TA1333376120: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi terperiksa][revisi terperiksa]
(BAB I)
(BAB I)
Baris 386: Baris 386:
 
==Latar Belakang==
 
==Latar Belakang==
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2"> Dalam menulis sebuah artikel atau karya ilmiah adakalanya terjadi kesalahan penulisan yang tanpa sengaja tidak disadari oleh seseorang yang menulis artikel tersebut. Kesalahan yang terjadi dalam penulisan bisa mengakibatkan informasi yang disampaikan dalam bentuk laporan tersebut akan menjadi bias. Penyusunan dan penyajian artikel atau karya ilmiah bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi kepada para pembaca. Untuk menjaga informasi yang sampai kepada para pembaca tidak salah dan keliru maka artikel atau karya ilmiah yang ditulis harus bebas dari kesalahan yang bergerak di bidang komputer.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">Seiring tumbuh dan berkembangnya teknologi  Perguruan Tinggi Raharja ingin meningkatkan kualitas dan mendorong bagian keuangan untuk berusaha mengatasi segala permasalahan yang ada sehingga menuntut kemampuan dan kecakapan di bagian keuangan dalam memberikan pelayanan keuangan kepada mahasiswa. Sehingga diharapkan mampu mengatasi masalah yang terjadi. Pembayaran merupakan berpindahnya hak pemilikan atas sejumlah uang atau dan dari pembayar kepada penerimanya, baik langsung ataupun melalui media jasa-jasa perbankan.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2"> Perguruan Tinggi Raharja adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi (TI). Selain itu Perguruan Tinggi Raharja telah menerapkan pembelajaran iLearning untuk pembelajaran para Pribadi Raharja. Dengan hadirnya teknologi tersebut para pengguna dan penyedia informasi dapat berinteraksi dengan baik. Perguruan Tinggi Raharja telah memiliki fasilitas TPi (Ten Pillar IT iLearning), yaitu sepuluh pilar yang saling terintegrasi satu sama lain. Kesepuluh pilar tersebut yaitu Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning), Rinfo (Raharja Info), iDuHelp!, iMe (Ilearning Media), Rooster (Role Online System Ticketing Raharja), iSur (iLearning Survey), Magics (Multimedia Audio Gallery iLearning Community and Services), iRan (iLearning Raharja Ask and News),  iDu (iLearning Education), dan iRme (iLearning Raharja Multimedia e-Portofolio).</p></div>
+
<p style="line-height: 2">Pembayaran merupakan salah suatu kebutuhan perkuliahan dalam menunjang fasilitas kampus pada Perguruan Tinggi Raharja. Dimana pembayaran dilakukan guna memenuhi kebutuhan kampus baik digunakan untuk membiayai fasilitas kampus, membayar karyawan kampus, membayar dosen, dan pembayaran lainnya yang berhubungan untuk kepentingan kampus. Pembayaran mahasiswa terdiri dari RBR dan RBK. Pembayaran yang dilakukan saat ini yaitu dengan cara transfer melalui nomor rekening Mandiri 118-00-0301103-7 atau nomor rekening BCA 245-401800-1.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2"> Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) adalah salah satu dari Ten Pillar IT iLearning yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Raharja yang digunakan oleh Pribadi Raharja sebagai tempat untuk menulis berbagai macam informasi dan menyimpan hasil karya ilmiah berupa laporan KKP/TA/Skripsi. Fasilitas kepada mahasiswa adalah hal yang utama dan menjadi suatu tujuan yang harus dicapai guna memberikan kepuasan dan kemudahan memperoleh informasi yang dibutuhkan bagi mahasiswa dan untuk menambah informasi. Dengan sistem informasi yang lebih baik maka mahasiswa pun tidak akan kecewa. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu sistem khusus pada Widuri untuk melakukan review artikel agar artikel yang memiliki kesalahan penulisan dapat dideteksi dan diperbaiki.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu institusi pendidikan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi Raharja selalu melakukan peningkatan, 
 +
