4B iLearning

Dari Widuri
Lompat ke: navigasi, cari

iLearning berkaitan dengan segala aspek kehidupan, diantaranya belajar, bermain, bekerja, dan berdoa. Keempat hal itu tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita ini. Metode ini merupakan terobosan baru yang menyatukan antara belajar, bermain, bekerja, dan berdoa sehingga realisasi pembelajarannya menyatu dengan segala aspek kehidupan. Semuanya dikemas secara simpel untuk memudahkan mahasiswa mengembangkan kreatifitas dan berfikir kritis.

iLearning berkaitan dengan 4B, yaitu Belajar, Bermain, Bekerja dan Berdoa. Dengan dukungan iPad semua unsur itu dapat dijangkau dengan satu sentuhan jari. Berikut ini adalah penjelasan mengenai belajar, bermain, bekerja, dan berdoa.

Berikut ini akan dijelaskan secara rinci mengenai belajar, bermain, bekerja, dan berdoa yang merupakan bagian dari metode iLearning :
1. Belajar
Menurut James O. Whittaker (1999) belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
Menurut J. B Watson (2002)belajar adalah suatu proses dari conditioning reflect (respons) melalui pergantian darisuatu stimulus kepada yang lain.
Menurut Cronbach (1954) belajar dapat dilakukan dengan baik dengan jalan mengalami.
2. Bermain
Menurut As’adi Muhammad (2009 : 26) bermain adalah kegiatan yang tidak memiliki suatu peraturan lain kecuali yang ditetapkan pemain, dan seseorang yang melakukan kegiatan bersenang-senang.
3. Bekerja
Bekerja adalah suatu keharusan untuk mencukupi kebutuhan hidup, melayani dengan etos kerja dan profesional.
4. Berdoa
Berdoa adalah otak dari ibadah, bentuk pelayanan terhadap sang Pencipta yang merupakan kebutuhan setiap manusia di muka bumi ini. Berrdoa dapat menyadarkan akan kedudukan kita di dunia ini. Kita sadar bahwa kita hanyalah hamba dari Tuhan yang Maha Segalanya.

Aktifitas ilearning.jpg

Di dalam aplikasi iPad terdapat aplikasi-aplikasi yang mendukung belajar, bermain, berdoa, maupun bekerja. Aplikasi pada iPad yang menunjang belajar yaitu iBooks, keynote, Number, dan Quiz Creator. Aplikasi yang menunjang bermain yaitu Facebook, Game, Garage, Twitter. Sedangkan untuk berdoa dapat menggunakan aplikasi Bible Digital, World of the Budha, Pengingat Adzan dan Al-Qur’an Digital. Dan aplikasi penunjang untuk bekerja diantaranya Pages, Fring, Qr Code reader, dan Penultimate.