SI1014465056

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN

BIAYA PERKULIAHAN BERBASIS WEB PADA

STMIK BINA SARANA GLOBAL


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NAMA
: Yeni Inayah Maryani
NIM
: 1014465056


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN

BIAYA PERKULIAHAN BERBASIS WEB PADA

STMIK BINA SARANA GLOBAL

Disusun Oleh :

NAMA
: Yeni Inayah Maryani
NIM
: 1014465056
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: KOMPUTER AKUNTANSI

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Maimunah, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 007002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BIAYA

PERKULIAHAN BERBASIS WEW PADA

STMIK BINA SARANA GLOBAL

Dibuat Oleh :

NIM
: 1014465056
Nama
: Yeni Inayah Maryani

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi KOMPUTER AKUNTANSI

Disetujui Oleh :

Tangerang,17 Juni 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
([[Himawan, M.Kom)
   
Dina Fitria Murad, M.kom
NID : 12012
   
NID : 02026

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BIAYA

PERKULIAHAN BERBASIS WEB PADA

STMIK BINA SARANA GLOBAL

Dibuat Oleh :

NIM
: 1014465056
Nama
: YENI INAYAH MARYANI

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi KOMPUTER AKUNTANSI

Tahun Akademik 2013/2014

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BIAYA

PERKULIAHAN BERBASIS WEB PADA

STMIK BINA SARANA GLOBAL

Disusun Oleh :

NIM
: 1014465056
Nama
: YENI INAYAH MARYANI
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: KOMPUTER AKUNTANSI

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang,17 Juni 2014

 
 
 
 
 
(Yeni Inayah Maryani)
NIM : 1014465056

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Proses administrasi pembayaran keuangan mahasiswa merupakan salah satu problem utama yang menjadi perhatian penting bagi setiap penyelenggara pendidikan baik pada tingkatan sekolah maupun institusi perguruan tinggi. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah permasalahan akan kesulitan yang dialami oleh calon mahasiswa baru dan mahasiswa STMIK Bina Sarana Global terhadap sistem pendaftaran dan juga system pembayaran biaya perkuliahan. Hal ini dikarenakan oleh karena sarana dan prasarana yang kurang mendukung, sehingga hal ini merupakan salah satu masalah yang harus segera diatasi pada STMIK Bina Sarana Global. Sistem pembayaran biaya perkuliahan adalah sebuah sistem pembayaran yang digunakan oleh STMIK Bina Sarana Global untuk memudahkan para calon mahasiswa dan mahasiswa untuk membayar uang perkuliahan. Dimana untuk para calon mahasiswa baru bisa melakukan pendaftaran secara online tanpaharus datang langsung kekampus dan untuk para mahasiswa STMIK Bina Sarana Global yang ingin membayarkan uang perkuliahan bisa lebih cepat dalam penanganannya. Sistem pembayaran uang perkuliahan yang diusulkan pada penelitian ini dirancang dengan tujuan agar dapat menunjang kebutuhan mahasiswa yang ingin membayar uang perkuliahan. Sedangkan pada sistem pembayaran uang perkuliahan yang sudah berjalan saat ini pada STMIK Bina Sarana Global, masih banyak kekurangannya, diantaranya lamanya dalam pencatatan sehingga banyaknya antrian yang ada saat pembayaran dilakukan. Dari permasalahan yang ada, maka diperlukan pemecahan masalahnya, diantaranya pembuatan sebuah sistem untuk pembayaran uang perkuliahan ini. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka, dengan focus analisis menggunakan metode SWOT, untuk pengujian system menggunakan Black Box aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Designer 8 dan MySQL dan Visual Paradigm for UML 8.0 Dengan adanya sistempembayaran perkuliahan ini diharapkan bisa membantu bagian keuangan dalam melakuakan pembayaran dan pembuatan laporan dengan optimal.

Kata kunci : Perguruan Tinggi, Pendaftaran Mahasiswa, Pembayaran Kuliah Mahasiswa

ABSTRACT

Administration of student financial payment process is one of the main problems is an important concern for any good education provider at the level of schools and higher education institutions. This thesis research is motivated by the existence of a problem would be the difficulty experienced by new students and students of Bina Sarana Global STMIK the system of registration and tuition payment system also. This is because due to the lack of infrastructure support, so this is one problem that must be overcome in STMIK Bina Sarana Global. Tuition payment system is a payment system that is used by Bina Sarana Global STMIK to make it easier for prospective students and students to pay for tuition. Where to prospective new students can register online without having to come directly to the students kekampus and Bina Sarana Global STMIK who wants to pay tuition money could be faster in handling. Tuition payment system proposed in this study was designed with the aim to support the needs of students who want to pay tuition. While the tuition payment system that is already running currently on STMIK Bina Sarana Global, there are still many shortcomings, including the length of the recording so many existing queue when payment is made. Of the existing problems, it is necessary to resolve the problem, including the creation of a system for the payment of this lecture. Methods of data collection using observation, interviews, and literature, with a focus on analysis using the SWOT method, for testing the system using the Black Box application built using PHP programming language and MySQL Designer 8 and Visual Paradigm for UML 8.0 With sistempembayaran lecture is expected to help finance the in melakuakan payments and reporting to the optimum.


Keyword : Systems,Higher Education, Student Registration, Payment & Admissions

KATA PENGANTAR

Ilaahi Anta Maqshuudi Waridhooka Mathluubi A’thini Mahabbataka Wama’rifataka. Artinya : Ya Tuhanku Hanya Engkaulah yang kumaksud dan keridhoanmulah yang kucari, Berilah aku kemampuan bisa mencintai dan ma’rifat kepadamu.


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Alhamdulillah atas ijin dan bimbinganNya, penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini.


Adapun judul laporan Skripsi ini adalah “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Biaya Perkuliahan Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global Tangerang”. Dalam penelitian laporan Skripsi ini, penulis juga menghadapi banyak kendala dan penulis menyadari bahwa Skripsi ini masih banyak kekurangan, insya Allah semua yang dikerjakan akan bisa menutupi kekurangan tersebut, tetapi penulis masih membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun. Pada kesempatan ini juga penulis ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada .

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua 1 STMIK Raharja.
  3. Ibu Maimunah, M.Kom, selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi
  4. Bapak Himawan, S.Kom,. M.Kom, selaku Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan bimbingan, motivasi dan pengarahannya.
  5. Ibu Dina Fitria Murad, M.Kom selaku Dosen Pembimbing II yang senantiasa membimbing dan memberikan kritik dan saran dengan penuh kesabaran serta memberikan masukan untuk perbaikan skripsi penulis.
  6. Bapak Nova Teguh Sunggono, S.Kom selaku stakeholder yang telah meluangkan waktu dan memberikan data yang dibutuhkan untuk membantu penulis dalam melengkapi isi laporan tugas ini.
  7. Bapak Sidik, S.Kom selaku kepala jurusan Teknik Informatika yang telah meluangkan waktu dan memberikan pengarahan untuk membantu penulis dalam melengkapi tugas laporan skripsi ini.
  8. Kedua orang tuaku tercinta yang terus menerus mendoakan dan tidak pernah lelah untuk memberikan semangat dan nasehat, baik itu secara moral maupun materi kepada saya agar tetap berusaha untuk menyelesaikan tugas laporan Skripsi ini.
  9. Kepada kakak-kakak ku, Dedih Fahrudi,S.Kom , Nurlelah Wati, Yuniar Ratnasari Adung, yang telah mendoakan dan membantu baik secara materi maupun tenaganya.
  10. Kepada sodara-sodaraqu yang telah mendoakan dan selalu memberikan motivasi saya untuk bisa tetap semangat.
  11. Semua sahabatku tersayang yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu karena selalu memiliki peran yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.

Dengan penuh kesadaran penulis memahami adanya keterbatasan ilmu dan pengalaman dalam membuat laporan penelitian ini. Maka dengan segala kerendahan hati dan keikhlasan penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak.


Tangerang, 2014
Yeni Inayah Maryani
NIM. 1014465056

Daftar isi

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png

(2014)

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi dan komputer yang semakin pesat saat mempermudah berbagai dan pekerjaan manusia sehari–hari. Bahkan saat ini sistem informasi yang terkomputerisasi menjadi sebuah kebutuhan terutama bagi instansi atau perusahaan dalam mengolah berbagai data dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini dikarenakan sistem yang sudah terkomputerisasi memiliki banyak kelebihan dan kemudahan dibandingkan dengan sistem manual.

Salah satu bentuk lembaga yang memerlukan pengelolaan manajemen pengolahan data yang baik untuk melayani kebutuhan para pemakai jasa mereka adalah lembaga pendidikan. Kebutuhan-kebutuhan utama yang ada dalam lembaga pendidikan mulai dari proses pendaftaran, pendataan, dan administrasi keuangan para mahasiswa sangatlah berperan dilembaga pendidikan, salah satunya adalah STMIK Bina Sarana Global.

Salah satu bentuk informasi yang dibutuhkan oleh STMIK Bina Sarana Global yaitu informasi mengenai pembayaran biaya perkuliahan mahasiswa, yang mencakup biaya rutin setiap semester, biaya sidang hingga biaya wisuda. Informasi ini berpengaruh para kelancaran proses belajar dan memaksimalkan fasilitas yang ada pada STIMK Bina Sarana Global tersebut. Informasi pembayaran tersebut akan mempermudah bagian keuangan untuk melakukan pengecekan masalah data pembayaran iuran bulanan yang tadinya dicatat secara manual agar dapat dilakukan secara terkomputerisasi. Sehingga petugas tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari data mahasiswa yang belum yang belum melakukan pembayaran administrasi kuliah.

Pada dasarnya pekerjaan pengelohan data keuangan mahasiswa untuk membuat laporan data keuangan bulanan bukan tidak mungkin dilakukan secara manual. Tetapi permasalahan yang terjadi pada penggunaan sistem manual adalah media penyimpanan data yang tidak terkomputerisasi dan masih berupa arsip. Hal ini berakibat pada penyimpanan data yang besar sehingga dalam pencarian data membutuhkan waktu yang lama karena harus mencari dan mencocokan arsip-arsip. Untuk itu, perlu suatu sistem yang terintegrasi dengan pemakai teknologi komputer guna mencapai dan mempercepat proses pemasukan data dan laporan.

Dilihat dari sistem yang berjalan mulai dari proses pendaftaran mahasiswa ini masih belum optimal. Salah satu kekurangannya adalah dalam pencatatan data terutama dalam pembayaran iuran bulanan yang dilakukan secara berulang-ulang menggunakan kertas. Hal ini menyebabkan proses yang lama dalam mengolah data-data dan menghabiskan waktu terutama untuk menentukan sebuah keputusan dalam menindak lanjuti informasi pembayaran yang didapat dari mahasiswa.