pengembangan, baik berupa sistem pembayaran kampus maupun sistem pelayanan yang ditetapkan di Perguruan Tinggi Raharja. Namun untuk saat ini pembayaran menggunakan nomor rekening yayasan terdapat beberapa kendala dan kekurangan sehingga masih belum efektif. Transfer menggunakan nomor rekening masih menyulitkan mahasiswa karena sering terjadi kesalahan penulisan nomor rekening yayasan dan sulitnya mahasiswa dalam menghafal nomor rekening yayasan sehingga jika mahasiswa tidak menyimpan nomor rekening harus meminta ke bagian kasir terlebih dahulu jika ingin melakukan pembayaran sehingga membuang-buang waktu. Oleh karena itu pembayaran sangat berperan penting dalam kualitas pelayanan kampus terutama untuk pelayanan keuangan untuk mahasiswa.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2"> Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terhadap sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir dengan judul : “Penerapan Sistem Widuri Berbasis Mediawiki Sebagai Media Review Artikel Pada Perguruan Tinggi”.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">Dengan adanya media pembayaran mahasiswa menggunakan virtual account maka diharapakan mahasiswa bisa melakukan pembayaran dengan efektif dan efisien karena ''virtual account'' memiliki nomor rekening yang sangat unik sehingga memudahkan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening yayasan. Pembayaran menggunakan ''virtual account'' dapat menampilkan data pembayaran mahasiswa ketika sedang melakukan transaksi pembayaran. “Data adalah deskripsi dasar dari benda, peristiwa, aktivitas dan transaksi yang direkam, dikelompokkan, dan disimpan tetapi belum terorganisir untuk menyampaikan arti tertentu” (Turban, 2010:41)<ref name="Turban2010">Turban,  eFraim. 2010 . [https://drive.google.com/a/raharja.co/file/d/0B5xeGBW3pluLN1ZBLW9YUmV5SDg/view?usp=sharing Decision  Support  Data  and  Business  Intelligence System.] Ninth Edition, Pearson Educational International: Prentice Hall.</ref>. Dan juga terdapat ''website'' yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengetahui informasi tutorial pembayaran menggunakan virtual account. “Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diinterprestasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan” (Sutabri, 2012:29)<ref name="Sutabri2012">Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi.</ref>. Pada ''virtual account'' ini dibuatkan sistem informasi tentang virtual account. Suatu sistem dapat terdiri dari atas kegiatan-kegiatan yang berhubungan guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan seperti pengendalian inventaris atau penjadwalan produksi. "Sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas ''input'' (data, instruksi) dan ''output'' (laporan, kalkulasi)" (Sutarman, 2012:13)<ref name="Sutarman2012">Sutarman. 2012. [http://bapersip.jatimprov.go.id/bapersip/koleksi_perpustakaan_detail.jsp?controlnum=JATIM-03110000000047 Buku Pengantar Teknologi Informasi.] Jakarta: Bumi Aksara</ref>.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2"> Dengan adanya media review artikel atau karya tulis mahasiswa pada Widuri maka diharapkan mahasiswa dapat menulis dan membuat karya tulis yang lebih baik dan lebih kreatif sehingga memunculkan banyak ide yang lebih bermanfaat dalam menulis. Menurut Sutarman (2012: 3), “Data adalah fakta dari sesuatu pernyataan yang berasal dari kenyataan, di mana pernyataan tersebut merupakan hasil pengukuran atau pengamatan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan darinya”. Dan juga terdapat website yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengetahui informasi berbagai macam cara menulis karya tulis yang baik. Menurut Sutabri (2012: 29), “Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau di interprestasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan”.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">Untuk memaksimalkan pelayanan keuangan pada Perguruan Tinggi Raharja yang dapat membantu dan memberikan kemudahan mahasiswa untuk melakukan pembayaran perkuliahan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terhadap sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir dengan judul: '''“Penerapan ''Virtual Account'' Sebagai Media Pembayaran Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi”'''.</p></div>
  
