SI0921463252

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

SMK BINA AM MA’MUR KABUPATEN TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 0921463252
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

SMK BINA AM MA’MUR KABUPATEN TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 0921463252
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informasi
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, ..... 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : XXXXXX

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

SMK BINA AM MA’MUR KABUPATEN TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 0921463252
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang,.... 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat,S.I.Kom.)
   
NID : ....
   
NID : ....

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

SMK BINA AM MA’MUR KABUPATEN TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 0921463252
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA

SMK BINA AM MA’MUR KABUPATEN TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 0921463252
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, ..... 2014

 
 
 
 
 
NIM : 0921463252

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Isi abstraksi dengan bahasa indonesis.


Kata Kunci: ........

ABSTRACT

Isi abstract dengan bahasa inggris.


Keywords : ............

KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Tinggi Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso M.Kom., selaku Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik STMIK Raharja
  3. Bapak Junaidi M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom, selaku Staff Ahli MAVIB Perguruan Tinggi Raharja dan sebagai Pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak Wahyu Hidayat,SE, selaku Staff Perguruan Tinggi Raharja dan sebagai Pembimbing II yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  7. Kedua orang tua, kakak dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, ..... 2014
Alfa Ziqri
NIM. 0921463252

Daftar isi


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju, kemampuan dalam hal teoritis dibidang komputer saja belum tentu cukup untuk mengikuti perkembangan zaman tersebut, dan sampai saat ini terdapat terobosan –terobosan baru dimana komputer menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kebutuhan sehari-hari sehingga membuat integrasi antar berbagai disiplin ilmu seperti desain grafis, broadcasting dan audio-visual. Ditandai dengan munculnya berbagai macam bentuk karya seni yang menggunakan aplikasi komputer sebagai sarana perencanaan dan perancangan sebuah karya, contohnya: film dokumenter, profile film feature biografi seseorang, iklan, Compeny profile, dan berbagai bentuk rancangan komunikasi visual lainnnya. Hal ini dibuktikan bahwa perancangan suatu karya seni meningkat lebih baik, sehingga dapat mengikuti tuntutan perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Sarana multimedia dan design sebagai alat komunikasi dan promosi mempunyai peranan yang sangat penting dalam menginformasikan sesuatu kepada masyarakat, hal ini dinilai sangat komunikatif dan efektif disaat mobilitas manusia yang semakin tinggi sehingga dibutuhkan bentuk media komunikasi dan promosi yang menarik dan lebih interaktif yang ditujukan kepada masyarakat, dan banyak cara untuk menyampaikan suatu informasi yang diolah ke dalam bentuk multimedia dan design agar terlihat lebih menarik dalam penyampaiannya.

SMK Bina Am Ma’mur merupakan lembaga pendidikan yang berdiri pada tahun2006, yang berfungsi sebagai unit pelaksana pendidikan jalur sekolah, secaragaris besar memiliki tanggung jawab yaitu pelaksana pendidikan selama jangkawaktu tertentu sesuai jenis dan sifat sekolah tersebut, melaksanakan pendidikandan pengajaran sesuai dengan kewajiban yang berlaku, melaksanakan bimbingan danpenyuluhan bagi siswa di sekolah, melaksanakan urusan Tata Usaha (TU), membinakerjasama dengan orang tua siswa, masyarakat dan instansi terkait melaksanakanProgram Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, bertanggung jawab kepada Bupatimelalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Dalam mengembangkan sekolah saat ini SMK Bina Am Ma’mur, sangat membutuhkan sarana media penyampaianinformasi dan promosi yang mampu mengemas seluruh aset yang dimiliki sekolah.

Darihasil analisa kebutuhan yang dilakukan penulis terhadap SMK Bina Am Ma’mur, sekolah tersebutmembutuhkan media promosi yang menarik untuk memperkenalkan seluruh kegiatansekolah dan diharapkan melalui perancangan media komunikasi company profile.

Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul, “ PERANCANGAN MEDIA PROFILE PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI SMK BINA AM MA’MUR KABUPATEN TANGERANG ’’.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan diangkat dalam topik ini yaitu :

  1. Bagaimana merancang bentuk media audio visual yang dapat menarik dan memenuhi kebutuhan masyarakat dilingkungan SMK Bina Am Ma’Mur ?

  2. Media dalam bentuk apa yang dinilai lebih efektif dalam menyampaikan informasi tentang SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang sebagai sarana penunjang promosi lembaga yang bersangkutan ?

  3. Bagaimana merancang company profile dengan citra dan image melalui audio visual dalam bentuk video ?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan permasalahan lebih terarah, maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan adalah hal-hal yang berhubungan dengan perancangan video company profile sebagai penunjang media promosi. Adapun batasan masalah yang akan dibahas, mulai dari visi-misi, fasilitas, keunggulan dan prestasi yang ada di SMK Bina Amma’mur yang berjudul, “PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK BINA AM MA’MUR KABUPATEN TANGERANG ’’.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Penulis mengelompokkan tujuan penelitihan menjadi 3 bagian yaitu :

  1. Tujuan Operasional

    Memudahkan pihak sekolah untuk meningkatkan promosi melalui video profile dan mudah dipahami oleh masyarakat luas

  2. Tujuan Fungsional

    Untuk meningkatkan informasi yang lebih efektif dan komunikatif mengenai aktifitas sekolah melalui video profile.

  3. TujuanIndividual

a. Dengan adanya penelitihan ini, penulis dapat menganalisa dan memperluas wawasan serta meningkatkan kreatifitas dalam membuat video profile.

b. Memberikan ide kreatif untuk meneliti agar bias memberikan hasil yang baik.

c. Menambah ilmu pengetahuan kepada peneliti untuk membuat sebuh media promosi yang akan di gunakan dan di rencanakan.

Manfaat Penelitian

Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah :

a. Manfaat Bagi Sekolah

  1. Dengan menggunakan media audio visual, masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi secara tepat dan akurat tentang SMK Bina Am Ma’Mur.

