perancangan suatu karya seni meningkat lebih baik, sehingga dapat mengikuti tuntutan perkembangan teknologi yang begitu pesat.

SMK Yuppentek 2Tangerang merupakan salah satu instasi pendidikan yang berada diwilayah Curug Tangerang dan instasi pendidikan berbasis komputer dan SMK Yuppentek menawarkanberbagai program studi keahlian yaitu, Teknik Otomotif (O),Teknik Elektronika Industri dan Komputer (E),Teknik Instalasi Listrik (L),Teknik Informatika,Teknik Gambar dan Desain (CADD),Teknik Autotronik, Teknik Sarana multimedia sebagai alat komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam menginformasikan sesuatu kepada masyarakat, hal ini dinilai sangat komunikatif dan efektif disaat mobilitas manusia yang semakin tinggi sehingga dibutuhkan bentuk media komunikasi yang menarik dan lebih interaktif yang ditujukan kepada masyarakat,dan banyak cara untuk menyampaikan suatu informasi yang diolah ke dalam bentuk multimedia agar terlihat lebih menarik dalam penyampaiannya.

Komputer Jaringan(TKJ). Dan pun dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung terbentuknya kualitas pembelajaran. Sebagai bahan penelitian dalam memenuhi tugas skripsi, penulis akan memproduksi sebuah iklan dalam bentuk video untuk SMK Yuppentek 2 Curug untuk media promosinya dalam bentuk video, dan nantinyadiharapkan menjadi salah satu media iklan yang menarik minat calon siswa dansiswi untuk bergabung pada SMK Yuppentek 2 Curug.

Kami mengambil project iklan video ini karena saat ini SMK Yuppentek 2 menggunakan media promosi berupa spanduk, brosur dan website yang masih belum terorganisir dan masih belum bisa meningkatkan minat para calon siswa baru.

Dalam usaha mengembangan usaha dibidang pendidikan, SMK Yuppentek 2 sangat membutuhkan sarana media penyampaian promosi dan informasi yang bisa mengemas seluruh aset -aset yang dimiliki yang nantinya bisa menarik minat calon siswa baru.

Dalam kesempatan tugas skripsi ini, Penulis mengangkat topik penelitian yang diberi judul”PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA SMK YUPPENTEK 2 CURUG” proses penyebaran iklan tersebut akan diupload pada Youtube, pada website resmi SMK Yuppentek 2 dengan link www.smk-yuppentek2.sch.id dan acara - acara pameran dibidang pendidikan.Dari rancangan media tersebut diharapkan dari penyelenggara sekolah sarana tersebut dapat memberikan daya tarik dan dapat mempengaruhi Masyarakat untuk mau mendaftar ke sekolah yang bersangkutan, dan perolehan calon siswa barunya selalu meningkat disetiap tahunnya.

Rumusan Masalah

Dari uraian latarbelakang diatas, maka dapat dibuat suatu identifikasi masalah sebagai berikut :

  1. Media dalam bentuk apa yang dapat mempermudah mengetahui detail profil sekolahan SMKYuppentek 2 Curug?

  2. Bagaimanamerancang sebuah media yang dapat dijadikan daya tarik kepada Masyarakat sekaligus dapat meningkatkan pencitraan sekolah SMK Yuppentek 2 Curug?

  3. Darihasil rancangan yang dihasilkan apa yang diharapkan oleh SMK Yuppentek 2 curug?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan nantimenjadi lebih terarah dan berjalan dengan baik maka penulis membatasi ruanglingkup pembahasan masalah. Adapun permasalahan yang akan dibahas oleh penulis adalah Perancangan Iklan Komersil pada SMK Yuppentek 2 Curug.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penelitian skripsidapat dijabarkan sebagai berikut:

a. Menjadikan sebuah iklan media penyampaian informasi kepada masyarakat untuk dapat menarik minat masyarakat untuk bergabungmenjadi siswa/siswi SMK Yuppentek 2 Curug.

b. Untuk memperoleh suatu rancangan dalam bentuk iklan sebagai media penyampaian informasi dan promosi kepada masyarakat yang diolahsecara menarik.

c. Untuk meningkatkan sistem pemasaran dengan media videoyang ada di SMK Yuppentek 2 Curug.

d. Sebagai bahan pembelajaran dan pengembangan kreatifitas ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang multimediaaudio visual and broad dan mampu bersaing didunia broadcasting dan menambah wawasan dan pengalaman dalam pembuatan suatu media iklan.

Manfaat Penelitian

Manfaat yang didapat dari penelitian ini :

a. Merancang media

Promosi berupa video yang dapat memberikan informasi mengenai jurusan-jurusan yang ada di SMK YUPPENTEK2 Curug bagi calon siswa dan siswi baru dan masyarakatsekaligus dapat membantu dan mempermudah bagian pemasaran di SMK YUPPENTEK2Curug dalam hal kegiatan promosi dan pameran.

b. Bagi Instasi

Pendidikan SMK Yuppentek 2 Curug Dapat dijadikan sarana untuk menjelaskan tentang detail profil sekolah yang setiap saat mudah dioperasikan dan mudah diakses dimana-mana dan dapat dijadikan sarana informasi untuk mengajak Masyarakat dalam hal kebutuhan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya.

c. Bagi Khalayak Sasaran

Masyarakat lebih mudah mengetahui tentang SMK Yuppentek 2 Curug, baik itu sejarah, fasilitas, sistem pengajaran,program studikeahlian, kegiatan siswa/siswi, dan lain sebagainya dan derfungsi sebagaisarana dalam meningkatkan perolehan calon siswa baru disetiap tahunnya.

Metodologi Penelitian

Untuk mendapatkan keterangan dari beberapa data yang diperlukan untuk menyusun skripsi ini penulis mengadakan penelitian sebagai berikut:

Metode Analisa Permasalahan

Setelah penulismelakukan analisa di SMK Yuppentek 2 Curug, penulis dapat mengetahui bahwa SMKYuppentek 2 Curug memiliki permasalahan dalam bidang promosi yang berguna untukpencitraan dan minat yang terus meningkat dari Masyarakat dan dari calon siswabaru disetiap tahunnya, maka dengan profil sekolah yang baik dan menarik diharapkan memiliki daya tarik dan minat dari calon siswa baru yang akan bergabung dengan SMK Yuppentek 2 Curug.

Metode Pengumpulan Data

a. MetodeObservasi

Suatu metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian, yaitu pada SMK Yuppentek2 Curug.

b. Metode Interview

Metode Interview adalah suatu metode untuk mendapatkan data dengan cara wawancara atau tanya jawab secara lisan yang dilakukan duaorang atau lebih, yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan.

c. Metode Pustaka

Metode ini merupakan jenis penelitian yang berdasarkan pada buku-buku, literatur, browsing internet, sebagai acuan untuk mendapatkan suatu data atau sebagai panduan di dalam melakukan penelitian.

Analisa Perancangan

Media iklan dalambentuk audio visual yang akan dijadikan media penunjang informasi dan promosi SMK Yuppentek2 dilakukan dengan menggunakan aplikasi software adobepremiere CS3 dan adobe after effect CS3 yang mendukung proses pembuatan profil Sekolah.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah membaca dan mengikuti penulisan ini,maka penulis membagi beberapa bab yang secara ringkas dapat diterapkan sebagaiberikut :

Untuk memahami lebih jelasnya laporan Skripsi ini,Terdapat materi-materi pengelompokan menjadi beberapa sub,dalam sistematika penulisannya sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan..

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan penelitian khususnya dalam hal perancangan media iklan dan definisi materi yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi.

BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Bab ini berisi tentang gambaran umum Perusahan,sejarah singkat Perusahan, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab,informasi mengenai produk, market analisis, potensial market, market segmentation, market objektive, market strategi..

BAB IV KONSEP PRODUKSI MAVIB

Berisi tentang perancangan media dan proses pembuatan media.

BAB V PENUTUP

Dalam bab ini dikemukakan kesimpulan dan saran-saran bagi penulis dan pihak-pihak yang memerlukan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

MenurutBinanto (2010 :260-261) ”Perancanganadalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan,dan kebutuhan material atau bahan untuk program”. Tahap ini biasanyamenggunakan storyboard untukmenggambarkan deskripsi tiap scenelain dan bagan alir (flowchart) untukmenggambarkan aliran dari satu sceneke scene lain.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman (2010 : 09-12) :

a. Konsep

Adalahhasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dansegment atau audience yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis,antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dan lain-lain yang ingin menterjemahkan ke dalam bentuk visual karenadapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

b. Mudah

Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmenyang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapaitujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

c. Ide

Untukmencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lainagar desain yang dibuat bisa efektif diterima danmembangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

d. Persiapan Data

Datadapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi,apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkanatau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil,samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data Estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis ataubidang.

e. Visualisasi

Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

f. Produksi

Setelah desain dan codingyang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak adakesalahan.

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu faktor penentukeberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk,bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin produk itu akan bergunabagi mereka , maka mereka tidaka kan pernah membelinya. Pentingnya promosidapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkanseorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelammengedipkan matanya pada seorang gadis cantik dikejauhan. Tak seorang pun yangtahu apa yang dilakukan pria tersebut,selain dirinya sendiri .

Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentukkomunikas pemasaran . Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalahaktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi ataumembujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agarbersedia menerima, membeli , dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaanyang bersangkutan.

Menurut Maimunah dalam Jurnal CCIT (2012 :Maimunah dkk), “Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu programpemasaran”.

Tujuan Promosi

Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan ,mempengaruhi , dan membujuk, serta meningkatkan pelanggan sasaran tentangperusahaan dan bauran pemasarannya . Jika ditinjau dari sudut pandang ilmuekonomi , maka tujuan dari promosi ini adalah menggeser kurva permintaanmenjadi inelastic ( dalam kasus harga naik ) dan elastis ( dalam kasus hargaturun ).

Bentuk Promosi

Umumnya bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama,hanya saja dapat dibedakan bedasarkan tugas-tugas khususnya . Beberapa tugaskhusus itu disebut bentuk promosi, yaitu :

a. Personal Selling

Personal Selling adalah presentasi personal oleh tenaga penjualandan membangun hubungan dengan pelanggan . Cara ini melihatkan interaksipersonal antar dua orang atau lebih dimana penjual memperkenalkan suatu produkkepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produksehingga mereka tertarik untuk mencoba dan membelinya.

b. Mass Selling

Pendekatan yangmenggunakn media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramaidalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksible personal selling namunmerupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak(pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.

c. Promosi Penjualan


adalah bentukpersuasi langsung melalui penggunaan berbagai insetif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengansegera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

d. Public Relations

adalah upayakomunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini,keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dandapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

e. Direct Marketing

adalah systempemasaran yang bersifat interakif,yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yangterukur atau transaksi di sembarang lokasi.

Konsep Dasar Video

Pengertian Video

Videomerupakan gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktudengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan framedan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satuan fps(frame per second). Karena dimainkan dalam kecepatan yang tinggi maka terciptailusi gerak yang halus, semakin besar nilai frame rate maka akan semakin halus pergerakan yangditampilkan.</p[></div>

Standar dan Format Video

<p style="line-height: 2">Standarsistem penyiaran di seluruh dunia terbagi menjadi 3 kelompok diantaranya NTSC(National Television System Comitte), PAL (phase Alternating Line), SECAM(Sequential Colour Avec Memory). </p>
a. NTSC<p style="line-height: 2">Model NTSC banyakdigunakan di negara Amerika, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan lain-lain. Padaawal penciptaan NTSC tahun 1941 masih berbentuk hitam putih. Perkembanganselanjutnya pada tahun 1953 ada perbaikan yang bisa menampilkan sinyal hitamputih maupun berwarna. Penempatan Ifc nya pada 3.58 MHz sehingga penempatansound berada pada 4.5 Mhz.</p>
b. PAL<p style="line-height: 2">


Sebagai salah satusistem broadcasting yang dipakai oleh sebagian besar negara di dunia. Padatahun 1950, negara-negara Eropa Barat berencana untuk meluncurkan televisiberwarna, saat itu terbentur dengan standar NTSC yang dirasa memiliki beberapakelemahan termasuk menyesuaikan pergeseran warna ketika dalam kondisi transmisilemah. Tujuannya adalah merancang gambar hanya dengan frekuensi 50 saja perdetik. Dasar PAL dan NTSC sebenarnya sama, hanya berbeda pada frekuensi IFsaja. Pal menempatkan Ifc pada frekuensi 4.5 MHz.</p>
c. SECAM<p style="line-height: 2">SECAMmerupakan sistem televisi analog yang pertama kali digunakan di Perancis. SECAMini merupakan sistem pemancaran pertama kali dalam sejarah pertelevisian Eropa.SECAM berbeda dengan metode sistem lainnya karena, SECAM menggunakan modulasifrekuensi untuk mengkodekan sinyal warna dan SECAM juga disampingmentransmisikan informasi merah dan biru secara bersamaan, dan menggunakaninformasi tentang warna dalam waktu yang hampir bersamaan pula, hal ini tidakmungkin bagi sistem SECAM. Hal ini membutuhkan waktu delay, makanya dibutuhkansebuah memori analog untuk menyimpan informasi warna dan mengeluarkan secarabersamaan pada layar televisi pada waktu yang ditentukan.</p>

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

<p style="line-height: 2">

Media adalah saluran penyampaian pesan komersil kepadakhalayak sasaran. Media tersebut dapat berupa surat kabar, majalah, TV, radio,media luar ruangan, iklan transit, dan directmail. Pemilihan setiap media dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ciriproduk, jenis pesan, pasar sasaran, luas dan jenis distribusi, anggaran,strategi ikla pesaing, serta keunggulan dan kekurangan media itu sendiri.Selain itu pemilihan media juga tegantung pada tujuan pengiklanan, yangmerupakan pintu gerbang dari seluruh kegiatan dalam program pengiklanan.</p>

<p style="line-height: 2"> Menurut Maimunah dalam Jurnal CCIT (2012 :Maimunah dkk) menjelaskanbahwa media adalah sarana untuk menyimpan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsurkomunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto. Media adalah segala bentuk yang digunakan untukmenyalurkan informasi. Pengertian mediayang diberikan AECT (Association for education communication and tecnology) inimenunjukkan bahwa istilah ”media” memiliki makna yang sangat umum.

