TA1333376120

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI


TUGAS AKHIR

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376120
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI ARTIFICIAL INFORMATICS

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

2015/2016

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR

 

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

 


Disahkan Oleh :

Tangerang, 05 Oktober 2016

Direktur
       
Kepala Jurusan
AMIK Raharja Informatika
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Diah Aryani, S.T., M.Kom)
NIP : 000603
       
NIP : 010413

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Disetujui Oleh :

Tangerang, 05 Oktober 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Khanna Tiara, S.Kom)
   
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
NID : 14013
   
NID : 99001

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, 05 Oktober 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
()
 
()
 
()
NID :
 
NID :
 
NID :

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

 

LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR

 

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 133337610
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 05 Oktober 2016

 
 
 
NIM : 1333376120

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

At the Perguruan Tinggi Raharja there is a website called Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) i.e. storage media CV (Curriculum Vitae), the article and the CTF/TA/THESES are made by the Private Raharja. When writing an article or information sometimes we as authors unconsciously made the mistake of writing and performing acts of plagiarism that was accidentally not realized by the author. Because of these problems, the current Thistle need a system that can review the article and scan services of plagiarism to be able to figure out how big the level of plagiarism committed by the students who create articles on Thistle. At this time when students create articles on the Thistle, and the article is write error or less beneficial then it will do a review against the article so that the article can be improved so that the article can be useful and be qualified as well as the information to be submitted by the author to the reader can be channel. Checking for plagiarism and Widuri teamed with FGR (First Generation Resources) that a service professional services which is a plagiarism scan services sales where the service is aimed at the prevention of plagiarism because using FGR we can know the level of plagiarism. To formulate the implementation review article it is possible to use the elisitation system analysis method. The existence of review articles and FGR in Thistle will produce a useful article and qualified because it was no longer a write error and plagiarism.

Keywords : Widuri, reviews, articles

ABSTRAK

Pada Perguruan Tinggi Raharja terdapat website yang bernama Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) yaitu media penyimpanan CV (Curriculum Vitae), artikel dan KKP/TA/SKRIPSI yang di buat oleh para Pribadi Raharja. Ketika menulis sebuah artikel atau informasi adakalanya kita sebagai penulis tanpa sadar melakukan kesalahan penulisan dan melakukan tindakan plagiarisme yang tanpa sengaja tidak disadari oleh penulis. Karena permasalahan tersebut, saat ini Widuri membutuhkan sebuah sistem yang dapat mereview artikel dan jasa scan plagiarisme agar dapat mengetahui seberapa besar tingkat plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa yang membuat artikel pada Widuri. Pada saat ini ketika mahasiswa membuat artikel pada Widuri, dan artikel tersebut terdapat kesalahan penulisan atau kurang bermanfaat maka akan dilakukan review terhadap artikel tersebut agar artikel tersebut dapat diperbaiki sehingga artikel tersebut dapat bermanfaat dan menjadi berkualitas serta informasi yang akan disampaikan oleh penulis kepada para pembaca dapat tersalurkan. Dan untuk pengecekan plagiarisme Widuri bekerja sama dengan FGR (First Generation Resources) yaitu sebuah jasa professional services yang merupakan penjualan jasa scan plagiarism dimana jasa ini bertujuan untuk pencegahan plagiat karena dengan menggunakan FGR kita dapat mengetahui tingkat plagiarisme. Untuk merumuskan penerapan review artikel dimungkinkan menggunakan metode analisa sistem elisitasi. Dengan adanya review artikel dan FGR pada Widuri akan menghasilkan artikel yang bermanfaat dan berkualitas karena sudah tidak ada lagi kesalahan penulisan dan plagiarisme.


