TA1333376324: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Sistematika Penulisan)
(BAB I PENDAHULUAN)
Baris 981: Baris 981:
 
===BAB I    PENDAHULUAN===
 
===BAB I    PENDAHULUAN===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2">Pada bab ini disajikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">Pada bab ini disajikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian dan sistematika penulisan.</p></div>
 +
 
 
===BAB II    LANDASAN TEORI===
 
===BAB II    LANDASAN TEORI===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Revisi per 21 September 2016 16.01

 

PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA

MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA

PADA PERGURUAN TINGGI

TUGAS AKHIR

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376324
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI ARTIFICIAL INFORMATICS

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

2015/2016

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR

 

PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA

MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376324
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

 


Disahkan Oleh :

Tangerang, 23 Juni 2016

Direktur
       
Kepala Jurusan
AMIK Raharja Informatika
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Diah Aryani, ST.,M.Kom)
NIP : 000603
       
NIP : 11010

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA

MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376324
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Disetujui Oleh :

Tangerang, 23 Juni 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Khanna Tiara, S.Kom)
   
(Indri Handayani, S.Kom)
NID : 14013
   
NID : 14018

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA

MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376324
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Articifial Informatics

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, 23 Juni 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
()
 
()
 
()
NID :
 
NID :
 
NID :

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR

 

PENERAPAN DID BERBASIS ILEARNING MEDIA GUNA

MENINGKATKAN PRESTASI MAHASISWA

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376324
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 23 Juni 2016

 
 
 
NIM : 1333376324

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRACT

Media system to support achievement in an institution is an important thing to be developed, especially in the field of science and technology in the current era of globalization. If no such media, will impact on the human resources that are reliable and synergy to be minimal. Therefore it takes a container of events and competitions as an indication to improve the quality and potential students. Organizing events not currently have the means appropriate for considering only held in place is inadequate and the system is still manual. This is the basic thinking how to propose a system of media events and competitions are publicly accessible so that the event can be accessed anywhere and anytime. Making it easier for students to channel the talents and skills possessed. Therefore invented a procedure to process the event and the competition online on the website DID (Dream Innovation Day) using iMe (iLearning Media) to register an event or participate in the DID website (Dream Innovation Day). In this study using elicitation method which is based on the results of an achievement. Then further analysis on the objective of a problem their own media event presented by the DID website (Dream Innovation Day) is expected to improve human resources more optimally and can be implemented optimally as needed. Thus increasing the potential of the students in the means and a good paradigm for Higher Education Raharja.


Keywords: Achievement, iLearning Media, Dream Innovation Day.

ABSTRAK

Sistem media untuk menunjang prestasi pada suatu lembaga merupakan hal penting yang harus dikembangkan khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi saat ini. Jika tidak ada media tersebut, akan berdampak pada sumber daya manusia yang handal dan bersinergi menjadi minim. Oleh karena itu dibutuhkan suatu wadah acara dan kompetisi sebagai indikasi untuk meningkatkan kualitas dan potensi diri mahasiswa. Penyelenggaraan acara saat ini belum memiliki sarana yang semestinya karena mengingat hanya diadakan pada tempat yang tidak memadai dan sistem masih manual. Hal ini menjadi dasar pemikiran bagaimana mengusulkan suatu sistem media penyelenggaraan acara dan kompetisi yang dapat diakses secara publik sehingga acara dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Sehingga memudahkan mahasiswa dalam menyalurkan kemampuan dan talenta yang dimiliki. Maka dari itu diciptakanlah suatu prosedur untuk mengolah acara dan kompetisi secara online pada website DID (Dream Innovation Day) dengan menggunakan iMe (iLearning Media) untuk mendaftarkan acara maupun berpartisipasi pada website DID (Dream Innovation Day). Dalam penelitian ini menggunakan metode elisitasi dimana didasarkan pada hasil dari suatu pencapaian. Maka analisa lebih lanjut pada tujuan suatu masalah adanya media acara yang sudah disajikan dengan website DID (Dream Innovation Day) diharapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia lebih maksimal dan dapat diimplementasikan dengan lebih optimal sesuai yang dibutuhkan. Sehingga dapat meningkatkan potensi mahasiswa dalam sarana dan paradigma yang baik untuk Perguruan Tinggi Raharja.


