TI1121465571

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

PADA DESIGN PROMOSI DI

PT.INDOGPS


Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :



NAMA
: JOKO ERWANTO
NIM
: 1121465571



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI Multimedia Audio Video dan Broadcasting

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014)


 



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA DESIGN PROMOSI

DI PT.INDOGPS

Disusun Oleh :

NIM
: 1121465571
Nama
: JOKO ERWANTO
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: TEKNIK INFORMATIKA
Konsentrasi
: Multimedia Audio Video dan Broadcasting

   


Disahkan Oleh :

Tangerang, Juni 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK Raharja,
       
Jurusan Teknik Informatika,
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP :




LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA DESIGN PROMOSI

DI PT.INDOGPS


Disusun Oleh :

NIM
: 1121465571
Nama
: Joko Erwanto

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Video dan Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Oleh :


Tangerang, Juni 2014

Pembimbing
   
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat,S.I.Kom)
   
NID : 12002
   



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1121465571
Nama
: Joko Erwanto
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Video dan Broadcasting

   


Menyatakan bahwa Laporan Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang,........... 2014

 
 
 
( Joko Erwanto )
NIM : 1121465571

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;





ABSTRAKSI


Perkembangan dan penggunaan teknologi komputer saat ini bukan hal yang asing bagi dunia pendidikan. Karena dalam dunia, pendidikan komputer merupakan kunci yang sangat penting dalam menunjang majunya dunia pendidikan, sehingga dapat memperlancar tugas atau kegiatan instansi yang terkait dalam dunia kerja. Penggunaan komputer sangat penting dalam memperlancar atau mempermudah dalam proses pembuatan aplikasi, pembuatan lembar-lembar kerja, pembuatan surat-surat penting, dan penyimpanan data-data yang penting. Tanpa adanya perangkat komputer yang mempermudah dalam pengerjaan pekerjaan, maka akan terjadi terhambatnya kegiatan operasional sebuah perusahaan.PT. Indo Global Prima Solusi adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam dunia jasa tracking system GPS device yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Dengan adanya pembuatan desain promosi sangat membantu bagi perusahaan dalam mempromosikan produk – produk yang di jual oleh PT. Indo Global Prima Solusi dan dengan terus berkembangnya teknologi multimedia maka model-model hasil karya desain akan semakin variatif, maka penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) sesuai dengan jurusan dan konsentrasi yang penulis ambil dengan menempati bagian desain. Pada pembuatan media promosi yang merupakan tugas yang diberikan oleh perkuliahan dalam membuat desain-desain yang nantinya akan dijadikan sebagai media informasi. Dengan melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada PT. Indo Global Prima Solusi, penulis mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat khususnya pada bagian desain dalam pembuatan media informasi visual. Sehingga penulis dapat menuliskan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dengan judul : “ LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA DESIGN PROMOSI DI PT INDOGPS”.



Kata Kunci : Media promosi, Desain, Media informasi






KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik. Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan. Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :

1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.

2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I (PUKET1) STMIK Raharja.

3. Bapak Junaidi,M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.

4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom. selaku pembimbing yang telah memberikan banyak masukan dalam penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek.

5. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya.


Tangerang, 2014


(Joko Erwanto)

NIM: 1121465571


BAB I

Latar Belakang Kuliah Kerja praktek

Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia semakian hari semakin meningkat dantelah mendorong terjadinya arus globalisasi, perkembangan tersebut tumbuhsecara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salahsatu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalambidang multimedia audio visual and broadcastingyang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsisebagai media untuk melengkapi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadibentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi untuk saat inisumber daya manusia dibidang multimediaaudio visual and broadcastingbelum terlalu terpenuhi, oleh karena itu untuk menguasai dan memahami teknologikomputer secara optimal khususnya dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting perlu diadakannya Kuliah KerjaPraktek yang diharapkan memberikan dampak yang positif bagi penyelesaianpermasalahan diatas.

PT. Indo Global Prima Solusindo adalah perusahaan yang mempunyai motto tracking vehicle with finger tips. Berlokasi di Pusat Sentra Bisnis Pluit, Komplek 28 Blok C-1, Pluit Jakarta Utara, Indonesia. PT. Indo Global Prima Solusindo didirikan di Jakarta pada tahun 2000, oleh Herwin Oni, didasari oleh adanya peluang usaha yang cukup menjanjikan pada saat itu dalam bidang Tracking system, dimana pada awalnya hanya menyediakan jasa jual beli device GPS tracking dan support tracking. Seiring dengan berjalannya waktu PT. Indo Global Prima Solusindo mengembangkan usaha dengan menambahkan beberapa jasa-jasa layanan lainya seperti ; Custom Report, Development Software, Development Management System Tracking di perusahaan besar, dan Build Server, dan Custom Mapping.

Kuliah Kerja Praktek adalah salah satu syarat yang wajib di penuhi oleh mahasiswa untuk mencapai kelulusan, dengan mengikuti waktu yang telah ditetapkan yaitu minimal satu semester 160 jam, dimana dalam prosesnya masih dalam pengawasan Perguruan Tinggi sebagai pelaksana pendidikan. Dalam Kuliah Kerja Praktek ini penulis mendapat kesempatan untuk memperdalam ilmu serta mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kelak penulis memiliki pengalaman yang nantinya dapat digunakan dalam dunia pekerjaan di bidang Komputerisasi khususnya dibidang multimedia.

Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek(KKP)

Maksud Kuliah Kerja Praktek(KKP)

Kuliah Kerja Praktek (KKP) dimaksudkan untuk menciptakan sebuah kegiatan yang di laksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan. Magang adalah bentuk belajar dan berlatih keterampilan pada dunia kerja yang lebih menekankan pada praktek di banding teori.

