TA1333376120

Dari widuri
Revisi per 27 September 2016 20.01 oleh Iis Ariska Rosalinda (bicara | kontrib) (Latar Belakang)


Lompat ke: navigasi, cari

 

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI


TUGAS AKHIR



Disusun Oleh :


NIM
: 1333376120
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI ARTIFICIAL INFORMATICS

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIK RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

2016/2017

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA


LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR


PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 26 September 2016

Direktur
       
Kepala Jurusan
AMIK Raharja Informatika
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Diah Aryani, S.T, M.Kom)
NIP : 000603
       
NIP : 010413

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Disetujui Oleh :

Tangerang, 26 September 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Khanna Tiara S.Kom)
   
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
NID : 14013
   
NID : 99001

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, 26 September 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(........)
 
(..............)
 
(...........)
NID : .......
 
NID : .......
 
NID : .....

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis hasil sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 26 September 2016

 
 
 
NIM : 1333376120

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

At the College there is a website called Raharja Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) i.e. storage media CV (Curriculum Vitae), the article and the CTF/TA/THESES are made by the Private Raharja. When writing an article or information sometimes we as authors unconsciously made the mistake of writing and performing acts of plagiarism that was accidentally not realized by the author. Because of these problems, the current Thistle need a system that can review the article and scan services of plagiarism to be able to figure out how big the level of plagiarism committed by the students who create articles on Thistle. At this time when students create articles on the Thistle, and the article is write error or less beneficial then it will do a review against the article so that the article can be improved so that the article can be useful and be qualified as well as the information to be submitted by the author to the reader can be channel. Checking for plagiarism and Widuri teamed with FGR (First Generation Resources) that a service professional services which is a plagiarism scan services sales where the service is aimed at the prevention of plagiarism because using FGR we can know the level of plagiarism. To formulate the implementation review article it is possible to use the elisitation system analysis method. The existence of review articles and FGR in Thistle will produce a useful article and qualified because it was no longer a write error and plagiarism.


Keywords : Widuri, reviews, articles

ABSTRAK

Pada Perguruan Tinggi Raharja terdapat website yang bernama Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) yaitu media penyimpanan CV (Curriculum Vitae), artikel dan KKP/TA/SKRIPSI yang di buat oleh para Pribadi Raharja. Ketika menulis sebuah artikel atau informasi adakalanya kita sebagai penulis tanpa sadar melakukan kesalahan penulisan dan melakukan tindakan plagiarisme yang tanpa sengaja tidak disadari oleh penulis. Karena permasalahan tersebut, saat ini Widuri membutuhkan sebuah sistem yang dapat mereview artikel dan jasa scan plagiarisme agar dapat mengetahui seberapa besar tingkat plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa yang membuat artikel pada Widuri. Pada saat ini ketika mahasiswa membuat artikel pada Widuri, dan artikel tersebut terdapat kesalahan penulisan atau kurang bermanfaat maka akan dilakukan review terhadap artikel tersebut agar artikel tersebut dapat diperbaiki sehingga artikel tersebut dapat bermanfaat dan menjadi berkualitas serta informasi yang akan disampaikan oleh penulis kepada para pembaca dapat tersalurkan. Dan untuk pengecekan plagiarisme Widuri bekerja sama dengan FGR (First Generation Resources) yaitu sebuah jasa professional services yang merupakan penjualan jasa scan plagiarism dimana jasa ini bertujuan untuk pencegahan plagiat karena dengan menggunakan FGR kita dapat mengetahui tingkat plagiarisme. Untuk merumuskan penerapan review artikel dimungkinkan menggunakan metode analisa sistem elisitasi. Dengan adanya review artikel dan FGR pada Widuri akan menghasilkan artikel yang bermanfaat dan berkualitas karena sudah tidak ada lagi kesalahan penulisan dan plagiarisme.