Kata Kunci: Widuri, Review, Artikel


KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Tugas Akhir penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Ahli Madya untuk jenjang D3 di perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Tugas Akhir ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.
  2. Bapak Padeli, M.Kom selaku Pembantu Direktur I (Pudir I) AMIK Raharja Informatika.
  3. Ibu Ibu Diah Aryani, ST., M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Ibu Khanna Tiara, S.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. .Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengetahuan kepada penulis.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan.
  7. Bapak Erick Febriyanto, S.Kom selaku Stakeholder Laporan Tugas Akhir yang telah membantu penulis mendapatkan data selama penulis melakukan riset di Perguruan Tinggi Raharja.
  8. Kepada keluarga tercinta khususnya kepada Ayah tercinta Suparjo dan Ibu Suhartini yang telah memberikan dukungan moril, materil, maupun do’anya sehingga dapat terselesaikannya laporan ini dengan baik.
  9. Ahmad Hasyim yang selalu memberikan semangat dalam setiap proses penyusunan Tugas Akhir ini.
  10. RRekan-rekan teman jurusan Artificial Informatics.
  11. Rekan-rekan TIMUR1 (Baiq Aneji Pahad, Danny Pratama, Deddy Pratama, Dimas Pangestu, Dita Lintang Nuraini, Dwiki Fahkiandhini, Endah Nirmala Dewi, Fanni Oktaviani, Ika Amalia, Julipah Al Munawaroh, Komala Dwi Pertiwi, Lily Ratna Sulastrini, Maya Ima Erviani, Nuril Huda, Nursam Somantri, Reza Alfiansah, Ria Utami, Rista Meytasari, Rizky Agustian, Wulan Lestari, Yeti Faradisa).
  12. Team Gluwing (Dwiki Fahliandhini, Nursam Somantri, Ridwan Kurniaji, Yeti Faradisa) yang telah memberikan dukungan dan mengerjakan laporan ini secara bersama.
  13. Seluruh anggota REC khususnya kepada Yuliana Isma Graha yang telah memberikan dukungan dan masukan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Tugas Akhir ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan. Akhir kata penulis mengucapkan banyak terimakasih, semoga laporan Tugas Akhir ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan pembaca.


Tangerang, 05 Oktober 2016
Iis Ariska Rosalinda
NIM. 1333376120

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja

Tabel 3.2 Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1. Logo Widuri Wayang

Gambar 2.1. Logo Widuri

Gambar 2.2. Ten Pillar IT iLearning (TPi)


DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL FLOWCHART

DAFTAR SIMBOL HIPO

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam menulis sebuah artikel atau karya ilmiah adakalanya terjadi kesalahan penulisan yang tanpa sengaja tidak disadari oleh seseorang yang menulis artikel tersebut. Kesalahan yang terjadi dalam penulisan bisa mengakibatkan informasi yang disampaikan dalam bentuk laporan tersebut akan menjadi bias. Penyusunan dan penyajian artikel atau karya ilmiah bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi kepada para pembaca. Untuk menjaga informasi yang sampai kepada para pembaca tidak salah dan keliru maka artikel atau karya ilmiah yang ditulis harus bebas dari kesalahan yang bergerak di bidang komputer.

Perguruan Tinggi Raharja adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi (TI). Selain itu Perguruan Tinggi Raharja telah menerapkan pembelajaran iLearning untuk pembelajaran para Pribadi Raharja. Dengan hadirnya teknologi tersebut para pengguna dan penyedia informasi dapat berinteraksi dengan baik. Perguruan Tinggi Raharja telah memiliki fasilitas TPi (Ten Pillar IT iLearning), yaitu sepuluh pilar yang saling terintegrasi satu sama lain. Kesepuluh pilar tersebut yaitu Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning), Rinfo (Raharja Info), iDuHelp!, iMe (Ilearning Media), Rooster (Role Online System Ticketing Raharja), iSur (iLearning Survey), Magics (Multimedia Audio Gallery iLearning Community and Services), iRan (iLearning Raharja Ask and News), iDu (iLearning Education), dan iRme (iLearning Raharja Multimedia e-Portofolio).

Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) adalah salah satu dari Ten Pillar IT iLearning yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Raharja yang digunakan oleh Pribadi Raharja sebagai tempat untuk menulis berbagai macam informasi dan menyimpan hasil karya ilmiah berupa laporan KKP/TA/Skripsi. Fasilitas kepada mahasiswa adalah hal yang utama dan menjadi suatu tujuan yang harus dicapai guna memberikan kepuasan dan kemudahan memperoleh informasi yang dibutuhkan bagi mahasiswa dan untuk menambah informasi. Dengan sistem informasi yang lebih baik maka mahasiswa pun tidak akan kecewa. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu sistem khusus pada Widuri untuk melakukan review artikel agar artikel yang memiliki kesalahan penulisan dapat dideteksi dan diperbaiki.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terhadap sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir dengan judul : “Penerapan Sistem Widuri Berbasis Mediawiki Sebagai Media Review Artikel Pada Perguruan Tinggi”.