 +
{{pagebreak}}
 +
 +
==Rumusan Masalah==
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2"> Widuri Wayang merupakan operator yang mendeteksi karya tulis yang baru masuk di widuri agar diperiksa kata-perkatanya supaya tidak ada lagi karya tulis yang sembarang di Widuri. Widuri Wayang ini dijadikan salah satu kegiatan tridharma pada Perguruan Tinggi Raharja. Dimana pada kegiatan Widuri Wayang ini dibuat untuk menunjang kegiatan para mahasiswa/i Perguruan Tinggi Raharja dalam melakukan pengabdian di kampus dengan periode tertentu. Widuri Wayang itu sendiri mempunyai tujuan yaitu untuk membantu para Pribadi Raharja agar membuat karya tulis yang baik sesuai dengan prosedur WiduriHal ini juga dapat menjadikan artikel yang berada pada widuri artikel yang berkualitas tidak asal copy paste karena akan ada scan plagiarismenya juga.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">Pada dasarnya dalam menyelesaikan masalah harus melalui penelitian bertujuan untuk mendapatkan pemecahan yang berasal dari masalah tersebut. Masalah atau problem merupakan sesuatu kesenjangan dengan harapan apa yang terjadi. Sedangkan rumusan masalah ialah adanya suatu pertanyaan yang nantinya ditemukan jawaban melalui pengumpulan data. Untuk sebuah penelitian berawal dari rumusan masalah yang selanjutnya yaitu pemecahan masalah.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah, maka terdapat 3 rumusan masalah sebagai berikut :</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Bagaimana menciptakan nomor rekening yang mudah dihafal oleh mahasiswa/i Raharja ?</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Bagaimana menciptakan suatu sistem pembayaran yang dapat menampilkan data pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran ?</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Bagaimana merancang informasi ''virtual account'' secara ''online'' untuk memudahkan mahasiswa ?</p>
 +
</li>
 +
</ol>
 +
 
 +
 
 +
{{pagebreak}}
 +
==Ruang Lingkup Penelitian==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Untuk memudahkan penyusunan laporan Tugas Akhir agar lebih terarah dan dapat berjalan sesuai kebutuhan karena terdapat permasalahan yang begitu luas oleh karena itu harus terdapat batasan masalah. Adapun batasan masalah pada laporan Tugas Akhir. Penelitian ini berfokus pada pembayaran RBR (Rincian Biaya Registrasi) dan RBK (Rincian Biaya Kuliah), dapat menampilkan nomor virtual account, nama, perusahaan/produk, dan jumlah pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran. Penelitian ini digunakan untuk mahasiswa/i Raharja. Pada penelitian ini memberitahukan nomor virtual account dan atas nama satiap mahasiswa/i Raharja, video tutorial pembayaran menggunakan ''virtual account'' dan terdapat informasi langkah-langkah menggunakan ''virtual account'' yang terdapat pada ''website'' GO+ di menu ''virtual account''. ''Virtual account'' ini hanya bekerja sama dengan bank BCA. Untuk pembayaran menggunakan ''virtual account'' dapat dilakukan melalui via ATM BCA tunai, via ATM BCA non tunai, via ''counter'' BCA dan via counter bank lain. Pada penelitian ini telah dibuktikan melalui ''final draft'' elisitasi.</p></div>
 +
 
 +
{{pagebreak}}
 +
 
 +
==Tujuan dan Manfaat Penelitian==
 +
 
 +
===Tujuan Penelitian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Tujuan penelitian bertujuan agar dapat dilaksanakannya suatu penelitian. Oleh karena itu sangat berkaitan dengan jenis penelitian yang dilakukan. Tujuan berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditentukan dan pada jawaban terdapat pada kesimpulan penelitian. Tujuan penelitian dijabarkan, seperti biasa menggunakan kata-kata kerja pembuka diantaranya : menjelaskan, menemukan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, menemukan hubungan, memperoleh data atau pengetahuan maupun keterangan tentang peneliti.
 +
Tujuan dari penelitian ini diantaranya :</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Untuk memudahkan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening.</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Menciptakan sistem pembayaran yang dapat menampilkan data pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran.</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Menciptakan kemudahan mahasiswa dalam mengetahui informasi tentang ''virtual account''.</p>
 +
</li>
 +
</ol>
 +
 