  2. Dengan adanya media video profile untuk meningkatkan pencapaian target pendaftaran siswa baru.

  3. Agar hasil dari penelitian ini nantinya dapat bermanfaat bagi sekolah yang bersangkutan sebagai pengetahuan maupun sebagai salah satu referensi dalam pengembangan informasi.

b. Manfaat Bagi Individu

  1. Salah satu syarat untuk mencapai gelar S1 sarjana jurusan Tehnik Informatika konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) perguruan tinggi raharja.

  2. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan secara menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis, yang selama ini sudah didapatsebelumnya diperkuliahan.

Metode Penelitian

Pelaksanaan penelitian yang penulis lakukan, Adalah melakukan beberapa metode pengumpulan data diantaranya :

Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi (Pengamatan)

    Mendapatkan data dengan melakukan penelitian lapangan, melihat secara langsung objek yang dianalisis dengan menggunakan dan melaksanakan pencatatan serta melakukan dokumentasi secara sistematis, yang berhubungan dengan informasi tentang presentasi sekolah yang ada pada SMK Bina Am Ma’mur.

  2. Wawancara

    Wawancara dilakukan secara terstruktur dengan mengumpulkan data-data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait pada SMK Bina Am Ma’mur.

  3. Studi Pustaka

    Selain melakukan observasi dan wawancara penulis juga melakukan pengumpulan data dengan cara studi pustaka. Di dalam metode ini penulis berusaha melengkapi data - data yang relevan dalam pemilihan judul yang penulis ajukan baik dari buku - buku, internet atau dari referensi yang lain.

Metode Sumber Data

  1. Data Internal

    Setelah penulis mengumpulkan data-data dan interview di lingkungan sekolah, penulis mempunyai keinginan untuk membuat video profile tentang SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang. Dikarenakan belum adanya media berupa video profile pada SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang.

  2. Data External

    Untuk menganalisa program yang dirancang, penulis menggambarkannya dengan menggunakan ).

Analisa Perancangan

Pengolahan data video yang akan dianalisa dan diolah dengan menggunakan software Adobe Premiere CS3, Adobe After Effects, Adobe Illustrator CS3, Adobe Photoshop CS3 yang mendukung pembuatan media video profile.

Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian dan terakhir sistematika penulisan yang memberikan gambaran tentang keterangan deskriptif dari setiap bab.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori-teori dasar seperti pengertian desain, pengertian grafis, pengertian profil perusahaan, definisi interaktif, unsur-unsur komunikasi grafis, dan definisi dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, informasi mengenai produk, market analisis, potensial market, market segmentation, market objective, marketing strategy.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Bab ini berisi tentang konsep perancangan dan rancangan mengenai proses pembuatan desain media yang penulis lakukan

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Hendi Hendratman,ST (2010:9-12)[1], Perancangan adalah aktifitas kreatif menuju sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya juga merupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapandan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik’

Menurut Iwan Binanto (2010:260-261)[2], Perancangan adalah tahappembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah penggambaran, perencanaan, dan pembuatan sketsa yang kemudian diterjemahkan ke dalam sebuah konsep perancangan sebagai pemecahan masalah berbasis komputer yang telah dipilih selama proses analisis.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman,ST (2010:09-12)[1],

  1. Persiapan Data

    Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data Estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.

  2. Ide

    Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  3. Konsep

    Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  4. Media

    Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

  5. Visualisai

    Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

  6. Produksi

    Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.


Pengertian Projek

Menurut Hendi Hendratman,ST (2010:9-12)[1],

Konsep Dasar Video

Pengertian Video

Menurut Melvy Ayuningtyas (2011:7)[3],video merupakan gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satuan fps (frame per second). Karena dimainkan dalam kecepatan yang tinggi maka tercipta ilusi gerak yang halus, semakin besar nilai frame rate maka akan semakin halus pergerakan yang ditampilkan. Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.

Menurut Iwan Binanto (2010:179)[2],kata video berasal dari kata latin, yang berarti “saya lihat”. Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik yang mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi. Video juga dapat digunakan dalam aplikasi teknik, keilmuan, produksi, dan keamanan. Istilah video juga digunakan sebagai singkatan videotape, perekam video dan pemutar video.

Video dapat disimpulkan sebagai gambar bergerak yang digabung dalam satu waktu dengan kecepatan tertentu dan memiliki alur cerita sehingga menghasilkan sebuah tampilan audio visual yang bisa dipahami.

Kategori Video

Menurut Iwan Binanto (2010:179-182)[2],video terbagi dalam dua kategori video, yaitu video analog dan video digital.

  1. Video Analog

    Video analog mengodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan frekuensi dari sinyal. Seluruh sistem sebelum video digital dapat dikategorikan sebagai video analog.

  2. Video Digital

    Video digital dapat disebut array 3 dimensi dari pixel berwarna, 2 dimensi melayani arah spesial dari gambar bergerak (horizontal dan vertikal) dan satu dimensinya akan mempresentasikan domain waktu.

Format Video

Menurut Hendi Hendratman,ST (2012:401-406)[4],berbagai format yang sering dipakai dalam video editing, pertelevisian dan multimedia.

  1. AVI

    Singkatan dari Audio Video Interleaved. Format media yang dapat menyimpan data gamabar bergerak atau video dan suara atau audio. AVI dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan pada Operating System Windows. Sebuah file AVI dapat menggunakan bermacam-macam format kompressor atau codecs. File AVI tidak mempunyai standar ukuran atau resolusi, bitrate dll sehingga anda bebas mengaturnya.

  2. MOV, QT

    Standar format digital video yang dikembangkan oleh Apple Computer for Macintosh (Mac Os) saingan Microsoft. Namun dapat dijalankan pula di Windows. Namun anda harus menginstal drivernya terlebih dahulu yaitu Quicktime for Windows atau Quicktime Alternative. Salah satu kelebihan format ini adalah adanya codec Animation kemampuannya untuk menyimpan Alpha Chanel, sehingga video atau render animasi yang dibuat di 3D Studio Max atau After Effects dapat diganti backgroundnya.