Proses pencatatan secara manual yang dilakukan saat ini dimulai dari pencarian data mahasiswa, pencatatan kwitansi, dan menginput kedalam komputer, bagian keuangan dapat membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan sebuah masalah keuangan yang terjadi .

Maka berdasarkan hal-hal yang telah dipaparkan di atas, sistem informasi administrasi keuangan yang terkomputerisasi amatlah penting untuk diterapkan. Oleh karna itu, penulis tertarik untuk merancang sebuah software berbasis client-server yang dapat mengatasi permasalahan di atas sebagai tema skripsi yaitu dengan judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BIAYA PERKULIAHAN BERBASIS WEB PADA STMIK BINA SARANA GLOBAL ”.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dirumuskan beberapa masalah yaitu :

  1. Bagaimana sistem informasi pembayaran biaya perkuliahan yang berjalan saat ini pada STMIK Bina Sarana Global ?.

  2. Apa kendala-kendala dan kekurangan pada sistem pembayaran biaya perkuliahan di STMIK Bina Sarana Global yang sedang berjalan saat ini ?.

  3. Bagaimana proses pembuatan laporan keuangan pembayaran uang kuliah setiap semesternya pada STMIK Bina Sarana Global ?.

RUANG LINGKUP PENELITIAN

Untuk membatasi permasalahan pada penelitian skripsi ini, maka penulis akan membatasinya pada ruang lingkup penelitianmenjadi poin-poin berikut ini :

  1. Sistem yang dirancang dalam penyusunan skripsi ini adalah sistem yang digunakan untuk pembayaran biaya perkuliahan dimulai dari proses awal pendaftaran mahasiswa baru.

  2. Laporan yang akan disajikan dalam sistem informasi pembayaran biaya perkuliahan setiap mahasiswa, dimana didalamnya sudah termasuk rincian biaya uang cicilan kuliah .

  3. Metode pengujian yang digunakan pada metode penelitian skripsi ini menggunakan Black box testing.

TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

Dengan dibangunnya sistem pembayaran biaya perkuliahan yang berbasis web ini diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk kampus STMIK Bina Sarana Global khususnya bagian keuangan. Adapun penelitian yang diwujudkan dalam skripsi ini mempunyai tujuan dan manfaat sebagai berikut :

Tujuan Penelitian

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan sebagai berikut  :

  1. Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang di hadapi dari sistem berjalan pembayaran biaya perkuliahan yang dilakukan oleh kampus STMIK Bina Sarana Global Tangerang.

  2. Untuk menganalisis dan merancang sehingga dalam mengelola data keuangan mahasiswa.

Manfaat Penelitian

Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis berharap agar penulisan skripsi ini bisa dijadikan masukan untuk STMIK Bina Sarana Global diantaranya  :

  1. Memberikan solusi pemecahan masalah dan kendala-kendala yang terjadi pada sistem pembayaran yang ada pada STMIK Bina Sarana Global dengan membangun database sehingga memudahkan dalam penyimpan sebuah data dan terjaga keamanannya.

  2. Dapat memberikan masukan dalam rancangan sebuah sistem khususnya pada sistem yang berbasis web pada pembayaran biaya perkuliahan pada STMIK Bina Sarana Global.

  3. Metode Penelitian

    Metode Pengumpulan Data

    Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan laporan skripsi, digunakan metode sebagai berikut :

    1. Observasi (Pengamatan)

      Melakukan analisa masalah yang ada dengan cara mengamati sumber dan pengolahan data serta mengumpulkan data dari bagian-bagian yang berhubungan dengan pembayaran biaya berkuliahan pada STMIK Bina Sarana Global.

    2. Wawancara

      Wawancara adalah suatu metode untuk mendapatkan data dan keterangan-keterangan dengan melakukan tanya jawab langsung dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan bahan penelitian penulis, dan tentunya untuk mencari kelengkapan suatu data yang akan dibuat menjadi sebuah laporan yang benar dan akurat. Dalam hal ini penulis melakukan wawancara dengan Bapak Nova Teguh Sunggono, salah satu staff akademik yang ada di STMIK Bina Sarana Global.

    3. Study Pustaka

      Metode Studi pustaka Dengan metode ini penulis berusaha melengkapi data-data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal dan juga paper-paper ilmiah yang terkait dengan topik penelitian skripsi ini dan juga untuk membantu menulis dalam menyusun sebuah laporan.

    Metode Analisa Sistem Menggunakan Analisa SWOt

    Dalam penulisan dan penelitian yang dilakukan ini, penulis juga mengajukan metode analisa yang digunakan untuk menganalisa sistem atau aplikasi perancangan sistem informasi pembayaran biaya perkuliahan pada STMIK Bina Sarana Global yaitu menggunakan metode analisa SWOT (Strengths Weakness Opportunities Threats). Alasan mengapa penulis memilih metode analisa SWOT , karena analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilih berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT.

    Metode Perancangan

    Sistem pembayaran biaya perkuliahan pada STMIK Bina Sarana Global Berbasis web menggunakan beberapa software dalam perancangannya, antara lain :

    1. PHP, merupakan bahasa pemrograman yang akan dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
    2. Database server MySQL, merupakan database server yang banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi web, karena kehandalannya dan juga memiliki tingkat keamanan dalam hal keamanan data yang cukup baik.
    3. Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML (Hyper Text Markup Language) editor yang digunakan untuk mendesain halaman web secara visual dan mengelola situs web.
    4. Visual Paradigm for UML Interprise Edition, merupakan software yang akan digunakan untuk men-design dan membuat suatu model diagram UML.

    Metode Testing

    Dalam penulisan dan penelitian yang dilakukan ini penulis juga mengajukan metode pengujian yang digunakan untuk menguji sistem atau aplikasi yang dirancang, Perancangan Sistem Informasi pembayaran biaya perkuliahan pada STMIK Bina Sarana Global yaitu dengan menggunakan metode pengujian Black box testing. Alasan mengapa penulis memilih metode Black box adalah :

    1. Untuk mengetahui pesan kesalahan atau umpan balik (feedback) yang diberikan oleh sistem pada tahapan pengujian.
    2. Untuk dapat melakukan analisa dan juga mengevaluasi dari pengujian yang dilakukan pada sistem tersebut.
    3. Sistematika Penulisan

      Untuk memahami lebih jelas laporan skripsi ini, penulis mengelompokan materi laporan menjadi beberapa sub-bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

      BAB I : PENDAHULUAN

      Pada bab ini akan dikemukakan tentang latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metode penelitian, metode analisa sistem, metode pengujian sistem dan sistematika penulisan.

      BAB II : LANDASAN TEORI

      Bab ini terdiri dari definisi ilmu yang berhubungan dengan penyusunan laporan skripsi.

      BAB III : ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

      Bab ini menjelaskan gambaran umum kampus, sejarah singkat, struktur organisasi serta wewenang dan tanggung jawab pada kampus, serta membahas sistem yang berjalan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML), Elisitasi tahap I, Tahap II, Tahap III sampai dengan pembuatan draft final.

      BAB IV : SISTEM YANG DIUSULKAN DAN IMPLEMENTASI

      Bab ini berisikan tentang perancangan sistem menggunakan diagram UML (usecase diagram, activity diagram, class diagram, sequence diagram), spesifikasi basis data, rancangan layar program, rancangan tampilan output, sampai dengan implementasi program.

      BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

      Bab ini berisikan kesimpulan dari laporan Skripsi dan juga saran yang diberikan sebagai tidak lanjut untuk melakukan perbaikan dimasa yang akan datang.


      DAFTAR PUSTAKA


      LAMPIRAN-LAMPIRAN

      BAB II

      LANDASAN TEORI

      Teori Umum

      Konsep Dasar Sistem

      1. Definisi Sistem

      Menurut Jogiyanto Dalam Purnama (2013)[1] “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk tujuan tertentu”.

      Menurut McLeod dalam Purnama (2013)[1] “ Sistem adalah Sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan tujuan yang sama untuk mencapai tujuan”.

      Berdasarkan beberapa pendapat yang dikembangkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah jaringan kerja atau seperangkat elemen-elemen yang disatukan dan dirancang untuk mecapai tujuan bersama.

      2. Klasifikasi Sistem

      Menurut McLeod Dalam Purnama (2013)[1] Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa susut pandang. Klsifikasi sistem tersebut diantaranya: sistem abstrak (abstract system), sistem fisik (physical system), sistem tertentu (deterministic system), sistem tak tentu (probabilistic system), sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (open system).

      Berikut ini adalah contoh gambaran klasifikasi sistem informasi.

      3. Elemen - elemen Sistem

      Menurut Mcleod dalam Purnama (2013)[1] Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah yaitu : tujuan, masukan, proses, keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan :

      1. Tujuan ini menjadi motivasi yang mengarahkan pada sistem, karena tanpa tujuan yang jelas sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali.
      2. Masukan, masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem hal selanjutnya menjadi bahan untuk proses. Masukan dapat hal-hal berwujud maupun yang tidak berwujud adalah informasi.
      3. Proses proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai.
      4. Keluarankeluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan sistem dan keluaran dapat menjadi masukan untuk subsistem lain.
      5. Batas,batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem. Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem.
      6. Mekanisme pengendalian dan umpan balik, mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), sedangkan umpan balik inidigunakan mengendalikan masukan maupun proses. Tujuannya untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.
      7. Konsep Dasar Informasi

        1. Definisi Data

        Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal atau item.

        Menurut Mcleod dalam Purnama (2013)[1] “ Data adalah deskripsi kenyataan yangmenggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai”.

        Data dapat berbentuk nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.

        1. Teks, adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual misalnya, artikel koran, majalah dan lain-lain.
        2. Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam, dan nilai mata uang.
        3. Citra (image), adalah data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa grafik, foto, dan tanda tangan.
        4. Audio, adalah data dalam bentuk suara misalnya, instrumen musik, suara orang, suara binatang, detak jantung, dan lain-lain.
        5. Video, adalah data dalam bentuk gambar yang bergerak dan dilengkapi dengan suara misalnya, suatu kejadian dan aktivitas-aktivitas dalam bentuk film.
        6. 2. Definisi Informasi

          Menurut Maimunah dkk dalam jurnal CCIT (2012)[2] “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya, dan bermanfaat dalam mengambil suatu keputusan”. Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

          Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi. Sehingga informasi merupakan salah satu bentuk sumber daya utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manajer untuk mengendalikan perusahaan dalam mencapai tujuan.

          Mernurut Mcleod dalam Purnama (2013)[1] Informasi (information) dapat didefinisikan sebagaiberikut:

          Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, informasi disebut juga data yang diproses atau data yang memiliki arti”.

