SI1021464920

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA

INFORMASI PADA SMK PANCAKARYA



SKRIPSI



Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM : 1021464920

NAMA : Auliya Fathurrohman



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2013/2014



LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN COMPANY PROFILE

SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA SMK PANCAKARYA

Disusun Oleh :

NIM
: 1021464920
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juni 2013/2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN COMPANY PROFILE

SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA SMK PANCAKARYA

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021464920
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Disetujui Oleh :

Tangerang, Juni 2013/2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Ir. Heriyanto, S.Kom)
   
NID : 11008
   
NID : 08166



LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN COMPANY PROFILE

SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA SMK PANCAKARYA

Dibuat Oleh :

NIM
: 1021464920
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2013/2014

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juni 2013/2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN COMPANY PROFILE

SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA SMK PANCAKARYA

Disusun Oleh :

NIM
: 1021464920
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juni 2013/2014

 
 
NIM : 1021464920

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRACT

Developments in information technology and media campaign is growing rapidly, it is characterized by the high demand for information and promotion. Campaign supporting media types available today vary widely, it is a requirement of the promotion strategy developed to achieve success in a vocational school. Currently what kind of media campaign to provide information to prospective students - students to be able to communicate well Pancakarya vocational and interesting, so that the resulting information can be a plus as well as the name of the school well. As one of the alternative solutions, it is necessary to design a media campaign in the form of an effective company profile and attract attention. The media campaign is expected to be a medium that can be fully and clearly informed about vocational Pancakarya. Based on the results of interviews conducted by the author with related parties is necessary to design a media campaign into a report titled "DESIGN COMPANY PROFILE AS MEDIA INFORMATION ON SMK Pancakarya", which is made from medium expected to be useful and beneficial in marketing..

Keywords : Media, Information and Promotion

ABSTRAKSI

Perkembangan di bidang teknologi informasi dan media promosi berkembang dengan pesat,hal ini ditandai dengan banyaknya kebutuhan akan informasi dan promosi. Jenismedia penunjang promosi yang ada saat ini sangat bervariasi, hal tersebut merupakantuntutan dari strategi promosi yang dikembangkan untuk mencapai keberhasilansebuah sekolah di bidang kejuruan. Saat ini media promosi seperti apayang dapat memberikan informasi kepada calon siswa - siswi agar dapat mengkomunikasikan SMK Pancakarya secara baik dan menarik, sehingga informasi yang dihasilkandapat menjadi nilai tambah serta mengharumkan nama baik sekolah. Sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah,maka diperlukan sebuah perancangan media promosi berupa Company Profile yangefektif dan menarik perhatian. Media promosi ini diharapkan menjadi media yang dapat menginformasikan secara lengkapdan jelas tentang SMK Pancakarya. Berdasarkanhasil wawancara yang dilakukan penulis dengan pihak terkait perlu adanya perancangan media promosi ke dalam laporanyang berjudul ” PERANCANGAN COMPANYPROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA SMK PANCAKARYA”, dari media yang dibuat diharapkan dapat bergunadan bermanfaat dalam pemasaran.

.

Kata kunci : Media, Informasi dan Promosi.