Menurut DewiImmaniar Desrianti dalam jurnal CCIT (Dewi dkk, 2012) Media adalah segalabentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. </p>

<p style="line-height: 2">

Media dapatdisimpulkan sebagai sarana perantara yang dipergunakan untukmenyampaikan pesan dari pengirim pesan kapada penerima pesan.</p>

Definisi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Definisi Multimedia

<p style="line-height: 2"> Menurut Untung Rahardja dalamjurnal CCIT (Untung dkk, 2010 : 190) Multimediaadalah kombinasi dari komputer dan video

(Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan penggabungan tiga elemenyaitu suara, gambar dan teks (Mc Cormiks, 1996).</p>

<p style="line-height: 2">

Multimedia adalah penggunaan komputeruntuk menampilkan teks, grafik, video, animasi dan suara dalam bentuk terpadu. Mutimedia adalah gabungan antara video, audio, grafik dan teks dalam suatuproduksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif. Adatiga jenis multimedia, yaitu:</p>

Multimedia interaktif Penggunadapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan Multimedia hiperaktif Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkaitdengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyaibanyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada. Multimedia linear Penggunahanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awalhingga akhir.

Definisi audio Visual

<p style="line-height: 2">

Menurut Untung Rahardja dalam jurnal CCIT (Untung dkk : 2010) audio adalah elemen yang wajib ada padasetiap menampilkan video karena jikatidak ada audio nantinya video yangditampilkan terasa kurang menarik audience maka dari itu perancangan audio mempunya faktor penting dalammenentukan menarik atau tidaknya media periklanan yang dihasilkan.</p>

<p style="line-height: 2">

Menurut Atmohoetomo (2010 : 24-33) perkembangan teknologi dunia Audio visual telah banyak mewarnai kehidupan manusia dari berbagaiaspek kehidupan. Modernisme yangdianggap sebagai puncak peradaban manusia dengan di kumandangkan rasionalisme,ternyata dengan ditemukannya “teknologi digital” menggeser “logika matematis”.Dengan demikian akan terjadi ketidak jelasan antara “akal manusia” dengan “akalbuatan” dan yang terjadi adalah jarak “rohani” yang terjadi sebatas darilayarmonitor ke mata, kini lebih dekat sampai ke lensa mata, dan semakin dekat lagi hingga“diri kita” masuk ke mesin-mesin canggih melalui perangkat lunak Cyber dan Virtual.</p>

<p style="line-height: 2">

Teknologi digital mulai dari perangkat perekaman gambar dan pengeditan melalui komputer grafis telah menguji kreatifitas para kreator film untukmengukir imajinasinya melalui dunia maya, perkembangan Audio visual mengalami pendekatan dengan para pemirsanya ketikadiciptakannya film 3Dimensi dengan bantuan kaca mata untuk menciptakan bentukdimensinya disertai tata Audio yangmenggelegar memutar disekelilingi penonton melalui efek surround sound, seolah-olah kejadian tersebut berada ditengah-tengah mereka.</p>

<p style="line-height: 2">

A. Pengertian Audio (suara)</p>

<p style="line-height: 2">

Keberadaan Audio (suara) dalam media massa seperti film, video dan televisi merupakan unsur penunjang untuk mempertegasinformasi yang disampaikan melalui bahasa gambar, karena tidak semua bahasagambar dapat tersampaikan kepada penonton tanpa bantuan suara. Perkembanganteknologi Audio dewasa ini telahmampu menghadirkan suara yang terjadi persis di lapangan yang sebenarnya.Bernagai macam efek suara dapat diciptakan dengan sempurna seperti suaraaslinya hingga penonton seolah-olah terlibat dalam peristiwa tersebut.</p>

<p style="line-height: 2">

Arti istilah Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilahini juga dapat digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan denganproses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan atau penangkapan suara,sambungan transmisi pembawa bunyi, ampliferdan lainnya. ”Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi”.</p>

<p style="line-height: 2">

Menurut Amir Hamzah Sulaiman,dalam bukunya ”media Audiovisual,1998”. Mengatakan bahwa bahasa visualadalah suatu ungkapan visual ataugambar yang bergerak, yang ditangkap oleh kamera persona melalui kameranya,sehingga menghasilkan sebuah hasil karya seni yang ekspresif atau dapat danganmudah dimengerti.</p>

<p style="line-height: 2">

Menurut Untung Rahardja dalam jurnal CCIT (Untung dkk,2010 : 191) Audio adalah elemen yangwajib ada pada setiap menampilkan video karena jika tidak ada Audio nantinya viseo yang ditampilkanterasa kurang menarik audience maka dari itu perancangan Audio mempunya faktor penting dalam menentukan menarik atautidaknya media periklanan yang dihasilkan.</p>

<p style="line-height: 2">

B. Bentuk Audio</p>

<p style="line-height: 2">

Bentuk ini adalah bentuk Audio sesuai perkembangan tata suara,diantaranya :</p>
  1. <p style="line-height: 2"> Mono yaitu suara tunggaldengan menggunakan satu speaker.</p>
  2. <p style="line-height: 2"> Stereo yaitu suara gandadengan menggunakan dua speakerdikiri dan dikanan sehingga suaranyaberada di tengah.

  3. Dolby Stereo yaitu suara yangmenyebar dengan menggunakan empat speaker.

  4. DolbyPro Logic yaitu suaranyamenyebar dan berputar tanpa ada pemisahan antara suara depan dan belakangsehingga suara menyatu di tengah dengan menggunakan lima speaker.

  5. Doldy Diital (5.1) yaitu suaranyaberputar mengelilingi ruangan dengan suara terpisah, masing-masing speaker berfungsi sendiri-sendiri yangterbagi menjadi dua speaker dikiridan kanan, speaker center ditengah,dua speaker surround dikiri dan kananbelakang ditambah satu sub Woover.

  6. DTS (5.1) yaitu suara berputarmengelilingi ruangan, masing-masing speakerberfungsi sendir-sendiri terbagi menjadi dua speaker dikiri dan kanan, speakercenter ditengah depan, speakersurround dikiri dan kanan belakang ditambah sub Woover, pada tahap ini karakteristik efek suara lebih jernih dan jelas.

  7. </ol>

    C. Peran Audio

    Dilihat dari pengertian serta bentuk Audio, maka Audio berperan penting dalam dunia teknologi digital mulai dariperangkat perekaman gambar dan pengeditan melalui komputer grafis. Audio juga berperan menambahkankreatifitas para kreator film untuk mengukir imajinasinya melalui dunia maya,keberadaan suara dalam sebuah karya film maupun video merupakan unsur penunjang untuk mempertegas informasi yangdisampaikan melalui bahasa gambar, karena tidak semua bahasa gambardapatdisampaikan kepada penonton tanpa bantuan suara.

    D. Pengertian Visual (gambar)

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2010:)vi·su·al a dapat dilihat dengan indra penglihat(mata); berdasarkan penglihatan: bentuksebuah metode pengajaran bahasa; mem·vi·su·al·kan v menjadikansuatu konsep dapat dilihat dengan indra penglihatan.

    Kualitas ketajaman gambar ditentukandengan framesize yang ada padakamera, salah satu bentuk visualdalam dunia broadcasting diantaranya: ”diklat pasca produksi televisi, teguh inanto, 2007”

    1. Frame size 320 pixel x 240pixel setara kualitas VCD

    2. Frame size 576 pixel x 480pixel setara kualitas super VCD

    3. Frame size 720 pixel x 480pixel setara kualitas super DVD

    4. Frame size 1440 pixel x 1080pixel setara kualitas super HDTV

    E. Bentuk Visual

    Bentuk visualdapat dibedakan berdasarkan kegunaannya dan karakteristiknya, masing-masingbentuk memiliki lingkup kerja yang berbeda, yaitu sebagai berikut :

    1. Media visualyang tidak bergerak

      Visual atau gambar diamadalah visual yang statis atau tisakbergerak, tidak bersuara dan tidak melakukan aktifitas apa-apa, contoh :foto,lukisan.

    2. Media visualyang bergerak

    Visual atau gambar bergerakadalah visual yang non auditif atautidak mengeluarkan suara namun dapat bergerak secara fleksibel dilihat darisegi bentuk dan komposisinya baik teratur atau tidak namun dapat mengungkapkansuatu makna. Kelebihan media ini ialah karena gerakannya dapat menjelaskanproses secara kontinyu, misalnya : animasi, website,gif, animasi flash, film 88mm yang tidak bersuara (film bisu).

    F. Peran Visual

    Sebuah peristiwa yang terbias dalam layarkaca, bagaimanapun henatnya kisah atau peristiwa yang ditangkat sebagaiberitatidak akan menarik perhatian pemirsa televisi apabila tidak disampaikan dengankemasan bahasa yang baik, kalimat yang jelas, informasi yang akurat, dandisajikan dengan gambar yang memiliki karakter yang kuat. Gambar atau visual merupakan unsur paling menjualdalam menarik massa untuk melihatnya.

    Gambar merupakan biasan dari sebuahnaskahnsuatu acara yang merupakan unsur utama, oleh karena itu segala sesuatuyang berkaitan dengan pengambilan gambar harus dirancang sedemikian menariksehingga merangsang khalayak untuk bertahan menontonnya.Faktor-faktor yangmenentukan kualitas sebuah gambar sangat ditentukan oleh kamera yang dipakai,tata cahaya, type of shot, dan angle. Demikian juga dengan kualitasketajaman gambar harus terjaga, karena dengan gambar yang tajam, mata tidakmudah lelah dibandingkan dengan gambar yang berbintik. Banyak yang menganggapberita tanpa gambar bagaikan orang yang berjalan dikegelapan malam tanpa cahayayang neneranginya. G. Pengertian Audio Visual Audiovisual merupakan gabungan dari dua kata yang berarti suara dan visual yang berarti gambar, atau dengankata lain menjelaskan Audio visualadalah alat peraga yang dapat dilihat dan didengar dalam hal ini gambarbergerak menimbulkan suara. Sedangkan pendapat lain mengatakan ”Sebuahkarya Audio visual baik yangberbentuk karja film maupun karya videomerupakan rangkaian dari beberapa macam adegan gambar bersuara yang tersusunsecara menarik dalam sebuah cerita dengan pembatasan waktu tertentu. Sehinggadapat ditarik kesimpulan bahwa Audiovisual merupakan unsur yang dimiliki oleh televisi berupa suara dan gambar,baik gambar bergerak maupun gambar mati atau still picture, sehingga menghasilkan suatu pesan yang dapatdimengerti oleh khalayak. Audio visualmerupakan sinergi antara gambar, suara dan waktu yang terkait olehkomponen-komponennya baik secara kualitas maupun intensitasnya.

    H. Jenis-jenis Audio Visual

    Karya Audiovisual merupakan jenis dan tujuan berbeda-beda, masing-masing mempunyaiciri khas yang mencerminkan dari bentuk dan tujuan tersebut tercipta. Berikutini adalah jenis-jenis Audio visual:

    1. Film Dokumenter (Documentary Films)

      Film Dokumenter menyajikan realitas melalui berbagai cara dan dibuat untukberbagai macam tujuan, namun harus diakui film dokumenter tidak lepas daritujuan dan fungsinya sebagai film yang menyebarkan infoemasi, pendidikan danpropaganda bagi orang atau kelompok tertentu, contohnya : Geographic, Animal Planet dan DiscoveryChannel.

    2. Film Cerita Pendek (Short Films)

      Film cerita pendek biasanya mempunyai durasi 60 menit. Jenis film ceritapendek sering dilakukan oleh para mahasiswa jurusan film atau kelompok orangyang menyenangi dunia film sebagai tahap latihan, selain itu juga ada juga yangkhusus memproduksi cerita pendek untuk konsumsi acara televisi.

    3. Film Cerita Panjang (Feature-Length Films)

      Film cerita panjang merupakan film yang diputar digedung bioskop, ilm ini merupakan film konsumsi masyarakat yang berfungsisebagai hiburan atau totntonan umum. Film jenis ini mempunyai durasi 60menitkeatas, umumnya berdurasi sekitar 100-120 menit.