Prestasi, iLearning Media, "DID (Dream Innovation Day)"

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat, sehat serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Tugas Akhir ini dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Penulisan laporan Tugas Akhir ini disusun sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) untuk jenjang D3 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, serta mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Tugas Akhir ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.
  2. Bapak Padeli, M.Kom selaku Pembantu Direktur I (Pudir I) AMIK Raharja Informatika.
  3. Ibu Diah AryaniST.,M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Ibu Khanna Tiara, S.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat.
  5. .Ibu Indri Handayani, S.Kom selaku Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan.
  7. Bapak Padeli,M.Kom. selaku Stakeholder yang selalu memberi masukan terhadap project yang sedang diteliti untuk lebih maju kedepannya.
  8. Kedua orang tua Bapak Sambrin, Ibu Saiyah, kakak Samiyati, kakak Sumilah, kakak Mohamad Sanusi dan keluarga besar yang telah memberikan semangat dan juga dukungan baik doa, moril dan materil.
  9. Rekan-rekan grup 4G (Nursam Somantri, Iis Ariska, Dwiki Fahliandhini).
  10. Rekan-rekan grup Bimbingan Khanna (Ridwan Kurniaji, Wulan Lesari, Ika Amalia, Maya Ima. E, Ria Utami, Rizky Agustian).
  11. Rekan-rekan grup TimUR.
  12. Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan, arahan dan masukan yang berarti dalam menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini.

Menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran sangat dibutuhkan, dan diharapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Tugas akhir ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, 23 Juli 2016
Julipah Al Munawaroh
NIM. 1333376324

Daftar isi

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja

Tabel 3.2 Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi

Tabel 3.7 Tabel List Pengujian Sistem

Tabel 3.8 Tabel Pengujian Black box Pada Akses DID

Tabel 3.9 Tabel Pengujian Black box Register DID

Tabel 3.10 Tabel Pengujian Template Acara

Tabel 3.11 Tabel Pengujian Black box Acara Diselenggarakan

Tabel 3.12 Tabel Pengujian Black box Validasi Acara

Tabel 3.13 Tabel Pengujian Black box Etalase DID

Tabel 3.14 Tabel Pengujian Black box Logout DID

Tabel 3.15 Tabel Pengujian Black box Schedule

Tabel 3.16 Estimasi Biaya

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Logo Wordpress

Gambar 2.2 Logo iLearning Media

Gambar 2.3 4B iLearning

Gambar 2.4 Logo DID

Gambar 2.5 Ten Pillar IT iLearning

Gambar 3.3 Green Campus

Gambar 3.4 Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.5 Prosedur Dokumentasi Raharja Career Baru

Gambar 3.6 Form Submit Dokumentasi Raharja Career

Gambar 3.7 Tampilan Web DID yang User Friendly

Gambar 3.8 Tampilan SSO Web DID

Gambar 3.9 Total Peserta 100 Peserta

Gambar 3.10 Visitor Pada Web DID

Gambar 3.11 Tampilan Favicon Pada Web DID

Gambar 3.12 FAQ Pada Web DID

Gambar 3.13 12 Acara Pada DID

Gambar 3.14 Total Author DID mencapai 290 User

Gambar 3.15 Artikel dan Tutorial di iRan

Gambar 3.16 10 List Promosi DID

Gambar 3.17 Banner Promosi DID

Gambar 3.18 Report Mailchimp DID

Gambar 3.19 Backlink Pada Web TID3

Gambar 3.20 Media Sosial Pada DID

Gambar 3.21 Inbound DID Pada Web Lain

Gambar 3.22 Mind Mapping Project DID

Gambar 3.23 HIPO (Hierarchy plus Input Process Output)

Gambar 3.24 Prototype Halaman Utama Web DID

Gambar 3.25 Prototype Etalase Acara

Gambar 3.26 Prototype Tampilan Form Request Acara

Gambar 3.27 Prototype Renstra DID

Gambar 3.28Prototype Certificate Verification

Gambar 3.29 Prototype 3MT Raharja Competition

Gambar 3.30 Prototype Raharja Career

Gambar 3.31 Prototype What DID

Gambar 3.32 Prototype FAQ

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL SQUENCE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL HIPO

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di era modern kini, Indonesia sebagai negara berkembang dengan sumber daya alam yang melimpah. Sudah saatnya sumber daya manusia ikut serta untuk di kembangkan dan diciptakan. Maka perlu tersaji media penyelenggara acara, lomba, pelatihan, dan kompetisi untuk menunjang hal tersebut agar terwujud. Prestasi diri adalah karunia oleh Tuhan Yang Maha Esa yang diperoleh setiap individu yang dimiliki sejak lahir, di butuhkan suatu media untuk menjembatani kemampuan dan ilmu pengembangan dalam diri agar lebih terkelola dan memiliki banyak potensi dan manfaat bagi mahasiswa.