 +
===Manfaat  Penelitian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Manfaat penelitian yaitu masalah dari tercapainya tujuan dan akan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Manfaat yang terdapat pada penelitian ini terdiri dari :</p></div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Nomor ''virtual account'' bisa memberikan  kemudahan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening sehingga mengurangi terjadinya kesalahan penulisan nomor rekening.</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Seluruh data yang terdiri dari no. ''virtual account'', nama, peusahaan/produk, dan jumlah pembayaran dapat dimunculkan secara akurat saat melakukan transaksi pembayaran.</p>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">Sistem dapat memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengetahui nomor ''virtual account'' tiap mahasiswa dan tutorial pembayaran menggunakan ''virtual account'' secara ''online''.</p>
 +
</li>
 +
</ol>
 +
 
 +
{{pagebreak}}
 +
 
 +
==Metode Penelitian==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada penelitian ini penulis membutuhkan metode penelitian dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut.</p></div>
 +
 
 +
===Metode Pengumpulan Data===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0in">Agar mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini, maka digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut, yaitu:</div>
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Metode Pengamatan (''Observation Research'')<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">Penelitian ini dilakukan pengamatan selama 4 bulan secara langsung yang terdapat pada  proses pembayaran perkuliahan yang dilakukan pada Perguruan Tinggi Raharja. Hasil dari pengamatan yang dilakukan peneliti yaitu dapat mengumpulkan data sebagai informasi untuk membantu proses analisa pembuatan sistem ini.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Metode Wawancara (''Interview Research'')<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">Metode yang dilakukan dengan menggunakan cara tanya jawab dengan pihak yang berhubungan yaitu terdapat pada bagian keuangan yang terdapat di Perguruan Tinggi Raharja. Metode wawancara ini dilakukan bersama ibu Indah Oktafitasari yang menjadi Stakeholder pada penelitian ini.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Studi Pustaka<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">Metode studi pustaka ini digunakan untuk mendapat data dengan cara mempelajari dari sumber (''literature''), buku, jurnal, dan informasi yang berasal dari internet untuk mendapatkan data yang berkaitan dalam menunjang  kelengkapan data. </p></li>
 +
</ol>
 +
 
 +
==Metode Analisa Sistem==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Penelitian ini menggunakan analisa yaitu berupa metode analisa sistem. Analisis sistem merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisa pada elisitasi yang teridiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan ''final draft'' elisitasi dengan  tercapainya strategi pada penelitian ini. Strategi yang dihasilkan juga telah memiliki data yang kuantitatif.</p></div>
 +
 
 +
===Metode Perancangan===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan untuk menggambarkan dalam sebuah bentuk gambaran diagram HIPO  (''Hierarchy Input Process Output'') sebagai bentuk dokumentasi program yang bisa dimengerti oleh pemakai dengan mudah. Menggunakan ''Mind mapping'' sebagai kerangka penjelasan sistem, ''flowchart'' sebagai rancangan langkah atau prosedur program, dan ''prototype'' sebagai tampilan dari perancangan sistem.</p></div>
 +
 
 +
===Metode Pengujian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Metode pengujian ini digunakan sabagai menganalisa suatu identitas sistem untuk mengevaluasi kondisi, mendeteksi, dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dibuat untuk meminimalisir pada kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Pada penelitian ini menggunakan metode ''Black box'' karena metode ''Black box'' dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi sesuai yang diharapkan dan bisa berfungsi dengan benar.</p></div>
 +
 