Tujuan Kuliah Kerja Praktek(KKP)

a. Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama masa perkuliahan agar dapat bekerja baik secara individu maupun secara kelompok didalam dunia kerja dan dapat

memahami bidang pekerjaan yang di jalani.

b. Mahasiswa mampu berkerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki selama masa perkuliahan untuk menambah kreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain, sehingga dapat

mengenal, mengetahui dan memahami kegiatan perusahaan dan juga dapat memberikan sumbangan pemikiran, metode, cara dan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi perusahaan.

Manfaat Kuliah Kerja Praktek(KKP)

A. Manfaat Perusahaan Manfaat yang didapat dari perusahaan ini adalah :

a. Perusahaan akan mendapatkan masukan yang positifmelalui ide-ide desain yang baru dansangat baik bagi perkembangan kedepan perusahaan.

b. Mahasiswa mampu berkerja secaraprofesional dengan wawasan yang telah dimiliki selama masa perkuliahan untuk menambahkreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain, sehingga dapat

mengenal, mengetahui dan memahami kegiatan perusahaan dan jugadapat memberikan sumbangan pemikiran, metode, cara dan ilmu pengetahuan danteknologi bagi perusahaan.


B. Manfaat Individu Manfaat yang di dapat oleh mahasiswa adalah :

a. Agar mahasiswa memperoleh ilmu tentangproses pemecahan masalah dalam dunia kerja, khususnya bidang desain multimedia.

b. Agar mahasiswa dapat menghasilkan desainyang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan customer.

c. Agar mahasiswa mampu bekerja secara profesional dan mampu bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baiksecara individu maupun berkelompok (teamwork).

d. Agar mahasiswa dapat menguasaidan mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang telah didapatselama masa perkuliahan.

e. Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dalamdunia kerja, yang sangat penting untuk bekal nanti ketika memasuki dunia kerjayang sesungguhnya.

Metodologi Penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek(KKP)

Penyusunan laporan Kuliah Kerja Peraktek ini disusun berdasarkan hasil yang telah dilakukan selama melakukan magang di PT. Indo Global Prima Solusi dan produk desain apa saja yang telah dihasilkanselama melakukan magang yang berlangsung kurang lebih 160 Jam.

Dalam kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Observasi (Observation research)

Yaitu pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain perusahaan

PT. Indo Global Prima Solusi.

2. Wawancara (Interview)

Yaitu teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan narasumber untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang akan diteliti.

3. Studi Pustaka

Yaitu membaca, mempelajari dan memahami buku-buku, diktat-diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada

konsentrasi multimedia audio visual and broadcasting.

Sistem Penulisan

Untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang akan dibahas, penulis membagi menjadi beberapa bab secara ringkas Laporan Kuliah Kerja Praktek ( KKP ) ini, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Latar Belakang yang mencakup tentang gambaran permasalahan secara singkat, alasan pemilihan judul, gambaran singkat perusahaan, dan pengertian teknis.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai teori-teori yang berkaitan erat dengan penelitian. Landasan teori ini hanya dapat diambil dari sumber-sumber buku, jurnal serta literature review/Penelitian sebelumnya dan sumber internet (harus melalui URL/Web resmi), dengan ketentuan terdapat : nama penulis. Tahun upload tulisan. Judul tulisan. Nama lengkap URL/Web. (tgl,bulan,dan tahun diunduh). Untuk sumber buku, jurnal, dan literature review maksimal 5 tahun terakhir. Pada Landasan teori ini wajib mencantumkan minimal 5 jurnal CCIT sebagai acuan teori anda.

BAB III PEMBAHASAN

Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Sejarah perusahaan, Visi dan Misi perusahaan, Struktur Organisasi, Tugas dan kewajiban tiap departemen, Daftar klien perusahaan, Tinjauan umum, skema alur kerja, tinjauan khusus, daftar proyek, dan latar belakaang serta konsep desain.

BAB IV PENUTUP

Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil kuliah kerja praktek (KKP) serta saran-saran yang diperlukan untuk pengembangan sistem.

LAMPIRAN

Daftar yangmemuat keseluruhan data dan dokumentasi pekerjaan yang pernah dilakukan untuk melengkapi Laporan Kuliah Kerja Praktek yang dibuat.

BAB II

Pengertian Laporan

Laporan adalah suatu bentuk penyampaian dan penyajian fakta-fakta dan hasil pemikiran-pemikiran yang bersumber dari kegiatan penelitian dari suatu obyek. Laporan tertulis memiliki bentuk-bentuk penulisan yang telah disepakati. Laporan terdiri dari banyak bentuk seperti ; Laporan kerja kuliah kerja praktek (KKP) , Tugas Akhir , Skripsi, Tesis, Jurnal dan masih banyak lagi jenis dari laporan.

Laporan adalah keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan berdasarkan fakta. Fakta yang iinformasikan itu berkaitan dengan tanggung jawab yang di tugaskan kepada si pelapor ( dilihat, didengat, dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan kegiatan. (dikutip dari www.referensimakalah.com)

Tujuan Laporan

Tujuan dari penyusunan laporan adalah mengatasi suatu masalah dan mengambil suatu keputusan yang lebih efektif dan efisien, mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, mengadakan pengawasan dan perbaikan dari suatu masalah, dan menemukan teknik-teknik baru dalam menyelesaikan suatu masalah untuk menghasilkan suatu ide-ide lain yang lebih inovatif.

Manfaat Laporan

Manfaat dari penyusunan laporan adalah membantu dalam pemantauan setiap perkembangan dari sebuah penelitian, menjadi sumber literatur dari penelitian lanjutan, dan untuk mengetahui hasil akhir yang dicapai dari sebuah penelitian..