Perguruan Tinggi Raharja telah menciptakan suatu inovasi dalam menyelenggarakan acara, pelatihan, ataupun lomba dengan mengusung iMe yang di sebut dengan DID yaitu sudah wadah untuk sumbangsih karya dan kreatifitas para generasi muda khususnya para Pribadi Raharja dalam segala bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya DID tidak hanya sekedar menjadi ajang untuk menyalurkan bakat, namun juga sebagai tempat berbagi pengalaman dan mempunyai relasi pertemanan yang luas serta memiliki peluang prestasi dan informasi yang didapatkan.

Beberapa masalah dalam beberapa permasalah pada acara yang diselenggarakan belum terintegrasi pada satu tujuan atau himpunan informasi yang akurat, sehingga menyulitkan mahasiswa dalam mendapatkan media informasi yang aktual. Selain itu, setiap acara pasti memiliki panitia yang bertugas dalam penyelenggaraan jalannya suatu acara. DID berkesempatan untuk mempersembahkan sarana pendaftaran acara bagi penyelenggara acara (panitia) yang ingin acaranya ikut serta pada DID. Panitia merupakan perrangkat penting demi terselenggaranya suatu acara agar acara terkelola dengan baik dan lancar.

Dari latar belakang yang sudah di paparkan diatas, maka penulis untuk ingin mecoba menganalisa terhadap DID pada Perguruan Tinggi Raharja dalam sebuah laporan penelitian ilmiah dengan judul “Penerapan DID Berbasis ILearning Media Guna Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi”.

Rumusan Masalah

Dalam setiap penelitian maka terlebih dahulu di ketahui rumusan masalah, sebagai rincian pertanyaan yang menjadi hal penting dalam melakukan analisa. Selanjutnya akan di proses jawaban melalui pengumpulan data dari rumusan masalah tersebut dengan pemecahan masalah.

Berdasarkan latar belakang dari penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, penelitian ini secara detail berhubungan dengan acara pada DID. Maka dengan analisa tersebut penulis dapat merangkum beberapa hal penting dari masalah laporan penelitian. Adapun masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu:

  1. Bagaimana cara mendaftarkan diri dan acara yang dapat di akses secara online?

  2. Bagaimana penerapan SSO (Single Sign On) sebagai perangkat login didalam DID?

  3. Bagaimana menciptakan suatu media yang mampu membantu meningkatkan prestasi mahasiswa?

Ruang Lingkup Penelitian

Pada ruang lingkup dalam penelitian ini dibatasi oleh sistem yang memberikan fasilitas kepada seluruh civitas Perguruan Tinggi Raharja yang terhimpun pada website DID yang digunakan sebagai media acara atau menjadi media penunjang prestasi mahasiswa agar kemampuan dan bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan terkelola secara integritas, adapun diantaranya yaitu:

  1. Sebagai media yang berfokus untuk menyelenggarakan acara mengenai prestasi atau partisipasi mahasiswa yang terkoneksi dengan website DID.

  2. Saat login tidak lagi menggunakan username dan password lagi, melainkan hanya dengan menggunakan SSO (Single Sign On) yang sudah terkoneksi dengan email Rinfo, itu berlaku bagi penyelenggara acara yang sudah diberikan hak akses sebagai author.

  3. Dalam elisitasi final hanya dibatasi 15 tahapan pada pelengkapan DID, yaitu 10 functional dan 5 nonfunctiona.

  4. Bagi Pribadi Raharja dapat melakukan register untuk menyelenggarakan acaranya di DID dengan ketentuan yang ada.

  5. Bagi Non Pibadi Raharja dapat ikut serta untuk menyelenggarakan acara di DID, namun harus melakukan request email Rinfo terlebih dahulu.

  6. Media penunjang untuk mendapatkan PO (Penilaian Objektif) sidang komprehensif yang berupa sertifikat.

  7. Pribadi Raharja dapat mendaftarkan diri pada acara yang diselenggarakan oleh DID.

  8. Media penunjang untuk mendapatkan sertifikat partisipasi yaitu berupa sertifikat.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Penelitian adalah suatu hal untuk melakukan observasi dan pengamatan pada sebuah objek yang memiliki data yang masih perlu diketahui lebih dan menjadi penelusuran lebih lanjut dalam sebuah pemecahan suatu masalah.

Tujuan Penelitian merupakan memperoleh data untuk menjadi media sebagai bahan referensi dalam menemukan suatu permasalahan atau sebagai data dalam suatu pengembangan penelitian. Maka dalam hal ini tujuan dari penelitian sangat berkaitan dengan rumusan masalah yang ditemukan, lalu hasil dari pemecahan masalahnya berada pada akhir dari sebuah penelitian yaitu terletak pada kesimpulan. Selain itu berkaitan juga dengan beberapa macam penelitian yang akan dilakukan. Ada 3 (tiga) tujuan dalam penelitian, yaitu :

  1. Sebagai media yang berfokus untuk menyelenggarakan acara mengenai prestasi atau partisipasi mahasiswa yang terkoneksi dengan website DID.