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Informasi adalah hal penting yang selaludibutuhkan untuk menjalankan segala rencana dan aktifitas dalam kesehariankita, berkembangnya ilmu teknologi saat ini turut membantu manusia dalammendapatkan informasi secara cepat mudah dan akurat. Berbagai media yang seringdigunakan pada umumnya tidak lepas dari peran kemajuan teknologi sebagaiimplementasi dari ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesatnya. Jika kita perhatikansaat ini kebutuhan masyarakat akan informasi semakin tinggi, dalamperkembangannya semua pihak yang terkait dalam penyebaran informasi baik itu sekolah, perusahaan, atau organisasi selaluberusaha meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing dengan sekolah, perusahaan atauorganisasi lain. Dalam penyampaian sebuah informasikepada masyarakat umum biasanya akan terjadi sebuah komunikasi antara penyampaidan penerima informasi. Informasi yang diberikan senantiasa berusaha untukmenciptakan citra positif dari sekolahpasti menginginkan sekolahannyadikenal masyarakat luas secara positif, Berbagai upaya dilakukan untuk mencapaihal tersebut, dan kegiatan yang paling berperan serta adalah promosi. Promosi padasebuah sekolah harus di rencanakandengan matang sehingga nanti akan menghasilkan keuntungan bagi sekolah tersebut. SMK Pancakarya didirikan pada tahun 1994dengan SK.KANWIL DEP. DIKBUD. PROVJAWA BARAT NO.273 Pada awal pendiriannya SMK Pancakarya Tangerang dirakasaioleh guru-guru SMK Negeri 1 Tangerang, dan pada awal pembelajaraannya dengan dibawah naungan YAYASAN PANCAKARYA TANGERANG, atas kemajuan dan kepercayaanmasyarakat SMK Pancakarya berhasil membangun gedung yang masih sederhana dengansistem bertahap. Melalui berbagai media promosi agardapat tersampaikan, saat ini SMK Pancakaryahanya menggunakan bentuk media seperti : brosur dan banner. Namun belum terdapatmedia yang di fokuskan sebagai companyprofile yang dapat menyampaikan pesan profilesekolah secara detail kepada calon siswa - siswiagar waktu mendatang dapat mencapai targetyang diinginkan. Berdasarkanhasil wawancara yang dilakukan penulis dengan pihak terkait, maka sekolah membutuhkan media Company Profile. Dari permasalahan yangdisampaikan diatas, penulis mengajukan topik penelitian yang di beri judul: “PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADASMK PANCAKARYA” .

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang disampaikandi atas maka, peneliti menyampaikanrumusan masalah sebagai berikut:

  1. Perancangan media seperti apa yang dapat menjadi daya tarik bagi calon siswa-siswi SMK Pancakarya?
  2. Apakahperancangan media Company Profile SMK Pancakarya dapat menjadi penunjang sebagai sarana informasi?
  3. Bagaimana menciptakan media Company Profile yang informatif dan efektif sebagai media penunjang informasi pada SMK Pancakarya?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan terarah dan tidak menyimpang dari topik penelitian, maka peneliti membatasi ruang lingkup permasalahan yang diteliti, adapun ruang lingkup yang akan dibahas adalah hal-hal yang berhubungan dengan perancangan media Company Profile sebagai penunjang informasi tentang profile sekolah dan sekaligus sebagai penunjang promosi pada SMK Pancakarya.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penulis melakukan penelitian adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan Oprasional Merancang suatu media company profile agar dapat memberikan informasi serta penunjang promosi secara professional.
  2. Tujuan Fungsional Memberikan kemudahan penyampaian informasi dan promosi agar lebih efektif dan menarik dalam bentuk company profile dibagikan kepada calon siswa – siswiSMK Pancakarya.
  3. 1. Tujuan Individual

    a. Sebagaisalah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Jurusan Teknik InformatikaKonsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) Perguruan TinggiRaharja.

    b. Untukmengetahui langkah-langkah di dalam pembuatan atau perancangan media komunikasivisual dalam bentuk media promosi dan informasi.

    c. Untukdapat mengembangkan kreatifitas dan mewujudkan rancangan media komunikasivisual dalam lingkup desain grafis

Manfaat Penelitian

  1. Manfaatbagi sekolah :

    a. Agardapat meningkatkan daya tarik kepada calonsiswa-siswi SMK pancakarya terhadap pelayanan dan fasilitas yang ada padaSMK Pancakarya.

    b. Sebagaimedia informasi sehingga dapat lebihdikenal oleh masyarakat luas khususnya calon siswa-siswi SMK Pancakarya.

  2. Manfaat bagi Penulis.

    a. Penulis mendapatkan pengalaman dan wawasan di dalam perancangan media Company Profile.

    b. Penulis dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat selama perkuliahan dengan kenyataan di lapangan.

    Metode Penelitian

    Dalam memperoleh data yang diperlukan untuk penyusunan laporan skripsi ini, penulis menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

Contributors

Admin, Auliya Fathurrohman