Literature review

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

A. Apa itu Literatur Review?

Menurut sumber yang diambil dari presentasi Bapak Yudi Agusta, PhD tahun 2007 mengenai Metode Penelitian : “Literature Review is a critical analysis of the research conducted on a particular topic or question in the field of science” yang artinya Literature Review merupakan analisa kritis dari penelitian yang sedang dilakukan terhadap topik khusus atau berupa pertanyaan terhadap suatu bagian dari keilmuan. Literature Review membantu kita dalam menysusun kerangka berfikir yang sesuai dengan teori, temuan, maupun hasil penelitian sebelumnya dalam menyelesaikan rumusan masalah pada penelitian yang kita buat.

Menurut Hasibuan [1], Literatur review berisi uraian tentang teori, temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian. Uraian dalam literatur review ini diarahkan untuk menyusun kerangka pemikiran yang jelas tentang pemecahan masalah yang sudah diuraikan dalam sebelumnya pada perumusan masalah. Literatur review berisi ulasan, rangkuman, dan pemikiran penulis tentang beberapa sumber pustaka (dapat berupa artikel, buku, slide, informasi dari internet, dan lain-lain) tentang topik yang dibahas, dan biasanya ditempatkan pada bab awal. Hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain dapat juga dimasukkan sebagai pembanding dari hasil penelitian yang akan dicobakan disini. Semua pernyataan dan/atau hasil penelitian yang bukan berasal dari penulis harus disebutkan sumbernya, dan tatacara mengacu sumber pustaka mengikuti kaidah yang ditetapkan. Suatu literatur review yang baik haruslah bersifat relevan, mutakhir (tiga tahun terakhir), dan memadai.

B. Mengapa melakukan literatur review?

Tujuan melakukan literatur review adalah untuk mendapatkan landasan teori yang bisa mendukung pemecahan masalah yang sedang diteliti. Teori yang didapatkan merupakan langkah awal agar peneliti dapat lebih memahami permasalahan yang sedang diteliti dengan benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah. Tujuan lain dari literatur review ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang berkenaan dengan apa yang sudah pernah dikerjakan orang lain sebelumnya.

C. Langkah-langkah dalam literatur review?

Dalam membuat sebuah literatur review, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu :

1. Formulasi permasalahan
Penulis memilih topic yang sesuai dan menarik. Selain itu, permasalahan yang diangkat harus ditulis dengan lengkap dan tepat.
2. Mencari literatur
Literature yag dicari harus relevan dengan penelitian. Sehingga membantu kita untuk mendapatkan gambaran (overview) dari suatu topic penelitian. Sumber-sumber penelitian tersebut akan sangat membantu bila didukung dengan pengetahuan tentang topik yang akan dikaji. Karena sumber-sumber tersebut akan memberikan berbagai macam gambaran tentang ringkasan dari beberapa penelitian terdahulu.
3. Evaluasi data
Melihat dari literature yang ada, apa saja yang menjadi kontribusi tentang topik yang dibahas. Penulis harus mencari dan menemukan sumber data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Data bisa berupa data kualitatif, data kuantitatif maupun kombinasi dari keduanya.
4. Menganalisis dan Menginterpretasikan
Mendiskusikan dan meringkas literature yang sudah ada.

D. Bagaimana melakukan tekhnik literatur review?

Untuk merivew sebuah literatur kita bisa melakukannya dengan beberapa cara, antara

lain:

a) Mencari kesamaan (Compare)

b) Mencari ketidaksamaan (Contrast)

c) Memberikan pandangan (Criticize)

d) Membandingkan (Synthesize)

e) Meringkas (Summarize)

E. Bagaimana mencari sumber-sumber literatur review?

Dalam melakukan literature review, ada banyak sumber yang bisa kita gunakan. Sumber-sumber tersebut, antara lain :

Paper yang dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional baik dari pihak pemerintah, perguruan tinggi maupun swasta.