    4. Film Profil Perusahaan (Corporate Profil)

      Film jenis ini diproduksi untuk keperluan tertentu, misalnya memperkenalkansuatu perusahaan tertentu untuk disebarluaskan ke publik, selain itu seringdipakai sebagai sarana pendukung dalam suatu presentasi perusahaan ataukelompok tertentu.

    5. Film Iklan Televisi (TV Commercial)

      Film jenis ini diproduksi dengan fungsi untuk kepentingan penyebaraninformasi baik tentang suatu produk (Iklan Produksi) maupun layanan masyarakat(Iklan Layanan Masyarakat).

    6. Film Program Televisi (TV Programme)

      Film jenis ini merupakan konsumsi acara program televisi dan biasanyadiproduksi oleh stasiun televisi sendiri atau kerjasama dengan Production House.

    7. Film VideoClip (Music Video)

    Film videoclip merupakan jenis film yang digunakan oleh para produser musik untukmemasarkan produksinya lewat medium televisi, jenis ini berdurasi singkatberdasarkan panjang lagunya.

    I. Fungsi AudioVisual

    Audiovisual memiliki fungsi yang diinginkan oleh audienceyakni gambar dan suara, sehingga kedua hal tersebut menyatu sebagai kesatuan.Televisi adalah merupakan bentuk dari Audiovisualyang bersifat mengeluarkan suara dan bergerak serta hasil panduan dari karyadan teknologi, berbeda dengan radio yang hanya menyajikan Audio. Jadi apabila khalayak radio siaran hanya mendengarkata-kata, musik dan efek suara, maka khalayak televisi bisa melihat gambaryang bergerak dan menggabungkan unsur yang ada pada radio.

    Fungsi Audiovisual berdasarkan kegunaannya adalah sebagai berikut :

    1. Funfsi Atensi, yaitumenarik dan mengarahkan perhatian komunikan untuk berkonsentrasi pada isi pesanyang berkenaan dengan visual yangditampilkan.

    2. Fungsi Kognitif, yaitu memperlancar ataumempermudah pencapaian maksud visualyang tidak dimengerti komunikan. Bertujuan memahami pencapaian maksud visual yang tidak dimengerti komunikan.Berjuang memahami dan mengingat pesan lewat gambar dan suara.

    3. Fungsi Kompensatoris, yaitu membantumengakomodasikan komunikasi yang lemah dan lambat dalam memahami isi pesandengan menyajikan gambar dan suara.

    J. Karakteristik AudioVisual Audiovisual merupakan unsur yang audible (dapatdidengar) dan visible (dapardilihat),sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa karakteristik atau unsur yangmemiliki Audio visual adalah suatuperpaduan atau kombinasi antara gambar dan suara baik bergerak maupun diam sehinggamenghasilkan suatu pesan yang dapat dimengerti oleh khalayak.

    Definisi Broadcasting

    Broadcastingadalah kegiatan, di dalam cara menyampaikan pesan, ide, hasrat, kepada khalayakdengan menggunakan fasilitas frequency, dengan kata lain dunia broadcastingadalah merupakan suatu kegiatan penyiaran yang dilakukan oleh seorang penyiar.

    Di dalam lembaga penyiaran dari stasiun radiopenyiaran bersifat audiorik dan penyiaran broadcasting televisi bersifat audiodan video. Broadcasting merupakan dunia penyiaran, dan ini dapat dikatakansuatu kegiatan yang senantiasa selalu menarik perhatian khalayak masyarakatluas, baik secara audiotorik dan visual.

    Definisi Iklan Komersil

    Menurut Rendra Widyatama (2006 : 16 ) Iklan Komersil adalah iklan yang semata-mata ditujukan untukkepentingan komersial dengan harapan bias ditayangkan, maka produsen memperolehkeuntungan komersial.

    Pengertian Sinopsis

    Menurut Keraf dalam jurnal CCIT (Untung dkk, 2010 : 186) Sinopsis adalahringkasan cerita media periklanan atau film, merupakan bentuk atau pendekatandari sebuah periklanan atau film dengan tetap memperhatikan unsur-unsurpencerminan dari sebuah periklanan atau film tersebut.

    Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya satu atau dua halaman,seperlima atau sepersepuluh dari panjang film. Tujuan membuat sinopsis adalahsebagai suatu usaha bagaimana cara meningkatkan minat audience. Cara membuat sinopsis adalah sebagai berikut :

    1. Mencatat ide utama dengan menggaris bawahiide yang penting.

    2. Meringkas cerita gagasan utama sebagaimanadicatat pada langkah pertama.

    3. Gunakanlah kalimat yang padat, efektif danmenarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yangmenggambarkan cerita.

    4. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulisgaris besarnya saja.

    5. Sinopsis tidak boleh menyimpang dari jalancerita atau naskah yang dibuat.

    Pengertian Naskah (Script Writting)

    Menurut Untung Rahardja dalam jurnal CCIT (Untung dkk, 2010 : 186) Naskah (Script Writting) adalah membuat rancangan secara rinci yangmengembangkan gagasan pada sinopsis menjadisebuah cerita yang menarik. MenurutRobert Penulis Naskah (Script Writting)mempunyai perinsip-perinsip umum sebagai berikut :

    1. Script Writting sebagai pembicaraan (terdapat dua karakter ataulebih).

    2. Dialek,aksen, intonasi, diksi (sangat fonetik yang mengarahkan pitch, loudness,timbre).

    3. Tidak hanya apa yang dikatakan tetapi bagaimana cara mengatakannya.

    4. Bahasa tubuh dan karakter (karena dialogmenempel padanya). ningtya Story Board adalah rangkaian gambar ilustrasi yang berusahamenjelaskan bahasa tulisan scenario kedalam bahasa visual.

    Menurut Untung Rahardja dalam jurnal CCIT (Untung dkk, 2010 : 187) Story Board adalah rancangan berupa sketgambar yang dilengkapi dengan petunjuk atau catatan pengambilan gambar untukkebutuhan shooting. Selamaproses praproduksi, perancangan yang berhubungan dengan visualisasi yang akan dibuat membutuhkan Sroty Board sebagai media terpadu.

    Tahapan Produksi Audio Visual

    Menurut Untung Rahardja dalam jurnal CCIT (Untung dkk, 2010 : 185) Tahap produksi Audio visual terdiri dari :

    Pra Produksi

    Pra produksi adalah sebuah proses produksi yangmerupakan tahapan awal dari seluruh kegiatan yang akan datang atau juga disebutsebagai tahapan perencanaan.

    1. Penemuan Ide

      Ide atau gagasan yang telahtercipta kemudian dikembangkan lagi dengan mengumpulkan data-data atau dengan research,selanjutnya dengan data yang telah diperoleh dituangkan kedalam sinopsis yangdibuat oleh script writer atau dilanjutkan dengan melakukan rapat untukmembahas ide atau gagasan secara keseluruhan kemudian membuat rundown.

    2. Perencanaan

      Tahapan ini meliputi penetapanjangka waktu kerja (time schedule), penyempurnaan sinopsis, pemilihanartis, lokasi, dan crew.Selain persiapan biaya dan rencana lokasi merupakan bagian dari perencanaanyang dibuat secara hati-hati dan teliti.

    3. Persiapan

    Tahapan ini meliputipemberesan semua kontrak, perjanjian, dan surat menyurat. Latihan para artisdan pembuatan setting, meneliti dan melengkapi peralatan yangdiperlukan, semua persiapan ini paling baik diselesaikan menurut jangka waktuyang sudah ditetapkan.

    Produksi

    Produksi adalah suatu upaya merubah bentuk sinopsis menjadi Audiovisual seperti yang telah diketahui bahwa pelaksanaan produksisebuah program acara tergantung pada tuntutan sinopsis hal tersebut dikarenakansinopsis merupakan hasil dari penemuan ide atau gagasan mengenai suatu program acara.

    Pasca Produksi

    Setelah tahap produksi selesai maka dilakukan tahappasca produksi yang meliputi banyak hal, seperti offline editing yaitu merangkai alur konsep tersebut menjadisesuatu yang tersusun rapi namun masih kasar atau belum menggunakan efek-efektertentu, baru kemudian dilanjutkan ke onlineediting dengan pemberian effect gambar agar lebih bernuansa bagus,diberikan narasi (dubbing) bila diperlukan, kemudian dilakukan mixingatau suara efffect yang disesuaikan dengan program yang sedangdiproduksi seperti suara musik serta pemberian tulisan-tulisan (titling)bila program tersebut memerlukan informasi berupa tulisan atau terjemahan.

    Program Aplikasi Penunjang Desain

    Adobe Photoshop

    Menurut Wahana Komputer (2008 : 1-2) Adobe Photoshop merupakan program pengolahgrafik yang mampu bekerja pada dua tipe grafik yaitu bitmap dan vector. Olehsebab itu, file kerja pada Adobe Photoshop dapat berupa gambar bitmapmaupun vector. Hal ini merupakan keunggulan dari program AdobePhotoshop karena dengan kemampuan tersebut akan memudahkan anda untukmembuat obyek, mengolah foto maupun pengeditan foto lebih lanjut.

    Berikut akan dijelaskan tentang perbedaan keduanya agar anda dapat menentukan tipe grafikyang akan digunakan dalam mengolah foto :

    a. Obyek Vektor

    Obyek vektortersusun dari sekumpulan garis, kurva dan bidang tertentu sehingga membentuksuatu gambar. Gambar vektor terbentuk oleh fill dan stroke, olehkarena itu gambar vektor sama sekali tidak terpengaruh oleh resolusi. Kondisigambar vektor tetap tajam saat dicetak. Gambar vektor mempunyai keunggulanwarna yang solid sehingga sangatlah cocok untuk bentuk-bentuk logo yang sederhana.Selain itu obyek vektor tidak akan pecah jika anda melakukan pengaturan ukuran.Oleh karena itu, dimungkinkan untuk memindah, mengatur ulang ukurannya ataumengganti warnanya tanpa menurunkan kualitas.

    b. Obyek Bitmap

    Gambar bitmap terdiri dari titik-titik yang sering disebut dengan pixel. Pixel tersusunsecara terstruktur pada bidang tertentu. Setiap pixel mempunyaiwarna-warna tertentu yang akhirnya dapat membentuk pola tertentu dan menjadisebuah gambar. Semakin tinggi resolusi suatu gambar maka semakin solid atauhalus gambar tersebut. Akibatnya semakin tinggi resolusi mengakibatkan ukuranfile juga semakin besar.

    Image bitmapcocok untuk mereproduksi gradasi warna yang halus seperti gradasi warna didalamfotografi. Tepi image bitmap dapat pecah (tidak rapi) apabila diperbesartampilannya atau apabila image bitmap tersebut dicetak dengan resolusi yanglebih rendah dari aslinya.

    Dengan mengetahui karakteristik dari dua tipe grafik diatas, tentunya akan memudahkandalam melakukan manipulasi image menggunakan program Adobe Photoshop CS3.

    Berikut iniketerangan masing-masing bagian area kerja Adobe Photoshop :

    a. Title Bar

    Title Baruntuk menampilkan judul dokumen yang aktif (yang sedang dibuka dan diedit),persentase tampilan, layer yang aktif dan mode warna yang digunakan padadokumen.

    b. Menu Bar

    Menu Bar berisi menu-menu untuk menjalankanperintah-perintah didalam program Adobe Phothoshop CS3. Menu-menu tersebutdiorganisasikan sesuai dengan kategori tertentu. Misalnya menu File berisikan submenu perintah-perintahyang berkaitan dengan manajemen file, atau menu Select yang berisikan submenu perintah-perintah yang berkaitan dengan seleksi.

    c. Option Bar

    Hampir semua tool didalam program Adobe Photoshop CS3mempunyai opsi yang ditampilkan pada OptionsBar. Tampilan Options Bar akanberubah secara dinamis sesuai tool yang sedang anda gunakan.

    d. Toolbox

    Toolbox berisikan seperangkat fasilitas (tool) untuk mengedit dan memanipulasi image. Toolbox bersifat mengambang, hal inimemungkinkan user untuk memindah posisinya sesuai keinginan. Pada AdobePhotoshop CS3 terdapat sedikit perbedaan dengan versi sebelumnya, anda dapatmengubah tampilan toolbox secara memanjang atau standart.

    e. Layer

    Bekerja dengan photoshop tidak lepas dari penggunaanlayer karena pada layer-lah suatu image akan diedit dan dimanipulasi. Layerdapat diPengertiankan sebagai lembar kerja transparan. Untuk lebih memudahkanpemahaman layer, bayangkanlah sebuah plastic berwarna bening (transparan) dantembus pandang. Demikianlah halnya layer, layer bersifat transparan sehinggaapabila memasang image pada layer akan sama halnya dengan memasang image padaselembar plastic bening. Keuntungan penggunaan layer adalah untuk memudahkanpengeditan image secara terpisah dari komposisi gambar yang kompleks. Dengankata lain, konsentrasi pengeditan suatu komposisi gambar akan lebih terfokusapabila pengeditan dilakukan perbagian daripada pengeditan dilakukan padakeseluruhan komposisi gambar.

    f. Status Bar

    Status Bar didalam dokumen menampilkan informasidokumen dan tampilannya. Selain itu, Status Bar juga menampilkan informasiringkas tentang tool yang dipilih (sedang digunakan). Untuk lebih jelasnya,dibawah ini adalah keterangan item-item yang terdapat pada Status Bar.

