Internet dan E-commerce (PL701)

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

BAB I

PENDAHULUAN

Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara ataupenghubung. Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai jaringanyang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehinggamereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masingjaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.Sementara jaringanlokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), INTERNETmengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yangsama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yangmenyebabkan besarnya dimensi INTERNET.Dengan demikian, definisi INTERNET ialah“jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antarjaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jeniskomputernya.Kesimpulan:
·Definisi INTERNET : Internet merupakanhubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbedasistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkankemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokolstandar dalam berkomunikasi yaitu protocol TCP/IP.·Fungsi : Internet merupakanmedia komunikasi dan informasi modern.Pengertian intranet
Jadidibilang “internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satudengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidakseluas dan seberagam di internet. selain itu Intranet juga dapat di artikansebagai Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulaidiperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LANyang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkanberInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internetsehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranetlainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.
Keuntunganmenggunakan Internet dan Intranet saat ini banyak sekali sampai saya gak bisanuliskan satu-persatu. Contohnya adalah yang sedang Anda lakukan saat ini yaitumencari informasi, mendapatkan informasi, bertukar informasi lewatInternet.
E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkanpenjualan barang dan jasa melalui Internet. Dalam pengertian yang paling umum,hanya menciptakan situs Web yang mengiklankan dan mempromosikan produk anda dapatdianggap “e-commerce.” dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun e-commercetelah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis e-commerce sekarang menawarkan tokoonline yang rumit di mana pelanggan dapat mengakses ribuan produk, pemesanan,pilih metode pengiriman yang diinginkan dan membayar untuk pembelianmenggunakan kartu kredit mereka.
Apa yang anda butuhkan untuk memulaitoko online anda sendiri tergantung pada sejumlah faktor, seperti bagaimanaanda ingin menangani transaksi dan jenis keamanan apa yang ingin anda berikan.Sebagai contoh jika anda tidak perlu menerima kartu kredit atau prosestransaksi secara online yang anda butuhkan hanyalah sebuah situs Web yangmendaftarkan produk anda. Menyediakan semacam formulir pemesanan dan daftaralamat di mana pelanggan anda harus mengirimkan pembayaran mereka.


SILABUS

TUJUAN

sebagai media yang diperuntukan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan yang diberikan oleh dosen.


BAB II

LANDASAN TEORI

SATUAN ACARA PENGAJARAN

Kode  : PL701A

Mata Kuliah  : Internet dan e-commerce

Beban Kredit  : SKS

Jenjang  : S1

Jurusan  : SI/TI/MI

Waktu Tatap Muka  : 2 X 50 Menit

Waktu Tugas Mandiri : 2 ( 2 X 50 Menit )

Metode Kuliah  : Tatap muka,Tugas,Presentasi

Alat  : RME, Multimedia Projector, Komputer dan Whiteboard

Evaluasi  : Kehadiran, Tugas, UTS, UAS

Dosen  :

TIU  : Mahasiswa dapat memahami jenis-jenis komputer, sistem kerja komputer, perangkat komputer, arus informasi menggunakan komputer, informasi dalam dunia maya perkembangan hardware dan software terkini, serta prospek pengembangan komputer di masa mendatang.

TIK  : Mahasiswa dapat memahami jenis-jenis komputer, sistem kerja komputer, perangkat komputer, arus informasi menggunakan komputer, informasi dalam dunia maya perkembangan hardware dan software terkini, serta prospek pengembangan komputer di masa mendatang.


DAFTAR PUSTAKA

?Sumber Utama :


BAB III

PEMBAHASAN MATERI

Materi Internet dan e-commerce

PERTEMUAN 1

1. PL701A

PL701A

Contributors

Admin, Yessi Frecilia