  3. MPEG-1

    Standaar Internasional untuk kompresi video kualitas sedang atau medium, yang dikenal dengan Motion Picture Expert Group (MPEG-1) yang digunakan untuk Video CD atau VCD. Format yang berjaya di tahun 901n sampai awal 2000 ini mempunyai kompresi 50 banding 1 sampai 100 banding 1 sehingga file yang dihasilkan jauh lebih kecil dibnadingkan aslinya yang tanpa kompresi.

  4. MPEG-2

    Pengembangan dari MPEG-1 adalah MPEG-2 sehingga dapat mentransfer data lebih dari 4,5 Mb/s dan bisa digunakan untuk dunia broadcast pertelevisian dan DVD Video. Format MPEG-2 juga mendukung multichanel surround sound seperti PCM, Dolby Digital dan DTS.

  5. ASF

    ASF merupakan singkatan dari Advanced Streaming Format. Format ini Khusus dibuat untuk jaringan internet. Dengan demikian video yang dijalankan melalui internet akan berjalan mulus tanpa harus menunggu sampai data selesai di download. Teknik tersebut disebut steraming. Format ini dikembangkan oleh Microsoft. Penggunaan teknologi ASF ini digunakan pada format video lain seperti Windows Media Audio (WMA) dan Windows Media Video (WMV). ASF juga dapat menyimpan data text atau metadata artist, title, album dan genre untuk audio atau sutradara pada file video track seperti file ID3 tags pada MP3 files.

  6. WMV

    WMV adalah singkatan dari Windows Media Video. Format video ini dikembnagkan oleh Microsoft. Keuntungan format video ini adalah kompresi yang tinggi dan tanpa banyak mengurangi kualitas video. WMV sama seperti ASF (Advanced Sysytems Format) yang mempunyai teknologi streaming agar bisa dijalankan dengan mulus di internet.

  7. MP4

    MP4 dapat menampung berbagai format multimedia dan video stream ke sebuah file. Format yang dapat ditampung antara lain AVI (avi), MPEG (.mpg, .mpeg), Matroska (.mkv, .mka), OGM (.ogm) Quicktime (.mov) atau Realmedia (.rm, .rmvb). MP4 telah menjadi standar (ISO 14496-14) sehingga dapat dijalankan di berbagai hardware seperti handpone, mp4 player dan multimedia player dikomputer.

  8. Flash Video (FLV)

    FLV (Flash Video Files) sesuai namanya adalah format Flash yang khusus untuk menampung vide format bitmap. Teknologi ini mulai ada sejak Macromedia Flash version 7. Tidak seperti format SWF, kelebihan format FLV adalah tidak ada batasan maksimum 16000 frames sehingga cocok untik video dengan durasi panjang

  9. Real Media

    Real Media is adalah kontainer multimedia yang dibuat oleh Real Networks yang dapat menampung data Video dan Audio. Akhiran filenya adalah *.rm danbiasanya digunakan untuk menampilkan video online secara streaming

  10. 3GP

    3GP adalah video dengan teknologi dan kompresi tinggi seperti mpeg4, namum lebih khusukan untuk Handphone. Biasanya kualitas yang dihasilkan tidak begitu baik jika dijalankan dikomputer atau televisi, karena bitrate, resolusi, chanel audio yang rendah (mono) juga processor handphone yang jauh lebih lambat darikomputer PC.

  11. Matroska

    Matroska adalah format multimedia open source gratis dari rusia. Format ini sering digunakan untuk menyimpan data video kualitas HD (786) dan Full HD (1080) dengan kualitas yang sangat tinggi. Karena format ini open source maka format ini berkembang pesat dan dijuluki ‘format masa depan’. Matroska bukanlah video codec (seperti Cinepak atai Indeo) tetapi sebuah format penampung berbagai codec video seperti DivX, Xvid, RV9 dll fan codec audio seperti MP3, MP2, Ogg, AC3, AAC, DTS, PCM, juga dapat mengenal teks penterjemah atau subtitles (SRT, ASS, SSA, USF dll) dalam sebuah file. Untuk mainkan file MKV diperlukan software player multimedia khusus seperti GOM Player, KMPlayer dll. Dan kini sudah ada pula alat atau hardware yang dapat menjalankan format MKV tersebut.

Video Profile

Video Profile adalah media berupa tampilan audio visual yang digunakan untuk mengenalkan, menginformasikan dan mempromosikan suatu instansi, lembaga, atau perusahaan dengan tampilan yang lebih menarik kepada khalayak luas.

Menurut Wawan Kuswandi (2011 : 47)[5], Video profile adalah sebuah gambaran informasi tentang riwayat seseorangatau sebuah instansi perusahaan yang telah mencapai suatu pencapaian kesuksesan dalam hal produksi atau hasil karya yang telah dihasilkan dan diterima di kalangan masyarakat umum. Informasi tersebut disebarkan berbentuk audio visual atau video.

Menurut Fred Wibowo (2011 : 34-36)[6], Video profile perusahaan (corporate profile) merupakan video yang diproduksi untuk keperluan tertentu, misalnya memperkenalkan suatu perusahaan tertentu untuk disebarluaskan ke publik, selain itu sering dipakai sebagai sarana pendukung dalam suatu presentasi perusahaan atau kelompok tertentu.

Dilihat dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan video profil adalah sebuah tampilan audio visual yang memperkenalkan dan mengimformasikan tentang segala sesuatu dan keunggulan yang telah dimiliki sebuah instasi, perusahaan, atau perorangan untuk disebarkan kepada masyarakat dalam bentuk video.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Media berasal daribahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berati perantara atau pengantar. Jadidapat dipahami media adalah perantara atau pengantar dari pengirim ke penerima pesan.

Menurut Maimunah (2010 : 284)[7], Media adalah sarana untuk menyimpan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto.