    1. Kotak yang berisikan nilai dengan parameter persentasemerupakan informasi tampilan dokumen yang aktif.

    2. Menu Pop-up workgroupberfungsiuntuk pengorganisasian kerja didalam workgroup.

    3. Informasi dokumen menampilkan data dakumen sesuai itemyang dipilih didalam menu pop-up.

    g. Stage

    Stage merupakan bidang kanvas yang digunakan untukarea pengeditan dan pembuatan obyek gambar.

    h. Palet-palet

    Palet-palet didalam Adobe Phothoshop CS3 digunakanuntuk memonitor dan memodifikasi image. Pada Adobe Photoshop CS3 tampilan paletsedikit berbeda dengan versi sebelumnya. Secara default, palet-palet akanditampilkan dalam dua group yangsudah ditentukan. Group pertamaterdiri dari palet Tool Presents,Brushes, Clone Source, Character, Paragraph, dan Layer Comps. Sedangkan groupkedua dari palet Navigator, Color, danLayer.

    Adobe Photoshop CS3 tidakmenutup kemungkinan memisahkan salah satu atau lebih palet dari group-nya, yaitu dengan mendrag namapalet keluar dari group. Anda jugadapat menampilakan salah satu palet dengan cara mengklik salah satu nama paletdidalam suatu group palet, ataulakukanlah dengan mengklik menu Window kemudian nama palet, apabila susunanpalet-palet yang sudah diatur sesuai keinginan anda akan dikembalikan sesuai default yang diberikan, klik menu Window>Workspace>Default Workspace.

    Adobe Premier Pro

    Menurut Melvy Ayuningtyas (2010 : 7) Adobe Premieremerupakan program untuk menyunting dan mendesain film dan video, disamping juga dapat digunakan untuk membuat desain iklan.Dengan sistem pengolahan dan daya kreasi yang tinggi, dapat menciptakan karyadesain iklan dengan animasi yang indah dan eksklusif.

    a. Standarpenyiaran SECAM.

    Standar penyiaran ini dipergunkan dinegara-negara di Perancis, Timur Tengah dan Afrika, dengan Frame Rate 25 frame/detik.

    b. Standarpenyiaran PAL

    Standar penyiaran ini banyak dipergunkan dinegara-negara Inggris, Indonesia, Australia,Eropa dan China, dengan Frame Rate 25frame/detik.

    c. Standar Penyiaran NTSC.

    Standar penyiaran ini sering dipergunkan oleh negara-negara Amerika Serikat, Jepang,Kanada, Meksiko dan Korea, dengan FrameRate 30frame/detik.

    Secara garis besar jendela Adobe Premiereterdiri dari enam jendela, yaitu: Jendela Project,Source, Paneleffect, Jendela Monitor, Jendela Timeline dan Jendela Tools.

    1. Jendela Project berguna sebagai tempat menyimpan clip/footage yang berupa image, Audio, title dan videoyang akan digunakan dalam prosesediting. Jendela project memiliki 2 bagian yaitu tab project yang berisi daftarclip dan tab effect yang berisikan daftar efek Audio, transisi Audio,efek video, dan transisi video.

    2. Source adalah panel dimana bisa mengaturtrim dan clip-clip sebelum masuk ke timeline dan di sebelahnya ada pengaturanuntuk effect control dan Audio mixeruntuk clip-clip.

    3. Panel Effectberguna untuk tempat pemilihan effect yang bisa di aplikasikan kedalam video, juga terdapat Audio effect dan transisi untuk video. Di sebelahnya terdapat panel history dan panel info.

    4. Jendela Monitor terdiri dari Source Monitor Window dan Sequence Monitor Window, sedangakansebelah kanan merupakan Sequnce MonitorWindow. Source Monitor Window sangat berguna dalam proses trimming video, dan Sequnce Monitor Window digunakan untuk melihat preview hasil editing pada Timeline.

    5. Jendela Timeline memberikan adalahtempat untuk menyusun dan menempatkan clip/footageuntuk kemudian diedit. Jendela Toolsberisikan tombol Selection tool, Track Selection Tool, RippleEdit Tool, Rate Scratch Tool, Razor Tool, Slip Tool, Slide ool, Pen Tool, HandTool, Zoom Tool yang nantinya banyak digunakan dalam proses editing video.

    Adobe After Effect

    AdobeAfter Effect merupakan software motiongraphics yang dapat digunakan sebagai softwarecompositing, animasi dan video effect.

    Saull bass adalah orang yang pertama kali mencobamengkomunikasikan pesan melalui permainan grafik di awal pembuatan film. Denganpendekatan simbolis, film yang dibuatnya menyampaikan esensi dan representasidari seluruh film. Beberapa karyanya adalah Anatomy Of Murder, Vertigo dan The Age Of Innocence. R/GA (Robert AndRichard Greenbreg Associates) menjadikan mention graphics sebagai industrimelalui film-film seperti Wolf, Rising Sun, True Lies dan The Untouchables.

    AdobeAfter Effect awalnya didesain oleh CoSA (Company of Sciene and Art) sebagaisoftware mention graphics pada desktop. Setelah di akuisisi oleh Aldus dankemudian oleh Adobe, dibuat integrasi yang baik antara software ini denganAdobe Premiere, Photoshop dan Ilustrator. “Oleh karena itu pada saat ini AdobeAfter Effect merupakan salah satu softwaremultimedia terbaik, yang menyediakan semua hal yang dibutuhkan oleh para amatirdan professional untuk motion graphics/ animasi dan visual effect, yangmerupakan bagian proses kreatif dari animasi multimedia”.

    Adobe After Effectadalah software animasi bukan image editing sehingga untuk image editing perlu menggunakanphotoshop after effect merupakanaplikasi grafis dengan format bitmap. Aftereffect biasa dipakai untuk :

    1. animasi pembuka / opening tune acara TV & Opening CD Interaktif- movie intro game

    2. bumper / animasi jeda

    3. video efek dan animasi teks untuk iklan

    4. video efek untuk film layar kaca atau layar lebar software pendukung diantaranya :

    1. Adobe PhotoshopCS3

    2. AdobePremiere pro CS3

    3. AdobeAffter Effect CS3 Format-formatyang mendukung penciptaan suatu karya kreatif dengan menggunakan Adobe AfterEffect adalah :

    1. Avi

      Avi video(*.avi) merupakan format standar dari file video dengan kualitas terbaik tetapimemerlukan kapasitas hard disk yang besar, karena file yang dihasilkanmempunyai kapasitas yang besar pula.

    2. Quicktime movie

      Quicktimemovie (*.mov) yang merupakan format standar applecomputer untuk mendistribusikan file video, dulunya format ini hanyadigunakan pada komputer Machintosh saja, tetapi kini dipergunakan oleh sebagianpengguna PC untuk distribusi video terkompresi dengan file yang berukuran keciltapi memiliki kualitas yang bagus.

    3. Macromedia Flash

    Format Macromedia Flash (*.swf) format ini banyak dipergunakan untuk animasi web dantelah menjadi standar baru dalam animasi web, dengan ukuran file yang kcilformat ini mudah sekai didistrbusikan dan dijalankan secara real timedi halamanweb dengan menggunakan Macromedia Flash Player.

    Footage adalah sebutan untuk file-file yang dipakaidalam project untuk membangun composition, dapat berupa file gambar, file videodan file suara. Format file yang didukung oleh after effect adalah : Quicktime,Direct Show (Windows), AVI, WAV, Adobe Photoshop, JPEG, SGI, Softimage PIC,Targa, TIFF, PICT, Cineon, RLA, Electric Image, Filmstrip, FLC/FLI, EPS, AdobeIlustrator Adobe Premier, GIF89a, SWF dan PDF.

    Pengertian Corel Videostudio Pro X5

    Corel VideoStudio Pro X5 adalah software terlengkap yangmenggabungkan beberapa visual efek yang luar biasa. Dengan Corel VideostudioPro X5 kita bisa membuat video dengan kualitas HD. Penggunaan yang mudahdan sangat menarik untuk digunakan menjadikan Corel Videostudio Pro X5 menjadidaya tarik tersendiri bagi apara editor. Atas kelebihan itu CorelVideostudio Pro X5 menduduki peringkat 2 dunia dalam 10 Video editing terbaikdi dunia.

    Elisitasi

    Menurut Hidayati dalam Rahardja (2011: 302), ”Elisitasi merupakan rancangan yang dibuatberdasarkan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dandisanggupi oleh penulis untuk dieksekusi”.

    Elisitasi didapat melalui metode wawancara dandilakukan melalui tiga tahap, yaitu :

    1. Elisitasi tahap I, berisi seluruh rancangan sistem baruyang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

    2. Elisitasi tahap II, merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkanantara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru denganrancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

      Berikut penjelasan mengenai MDI:

      a. M pada MDI berarti Mandatory(penting). Maksudnya, requirementtersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.

      b. D pada MDI berarti Desirable.Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalu penting dan bolehdihilangkan. Namun, jika requirementtersebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistem tersebutlebih sempurna.

      c. I pada MDI berarti Inessential.Maksudnya, requirement tersebutbukanlah bagian sistem yang dibahas, tetapi bagian dari luar sistem.

    3. Elisitasi tahap III, merupakan hasil penyusutanelisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option Ipada metode MDI. Selanjutnya, semua requirementyang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu:

      a. T artinya Teknikal, bagaimana tata cara atau teknikpembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan?

      b. O artinya Operasional, bagaimana tata cara penggunaan?

      c. Requirementdalam sistem akan dikembangkan?

      d. E artinya Ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan gunamembangun requirement di dalam sistem?

      Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu:

      a) High (H) :Sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit sertabiayanya mahal. Maka requirement tersebut harus dieliminasi.

      b) Middle (M):Mampu dikerjakan.

      c) Low (L) : Mudah dikerjakan.

    4. Final draft elisitasi, merupakan hasil akhir yangdicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasarpembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

    Literature Review

    Berdasarkan studi pustaka pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja. Maka penulismelakukan literature review terhadap penelitian-penelitian sebelumnya sebagai berikut :

    a. Penelitian yang dilakukan Sahrul Ramdani (2012) dariSTMIK Raharja. Penelitian ini membahas tentang “PERANCANGAN VIDEO PROFIL SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI PADA SDN DAAN MOGOT 2 KOTA TANGERANG”
    Penelitian ini dilakukan penulis ingin mempromosikan sebuah Sekolah Dasar (SD) Negri DaanMogot Kota Tangerang yang memiliki akreditas bernilai B. Dalam penyampaianinformasi kepada Masyarakat baru dari lisan ke lisan dengan orang tua murid ,dan juga disebarkan melalui media cetak berupa brosur dan spanduk saja belummemiliki media informasi dalam bentuk audio visual atau video.
    Tujuan Pembuatan perancangan Video Profil ini sebagai media informasi sekolah untukditampilkan melalui kegiatan yang dilakukan SDN Daan Mogot 2 Kota Tangerang.

    b. Penelitian yang dilakukan Siti Fadilah (2009) dariSTMIK Raharja. Penelitian ini membahas tentang “PERANCANGAN VIDEO SEBAGAI MEDIAINFORMASI PROFILE SMAN 12 KABUPATEN TANGERANG”.
    Penelitian ini dilakukan penulis sebagai penyempurna dan pelengkap penyampaian informasimengenai profil Sekolahan melaui media penunjang berbentuk video. Sehingga dengan adanya media video profil, pada saat event-event tertentu dapatdisuguhkan kepada tamu, relasi, maupun pihak-pihak yang berkunjung di sekolahan tersebut.
    Tujuan Pembuatan media video profil ini sebagai media penunjang promosi kepoda calonsiswa/i baru.

    c. Penelitian yang dilakukan Meta Remawasih (2009) STMIKRaharja. “PERANCANGAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSIPESANTREN MODERN DAARUL MUTTAQIEN CADAS SEPATAN TANGERANG”.
    Penelitian yang dilakukan penulis melakukan penelitian kepada Pesantren Daarul Muttaqien yang pada saat itu dalam penyampaian informasi kepada masyarakat belum memilikimedia penunjang informasi berupa video profil, karna dari bentuk media tersebut secara visual selain sebagai sarana penyampaian informasi mengenai profilpesantren, media tersebut dapat digunakan sebagai daya tarik dalam melaksanakanprogram promosi lembaga yang bersangkutan.
    Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkanoleh bagian HUMAS sekaligus dijadikan media penunjang Promosi dalam mendapatkancalon santri baru untuk setiap tahunya.