Dengan adanya media review artikel atau karya tulis mahasiswa pada Widuri maka diharapkan mahasiswa dapat menulis dan membuat karya tulis yang lebih baik dan lebih kreatif sehingga memunculkan banyak ide yang lebih bermanfaat dalam menulis. Menurut Sutarman (2012: 3)[1], “Data adalah fakta dari sesuatu pernyataan yang berasal dari kenyataan, di mana pernyataan tersebut merupakan hasil pengukuran atau pengamatan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan darinya”. Dan juga terdapat website yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengetahui informasi berbagai macam cara menulis karya tulis yang baik. Menurut Sutabri (2012: 29[2], “Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau di interprestasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan”.

Widuri Wayang merupakan operator yang mendeteksi karya tulis yang baru masuk di Widuri agar diperiksa kata-perkatanya supaya tidak ada lagi karya tulis yang sembarang di Widuri. Widuri Wayang ini dijadikan salah satu kegiatan tridharma pada Perguruan Tinggi Raharja. Dimana pada kegiatan Widuri Wayang ini dibuat untuk menunjang kegiatan para mahasiswa/i Perguruan Tinggi Raharja dalam melakukan pengabdian di kampus dengan periode tertentu. Widuri Wayang itu sendiri mempunyai tujuan yaitu untuk membantu para Pribadi Raharja agar membuat karya tulis yang baik sesuai dengan prosedur Widuri. Hal ini juga dapat menjadikan artikel yang berada pada widuri artikel yang berkualitas tidak asal copy paste karena akan ada scan plagiarismenya juga.

Gambar 1.1. Logo Widuri Wayang
Sumber: http://widuri.ilearning.me/

Widuri Pandu merupakan user atau seseorang yang membuat karya tulis di Widuri. Seorang Widuri Pandu dalam membuat karya tulis harus mematuhi ketentuan penulisan yang ada pada Widuri, agar Widuri Pandu dapat menjadi penulis yang baik. Setelah posting halaman selesai di buat, maka Widuri Pandu harus menunggu hasil review dari Widuri Wayang.


Rumusan Masalah

Pada dasarnya dalam menyelesaikan masalah harus melalui penelitian bertujuan untuk mendapatkan pemecahan yang berasal dari masalah tersebut. Masalah atau problem adalah sesuatu kesenjangan dengan harapan apa yang terjadi. Sedangkan rumusan masalah adalah adanya suatu pertanyaan yang nantinya di temukan jawaban melalui pengumpulan data. Untuk sebuah penelitian berawal dari rumusan masalah yang selanjutnya yaitu pemecahan masalah.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah, maka terdapat 3 rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana menciptakan sistem review? pada Widuri?

  2. Bagaimana tahapan Widuri Wayang dalam mereview karya tulis pada Widuri?

  3. Bagaimana cara Widuri Pandu mengetahui karya tulis yang dibuat telah di review oleh Widuri Wayang?


Ruang Lingkup Penelitian

Untuk memudahkan penyusunan laporan Tugas Akhir dan karena luasnya permasalahan yang ada tentang media review dan setiap manusia mempunyai gagasan serta pemikiran yang berbeda-beda antara media yang satu dengan yang lainnya terhadap suatu hal. Maka penulis memberikan batasan ruang lingkup agar berjalan dengan baik dan lebih terarah dan dapat berjalan sesuai kebutuhan karena terdapat permasalahan yang begitu luas oleh karena itu harus terdapat batasan masalah. Adapun batasan masalah pada laporan Tugas Akhir ini terdiri dari : Penelitian ini berfokus pada masalah review karya tulis pada Widuri, dapat menciptakan sistem review pada Widuri, Penelitian ini berfokus pada mahasiswa/i Raharja.