          3. Kualitas Informasi

          Menurut Jogiyanto dalam Purnama (2013)[1] Kualitas dari informasi (quality of information) sangat tergantung dari tiga hal yaitu accurate, timeliness, dan relevance.

          a. Relevan (relevance) Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya dan relevansi informasi untuk tiap-tiap orang akan berbeda-beda.

          b. Tepat Waktu (timeliness) Informasi tersebut datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan keputusan.

          c. Akurat (accuracy) Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai kepenerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merusak informasi.

          4. Nilai Informasi

          Fungsi inforamsi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan terkadang diperlukan dengan proses yang cepat dan tidak terduga. Hal itu mengakibatkan pengguna informasi hanya berdasarkan perkiraan-perkiraan serta informasi yang apa adanya. Dengan perlakuan seperti ini mengakibatkan keputusan yang diambil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu untuk memperbaiki keputusan yang telah diambil maka pencarian informasi yang lebih tepat perlu dilakukan. Suatu informasi memiliki nilai karena informasi tersebut dapat menjadikan keputusan yang baik serta menguntungkan (memiliki nilai informasi yang tepat).

          Menurut Mulyanto dalam Purnama (2013)[1] “Parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi (value of information) ditentukan dari dua hal pokok yaitu manfaat (benefit)dan biaya (cost).” Namun, dalam kenyataan informasi yang biaya untuk mendapatkannya tinggi belum tentu memiliki manfaat yang tinggi pula. Suatu informasi dikatakan bernilai jika manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektifitasnya.

          Nilai suatu informasi berhubungan dengan keputusan. Hal ini berarti bahwa apabila tidak ada pilihan atau keputusan, informasi menjadi tidak diperlukan. Keputusan dapat berkisar dari keputusan berulang dari sederhana sampai keputusan strategis Jangka panjang informasi tersebut. Informasi yang dapat mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan dpat dikatakan informasi tersebut memiliki nilai yang tinggi. Sebaliknya apabila informasi tersebut kurang memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan, maka informasi tersebut dikatakan bernilai rendah. Nilai informasi dikatakan sempurna apabila perbedaan antara kebijakan optimal, tanpa informasi yang sempurna dan kebijakan optimal menggunakan informasi yang sempurna dapat dinyatakan dengan jelas. Nilai suatu informasi dapat ditentukan berdasarkan sifatnya.

          Tentang 10 sifat yang dapat menentukan nilai informasi, yaitu sebagai berikut:

          1. Kemudahan dalam memperoleh informsi memiliki nilai yang lebih sempurna apabila dapat diperoleh secara mudah. Informasi yang penting dan sangat dibutuhkan menjadi tidak bernilai jika sulit diperoleh.
          2. Sifat luas dan kelengkapannya informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai lingkup/cakupan yang luas dan lengkap menjadi tidak bernilai, karena tidak dapat digunakan secara baik.
          3. Ketelitian (accuracy) Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila mempunyai ketelitian yang lebih tinggi/akurat. Informasi menjadi tidak bernilai jika tidak akurat, karena akan mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan.
          4. Kecocokan dengan pengguna (relevance) Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya, karena tidak dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan.
          5. KetepatanWaktu (timeliness) Informasi mempunyai nilai yang lebih sempurna apabila dapat diterima oleh pengguna pada saat yang tepat. Informasi berharga dan penting menjadi tidak bernilai jika terlambat diterima/using, karena tidak dapat dimanfaatkan pada saat pengambilan keputusan.
          6. Kejelasan (clarity) Informasi yang jelas akan meningkatkan kesempurnaan nilai informasi. Kejelesan informasi dipengaruhi oleh bentuk dan format informasi.
          7. Fleksibilitas Nilai informasi semakin sempurna apabila memiliki fleksibitas tinggi. Fleksibilitas informasi diperlukan oleh para manajer/pemimpin pada saat pengambilan keputusan.
          8. Dapat dibutuhkan Nilai informasi semakin sempurna apabila informasi tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Kebeneran informasi bergantung pada validitas data sumber yang diolah.
          9. Tidak ada prasangka Nilai informasi semakin sempurna apabila informasi tersebut tidak menimbulkan prasangka dan keraguan adanya kesalahan informasi.
          10. Dapat diukur Informasi untuk pengambilan keputusan seharusnya dapat diukur agar dapat mencapai nilai yang sempurna.
          11. 5. Komponen Sistem

            Menurut Jogiyanto dalam Purnama (2013)[1] Sistem informasi merupakan sebuah susunan yang terdiri dari beberapa komponen atau elemen. Komponen sistem informasi disebut dengan istilah blok bangunan (building block). Komponen sistem informasi tersebut terdiri dari blok masukan (input block, blok model(model block), blok keluaran(output block), blok teknologi (technology block), dan basis data(databse block).

            1. Blok Masukan (Input Block) Input memiliki data yang masuk ke dalam sistem informasi, Juga metode-metode untuk menangkap data yang dimasukan.
            2. Blok Model (Model Block)Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data.
            3. Blok Keluaran (Output Block) Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
            4. Blok Teknologi ( Technology Block) Tenologi digunakan untuk menerima input, menyimpan, mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dari sitem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 bagian utama, yaitu teknisi (brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
            5. Blok Basis Data (Database Block) Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak (software) untuk memanipulasinya.
            6. Teori Khusus

              Definisi Perancangan Sistem

              Perancangan sistem (design system) merupakan tahap selanjutnya setelah analisa sistem. Setelah mendapatkan gambaran dengan jelas tentang apa yang akan dikerjakan pada tahap analisa sistem, maka dilanjutkan dengan memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut.

              Menurut Mulyanto dalam Tera Siapadila (2013)[3], “Perancangan terdiri dari dua aktifitas utama, yaitu perancangan perangkat keras meliputi perancangan arsitektur serta perancangan perangkat lunak yang meliputi perancangan database yang berupa ERD (Entity Relationships Diagram) dan perancangan sistem yang dapat berupa DFD (Data Flow Diagram).”

              Sedangkan menurut Henderi dkk dalam jurnal CCIT (2011:322)[4] ”Tahap analisis sistem adalah tahap penguraian dari suatu sistem yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat dibuat rancangan sistem yang baru sesuai dengan kebutuhan. Dari definisi diatas dapat diketahui bahwa tujuan dari pada perancangan sistem adalah untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem dan juga untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemprogram komputer dan ahli-ahli teknik lainnyayang terlibat. Untuk mencapai tujuan ini maka perancangan sistem harus berguna, mudah dipahami dan nantinya mudah digunakan. Perancangan sistem harus dapat mempersiapkan rancang bangun yang terinci untuk masing-masing komponen dari sistem informasi yang meliputi data dan informasi, simpanan data, metode-metode, prosedur-prosedur, orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak dan pengendalian intern. Dalam tahap perancangan sistem, alat bantu yang digunakan dalam mendesain program komputer adalah bagan terstruktur.

              1. Definisi Web

              Menurut Mambrasar dalam Selvy Eriani (2013)[5], “Web merupakan media penyampaian informasi yang populer saat ini. Web menyajikan informasi menggunakan Hypertext Markup Language sehingga dapat menampilkan informasi dengan berbagai format data seperti text, image, bahkan video dan dapat diakses menggunakan berbagai aplikasi klien. Selain dikenal sederhana dan mudah, adanya teknologi server side programming pada web memungkinkan penyajian informasi yang lebih menarik dan dinamis dengan pengelolaan yang terorganisasi.”.

              2. Jenis - jenis Web

              Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, website juga mengalami perkembangan yang sangat berarti. Dalam pengelompokan jenis web, lebih diarahkan berdasarkan kepada fungsi, sifat dan bahasa pemrograman yang digunakan.

              Menurut Rahmat Hidayat dalam Selvy Eriani (2013)[5], Jenis-jenis web berdasarkan sifat atau style-nya sebagai berikut:

              1. Website Dinamis Merupakan sebuah website yang menyediakan content atau isi yang selalu berubah-ubah setiap saat. Bahasa pemrograman yangdigunakan antara lain PHP, ASP. NET dan memanfaatkan database MySQL atau MS-SQL.

              2. Website Statis Merupakan website yang content-nya sangat jarang diubah. Bahasa scripting yang digunakan adalah HTML dan belum memanfaatkan database. Misalnya: web profile organisasi dan lain-lain.

                3. Fungsi Web

                Menurut Rahmat Hidayat dalam Selvy Eriani (2013)[5], Berdasarkan pada fungsinya, website terbagi atas:

                a. Personal Website Website yang berisi data-data dan informasi pribadi seseorang.

                </p>

                b. Commercial Website Website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifat bisnis yangdigunakan untuk mencari profit (keuntungan).

                </p>

                c. Government Website Website yang dimiliki oleh instansi pemerintah yang bertujuan memberikan pelayanan informasi, urusan bisnis, pelayanan berbagai perizinan serta berbagai pelayanan publik lainnya yang berkenaan dengan pemerintahan.

                </p>

                d. Non-Profit Organization WebsiteDimiliki oleh organisasi yang bersifat non-profit atau sosial, contohnya: greenpeace.

                Konsep Dasar Analisis SWOT

                Analisis Critical Success Factor (CSF)

                MenurutWard (2002:209), analisis CriticalSuccess Factor (CSF)merupakanarea terbatas dalam suatu bisnis yang apabila terpenuhi maka akan menjaminkesuksesan kinerja kompetitif bagi perusahaan.

                Rockart (Ward,2002:209), mendefinisikan CSF sebagai area tertentudalam perusahaan,dimana jika hasil dari area tersebut memuaskan, maka akan menjamin keberhasilanperusahaan dalam bersaing. Area tersebut adalah area kunci dimana ‘sesuatuharus berjalan dengan baik dan benar’, sehingga keberhasilan bisnis dapatdicapai dan terus berkembang.

                Berdasarkan beberapapendapat yang dikemukakan di atas dapatditarik kesimpulanbahwa analisi CSF adalah sebuah teknik yang terkenal tidak hanya dalammengembangkan strategi IS/IT tetapi juga dalam pengembangan strategi bisnis.CSF digunakan untuk menginterpretasikan tujuan bisnis dan memunculkan aktivitasyang diperlukan untuk mencapainya, serta kebutuhan informasi yang nantinyadigunakan.

                Adapun manfaat darianalisis CSF menurut Ward dan Peppard (2002:209) adalahsebagai berikut :

                1. Analisis CSFmerupakan teknik yang paling efekrif falam melibatkan manajemen senior dalammengembangkan strategi sistem informasi. Karena CSF secara keseluruhan telahberakar pada bisnis dan memberikan komitmen bagi manajemen puncak dalammenggunakan sistem informasi yang diselaraskan dengan pencapaian tujuan melaluiarea bisnis yang kritis.

                2. Analisis CSFmenghubungkan proyek SI yang akan diimplementasikan dengan tujuannya, dengandemikian siste, informasi nantinya akan dapat direalisasikan agar sejalan denganstrategi bisnis perusahaan.