Pengertian Kuliah Kerja Praktek(KKP)

Kuliah Kerja Praktek (KKP) adalah sebuah kegiatan yang di laksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan. Magang adalah bentuk belajar dan berlatih keterampilan pada dunia kerja yang lebih menekankan pada praktek di banding teori. Observasi adalah metode pengumpulan data dimana peneliti mencatat informasi yang mereka dapatkan saat penelitian. Kuliah kerja praktek (KKP) merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoritis dengan praktek.

Tujuan Kuliah Kerja Praktek(KKP)

Tujuan kuliah kerja praktek (KKP) antara lain ;

1. Mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya.

2. Mahasiswa mendapatkan pengalaman secara nyata dilapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan

sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata.

Manfaat Kuliah Kerja Praktek(KKP)

Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah di terima pada saat perkuliahan agar dapat di terapkan di kegiatan dunia kerja nyata dibidang studinya masing-masing.

Konsep Dasar Desain

Pengertian Desain

Pengertian singkat dari desain adalah sebuah proses untuk membuat dan meciptakan obyek baru yang memiliki nilai artistik. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya, seperti; tataletak, model, ukuran, dan lain-lain.

Menurut, Hendi Hendratman (2006:63) desain berasal dari kata “DESIGNARE” yang berarti suatu gagasan atau ide-ide untuk memecahkan persoalan – persoalan seperti; bentuk, teknik, pengerjaan, keindahan, yang dinyatakan dalam bentuk gambar dan warna. Desain merupakan seluruh peruses pemikiran dan perasaan yang akan menciptakan sesuatu dengan menggabungkan fakta, konstruksi, fungsi dan estetika untuk memenuhi kebutuhan manusia. Proses kegiatan “mendesain” mencakup berbagai bidang, seperti; tekstil, interior, dan yang termasuk perwujudan karya - karya visual diantaranya yang berhubungan dengan komunikasi visual.(dikutip dari skripsi abdul jabbar,2010)

Desain bermula dari gambar teknik arsitektur. Istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni. Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekspresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetik dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dan sebagainya. (dikutip dari id.wikipedia.org)

Fungsi - Fungsi Desain

Menurut Lusyani Sunarya pada diktat Mata kuliah Desain Karakter dan Modeling (2010:7):

a. Fungsi Informasi Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.

b. Fungsi Identifikasi Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.

c. Fungsi Persuasi Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musical) sehingga dapat menimbulkan persuasi.

Unsur - Unsur Desain

Unsur dalam setiap hasil karya desain grafis dan DKV terdiri dari bagian-bagian yang bisa dipelajari secara terpisah. Pada setiap hasil karya desain pasti ada minimal satu dari unsur berikut :

1. Garis (Line)

Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).

Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam dunia komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.

2. Bentuk (Shape)

Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Pada desain komunikasi

visual kita akan mempelajari betuk dasar dan bentuk turunan. Sementara pada kategori sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:

a.) Huruf (Character) adalah yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa verbal dengan bentuk visual langsung,

seperti A, B, C, dsb.

b.) Simbol (Symbol) adalah yang direpresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai simbol atau lambang untuk

menggambarkan suatu bentuk benda nyata, misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).

c.) Bentuk Nyata (Form) adalah bentuk ini betul-betul mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau benda lainnya.

3. Tekstur (Texture)

Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu

permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.

4. Ruang (Space)

Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Sebagai contoh,

tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf.Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus

berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

5. Ukuran (Size)

Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada

obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

6. Warna (Color)

Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual

secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang ditimbulkan karena sinar (Additive color/RGB) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan

sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat

seperti kertas, logam, kain atau plastik

Dengan menggunakan unsur-unsur desain tersebut, Anda akan membuat bentuk desain yang diinginkan. Tentunya supaya desain Anda dapat dilihat bagus (sesuai maksud dan tujuan Anda membuatnya), maka Anda harus mengenal unsur-unsur di atas secara baik. (dikutip dari www.ahlidesain.com)

Prinsip Desain Grafis

Menurut Hendi Hendratman (2010:29-37) dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :

1. Keseimbangan (Balance)

Secara keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Mata kita akan menangkap keseluruhan atau halaman desain dalam satu komponen yang lebih kecil.

2. Irama (Rhythm)

Pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola atau pattern tertentu.

3. Skala dan Proporsi Skala

adalah perubahan ukuran atau size tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi

sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

4. Fokus

Tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan atau diarahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis atau konflik pada

komponen desain grafis.

5. Kesatuan (Unity)

Semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan

Definisi Typografi

Menurut Hendi Hendratman (2011:63) Tipografi (typography) adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-font komputer, kita akan leluasa memilih jenis font yang diinginkan. Namun memilih font adalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.

Definisi Psikologi Warna

1. Pengertian Warna

Diktat Mata Kuliah Nirmana (2010:14-17) secara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga, kuning, ungu). Jenis warna yang demikian disebut spectrum atau warna cahaya. Secara subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata)yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.

2. Dimensi Warna

Secara garis besar dikenal adanya 2 dasar teori tentang warna :

a. Munsellsystem

b. Prang system, menurut teori Prang system warna dapat dibagi :

- HUE (nama warna) : panas atau dinginnya warna

o Menunjukkannama-nama warna : merah, biru, hijau

o Perbedaan warna adalah perbedaan HUE

o Bila hijau menjadi kebiruan dapat dikatakan berubah HUEnya

- VALUE : terang atau gelapnya warna

- INTENSITY : cerah atau suramnya warna

3. Jenis – Jenis Warna

a. Warna Primer

Warna primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna : kuat dan kontras.

b. Warna Sekunder

Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran dua warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula, yaitu jingga, (merah + kuning), hijau (kuning + biru), dan ungu (merah + biru).

c. Warna Quarter

Warna yang merupakan hasil percampuran dua warna sekunder, yaitu coklat jingga adalah hasil percampuranwarna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijau adalah hasilpercampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.

d. Warna Tersier

Warna padatingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna–warna sekunder yang menghasilkantiga warna, yaitu orange – jingga, orange – hijau, dan hijau – jingga.

e. Warna Complementer

Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah danhijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinya dapat bergerak.