Penelitian ini memberitahukan langkah-langkah Widuri Wayang dalam mereview karya tulis pada Widuri, memberitahukan kepada Pribadi Raharja tentang kesalahan penulisan karya tulis yang di buat oleh Pribadi Raharja. Penelitian ini hanya diimplementasikan pada Perguruan Tinggi Raharja. Penelitian ini berfokus pada Pribadi Raharja. Penelitian ini hanya sebagai tempat review di Widuri pada Perguruan Tinggi Raharja. Pada penelitian ini telah dibuktikan melalui final draft elisitasi.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah aspek-aspek untuk memperoleh dalam melakukan suatu penelitian. Oleh karena itu sangat berkaitan dengan jenis penelitian yang dilakukan. Tujuan berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditentukan dan pada jawaban terdapat pada kesimpulan penelitian. Tujuan penelitian dijabarkan, seperti biasa menggunakan kata-kata kerja pembuka diantaranya : menjelaskan, menemukan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, menemukan hubungan, memperoleh data atau pengetahuan maupun keterangan tentang peneliti.

Tujuan dari penelitian ini diantaranya :

  1. Untuk memudahkan Widuri Wayang dalam mereview karya tulis yang di buat oleh Widuri Pandu pada Widuri.

  2. Menciptakan sistem yang dapat mereview karya tulis pada Widuri.

  3. Menciptakan kemudahan untuk Widuri Pandu dalam mengetahui karya tulis yang dibuat telah di review oleh Widuri Wayang.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian yaitu masalah dari tercapainya tujuan dan akan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Manfaat yang terdapat pada penelitian ini terdiri dari :

  1. Dapat memudahkan Widuri Wayang dalam mereview karya tulis yang di buat oleh Widuri Pandu sehingga mengurangi terjadinya kesalahan penulisan dalam membuat karya tulis.

  2. Seluruh CV (Curriculum Viate) Pribadi Raharja yang terdapat pada Widuri dapat di review oleh Widuri Wayang.

  3. Sistem dapat memberikan kemudahan untuk Widuri Pandu dalam mengetahui karya tulis yang dibuat telah di review oleh Widuri Wayang.

Metode Penelitian

Pada penelitian ini penulis membutuhkan metode penelitian dalam pembuatan laporan Tugas Akhir yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut :

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini, maka digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut, yaitu:
  1. Metode Pengamatan (Observation Research)

    Menurut Rapina (2011: 15)[3], Observasi merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke tempat yang dijadikan objek penelitian. Penelitian ini dilakukan pengamatan selama 4 bulan secara langsung yang terdapat pada proses review karya tulis Pribadi Raharja pada Widuri yang dilakukan pada Perguruan Tinggi Raharja. Hasil dari pengamatan yang dilakukan peneliti yaitu dapat mengumpulkan data sebagai informasi untuk membantu proses analisa pembuatan sistem ini.

  2. Metode Wawancara (Interview Research)

    Menurut Rapina (2011: 15)[3], Wawancara merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data dengan cara menanyakan secara langsung kepada pihak yang berkaitan dengan penelitian. Metode yang dilakukan dengan menggunakan cara tanya jawab dengan seseorang atau beberapa narasumber di tempat atau lokasi di mana objek penelitian dilakukan yaitu pada Perguruan Tinggi Raharja. Metode wawancara ini dilakukan bersama Bapak Erick Febriyanto, S.Kom yang menjadi stakeholder pada penelitian ini. Hasil wawancara yang telah saya lakukan tertuang dalam link berikut http://timur.ilearning.me/2016/05/13/hasil-wawancara-dengan-stakeholder-erick-febriyanto-s-kom/.

  3. Studi Pustaka

    Menurut Rapina (2011: 15)[3], Studi pustaka merupakan mencari dan mengumpulkan bahan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti untuk memperoleh data sekunder dengan membaca, mempelajari, dan mendalami literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Metode studi pustaka ini digunakan untuk mendapat data dengan cara mempelajari dari sumber (literature), buku, jurnal, dan informasi yang berasal dari internet untuk mendapatkan data yang berkaitan dalam menunjang kelengkapan data.

Metode Analisa Sistem

Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisa pada elisitasi yang terdiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi dengan tercapainya strategi pada penelitian ini. Strategi yang dihasilkan juga telah memiliki data yang kuantitatif. Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan di sanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

Metode Perancangan

Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan untuk menggambarkan dalam sebuah bentuk gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang bisa dimengerti oleh pemakai dengan mudah. Menggunakan Mind mapping sebagai kerangka penjelasan sistem, flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program, dan prototype sebagai tampilan dari perancangan sistem.