                3. Dalam wawancaradengan manajemen senior, analisis CSF dapat menjadi perantara yang baik dalammengetahui informasi apa yang diperlukan setiap individu.

                4. Denganmenyediakan suatu hubungan dengan kebutuhan informasi, analisis CSF memegangperanan penting dalam memprioritaskan investasi modal yang potensial.

                5. Analisis CSFsangat berguna dalam perencanaan sistem informasi pada saat strategi bisnistidak berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan, dengan memfokuskan padamasalah-masalah tertentu yang paling kritis.

                6. Analisis CSFsangat berguna apabila digunakan sejalan dengan analisi value chain dalam mengidentifikasikan proses yang palimg kritis,serta memberikan focus pada pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan yangpaling tepat untuk dilaksanakan.

                Analisis Value Chain

                Definisi Black Testing

                Tahapan Implementasi Sistem

                Menurut Aisyah dkk dalam Jurnal CCIT (2011:203), “Implementasisistem adalah tahapan selanjutnya dari program yang telah diuji secara offline kemudian di implementasikan online dan di publish secara resmi.”

                Menurut Sutabri(2012:229), setelah sistem dianalisis dan dirangcang dengan menggunakanteknologi yang sudah diseleksi dan dipilih maka tiba saatnya bagi sistemtersebut untuk diimplementasikan. Adapun tujuan utama dari tahap implementasisistem ini adalah sebagai berikut:


                1. Pengkajian mengenai rangkaian sistem, perangkat lunak,dan perangkat keras dalam bentuk sistem jaringan informasi terpusat agar dapatdiperoleh sebuah bangunan atau arsitektur sistem informasi.

                2. Melakukan uji coba perangkat lunak sistem sebagaipengolah data sekaligus penyaji informasi yang dibutuhkan.

                Perekrutan

                MenurutMeiastoko dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 6 (2013:3) Recruitmentmerupakan serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja denganmotivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupikekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian.

                Seleksi Pegawai atau Karyawan

                Memilih kandidat yang mampu untuk memilihprospek dan berkorespondensi denganyang dikatakan, (Pujadi, Jurnal CCITVol.4 No.2, 2011:188) tersedia dengan :

                1. Memeriksa dokumenaplikasi dan dokumen yang harus dilampirkan dalam surat permohonan.

                2. Wawancara terlebih dahulu untuk memeriksa kebenaran dokumen yang telah ditulis.

                3. Tes diagnostik, keterampilan, kesehatan, dapat dilakukan oleh perusahaan / dapat dilakukan oleh pihak luar.

                4. Menyelidiki latar belakang dari sumber lain di tempat kerja sebelumya.

                Elisitasi

                Konsep Dasar Web

                1. Definisi Web

                Menurut Kustiyahningsih (Lilian, 2011:37), “Web adalah layanan yang di dapat yang di dapat oleh pemakaikomputer yang terhubung ke internet.”

                Menurut Murya(Lilian, 2012:38), “WEB (World Wide Web)adalah suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink (tautan), media memudahkan surfer (sebutan para pemakai komputeryang melakukan browsing ataupenelusuran informasi melalui internet).”

                Daripendapat di atas dapat disimpulkan bahwa webmerupakan layanan yang dapat oleh pemakai komputer terhubung ke internet, baik berupa teks, gambar,suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan(link) satu dokumen dengan dokumenlainnya (hypertext) yang dapatdiakses melalui sebuah browser.

                2. Jenis-jenis Web

                Seiring denganperkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, website juga mengalami perkembangan yang sangat berarti. Dalampengelompokan jenis web, lebih diarahkan bedasarkan kepada fungsi, sifat atau style dan bahasa pemrograman yangdigunakan.

                Menurut Hidayat (Lilian, 2010:36) Jenis-jenis web bedasarkan sifat atau style sebagaiberikut:

                1. Website Dinamis, merupakan sebuah website yang menyediakankonten atau isiyang selalu berubah-ubah setiap saat. Bahasa pemrograman yang digunakan antaralain PHP, ASP, .NET dan memanfaatkan databaseMySQLatau MS SQL.

                2. Website Statis, merupakan website yang kontennya sangat jarangberubah. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML dan belum memanfaatkan database.

                3. Fungsi Web

                Menurut Hidayat (Lilian, 2010:37), Berdasarkan pada fungsinya, website terbagi atas :

                1. PersonalWebsite; Website yang berisi informasi pribadiseseorang.

                2. CommercialWebsite; Websiteyang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifat bisnis.

                3. Government Website; Website yang dimiliki olehinstansi pemerintah, pendidikan yang bertujuan memberikan pelayanan kepada pengguna.


                4. Non-Profit OrganizationWebsite;Dimiliki oleh organisasi yang bersifat non-profitatau tidak bersifat bisnis

                HTML (Hypertext Markup Language)

                Konsep Dasar CSS

                Menurut Wiswakarma (Lilian, 2010:43), “CSS(Cascading Style Sheet) adalah salahsatu bahasa pemograman desain web (style sheet language) yang mengontrolformat tampilan sebuah halaman webyang ditulis dengan menggunakan bahasa penanda”.

                MenurutKhafidli (Lilian, 2011:44), “CSS (Cascading StyleSheet) merupakan salah satu bahasa pemograman web yang berguna untuk mengendalikan beberapa elemen dalam sebuah web sehingga lebih terstruktur danseragam”. Pada umumnya, CSS digunakan untuk memformat tampilan halaman web yang dibaut dengan menggunakan HTML.

                Dari kedua definisi di atas, maka dapat disimpulkanCSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheetyangmerupakan bahasa pemograman berbasis webuntuk digunakan pada tampilan web.

                PHP (Hypertext Processor)

                1. Definisi PHP

                Dan dalam penulisan PHP terdapat tahap coding, menurut Maimunah dkk dalam JurnalCCIT (2010:165), ” Coding merupakantahap implementasi hasil desain ke dalam baris-baris program”. Untuk memulaiprogram PHP, kita dapat memulainyadengan mengenal sebuah tag pengenalPHP yang digunakan untuk menuliskan kode PHP.

                Dikutip dari Wahana Komputer buku “Hot Tip dan Trik PHP” (2013:1), menjelaskan bahwa “PHP adalahpemrograman berbasis web yang sudahsangat dikenal, bahasa pemrograman PHP termaksud bahasa Pemrograman berbasis web yang bersifat cross platform atau dapat dijalankan diberbagai macam sistemoperasi.”

                Menurut Winarno dkk (2011:4), “PHP atau Hypertext Preprocessor adalah sebuahbahasa pemrograman web berbasis server (server-side) yang mampu mem-parsingkode PHP dari kode web denganekstensi .php hingga menghasilkan tampilan websiteyang dinamis di sisi client (browser).”

                PHP adalah bahasa scriptyang sangat cocok untuk pengembangan webdan dapat dimasukkan ke dalam HTML. Ketika memprogram dengan PHP atau framework PHP, anda bisa menggunakan software editor teks, beberapa editor PHP sbb :

                1. ActiveState Komodo Edit

                2. Bluefish

                3. Eclipse

                4. Emacs

                5. Geany

                6. jEdit

                7. Netbeans IDE

                8. Vim

                9. SciTE

                10. Dreamweaver CS

                11. Alleycode HTML Editor

                12. ConTEXT

                13. CodeLobster

                14. Crimson Editor

                15. Dev-PHP IDE

                16. HTML-Kit

                17. InType

                18. Notepad++

                19. Programer’s Notepad

                20. PSPad

                2. Variabel PHP

                Menurut Winarno dkk (2011:8), “Variabel memungkinkan andauntuk menciptakan rumus bagi operasi tertentu dimana nilai operand-nya bisa dialokasikan secara dinamis.”

                ariabel merupakan istilah yang menyatakan sebuah tempatyang digunakan untuk menampung nilai-nilai tertentu dimana nilai di dalamnnyabisa diubah-ubah. Variable merupakantempat untuk menyimpan data dalam tipe tertentu, variabel bisa berupa null (belum ada jenisnya), angka, string, objek, array, boolean, danisinya bisa diubah-ubah nantinya.

                Berbeda dengan bahasa pemrograman lain, variabel pada PHPlebih fleksibel, tidak perlu mendefinisikan jenisnya ketika mendefinisikanpertama kali. Ada 6 (enam) variabel dasar yang dapat diakomodasikan di PHP,seperti berikut :

                1. Boolean

                  Adalah tipe data paling standar yang hanya menyatakan kebenaran, apakan True (benar) atau False (salah). Contoh sederhana :<?php $variabel_bol


                2. Integer

                  Adalah bilangan bulat (bukan pecahan) baik negatif atau positif, misalnya...,-2,-1,0,1,2,...). integer bisadituliskan dalam satuan desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16), atauoktal (berbasis 8) dan bisa juga ditambah tanda plus atau minus (- atau+), penandaan ini bersifat opsional.

                3. loating Point

                  Adalah nomor pecahan atau juga bilangan real,bisa didefinisikan dengan syntaxberikut : <?php $a = 3.652; $b = 3.2e3; $c = 7E-10; ?>

                4. String

                  Adalah untaian karakter, ada 256 karakter yang bisa dijadikan string. Sebuah sting bisa didefinisikan dengan berbagai cara, yang paling mudahadalah dengan tanda petik tunggal.

                5. Null

                  Adalah nilai yang merepresentasikan variabel tanpa value, NULL adalah nilai yang mungkin untuk Null, sebuah variabel akan menjadi Null jika dialokasikan konstanta NULL, variabel yang belum di-set ke nilai apapun, menerima unset().

                6. Operator

                  Adalah simbol yang berfungsi untuk melakukan aksi/operasi tertentu terhadapnilai operand yang pada umumnya darihasil operasi tersebut menghasilkan nilai baru. Ada banyak jenis operator, sbb:

                Konsep Dasar Database dan MYSQL

                1. Definisi Database

                Menurut Hidayatidkk dalam Jurnal CCIT (2011:238),menjelaskan bahwa “Databaseadalah kumpulan fakta-fakta sebagai respresentasi dari dunia nyata yang salingberhubungan dan mempunyai arti tertentu. Database digunakan untuk menyimpan data agar data tersebut dapatdimanipulasi dengan mundah, terjamin keakuratannya, efisiensi dalampenyampaiannya, dan tentu saja dapat dengan mudah untuk diakses kembali.”

                Pada dasarnyadatabase dapat diolah denganmenggunakan suatu software (perangkat lunak). Software yang digunakan untukmengelola dan memanggil query databasedisebut database management sistem(DBMS).

                MenurutWinarno dkk (2011:56), “Database adalah sebuah kebutuhan, dengan databaseprogramer dapat menyimpan dan mengambil data dengan mudah, database membuatsebuah aplikasi bisa berdaya guna dan menyimpan data dari user.”