  2. Untuk memudahkan user DID dalam melakukan login yaitu dengan menggunakan email Rinfo yang terkoneksi oleh platform google.

  3. Sebagai media prestasi mahasiswa yang diselenggarakan oleh penyelenggara acara secara online

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian dipengaruhi oleh pemecahan suatu rumusan masalah yang telah tercapai sesuai dengan tujuan. Dalam penulisan Tugas Akhir ini dipaparkan ada 3 (tiga) manfaat dalam penelitian, yaitu :

  1. Memudahkan pengguna dalam menyelenggarakan dan mengikuti acara prestasi dengan media secara online.

  2. Pengguna DID dengan mudah melakukan login dengan mengaplikasikan email Rinfo untuk melakukan SSO (Single Sign On).

  3. Meningkatkan daya kemampuan diri mahasiswa sehingga memiliki sumber daya manusia yang bersinergi.

Konsep Dasar Data

Definisi Data

Sumber dari informasi yaitu data. Data adalah bentuk jamak dari bentuk tunggal data atau data item. Terdiri dari beberapa definisi data menurut para ahli, adapun penjabarannya dibawah ini :

  1. Menurut Thompson & Handelman pada sebuah buku Bambang Hartono (2013:15), Data merupakan pencapaian dari sebuah tolak ukur dan catatan oleh fakta tentang keadaan, tindakan, dan peristiwa.
  2. Menurut Davis pada buku Bambang Hartono (2013:16), Data merupkan bahan dasar mentah pada sebuah informasi.
  3. Pengertian data adalah penjelasan nyata yang berupa objek keadaan, peristiwa, manusia, hewan, dan lainnya yang di cantumkan ke dalam sebuah huruf, angka, simbol, bunyi, dan sebagainya. Sehingga data adalah kesatuan peristiwa dan catatan yang terekan kedalam bentuk nyata.

Berdasarkan dari beberapa penjelasan yang telah dikemukakan, dapat diberikan kesimpulan bahwa data merupakan keadaan, peristiwa, catatan nyata yang memiliki data yang beguna untuk penyusunan keterangan, menarik kesimpulan, dan sebuah informasi.

Klasifikasi Data

Menurut Sutabri (2012:3), pada data ini dapat diklasifikasikan menurut sumber, jenis, dan sifat. Berikut ini merupakan pengelasan klasifikasi data di bawah ini :

Klasifikasi data menurut sumber data, adalah :

  1. Data Internal

    Data Internal yaitu dat asli sebagai hasil dari penelitian yang dilakukan, bukan diperoleh dari karya orang lain.

  2. Data Extenal

    Data eksternal yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian orang lain. Meski hasil karya orang lain, seseorang diperbolehkan untuk menggunakan data sesuai dengan keperluannya.

Metode Penelitian

Pada penelitian ini penulis membutuhkan metode penelitian dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut.

Metode Pengumpulan Data

Menciptakan Perihal metode penelitian dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini, penulis akan menggunakan 3 (tiga) metode yaitu :

  1. Metode Observasi (Pengamatan)

    Metode ini dilakukan dengan pengumpulan data yang di amati secara langsung dan seksama kepada naungan dari iMe DID yaitu Perguruan Tinggi Raharja sebagai sumber memperoleh data yang dibutuhkan sesuai dengan jenis penelitian.

  2. Metode Wawancara

    Adalah metode tanya jawab yang ditujukan kepada narasumber yang berlokasi di Raharja Enrichment Centre (REC) pada Perguruan Tinggi Raharja. Wawancara ini ditujukan langsung kepada stalkholder yang bernama Padeli, M.Kom, sehingga informasi yang diperoleh berhubungan dengan daftar elisitasi.

  3. Metode Studi Pustaka

    Metode ini merupakan himpunan informasi tertulis dari kebutuhan suatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah secara akurat. Studi pustaka sebagai panduan untuk memperoleh informasi berupa karya ilmiah, laporan penelitian, media online, buku-buku, dan sumber-sumber yang berkaitan dengan iMe DID.

Metode Analisa Sistem

Adapun langkah penting dalam memperoleh informasi secara akurat untuk mencapai hasil suatu penelitian, sehingga menciptakan penelitian secara tepat guna. Analisa pada sistem ini dilakukan dengan Metode Analisa Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem yang baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk di eksekusi.