Metode Pengujian

Metode pengujian ini digunakan sebagai menganalisa suatu identitas sistem untuk mengevaluasi kondisi, mendeteksi, dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dibuat untuk meminimalisir pada kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Pada penelitian ini menggunakan metode Black box karena metode Black box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi sesuai yang diharapkan dan bisa berfungsi dengan benar.

Lokasi Penelitian

Penelitian ini yang berjudul “Penerapan Sistem Widuri Berbasis Mediawiki Sebagai Media Review Karya Tulis Pada Perguruan Tinggi” dilakukan di Raharja Enrichment Centre (REC) ruang penelitian yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.

Sistematika Penulisan

Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan Tugas Akhir terdiri dari beberapa bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini akan menjelaskan informasi tentang akar permasalahan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian, dan sistematika penelitian.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan tentang teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan, dan literature review.

BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

Pada bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, rancangan basis data, flowchart, rancangan program, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, estimasi biaya.

BAB IV PENUTUP

Bab ini merupakan penutup yang berisi kesimpulan dari hasil analisa dan rancangan sistem yang dilakukan serta saran-saran terhadap sistem yang diusulkan.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Internet

1. Definisi Internet

Secara harfiah, internet (kependekan dari inteconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung satu sama lain. Hubungan melalui suatu sistem antar perangkat komputer untuk lalu lintas itulah yang dinamakan network. (Darma dkk, 2009: 1)[4].

Internet (Interconnected Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan antar jaringan secara global, internet dapat juga disebut jaringan dalam suatu jaringan yang luas. Seperti hal nya jaringan komputer local maupun jaringan computer area, internet juga menggunakan protocol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Internet merupakan medium yang sempurna untuk mendukung permintaan layanan, karena internet sanggup membawa jaringan yang luas dan basis kostumer yang besar.

Menurut eWolf Community (2012: 1)[5], “Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, yaitu jaringan komputer dalam skala dunia. Internet terdiri dari banyak jaringan komputer lokal yang saling terhubung sehingga membentuk jaringan global dengan segala macam aturan (protokol). Protokol utama yang digunakan saat ini adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yaitu sekumpulan aturan untuk komunikasi data antar komputer dalam suatu jaringan”. Dalam pengertian lain internet adalah komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu dan wilayah yang tak terbatas.


Berdasarkan pendapat para ahli yang dikemukakan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa internet adalah sebuah jaringan global yang dapat saling terhubung sehingga memungkinkan terjadinya penyebaran informasi yang sangat luas.

2. Sejarah Internet

Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubungan secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internet working. Sebelum internet ada, ARPAnet (US Advanced Researt Project Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Selanjutnya pemerintahan Amerika Serikat memberikan izin kearah komersial pada awal tahun 1990.

Definisi Media

Menurut Arsyad (2002)[6] “Mengatakan bahwa media (bentuk jamak dari kata medium) merupakan kata yang berasal dari bahasa latin medius, yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar”. Oleh karena itu, media dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media dapat berupa sesuatu Bahan (software) atau alat (hardware).

Dalam Buku Pengantar Ilmu Komunikasi (Cangara, 2006: 119)[7], Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Ada beberapa pakar psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, maka media yang paling dominasi dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti mata dan telinga. Pesan – pesan yang diterima selanjutnya oleh pancaindera selanjutnya diproses oleh pikiran manusia untuk mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu, sebelum dinyatakan dalam tindakan.

Association of Education and Communication Technology (AECT), mengatakan bahwa media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi.

Dari beberapa pendapat ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media adalah alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar, membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message) dan gagasan kepada penerima. Sedangkan media pendidikan adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perbuatan, minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi pada diri siswa.

Konsep Dasar Online

Secara umum, sesuatu dikatakan online apabila ia terkoneksi/terhubung dalam suatu jaringan atau ataupun sistem yang lebih besar. Beberapa arti kata lainnya yang lebih spesifik adalah sebagai berikut:[8]

  1. Dalam percakapan umum, jaringan/network yang lebih besar dalam konteks ini biasanya lebih mengarah pada internet, sehingga ‘online' menjelaskan status bahwa ia dapat diakses melalui internet.

  2. Secara lebih spesifik dalam sebuah sistem yang terkait pada ukuran dalam satu aktifitas tertentu, sebuah elemen dari sistem tersebut dikatakan online jika elemen tersebut beroperasional. Sebagai contoh, Sebuah instalasi pembangkit listrik dikatakan online jika ia dapat menyediakan listrik pada jaringan elektrik.