    d. Penelitian yang dilakukan Ristinawati(2011) STMIK Raharja. “PERANCANGAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA PENUNJANGPROMOSI PADA KECAMATAN PAKUHAJI”
    Penelitian yang dilakukan penulis untuk memberikan peluang dan daya tarik tersendiri bagipara pendatang dan investor lokal yang ingin membuka usaha di wilayah KecamatanPakuhaji. Dan juga sebagai peningkatan pendapatan masyarakat. Dengan media informasi berbentuk video profile yang nantinya akan terbentuk sebuah mediainformasi yang lebih baik yang saat ini media informasi hanya berbentuk spandukyang berada di pasar atau jalan raya dan koran lokal.
    Tujuan penelitian penulis sebagai media penyampaian informasi dan promosi mengenaiprofil kegiatan dan pelayanan di Kecamatan Pakuhaji bagi masyarakat.

    e. Penelitian yang dilakukan DeviDina Maryanti(2012) STMIK Raharja. “PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILESEBAGAI PENUNJANG INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU DAN CITRA SMA NEGERI 6 TANGERANG”.
    solusi dari permasalahan yang dihadapi petugaspenerimaan siswa baru dalam hal memberikan informasi kepada Penelitian yangdilakukan penulis suatu lembaga atau intitusi yang berkembang dengan pesat.Media Teknologi dan informasi yang terus berkembang yang direalisasikan melaluiberbagai hal seperti koran, majalah dan lain-lain. Namun pada saat inimasyarakat gemar menerima informasi melalui media informasi yang berupa audio visual. Dalam hal ini penyampaianinformasi yang dilakukan oleh SMA Negeri 6 Tangerang hanya menggunakan mediacetak, seperti brosur, famplet,spanduk, banner dan website sederhana.
    Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan masyarakat.

    f. Penelitian yang dilakukan Muhammad Nur Zakaria (2012)STMIK Raharja. : “PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI PADA SMAN 4TANGERANG” .
    Kelebihan dari Penelitian yang di lakukan penulis ini adalah menghemat waktu dalam prosespenyampaian informasi kepada masyarakat khususnya para calon siswa atau siswibaru, kemudian pada projeknya yaitu menggunakan desain animasi yang menarikpada video profile.

    g. Penelitian yang dilakukan Siti Cholimah(2012) STMIK Raharja. “PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA STMIK RAHARJA TANGERANG”
    Kelebihan dari penelitian yang dilakukan penulis ini adalah menghemat masyarakat khusunyapara calon mahaiswa-mahasiswi baru, kemudin pada projeknya yaitu menggunakandesain animasi untuk bumper awal pada projecknya yang menarik pada iklan komersil.

    BAB III

    GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI

    Gambaran Umum SMK Yuppentek 2 Curug

    Sejarah Singkat SMK Yuppentek 2 Curug

    Sekolah ini berdiri sejak tahun 1978, dengan sebutanSekolah Teknologi Menengah (STM) Yuppentek-II, dengan surat keputusanpendirian oleh Yayasan Usaha Peningkatan Pendidikan Teknologi, nomor :014/KPTS/YUPP/IX/81, tanggal 20 September 1981, dengan rekomendasi Ka KandepP&K Kabupaten Tangerang, No.564/II.02.4/D.81; tgl 17 Nopember 1981 danBupati Kepala Daerah Tingkat II Tangerang, nomor : 1596/Ks.412/1981, tgl 18Nopember 1981; Dengan surat pernyataan terdaftar oleh Kepala Kantor WilayahDepartemen P&K Propinsi Jawa Barat nomor : 547/I02.5/II.82, tgl 26 Juni1982. Memiliki dua Jurusan, yakni Mesin Umum dan Listrik. Beralamat di Desa Serdangwetan,Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Pada tahun 1998, lokasi sekolah pindahalamat di Jalan Raya PLP Km4; Kelurahan Sukabakti; Kecamatan Curug, 15810,Telp/Fax : 021 5980876 / 021 59494259, website : www.smk_yuppentek2.sch.id

    Perkembangan selanjutnya, sejak 31 Desember 1991berstatus 'DIAKUI' dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar danMenengah tanggal 31 Desember 1991, nomor : 476/C/Kep/I/1991; Sejak 5 Desember2001 berstatus 'DISAMAKAN', dengan sebutan 'Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Yuppentek2 dengan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang,nomor : 421/420.3/1664/Disdik, tanggal 5 Desember 2001. Dengan sistimakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) pada tahun2007: Program Keahlian : Teknik Pemesinan-akreditasi 'A'; Teknik Mekanik Otomotif 'A'; Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik 'B'; Teknik ElektronikaIndustri 'B' masing-masing Sertifikat : Mk.002120; Mk.002121; Mk.002122;Mk.002119. Sejak tahun 2008 telah dibuka program keahlian baru yakni'Teknik Rekayasa Perangkat Lunak - Teknik Informatika' (terakreditasi-'B') dantahun 2009 dibuka program keahlian : 'Gambar Mesin / Computer Aided Drawing andDesign-CADD'-(peringkat 'B'). Semenjak tahun 2007 SMK Yuppentek-2 telah menyandang status "Sekolah Berstandar Nasional". Pada akhir 2010 danawal 2011 mulai menerapkan proses ISO 9001:2008

    Dengan Akreditasi Ulang pada Nopember 2012, ProgramKeahlian Teknik Pemesinan - Peringkat 'A'; Teknik Kendaraan Ringan - Peringkat'A'; Teknik Elektronika Industri - Peringkat'A'; Teknik Listrik Instalasi -Peringkat'B'; Sertifikat : Mk 010544; Mk 010545; Mk 010546; Mk 010547 - berlakuhingga 2017;

    Nama-nama Kepala sekolah : (1) I.Made Pasek (1978s/d 1982); (2) Sahlan Sholeh, S.H.(1982 s/d 1983); (3) Drs Manan Nurahmat(1983s/d 1987); (4) Drs.H.Soesarno(April 1987 s/d Juni 1987); (5) Drs. HYM Kodhiat,B.Sc( 1987 s/d 2003); (6) Nilam, Drs.,S.H.( 2003 s/d sekarang).

    Visi, Misi, dan Tujan SMK Yuppentek 2 Curug

    a. Visi
    Menciptakan Teknisi Unggulan yang Ahli Di Bidang Teknologi dan Industri.

    b. Misi
    Menyelenggarakan Pendidikan Unggulan dan Pelatihan Unggulan yangBerbudaya dan Profesional.

    c. Tujuan
    Menjadikan LembagaPendidikan Unggulan dan Pelatihan Unggulan Pada Tataran Daerah, Nasional,Regional dan Internasional.

    Struktur Organisasi SMK Yuppentek 2 Curug

    3.1.png

    Wewenang dan Tanggung Jawab

    Seperti dengan halnya sebuah sekolah SMK Yuppentek 2 curug didalam managemen terdapat bagian-bagian yang mempunyaiwewenang dan tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya. Setiapanggota organisasi disekolah mengembangkan tugas dan peranan masing-masingdalam rangka menciptakan suasana kerja yang kondusif untuk kemajuan danperkembangan sekolah berikut adalah wewenang dan tanggung jawab pada SMK Yuppentek 2 curug adalah sebagai berikut :

    a. Wewenang kepala sekolah

    1. Menyusunperancanaan.

    2. Mengarahkankegiatan.

    3. Melaksanakan pengawasan.

    4. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan.

    5. Menentukan kebijaksanaan.

    6. Memimpin rapat.

    7. Menganmbil keputusan.

    8. Mengaturproses belajar.

    9. belajar mengajar.

    10. Bimbingan dan penyuluhan.

    Tanggung Jawab Kepala Sekolah :
    a. Bertanggungjawab seluruh operational belajar mengajar.
    b. Bertanggungjawab atas bimbingan dan penyuluhan disekolah.
    c. Bertanggungjawab atas Kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler.

    Wewenang Wakasek Bidang Sarana dan Prasarana

    1. Menyusun strategi dan pengolahan Sarana dan Prasarana.

    2. Melaporkanpelaksanaan tugas kepada kepala sekolah.

    3. Mengajukan usul rancangan peningkatan dan pengembangan sarana/prasarana

    TanggungJawab Wakasek Bidang Sarana dan Prasarana:
    a. Menyusunperancangan, pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan sarana/prasarana.
    b. Mengkoordinasikan inventaris barang aset sekolah.
    c. Mengoptimalisasikanfungsi dan manfaat sarana/prasarana secara efektif dan efisien.
    d. Mengkoordinasikanpemanfaatan sarana/prasarana.

    Wewenang Wakasek Bidang Kurikulum.

    1. Menyusun strategi dan program/kegiatan pembelajaran dan pelatihan.

    2. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada kepala sekolah.

    3. Mengajukan usul rancangan peningkatan dan pengembangan pendidikan unggulan dan pelatihan unggulan.

    Tanggungjawab wakasek bidang akademik.
    a. Menyusunkalender pendidikan dan pelatihan sesuai kelayakan dan kompetensiguru/instruktur.
    b. Mengkoordinasikegiatan pengembangan bakat, minat dan kreatifitas siswa.
    c. Bertanggungjawab atas administrasi SDM guru/instruktur.
    d. Melaksanakantugas supervisi kelas/unit/instalasi.
    e. Mengembangkandan mengkoordinasikan kegiatan evaluasi/ulangan umum/ujian baik teori maupunuji kompetensi/praktek serta pelaporan.

    WewenangWakasek Bidang Kesiswaan

    1. Menyusunstrategi dan pembinaan kesiswaan.

    2. Melaporkanpelaksanaan tugas kepada kepala sekolah.

    3. Mengajukan usul peningkatandan pengembangan pembinaan kesiswaan.

    TanggungJawab Wakasek Bidang Kesiswaan
    a. Menyusun program pembinaan kesiswaan dalam ekstrakurikuler.
    b. Pembinaan kesiswaan dalam intrakurikuler terutama penegakan K3(ketertiban, kebersihan,dan keindahaan) didalam sekolah.
    c. Membina organisasi dan kegiatan OSIS dan lulusan (Alumni).
    d. Menyusunporto folio kesiswaan dan alumni.
    e. Bertanggungjawab atas administrasi/data kesiswaan.
    f. Perekrutan siswa baru.

    Wewenang danTanggung Jawab Program Keahlian (teknik pemesinan, Teknik Elektro, TeknikElektronika, Teknik Otomotif, Teknik Informatika)

    1. Membantukepala sekolah dibawah koordinasi wakasek kurikulum menyusun perencanaan darianalisa program pendidikan dan penelitian keahlian serta mengkoordinirpelaksanaan diklat keahlian, baik mengenai wawasan (kognitif) pada normatif danadaptif serta afektif dan psiko- motorik pada produktif.

    2. Mengkoordinir kegiatan pelaksanaan tugas kepala perpustakaan, laboratorium dan kepalainstalasi/praktek dan keahlain yang terkait.

    3. Sebagaimenjamin mutu internal (internalassurance) barang dan jasa hasil praktek siswa.

    4. Bertanggungjawab penyelenggaraan pendidikan berkualitas dalam programkeahlian dan carier center (CC).

    Wewenang koordinator bimbingan dan penyuluhan/bimbingan karir dan administrasi alat.

    1. Menyusun perencanaan, pelaksanaan dan anilisis pelayananBP/BK, pemanfaatan alat kepadasiswa.

    2. Mengkoordinasikan kegiatan wali kelas/administrator alat dalam pelayanan bimbingan dan penyuluhanatau bimbingan karir pemanfaatan alat kepada paea siswa.

    3. Bertanggungjawab atas administrasi BP dan BK/inventaris alat dan porto folio kepada kepalasekolah melalui WKS kurikulum, sarana dan prasarana.

    4. Melaksanakankegiatan BP atau BK atas rujukan wali kelas / administrator alat.

    Wewenang dan Tanggung Jawab Kepala Sub Bagian Adminstrasi Akademik

    1. Membatu kepala sekolah dibawah koordinasi wakasek kurikulum dalam menyusun perencanaandan pelaksanaan akademik SMK Yuppentek 2 baik dalam perencanaan, pendidikan danevaluasi serta pelaporan.

    2. Mengkoordinirpelaksanaan administrasi akademik sekolah.

    3. Melaporkanpelaksanaan tugas kepada kepala sekolah melalui wakasek kurikulum.

    Wewenang dan Tanggung Jawab Kepala Lab. TeknikLas dan Fabrikasi Logam

    1. Menyusunperencanaan/jadwal optimasi pemanfaatan alat dan bahan pelatihan/praktek danevaluasi kegiatan, fasilitas pelatihan/praktek teknik mesin perkakas, las danfabrika logam.

    2. Mengkoordinasikankegiatan pelatihan/praktek di instalasi teknik mesin perkakas, las dan fabrikalogam.

    3. Melakukanadministrasi/inventarisasi alat, dan bahan perlengkapan instalasi.

    4. Menyusun dan menyampaikan rekomendasi atas pelayanan instalasi kepada yangberkepentingan.

    Wewenang dan Tanggung jawab Kepala Unit Usah/ Produksi dan Hubungan Industri

    1. Menyusunproposal/perencanaan usaha yang fisibel dan jadwal pelaksanaan unitproduksi/usaha sebagai hasil analisis terhadap pasar dan kapasitas lembaga UP.