Terdiri dari Elisitasi Tahap I mengenai seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen dengan proses wawancara, Tahap II berdasarkan MDI (mandatory, Desirable, inessential), Tahap III diklasifikasikan melalui TOE (Teknikal, Operasional, Teknologi). Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi High (H), Middle (M), dan Low (L) : Mudah dikerjakan. Serta Final Draft Elisitasi tersusun secara sistematis untuk mencapai tujuan, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Metode Perancangan

Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan untuk menggambarkan dalam sebuah bentuk gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang bisa dimengerti oleh pemakai dengan mudah. Menggunakan Mind mapping sebagai kerangka penjelasan sistem, flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program, dan prototype sebagai tampilan dari perancangan sistem.

Metode Pengujian

Metode pengujian ini digunakan untuk menganalisa suatu identitas sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mengeleminisi suatu kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode Black box karena metode Black box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Berikut ini merupakan beberapa pengertian dan definisi sistem oleh para ahli, adapun diantaranya adalah :

  1. Dikutip oleh buku Bambang Hartono (2013:10). Menurut Bonita J. Campbel (1979) pada buku yang berjudul “Understanding Information System: Foundations for control” memukakan bahwa sistem merupakan “any group of interrelated components or parts which function together to achieve goal” yang berarti kumpulan dari beberapa bagian yang saling berhubungan bersama-sama berfungsi untuk mencapai tujuan.

  2. Menurut Jogiyanto H.M. (2010:34), menjelaskan bahwa pengertian sistem merupakan tahapan pendekatan komponen dengan pendekatan prosedur.

  3. Oleh pendekatan komponen sistem dapat diartikan sebagai himpunan beberapa prosedur yang memiliki pencapaian tertentu.

  4. Oleh pendekatan prosedur sistem dapat diartikan sebagai himpunan dari komponen, yang saling berkaitan satu sama lain sehingga menjadi kesatuan untuk mencapai tujuan.

  5. Dikutip oleh buku Bambang Hartono (2013:10). Rainer Saurborn, dan Claude Bodart (2000) pada buku “Design and Implementation of Health Information System” adalah sistem sebagai“any collection of componnet that work togenther to achieve a common objective” (Himpunan beberapa komponen yang di lakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama).

Dari penjelasan sistem yang sudah di kemukakan di atas, maka sebuah sistem seperti sistem informasi maka akan lebih mudah untuk di pelajari dan dipahami, selain itu juga dapat dirancang bila di masukkan ke dalam pendekatan komponen. Oleh karena itu, pada laporan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan komponen untuk menjelaskan.

Karakteristik Sistem

Menurut Jogiyanto H.M (2010:14), sistem memiliki minimal sepuluh karakteristik adapun penjabarannya di bawah ini :

  1. Lingkungan (environment). Semua hal yang terdapat diluar sistem yang dapat memberikan keuntungan dan kerugian pada sistem yang diteliti.

  2. Penghubung antarbagian (interface). Suatu interaksi antarbagian yang saling berkomunikasi dalam suatu media sebagai penghubung pada satu bagian ke bagian yang lain.

  3. Masukan (input). Adalah bahan yang menjadi dasar untuk di olah dan diproses pada sistem.

  4. Komponen (components). Beberapa elemen dan bagian yang berupa manusia atau benda yang disebut subsistem yaitu elemen berbentuk abstrak atau nyata.

  5. Mekanisme proses (processing). Langkah-langkah dan proses untuk mengolah masukan menjadi keluaran lalu ditampilkan.

  6. Batas (boundary). Merupakan pembeda pada satu sistem dengan sistem yang lainnya.

  7. Umpan-balik (feedback). Suatu informasi mngenai perubahan dalam penyimpangan dan perubahan pada lingkungan dalam diri sistem.

  8. Keluaran (output). Hasil pengeluaran dari sebuah pengolahan pada sebuah sistem.

  9. Sensor dan kendali (sensor & control). Bertugas untuk mengamati dan memberikan informasi perubahan yang terjadi dalam dalam diri sistem dan lingkungannya.

  10. Tujuan (objective/goal). Suatu pencapaian oleh sistem dalam jangka waktu yang panjang ataupun pendek demi kesepakan bersama.

Klasifikasi Sistem

Menurut Jogiyanto (2010:53), suatu sistem dapat diklasifikasikan sebagai sistem abstrak (abstract ) lawan sistem fisik (physical system) , sistem alamiah (natural system) lawan sistem buatan manusia (human made system), sistem pasti (deterministic system) lawan sistem probabilistik (probabilistic system), dan sistem tertutup (closed system) lawan sistem terbuka (open system).