Menurut Dewi Immaniar Desrianti (Dewi dkk, 2012)[8], Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi.

Media dapat disimpulkan sebagai sarana perantara yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim pesan kapada penerima pesan

Alternatif Media

a. Media Cetak

Yaitu media yang statis danmengutamakan pesan-pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalamtata warna maupun hitam putih. Jenis - jenis media cetak terdiri atas surat kabar, buku profil, majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.

b. Media Elektronik

Yaitu media dengan teknologidan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkanditengah-tengah film atau acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas :televisi dan radio.

c. Media Luar Ruangan (outdoor)

Yaitu media iklan (biasanyaberukuran besar) yang dipasang ditempattempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis,gedung, pagar tembok dan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi : billboard, baleho, poster, spanduk umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa dan lain-lain.

d. Media Lini Bawah

Yaitu media-media minor yangdigunakan untuk mengiklankan produk. Umumnya ada empat macam media yang digunakan dalam media lini bawah, yaitu : pameran, direct mail, point of purchase, merchandising schemes dan kalender.

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Informasi

Informasi adalah Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data item. Terdapat beberapa pengertian data menurut beberapa ahli, diantaranya :

Menurut Kumorotomo dan Margono (2010 : 11)[9], Data adalah fakta yang tidak sedang digunakan pada proses keputusan, biasanya dicatat dan di arsipkan tanpa maksud untuk segera diambil kembali untuk pengambilan keputusan

Menurut Sutarman (2012 : 14)[10], Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisasikan dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima

Dari poin-poin diatas mengenai data dapat disimpulkan bahwa data merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih bergunadan bermanfaat. Proses pengolahan data yang disebut siklus pengolahan data (Data Processing Cycle) terdiri dari tiga proses yaitu :

a. Tahapan Input

Dilakukan dengan pemasukandata ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).

b. Tahapan Process

Dilakukan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh data pemroses (process device) yang dapat berupa proses perhitungan, pengendalian, atau pencarian pada storage.

c. Tahapan Output

Dilakukan proses penghasilan output dari hasil pengolahan data ke alat output (outputdevice) yaitu berupa informasi.

Pengertian Data

Menurut Abdul Kadir (2010 : 29)[11], Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

Literature Review

Literature review adalah deskripsi hasil tinjauan pustaka yang dilakukan oleh peneliti (PesertaTA/Skripsi) terhadap hasil penelitian yang telah ada dan dilakukan oleh peneliti lain mengenai objek atau tema yang sejenis dengan topik yang hendak diteliti atau dibahas pada sebuah penelitian. Literature review merupakan landasan awal dan pendukung bagi penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti sehingga menghindari pengulangan membuat hal yang sama dan melakukan pengembangan ketingkat yang lebih tinggi dalam rangka menyempurnakan atau melengkapi hal penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Dari beberapa hasil tinjauan dari perpustakaan Raharja penulis mendapatkan beberapa Literature riview, di antaranya sebagai berikut :

  1. Penelitian yang dilakukan Utami, Putri (2010) STMIK Raharja. “PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFIL SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA JENJANG DIPLOMA III PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA”. Videoprofil berfungsi untuk menunjang kegiatan promosi dari bagian PemasaranPerguruan Tinggi Raharja diantaranya digunakan saat presentasi kesekolah-sekolah, kegiatan GCC tour, pengenalan jurusan dan konsentrasi dalamkegiatan PROSPEK (mahasiswa baru) dan kegiatan promosi lainnya. Pada akhirimplementasinya akan dibutuhkan output yang berupa hasil karya yang mencakupmultimedia, audio visual and broadcastingtersebut sebagai media yang dapat dipakai dalam mmempresentasikan keunggulanJurusan Teknik Informatika D3 pada Perguruan Tinggi Raharja itu sendiri,penerapan teknologi dalam bidang broadcastingdan sekaligus agar dapat menarik minat khalayak umum untuk mempelajariteknologi yang dipakai dalam dunia broadcastingpada Perguruan Tinggi Raharja.

  2. Penelitian yang dilakukan Purwoko (2011)STMIK Raharja. “PERANCANGAN MEDIAVIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI PADA SMA ISLAMIC CENTRE TANGERANG”. Penelitian yang dilakukan penulis berdasarkan hasilwawancara bahwa hingga saat ini media-mediasarana penunjang promosinya masih berupa: website, spanduk, banner & brosur, untuk kedepan dari pihaksekolahan menghendaki bentuk media yang dapat menampilkan tulisan, gambar dangerak (audio visual). Tujuan fungsional sebagai media penunjang promosi untukmenyampaikan pesan atau informasi kepada publik khususnya calon siswa siswibaru dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis yang menarik sepertiteks, gambar atau foto. Untuk memberi solusi dari permasalahan yang dihadapi SMA Islamic Centre Tangerang, agar dapat memberikan informasi tentang profil SMA Islmaic Centre Tangerang dengan lebih efektif dan efisien dan dapat meningkatkantarget pemasaran dalam menambah calon siswa siswi baru untuk bergabung di SMAIslamic Centre Tangerang.

  3. Penelitian yang dilakukan Devi Dina Maryanti (2012) STMIK Raharja.“PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI UNTUK MENINGKATKANMUTU DAN CITRA SMA NEGERI 6 TANGERANG”. Penelitian yang dilakukan penulis suatulembaga atau intitusi yang berkembang dengan pesat. Media Teknologi dan informasiyang terus berkembang yang direalisasikan melalui berbagai hal seperti koran,majalah dan lain-lain. Namun pada saat ini masyarakat gemar menerima informasimelalui media informasi yang berupa audiovisual. Dalam hal ini penyampaian informasi yang dilakukan oleh SMA Negeri6 Tangerang hanya menggunakan media cetak, seperti brosur, famplet, spanduk, bannerdan website sederhana. Tujuan daripenelitian ini yaitu untuk memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapipetugas penerimaan siswa baru dalam hal memberikan informasi kepada masyarakat.


BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

Gambaran Umum SMK BINA AM MA’MUR

SMK Bina Am Ma’Mur merupakan lembaga pendidikan yang berdiri pada tahun 2006, yang berfungsi sebagai unit pelaksana pendidikan jalur sekolah, secara garis besar memiliki tanggung jawab yaitu pelaksana pendidikan selama jangka waktu tertentu sesuai jenis dan sifat sekolah tersebut, melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kewajiban yang berlaku, melaksanakan bimbingan dan penyuluhan bagi siswa di sekolah, melaksanakan urusan Tata Usaha (TU), membina kerjasama dengan orang tua siswa, masyarakat dan instansi terkait melaksanakan Program Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, bertanggung jawab kepada Bupati melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Yayasan SMK Bina Am Ma’Mur memiliki tujuan di bidang Kejuruhan dan Sosial, Keagamaan dan Kemanusiaan.

Oleh karena itu dalam Anggaran Dasarnya SMK Bina Am Ma’Mur akan bergerak diberagam kegiatan lintas sektoral seperti sekolah, kursus, riset ilmiah, studi banding, syiar agama, sarana ibadah, panti asuhan, rumah sakit, donor kepada korban bencana, dan lain sebagainya.Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMK Bina Am Ma’Mur

merupakan salah satu ikhtiar Yayasan dalam berkiprah ditengah-tengah masyarakat.

Sejarah Singkat SMK Bina Am Ma’Mur

Bermula dari minat yang besar terhadap dunia pendidikan, sebagai investasi jangka panjang dalam membentuk kondisi masyarakat yang makmur dan di Ridhai Allah SWT, Pada tanggal 14 Januari 2006 Yayasan SMK Bina Am Ma’Mur didirikan oleh pasangan Suami Istri KH. Astama Ambun Sarkawi (77 th) dan Hj. Murtafi’ah bin H. Taham (70 th).

Perjuangan keduanya dalam bidang pendidikan mendapat dukungan penuh dari keluarga. Sembilan orang anak turut serta mepercepat dibuatnya payung hukum. Maka melalui Notaris Harsono SH keluarlah Akte Notaris No. 84 Tanggal 27 Januari 2007 yang mengesahkan berdirinya Yayasan SMK Bina Am Ma’Mur dengan komposisi sebagai berikut:

Yayasan SMK Bina Am Ma’Mur memiliki tujuan di bidang Sosial, Keagamaan dan Kemanusiaan. Oleh karena itu dalam Anggaran Dasarnya Bina Am Ma’mur akan bergerak diberagam kegiatan lintas sektoral seperti sekolah, kursus, riset ilmiah, studi banding, syiar agama, sarana ibadah, panti asuhan, rumah sakit, donor kepada korban bencana, dan lain sebagainya.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Am Ma’Mur merupakan salah satu ikhtiar Yayasan dalam berkiprah ditengah - tengah masyarakat.

a. Pengertian Nama

Secara bahasa (Etimologi), kata Am Ma’mur berasal dari nama pendirinya

Am singkatan dari "Ambun"

Ma singkatan dari "Astama"

Mur singkatan dari "Murtafiah"

Arti bahasa yang lain dapat juga berarti:

Bina berarti Membina, mendidik, menumbuh-kembangkan

Am berasal dari alimat tanya (dalam bahasa Arab) yang berarti “Apakah?”

Ma berarti Keutamaan

Ma’mur berarti Kemakmuran, Kesejahteraan

Berarti secara pengertian (epistimologi), Bina Am-Ma’mur berarti: Pertama, Kemakmuran sebagai cita-cita bersama yang mesti tercapai sebagai prasyarat tegaknya keadilan. Kedua, merupakan Do’a agar selalu diberikan kemakmuran oleh Allah SWT. Ketiga, sekaligus sebuah tantangan apakah kalian siap untuk memakmurkan umat, bangsa dan negara?

Tantangan ini menjadi spirit agar Yayasan ini dikelola dengan serius dan professional.

b. Mengapa SMK?

SMK berarti menjurus kepada keahlian. Bina Am Ma’Mur akan fokus pada Bidang Keahlian: Teknologi Informasi dan Komunikasi (Informatika) dengan jurusan atau program keahlian:

  1. Multimedia (MM)

  2. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

SMK Bina Am Ma’Mur akan berkonsentrasi pada program keahlian Multimedia. Tujuannya adalah: Siswa tamat belajar dengan mahir mengoperasikan program-program komputer sehingga dapat berkarir di dunia kerja atau dapat pula melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada program ahli Multimedia ini, siswa belajar dengan model klasikal dan tatap muka. Materi akan dikemas dalam bentuk teori dan praktek oleh tenaga pengajar yang berkualitas dan berstandar minimal Sarjana Strata 1 selama 3 tahun belajar (kelas I, II, dan III). 

Dan pada program ahli Teknik Komputer dan Jaringan, siswa dipersiapkan terampil dalam bidang teknisi komputer dan jaringan. Siswa dibekali kemampuan dasar dalam penguasaan perangkat keras, perangkat lunak, perakitan dan perbaikan komputer, dan penguasaan sistem jaringan komputer pada tingkat madya (LAN) oleh tenaga pengajar yang berkualitas dan ahli dalam bidangnya.

Ruang Lingkup Penyampaian Informasi

Ruang lingkup kegiatan Penyampaian Informasi SMK Bina Am Ma’Mur dilihat hanya dari segi Penyampaian Inforamasi secara manual ( mulut ke mulut ) pada SMK Bina Am Ma’Mur melalui staf-staf sekolah tersebut.

Struktur Organisasi

Pengorganisasian suatu sekolah tergantung pada jenis, tingkat dan sifat sekolah yang bersangkutan. Susunan organisasi sekolah tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang susunan dan tata kerja sekolah.