Tesis merupakan penulisan ilmiah yang sifatnya mendalam dan mengungkapkan suatu pengetahuan baru yang diperoleh melalui penelitian. Tesis biasanya ditulis oleh mahasiswa pasacasarjana (S2) yang ingin mengambil gelar master.

Disertasi merupakan penulisan ilmiah tingkat tinggi yang biasanya ditulis untuk mendapatkan gelar doktor falasafah (Ph.D). disertasi berisi fakta berupa penemuan dari penulis itu sendiri berdasarkan metode dan analisis yang dapat dipertahankan kebenerannya.

Jurnal maupun hasil-hasil konferensi. Jurnal biasanya digunakan sebagai bahan sitiran utama dalam penelitian karena jurnal memuat suatu informasi baru yang bersifat spesifik dan terfokus pada pemecahan masalah pada suatu topic penelitian.

Bagaimana menulis acuan dan daftar pustaka?

Cara penulisan daftar pustaka sebagai berikut:

Tulis nama pengarang (nama pengarang bagian belakang ditulis terlebih dahulu, baru nama depan)

Tulislah tahun terbit buku. Setelah tahun terbit diberi tanda titik (.)

Tulislah judul buku (dengan diberi garis bawah atau cetak miring). Setelah judul buku diberi tanda titik (.).

Tulislah kota terbit dan nama penerbitnya. Diantara kedua bagian itu diberi tanda titik dua (:). Setelah nama penerbit diberi tanda titik.

Apabila digunakan dua sumber pustaka atau lebih yang sama pengarangnya, maka sumber dirulis dari buku yang lebih dahulu terbit, baru buku yang terbit kemudian. Di antara kedua sumber pustaka itu dibutuhkan tanda garis panjang.

Contoh penulisan daftar pustaka menurut sumber yang dipakai :

Buku

Contoh 1 Buku edisi pertama :

D. Sarunyagate, Lasers, New York: McGraw Hill, 1996.

Contoh 2 Buku edisi ketiga dan mengutip halaman 126 sampai dengan 230 :

V.Hill, The Structure of Metals, 3rd ed., Oxford: Pergamon Press, 1998,pp

126-230

Contoh 3 Buku yang ditulis oleh institusi atau asosiasi :

Austroads, Rural Road Design: Guide to the Geometric Design of Rural Roads, Sdyney: Austroads, 1999.

2. Paper Jurnal

K.P Dabke and K. M. Thomas, “Expert system guidance for library user,” Library Hi tech,vol. 10, (1-2), pp. 53-60, 1992.

3. Paper dari Konperensi, Seminar dan Simposium

Cookson and B. O. Pedersen, “Thermal measurements in a 1200kV gasinsulated transmission line,” in Seventh IEEE Power Engineering Society Transmission and Distribution Conference and Exposition, 1979, pp. 163-167.

4. Tesis atau Disertasi

S.Birch,”Dolpin-human interaction effects:frequency mediated psychophysiological responses in biological systems,” doctoral dissertation, Dept. Electrical and Computer Systems Engineering, Monash University, Victoria,Australia,1997.

5. Website

Contoh 1 website pemerintah kabupaten Cianjur (tidak mengacu pada halaman tertentu di website tersebut :

Pemerintah Kabupaten Cianjur. (undated). [Online]. Viewed 2011 September 30. Available: http://www.cianjurkab.go.id

Contoh 2 halaman tertentu dari website wikipedia :

Wikipedia. (undated). Sistem Diteksi Intrusi. [Online]. Viewed 2011 September 21. Available: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem deteksi intrusi

6. Buku Online

J.Jones. (1991). Networks. (2nd ed) [Online]. Available: http://www.atm.com

7. Buku Jurnal Online

A. Ansari. (1999, Dec.). Langevin modes of analysis of myoglobin.Journal of Chemical Physics. [Online]. 110 (3), pp 210 – 234.


Referensi :

  1. Hasibuan, Zainal A. 2007. Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi:Konsep, Teknik, Dan Aplikasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.