  3. Dalam telekomunikasi, istilah online memiliki arti lain yang lebih spesifik.

Suatu alat diasosiasikan dalam sebuah sistem yang lebih besar dikatakan online bila berada dalam kontrol langsung dari sistem tersebut. Dalam arti jika ia tersedia saat akan digunakan oleh sistem (on-demand), tanpa membutuhkan intervensi manusia, namun tidak dapat beroperasi secara mandiri di luar sistem tersebut.

Teori Khusus

Konsep Dasar Widuri

1. Definisi Widuri

Dikutip dari iMe Widuri[9], Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) merupakan sistem pelayanan informasi dengan menggunakan Wiki. Dimana pembaca dapat secara bebas mengakses dan membaca artikel serta informasi didalamnya. Dan pengguna terdaftar dapat membuat artikel baru yang belum tersedia serta memperbaiki artikel yang telah ada atau dibuat oleh orang lain. Sehingga Widuri mendukung pembuatan artikel yang terkolaborasi. Artikel yang ada di Widuri selalu dalam tahap penyempurnaan, karena informasi yang terdapat didalamnya selalu berkembang.

Widuri dalam menunjang sistem pelayanan yang kolaboratif pada Perguruan Tinggi Raharja juga diharapkan dapat memberikan informasi yang terpercaya, sehingga mahasiswa tidak meragukan informasi yang didapatkan serta memudahkan dalam mengakses informasi.

Adapun artikel yang terdapat di Widuri antara lain :

  1. Artikel mengenai Perguruan Tinggi Raharja.

  2. Artikel mengenai profil Pribadi Raharja, baik mahasiswa maupun dosen pengajar Raharja.

  3. Artikel mengenai Laporan KKP/TA/Skripsi pada Perguruan Tinggi Raharja.

Dikutip dari iRAN[10], WIDURI itu kepanjangan dari Wiki iDu Raharja iLearning. Dilihat dari namanya wiki, WIDURI ini menggunakan media dari Wiki. Istilah Wiki yang dikutip dari Wikipedia adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu. Konsepnya mirip seperti Wikipedia. Istilah Wikipedia yang dikutip dari situs Wikipedia sendiri yaitu proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka. Namun Widuri memiliki arti dan keistimewaan sendiri.

Dikutip dari IT Roadmap[11], Widuri adalah media sharing dan kolaborasi yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja yang bisa digunakan oleh seluruh Pribadi Raharja. Widuri bisa digunakan untuk membuat laporan penelitian, CV, dan keperluan lainnya yang nantinya bisa menjadi sarana kolaborasi.

2. Keistimewaan Widuri

Widuri memiliki keistimewaan karena dapat mereview CV (Curriculum Vitae) dan artikel sehingga mengurangi kesalahan penulisan dan plagiarisme dengan bantuan FGR (First Generation Resources) sehingga mengurangi terjadinya kesalahpahaman dalam menangkap informasi yang ada pada artikel dan dapat mengetahui seberapa besar tingkat plagiarisme yang terdapat dalam suatu artikel.

3. Logo Widuri

Logo merupakan gambar yang digunakan sebagai tanda pengenal yang mewakili suatu produk yang digunakan untuk memudahkan seseorang untuk menghafal dan mengenali suatu produk dan juga agar tidak tertukar produk yang satu dengan yang lainnya.

Logo juga memiliki filosofi yang sesuai dengan gambarnya. Seperti Widuri ini memiliki logo beserta filosofinya sebagai berikut :

  1. Tulisan Widuri berwarna hijau dapat diartikan seperti tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Jadi widuri ini bisa menjadi pertumbuhan dan pembaharuan yang lebih baik lagi.

  2. Lambang globe yang berwarna biru-putih, karena globe itu melambangkan dunia, sehingga widuri dapat mencangkup wawasan yang luas seperti Wikipedia.

  3. Lambang globe yang berwarna cerah melambangkan Pribadi Rraharja memiliki personal yang power full dan optimis dalam membuat artikel ilmiah secara luas.

  4. Garis yang berwarna hijau diartikan bahwa Pribadi Raharja tetap pada ruang lingkup yang seharusnya menjadi dasar Pribadi Raharja.