4. Makna Simbolik Warna

a. Warna Merah : semangat, keberanian, amarah, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan.

b. Warna Kuning : Kegembiraan, keceriaan, kecemerlangan, keagungan, ciptaan.

c. Warna Kuning Emas : kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatan spiritual.

d. Warna Hijau : pertumbuhan, kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian.

e. Warna Biru : kebenaran, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati.

f. Warna Putih : kesucian, kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.

g. Warna Hitam : ketabahan, kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.

h. Warna Abu-abu : ketaatan, rendah hati, kesholihan, modern.

i. Warna Orange : kemajuan, semangat, perkembangan, energi.

j. Warna Violet : kemulyaan, kebesaran jiwa, kelembutan.

k. Warna Indigo : ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.

5. Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Menurut Fandy Tjiptono (2008:30) Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkap dalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.

6. Definisi Citra/Image

Menurut Fandy Tjiptono (2011:30) Citra atau Image adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen,dan tanda tangan, atau pun gambar yang lain.

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Promosi adalah sebuah usaha untuk menginformasikan kepada calon konsumen tentang sebuah produk atau jasa yang di hasilkan dari produsen atau distributor. Dengan adanya kegiatan promosi yang baik diharapkan dapat meningkatkan daya tarik konsumen.

Menurut Usmara (2009:29-35). Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis cantik di kejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut, selain dirinya sendiri.

Promosi merupakan kegiatan penting pada suatu organisasi, apalagi organisasi yang bergerak dibidang jasa dan barang. Bagaimanapun produk yang dihasilkan tidak ada gunanya jika tidak diketahui atau dimanfaatkan oleh sebagian besar konsumennya. (di kutip dari buku Pendekatan Apek Manajemen dan Tata Kerja, Darmono,Jakarta 2007 hlm 207).

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. (dikutip dari id.wikipedia.org)

Tujuan Promosi

Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.

Bentuk Promosi

Umumnya bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, hanya saja dapat dibedakan berdasarkan tugas khususnya. Beberapa tugas khusus tersebut menurut Darmono (2007:208-209) adalah sebagai berikut:

1. Personal Selling

adalah komunikasi langsung secara tetap muka antara penjual dan customer untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon customer untuk membentuk pemahaman customer terhadap produk sehingga mereka tertarik untuk mencoba dan membelinya.

2. Mass Selling

adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu.

3. Promosi Penjualan

adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

4. Public Relations

adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk memperngaruhi promosi, opini, keyakinan, dan sikap dari berbagai orang yang terlibat, mempunyai berbagai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

5. Direct Marketing

adalah sifat perusahaan yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi disembarang lokasi.

Perusahaan PT.INDOGPS

PT. Indo Global Prima Solusi yang lebih dikenal dengan nama PT.INDOGPS, yang berkantor pusat di Pluit Jakarta Utara. Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa tracking kendaraan. Selain dalam jasa tracking, perusahaan ini bergerak dalam bidang pembuatan dan pengembangan aplikasi tracking, pembuatan peta khusus seperti tambang, kebun kelapa sawit, dan sebagainya. Promosi yang diutamakan oleh PT.INDOGPS adalah dengan media massa website perusahaan dan media brosur yang disebar pada saat mengadakan event – event besar seperti; Pameran elektronika di JCC, Pameran PRJ, dan masih banyak lagi. Tujuan dari promosi perusahaan untuk meningkatkan daya jual produk dari perusahaan tersebut. Dengan terciptanya sarana media promosi perusahaan membuka kesempatan semakin luasnya informasi mengenai produk dari perusahaan.

Software Yang Digunakan

Corel Draw X4

Corel draw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi corel draw yang penulis gunakan untuk mendukung proses desain pada laporan ini adalah Corel Draw X4 versi 14.0 rilis tahun 2008 berjalan di system operasi Windows 7 32bit. Dalam proses pembuatan desain pada aplikasi corel draw, penulis lebih cenderung membuat dasar dari model garis vektornya saja. Setelah proses pembuatan desain vektor selesai, desain di export ke format PSD agar bias di warnai di aplikasi lain seperti photoshop.

Format file khas yang dihasilkan oleh corel draw adalah .cdr yang berarti corel draw. Dengan corel draw dapat menghasilkan format file lainnya. Corel draw juga dapat membuka file berekstensi seperti .psd format photoshop. Dengan fitur import format .psd dapat di tampilkan pada corel draw.

Kelebihan Corel Draw X4, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:

1. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.

2. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.

3. Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.

4. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

Photoshop CS4

Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek tambahan. Perangkat lunak ini lebih cenderung di gunakan oleh fotographer untuk editing hasil foto. Versi photoshop yang penulis gunakan untuk mendukung proses desain pada laporan ini adalah Photoshop CS4 versi 11.0 rilis 2014 berjalan di system operasi Windows 7 32bit. Dalam proses pembuatan desain pada aplikasi photoshop ini difungsikan untuk mewarnai desain bahan yang sebelumnya di buat pada aplikasi corel draw.

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vector seperti: .png, .gif, .jpeg, .tiff, dan masih banyak lagi format yang didukung photoshop. Photoshop juga dapat mengimport dari format lain seperti format .cdr dari coreldraw. Ini sangat membantu dalam proses desain. Photoshop memiliki format file khas yaitu : .psd (Photoshop Document) format yang menyimpan dalam bentuk layer, termasuk; teks, mask, opacity, blend mode, chanel warna, clipping path, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat programer penyunting gambar lainny menambahkan kemampuan untuk membaca format .psd dalam perangkat lunak mereka. Beberapa bentuk format file terbaru seperti: .psb yaitu format terbaru dari .psd yang didesain untuk file berukuran lebih dari 2Gb. .pdd adalah versi lain dari .psd yang didesain untuk mendukung fitur perangkat lunak Photoshop Deluxe.

