ILearning

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

iLearning (Integrated Learning) berasal dari pemikiran perkembangan Teknologi iPad di Perguruan Tinggi Raharja, Belajar, Bermain, Berdoa dan Bekerja. Perkembangan secara efisien, praktis dan menyenangkan sehingga membuat mahasiswa/i menjadi lebih attractive dan semangat dalam belajar dengan didukung teknologi yang mempermudah jangkauan mahasiswa/i dalam melakukan interaksi. Dengan demikian, pengertian terhadap keempat unsur-unsur pokok ini akan sangat membantu dalam memahami iLearning. Istilah iLearning mengandung pengertian bahwa:

“Merupakan suatu metode sistem pembelajaran yang sedang disiapkan oleh Perguruan Tinggi Raharja dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada seluruh mahasiswa/i dalam bentuk service excellence sebagai kampus unggulan”.

Perguruan Tinggi Raharja dalam mengembangkan konsep proses pembelajaran berbasis multimedia secara online yang dikemas secara entertainment, sehingga menghadirkan konsep Interactive Education Learning yang menyentuh dalam proses belajar mengajar kepada seluruh civitas akademika dan secara terus menerus melakukan perbaikan (continues improvement) menuju kesempurnaan dalam materi bahan ajar yang selalu berkembang seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi.

iLearning untuk menciptakan lulusan yang berakhlak mulia, unggulan dan mampu menciptakan blue ocean di era global citizen, Perguruan Tinggi Raharja telah menciptakandan menerapkan teknologi iLearning dalam proses pembelajaran bagi seluruh Pribadi Raharja. Dengan teknologi iLearning tersebut, proses pembelajaran di Perguruan Tinggi Raharja dapat dilaksanakan dengan menggunakan iPad, smart phone, mobile computing dan gadget lainnya yang mendukung cara kerja mobile communication dan edutainment.


Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang sedang dipersiapkan pada Perguruan Tinggi Raharja, untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Metode iLearning di Perguruan Tinggi Raharja menggunakan media iPad.

iPad ini adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi – fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.

Metode pembelajaran di STMIK Raharja khusus untuk mahasiswa iLearning menggunakan iBooks. iBooks adalah cara yang mengabungkan untuk men-download dan membaca buku. iBooks termasuk iBookstore, dimana Anda dapat men-download terlaris terbaru buku atau klasik favorit Anda – siang atau malam hari. Jelajahi perpustakaan Anda di rak buku yang indah, tekan sebuah buku untuk membukanya, dapat membolak-balik halaman.


ROBO

Dengan bergabung di Raharja mengambil konsentrasi Unggulan, bukan lagi sekedar Perguruan Tinggi yang meluluskan mahasiswa dengan bekal ilmu yang sama. Ada 3 keunggulan utama di Perguruan Tinggi Raharja dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain.

  1. Lulusan Raharja selain mendapatkan ijazah, daftarnilai, juga akan mendapatkan sertifikasi internasional berkat kerjasama Perguruan Tinggi Raharja dengan lembaga internasional informatics. Ingat yang tdinya disebut lautan merah dan lautan biru. Dengan adanya sertifikasi internasional, pribdai raharja menempatkan diri pada lautan biru.
  2. Mahasiswa juga mendapatkan sertifikat dan daftar nilai IMM. ini mengukur EQ dan kemampuan soft skill dari seseorang, sehingga secara pasti membedakan Pribadai Raharja dengan lulusan dari Perguruan Tinggi ynag lain Blue Ocean.
  3. Berkat kerjasama dan sponsor dari Apple, setiap mahasiswa Raharja difasilitasi 1 unit iPad. Suatu program belajar mutakhir yang dikembangkan dari Amerika, dengan tujuan agar pembelajaran dapat sepenuhnya dinikmati,diserap dan dengan mudah dikuasai oleh Pribadi Raharja.

Lagi lagi, dengan mengikuti pembelajaran iLearning,Pribadi Raharja menempatkan diri diLautan Biru.

Referensi dari Brousur Perguruan Tinggi Raharja

Referensi

  1. iRan : Apa itu iLearning?
  2. iRan : Metode Pembelajaran iLearning Raharja
  3. Brosur Perguruan Tinggi Raharja

Contributors

Kiki Amalia