Gambar 2.1. Logo Widuri Widuri
Sumber: http://widuri.ilearning.me/

Konsep Dasar Ten Pillar IT iLearning (TPi)

1. Definisi Ten Pillar IT iLearning (TPi)

Dikutip dari Situs IT Roadmap[11], untuk memudahkan pengelolaan dan meningkatkan kepuasan pelayanan kepada sivitas akademika Perguruan Tinggi Raharja terutama dalam mendukung perkuliahan menggunakan metode iLearning maka perlu adanya 10 Pillar IT iLearning Perguruan Tinggi Raharja. Output yang diperoleh adalah merupakan hasil dari penelitian Tridharma Perguruan Tinggi antara dosen dengan mahasiswa yang diwadahi oleh Raharja Enrichment Centre .

Gambar 2.1. Ten Pillar IT iLearning (TPi)
Sumber: http://roadmap.ilearning.me/

2. Jenis-jenis Ten Pillar IT iLearning (TPi)

  1. iRme (iLearning Raharja Multimedia e-Portfolio)

    adalah media penyimpanan CV Pribadi Raharja dalam bentuk online (e-portfolio). Pribadi Raharja bisa membangun CV mereka dengan praktis kapanpun dan dimanapun dengan konsep paperless yang ditunjang dengan kemajuan teknologi membuat iRme ini adalah bukti bahwa Raharja mendukung Go Green.

  2. Rinfo (Email Raharja.info)

    adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja untuk semua Pribadi Raharja, alat komunikasi utama dan paling vital untuk para Pribadi Raharja. Setiap user Rinfo diberikan kapasitas sampai dengan 30GB. Semua kegiatan yang dilakukan akan mustahil tanpa adanya Rinfo ini. Selain itu, bisa juga dikatakan bahwa Rinfo terintegrasi semua pillar-pillar yang ada.

  3. iDu (iLearning Education)

    iDu (iLearning Education)merupakan sistem pembelajaran yang baru di kembangkan oleh Perguruan Tinggi Raharja secara online untuk memudahkan civitas kampus dan mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan. iDu bukan merupakan website lokal, tetapi iDu dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

  4. iRan (iLearning Raharja Ask & News)

    Raharja Ask and News adalah media aplikasi yang dirancang untuk memberikan layanan informasi, kejadian, pengetahuan atau peristiwa umum, maupun khusus di Perguruan Tinggi Raharja. News biasanya berkaitan dengan pekerjaan Wartawan, Wartawan adalah orang yang bekerja memburu, meliput, kemudian menuliskan berita (News). Raharja News yang merupakan bagian dari kumpulan aplikasi iRaharja.

  5. iDuHelp!

    adalah pelayanan yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja untuk melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada Pribadi Raharja yang meliputi, menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi, dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan TPi ataupun kegiatan kampus yang sesuai dengan ruang lingkup.

  6. Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning)

    adalah media sharing dan kolaborasi yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja yang bisa digunakan oleh seluruh Pribadi Raharja. Widuri bisa digunakan untuk membuat laporan penelitian, CV, dan keperluan lainnya yang nantinya bisa menjadi sarana kolaborasi.

  7. Rooster (Role Online System Ticketing Raharja)

    merupakan sebuah sistem pelayanan informasi dengan menggunakan tiket online yang akan diberikan kepada pihak yang terkait, agar dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat. ROOSTER ini telah digunakan pada Perguruan Tinggi Raharja yang bertujuan untuk menunjang sistem pelayanan chat online dan offline yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja, salah satu contohnya adalah pelayanan iDuHelp! yang sedang berjalan saat ini.

  8. iMe (iLearning Media)

    adalah ada official portal blogging yang dipersembahkan untuk Pribadi Raharja dan setiap Pribadi Raharja akan mendapatkan subdomain sebagai media dokumentasi segala bentuk aktifitas tridharma.

  9. Magics (Multimedia Audio Gallery iLearning Community and Services)

    magics adalah media penyimpanan gambar, podcast dan video untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Setiap Pribadi Raharja berhak mendapatkan account magics yang bisa mereka gunakan sebagai tempat penyimpanan.