Dalam struktur organisasi sekolah terlihat adanya hubungan dan mekanisme kerja antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan pegawai tata usaha serta pihak lain di luar sekolah.

Koordinasi, integrasi dan sinkronisasi kegiatan-kegiatan pendidikan harus diselenggarakan oleh kepala sekolah untuk mencapai suatu tujuan. Agar kegiatan di SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang berjalan sesuai dengan program yang telah dibentuk, maka struktur organisasi kepengurusan sekolah sebagai berikut:

Capture_zps5f1a7b35.png

Gambar 3.1 Struktur Organisasi

Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

1. Visi Sekolah

Terwujudnya Sekolah Menengah Kejuruan yang unggul di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

2. Misi Sekolah

Membentuk insan jujur, cerdas, komunikatif, dan profesional di bidang Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan yang dilandasi oleh nilai-nilai keislaman dan

kebangsaan dengan indikator keunggulan di bidang :

a. Kedisiplinan (Discipline);

b. Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT)

c. Kewirausahaan (Entrepreneurship)

d. Lingkungan Hidup;

e. Seni Budaya (Art and Culture)

f. Olahraga (Sport)

g. Bahasa Asing (Foreign Language);

h. Keterserapan Lulus di Dunia Kerja

3. Tujuan Sekolah

"Dapat memberikan warna kehidupan yang cerah bagi masyarakat terutama dalam menjalankan kehidupan beragama, bermasyarakat, dan bernegara. Karena siswa SMK Bina Am Ma'Mur dibekali dengan ilmu pengetahuan yang canggih serta agama yang mendalam."

Kondisi masyarakat kita sekarang ini, terutama sekitar kita masih sangat memprihatinkan. Agamanya baru terbatas penganut saja, belum menjadi pengamal Agama. Namun lingkungan sekitar sekolah kita adalah Lingkungan yang relatif aman dan cukup strategis untuk pengembangan diri.

Ekonomi dan tingkat kesejahteraan masih dibawah rata-rata karena kurang ilmu pengetahuan. Orang tua menyekolahkan anaknya masih belum terarah dan memilih biaya murah sehingga anak ketika lepas sekolah belum bisa menentukan arah kehidupan, apalagi untuk mandiri.

Demikian pengantar ini dibuat sebagai awal perkenalan dengan SMK Bina Am Ma’Mur. Semoga para siswa-siswi SMK Bina Am Ma’Mur pada angkatan pertama dan selanjutnya akan menjadi para pelajar yang unggul dan menjadi contoh bagi pelajar-pelajar di Sekolah lain, menjadi panutan bagi masyarakat, dan menjadi kebanggaan orang tua.

Tugas Sekolah

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai Unit  Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan jalur sekolah, secara garis besar memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan di sekolah selama jangka waktu tertentu sesuai  dengan jenis, jenjang dan sifar sekolah tersebut.

  2. Pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

  3. Melaksanakan bimbingan dan koseling bagi siswa di sekolah.

  4. Membina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

  5. Melaksanakan urusan Tata Usaha (TU).

  6. Membina kerja sama dengan orang tua siswa, masyarakat dan instansi terkait.

Tugas Pengelola Sekolah

Di dalam berlangsungnya kegiatan sekolah maka unsur manusia merupakan unsur penting, karena kelancaran jalannya pelaksanaan program sekolah sangat ditentukan oleh manusia-manusia yang menjalankannya.

Untuk itu dalam bagian ini perlu dibahas secara lebih dalam mengenai tugas pengelola sekolah yang mencangkup komite sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah diantaranya urusan kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, humas (hubungan masyarakat), tanggung jawab guru, tanggung jawab wali kelas dan tata usaha sekolah. Karena bagaimana pun lengkap dan modernnya fasilitas yang berupa gedung, perlengkapan, alat kerja, metode-metode kerja dan dukungan masyarakat akan tetapi apabila manusia-manusia yang bertugas menjalankan program sekolah itu kurang berpartisipasi, maka akan sulit untuk mencapai tujuan pendidikan yang dikemukakan.

1. Komite Sekolah

Tugas-tugas komite sekolah :

a. Menyampaikan program sekolah dan rencana anggaran sekolah kepada orang tua siswa dengan cara memusyawarahkannya.

b. Koordinasi dengan instansi terkait.

c. Merencanakan pembangunan dan kegiatan sekolah.

2. Kepala Sekolah

Kepala sekolah selaku mempunyai tugas :

a. Menyusun perencanaan.

b. Mengorganisasikan kegiatan.

c. Mengarahkan kegiatan.

d. Mengkoordinasikan kegiatan.

e. Melaksanakan pengawasan.

f. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan.

g. Menentukan kebijaksanaan.

h. Mengadakan rapat.

i. Mengambil keputusan.

j. Mengatur proses belajar mengajar.

k. Mengatur administrasi, ketatausahaan, siswa, sarana dan prasarana, keuangan atau RAPBS.

l. Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.

3. Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum

Wakil kepala sekolah urusan kurikulum mempunyai tugas :

a. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan.

b. Menyusun dan menjabarkan tugas guru dan jadwal pelajaran.

c. Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester, program satuan pelajaran, persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum).

d. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.

e. Mengatur pelaksanaan program penilaian kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan, laporan kemajuan belajar siswa.

f. Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran.

g. Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.

h. Mengatur pembagian MGMP dan koordinator mata pelajaran.

i. Mengatur mutasi siswa.

j. Melakukan supervisi administrasi dan akademis.

k. Menyusun laporan.

4. Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan

Wakil kepala sekolah urusan kesiswaan mempunyai tugas :

a. Mengatur program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling.

b. Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan dan kerindangan).

c. Mengatur dan membina program kegiatan OSIS.

d. Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah.

e. Menyeleksi siswa untuk diusulkan beasiswa.

5. Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana

Wakil kepala sekolah urusan sarana prasarana mempunyai tugas :

a. Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar.

b. Merencanakan program pengadaannya.

c. Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana.

d. Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian.

e. Mengatur pembakuannya.

f. Menyusun laporan.