Kata Kunci: Widuri, Review, Artikel

KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Tugas Akhir penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Ahli Madya untuk jenjang D3 di perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Tugas Akhir ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.
  2. Bapak Padeli, M.Kom selaku Pembantu Direktur I (Pudir I) AMIK Raharja Informatika.
  3. Ibu Diah Aryani, ST., M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Ibu Khanna Tiara, S.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengetahuan kepada penulis.
  6. Bapak Erick Febriyanto, S.Kom selaku Stakeholder Laporan Tugas Akhir yang telah membantu penulis mendapatkan data selama penulis melakukan riset di Perguruan Tinggi Raharja.
  7. Kepada keluarga tercinta khususnya kepada Ayah tercinta Suparjo dan Ibu Suhartini yang telah memberikan dukungan moril, materil, maupun do’anya sehingga dapat terselesaikannya laporan ini dengan baik.
  8. Ahmad Hasyim yang selalu memberikan semangat dalam setiap proses penyusunan Tugas Akhir ini.
  9. Rekan-rekan teman jurusan Artificial Informatics.
  10. Rekan-rekan TIMUR1 (Baiq Aneji Pahad, Danny Pratama, Deddy Pratama, Dimas Pangestu, Dita Lintang Nuraini, Dwiki Fahkiandhini, Endah Nirmala Dewi, Fanni Oktaviani, Ika Amalia, Julipah Al Munawaroh, Komala Dwi Pertiwi, Lily Ratna Sulastrini, Maya Ima Erviani, Nuril Huda, Nursam Somantri, Reza Alfiansah, Ria Utami, Rista Meytasari, Rizky Agustian, Wulan Lestari, Yeti Faradisa).
  11. Team Gluwing (Dwiki Fahliandhini, Nursam Somantri, Ridwan Kurniaji, Yeti Faradisa).
  12. Seluruh anggota REC khususnya kepada Yuliana Isma Graha yang telah memberikan dukungan dan masukan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini.
  13. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Tugas Akhir ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan. Akhir kata penulis mengucapkan banyak terimakasih, semoga laporan Tugas Akhir ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan pembaca.

Tangerang, 26 September 2016
Iis Ariska Rosalinda
NIM. 1333376120

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja

Tabel 3.2 Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.6 Final Draft Elisitasi

Tabel 3.7 Tabel List Pengujian Sistem

Tabel 3.8 Tabel Pengujian Black box pada Transaksi Virtual Account

Tabel 3.9 Tabel Pengujian Black box Akses Login GO+ pada Website SiS

Tabel 3.10 Tabel Pengujian Black box Akses Menu Virtual Account pada GO+

Tabel 3.11 Tabel Pengujian Black box Akses Melihat Nomor Virtual Account

Tabel 3.12 Tabel Pengujian Black box Akses Melihat Panduan Virtual Account via ATM BCA Tunai

Tabel 3.13 Tabel Pengujian Black box Akses Melihat Panduan Virtual Account via ATM BCA Non Tunai

Tabel 3.14 Tabel Pengujian Black box Akses melihat panduan Virtual Account via counter BCA

Tabel 3.15 Tabel Pengujian Black box Akses melihat panduan Virtual Account via counter Bank Lain

Tabel 3.16 Tabel Pengujian Black box Akses Melihat Video Panduan Virtual Account

Tabel 3.17 Tabel Schedule Implementasi

Tabel 3.18 Tabel Estimasi Biaya

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Logo Virtual Account

Gambar 2.2. Diagram Yii Framework

Gambar 3.1. Stuktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.2. Flowchart Prosedur Meminta Nomor Rekening

Gambar 3.3. Flowchart Transfer Nomor Rekening Yayasan

v style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Gambar 3.4. Mind Mapping Project

Gambar 3.5. Video Virtual Account

Gambar 3.6. Data Virtual Account 1

Gambar 3.7. Data Virtual Account 2

v style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Gambar 3.4. Mind Mapping Project