 +
===Lokasi Penelitian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Penelitian ini yang berjudul “Penerapan ''Virtual Account'' Sebagai Media Pembayaran pada Perguruan Tinggi” dilakukan di ''Raharja Enrichment Centre'' (REC) ruang penelitian yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.</p></div>
 +
 
 +
==Sistematika Penulisan==
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan Tugas Akhir terdiri dari beberapa bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :</p></div>
 +
{{pagebreak}}
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB I PENDAHULUAN'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini akan menjelaskan informasi tentang akar permasalahan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian, dan sistematika penelitian.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB II LANDASAN TEORI'''</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Bab ini menjelaskan tentang teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan, dan ''literature review''.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL'''</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, ''user requirement'' yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta ''final draft'' elisitasi yang merupakan ''final'' elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, rancangan basis data, ''flowchart'', rancangan program, rancangan ''prototype'', konfigurasi sistem, ''testing'', evaluasi, implementasi, estimasi biaya.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB IV PENUTUP'''</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Bab ini merupakan penutup yang berisi kesimpulan dari hasil analisa dan rancangan sistem yang dilakukan serta saran-saran terhadap sistem yang diusulkan.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''DAFTAR PUSTAKA'''</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''DAFTAR LAMPIRAN'''</p></div>
  
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}

Revisi per 26 September 2016 08.30

 

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI


TUGAS AKHIR



Disusun Oleh :


NIM
: 1333376120
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI ARTIFICIAL INFORMATICS

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIK RAHARJA INFORMATIKA

TANGERANG

2016/2017

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA


LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR


PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 26 September 2016

Direktur
       
Kepala Jurusan
AMIK Raharja Informatika
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Diah Aryani, S.T, M.Kom)
NIP : 000603
       
NIP : 073009

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Disetujui Oleh :

Tangerang, 26 September 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Khanna Tiara S.Kom)
   
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
NID : 14013
   
NID : 99001

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, 26 September 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(........)
 
(..............)
 
(...........)
NID : .......
 
NID : .......
 
NID : .....

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA INFORMATIKA

LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR

PENERAPAN SISTEM WIDURI BERBASIS MEDIAWIKI

SEBAGAI MEDIA REVIEW ARTIKEL

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333376120
Nama
Jenjang Studi
: Diploma 3
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis hasil sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 26 September 2016

 
 
 
NIM : 1333376120

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

At the College there is a website called Raharja Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) i.e. storage media articles and the CTF/TA/THESES are made by the Private Raharja. When writing an article or information sometimes we as authors unconsciously made the mistake of writing without inadvertently unconscious by someone who wrote that article. At this time the Widuri need a system that works to monitor all activity that occurs in Thistle. This is necessary because along with the expansion of the Thistle as the need to create articles and save reports CTF/TA/THESIS then it needs a system that is able to keep an eye on activity in the Thistle, if there is no system that monitors activity in the Thistle could so much goes wrong because there is nothing to correct or fix errors that occur on the article on the Thistle. At this time when students create articles on the Thistle, and the article is write error or less beneficial then it will do a review against the article so that the article can be improved so that the article can be useful and be qualified as well as the information to be submitted by the author to the reader can be tersalurkan. To formulate the implementation review article it is possible to use the elisitasi system analysis method. With the existence of a review article on the Thistle will produce a useful article and qualified because it was no longer a write error.