    2. Mengolahunit usha/produksi sebagi unit pelaksanaan teknis, termasuk sebagai wahanapendidikan dan pelatihan para siswa dalam mengaplikasikan pengetahuankewiraushaan.

    3. Mengkoordinasikanpelaksanaan PSG, system magang/PKL,dan produksi atau usaha untuk meningkatkan pendapatan sekolah.

    4. Melaporkan pelakalsanaan tugas kepada kepala sekolah melalui wakasek yang berkompeten atau terkait.

    Wewenangdan Tanggung Jawab Kepala Unit Perpustakaan, Multimedia

    1. Menyusundan menyampaikan perencanaan program, kegiatan pemanfaatan fasilitasperpustakaan/multimnedia.

    2. Mengkoordinasikankegiatan optimasi pemanfaatan fasilitas perpustakaan, multimedian oleh siswa,guru, pegawai dan masyarakat.

    3. Melakukan pengembangan fasilitas perpustakaan/multimedia.

    4. Melakukan administrasi, insventarisasi pelayanan, peralatan dan perlengkapan fasilitasterkait.

    5. Menyusundan menyampaikan rekomendasi atas pelayanan kepada yang berekepentingan.

    Wewenangdan Tanggung Jawab Kepala Sub Tata Usaha

    1. Mengkoordinasikankegiatan ketatausahaan dan ketatalaksanaan.

    2. Mengkoordinasikankegiatan kebersihan, ketertiban, keindahan, keamanan dan kekeluargaan sekolah.

    3. Mengkoordinasikankegiatan sistem informasi dan komunikasi.

    4. Mengkoordinasikankegiatan mengadministrasikan /inventarisasi aset sekolah.

    5. Menyusundan menyampaikan laporan – laporan.

    6. Melaksanakantugas lain yang diberikan oleh kepala sekolah.

    7. Menyusundan menyampaikan perencanaan pengembangan pelayananan dan system informasi/komunikasikepada kepala sekolah

    Informasi Produk

    Strategi Program Promosi

    Strategi Program Promosi yang dilaksanakan oleh SMKYuppentek 2 Curug yaitu dengan menampilkan Media iklan kormesil sekolah yangakan ditayangkan pada sekolah-sekolah menengah pertama dan beberapa programkegiatan yang melibatkan banyak orang seperti, HUT SMK Yuppentek 2 curugTangerang, rapat guru dan sosialisasi masyarakat lainnya. Dimana dalam prosespenyebarannya menggunakan CD. Media alternatif tersebut disebarkan dengan caramembagi-bagikan CD kepada calon siswa baru untuk disampaikan kembali kepadateman-teman sanak saudara yang belum melihat dan masih bersekolah di tingkatmenengah pertama. Dan akan diimplementasikan di web resmi SMK YUPPETEK 2 Curugdengan link http://www.smk-yuppentek2.sch.id dan juga akan disebarkan melalui youtube agar lebih luasmemberikan informasi dan promosi tentang SMK Yuppentek 2.

    Latar Belakang Produk

    Hasilproduksi media diproses berdasarkan kegiatan-kegiatan, fasilitas-fasilitas yangada di SMK Yuppentek 2 Curug Tayangan ikaln profilsekolah ini diproduksi dari olahan-olahangambar video dan dokumentasi atau foto daridata yang telah diambil dilingkungan dan kegiatan dari SMK Yuppentek 2 Curug.

    Perkembangan Produk

    Sesuaidengan keadaan yang ada di SMK Yuppentek 2 Curug saat ini yaitu melakukanpromosi hanya dengan selembaran brosur website dan banner kini SMK Yuppentek 2Curug sudah semakin matang dan sudah siap melangkah lebih maju dalam merancangmedia informasi dan promosi. Maka media informasi dan promosi mendatang perludirancang dengan bentuk audio visualkarena melihat jangkauan segmentasi masyarakat bukan hanya di wilayah KotaTangerang melainkan menuju segmen masyarakat daerah dan provinsi maupunNasional.

    Material Produk

    Material yang digunakan oleh penulis dalam Perancangan Iklan Komersil pada SMK Yuppentek 2 Curug.


    3.1tabel.png

    Spesifikasi Produk

    Media Informasi dan Promosi SMK Yuppentek 2 CurugSelain media-media informasi yang telah disebutkan diatas, diharapakanrancangan media iklan komersil sekolah SMK Yuppentek 2 Curug yangpenulis rancang dapat membantu SMKYuppentek 2 curug dalam mensosialisasi kegiatan, agar calon siswa-siswibaru dapat berpartisipasi dan mau bergabung dengan SMK Yuppentek 2 Curug.

    Market Analisis

    Market Postioning

    SMKYuppentek 2 Curug terletak di wilayah Curug Tangerang yang. Dalam targetpromosi SMK Yuppentek 2 Curug melakukan kunjungan ke Sekolah-sekolah MenengahPertama (SMP) yang ada di daerah Curug dan Kota Tangerang. Selanjutnyadalam promosi telah dirancang strategi-strategi informasi dan promosi yang baruuntuk kemajuan dikemudian hari.

    Kondisi Pesaing

    Sejauh ini SMK Yuppentek 2 Curug merupakan salah satu sekolah yang sedang berkembangdi Tangerang, yang mana dalam perkembangnya tersebut ada beberapa sekolahpesaing yang membawa pengaruh terhadap pengembangan SMK Yuppentek 2 Curugantara lain:

    3.2tabel1.png
    3.2tabel2.png

    Potensial Market

    Sehubungan SMK Yuppentek 2 Curug beradadi wilayah Curug Tangerang dengan potensi yang dimiliki, tentu memberikanpeluang yang sangat besar bagi SMK Yuppentek 2 Curug untuk berkembang menjadisekolah yang maju. Media promosi yangdirancang ditujukan untuk memberikan suatu informasi lengkap dan spesifik, agarcalon siswa-siswi baru lebih mengetahui tentang SMK Yuppentek 2 Curug mulaidari sejarah, fasilitas, pelayanan yang dimiliki SMK Yuppentek 2 Curug strategipromosi yang komunikatif, handal dan didukung oleh bentuk media video yangmemadai program promosi tersebut.

    Market Segmentation

    Segmentasipromosi SMK Yuppentek 2 Curug Tangerang adalah :

    Geografi  : Wilayah Curug Tangerang.

    Demografi  : Jenis Kelamin  :Pria & Wanita.

    Kelas Ekonomi  : Menengah bawah dan menengah atas.

    Sasaran  : 1. Siswa-siswi Sekolah Menegah Pertama

    Psikografi  : Bagi siswa-siswi yang ingin bergabung dengan SMKYuppentek 2 Curug Tangerang.

    Market Objective

    Dalam memberikaninformasi tentang produk kegiatan dan pelayanan berupa media komunikasi sebagaisarana informasi dan promosi, yaitu media profil kegiatan SMK Yuppentek 2 CurugTangerang yang dapat menarik antusias dari Calon siswa-siswi baru, Mediatersebut diharapakan dapat disebarkan dan diterima oleh Calon siswa-siswi baruuntuk dijadikan sebuah acuan maupun motivasi dalam mengembangkan pendidikan di Curug Tangerang.

    Market Strategi

    Adapun kegiatan-kegiatan programinformasi dan promosi yang dilakukan SMK Yuppentek 2 Curug Tangerang sampaisaat ini selain melakukan sosialisasi secara langsung dengan calon siswa barujuga dengan memberikan selembaran-selembaran brosur kepada calon siswa baru.Untuk itu media yang akan dikembangkan dalam promosi adalah media iklan sekolah SMK Yuppentek 2 curug Tangerang sehingga proses penyampaian informasi dan promosi lebih mudah dan komunikatif.

    Strategi Produksi Promosi

    Strategi Program Promosiyang dilaksanakan oleh SMK Yuppentek 2 Curug yaitu dengan menampilkan Media iklankormesil sekolah yang akan ditayangkan pada sekolah-sekolah menengah pertamadan beberapa program kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti, HUT SMKYuppentek 2 curug Tangerang, rapat guru dansosialisasi masyarakat lainnya. Dimana dalam proses penyebarannya menggunakanCD, web resmi SMK YUPPENTEK 2, Youtube, Brosur, dan Spanduk. Media alternatiftersebut disebarkan dengan cara membagi-bagikan CD kepada calon siswa baruuntuk disampaikan kembali kepada teman-teman sanak saudara yang belum melihatdan masih bersekolah di tingkat menengah pertama.

    Budget Produksi Media

    3.3tabel.png

    Konfigurasi perancangan

    Spesifikasi Hardware

    Perancangantersebut menggunakan 1 unit laptop dengan spesifikasi sebagai berikut :

    a. Processor  : AMDE2-1800 APU Radeon (tm) HD Graphics 1.70 GHz

    b. Monitor  : LCD 14”

    c. Mouse  : Optic

    d. Hardisk  : 360 GB

    e. RAM  : 2 GB

    f. Keyboard  : Qwerty

    g. Speaker  : Active

    h. Kamera Video Canon 550D

    Software Yang Digunakan

    Dalam konsep media informasi danpromosi tersebut menggunakan software Adobe Premiere Pro CS3, Adobe After Effect CS3 dan Adobe Photoshop CS3.

    Elisitasi

    Elisitasi Tahap 1

    Elisitasi tahap I adalah daftar hasil data yangdiperoleh dari pengumpulan data dilapangan dengan cara observasi dan wawancaramengenai kekurangan dari desain yang sedang berjalan, dan kebutuhan pengguna desain yang belum terpenuhi. Berikut ini adalah lampiran Elisitasi Tahap I yang telah dibuat penulis :

    3.4tabel1.png
    3.4tabel2.png
    3.4tabel3.png
    3.4tabel4.png

    Elisitasi Tahap 2

    3.5tabel1.png
    3.5tabel2.png
    3.5tabel3.png
    3.5tabel4.png
    3.5tabel5.png

    Elisitasi Tahap 3

    3.6tabel1.png
    3.6tabel2.png
    3.6tabel3.png
    3.6tabel4.png
    3.6tabel5.png

    Final Draft Elisitasi

    3.7tabel1.png
    3.7tabel2.png
    3.7tabel3.png
    3.7tabel4.png
    3.7tabel5.png

    BAB IV

    KONSEP PRODUKSI MAVIB (KPM)

    Suatu media video agar menghasilkan hasil yang sempurna sebelumnya dimulai denganmerancang konsep produksi. Adapun yang dimaksud konsep produksi adalah segalatahapan yang berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk dan distribusi yang seluas-luasnya. Dalam pembuatan iklankomersil ini, konsep produksi yang dipakai adalah Konsep Produksi MAVIB. Yangdimaksud Konsep Produksi MAVIB ialah tahapan-tahapan mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik MAVIB. MAVIBmerupakan singkatan dari Multimedia Audio Visual dan Broadcasting yang merupakan bidang ilmu design dua dimensi, tigadimensi dan penggabungan dari dua dengan tiga dimensi. Kemajuan dari MAVIB akanmenghasilkan suatu media iklan yang menarik untuk disajikan kepada audience.

    Dengan Konsep Produksi MAVIB media iklan yangdibuat akan menjadi lebih baik. Baik dalam segi produksi maupun teoritisnya.Langkah dari Konsep Produksi MAVIB dimulai dari Praproduction lalu Productiondan yang terakhir Postproduction .

    Untuk Preproductionadalah step dimana dimulainya ide, perencanaan dan persiapan dimulai sepertidituangkannya ide, pembuatan TimeSchedule, sinopsis, Script Writting,pembuatan Storyboard, pencarian pemaindan crew. Berkaitan dengan Production adalah bekerjasamanya pemaindan crew untuk pewujudan dari sinopsis,Storyboard dan tepatnya Time Schedule yang telah dibuat. Untukitu Production memiliki empat tahapanberupa Perencanaan Multimedia, Perencanaan Audio, Perencanaan Visual dan yangterakhir Perencanaan Broadcasting. SedangkanPostproduction adalah tahap format packet untuk media iklan yang dibuatdalam rangka pendistribusian ke berbagai media. Untuk lebih jelasnya KonsepProduksi MAVIB di illustrasikan pada bagan berikut ini :

    4.1.png

    Praproduction

    Untuk Praproduction adalah step dimana dimulainya ide, perencanaan dan persiapan dari Konsep ProduksiMAVIB. Ada tujuh langkah Praproductiondalam Konsep Produksi MAVIB, dimulai dari Ide yang dituangkan secarasistematis, lalu diikuti dengan pembuatan sinopsis, Script Writting dan Storyboard. Dua tahapan terakhir adalah pemilihanpemain dan crew dan Setting Alat.Semua tahapan yang ada harus sesuai TimeSchedule yang ditetapkan. Untuk lebih jelasnya di illstrasikan pada bagan berikut ini:

    4.2.png

    Ide atau Gagasan

    Media iklan komersil yang sering kita nikmati merupakan realisasi darisebuah ide pemikiran dan gagasan yang telah dituangkan kedalam media dalam halini media audio dan visual (video). Media iklan komersil yang dibuat mengambilide dari company profile SMKYUPPENTEK 2 CURUG yangmenampilkan fasilitas-fasilitas dan memaparkan segala sesuatu tentang SMK YUPPENTEK 2 CURUG. Media iklan komersil yang dibuat mengambil garisbesar dari ide tersebut.