6. Kepala Tata Usaha

a. Mengatur dan mengembangkan Sistem Administrasi sekolah.

b. Mendata Semua Siswa.

c. Memberikan Pelayanan yang terbaik.

7. Tugas dan Tanggung Jawab Guru

Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.

Tugas dan tanggung jawab guru meliputi :

a. Membuat perangkat program pengajaran seperti: program tahunan atau semester, program satuan pelajaran.

b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran.

c. Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir.

d. Melaksanakan analisis hasil ulangan harian.

e. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.

f. Mengisi daftar nilai siswa.

g. Membuat alat pelajaran atau alat peraga.

h. Mengikuti kegiatan pengembangan dan permasyarakatan kurikulum.

i. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.

j. Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa.

k. Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran.

8. Tugas dan Tanggung Jawab Wali Kelas

Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

a. Pengelolaan kelas.

b. Penyelenggaraan administrasi kelas.

c. Penyusunan atau pembuatan statistik bulanan kelas.

d. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (legger).

e. Pembuatan catatan khusus tentang siswa.

f. Pencatatan mutasi siswa.

g. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar.

h. Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar.

9. Tugas Tata Usaha Sekolah

Tata usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan :

a. Penyusunan program kerja tata usaha.

b. Penyusunan administrasi ketenagaan dan siswa.

c. Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah.

d. Penyusunan dan penyajian data atau statistik sekolah.

e. Pengelolaan keuangan sekolah.

f. Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha dan guru.

g. Membuat buku induk siswa dan surat menyurat.

h. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala.

Produk Informasi

Produk

Produksi media didasarkan kepada kebutuhan stakeholder dalam rangka menerima siswa baru, adapun tujuan media video profile SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang, yang bertujuan untuk mengajak kepada masyarakat atau audience agar mau bergabung dengan SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang khususnya calon siswa baru. Adapun penggunaan media yang dirancang nantinya akan ditayangkan pada saat kunjungan ke SMP yang diadakan setiap tahunnya, selain itu setiap calon siswa baru diberikan kepingan CD atau DVD yang berisi video profile SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang.

Latar Belakang Produk

Media promosi yang dimiliki SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang saat ini masih kurang efektif, karena media informasi dan promosinya masih dalam bentuk media cetak dan website serta belum dapat menyampaikan informasi secara detail kepada masyarakat luas, untuk itu penulis membuat video profile sebagai alat penunjang promosi yang dapat dilihat masyarakat luas karena dalam penyampaiannya media audio visual terlihat menarik dan sangat mudah dicerna bagi siapapun yang melihatnya.

Perkembangan Produk

Dalam promosinya SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang dahulu hanya menggunakan media cetak saja, yang berupa brosur, spanduk, dan banner. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan jaman, kemudian mereka menggunakan website sebagai media promosinya.

Didalam perkembangannya media audio visual sekarang ini sangatlah di butuhkan, terutama bagi perusahaan atau instansi yang memang ingin bersaing dengan para kompetitornya. Media audio visual berupa promosi sangat berkembang pesat dimana setiap perusahaan dan instansi-instansi mulai menggunakan media audio visual sebagai media promosi yang bertujuan agar produk, jasa, dan informasinya dapat diterima oleh konsumen dengan baik.

Material Produk

Dalam karyanya penulis menggunakan material produk berupa Media Video 'Audio Visual yang didalamnya terdapat media sebagai berikut :

tabelmaterialproduksi_zps7a0472f9.png

Spesifikasi Produk

Perancangan media audio visual berupa video profil ini berdurasi 10-15 menit diberikan kepada SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang sebagai alat penunjang promosi kepada khalayak umum. Didalam proses pembuatannya terdapat manfaat, kelebihan, dan kekuranganya.

a. Manfaat

  1. Dapat menarik siswa-siswi untuk bergabung SMK Bina Am Ma’mur

  2. Memperoleh kemitraan dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama)

  3. Dikenal masyarakat luas

b. Kelebihan

  1. Menghemat waktu dalam proses penyamapaian informasi dan promosi

  2. Tidak lekang dimakan waktu

  3. Mudah dimengerti oleh konsumen

c. Kekurangan

  1. Biaya produksi tidak murah

  2. Proses promosi yang membutuhkan biaya besar

  3. Proses produksi yang cukup lama

Harga Produk

Pembuatan video profileini membutuhkan biaya yang cukup besar, di dalam proses pembuatannya di butuhkan sutradara, asisten sutradara, cameramen, lightingman, cableman, dan beberapa kru pembantu serta pemain yang memerankan video profile tersebut.

Market Analisis

Market analisis adalah investigasi terdokumentasi dari pasar yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan perencanaan perusahaan atau instansi terutama sekitar keputusan persediaan, pembelian, perluasan tenaga kerja atau kontraksi, fasilitas, pembelian peralatan modal, kegiatan promosi, dan banyak aspek lain dari perusahaan atau instansi. Didalam market analisis terdapat dua aspek yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan atau instansi.

Market Positioning

Positioning merupakan penempatan pesan dibenak audience. Pada celah mana suatu image atau citra ”pesan” mengenai produk, jasa, ide atau gagasan akan diposisikan di dalam benak konsumen, relatif terhadap penawaran pesaingnya.

Sebelum merencanakan program pemasaran, SMK Bina Am Ma’Mur mengidentifikasi siapa konsumen sasarannya dan bagaimana proses keputusannya. Melalui analisis pasar perlu diidentifikasi peran setiap orang dalam pengambilan keputusan, hal ini sangat penting karena mempunyai implikasi dalam merancang media, menentukan pesan-pesan komunikasi, dan mengalokasikan anggaran promosi. Sehingga, SMK Bina Am Ma’Mur dapat memilih, mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep Green Schole yang dipilih.