Kelebihan Photoshop CS4, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program ini seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:

1. Editing Photo

Para photographer menggunakan program ini untuk mengediting hasil pengambilan gambar. Teknik yang digunakan banyak sekali, ada teknik toneing, teknik brush, dan masih banyak teknik lainnya.

2. Create Template Website

Program ini dapat membantu saat pembuatan website, para desainer web biasa di sebut web desainer. Membuat template, membuat background, membuat tombol semua dilakukan di program ini.

3. Pewarnaan desain

Beberapa orang atau lebih, lebih cenderung menggunakan photoshop untuk mewarnai desain mereka. Karena warna yang disediakan oleh photoshop lebih variatif, sehingga para desainer mudah dalam mengatur pemilihan warna yang sesuai untuk desainnya.

BAB III

Profil Perusahaan

Sejarah Perusahaan

PT. Indo Global Prima Solusindo didirikan di Jakarta pada tahun 2000, oleh Herwin Oni, didasari oleh adanya peluang usaha yang cukup menjanjikan pada saat itu dalam bidang Tracking system, dimana pada awalnya hanya menyediakan jasa jual beli device GPS Tracking dan Support Tracking.

Seiring dengan adanya peluang-peluang usaha yang menjanjikan, PT INDOGPS mulai merambah ke bidang usaha jasa lainnya seperti jasa Customer Support 24 Hours tracking system, Custom Report, Development Software, Development Management System Tracking di perusahaan besar, Build Server, dan Custom Mapping. Beberapa tahun kemudian PT Indo Global Prima Solusindo meembuka kantor cabang di beberapa kota besar seperti Lampung, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Kalimantan. Dengan bekerja keras dalam memasarkan produk dan jasa yang dijalankan dan berusaha meyakinkan costumer terhadap kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan, maka perusahaan ini dapat berkembang doengan pesat di tahun-tahun berikutnya.

Dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen dari PT Indo Global Prima Solusindo , maka sekitar tahun 2006 PT. Indo Global Prima Solusindo membuka cabang perusahan baru di luar negeri yakni di negara Singapura, Brunai, dan Filiphina. Dengan maksud untuk membuka penjualan dalam jaringan Internasional. Dengan ini maka lebih banyak mendapatkan customer baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pada tahun 2011 PT. Indo Global Prima Solusindo ikut dalam peningkatan kualitas dari TRANSJAKARTA, dalam proyek ini PT. Indo Global Prima Solusindo sebagai vendor kedua untuk penyediaan device GPS dan aplikasi hetway (jam kedatangan), ini merupakan proyek penting karena berhubungan dengan fasilitas umum di Provinsi DKI JAKARTA. PT. Indo Global Prima Solusindo juga menjadi support di beberapa perusahaan besar dalam dunia pertambangan, perminyakan, dan pertanian (kelapa sawit) mayoritas berada di Pulau Kalimantan. Perusahaan besar sekelas PT. ADARO Indonesia adalah salah perusahaan yang di dukung oleh PT Indo Global Prima Solusindo, dalam bidang tracking system truck pengambil tambang, pemetaan jalur tambang dan aplikasi semua PT. Indo Global Prima Solusindo yang mengelola, dan perusahaan BUMN seperti PO DAMRI sebagai perusahaan Negara yang melayani transportasi darat serta PERTAMINA Persero juga sebagai customer dari perusahaan BUMN dalam dunia perminyakan. Dalam dunia pertanian perusahan SINARMAS.Tbk dan BUMI AGRO sebagai customer dalam dunia pertanian kelapa sawit khususnya.

Di bidang pemetaan , PT Indo Global Prima Solusindo sudah bisa berdiri sendiri tidak tergantung dengan pemetaan google. PT. Indo Global Prima Solusindo sebagai perusahaan tracking system memiliki server peta sendiri yang telah di buat oleh tenaga pemetaan yang cukup ahli. Sehingga peta yang digunakan tidak mengacu ke server google. Dan beberapa customer juga menggunakan peta khusus (Custom Mapping), seperti peta tambang, peta kebun, dan beberapa jenis peta lainnya.

PT. Indo Global Prima Solusindo pernah memenangkan piala kategori BEST SELLER MARKETING di TELKOMSEL, PT Indo Global Prima Solusindo menang dalam kategori penjualan kartu perdana dan pengguna abodemen TELKOMSEL terbesar se INDONESIA dan masih banyak penghargaan lainnya.

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup PT.Indo Global Prima Solusi cukup luas, sudah mencakup skala nasional dan internasional. Untuk skala nasional beberapa klien tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia, untuk skala internasional sudah tersebar di beberapa Negara asia tetangga seperti Brunai Darussalam, Singapura, Timor Leste, Philipina. Dan di beberapa Negara tersebut PT.Indo Global Prima Solusi sudah membangun kantor cabang seperti di Singapura dengan nama SINGGPS, Philipina dengan nama PHILGPS, dan Brunai Darussalam dengan nama BRUGPS.

