ISur

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari




iSur merupakan kepanjangan dari iLearning Survey. Sedangkan pengertian dari iLearning Survey merupakan sistem yang sudah terintegrasi secara online untuk melakukan suatu penilaian terhadap sesuatu.

Awalnya untuk melakukan survey atau penilaian terhadap sesuatu, misalnya kinerja dosen yang harus diisi mahasiswa setiap akhir semester, kita menggunakan kertas yang dibagikan petugas dan menulisnya dengan tangan. Zaman sekarang sudah canggih, semua sudah bersifat online tidak lagi yang namanya manual.

Perguruan Tinggi Raharja, telah menerapkan sistem pembelajaran iLearning dengan metode pembelajaran 4B (Belajar, Bermain, Berdoa, Bekerja) dengan hanya satu device yang bernama iPad. Semua sudah bersifat online, mengumpulkan dan mengerjakan tugas, social media, dan untuk mengisi survey pun sudah online dengan menggunakan iSur atau iLearning Survey.

Berikut 10 Advantages of iSur :

1. Faster (Lebih Cepat) Rentang waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah kegiatan menggunakan iSur adalah rata-rata dua pertiga lebih pendek dari penggunaan survey secara manual.

2. Cheaper (Lebih Murah) Menggunakan iSur dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan. Tidak perlu lagi melakukan pencetakan dan penggandaan survey atau kuesioner untuk disebarkan dan diisi oleh responden, dan tidak perlu mengalokasikan bagian dari staf untuk memasukkan informasi atau hasil survey ke dalam database.

3. More Accurate (Lebih Akurat) kesalahan yang terjadi apabila menggunakan iSur akan lebih kecil, karena responden men-submit respon mereka langsung ke dalam sistem. Survey yang masih manual atau tradisional bergantung pada ketelitian staf untuk memasukkan semua rincian hasil survey dengan benar.

4. Quick to Analyse (Cepat untuk Dianalisa) Hasil survey menggunakan iSur siap untuk dianalisis setiap saat. Data dapat disajikan dalam grafik atau table.<p> <p align="justify">5. Easy to Use for Participants (Mudah Digunakan oleh Responden) Dengan iSur responden dapat memilih waktu yang sesuai dengan mereka, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan survey jauh lebih pendek.

6. Easy to Use for Researchers (Mudah Digunakan oleh Peneliti) Data tersebut langsung tersedia dan dengan mudah dapat ditransfer ke perangkat lunak statistik khusus atau spreadsheet ketika analisis yang lebih rinci diperlukan.

7. Easy to Style (Mudah untuk Gaya) Dengan menggunakan iSur, survey yang dibuat dapat di-design sesuai keinginan. Dapat memilih warna dan menganti-ganti tema sesuai kebutuhan.

8. More Honest (Lebih Jujur) survey yang sudah berbasis online dan responden dapat mengisi survey dimanapun dan kapanpun, sehingga dalam mengisi survey responden jadi dapat memberikan jawaban yang lebih panjang dan lebih rinci.

9. More Selective (Lebih Selektif) responden yang akan dikirimi survey dan memungkinkan hanya mereka yang cocok dengan profil target yang ditentukan untuk menyelesaikan survey.

10. More Flexible (Lebih Fleksibel) survey menggunakan iSur dapat diubah, atau pertanyaan dapat dilewati sama sekali, tergantung pada jawaban pertanyaan sebelumnya.