Gambar 3.5. Video Virtual Account

Gambar 3.6. Data Virtual Account 1

Gambar 3.7. Data Virtual Account 2

Gambar 3.8. Tampilan Data Virtual Account

Gambar 3.9. Pembayaran Virtual Account

Gambar 3.10. Prosedur Virtual Account via ATM BCA Tunai

Gambar 3.11. iRAN Prosedur Virtual Account via ATM BCA Tunai

Gambar 3.12. Visitor iRAN prosedur Virtual Account via ATM BCA tunai

Gambar 3.13. Tampilan Nomor Virtual Account dan Atas Nama

Gambar 3.14. Prosedur Virtual Account via Counter Bank BCA

Gambar 3.15. iRAN Prosedur Virtual Account via Counter BCA

Gambar 3.16. Visitor iRAN prosedur Virtual Account via Counter BCA tunai

Gambar 3.17. Video Virtual Account

Gambar 3.18. Jumlah View dan Like Video Virtual Account

Gambar 3.19. Prosedur Virtual Account via ATM BCA Non Tunai

Gambar 3.20. iRAN Prosedur Virtual Account via ATM BCA Non Tunai

Gambar 3.21. Visitor iRAN prosedur Virtual Account via ATM BCA Non Tunai

Gambar 3.22. Prosedur Virtual Account via Counter Bank Lain

Gambar 3.23. iRAN Prosedur Virtual Account via Counter Bank Lain

Gambar 3.24. Visitor iRAN prosedur Virtual Account via Counter Bank Lain

Gambar 3.25. Jumlah Virtual Account Registrasi

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL FLOWCHART

DAFTAR SIMBOL HIPO

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam menulis sebuah artikel atau karya ilmiah adakalanya terjadi kesalahan penulisan yang tanpa sengaja tidak disadari oleh seseorang yang menulis artikel tersebut. Kesalahan yang terjadi dalam penulisan bisa mengakibatkan informasi yang disampaikan dalam bentuk laporan tersebut akan menjadi bias. Penyusunan dan penyajian artikel atau karya ilmiah bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi kepada para pembaca. Untuk menjaga informasi yang sampai kepada para pembaca tidak salah dan keliru maka artikel atau karya ilmiah yang ditulis harus bebas dari kesalahan yang bergerak di bidang komputer.

Perguruan Tinggi Raharja adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi (TI). Selain itu Perguruan Tinggi Raharja telah menerapkan pembelajaran iLearning untuk pembelajaran para Pribadi Raharja. Dengan hadirnya teknologi tersebut para pengguna dan penyedia informasi dapat berinteraksi dengan baik. Perguruan Tinggi Raharja telah memiliki fasilitas TPi (Ten Pillar IT iLearning), yaitu sepuluh pilar yang saling terintegrasi satu sama lain. Kesepuluh pilar tersebut yaitu Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning), Rinfo (Raharja Info), iDuHelp!, iMe (Ilearning Media), Rooster (Role Online System Ticketing Raharja), iSur (iLearning Survey), Magics (Multimedia Audio Gallery iLearning Community and Services), iRan (iLearning Raharja Ask and News), iDu (iLearning Education), dan iRme (iLearning Raharja Multimedia e-Portofolio).

Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) adalah salah satu dari Ten Pillar IT iLearning yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Raharja yang digunakan oleh Pribadi Raharja sebagai tempat untuk menulis berbagai macam informasi dan menyimpan hasil karya ilmiah berupa laporan KKP/TA/Skripsi. Fasilitas kepada mahasiswa adalah hal yang utama dan menjadi suatu tujuan yang harus dicapai guna memberikan kepuasan dan kemudahan memperoleh informasi yang dibutuhkan bagi mahasiswa dan untuk menambah informasi. Dengan sistem informasi yang lebih baik maka mahasiswa pun tidak akan kecewa. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu sistem khusus pada Widuri untuk melakukan review artikel agar artikel yang memiliki kesalahan penulisan dapat dideteksi dan diperbaiki.

Dengan adanya media pembayaran mahasiswa menggunakan virtual account maka diharapakan mahasiswa bisa melakukan pembayaran dengan efektif dan efisien karena virtual account memiliki nomor rekening yang sangat unik sehingga memudahkan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening yayasan. Pembayaran menggunakan virtual account dapat menampilkan data pembayaran mahasiswa ketika sedang melakukan transaksi pembayaran. “Data adalah deskripsi dasar dari benda, peristiwa, aktivitas dan transaksi yang direkam, dikelompokkan, dan disimpan tetapi belum terorganisir untuk menyampaikan arti tertentu” (Turban, 2010:41)[1]. Dan juga terdapat website yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengetahui informasi tutorial pembayaran menggunakan virtual account. “Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diinterprestasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan” (Sutabri, 2012:29)[2]. Pada virtual account ini dibuatkan sistem informasi tentang virtual account. Suatu sistem dapat terdiri dari atas kegiatan-kegiatan yang berhubungan guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan seperti pengendalian inventaris atau penjadwalan produksi. "Sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, instruksi) dan output (laporan, kalkulasi)" (Sutarman, 2012:13)[3].