Sistem informasi termasuk ke dalam klasifikasi sistem fisik, sistem terbuka, sistem buatan manusia, dan sistem pasti. Pada sistem fisik, memiliki beberapa komponen fisik. Sistem terbuka sebuah lingkungan luar dalam sistem informasi baik dari di lingkungan atau sesuatu diluar lingkungan perusahaannya. Sistem buatan manusia merupakan sistem yang dirancang oleh manusia dalam sebuah sistem. Sistem pasti, merupakan hasil dari sistem ini sudah sesuai dengan ketentuan dengan pemiliknya.

Konsep Dasar Sistem

Definisi Informasi

Terdapat beberapa jenis pengertian dari sistem informasi yang di peroleh dari para ahli, adapaun diantaranya adalah :

  1. Pada buku Bambang Hatono (2013:16). Sauerbom, Lippeveld, dan Bodart (2000) sistem informasi merupakan kumpulan komponen yang saling berkaitan, sehingga jika sudah diolah maka akan berguna pada penelitian yang besangkutan.

  2. Sutabri (2012:29), “Informasi merupakan data yang sudah di klasifikasika yang digunakan pada proses sebuah pengambilan keputusan.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa informasi yaitu data yang di proses, di susun, dan di lakukan dengan keperluan tertentu.

Fungsi Informasi

Menurut Sutabri (2012:31), faktor utama untuk fungsi dari infromasi yaitu dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan yang di sampaikan pemakainya yang menjadi hasil dari data yang sudah diproses menjadi sebuah keputusan. Namun sebagian besar dalam pengambilan keputusan, tidak diimbangi dengan data yang akurat sehingga kemungkinan mengurangi informasi yang menjadi resiko pada tingkat-tingkat penelitian yang berbeda-beda.

Siklus Informasi

Menurut Sutabri (2012:33), data yang diproses melalui media informasi, lalu si penerima akan mendapatkan informasi tersebut untuk melakukan tidak lanjutan dari keputusannya.

Kegiatan yang dilakukan si penerima menjadi sebuah data yang baru. Data yang dikirimkan akan diperoleh sebagai data masuk (input) dan diproses kembali melalui sebuah model, dan seterusnya sampai membentuk sebuah siklus. Maka siklus inilah yang dissebut dengan “Siklus Informasi” (Information Cycle).

Jenis-jenis Informasi

Menurut Sutabri (2012:34), dapat di peroleh sebuah kesimpulan bahwa informasi pada manajemen disklasifikasikan dari beberapa aspek, dapat dipaparkan dibawah ini:

  1. Informasi berdasarkan syarat Sebuah informasi mesti memiliki dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh seoang manajer untuk melakukan selesksi pada perolehan keutusan yang harus cepat dilakukan.

  2. Informasi berdasarkan dimensi waktu Informasi yang berdasarkan dimensi waktu terdiri dari 2 (dua) macam

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa informasi yaitu data yang di proses, di susun, dan di lakukan dengan keperluan tertentu.

Nilai Informasi

Menurut Sutabri (2012:37), dalam suatu nilai informasi oleh 2 (dua) hal, ialah biaya dan manfaat untuk memperolehnya. Infrormasi dapat dikatakan bernilai jika manfaat yang di dapat lebih banyak dan efektif dibandingkan dengan biayanya. Untuk pengukuran nilai informasi biasanya dikaitkan dengan analisis cost effectivess atau cost benefit.

Kualitas Informasi

Menurut Sutabri (2012:41), kualitas sebuah informasi terdiri dari 3 (tiga) macam, yaitu :

  1. Akurat (Accurate)

    Informasi akurat harus bebas dari permasalahan dan informasi yang tidak jelas. Informasi yang memiliki data yang jelas mencerminkan tujuannya merupakan suatu informasi yang akurat.

  2. Tepat Waktu (Timeline)

    Infomasi yang diterima harus tepat waktu dan tidak boleh terlambat, karena jika terlambat maka informasi yang didapatkan tidak dapat dibutuhkan dan tidak memiliki nilai lebih dalam pengambilan keputusan.

  3. Relevan (Relevance)

    Informasi yang di dapatkan oleh si pemakainya memiliki nilai dan manfaat yang didapatkan.

Konsep Dasar Informasi

Definisi Sistem Informasi

Definisi sistem informasi dapat di jabarkan menurut ahli, yaitu sebagai berikut :

Menurut Sutabri (2012:46), sistem infomasi merupakan sebuah sistem yang terdapat di dalam organisasi yang menggabungkan kebutuhan proses transaksi harian yang mendukung fungsi operasi kelompok yang bersifat manajerial dengan strategi kelompok untuk menyajikan beberapa laporan kepada pihak yang memerlukan.

