Favicon ROOSTER

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

Favicon adalah singkatan dari favourite icon yang berarti gambar favorit. Favicon adalah sebuah istilah yang muncul di dunia website, yang ditujukan sebagai sebuah ikon logo yang mewakili website yang bersangkutan. Pada dasarnya favicon adalah logo dari sebuah website, hanya saja penempatannya adalah seperti gambar dibawah ini :

Favicoon.jpg

Gambar yang dilingkari merah itulah yang disebut dengan favicon. Di lapangan ternyata masih banyak website yang tidak memiliki favicon. Favicon ROOSTER mempunyai tujuan agar pengguna dapat mudah membedakan ROOSTER diantara tab yang banyak dalam sebuah browser. Selain itu pengguna dapat dengan mudah mengingat ROOSTER berdasarkan logo favicon yang menjadi ciri khasnya. Favicon ini tersimpan dalam menu riwayat atau history pada browser sehingga ini pun makin memudahkan penggunanya untuk membuka kembali ROOSTER yang pernah dibuka.

Cara untuk membuat favicon langkah yang pertama yaitu dengan mengenerate gambar atau logo yang ingin kita jadikan sebagai favicon. Saya menggunakan Favicon Generator yang sudah ada di internet, dengan mengupload terlebih dahulu logo yang ingin kita jadikan favicon yang kemudian akan dicrop menjadi sebuah favourite icon (Favicon). Setelah berhasil digenerate kemudian download favicon yang sudah jadi tersebut. Selanjutnya upload favicon tersebut dengan menggunakan tool FileZilla.Langkah selanjutnya ambil nama file favicon yang sudah di upload sebelumnya di FileZilla untuk disisipkan ke dalam kodingan atau dipanggil favicon tersebut agar muncul pada tampilan web.

Sisipkan kodingan untuk memanggil favicon pada file header.inc.php. Pada ROOSTER terdapat 2 file dengan nama header.inc.php, sehingga pada kedua file tersebut disisipkan kodingan berikut ini :

<link rel=”shortcut icon” href=”/images/icons/favicon.ico”/>

Lalu pada file header.inc.php yang kedua juga disisipkan kodingannya, hanya sedikit berbeda seperti berikut :

<link rel=”icon” href=”/images/icons/favicon.ico”/>

Walaupun berbeda tetapi pada dasarnya kedua kodingan tersebut sama saja fungsinya, yaitu untuk menampilkan favicon pada tab browser. Simpan dan upload kembali dengan menggunakan filezilla.

Contributors

Yessi Frecilia