    Time Schedule

    4.1%2Btabel.png

    Sinopsis

    Sinopsis adalah ringkasan jalannya cerita media Iklan Komersil, pada bagian tersebut merupakan bentuk pemendekan dari seluruh jalannya cerita Ikaln Komesrilyang dirancang. Pada ringkasan cerita tersebut masih tetap memperhatikanunsur-unsur pencerminan produksi ceritamedia video. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnyasatu atau dua halaman, seperlima atau sepersepuluh dari seluruh panjangnya cerita video yang dirancang.Sinopsis ” PERANCANGAN IKLAN KOMERSIL PADA SMK YUPPENTEK2CURUG ”.

    Diawali dengan opening bumper animasi yang kreatif berupalogo smk yuppentek2, disusul dengan fotogedung smk yuppentek2 dengan mengkombinasikan dtulisan”program keahlian”danberupa potongan-potongan foto setiap jurusan yang adayang disusun sedemikian rupa dengan perpaduan warna yang kontras dengan tulisan.

    Video dimulai dengan tampilan gedung SMKYUPPENTEK 2 CURUG, dilanjutkan dengan suasana aktifitas setiaplab jurusan pada sekolah, selanjutnyadisusul dengan peliputan fasilitas-fasilitas yangdimilki SMK YUPPENTEK2 CURUG,seperti ruang guru, labpraktek semua jurusan,musholah,kantin, ruangan karate, lapangan bola, lahan parkirserta peliputan kegiatan belajar mengajar diruang kelas. Selanjutnyamenampilkan berbagai macam jenis kegiatan yang pernah diselenggarakan di SMKYUPPENTEK2 CURUG.

    Clossing yang menunjukan logo danalamat smk yuppentek 2 curug, dan dengan adanya text “JOIN WITH US”yang dibuat dengan bentuk 3d.

    Narasi

    Membuat rancangan penulisan naskah secara rinci yang mengembangkan gagasanpada sinopsis menjadi sebuah cerita yang menarik. Narasi dalam iklan komersil ini adalah : PROGRAM KEAHLIAN //JURUSAN TEKNIK MESIN //JURUSAN TEKNIK INSTALASI LISTRIK// JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN//JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKAINDUSTRI // JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK // JURUSAN TEKNIK GAMBARA MESIN // JURUSAN TEKNIK SEPADA MOTOR //JURUSAN TEKNIK JARINGAN KOMPUTER// FASILITAS PENUNJANG SMKYUPPENTEK2 // LAB KOMPUTER // LAB SEMUA JURUSAN // MUSHOLA// KANTIN // UNIT KEGIATAN SISWA // VOLI// FUTSAL SMK YUPPENTEK2 // KARATE//

    Storyboard

    Storyboard adalah rancangan berupa sket gambar yangdilengkapi dengan petunjuk atau catatan pengambilan gambar untuk kebutuhansyuting. Selama proses praproduksi, perencanaan yang berhubungan denganvisualiasasi yang akan dibuat membutuhkan Storyboardsebagai media bantuannya.

    4.3.png
    4.4.png
    4.5.png
    4.6.png
    4.7.png
    4.8.png
    4.9.png
    4.10.png
    4.11.png
    4.12.png
    4.13.png
    4.14.png

    Pemilihan Pemain dan Crew

    Pemain dicari sesuai dengan karakterdari tokoh yang terdapat pada Storyline. Pemain yang tidak sesuai akanmengurangi kualitas dari video profil yang dibuat. Sedangkan untuk Crew secara garis besar dibutuhkan Cameramen/Cameragirl, Lighting, Sutradara, Editor. AdapunPemain dan Crew yang terlibat dalampembuatan iklan dengan komersil antara lain:

    4.2%2Btabel.png

    Setting Alat

    Secara umumalat yang dibutuhkan adalah Camera, Tripod. Untuk Camera yang digunakan penulis menggunakan Camera Canon 550d,Sedangkan Lighting kurang dibutuhkan karena pengambilan gambar untuk video profil ini di ruangan outdoor. Sedangkan Mic com digunakan dalam pengisian dubbing suara kedalam iklan melalui komputer.

    4.15.png
    4.16.png

    Production

    Production adalah bekerjasamanyapemain dan crew untuk pewujudan dari Naskah, Storyboard dan tepatnya Timeschedule yang telah dibuat. Di tahap ini pengambilan gambar/shootingdibuat. Dari pengambilan gambar di lokasi yang sesuai hingga selesainya Take Script sesuai Time schedule. Pada Tahapan ini Pengolahan sampai MixingMultimedia, Audio, Visual dan Broadcastingdibuat untuk menghasilkan karya yang berkualitas.

    4.17.png

    Perencanaan Multimedia

    Perencanaan Multimedia merupakan rancangan mengkombinasi tiga elemenyaitu, suara, gambar dan teks untuk menciptakan presentasi yang dinamis daninteraktif dalam hal ini berupa video.

    Konsep Multimedia yang diajukan guna menjangkau audience dengan programmedia promosi yang efektifserta efisien, yaitu dalam bentuk media iklan audio visual (video) yang berisi teks, gambar, dan suara dan dibubuhi Spesial efek.

    Untuk mensukseskan Perencanaan Multimedia ini diperlukan Tiga tahapan sistematis,dimulai dari Tujuan Multimedia, Strategi Multimedia dan Program Multimedia,seperti diilustrasikan pada gambar Gambar 4.33. Perencanaan Multimediaditujukan guna menarik audience agar menjangkau lebih luas dengan menggunakaninput yang telah diolah ( teks, gambar, suara ). Dengan dibuatnya StrategiMultimedia perancangan multimedia mempunyai arahan untuk dapat mencapai targetTujuan Multimedia. Sedangkan untuk Program Multimedia berisi jabaran hasilProject dalam mewujudkan Tujuan dan Strategi Multimedia.

    1. Tujuan Multimedia

    Tujuan Multimedia daripembuatan ikaln komersil sekolah ini adalah sebagai media sarana penunjang informasi dan promosi padaSMK Yuppentek 2 CurugTangerang, tujuannya selaindipergunakan sebagai sarana untuk mempermudah dalam pelaksanaan kegiatanpresentasi-presentasi kepada masyarakat mengenai penyampaian informasikegaiatan-kegiatan sekolah, tujuan rancangan media adalah untuk memperolehpeningkatan jumlah siswa baru setiap tahunnya selalu terdapat peningkatanminimal 20 hingga 30%.

    2. Strategi Multimedia
    Media iklan yang menyampaikan pesan tentang SMK Yuppentek 2 Curug sebelum masuk proses produksi, terlebih dahulu merumuskan Strategi Multimedia, mediayang akan dirancang dan dipersiapkan setidaknya memenuhi tiga aspek sasaran yaitu :

    Geografi  : Wilayah Kabupaten dan Kota Tangerang serta Propinsi Banten.
    Demografi  : ● Jenis Kelamin  : Pria & Wanita
    ● Kelas Ekonomi  : Menengah
    ● Sasaran  : 1. Siswa/i SMP 2.Khalayak (masyarakat)
    Psikografi  : Bagi siswa-siswi yang telah lulus dari Sekolah MenengahPertama yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke Sekolah Mengah Atas.


    Sesuai dengan tujuan multimedia yang disampaikan di atas yakni ingin selalumeningkatkan perolehan calon siswanya 20 samapai 30% setiap tahunnya, makastrategi dalam memikat calon audiennya adalah dengan menambahkan efek-efekvisual pada bagian yang dijadiakan sebagai daya tarik dengan menggunakanaplikasi program penunjang produksi efek-efek visual, sehingga dapat menghasilkan tampilan adegan yang lebih efektif dan menarik dalam memperoleh calon siswa baru, sebabpendekatan atau persuasi kepada calon siswa degan menggunakan kualitas tampilangambar dan penjelasan-penjelasan wilayah profile sekolah.

    3. Program Multimedia
    Program Multimedia Iklan Komersil yang dibuatada tiga tahapan yaitu:

    1. Teks
      Penulis memberikan efekanimasi teks berjalanmerupakan bagian dalam PerancanganIklan Komersil Pada SMKYuppentek 2 Curug

    2. Picture
      Pada bagian ini penulismemasukan gambar diam yang kemudian diberi video filter, Pan and Zoom, dan efek transisi untuk dikombinasikan dengan tampilanslide – slide video yang ada.

    3. Sound
      Suara digunakan untuk background music, dengan soundeffect dan penerapan dubbing suara setelah opening logo SMK Yuppentek 2 Curug dari awal hinggaakhir iklan.

    Perencanaan Audio

    Audio adalah elemen yang wajib ada pada setiap kali menampilkan video karena jikatidak ada audio nantinya video yang ditampilkan terasa kurang menarik audiencemaka dari itu PerencanaanAudio mempunyai faktor penting dalammenentukan menarik atau tidaknya media iklan berupa video yangdihasilkan. Dalam konsep produksi ini Audio memilikitujuan Audio, Strategi Audio dan Program Audio.

    4. Tujuan Audio
    Tujuan dari elemenAudio yang diberikan dalam pembuatan iklan komersil ini nantinya dapat memberikan interest kepada audience hingga mengena dihati audience.SMK Yuppentek 2 Curug telah memasukitahap persaingan (competitive stage)maka tujuan Audio adalah dalam rangka meyakinkan konsumen akan kelebihan mutuproduk. Audio digunakan untuk menerangkan dan menjelaskan gambar bergerak yangsedang diputar sehingga iklan komersil berupavideo ini akan lebih hidup dan memberikan interestdi hati masyarakat hingga mempengaruhi masyarakat untuk dapat bergabung dengan SMKYuppentek 2 Curug.

    5. Strategi Audio
    Dalam hal ini strategi yang ditampilkan ialahsetiap video dan foto yangditampilkan akan diiringi suara music, suara effect dan dubbing yang intinyamenyampaikan pesan untuk menarik audience hingga dapat bergabung menjadi siswa/iSmk Yuppentek. Dari setiap gerakan yang ada diberikan efek audio yang berbeda –beda sesuai dengan tampilan di video tersebut dari suara music akan di dubbingdengan suara efek yang sedang ditampilkan maupun ketika orang sedang berbicara.

    Media yang akan dirancang dan dipersiapkansetidaknya memenuhi tiga aspek sasaran yaitu :

    Geografi  : Wilayah Kabupaten dan Kota Tangerang serta Propinsi Banten
    Demografi  : ● Jenis Kelamin  : Pria &Wanita
    ● Kelas Ekonomi  : Menengah
    ● Sasaran  : 1. Siswa-siswi SMP
    Psikografi  : Masyarakat yang peduli akan pentingnya pendidikan dan ingin melanjutkan Sekolah menengah atas.

    6. Program Audio
    Setiap Audioyang diterapkan untuk mengisi suara diambil dari video yang sudah dipersiapkansesuai dengan kebutuhan dari iklan komersil yang dirancang, diambil dari music mp3, dicarisound efek yang sesuai. Adanya program editing memudahkan untuk membuat audiokemudian dilakukan proses penyesuaian rancangan iklan komersil yang akan disuguhkan kepadaaudience. PengambilanAudio yang sesuai diperlukan proses editing dari cutter video dan penyesuaianpenempatan dengan gambar yang ditampilkan. Proses besar kecilnya suaraaudio dibuat dari Volume Mixing Audio.

    4.18.png

    Untuk lebih jelasnya, Program audio yang dipakai dalamiklan komersil ini ada tiga tahapan yaitu :

    1. Dubbing
      Dubbing digunakan sebagai pengantar dalam menjelaskan suatu visual. Dalam iklankomersil ini dubbing diisi human sound,human sound digunakan di awal sampai diakhir video. Untuk penyesuaian tampilandengan visual, Pemotongan audio sangat diperlukan pada bagian ini.

    2. Music Background
      Music Backgrounddigunakan sesuai jalannya video. MusicBackground yang digunakan Samsung GALAXY NotePRO_ Hancom Office.mp3.

    Perencanaan Visual

    Bentukvisualisasi yang dihasilkan nantinya akan berupa karya visual atau dalam bentukvideo. Perencanaan visualditujukan guna memberikan kesan dan image dalam video yang ditampilkan. Denganiklan komersil dapatmemberikan Image yangmenunjukan Smk Yuppenyek 2 berkembang dan banyak diminati. Untukmencapai perencanaan visual yang baik dibuat Tujuan Visual sebagai arahanmencapai visualisasi yang terkonsep. Tujuan Visual sabagai acuan untukmenampilkan kesan dan image apa yang ingin ditonjolkan dari ditampilkannyaiklan komersil ini, Untuk mencapai Tujuan visual diperlukan Strategi Visualsebagai langkah yang diperlukan dalam mencapai Tujuan Visual. Strategi Visualmeliputi teknik dan metode yang dipakai dalam iklan komersil. Sedangkan ProgramVisual merupakan step mewujudkan perencanaan visual dengan diproduksinyaprogram visual diartikan perencanaan visual telah tercapai. Program Visualmeliputi teknik penggambilan gambar, efek-efek visual yang digunakan dalammewujudkan Tujuan Visual dengan menggunakan Metode dan teknik yang telahdijabarkan dalam strategi Visual.