Keywords : Widuri, reviews, articles

ABSTRAK

Pada Perguruan Tinggi Raharja terdapat website yang bernama Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning) yaitu media penyimpanan artikel dan KKP/TA/SKRIPSI yang di buat oleh para Pribadi Raharja. Ketika menulis sebuah artikel atau informasi adakalanya kita sebagai penulis tanpa sadar melakukan kesalahan penulisan yang tanpa sengaja tidak disadari oleh seseorang yang menulis artikel tersebut. Pada saat ini Widuri membutuhkan sebuah sistem yang bekerja memantau segala aktivitas yang terjadi di Widuri. Hal ini diperlukan karena seiring dengan berkembangnya Widuri sebagai kebutuhan untuk membuat artikel dan menyimpan laporan KKP/TA/SKRIPSI maka dibutuhkan sistem yang mampu mengawasi aktivitas di Widuri, jika tidak ada sistem yang memantau aktivitas di widuri bisa jadi banyak terjadi kesalahan karena tidak ada yang mengkoreksi atau memperbaiki kesalahan yang terjadi pada artikel di widuri. Pada saat ini ketika mahasiswa membuat artikel pada Widuri, dan artikel tersebut terdapat kesalahan penulisan atau kurang bermanfaat maka akan dilakukan review terhadap artikel tersebut agar artikel tersebut dapat diperbaiki sehingga artikel tersebut dapat bermanfaat dan menjadi berkualitas serta informasi yang akan disampaikan oleh penulis kepada para pembaca dapat tersalurkan. Untuk merumuskan penerapan review artikel dimungkinkan menggunakan metode analisa sistem elisitasi. Dengan adanya review artikel pada Widuri akan menghasilkan artikel yang bermanfaat dan berkualitas karena sudah tidak ada lagi kesalahan penulisan..


Kata Kunci: Widuri, Review, Artikel

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Seiring tumbuh dan berkembangnya teknologi Perguruan Tinggi Raharja ingin meningkatkan kualitas dan mendorong bagian keuangan untuk berusaha mengatasi segala permasalahan yang ada sehingga menuntut kemampuan dan kecakapan di bagian keuangan dalam memberikan pelayanan keuangan kepada mahasiswa. Sehingga diharapkan mampu mengatasi masalah yang terjadi. Pembayaran merupakan berpindahnya hak pemilikan atas sejumlah uang atau dan dari pembayar kepada penerimanya, baik langsung ataupun melalui media jasa-jasa perbankan.

Pembayaran merupakan salah suatu kebutuhan perkuliahan dalam menunjang fasilitas kampus pada Perguruan Tinggi Raharja. Dimana pembayaran dilakukan guna memenuhi kebutuhan kampus baik digunakan untuk membiayai fasilitas kampus, membayar karyawan kampus, membayar dosen, dan pembayaran lainnya yang berhubungan untuk kepentingan kampus. Pembayaran mahasiswa terdiri dari RBR dan RBK. Pembayaran yang dilakukan saat ini yaitu dengan cara transfer melalui nomor rekening Mandiri 118-00-0301103-7 atau nomor rekening BCA 245-401800-1.

Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu institusi pendidikan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi Raharja selalu melakukan peningkatan, pengembangan, baik berupa sistem pembayaran kampus maupun sistem pelayanan yang ditetapkan di Perguruan Tinggi Raharja. Namun untuk saat ini pembayaran menggunakan nomor rekening yayasan terdapat beberapa kendala dan kekurangan sehingga masih belum efektif. Transfer menggunakan nomor rekening masih menyulitkan mahasiswa karena sering terjadi kesalahan penulisan nomor rekening yayasan dan sulitnya mahasiswa dalam menghafal nomor rekening yayasan sehingga jika mahasiswa tidak menyimpan nomor rekening harus meminta ke bagian kasir terlebih dahulu jika ingin melakukan pembayaran sehingga membuang-buang waktu. Oleh karena itu pembayaran sangat berperan penting dalam kualitas pelayanan kampus terutama untuk pelayanan keuangan untuk mahasiswa.