Visi dan Misi Perusahaan

a. Visi Perusahaan

Visi PT. Indo Global Prima Solusindo yaitu untuk menjadi perusahaan yang terbaik dan terdepan dalam memberikan pelayanan yang sempurna (service excellent) untuk semua konsumennya. Dengan selalu memberikan dan mempertahankan kualitas pelayanan yang prima, PT. Indo Global Prima Solusindo dapat menghadapi dan memenangkan persaingan yang ada serta menjadi perusahaan yang terdepan dan terpercaya karena kualitas pelayanannya.

b. Misi Perusahaan

Dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan besar berkelas internasional serta ditambah oleh tenaga professional yang berpengalaman di bidangnya, diharapkan kualitas pelayanan dari PT. Indo Global Prima Solusindo dapat tetap terjaga dan terus meningkat sehingga pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan dan kepercayaan pelanggan pun semakin meningkat.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi dalam sebuah perusahaan sangat perlu sebagai acuan bagi pimpinan dan karyawan untuk bekerja sesuai dengan bidang kerjanya. Dengan struktur perusahaan, maka hubungan wewenang menjadi jelas. Dibawah ini adalah struktur perusahaan pada PT. Indo Global Prima Solusindo.

Tugas dan Kewajiban tiap Departemen

Seperti halnya sebuah perusahaan pada umumnya, PT. Indo Global Prima Solusindo dalam manajemennya terdapat bagian-bagian yang mempunyai wewenang serta tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya.

Wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada PT Indo Global Prima Solusindo adalah sebagai berikut :

1. Direktur PT. Indo Global Prima Solusindo

Tugas dan tanggung jawab Direktur adalah :

a. Menentukan kebijakan tertinggi perusahaan.

b. Bertanggung jawab dalam memimpin dan membina perusahaan secara efektif dan efisien.

c. Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada Visi, Misi, fungsi dan tujuan pendirian PT Indo Global Prima Solusindo.

d. Merencanakan pembagian tugas yang akan diberikan kepada seluruh karyawan.

e. Melakukan pengawasan dan penilaian terhadap karyawan didalam pelaksanaan tugas agar proyek dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

f. Bertanggung jawab penuh atas perkembangan perusahaan serta peningkatan kualitas kerja.

g. Melakukan promosi kepada klien baik secara langsung maupun tender.

2. Manager Marketing

Tugas dan tanggung jawab Manager Marketing adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Mengusulkan kepada pimpinan tentang strategi layanan baru yang akan diterapkan terhadap customer.

c. Bertanggung jawab atas penyusunan anggaran pendanaan yang dibutuhkan dalam promosi.

d. Mencapai target yang telah ditentukan direktur.

e. Melaporkan aktivitas penjualan kepada atasan.

3. Staff Marketing

Tugas dan tanggung jawab Staff Marketing adalah:

a. Menjaga kepercayaan tiap customer dengan cara tetap (maintance customer) dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para customer.

b. Menerima keluhan terhadap produk dari customer (customer care).

c. Memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas.

d. Mencapai target yang telah ditentukan.

e. Melaporkan aktivitas penjualan kepada atasan.

4. Manager Administrasi

Tugas dan tanggung jawab Manager Administrasi adalah:

a.Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b.Bertanggung jawab dengan seluruh data-data administrasi seluruh customer PT. Indo Global Prima Solusindo

c. Menyetujui permohonan quotation dari marketing atas order dari customer.

d. Memastikan data-data administrasi yang akan di lanjutkan ke divisi lain sudah benar.

5. Staff Administrasi

Tugas dan tanggung jawab Staff Administrasi adalah:

a. Membuat Berita Acara Pemasangan sesuai quetation dari Marketing.

b. Menyimpan data-data administrasi seluruh customer dengan baik.

c. Membuat surat-surat lainnya yang berhubungan administrasi perusahaan.

6. Manager Finance

Tugas dan tanggung jawab Manager Finance adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Bertanggung jawab dengan data - data financial seluruh customer PT. Indo Global Prima Solusindo

c. Bertanggung jawab dalam persetujuan setiap pemasukan atau pengeluaran perusahaan.

7. Leader Finance Receivable

Tugas dan tanggung jawab Leader Finance Receivable adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Bertanggung jawab dengan data-data pemasukkan perusahaan.

c. Bertanggung jawab untuk memastikan tiap staff melakukan tagihan.

8. Leader Finance Payment

Tugas dan tanggung jawab Leader Finance Payment adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Bertanggung jawab dengan data-data pembayaran perusahaan.

c. Bertanggung jawab dengan data-data asset perusahaan.

9. Staff Finance Receivable

Tugas dan tanggung jawab Staff Finance Receivable adalah:

a. Melakukan penagihan kepada customer GPS

b. Membuat tagihan customer

C. Membuat laporan hasil tagihan customer

10. Staff Finance Payable

Tugas dan tanggung jawab staff Staff Finance Payable adalah:

a. Melakukan pembayaran seluruh tagihan perusahaan seperti pembayaran air PAM, Listrik, Internet,dsb.

b. Melakukan input data-data asset perusahaan di aplikasi accurate accounting.

c. Membuat data rekap laporan pembayaran perusahaan baik bulanan maupun tahunan.

11. Manager Inventori

Tugas dan tanggung jawab staff Manager Inventori adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Menyetujui semua barang yang akan masuk dan keluar Inventori.

c. Bertanggung jawab atas data rekapan stok di Inventori

12. Staff Inventori

Tugas dan tanggung jawab staff Staff Inventori adalah:

a.Melakukan penyimpanan seluruh device di gudang Inventori.

b. Membuat data stok device di yang tersimpan di gudang inventori.

c.Menyiapkan perlengkapan device yang akan di pasang oleh teknisi.

d. Membuat laporan data-data device yang akan dibawa teknisi.

13. Manager Service Schedule

Tugas dan tanggung jawab Manager Service Schedule adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Membuat rekapan bulanan jadwal teknisi baik service atau pasang.

14. Staff Service Schedule

Tugas dan tanggung jawab Staff Service Schedule adalah:

a. Membuat jadwal pemasangan atau service sesuai permintaan marketing atau pelanggan.

b. Mengatur jadwal teknisi

15. Staff Teknis

Tugas dan tanggung jawab Staff Teknisi adalah:

a. Melaksanakan pemasangan alat GPS ke tempat pelanggan.

b Melaksanakan service alat GPS ke tempat pelanggan.