    1. Tujuan Visual
    Iklan komersil yang dirancang berupa sebuah karya visual yang didalamnya terdapat berbagaiaspek sehingga dapat menciptakan suatu bentuk visulisasi yang terkesan dan menarik.


    2. Strategi Visual
    Iklan komersil dapat diciptakan dengan bantuan teknologi komputer yang sudah sangat maju sekarangini, sehingga memberikan suatu bentuk pencitraan riil atau benar – benar nyata terhadapgambaran visualisasi pada videotersebut. Moment yangditampilkan berupa fasilitas-fasilitas sekolah seperti gedung sekolah Smk Yuppentek 2, semua tampilan dikemas dan disajikandengan menggunakan pendekatan Rasional, Emosional dan Positif dengan gayapenyajian yang menimbulkan kesan Modern dan Teknologi. Semua dirancang dandisajikan dengan tepat, tegas, dan efektif.
    Perancanganmedia profil sekolah program visualisasi yang digunakan yaitu denganmenggunakan tahapan preproduction, production dan postproduction. Pada proses produksi inilah perancangan Special Effect dibuat menggunakan software-software yang berkembang dalamdunia teknologi desain audio visualsaat ini, seperti Adobe After Effect danAdobe Premiere Pro.
    Storyboard yang telah dibuat kemudiandiubah menjadi bentuk nyata kedalam video dan penambahan animasi sebagai dayatarik profil sekolah.

    3. Perencanaan Broadcasting
    PerencanaanBroadcastingyang diajukan gunamenjangkau audience dengan program pendistribusian efektif sertaefisien. Perencanaan Broadcastingditujukan guna menjangkau audiencelebih luas. Dengan dibuatnya tujuan broadcastingsuatu media informasi atau media informasi menjadi arahan untuk dapat mencapaitarget jangkauan audience.Perencanaan Broadcasting terdiri daritujuan Broadcasting, Strategi Broadcasting dan Program Broadcasting.

    4.Tujuan Broadcasting
    Tujuan Broadcasting,untuk menjangkau khalayak luas tanpa ada filter atau klasifikasi khalayak mana yang cocokuntuk media informasi yang dibuat. Tujuan Broadcastingpembuatan media informasi ini diharapkan dapat menjangkau calon siswa-siswi 25%dari khalayak yang diharapkan oleh SMK Kes Nusa Husada Tangerang.

    5. Strategi Broadcasting
    Strategi yang akan dilakukan dalam halini yaitu contohnya pemanfaatan fasilitas internet, strategi Broadcasting yang dibuat memanfaatkanfasilitas U-Tube, Web Personal dan Facebook.

    6.Program Broadcasting
    ProgramBroadcast memang melingkupi pada khalayak yang luas.Untuk menayangkan hasil dari produksi audio visual jugamemanfaatkan fasilitas internet sebagai medianya. Untukdetailnya program Broadcast media iklan yang dibuat menyiarkan pesannya lewatInternet dengan memanfaatkan :

    a. U-tube
    Media iklan yang dibuat diupload melalui U-tube. Account harus dipunyai sebelum malakukanaktifitas upload, biasanya dengan secara otomatis U-tube akan meminta Accountaktifasi. Jika telah mempunyai account maka proses upload tinggal browse dimanavideo disimpan. Proses lama tidaknya upload tergantung dari besar kecilnyakapasitas pada video, semakin lama durasi dan besar kapasitas maka semakin lamaproses upload.

    b. Facebook
    Samahalnya seperti U-tube, Facebook juga akan meminta account untuk sign interlebih dahulu sebelum melakukan upload. Jika sudah mempunyai account yangtinggal dilakukan hanya membuka menu video yang ada disamping kanan atas berdampingandengan beranda dan profile. Proses upload mengikuti instruksi pada setiap permintaan.

    c. Web Personal
    WebPersonal yang digunakan bisa untuk web personal yang internal ataupun yang telahmasuk ke internet.

    Post production

    Didalam proses Postproduksi inilah perancangan Iklan Komersil dibuat studi model virtualnya dalamkomputer menggunakan aplikasi – aplikasi yang merupakan hasil dari kemajuanteknologi yang biasa digunakan untuk pembuatan film – film. Selain itu dilakukan perekaman dialog pengisi suara dan memberikanbackground music, kemudian proses Finishing File sesuai dengan acuanpada Script atau naskah yang telah dibuat. Setelah itu dilanjutkan denganproses pendistribusian format video yang sudah jadi untuk diperlihatkan kepadaaudience.

    Pada tahapan ini hampir sama dengan Perencanaan Broadcasting namun yang membedakan Postproduction pendistibusiannya lebih luas.Dengan berbagai format video sehingga bisa ditampilkan dengan leluasa.

    4.19.png

    Perancangan Visual Effects

    Pada prosesini penulis merancang sebuah Iklan Komersil diperlukan ketelitian dan konsentrasi yang maksimalagar tidak terjadi kesalahan. Sehingga dapat menghasilkan iklan yang dapat ditampilkan dengan baik.

    Mixing Audio

    Pada prosesini pengisian suara Dubbing di akhir video dan memasukan Music Instrument serta BackgroundMusic yang diselaraskan dengan tampilan visual didalam video tersebut.

    Finishing File

    Dalam proses ini penulis menggunakan software Adobe Premiere Pro yaitu software yang berfungsi untuk merubah /mengedit video dan audio sehingga menghasilkan video dan audio yang diinginkan.Semua image layer dan layer suara yang sudah ada digabung sehingga menghasilkanscene-scene yang akhirnya menjadisatu kesatuan bentuk yang utuh. Kesemuanya diedit ulang kembali untukmenghasilkan yang lebih baik. Setelah itu dilakukan proses penyimpanan kedalambentuk tipe file video yang diinginkan.

    Distribution File

    Pada tahapanini hampir sama dengan Perencanaan Broadcastingnamun yang membedakannya yaitu media pendistibusiannya lebih luas, seperti nampak pada gambar bagan dibawah ini:

    4.20.png
    1. Web Personal
      Pada WebPersonal untuk format yang dipakai bisa dalam bentuk .avi, .mov dan .mpg untukmedia periklanan audio visualnya sedangkan untuk periklanan media cetak umumnyabentuk .jpg, bentuk .jpg leluasa masuk kedalam web personal. Namun dari segipemasaran Web Personal memiliki jangkauan yang kecil.

    2. U-tube
      U-tubemerupakan media pendistribusian yang efektif. Dengan memanfaatkan jaringaninternet bisa menjangkau seluruh dunia. Untuk U-tube umumnya menampilkan mediaAudio Visual (video). Bentuk format video yang ingin di upload pertama kalibisa dalam bentuk format.avi dan .mov. Untuk proses selanjutnya U-tube akanmengubah secara otomatis kedalam bentuk .flv, disinilah terjadi penurunankualitas media audio visual yang di upload karena mengalami convert ke dalamformat yang lebih kecil dan kapasitas telah dikompres.

    3. Facebook
      Facebooksekarang ini sedang digandrungi berbagai lapisan masyrakat. Baik anak mudamaupun orang tua. Pemanfaatan Facebook sangat efektif dalam menampilkanperiklanan baik dalam dua dimensi (picture) ataupun audio visual (video). Untukmengupload dalam Facebook sebelumnya sudah harus mempunyai account untuk signin kedalam Facebook, setelah itu bisa kita mengupload video dan picture yangingin disiarkan. Untuk format video bisa dalam format yang umum .avi dan untukpicture bisa dalam format .jpg.

    4. CD
      CD sudah menyebar pada kalangan menengah kebawah. Jadi pemanfaatan CDdipakai dalam setiap ada event pameran yang akan dibagikan kepada pengunjungyang datang. Bentuk format yang digunakan dalam CD bisa dalam bentuk apapunnamun untuk dapat membukanya kembali dilihat bagaimana aplikasi yang ada padakomputer yang bersangkutan. Untuk itu buat format yang secara umum yang dapatdibuka dikomputer mana saja seperti bentuk .avi, .mov, mpg dan jpg.

    5. DVD
      DVD secara garis besarnya sama dengan CD tetapi mempunyai kapasitas yanglebih besar. DVD biasanya untuk media penyimpanan video yang mempunyaikapasitas besar. Bentuk format yang digunakan dalam DVD bisa dalam bentuk papunnamun untuk dapat membukanya kembali dilihat bagaimana aplikasi yang ada padakomputer yang bersangkutan. Untuk itu buat format yang secara umum dapat dibuka dikomputer mana saja seperti bentuk .avi, .mov, .mpg dan jpg.

    BAB V

    PENUTUP


    Kesimpulan

    Dari proses pengalaman yang didapat setelah Penulis melakukan penelitian dan menyelesaikan perancangan iklan komersil pada SMK YUPPENTEK 2 CURUG Penulis mengutarakan kesimpulan sebagaiberikut :

    1. Bentukmedia iklan yang menarik dan komunikatif adalah dapat menampilkan danmemberikan informasi tentang keunggulan dan fasilitas SMK YUPPENTEK 2 CURUGyang dikemas melalui iklan komersil, dengan maksud memberikan daya tarik kepadaaudience atau para pelajar mengenai kelebihan, fasilitas, dan keadaan sebuah instansi sehingga melaui iklan inidiharapkan dapat bermanfaat bagi audience yang ingin mengetahui informasi tentang SMK YUPPENTEK 2 CURUG.

    2. Iklanyang dapat menarik minat audience untuk menyaksikannya dengan merancang bentuk iklan yang dapat memberikan daya tarik dan nilai positif terhadap masyarakat yaitu dengan cara meningkatkan citra (image)SMK YUPPENTEK 2 CURUG adalah dengan membuat iklan yang dikelola dengan baikserta didukung dengan audio visual, efek visual dan informasi yang menarik.Serta terdapat visualisasi yang menarik juga akan berdampak terhadap meningkatnya citra (image) SMK YUPPENTEK 2 CURUG.

    3. Target yang dicapai melalui perancangan media iklan pada SMK YUPPENTEK 2 CURUG adalah diharapkan melalui perancangan iklan ini masyarakat luas akan memahaminya dan berubah sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya menjadi calon siswa/siswi SMK YUPPENTEK 2 CURUG.

    Saran-Saran

    Dengan adanya media promosi dan informasi berupa iklan komersil ini penulis menyarankan :

    1. Agarlebih ditingkatkan, dan dipergunakan agar tujuan SMK YUPPENTEK 2CURUG dapattercapai.

    2. Agar menarik minat masyarakat untuk dapat bergabung menjadi siswa/siswi SMKYUPPENTEK 2 CURUG dan mengenalkan fasilitas-fasilitas yang SMK YUPPENTEK 2CURUG berikan, sehingga dapat meningkatkan image atau citra bagi SMK YUPPENTEK 2 CURUG.

    3. Memberikan kesempatan bagi siswa/i untuk menerapkan danmengembangkan ide-ide kreatifitas dengan baik dan benar agar tidak menyimpang dari tujuan awal yang telah dibuat serta memiliki sifat bertanggung jawab,mental yang kuat agar dapat menghadapi dunia kerja di Era Globalisasi saat ini.

    DAFTAR PUSTAKA

      Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pengembangannya).
      Hendratman, Hendi. 2010. Tips n Trix Komputer Graphics Design. Bandung: Informatika.
      Priyatno, Duwi. 2010. Create Your Film. Yogyakarta: Multicom 2010.
      Maimunah, dkk. Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi. Journal CCIT Vol.5 No.3-Mei 2012. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
      Widyatama, Rendra. “Bias Gender Dalam Iklan Televisi”. Media Pressindo. 2006. Hal 16.
      Atmohoetomo, Soegito. 2010. Media Audio Visual Pendidikan dan Proses Produksi Programnya. Yogyakarta: PusdiklatPerpustakaan IKIP.
      Rahardja, Untung, Sugeng Widada, Dewi Imaniar Destrianti. 2010. KPM Sebagai Pedoman Produksi Media MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting). Journal CCIT Vol.3 No.2 – Januari 2010. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
      Ayuningtyas, Melvy. 2010. Ngedit Video Dengan Adobe Premiere CS3. Bekasi: Dunia Komputer.
      Maimunah, Lusyani Sunarya, Nina Larasati. 2012. Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi.Journal CCIT Vol.5 No.3 – Mei 2012. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
      Ramdani, Sahrul. 2012. Perancangan Video Company Profile Sebagai Penunjang Media Informasi Pada SDN Daan Mogot2 Kota Tangerang. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
      Remawasih, Meta. 2009. Perancangan Video Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pesantren Modern Daarul Muttaqien Cadas Sepatan Tangerang. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
      Ristinawati. (2011). Perancangan Video Profile Sebagai Media Penunjang Promosi Pada Kecamatan Pakuhaji. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.Cholimah Siti (2012). Perancangan Iklan Komersil pada Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.


Contributors

Admin, Rahmandini Sholeha

Menu navigasi