Menurut Sutaman (2012:13), “Sistem informasi ialah sistem yang artikan dengan pengumpulan data, menganalisa, memproses, menyimpan, dan menyebarkan infromasi untuk tujuan tertentu. Sistem informasi teridiri atas input (instruksi, data) dan output (kalkulasi, laporan)”.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang terbangun dari pengumpulan data, menganalisa, memproses, menyimpan, pengolahan maka menjadi tercapainya sebuah informasi yang mendukung dalam pengambilan keputusan pada organisasi demi mencapai tujuannya.

Komponen Sistem Informasi

Menurut Mustakini (2009:43), input adalah data yang di input ke dalam sistem informasi. Elemen ini harus ada sebab merupakan awal dasar dalam proses informasi.

Sistem informasi yang tidak memiliki komponen input maka sistem infomasi tersebut tidak menghasilkan sebuah informasi. Jika sistem informasi tidak pernah sama sekali mendapatkan input, namun dapat menghasilkan output, maka kedua hal ini akan saling berkaitan dan akan menghasilkan sebuah infomasi. Sehingga menjadi kesatuan sistem informasi yang dapat diolah dan jika belum dibutuhkan maka dapat menyimpannya di storage yang berupa database.

Klasifikasi Sistem Informasi

Sistem informasi dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan setiap organisasi. Oleh karena itu, dalam mengimplementasikan sistem agar efisien dan efektif maka dibutuhkan perancangan, pengaturan, pelaksanaan, dan evaluasi yang sesuai dengan keinginan setiap organisasi.

Adapun klasifikasi sistem informasi adalah sebagai berikut :

  1. Sistem informasi yang didasarkan pada level organisasi.

  2. Dikelompokkan ke dalam level fungsional, level operational, dan level manajerial.

  3. Sistem informasi yang didasarkan pada fungsionalitas bisnis.

  4. Dikelompokkan ke dalam sistem informasi akuntansi, manufaktur, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran.

  5. Dikelompokkan ke dalam sistem informasi kesehatan, perbankan, akademik, perhotelan, dan asuransi.

  6. Sistem informasi berdasarkan aktifitas manajemen.

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan sistem informasi ialah memberikan hasil informasi (Information) yang berupa data yang diproses berubah menjadi data bentuk yang bermanfaat bagi pemakainya. (Jogiyanto H.M, 2010:13).

Berikut Tujuan sistem informasi terdiri dari manfaat, di antaranya :

  1. Kesederhanaan (Simplicity), sistem harus sederhana dan sistematis agar dapat mudah dipahami pada prosedur yang diikuti.

  2. Ekonomi (Economic), segala hal yang menyangkut dengan sistem seperti mesin, penngaturan, dan laporan lebih baik biaya yang diperlukan tidak berlebihan.

  3. Pelayanan Layanan (Customer Service), sistem harus berstruktur secara baik, ramah kepada para customer, sehingga sistem yang bersangkutan dapat menjadi daya tarik dan diminati customer.

  4. Kegunaan (Usefulness), nilai guna sistem tersebut sesuai dengan tujuan ingin di capai.

  5. Fleksibilitas (Fleksibilyty), dalam hal ini sistem mesti memiliki sifat fleksibel dimana sistem tergantung dari perubahan dan kondisi yang terjadi sehingga menjadi kepentingan yang wajib dibutuhkan oleh suatu organisasi.

  6. Keandalan (Reability), sistem harus mampu berguna dengan efektif pada saat komponen manusia tidak hadir atau komponen mesin yang tidak beroperasi secara kebutuhan.

Konsep Dasar Analisa Sistem

Definisi Analisa Sistem

Menurut Agus Mulyanto (2009:125), Analisa sistem ialah materi umum sebagai sebuah landasan konseptual yang memiliki pencapaian untuk mengubah segala fungsi pada sistem yang sedang berjalan agar menjadi lebih baik dan lebih efisien, memperbaiki target sistem yang sedang berjalan, merubah atau merencanakan output yang sedang berjalan, dalam mencapai tujuan bersama dengan menggunakan sebuah input yang lebih sederhana atau lebih interaktif untuk memperbaiki perubahan tersebut.

Menurut Yakub (2012:142), Analisa sistem dapat didefinisikan suatu pengolahan untuk memahami pada sistem yang tersedia, yaitu dengan melakukan analisa prosedur aturan, penjelasan dari tugas, rancangan yang di buat oleh perusahaan, proses dalam bisnis, dan rumusan masalah dan solusi permasalahan.