16. Manager Customer Support

Tugas dan tanggung jawab Manager Customer Support adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Membuat laporan bulanan complain dari pelanggan.

c. Membuat jadwal customer support.

d. Membantu staff nya jika mendapat complain dari pelanggan yang memiliki masalah rumit.

e. Memeriksa dan menyetujui Form Service order yang di buat oleh Customer Service.

17. Staff Customer Support

Tugas dan tanggung jawab Staff Customer Support adalah:

a. Membuat Service Order

b. Melayani segala keluhan dari customer pengguna GPS.

c. Memberi arahan untuk melakukan troubleshooting ringan seperti, GPS cut, memberi saran kepada customer agar mengganti AKI pada kendaraan.

18. Manager IT Maintain

Tugas dan tanggung jawab Manager IT Maintain adalah:

a. Bertanggung jawab atas seluruh staff divisinya.

b. Mengatur Jobdesk tiap staff IT untuk maintain jaringan , maintain aplikasi , maintain database ,dan sebagainya yang berhubungan dengan perangkat yang menunjang kegiatan kantor.

c. Membantu kesulitan yang sulit dipecahkan oleh staffnya.

19. Staff IT Maintain

Tugas dan tanggung jawab Staff IT Maintain adalah:

a. Memperbaiki segala problem yang ada di peralatan kantor yang menunjang kegiatan operasional kantor, seperti : jaringan telephone , jaringan internet , dan sebagainya

b. Instalasi-Instalasi di dalam gedung, baik itu instalasi CCTV, instalasi jaringan network baru,dsb.

20. Manager IT Proyek adalah:

Tugas dan tanggung jawab Manager IT Proyek adalah:

a. Membuat scope of work di tiap proyek.

b. Membagi Jobdesk tiap staff di tiap proyek.

c. Membuat timeline untuk mengetahui progress tiap proyek.

d. Membuat deadline untuk setiap staff dalam mengerjakan tiap proyek.

e. Membantu staff yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan proyek.

Daftar Klien

PT. Indo Global Prima Solusindo mempunyai relasi yang sudah terjalin hubungan atau kerjasama yang lama dengan beberapa perusahaan-perusahaan besar diantaranya adalah sebagai berikut :

No DAFTAR KLIEN BIDANG
1 ADARO INDONESIA PERTAMBANGAN
2 TRANSJAKARTA TRANSPORTASI
3 BUMI AGRO PERTANIAN
4 SINARMAS.TBK PERTANIAN
5 PO. DAMRI TRANSPORTASI
6 PERTAMINA PERMINYAKAN
7 PO. HANDOYO TRANSPORTASI
8 KALIMAS EKSPEDISI
9 PT. CARAKA EKSPEDISI
10 PT. KWE EKSPEDISI
11 PT. SUMISHO GLOBAL EKSPEDISI
12 PLN LISTRIK
13 PO. SINAR JAYA TRANSPORTASI
14 WHITE HORSE TRANSPORTASI
15 PT. TUBAGUS MANUFACTUR
16 PT. ZELANDIA MANUFACTUR
17 DAY TRANS TRANSPORTASI
18 MPM RENT TRANSPORTASI
19 DHL EKSPEDISI
20 DINAS PERHUBUNGAN PEMERINTAHAN
Tabel 3.1 Daftar Klien

Dan masih ratusan perusahaan relasi yang tidak dapat disebutkan pada tabel di atas. Customer diatas adalah sebagian dari contoh customer PT. Indo Global Prima Solusindo.

Tunjauan Umum

Skema Alur Kerja PT.INDOGPS

Alur Kerja PT.INDOGPS

1. Customer

Langkah awal adalah customer mempunyai keinginan yang sesuai dengan kebutuhannya (dalam hal ini customer ingin menjaga aset kendaraannya). Lalu keinginan dari customer tersebut diinformasi kepada sales marketing.

2. Sales Marketing

Sales marketing menerima informasi dari customer yang kemudian diinformasikan kepada Staff Administrasi dengan melalui email quetation untuk dibuatkan request form.

3. Staff Administrasi

Staff Administrasi menerima informasi dari sales marketing berupa email quetation yang kemudian ditindaklanjuti dengan membuat request form yang disesuaikan dengan informasi quetation dari Staff Marketing. Request Form yang dibuat dikirim ke Staff Inventori dan Staff Finance, Staff Inventori menyiapkan perangkat device, sedangkan Staff Finance menyiapkan Invoice penagihan.

4. Staff Inventori

Setelah request form di terima oleh Staff Inventory, maka request form segera di proses Staff Inventori menyiapkan device yang akan di bawa oleh teknisi untuk di pasang dikendaraan customer.

5. Staff Teknisi

Device yang sudah disiapkan Staff Inventori segera di pasang di kendaraan customer, dan setelah di pasang teknisi menghubungi team Customer Support.

6. Staff Customer Support

Staff Customer Support menerima konfrimasi dari teknisi untuk memastikan status device yang di pasang pada kendaraan customer dan Customer Support menginformasikan status device dan membuat data laporan di form CS untuk hasil pemasangan teknisi. Form CS dilaporkan ke Service Schedule dan setelah di check diteruskan ke Staff Finance untuk di proses pembuatan invoice.

7. Staff Marketing

Setelah semuanya selesai Staff Marketing Final Check hasil pemasangan teknisi dan menginformasikan ke staff Finance untuk pembuatan invoice atas pemasangan device tersebut.