Untuk memaksimalkan pelayanan keuangan pada Perguruan Tinggi Raharja yang dapat membantu dan memberikan kemudahan mahasiswa untuk melakukan pembayaran perkuliahan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terhadap sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir dengan judul: “Penerapan Virtual Account Sebagai Media Pembayaran Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi”.

Rumusan Masalah

Pada dasarnya dalam menyelesaikan masalah harus melalui penelitian bertujuan untuk mendapatkan pemecahan yang berasal dari masalah tersebut. Masalah atau problem merupakan sesuatu kesenjangan dengan harapan apa yang terjadi. Sedangkan rumusan masalah ialah adanya suatu pertanyaan yang nantinya ditemukan jawaban melalui pengumpulan data. Untuk sebuah penelitian berawal dari rumusan masalah yang selanjutnya yaitu pemecahan masalah.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah, maka terdapat 3 rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana menciptakan nomor rekening yang mudah dihafal oleh mahasiswa/i Raharja ?

  2. Bagaimana menciptakan suatu sistem pembayaran yang dapat menampilkan data pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran ?

  3. Bagaimana merancang informasi virtual account secara online untuk memudahkan mahasiswa ?


Ruang Lingkup Penelitian

Untuk memudahkan penyusunan laporan Tugas Akhir agar lebih terarah dan dapat berjalan sesuai kebutuhan karena terdapat permasalahan yang begitu luas oleh karena itu harus terdapat batasan masalah. Adapun batasan masalah pada laporan Tugas Akhir. Penelitian ini berfokus pada pembayaran RBR (Rincian Biaya Registrasi) dan RBK (Rincian Biaya Kuliah), dapat menampilkan nomor virtual account, nama, perusahaan/produk, dan jumlah pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran. Penelitian ini digunakan untuk mahasiswa/i Raharja. Pada penelitian ini memberitahukan nomor virtual account dan atas nama satiap mahasiswa/i Raharja, video tutorial pembayaran menggunakan virtual account dan terdapat informasi langkah-langkah menggunakan virtual account yang terdapat pada website GO+ di menu virtual account. Virtual account ini hanya bekerja sama dengan bank BCA. Untuk pembayaran menggunakan virtual account dapat dilakukan melalui via ATM BCA tunai, via ATM BCA non tunai, via counter BCA dan via counter bank lain. Pada penelitian ini telah dibuktikan melalui final draft elisitasi.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian bertujuan agar dapat dilaksanakannya suatu penelitian. Oleh karena itu sangat berkaitan dengan jenis penelitian yang dilakukan. Tujuan berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditentukan dan pada jawaban terdapat pada kesimpulan penelitian. Tujuan penelitian dijabarkan, seperti biasa menggunakan kata-kata kerja pembuka diantaranya : menjelaskan, menemukan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, menemukan hubungan, memperoleh data atau pengetahuan maupun keterangan tentang peneliti. Tujuan dari penelitian ini diantaranya :

  1. Untuk memudahkan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening.

  2. Menciptakan sistem pembayaran yang dapat menampilkan data pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran.

  3. Menciptakan kemudahan mahasiswa dalam mengetahui informasi tentang virtual account.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian yaitu masalah dari tercapainya tujuan dan akan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Manfaat yang terdapat pada penelitian ini terdiri dari :

  1. Nomor virtual account bisa memberikan kemudahan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening sehingga mengurangi terjadinya kesalahan penulisan nomor rekening.

  2. Seluruh data yang terdiri dari no. virtual account, nama, peusahaan/produk, dan jumlah pembayaran dapat dimunculkan secara akurat saat melakukan transaksi pembayaran.

  3. Sistem dapat memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengetahui nomor virtual account tiap mahasiswa dan tutorial pembayaran menggunakan virtual account secara online.