                2. Desain Database

                Menurut Henderi dkk dalam Jurnal CCIT (2011:174), “Design database dibuat setelahmelakukan analisa terhadap data yang ada pada penerimaan mahasiswa baru sebagaiobjek pembuatan Prototype programsystem data warehouse dan data mining sebagai tools pengukur kinerja.”


                3. Pengertian MySQL

                Menurut Kustiyahningsih (Lilian, 2011:34),“MySQL adalah sebuah basis data yang mengandung satu atau jumlah tabel. Tabel terdiri atas sejumlah baris dan setiap barismengandung satu atau sejumlah tabel. Tabel terdiridari atas sejumlah baris dan setiap baris mengandung satu atau sejumlah tabel”.

                Menurut Raharjo (Lilian, 2011:34) “SQL adalah bahasa standaryang digunakan untuk mengakses data di dalam database relasional. Setiap serverdatabaseresionalatau Relational Database ManagementSystem (RDBMS) mendukung SQL untuk mengatur dan mengolah datanya.

                MySQL termasukjenis RDBMS (Relational DatabaseManagement System ). Sedangkan RDBMS sendiri akan lebih banyak mengenalistilah seperti table, baris, dankolom digunakan perintah-perintah di MySQL.

                4. Perintah Dasar Database MySQL

                Menurut Raharjo (Lilian, 2011:34), dalam menjalankan MySQLdiperlukan berbagai perintah untuk membuat suatu database, berikut ini disebutkan beberapa perintah dasar dalammenggunakan MySQL. Untuk menjalankan MySQL pertama kali cukup denganmengetikkan MySQL pada Command Prompt,Perintah-perintahnya adalah sebagai berikut:


                1. Menampilkan database:SHOW DATABASE.

                2. Membuat databasebaru: CREATE DATABASE database.

                3. Memilih databaseyang akan digunakan: USE database.

                4. Menampilkan tabel : SHOW TABLE.

                5. Membuat tabel baru: CREATE TABEL tabel (field spesifikasi_field).

                6. Menampilkan struktur tabel: SHOW COLUMNS FROM tabelatau DESCRIBE table.

                7. Mengubah stuktur tabel: ALTER TABLE tabeljenis_Pengubahan.

                8. Mengisikan data: INSERT INTO table (kolom 1) VALUES(data_kolom1); atau INSERT INTO table SET kolom1=data_kolom;.

                9. Menampilkan data: SELECT kolom FROM tabel WHEREcriteria ORDER BY kolom atau SELECT * FROM table.

                10. Mengubah data: UPDATE tabel SET kolom=pengubahan_dataWHERE kriteria.

                11. Menampilkan data dengan kriteria tertentu: SELECTkolom1, FROM table WHERE kriteria.

                12. Menghapus data : DELETE FROM tabel WHERE kriteria;

                13. Menghapus tabel: DROP table.

                14. Menghapus database: DROP database;

                15. Keluar dari MySQL: QUIT; atau EXIT.

                Konsep Dasar Dreamweaver CS5

                Menurut Sigit (Lilian, 2010:44),“Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain web secaravisual dan mengelola situs atau halaman web”.

                Menurut Puspitasari (Lilian, 2011:44), “Dreamweaver CS5 adalah salah satu HTML Editor Professional yang berfungsi untukmendesain web secara visual danmengelola situs atau halaman web”.

                Berdasarkan daridefinisi-definisi di atas, maka dapat disimpulkan dreamweaver adalah suatu aplikasi yangdigunakan dalam membangun atau membuat sebuah web.

                Konsep Dasar XAMPP

                XAMPP merupakansebuah tool yang menyediakan beberapapaket perangkat lunak kedalam satu buah paket.

                Menurut Madcoms (Yulianto, 2010:314), sekarang ini bayakpaket software instalasi webserver yang disediakan secara gratisdiantaranya menggunakan XAMPP. Dengan menginstal XAMPP, tidak perlulagi melakukan instalasi dan konfigurasi webserverApache, PHP, dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi danmengkonfigurasinya secara otomatis.

                Definisi Teknologi Informasi

                Teknologi informasi biasa disebut TI, IT (Information Technology) atau ifotech. Berbagai definisi teknologi informasitelah diutarakan oleh beberapa ahli, diantaranya Haang den Keen yang dikutipdariJurnal Sistem Informasi & Bisnis (Permatasari, 2011:77). Mendefinisikan“Teknologiinformasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasidan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.”

                Menurut Martin dalam buku JUSIB (Permatasari, 2011:77), “Teknologiinformasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras ataulunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan jugamencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.”

                Menurut Williams dan Swayer dalam buku JUSIB (Permatasari,2011:77), “Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan sisitemkomputasi atau komputer dengan jalur komunikasi high speed yang membawa data, suata dan juga dalam bentuk video.”

                Liteature Review

                Literature Review inidilakukan oleh peneliti untuk mengetahui landasan awal dan sebagai pendukungbagi kegiatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, sehingga dapat menghindaripengulangan hal yang sama dalam penelitian dan dapat melakukan pengembanganketingkat yang lebih tinggi dalam rangka menyempurnakan atau melengkapipenelitian yang nantinya akan dikembangkan lagi untuk kedepannya. Penelitianini yang saya tulis dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Untuk Online Rekrutmen Pada PT.Yuasa Battery Indonesia”.

                Adapun Literature Review sebagai landasan dalam mendukung penelitian adalahsebagai berikut:


                1. Penelitian yang dilakukan oleh Tri Pujadi (Jurnal CCIT, 2010) dengan judul“Design Computer-Based Application forRecruitment and Selection Employee at PT. Indonusa Telemedia”. Padapenelitian sistem inidiciptakan dengan menggunkan VB 6.0, Ms.Acces Database dan aplikasi ini dapatmenampilkan laporan baik berbentuk Microsoft Office ataupun microsoft excel.Penulis melakukan penelitian di level berikutnya yaitu membuat e-recruitmentdengan berbasis web menggunakanPHP,dreamweaver CS3 dan MySQL sebagai databasenya.

                2. Penelitianyang dilakukan oleh Sri Yuliasih (2009)Penelitian yang telahdilakukan oleh Sri Yuliasih berjudul “Analisa Sistem Informasi PenerimaanKepegawaian Pada Pemerintahan Kota Tangerang”. Pada penelitiannya hanyadibatasi pada sistem penerimaan pegawai, mulai dari analisa masukan (input)sampai pada prosedur-prosedur yang berhubungan dengan proses penerimaankepegawaian. Dengan proses seperti itu akan Program yang digunakan untuk pembuatan sistem yang diusulkan yaitumenggunakan visual basic dengan database-nya yaitu MicrosoftAccess.

                3. Penelitianyang dilakukan oleh Andri Fajar Sektiawan (STMIK Raharja, 2010) dengan judul “Perancangan SistemPerekrutan 60 Pegawai Berbasis WebPada PT. Pacific Food Indonesia”. Pada penelitian ini sistem yang sedang berjalandalam perekrutan karyawan masih menggunakan sistem manual yang dilakukan dengan cara penempelanpamplet atau dengan cara pemberitahuan kepada karyawan lain, untuk itu dibuatwebsite yang diharapkan memberi nilai tambah dalam penyampaian informasikegiatan perekrutan karyawan, dan dibuat program perekrutan karyawan gunamempermudah pekerjaan bagian terkait. Penulis melakukan penelitian di levelberikutnya yaitu membuat e-recruitment dengan basis web yang tidak hanya untukmemudahkan pelamar mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tetapi pelamardapat langsung melamar pekerjaan secara online.

                4. Penelitian yangdilakukan oleh Aakash Gopalia (Oxford Brookers University). “Effectiveness of Online Recruitment andSelection Process : A Case of Tesco”. Pada penelitian ini sistem ini menggunakan web based software application untuk mengisi lowongan. Dengan menggunakan form online e-recruitmrnt untuk merekrut pegawai dinilai efektif danmenghemat waktu bagi para kandidat, selain itu menurunkan biaya perekrutan danmendapatkan kandidat yang berkualitas dengan proses seleksi yang cepat. Penulis melakukan penelitian di levelberikutnya yaitu membuat e-recruitment dengan basis web yang tidak hanya untukmemudahkan pelamar mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tetapi pelamardapat langsung melamar pekerjaan secara online. Dan dalam tahapan seleksi 61 tes penulis menambahkantes online yang dilakukan pelamar di perusahaan.

                Dari keempat penelitianyang sudah dilakukan diatas masing-masing masih menggunakan sistem yang manualyaitu cara penginputannya masih menggunakan MicrosoftOffice. Penggunaan sistem tersebut masih banyak kekurangan sehingga dalampenginputan data karyawan pun masih belum efektif dan efesien. Oleh karena ituSaya membuat sistem Perekerutan Karyawan secara Online bertujuan untukmempermudah bagian HRD dalam merekrut calon karyawan dan dalam penginputan datakaryawan baru.

                BAB III

                PEMBAHASAN

                ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

                Gambaran Umum

                Gambaran umum mengenai Perguruan Tinggi Bina Sarana Global meliputi sejarah singkat, visi dan misi, tujuan , serta tugas dan wewenang dari tiap-tiap bagian, adapun gambaran umum tersebut adalah sebagai berikut :

                Sejarah Singkat

                Perguruan Tinggi Bina Sarana Global berdiri pertama kali di pandeglang tahun 2006 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 150/D/0/2006 yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Sarana Global di Pandeglang. Dalam surat keputusan tersebut Perguruan Tinggi Bina Sarana Global diberikan izin untuk menyelenggarakan pendidikan Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Teknik Informatika untuk jenjang Program Strata 1 ( S1 ).

                Berdasarkan Akta Notaris No. 45 maka mulai tahun 2008, Yayasan Bina Sarana Global secara resmi dipindahkan dari Pandeglang ke Tangerang, begitu juga untuk beroperasi Perguruan Tinggi Bina Sarana Global kampus pusatnya juga dipindahkan ke Tangerang.

                Saat ini Perguruan Tinggi Bina Sarana Global dipimpin oleh H. Dedi Royadi, M. Si sebagai ketua Perguruan Tinggi Bina Sarana Global dibina oleh Dr. H. M. Syahrial Yusuf, SE, MM, MBA ( Ketua Dewan Pembina Yayasan, Pengusaha Muda dn Tokoh Reformasi Pendidikan Nasional ).

                Visi Dan Misi

                Visi

                Menjadi Perguruan Tingg yang berkualitas dan professional pada bidangnya berbasiskan pada standar kompetensi nasional dan internasional.

                Misi

                1. Menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi.

                2. Meningkatkan dan membina sumber daya manusia dengan mensinergikan keilmuan, kemampuan, keahlian berinovasi serta professional dalam bidang teknologi informasi.