8. Staff Finance

Setelah Final Check dari Staff Marketing, Staff Marketing informasi kepada Staff Finance untuk pembuatan invoice penagihan pemasangan device, Staff Finance mengecheck request form dari Staff Administrasi setelah sesuai dengan data pemasangan, maka dilakukan proses pembuatan invoice untuk penagihan kepada customer. Invoice akan di kirim ke customer melalui Email dan Surat fisik.

Tinjauan Khusus

Daftar Proyek

Dalam Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada PT. Indo Global Prima Solusi, penulis ditugaskan untuk membuat desain-desain dalam membantu kegiatan promosi perusahaan. Dengan berbagai media melalui desain yang digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan Kuliah Kerja Praktek (KKP). Proyek desain-desain yang dimaksudkan diantaranya sebagai berikut :

1. Desain Kardus Produk Device GPS

2. Desain Standing Banner media promosi

3. Desain Name Tag Staff PT. INDOGPS

4. Desain Brosur PT. INDOGPS

5. Desain Kartu Nama PT. INDOGPS

6. Desain Godie Bag untuk tas produk PT. INDOGPS

7. Desain Merchandise PT. INDOGPS

8. Desain OverView Produk PT. INDOGPS

9. Desain Boot Event PT. INDOGPS

10.Desain Kalender PT . INDOGPS

11. Desain Company Profile PT. INDOGPS

Latar Belakang dan Konsep Desain

1. Desain Kardus Device untuk pembungkus perangkat device GPS.

a. Latar Belakang

Desain ini dibuat dalam rangka untuk mempercantik tampilan dari bungkus produk device GPS, yang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk PT. Indo Global

Prima Solusi.

b. Karakteristik Sasaran Demografi :

- Sex  : Unisex (pria/wanita)

- Kelas Ekonomi  : Menengah keatas

- Sasaran  : Retail dan Perusahaan

Karakter Sasaran Geografi :

- Sasaran  : Seluruh wilayah di Indonesia maupun mancanegara.

c. Konsep Desain

Image

Desain Kardus Device ini penulis menggunakan kertas landscape dengan ukuran 100x80 cm sesuai dengan media yang digunakan. Pada desain kardus ini, Image yang digunakan

yaitu gambar-gambar vektor yang dibuat manual terlebih dahulu dan di tambahkan barcode channel code.

Color

Warna yang penulis gunakan untuk desain kardus utama background adalah dominasi warna putih dan warna biru tua serta penambahan garis lengkung vektor, untuk komponen-

komponen di dalamnya penulis menggunakan warna abu-abu , putih dan hitam untuk desain kardus utama dan desain kardus alternatifnya.

Font

Pada desain Kardus Device kedua penulis menggunakan 2 jenis font antara lain Exo dan Arial.

BAB IV

Kesimpulan

Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, penulis menyadari bahwa ilmu yang didapatkan di dunia akademik masih kurang untuk dipraktekkan di dalam dunia kerja, namun hal ini merupakan suatu proses belajar agar penulis bisa menjadi lebih baik dari saat ini. Melalui Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, mahasiswa dapat mengetahui sejauh mana perkembangan desain grafis di dalam dunia industry yang sesungguhnya dan dapat mengukur kemampuan sejauh mana ilmu yang telah didapatkan selama duduk di bangku perkuliahan.

Selama melakukan Kuliah Kerja Praktek PT. Indo Global Prima Solusi, penulis melihat serta memperhatikan kegiatan proses desain mulai dari awal sampai akhir proses desain. Penulis dapat mengambil kesimpulan dari proses kegiatan yang ada pada perusahaan tersebut, diantaranya :

1. Sebelum mulai mendesain, seorang desainer harus menganalisa terlebih dahulu desain seperti apa sebenarnya yang diinginkan oleh Perusahaan.

2. Sebelum desain sempurna dan selesai, seorang desainer membuat sampel yang akan diperlihatkan kepada Direktur Utama perusahaan untuk kemudian ditentukan desain tersebut disetujui atau harus direvisi.

3. Penyelesaian tata letak gambar, warna desain, dan jenis media yang digunakan disesuaikan dengan permintaan dari Direktur Utama.

4. Dalam pembuatan desain selalu berdasarkan pada kebutuhan serta keinginan perusahaan, desainer hanya memberikan masukan atau saran, mengenai keputusan diterima atau tidaknya masukan tersebut sepenuhnya diserahkan kepada Direktur Utama. Keputusan Direktur Utama selalu menjadi prioritas utama.

5. Persetujuan dari Direktur Utama tersebut adalah sebagai tujuan yang utama maka diperlukan pemikiran untuk mengembangkan beberapa ide kreatif yang unik untuk diajukan kepada Direktur Utama sebagai alternatif, sehingga pada akhirnya kerja keras, tanggung jawab terhadap pekerjaan jiwa seni yang kuat serta semangat untuk berkembang harus dimiliki oleh seorang desainer, agar dapat menghasilkan ide-ide terbaru yang dapat meningkatkan promosi produk dari perusahaan.

Saran

Saran yang dapat diberikan penulis untuk PT. Indo Global Prima Solusi dalam pengembangan desain grafis yaitu perlu diitambahkannya tenaga profesional untuk pembuatan desain komunikasi visual, sehingga dapat mempercepat proses desain itu sendiri sehubung dengan banyaknya kegiatan promosi perusahaan.

Kesan

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dari PT. Indo Global Prima Solusi, karena telah memberikan kesempatan kepada penulis didalam melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP). Penulis merasa sangat beruntung karena dalam kesempatan ini penulis bisa belajar memahami dan mendalami ilmu komputer khususnya dibidang Multimedia Audio Visual and Broadcasting.

Selain itu, dari hasil pembelajaran Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, penulis dapat mengembangkan ide-ide yang telah dipelajari yang nantinya akan diterapkan dalam dunia kerja nyata, baik dalam bekerja, dalam lingkungan masyarakat, ataupun pada suatu perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Contributors

Joko erwanto