Dengan adanya media pembayaran mahasiswa menggunakan virtual account maka diharapakan mahasiswa bisa melakukan pembayaran dengan efektif dan efisien karena virtual account memiliki nomor rekening yang sangat unik sehingga memudahkan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening yayasan. Pembayaran menggunakan virtual account dapat menampilkan data pembayaran mahasiswa ketika sedang melakukan transaksi pembayaran. “Data adalah deskripsi dasar dari benda, peristiwa, aktivitas dan transaksi yang direkam, dikelompokkan, dan disimpan tetapi belum terorganisir untuk menyampaikan arti tertentu” (Turban, 2010:41)[1]. Dan juga terdapat website yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengetahui informasi tutorial pembayaran menggunakan virtual account. “Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diinterprestasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan” (Sutabri, 2012:29)[2]. Pada virtual account ini dibuatkan sistem informasi tentang virtual account. Suatu sistem dapat terdiri dari atas kegiatan-kegiatan yang berhubungan guna mencapai tujuan-tujuan perusahaan seperti pengendalian inventaris atau penjadwalan produksi. "Sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, instruksi) dan output (laporan, kalkulasi)" (Sutarman, 2012:13)[3].

Untuk memaksimalkan pelayanan keuangan pada Perguruan Tinggi Raharja yang dapat membantu dan memberikan kemudahan mahasiswa untuk melakukan pembayaran perkuliahan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terhadap sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir dengan judul: “Penerapan Virtual Account Sebagai Media Pembayaran Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi”.

Rumusan Masalah

Pada dasarnya dalam menyelesaikan masalah harus melalui penelitian bertujuan untuk mendapatkan pemecahan yang berasal dari masalah tersebut. Masalah atau problem merupakan sesuatu kesenjangan dengan harapan apa yang terjadi. Sedangkan rumusan masalah ialah adanya suatu pertanyaan yang nantinya ditemukan jawaban melalui pengumpulan data. Untuk sebuah penelitian berawal dari rumusan masalah yang selanjutnya yaitu pemecahan masalah.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah, maka terdapat 3 rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana menciptakan nomor rekening yang mudah dihafal oleh mahasiswa/i Raharja ?

  2. Bagaimana menciptakan suatu sistem pembayaran yang dapat menampilkan data pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran ?

  3. Bagaimana merancang informasi virtual account secara online untuk memudahkan mahasiswa ?


Ruang Lingkup Penelitian

Untuk memudahkan penyusunan laporan Tugas Akhir agar lebih terarah dan dapat berjalan sesuai kebutuhan karena terdapat permasalahan yang begitu luas oleh karena itu harus terdapat batasan masalah. Adapun batasan masalah pada laporan Tugas Akhir. Penelitian ini berfokus pada pembayaran RBR (Rincian Biaya Registrasi) dan RBK (Rincian Biaya Kuliah), dapat menampilkan nomor virtual account, nama, perusahaan/produk, dan jumlah pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran. Penelitian ini digunakan untuk mahasiswa/i Raharja. Pada penelitian ini memberitahukan nomor virtual account dan atas nama satiap mahasiswa/i Raharja, video tutorial pembayaran menggunakan virtual account dan terdapat informasi langkah-langkah menggunakan virtual account yang terdapat pada website GO+ di menu virtual account. Virtual account ini hanya bekerja sama dengan bank BCA. Untuk pembayaran menggunakan virtual account dapat dilakukan melalui via ATM BCA tunai, via ATM BCA non tunai, via counter BCA dan via counter bank lain. Pada penelitian ini telah dibuktikan melalui final draft elisitasi.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian bertujuan agar dapat dilaksanakannya suatu penelitian. Oleh karena itu sangat berkaitan dengan jenis penelitian yang dilakukan. Tujuan berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditentukan dan pada jawaban terdapat pada kesimpulan penelitian. Tujuan penelitian dijabarkan, seperti biasa menggunakan kata-kata kerja pembuka diantaranya : menjelaskan, menemukan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, menemukan hubungan, memperoleh data atau pengetahuan maupun keterangan tentang peneliti. Tujuan dari penelitian ini diantaranya :

  1. Untuk memudahkan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening.

  2. Menciptakan sistem pembayaran yang dapat menampilkan data pembayaran saat melakukan transaksi pembayaran.

  3. Menciptakan kemudahan mahasiswa dalam mengetahui informasi tentang virtual account.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian yaitu masalah dari tercapainya tujuan dan akan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Manfaat yang terdapat pada penelitian ini terdiri dari :

  1. Nomor virtual account bisa memberikan kemudahan mahasiswa dalam menghafal nomor rekening sehingga mengurangi terjadinya kesalahan penulisan nomor rekening.