                3. Mengembangkan pola pembinaan kewirausahaan mahasiswa dalam rangka mencetak sarjana mandiri.

                4. Sebagai sarana pembelajaran intelektual dan berbasiskan teknologi untuk siap menghadapi era globalisasi.

                Tujuan

                Menghasilkan lulusan cerdas berpikiran global dengan etika moral yang baik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki :

                1. Sikap : Profesional dan beretika profesi.


                2. Kemampuan Menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.


                3. Kemampuan Teoritis dan pengalaman praktis dibidang teknologi informasi, yang unggul dan memiliki daya saing untuk memasukkan dunia kerja, wirausaha maupun melanjutkan studi.

                Struktur Organisasi Perusahaan

                Didalam perguruan tinggi Bina Sarana Global terbentuk sebuah bagan struktur organisasi sebagai berikut :

                Wewenang dan Tanggung Jawab

                Adapun wewenang dan tanggung jawab dari masing masing bagian yang tertera pada struktur organisasi tersebut adalah sebagai berikut :

                1. Ketua Perguruan Tinggi Bina Sarana Global

                2. Memimpin pelaksanaan usaha di Perguruan Tinggi Bina Sarana Global termasuk melakukan perencanaan, pengawasan dan pengevaluasian hasil serta penyempurnaan kebijakan yang ditetapkan oleh yayasan dan senat. Uraian Tugas :

                  Memimpin semua aspek (Operasional, Pendidikan, Keuangan, Pemasaran, Personalia dan lain-lain)

                  Menetapkan rencana baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang kemudian dijabarkan oleh Pembantu Ketua.

                  Menginformasikan dan menjalankan kebijakan yayasan untuk diterapkan di kampus

                  Membuat rencana kerja satu tahun kedepan berikut Cash Flow.

                  Membina hubungan dengan tingkat elit masyarakat, perusahaan, professional, untuk memperoleh akses lembaga untuk masuk ke dalam lingkungannya, yang nantinya akan di tindak lanjuti oleh pengenalan produk, persentasi dan penempatan magang dan kerja, tahu hal-hal yang perlu ditindak lanjuti oleh kepala bagian atau staf atau pihak lainnya.

                  Memberikan contoh dan teladan serta membina seluruh karyawan.

                  Mengikuti perkembangan yang terjadi, isu-isu yang berkembang di masyarakat dan di dunia usaha sehingga lembaga atau kantor tidak ketinggalan.

                  Melakukan inovasi-inovasi sehingga lembaga atau kantor yang bersangkutan selalu berada di garis terdepan.

                  Menyampaikan laporan berkala kepada yayasan dan komisaris terkait mengenai relisasi kegiatan yang dicapai secara koperatif sesuai dengan aspek departemen terkait (adanya perbandingan) dengan program kegiatan yang direncanakan termasuk laporan keuangan yang disusun secara komparatif antara anggaran dengan sebelumnya.


                  Menyampaikan gagasan, saran atau usulan kepada yayasan dan komisaris terkait dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan maupaun kualitas manajemen.

                  Konfigurasi Sistem

                  Spesifikasi Hardware

                  Sistemtersebut menggunakan 1 unit komputer PC dengan spesifikasi sebagai berikut :

                  a. Processor  : Intel Pentium P6200

                  b. Monitor  : LCD 14”

                  c. RAM  : 1 GB

                  d. Hard Disk  : 320 GB HDD

                  e. Keyboard  : Standar Printer : Deskjet

                  Spesifikasi Softaware

                  a. Microsoft Windows 7

                  b. Microsoft Office 2007

                  c. Data base : SQL server

                  Hak akses (Brainware)

                  Untukmengoperasikan atau mengolah data hanya dapat dilakukan oleh administrasiPersonalia dan HRD atau department terkait terhadap data ini.

                  Tata Laksana Sistem Yang Sedang Berjalan

                  Use Case Diagram

                  Usecase diagram menggambarkan fungsionalitas yangdiharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuatsistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah usecase mempresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem.

                  Prosesberikut menjelaskan proses yang terkait dengan actor dansistemnya.Interaksi tersebut dapat digambarkan dengan use case diagram. Berikutini adalah use case diagram untukSistem Informasi PenerimaanKaryawan Pada PT Yuasa Battery Indonesia.

                  Berdasarkan gambar 3.3 Use Case Diagram yang ada terdapat ;

                  1. Nama usecase  : Terima Form PML 6.2.1/A1

                    Actor  : Department dan HRD

                    Keterangan  : HRD menerima Form PML 6.2.1/A1 dari

                    department

                  2. Nama usecase  : Membuat Informasi Lowongan

                    Actor  : HRD dan Pelamar

                    Keterangan  : HRD memasang Informasi Lowongan

                  3. Nama usecase  : Mengumpulkan Lamaran

                    Actor  : HRD dan Pelamar

                    Keterangan  : Bagian HRD mengumpulkan lamaran masuk

                  4. Nama usecase  : Konfirmasi Karyawan Baru

                    Actor  : HRD dan Department

                    Keterangan  : Bagian HRD memberikan konfirmasikepada Department mengenai pelamar yang akan

                    diseleksi

                  5. Nama usecase  : Memanggil Calon Karyawan

                    Actor  : HRD dan Pelamar

                    Keterangan  : HRD memanggil calon karyawan yang akan

                    diseleksi

                  6. Nama usecase  : Melakukan Tes Seleksi

                    Actor  : HRD dan Pelamar

                    Keterangan  : Melakukan tes seleksi meliputi testertulis dan tes komputer

                  7. Nama usecase  : MelakukanWawancara

                    Actor  : HRD dan Pelamar

                    Keterangan  : HRD mewawancarai para calon karyawan yang sudahmengikuti tes tertulis

                  8. Nama use case  : Informasi Hasil Tes Seleksi

                    Actor  : HRD dan Pimpinan

                    Keterangan  : Bagian HRD memberikan informasi hasil tes seleksi kepada para calon karyawan

                  9. Nama use case  : Laporan Proses Seleksi

                  Actor  : HRD, Pimpinan, Department

                  Keterangan  : HRD memberikan laporan proses seleksi kepadaPimpinan dan Department terkait

                  Activity Diagram

                  Activity Diagrammenggambarkan berbagai alir aktifitas dalam sistem yang sedang dirancang,bagaimana masing-masing alir berawal, decisionyang mungkin terjadi, dan bagaima mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi padabeberapa eksekusi.

                  Activity diagrammerupakan state diagram khusus,dimana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisidi-trigger oleh selesainya statesebelumnya (internal processing).Oleh karena itu activity diagramtidak menggambarkan behavior internal sebuah sistem (dan interaksi antarsub-sistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses danjalur-jalur aktifitas dari level atas secara umum.

                  Berdasarkangambar 3.3Activity Diagram yang ada terdapat ;

                  a. 1 (satu) Initial Node sebagai awal objek.

                  b. 31 (tiga puluh satu) Activity.

                  c. 4 (empat) VerticalSwimelane.

                  d. 6 (enam) ForkNode.

                  e. 2 (dua) FinalNode.

                  Alur aktifitas yang digambarkan pada Activity Diagram diatas adalah Ka.Dept.terkait mengajukan permohonan karyawan baru kepada bagian HRD (Human Resource Department) denganmenyerahkan PML.6.2.1/A1. Kemudian setelah mendapatkan formulir tersebut, pihakHRD membuat informasi lowongan melalui iklan, surat kabar, internet dsb untukmencari karyawan baru sesuai dengan yang dibutuhkan Ka.Dept. terkait. Setelahmenemukan calon karyawan yang mengirimkan lamaran ke perusahaan, lalu bagianHRD memanggil para calon karyawan tersebut untuk mengikuti tes seleksi danwawancara. Jika para calon pelamar lulus tes seleksi dan wawancara maka akanmengikuti tes selanjutnya, apabila gagal maka akan diinformasikan. Setelahmelakukan proses seleksi, pihak HRD memberikan informasi kepada Ka. Dept.terkait mengenai karyawan baru yang lulus tes seleksi.

                  Analisa Sistem Yang Sedang Berjalan

                  Metode Analisa

                  1. Analisa Critical SuccessFactors (CSF)

                  Dalamkegiatan ini akan dielaborasikan visi dan misi menjadi tujuan bisnis PT. Yuasa Battery Indonesiayang kemudian akan diaplikasikan menggunakan CSF analisis untuk menemukankebutuhan organisasi. Langkah-langkah elaborasi tersebut dapat dijelaskan padagambar 3.5di bawah ini

                  Berdasarkanhasil pengamatan dokumen di PT. Yuasa Battery Indonesia didapatkan pernyataanvisi dan kebijakan mutu perusahaan dan lingkungan, sebagai berikut :

                  Seluruh karyawan PT. Yuasa Battery Indonesiamenjadikan pembaharuan dan pengmbangan sebagai filosofi perusahaan, sertamemiliki komitmen untuk memproduksi baterai yang berkualitas tinggi demikenyamanan dan kepercayaan pelanggan Kami di seluruh dunia dengan menggunakanteknologi energy maju berdasarkansistem berdasarkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008. Melalui kegiatanpengelolaan lingkungan dengan mencegah pencemaran dan melakukan perbaikanberkelanjutan serta menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku danpersyaratan lain yang ditetapkan berdasarkan sistem manajemen lingkungan ISO14001 : 2004. Seluruh karyawan PT. Yuasa Battery Indonesia berupaya untukmelaksanakan bisnis dengan standarglobal dan moral yang lebih tinggi.

                  Berdasarkantabel di atas, dapat diketahui bahwasanya pencapaian tujuan-tujuan organisasi PT. Yuasa Battery Indonesiadipengaruhi oleh business need yang tertuang pada tabel di atas, selanjutnyauntuk mengetahui kebutuhan SistemInformasi (SI) yang mendukung business need organisasi maka perlu dilakukan elaborasi terhadapCSF organisasi dengan menentukan KeyDecision yang berhubungan dengan CSF tersebutdan dari Key Decision tersebut akan diidentifikasi kebutuhan Sistem Informasi (SI) dariorganisasi. Hasil elaborasi CSF dapat dilihat pada tabel 3.2. di bawah ini.

                  2. Analisa SWOT

                  Analisa SWOT dilakukan dengan mengidentifikasikankekuatan dan faktor-faktor positif yang berasal dari internal organisasi,kelemahan dan faktor- faktor negatif dari internal. Peluang atau kesempatandana keuntungan dari faktor eksternal dan ancaman atau resiko yang dipengaruhioleh faktor eksternal organisasi.