Dari penjelasan oleh para ahli di atas, maka dapat dsimpulkan bahwa analisis sistem adalah sebuah pengolahan sistem yang diperuntukkan sebagai landasan konseptual yang memiliki pencapaian untuk mengubah segala fungsi yang terdapat di dalam sistem untuk lebih baik.

Tahap-Tahap Analisa Sistem

Menurut Agus Mulyanto (2009:126), Tahap-tahap dalam analisis sistem ialah tahap yang sangat berperan penting, karena jika ada kesalahan yang ditimbulkan maka akan menyebabkan juga kesalah pada tahap berikutnya. Pada tahapan ini adalah tahap yang mudah, bila client paham pada masalah yang dialami oleh organisasinya dan sangat mengetahui kegunaan dari sistem informasi yang ingin dilakukan.

Menurut Agus Mulyanto (2009:129), Analisis sistem memiliki tahap-tahap dasar yang harus di kerjakan oleh seorang analis sistem, dapat diuraikan di bwaha ini :

  1. Identify, adalah pengolahan yang bertujuan untuk mengetahui suatu masalah.

  2. Understand, adalah memahami betul dengan cara kerja dari sistem yang tersedia.

  3. Analysis, adalah melakukan pengamatan atau analisa pada sistem yang ada.

  4. Report, adalah catatan sebuah laporan hasil dari analisa yang di lakukan dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi Analisis Sistem

Dalam analisa sistem terdiri dari 4 (empat sistem), yaitu :

  1. Menyatakan secara khusus dari target yang ingin harus dicapai untuk digunakan pada kebutuhan pemakai.

  2. Menentukkan metode dalam pemecahan suatu permasalahan secara efisien dan akurat.

  3. Menentukkan metode dalam pemecahan suatu permasalahan secara efisien dan akurat.

Melakukan rencana dan implementasi pada sistem. Pada fungsi terakhir analisa sistem yang di rancang nantinya akan di implementasikan, dan rancangan sistem akan di terima oleh pemakai.

Lokasi Penelitian

Pada penelitian ini dengan judul “Penerapan DID Berbasis ILearning Media Guna Meningkatkan Prestasi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi” dilakukan di ruang penelitian yang dinaungi oleh Perguruan Tinggi Raharja yaitu Raharja Enrichment Centre (REC).

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Tugas Akhir ini dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini disajikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini disajikan tentang landasan teori yang berisi teori umum yang mengenai konsep dasar internet, definisi online, definisi media, konsep dasar Perguruan Tinggi, dan penerapan. Teori khusus membahas mengenai penjelasan-penjelasan mengenai konsep dasar wordpress, dasar penyelenggara acara, konsep dasar SSO (Single Sign On), dasar website, dasar iLearning Media, dasar ilearning, dasar mailchimp, konsep dasar DID, konsep dasar UML, konsep dasar TPi, konsep dasar FIR, konsep dasar prestasi, dasar requirement elicitation, definisi HIPO, konsep dasar flowchart, dan konsep dasar literature review.

BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

Di dalam bab ini menyajikan deskripsi umum dan asal mula sejarah Perguruan Tinggi Raharja, tata laksana sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi. Yaitu elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, flowchart, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya.

BAB IV PENUTUP

Bab ini merupakan penyempurnaan dari semua yang telah dicapai pada masing-masing bab sebelumnya. tersusun atas kesimpulan dan saran-saran.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

1. Definisi Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:22), Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi dalam sistem tersebut.

2. Karakteristik Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:20)[1], sebuah sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai suatu sistem. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Konsep Dasar Informasi

Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Teknologi Informasi

Teori Khusus

1. Definisi

Literature Review

BAB III

ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Gambaran Umum Perusahaan

Sejarah Singkat Perusahaan


Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Tugas dan Tanggung Jawab

Tata Laksana Sistem Yang Berjalan


Rancangan Prosedur

Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran

User Requirement

Rancangan Basis Data

Normalisasi

Spesifikasi Basis Data

Flowchart

Rancangan Program

Rancangan Prototipe

Konfigurasi Sistem Usulan

Spesifikasi Hardware

Aplikasi Yang Digunakan

Hak Akses

Testing

Evaluasi

Implementasi

Schedule

Penerapan

Estimasi Biaya

BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah

Kesimpulan Terhadap Tujuan dan Manfaat Penelitian

Kesimpulan terhadap metode penelitian

Saran

Kesan

DAFTAR PUSTAKA

  1. Sutabri, Tata. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset

DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Julipah