  10. iSur (iLearning Survey)

    adalah sistem survey berbasis web yang digunakan untuk Pribadi Raharja melakukan survey kegiatan penelitian dan kegiatan akademik lainnya secara online.

Konsep Dasar Mediawiki

Dikutip dari situs Mediawiki[12], MediaWiki adalah perangkat lunak bebas berbasis server yang dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL). MediaWiki dirancang untuk berjalan pada kebun server besar yang mendapat jutaan kunjungan per hari. MediaWiki merupakan perangkat lunak implementasi wiki yang sangat andal, terskalakan, dan kaya fitur, yang menggunakan PHP untuk memproses dan menampilkan data yang disimpan dalam basis data MySQL.

BAB III

PEMBAHASAN DAN HASIL

BAB IV

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

  1. Sutarman. 2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi.
  3. 3,0 3,1 3,2 Rapina., Leo Christyanto. 2011. Peranan Sistem Pengendalian Internal Dalam Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Kegiatan Operasional Pada Siklus Persediaan dan Pergudangan Studi Kasus Pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk Bandung. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi Nomor 06 Tahun ke-2. Universitas Kristen Maranatha, Bandung.
  4. Darma., Jarot S, Shenia Ananda. 2009. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Mediaki.
  5. Community, eWolf. 2012. Panduan Internet Paling Gampang. Yogyakarta: Cakrawala.
  6. Arsyad, Azhar. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  7. Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  8. Rahardja, Untung., Muhamad Yusup, Ana Nurmaliana. 2014. Penerapan iLearning Survey (iSur) Dalam Meningkatkan Kualitas Sistem Informasi Selama Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal CCIT. Perguruan Tinggi Raharja. Vol.7 No.3.
  9. Official iMe Widuri. 2013. Welcome To Widuri. Diambil dari: http://widuri.ilearning.me/ (Tanggal Akses 22 Juni 2016).
  10. iRAN. 2013. Apa itu Widuri?. Dikutip dari: http://iran.raharja.info/index.php?action=artikel&cat=30&id=64&artlang=id (Tanggal Akses 22 Juni 2016).
  11. 11,0 11,1 IT Roadmap. 2013. Ten Pillar IT. RoadMap Pilar iLearning (Tanggal Akses 22 Juni 2016).
  12. Mediawiki. 2010. How does MediaWiki work?/id. Diambil dari: http://www.mediawiki.org/wiki/How_does_MediaWiki_work%3F/id. (Tanggal Akses 22 Juni 2016).

LAMPIRAN A

Pada “Lampiran A” ini berisi tentang berkas-berkas yang diperlukan sebagai persyaratan Tugas Akhir, diantaranya yaitu:

Lampiran A.1 : Validasi Tugas Akhir (TA)
Lampiran A.2 : Surat Penugasan Kerja
Lampiran A.3 : Daftar mata kuliah yang belum diambil atau gagal
Lampiran A.4 : Formulir Permohonan Usulan Penelitian Tugas Akhir
Lampiran A.5 : Surat Pengantar Observasi Tugas Akhir
Lampiran A.6 : Kartu Studi Tetap Final (KSTF)
Lampiran A.7 : Kartu Bimbingan Skripsi
Lampiran A.8 : Formulir Permohonan Penggantian Judul Tugas Akhir
Lampiran A.9 : Daftar Nilai
Lampiran A.10 : Validasi Sidang Akademik
Lampiran A.11 : Kwitansi Skripsi, Raharja Career, dan Sidang Skripsi
Lampiran A.12 : Sertifikat Prospek
Lampiran A.13 : Sertifikat Toefl
Lampiran A.14 : Sertifikat DID 3MT
Lampiran A.15 : Sertifikat Seminar Nasional
Lampiran A.16 : Sertifikat Seminar Internasional
Lampiran A.17 : Katalog Produk
Lampiran A.18 : Ijazah SMA
Lampiran A.19 : CV (Curiculum Vitae)
Lampiran A.20 : Sertifikat Jurnal dan Pemberitahuan Penerimaan Makalah
Lampiran A.21 : Sertifikat Raharja Career
Lampiran A.22 : Formulir Seminar Proposal Tugas AKhir
Lampiran A.23 : Formulir Final Presentasi Tugas Akhir
Lampiran A.24 : Formulir Pertemuan Stakeholder Tugas Akhir


Contributors

Iis Ariska Rosalinda