                  Analisis untuk mencari strategi dengan menggunakankekuatan yang ada untuk memanfaatkan peluang yang tersedia (strategi S-O) sertamenggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman yang ada (strategiS-T).Selain itu dianalisis pula strategi untuk mengurangi kelemahan yangdimiliki dalam meraih peluang yang ada (strategi W-O) maupun mengatasi ancamanyang ada (strategi W-T). Pemetaan strategi S-O, W-O, S-T, dan W-T dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

                  3. Analisa Value Chain

                  AnalisisValue Chain merupakan suatu metodeuntuk merinci suatu rangkaian dari bahan baku hingga produk akhir yangdigunakan, menjadi kegiatan strategi yang relevan untuk memahami perilaku biayadan perbedaan sumber daya. Analisis ValueChain mengenai penjelasan seluruh aktivitas yang termasuk dalam aktivitasutama dan aktivitas pendukung terhadap organisasi

                  PT. Yuasa Battery Indonesia dapat dilihat pada gambar3.5. berikut ini :

                  a. Aktifitas Utama

                  Yang menjadi aktivitas utama yang terdapat pada analisis value chain organisasi PT. Tirta VariaIntipratama adalah sebagai berikut:

                  1. Penerimaankomponen yang dikirim dari vendor.

                  2. Prosesproduksi battery.

                  3. Pengirimanproduk ke customer.

                  4. Sosialisasi,sponsor, dan Promosi.

                  5. Pelayananprima kepada pelanggan.

                  a. Penerimaankomponen yang dikirim dari vendor.PT. Yuasa Battery Indonesia adalah perusahaan yangbergerak bergerak di bidang manufacturing. Produksi yangdihasilkan oleh PT. Yuasa Battery Indonesia adalah mulai dari Battery/Aki, UPS, RectifierCharger hingga produk-produk lain yang berhubungan dengan aki. yangkomponen dasarnya dikirmkan melalui vendor.

                  b. Proses Produksi BatteryProses inimerupakan kegiatan pembuatan battery mulai dari penerimaan komponen dasarbattery, kemudian pengecekan komponen battery, produksi battery, sampai denganbarang produksi yang sudah siap untuk dikirim ke customer.

                  c. Pengiriman produk ke customerKegiatanini merupakan kegian pengiriman barang yang sudah dipacking dan siap untuk dikirimkan kepada para customer.

                  d. Sosialisasi,publikasi, sponsor dan promosiKegiatanini dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan guna meningkatkanpemasaran produk di kalangan masyarakat.

                  e. Pelayanan PrimaKepada Pelanggan Kegiatanini merupakan kegaiatan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dengan caramemberikan kepuasan pelanggan terhadap barang yang telah diproduksi.

                  b. Aktifitas Pendukung

                  a. Keuangan

                  b. Human Resources dan General Affairs

                  c. Information Technology

                  d. Kerjasama antaraperusahaan dengan warga setempat

                  a. Keuangan

                  Kegiatanini adalah kegiatan yang mengolah keuangan perusahaan baik pemasukan,pengeluaran maupun asset perusahaan.

                  b. Human Resources dan General Affairs

                  Human Resources adalah kegiatan pengelolaan sumber daya manusia yang berada dilingkunganperusahaan.General Affairs adalahkegiatan supporting unit perusahaanyang bertugas sebagai pengurus kendaraan perusahaan, pelaksanaan keamanan,kesehatan dsb.

                  c. InformationTechnology (IT)

                  Aktivitas Information Technology (IT) yaitu,aktivitas yang dilakukan untuk menjaga pemeliharaan inventaris IT dan jaringanpada server.

                  d. Kerjasama antaraperusahaan dengan warga setempat

                  Kegiatanini dilakukan antara peusahaan dengan warga setempat guna menjaga lingkunganagar tetap terjaga dari sampah maupun limbah pabrik.

                  Analisa Batasan Sistem

                  Setiap sistemmempunyai batasan sistem (boundary) yang memisahkan sistem denganlingkungan luarnya. Kesatuan luar merupakan kesatuan diluar sistem yang dapatberupa orang, organisasi, atau sistem lainnya yang memberikan input ataumenerima output dari sistem.

                  Melihat permasalahan yang ada di PT. Yuasa Battery Indonesia, maka peneliti membatasi permasalahan hanya membahas proses penerimaankaryawan, proses seleksi, penilaian secara online,dan hasil seleksi yang akan diberikan secara online kepada calon karyawan.

                  Analisis Kekurangan Sistem Yang Berjalan

                  Berdasarkan dari analisis yang dilakukanpenulis, terhadap sistem yang berjalan di PT. Yuasa Battery Indonesia, terdapatbeberapa kekurangan sistem yang berjalan, antara lain :

                  a. Belumadanya sistem informasi yang memudahkan pihak personalia untuk penginputan datacalon karyawan secara efektif.

                  b. Pengolahandata yang menyulitkan pihak personaliakarena masih menggunakan Microsoft Excel sehingga membutuhkanwaktu yang lama.

                  c. Belumadanya sistem informasi yang membantu pihak personalia dalam menyeleksi calonkaryawan yang sesuai dengan bagian yang dibutuhkan.

                  d. Bagianpersonalia masih harus mengumpulkan lamaran yang masuk melalui email, maupun melalui pos.

                  e. Belumadanya sistem yang informasi yang memudahkan bagian personalia untukmendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan.

                  f. Paracalon karyawan harus datang ke perusahaan untuk melakukan tes seleksi danwawancara.

                  Analisis Kontrol

                  Pada proses sistem yang berjalan, perluditingkatkan pengontrolannya untuk sistem yang lebih baik lagi agar kinerjakaryawan dapat berjalan secara maksimal, karena masih ditemukan kendala yangmenghambat seperti lamaran yang masuk harus dikumpulkan dan disortir sesuaidengan bagian yang dibutuhkan oleh perusahaan.

                  Analisis Prosedur

                  Berdasarkan dari analisis yang dilakukanpenulis, dalam hal prosedur yang masih berjalan saat ini masih kurang efektifdalam proses penerimaan surat lamaran yang masuk. Hal ini bisa dilihat denganbanyaknya surat lamaran yang masuk dari berbagai media seperti media iklan,media cetak dan kantor pos. Dimana surat-surat lamaran yang masuk, kemudianharus disortir sesuai dengan bagian masing-masing yang dibutuhkan olehperusahaan. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pemilihan suratlamaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

                  Analisis Tenaga Kerja

                  Adapun yang melakukan proses perekrutankaryawan yang berjalan saat ini adalah 1 orang staff (Human Resources Development) dan 1 orang Kepala Seksi atau Ka. SieHRD yang mengawasi dan menerima laporan setiap adanya data calon karyawan dankaryawan baru.

                  Analisis Waktu

                  Berdasarkan analisis yang dilakukan padaPT. Yuasa Battery Indonesia saat ini proses perekrutan karyawan membutuhkanwaktu yang lama dikarenakan harus penyortiran surat lamaran yang masuk.Kemudian melakukan tes seleksi secara langsung jika calon karyawan sudah sesuaidengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan dan mendapat panggilan dariperusahaan.

                  Analisis Kebutuhan Sistem

                  Dalam merancangsebuah sistem perlu adanya analisi kebutuhan sistem. Diantaranya merupakankebutuhan sistem yang diperlukan, yaitu:

                  1. Dapatmenampilkan menu informasi lowongan pekerjaan sesuai dengan bagian yangdibutuhkan.

                  2. Dapatmenampilkan menu soal tes online yangakan dilaksanakan oleh para pelamar yang sudah diseleksi dan sudah sesuaidengan kebutuhan.

                  3. Dapatmenampilkan diagram alur proses penerimaan karyawan baru

                  4. Dapatmenampilkan hasil tes seleksi sesuai dengan rangewaktu yang telah ditetapkan perusahaan.

                  Permasalahan Yang Dihadapi dan Solusi Yang diberikan

                  1. Masalah Yang Dihadapi

                  Berdasarkan darianalisis yang dilakukan penulis dapat diambil kesimpulan bahwa sistemperekrutan karyawan yang sedang berjalan saat ini di PT. Yuasa BatteryIndonesia belum berjalan dengan baik karena membutuhkan waktu yang cukup lamadalam proses pengumpulan dan penyeleksian data calon karyawan. Sedangkan suratlamaran yang masuk melalui email, dan pos cukup banyak dan bagian yangdilamarnya pun berbeda-beda. Sehingga pihak HRD (Human Resources Department) harus menyortir kembali surat lamaranyang masuk sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan begitu belum adanyasistem perekrutan karyawan yang dapat mempermudah pihak HRD dalam penyeleksiankaryawan baru.

                  2. Solusi Yang Diberikan

                  Berdasarkan analisis terhadap sistem yangberjalan, dapat diambil kesimpulan bahwa perlu diadakan perancangan sistem ataskekurangan dan kebutuhan sistem dengan melakukan analisis terhadap alternatifpemecahan masalah, antara lain sebagai berikut:


                  1. Membangun sistem yang dibutuhkan oleh pihak HRD (Human Resource Department) dengan menciptakan sistem aplikasiberbasis online. Agar data pelamaryang masuk bisa diolah secara cepat dan terintegrasi.

                  2. Membangun suatu aplikasi sistem yang berbasis web untuk memudahkan pihak HRD dalam pencarian karyawan baru secaraonline.

                  Berdasarkan beberapa alternatif pemecahanmasalah di atas penulis melakukan suatu kajian untuk permasalahan maka perludibangun aplikasi sistem yang berbasis onlinekarena banyak keuntungan yang diperoleh antara lain:

                  1. Dapat menjalankan aplikasi berbasis onlinedi manapun kapan pun tanpa harus melakukan penginstalan.

                  2. Dapat dijalankan pada sistem operasi mana pun.

                  3. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk dapatmenggunakanaplikasi berbasis online.

                  Penulis akanmembuat suatu aplikasi berbasis onlineyang dapat digunakan oleh pihak HRD.Sistem tersebut akan menampilkan kriteria karyawan yang dibutuhkan olehperusaahn, menampilkan bagian-bagian yang idbutuhkan oleh perusahaan danmenampilkan tes seleksi karyawan dan hasil tes seleksi secara online.

                  Aplikasi yang dirancang merupakan solusi yang tepat untukmengatasi permasalahan yang ada pada sistem yang berjalan. Perancangan sistemdibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan FrameworkCodeIgniter (CI) dan MySQL untukmengelola databasenya.

                  Penulis akan merancang sebuah sistem perekrutan karyawan secara online yang bermaanfaat untuk pihak HRDdalam memperoleh calon karyawan baru yang mudah diakses dan mudah dipahami.

                  Elisitasi

                  BAB IV

                  RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

                  Rancangan Sistem Usulan

                  Setelahmengadakan penelitian dan analisa sistem yang berjalan maka ditemukan beberapamasalah yang dihadapi yaitu sistem yang berjalan masih belum optimaldikarenakan masih ada data calon karyawan baru yang diinput secara manual,masih menggunakan Microsoft Excel.