Metode Penelitian

Pada penelitian ini penulis membutuhkan metode penelitian dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut.

Metode Pengumpulan Data

Agar mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini, maka digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut, yaitu:
  1. Metode Pengamatan (Observation Research)

    Menurut Rapina (2011:15)[4],Observasi merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke tempat yang dijadikan objek penelitian.Penelitian ini dilakukan pengamatan selama 4 bulan secara langsung yang terdapat pada proses pembayaran perkuliahan yang dilakukan pada Perguruan Tinggi Raharja. Hasil dari pengamatan yang dilakukan peneliti yaitu dapat mengumpulkan data sebagai informasi untuk membantu proses analisa pembuatan sistem ini.

  2. Metode Wawancara (Interview Research)

    Menurut Rapina (2011:15)[4], Wawancara merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data dengan cara menanyakan secara langsung kepada pihak yang berkaitan dengan penelitian. Metode yang dilakukan dengan menggunakan cara tanya jawab dengan pihak yang berhubungan yaitu terdapat pada bagian keuangan yang terdapat di Perguruan Tinggi Raharja. Metode wawancara ini dilakukan bersama ibu Indah Oktafitasari yang menjadi Stakeholder pada penelitian ini.

  3. Studi Pustaka

    Menurut Rapina (2011:15)[4], studi pustaka merupakan mencari dan mengumpulkan bahan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti untuk memperoleh data sekunder dengan membaca, mempelajari, dan mendalami literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Metode studi pustaka ini digunakan untuk mendapat data dengan cara mempelajari dari sumber (literature), buku, jurnal, dan informasi yang berasal dari internet untuk mendapatkan data yang berkaitan dalam menunjang kelengkapan data.

Metode Analisa Sistem

Penelitian ini menggunakan analisa yaitu berupa metode analisa sistem. Analisis sistem merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisa pada elisitasi yang teridiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi dengan tercapainya strategi pada penelitian ini. Strategi yang dihasilkan juga telah memiliki data yang kuantitatif.

Metode Perancangan

Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan untuk menggambarkan dalam sebuah bentuk gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang bisa dimengerti oleh pemakai dengan mudah. Menggunakan Mind mapping sebagai kerangka penjelasan sistem, flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program, dan prototype sebagai tampilan dari perancangan sistem.

Metode Pengujian

Metode pengujian ini digunakan sabagai menganalisa suatu identitas sistem untuk mengevaluasi kondisi, mendeteksi, dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dibuat untuk meminimalisir pada kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Pada penelitian ini menggunakan metode Black box karena metode Black box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi sesuai yang diharapkan dan bisa berfungsi dengan benar.

Lokasi Penelitian

Penelitian ini yang berjudul “Penerapan Virtual Account Sebagai Media Pembayaran pada Perguruan Tinggi” dilakukan di Raharja Enrichment Centre (REC) ruang penelitian yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.

Sistematika Penulisan

Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan Tugas Akhir terdiri dari beberapa bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini akan menjelaskan informasi tentang akar permasalahan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian, dan sistematika penelitian.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan tentang teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan, dan literature review.

BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

Pada bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, rancangan basis data, flowchart, rancangan program, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, estimasi biaya.

BAB IV PENUTUP

Bab ini merupakan penutup yang berisi kesimpulan dari hasil analisa dan rancangan sistem yang dilakukan serta saran-saran terhadap sistem yang diusulkan.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

DAFTAR PUSTAKA

  1. Turban, eFraim. 2010 . Decision Support Data and Business Intelligence System. Ninth Edition, Pearson Educational International: Prentice Hall.
  2. Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi.
  3. Sutarman. 2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara
  4. 4,0 4,1 4,2 Rapina, dkk. 2011. Peranan Sistem Pengendalian Internal Dalam Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Kegiatan Operasional Pada Siklus Persediaa dan Pergudangan. Bandung: Univ.Kristen Maranatha.

LAMPIRAN A

Pada “Lampiran A” ini berisi tentang berkas-berkas yang diperlukan sebagai persyaratan Tugas Akhir (Skripsi), diantaranya yaitu:


Contributors

Iis Ariska Rosalinda