  2. Seluruh data yang terdiri dari no. virtual account, nama, peusahaan/produk, dan jumlah pembayaran dapat dimunculkan secara akurat saat melakukan transaksi pembayaran.

  3. Sistem dapat memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengetahui nomor virtual account tiap mahasiswa dan tutorial pembayaran menggunakan virtual account secara online.

Metode Penelitian

Pada penelitian ini penulis membutuhkan metode penelitian dalam pembuatan Laporan Tugas Akhir yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut.

Metode Pengumpulan Data

Agar mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan Tugas Akhir ini, maka digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut, yaitu:
  1. Metode Pengamatan (Observation Research)

    Penelitian ini dilakukan pengamatan selama 4 bulan secara langsung yang terdapat pada proses pembayaran perkuliahan yang dilakukan pada Perguruan Tinggi Raharja. Hasil dari pengamatan yang dilakukan peneliti yaitu dapat mengumpulkan data sebagai informasi untuk membantu proses analisa pembuatan sistem ini.

  2. Metode Wawancara (Interview Research)

    Metode yang dilakukan dengan menggunakan cara tanya jawab dengan pihak yang berhubungan yaitu terdapat pada bagian keuangan yang terdapat di Perguruan Tinggi Raharja. Metode wawancara ini dilakukan bersama ibu Indah Oktafitasari yang menjadi Stakeholder pada penelitian ini.

  3. Studi Pustaka

    Metode studi pustaka ini digunakan untuk mendapat data dengan cara mempelajari dari sumber (literature), buku, jurnal, dan informasi yang berasal dari internet untuk mendapatkan data yang berkaitan dalam menunjang kelengkapan data.

Metode Analisa Sistem

Penelitian ini menggunakan analisa yaitu berupa metode analisa sistem. Analisis sistem merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisa pada elisitasi yang teridiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi dengan tercapainya strategi pada penelitian ini. Strategi yang dihasilkan juga telah memiliki data yang kuantitatif.

Metode Perancangan

Pada penelitian ini metode perancangan yang digunakan untuk menggambarkan dalam sebuah bentuk gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang bisa dimengerti oleh pemakai dengan mudah. Menggunakan Mind mapping sebagai kerangka penjelasan sistem, flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program, dan prototype sebagai tampilan dari perancangan sistem.

Metode Pengujian

Metode pengujian ini digunakan sabagai menganalisa suatu identitas sistem untuk mengevaluasi kondisi, mendeteksi, dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dibuat untuk meminimalisir pada kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Pada penelitian ini menggunakan metode Black box karena metode Black box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi sesuai yang diharapkan dan bisa berfungsi dengan benar.

Lokasi Penelitian

Penelitian ini yang berjudul “Penerapan Virtual Account Sebagai Media Pembayaran pada Perguruan Tinggi” dilakukan di Raharja Enrichment Centre (REC) ruang penelitian yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.

Sistematika Penulisan

Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan Tugas Akhir terdiri dari beberapa bab yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini akan menjelaskan informasi tentang akar permasalahan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, lokasi penelitian, dan sistematika penelitian.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan tentang teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan, dan literature review.

BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

Pada bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, rancangan basis data, flowchart, rancangan program, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, estimasi biaya.

BAB IV PENUTUP

Bab ini merupakan penutup yang berisi kesimpulan dari hasil analisa dan rancangan sistem yang dilakukan serta saran-saran terhadap sistem yang diusulkan.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

DAFTAR PUSTAKA

  1. Turban, eFraim. 2010 . Decision Support Data and Business Intelligence System. Ninth Edition, Pearson Educational International: Prentice Hall.
  2. Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi.
  3. Sutarman. 2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

Contributors

Iis Ariska Rosalinda