                  Adapunperancangan sistem yang coba diusulkan ini dibuat dengan menggunakan UML (Unified ModellingLanguage) diagram dengan menggunakan aplikasi software Visual Paradigm for UML 6.4. Sedangkan untuk pembuatan perangkat lunaknya dibuat dengan menggunakan bahasa PHP dengan sistem aplikasi database menggunakan Xampp. UML yang akan dibuamenggunakan antara lain:

                  1. Use Case Diagram

                  2. Sequence Diagram

                  3. Activity Diagram

                  4. State Machine Diagram

                  5. Class Diagram

                  Rancangan Basis Data

                  Class Diagram

                  Spesifikasi Basis Data

                  Spesifikasibasis data merupakan desain basis data yang dianggap telah normal. Desain basisdata menjelaskan media penyimpanan yang digunakan, isi yang disimpan, primary key dan panjang record. Spesifikasi yang digunakan dalamsistem yang akan dibangun adalah sebagai berikut:

                  1. Nama Field : Accounta

                  Media : Hard Disk

                  Isi  : id+username+password+status+level+created_date+update_date

                  Primary Key  : ID

                  Panjang Record  : 4

                  2. Nama Field : Buku Tamu

                  Media : Hard Disk

                  Isi  : id+username+password+status+level+created_date+update_date

                  Primary Key  : ID

                  Panjang Record  : 4

                  3. Nama Field : Daftar

                  Media : Hard Disk

                  Isi  : id+nama_depan+nama_belakang+email+password+created_date+question+left_question+reload+total question+total_answer+total_unanswered+true_ answer

                  Primary Key  : ID

                  Panjang Record  : 8

                  4. Nama Field : data_karyawan

                  Media : Hard Disk

                  Isi  : nama+alamat+tempat_lahir+tanggal_lahir+telp+email+agama+pendidikan_terakhir+ terakhir_bekerja+id_daftar+cv+lamaran

                  Primary Key  : ID

                  Panjang Record  : 4

                  5. Nama Field : jawaban

                  Media : Hard Disk

                  Isi  : id+jawaban+pertanyaan_id

                  Primary Key  : ID

                  Panjang Record  : 4

                  6. Nama Field : pertanyaan

                  Media : Hard Disk

                  Isi  : id+pertanyaan+id_jawaban

                  Primary Key  : ID

                  Panjang Record  : 4

                  7. Nama Field : submit_jawaban

                  Media : Hard Disk

                  Isi  : id+id_pelamar+id_pertanyaan+id_jawaban

                  Primary Key  : ID

                  Panjang Record  : 4

                  Rancangan Prototype

                  Tampilan Login

                  Tampilan Home

                  Tampilan Daftar

                  Tampilan Data Calon Karyawan

                  Tampilan Tes Online

                  Tampilan Hasil Tes Seleksi

                  Konfigurasi Sistem Usulan

                  Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware)

                  Perangkat keras (hardware) yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini antara lain sebagai berikut :

                  1. Processor  : Intel Pentium

                  2. Monitor  : 14” LCD monitor

                  3. RAM  : 1GB

                  4. Hardisk  : 320 GB

                  Spesifikasi Perangkat Lunak (Software)

                  Perangkat Lunak (Softaware) yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini antara lain sebagai berikut :

                  1. Windows 7

                  2. Visual Paradigm for UML 6.4 Enterprise Edition

                  3. XAMPP

                  4. Notepad ++

                  5. Framework CodeIgniter (CI)

                  6. Mozilla Firefox (browser)

                  Hak Akses

                  Pengoperasian aplikasi ini dapat dilakukan oleh :

                  1. HRD

                  2. Ka.Dept. Terkait

                  Blacbox Testing

                  Untuktahap pengujian penulis menggunakan metode blackbox,untuk memastikan bahwa program atau sistem yang dibuat masih terdapat bug (kesalahan) atau tidak. Dari setiaptes pengujian tidak menutup kemungkinan masih terdapat bug (kesalahan) dari sistem yang telah dites, namun pengujian inisetidaknya dapat meminimalisir bug (kesalahan)yang terdapat didalam sistem

                  Implementasi Sistem Yang Diusulkan

                  Tampilan Menu Daftar

                  Keterangan :

                  Tampilan di atas adalah tmpilan untuk admin dan pelamar jika ingin memasuki login

                  Tampilan Menu Setelah Daftar

                  Keterangan :

                  Tampilan setelah berhasil daftar untuk admin dan pelamar jika ingin memasuki Login.

                  Tampilan Menu Login

                  Keterangan :

                  Tampilan menu Login untuk pelamar dan admin yang sudah berhasil mndaftar dan ingin masuk ke Home.

                  Tampilan Menu Berhasil Login

                  Keterangan :

                  Tampilan dia atas merupakan tampilan berhasil Login, untuk pelamar yang ingin mengisi daftar calon karyawan.


                  Tampilan Data Calon Karyawan

                  Keterangan :

                  Tampilan di atas merupakan tampilan form data calon karyawan yang telah berhasil Login dan akan mengikuti tes online.

                  Tampilan Upload CV dan Surat Lamaran Kerja

                  Keterangan :

                  Tampilan di atas merupakan tampilan upload CV dana Surat Lamaran Kerja untuk pelamar yang sudah terdaftar dan berhasil melakukan Login.

                  Tampilan Soal Tes Online

                  Keterangan :

                  Tampilan di atas merupakan tampilan tes online untuk para pelamar yang sudah berhasil melakukan daftar, login,kemudian mengisi form data calon karyawan.


                  Tampilan Hasil Tes Online

                  Keterangan :

                  Tampilan ini merupakan tampilan penilaian atau hasil tes seleksi online yang dapat dilihat dua hari setelah melakukan tes online.

                  Time Schedule

                  1. Penyerahan Surat Observasi Skripsi

                  Pada tahap ini dilakukan pembuatan surat pernytaan obesrvasi dari kampus untuk melakukan analisa atau riset.

                  2. Wawancara

                  Proses ini merupakan proses wawancara dengan stakeholder untuk mencari informasi mengenai sistem perekrutan karyawan yang berjalan pada saat ini.

                  3. Mengumpulkan Data

                  Mengumpulkan data-data selama lima hari untuk dijadikan suatu pembahasan.

                  4. Elisitasi

                  Pada tahap ini merumuskan elisitasi sisstem dengan melakukan wawancara.

                  5. Presentasi Perogram

                  Pada tahap ini menjelaskan tentang tampilan program dan fungsi-fungsi yang terdapat di dalamnya.

                  6. Testing Program

                  Pada tahap ini merupakan kegiatan pengujian program yang akan digunakan oleh pihak HRD (Human Resource Department).

                  7. Sosialisasi Program

                  Proses ini merupakan sosialisasi program kepada pihak HRD untuk menjelaskan bagaimana cara pengoperasian program.

                  8. Dokumentasi

                  Proses perekaman terhadap kegiatan yang sudah dilakukan sejak awal kegiatan mulai dari penyerahan surat keterangan observasi sampai dengan sosialisasi program pada pihak HRD.

                  Estimasi Biaya

                  Setelah adanya peracnangan sistem, maka jika dilihat dari segi biayamemang cukup tinggi akan tetapi jika dipandang dari segi manfaat dan kegunaan,biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang dihasilkan.

                  Biaya penelitian rinci sesuai kebutuhan penelitian antara lai sebagai berikut:

                  BAB V

                  KESIMPULAN DAN SARAN

                  Kesimpulan

                  Berdasarkan dari hasil pembahasan dan penelitian dari skripsi yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Biaya Perkuliahan Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global“ maka peneliti dapat mengambil kesimpulan dari permasalahan yang ada yaitu sebagai beriku :

                  1. Bagaimana sistem informasi pembayaran biaya perkuliahan yang sedang berjalan saat ini pada STMIK Bina Sarana Global ?. Dari permasalahan ini, maka dapat di jawab yaitu : Sistem yang berjalan saat ini pada STMIK Bina Sarana Global yaitu pembayaran yang masih manual dan pengembangan yang dilakukan pada sistem pembayaran dibuat lebih terkomputerisasi sehingga penggunaannya lebih memudahkan pihak STMIK Bina Sarana Global dalam pencatatan pembayaran perkuliahan.

                  2. Apa kendala-kendala dan kekurangan pada sistem pembayaran biaya perkuliahan di STMIK Bina Sarana Global yang sedang berjalan saat ini ?. Untuk poin permasalahan ini, maka dapat di jawab yaitu : kendala dan kekurangannya adalah pengunaan buku iuran yang digunakan untuk mencatat pembayaran uang cicilan kuliah mahasiswa dan sering terjadinya kehilangan buku iuran pada mahasiswa STMIK Bina Sarana Global dan adanya penumpukan berkas data - data mahasiswa.

                  3. Bagaimana proses pembuatan laporan keuangan pembayaran uang kuliah setiap semesternya pada STMIK Bina Sarana Global ?. Dari permasalahan yang ada saat ini dapat di jawab yaitu, dalam proses pembuatan laporan keuangan pada STMIK bina Sarana Global pada setiap semesternya dilakukan dengan mencatatnya kedalam buku besar dan kemudian pihak bagian keuangan menginputkan ke Ms. Excel. Dari laporan Ms.Excel tersebut menjadi acuan STMIK Bina Sarana Global untuk mengetahui mahasiswa yang sudah bayar semester atau yang belum bayar.

                  Saran

                  Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah agar penelitian berikutnya bisa mengembangkan sistem ini lebih baik dan sempurna lagi sehingga kekurangan yang ada bisa dilengkapi atau diperbaiki. Adpun saran yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pada STMIK Bina Sarana Global adalah sebagai berikut : :

                  1. Untuk dapat lebih memaksimalkan lagi sistem pembayaran biaya kuliah yang sekarang ini sudah ada dan berjalan yaitu dengan pnggunaan sistem website pembayaran biaya kuliah agar dilakukan perbaikan – perbaikan dari kekurangan yang ada.

                  2. Perlu diadakannya sebuah training kepada para staff STMIK Bina Sarana Global dalam penggunaan sistem pembayaran perkuliahan ini agar mepara staff mudah dalam pengguannya.

                  3. Agar dalam sebuah laporan keuangan tidak terlalu banyak pencatatan maka web yang di buat ini memberikan pasilitas laporan keuangan secara otomatis yang hanya di inputkannya satu kali saja serta sudah bisa melihat mahasiswa yang sudah bayar ataupun yang belum bayar.


                  Dengan adanya sistem informasi pembayaran biaya kuliah ini, maka perlu diadakannya pengembangan lebih lanjut untuk merancang sistem yang lebih baik lagi dan kompleks sesuai dengan kebutuhan user.

                  DAFTAR PUSTAKA


                  LAMPIRAN-LAMPIRAN

Contributors

Admin, Yeni.inayah