Dalam target marketing SMK Bina Am Ma’Mur menentukan segmentasi pasar yaitu mengidentifikasi dan membentuk kelompok konsumen (calon siswa baru, relasi, masyarakat) yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan pola pemasaran tersendiri, kemudian memilih satu atau lebih segmen yang dianggap paling potensial dan menguntungkan serta mengembangkan program pemasaran yang dirancang khusus untuk segmen-segmen yang dipilih tersebut, yaitu dengan melakukan presentasi, pemberian open house.

Kondisi Kompetitor

Saat ini kondisi pesaing SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang begitu banyak, namun ada segelintir instansi pendidikan yang kurang begitu professional dalam pembuatan media promosi, dan sangat jauh tertinggal dari segi kualitas dan kuantitas dari apa yang di miliki oleh SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang. Walaupun dari segi harga mereka masih sangat terjangkau.

Untitled-2_zpsee614fc7.png

Potensial Market

Pada dasarnya informasi yang di berikan SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang terfokus kepada calon siswa - siswi yang ingin bergabung di lembaga pendidikan SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang.

Media informasi berupa video profil interaktif tentang SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang ditujukan bagi calon siswa-siswi yang ingin mendapatkan pendidikan yang berkualitas serta mendapatkan fasilitas yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau. Khususnya dalam hal ini sasaran adalah calon siswa-siswi dari kalangan menegah yang tinggal di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.

Market Segmentation

aa_zps1d633bcb.png

as_zpsa3058aff.png

Marketing Objective (Tujuan Pemasaran)

Pemberian promosi dalam bentuk media video profile ini diharapkan dapat membuat calon siswa-siswi dapat bergabung setelah mentuntaskan pendidikannya ditingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Statistik perkembangan jumlah murid baru dalam 3 tahun terakhir pada SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang yaitu pada tahun ajaran 2010-2011 dapat menjaring sebanyak 33 siswa baru, tahun ajaran 2011-2012 dapat menjaring sebanyak 28 siswa baru, tahun ajaran 2012-2013 dapat menjaring sebanyak 60 siswa baru. SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang menargetkan sekiranya dapat menjaring 105 siswa baru pada tahun ajaran baru, meningkat 75% dari tahun sebelumnya yang hanya mampu menjaring 60 siswa, oleh sebab itu video profile ini dibuat secara interaktif  dan semenarik mungkin agar dapat memberikan informasi secara jelas dan bisa di terima oleh calon siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) maupun siswa-siswi pindahan yang ingin melanjutkan pendidikannya di SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang dan masyarakat yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang

Marketing Strategi (Strategi Pemasaran)

Promosi yang di lakukan saat ini baru sebatas membagikan brosur, memasang spanduk dan banner disetiap acara internal yang setiap tahunnya diadakan oleh SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang dan memberikan brosur pada saat mendatangi beberapa SMP yang dilakukan setiap pembagian buku raport semester genap. Sehingga tidak dapat menjelaskan instansi tersebut secara detail, maka dari itu dengan adanya media video profile sebagai penunjang promosi diharapkan SMK Bina Am Ma’Mur Kabupaten Tangerang mendapatkan pendapatan yang lebih bagus dari sebelumnya dan pangsa pasar meningkat 75% dari sebelummya.

Budget' Produksi Media

biayaproduksi_zps36b21323.png

Capture_zpsd42e5c81.png


Konfigurasi Hadware

Perangkat Keras Yang Dibutuhkan

Perancangan video profil tersebut menggunakan 1 unit Komputer Komputer dengan spesifikasi sebagai berikut :

spek_zps5701b15e.png

Software Yang Digunakan

Dalam konsep media informasi dan promosi tersebut, penulis menggunakan software :

a. Adobe Premier Pro Cs3.

b. Adobe After Effect Cs3.

c. Adobe Illustrator Cs3.

d. Adobe Photoshop Cs3.

BAB IV

HASIL PENELITIAN

Rancangan Sistem Usulan

Prosedur Sistem Usulan

Use Case Diagram Sistem Yang Diusulkan

Activity Diagram Yang Diusulkan

Sequence Diagram Yang Diusulkan

Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Rancangan Basis Data

Normalisasi

Spesifikasi Basis Data

Flowchart System yang diusulkan

Rancangan Program

Rancangan Prototipe

Konfigurasi Sistem Usulan

Spesifikasi Hardware

Aplikasi Yang Digunakan

Hak Akses

Testing

Evaluasi

Implementasi

Schedule

Penerapan

Estimasi Biaya

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah

Kesimpulan Terhadap Tujuan dan Manfaat Penelitian

Kesimpulan terhadap metode penelitian

Saran

Kesan

DAFTAR PUSTAKA

  1. 1,0 1,1 1,2 Hendratman, Hendi. 2010. “Tips and Trix Komputer Graphics Design”. Bandung: Andi Offset
  2. 2,0 2,1 2,2 Binanto,Iwan. 2010. “Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pengembangannya)”.Yogyakarta: Andi Offset
  3. Ayuningtyas, Melvy. 2011. “Ngedit Video Dengan Adobe Premiere CS3”. jakarta: Dunia Komputer
  4. Hendratman, Hendi. 2012. “The magic of Adobe Premier Pro”. Bandung: Andi Offset
  5. Kuswandi, Wawan. 2011. “Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi"jakarta: Rineka Cipta
  6. Wibobo, Fred. 2011. “Teknik Produksi Program Televisi"Yogyakarta: Pinus
  7. Maimunah. 2010. “Jurnal CCIT"Tangerang:Cipta
  8. Desrianti, Immaniar, Dewi. 2012. “Jurnal CCIT"Tangerang:Cipta
  9. Kumorotomo dan Margono. 2010.“Perancangan Istem Informasi"Jakarta:Cipta
  10. Sutarman. 2012.“Perancangan Istem Informasi"Jakarta:Cipta
  11. Kadir, abdul. 2010.“Pengenalan Sistem Informasi"Yogyakarta: Andi Offset

Contributors

Admin, Alfa