TA1314376387: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Konsep Dasar Media)
(Konsep Dasar Media)
Baris 789: Baris 789:
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 
<p style="line-height: 2"> Media Audio Visual, contoh : televisi. </p>
 
<p style="line-height: 2"> Media Audio Visual, contoh : televisi. </p>
 +
</ol>
 
</ol>
 
</ol>
  

Revisi per 18 Februari 2017 00.37

 

PERANCANGAN BUKU COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFOMASI

DAN PROMOSI PADA PT. PANTJA SIMPATI CIKUPA TANGERANG


TUGAS AKHIR


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1314376387
NAMA
: SUCI CAHYANI


JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

KONSENTRASI WEB GRAPHIC DESIGN

AKADEMIK MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

AMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR

PERANCANGAN BUKU COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA

INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. PANTJA SIMPATI

CIKUPA TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1314376387
Nama
: Suci Cahyani
Jenjang Studi
: Diploma Tiga
Jurusan
: Manajemen Informatika
Konsentrasi
: Web Graphic Design

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2017

Direktur
       
Kepala Jurusan
AMIK RAHARJA INFORMATIKA
       
Jurusan Manajemen Informatika
           
           
           
           
(Drs. Po. Abas Sunarya, M.si)
       
(Ruli Supriati, S.Kom.,MTI)
NIP : 000603
       
NIP : 08166

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN BUKU COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA

INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. PANTJA SIMPATI

CIKUPA TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1314376387
Nama
: Suci Cahyani

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Manajemen Informatika

Konsentrasi Web Graphic Design

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(_________)
   
(__________)
NID :
   
NID :

AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN BUKU COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA

INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. PANTJA SIMPATI

CIKUPA TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1314376387
Nama
: Nama: Suci Cahyani

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Manajemen Informatika

Konsentrasi SWeb Graphic Design

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
( )
 
( )
 
( )
NID :
 
NID :
 
NID :


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER

(AMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN BUKU COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA

INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. PANTJA SIMPATI

CIKUPA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1314376387
Nama
: Suci Cahyani
Jenjang Studi
: Diploma Tiga
Jurusan
: Manajemen Informatika
Konsentrasi
: Web Graphic Design

 

 

Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2017

 
 
 
 
 
(Suci Cahyani)
NIM : 1314376387

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Pada era globalisasi sekarang ini bukan hanya perkembangan teknologi saja yang sangat cepat, media cetak juga sangat dibutuhkan sebagai alat bantu komunikasi untuk menyampaikan suatu pesan yang bersifat public relations, yaitu untuk mempengaruhi atau membujuk dan memberikan kesan kepada relasi, dan khususnya calon konsumen terhadap apa yang diinformasikan oleh sebuah perusahaan. Salah satu dari media informasi tersebut adalah dalam bentuk media komunikasi visual tentang produk dari sebuah perusahaan yang berfungsi sebagai sarana promosi dan informasi. Dalam mempertahankan citra atau image perusahaaan, PT. Pantja Simpati ingin menerapkan strategi promosi yang berbeda dari sebelumnya, saat ini media komunikasi visual yang digunakan oleh perusahaan dalam program promosi properti hanya menggunakan media brosur yang berisikan mengenai informasi produk, keunggulan, dan beberapa fasilitas yang di tawarkan, namun dari media buku company profile tersebut tidak menyampaikan informasi secara detail dan menyeluruh mengenai produk dari perusahaan. Oleh sebab itu, untuk melengkapi dan menunjang promosi yang dapat menarik perhatian konsumen maka dirancanglah sebuah media komunikasi visual dalam bentuk cetak. Media komunikasi visual tersebut dirancang sebagai sarana penunjang promosi yang dapat memberikan nilai lebih dalam penyampaian informasi dan penerapan strategi pemasaran. Maksud dari strategi tersebut dapat disampaikan sebagai program untuk menentukan dalam mencapai tujuan promosi. Akhirnya, penulis dapat menuangkannya dalam bentuk laporan yang berjudul Perancangan Buku Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pada PT. Pantja Simpati Cikupa Tangerang dengan harapan dapat berguna dan mempunyai nilai tambah dalam media promosi dan informasi yang ada di PT. Pantja Simpati Cikupa Tangerang khususnya pada Percetakan berscala nasional.

Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Informasi, Promosi


ABSTRACTION

In this current era of globalization not only technological developments are extremely rapid, print media are also urgently needed as a tool of communication to convey a message that is public relations, namely to influence or persuade and gives the impression to the relationship, and in particular prospective consumers of what informed by a company. One of the media that information is in the form of visual communication media about a product from a company that serves as a means of promotion and information. In maintaining the image or image company, PT. Pantja Sympathy wants to implement promotion strategy different from the previous, the current visual communication media used by the companies in the program use only media property promotion brochures containing information about products, excellence, and some of the facilities on offer, but from the media company profile book does not convey information in detail and thoroughly about products of the company. Therefore, to complete and support the promotions that can attract the attention of consumers then the surveyors laid out a visual communication media in printed form. The designed visual communication media as a means of supporting a promotion that can provide more value in the delivery of information and application of marketing strategy. The intent of the strategy can be delivered as a program to determine the goal of promotion. Finally, the author can be poured it in the form of a report entitled Designing Company Profile Book as a means of Promotion And Information On PT. Pantja Sympathy Cikupa Tangerang in the hope it can be useful and have added value in media promotion and information on PT. Pantja Sympathy Cikupa Tangerang especially in the Printing of the national berscala.

Keywords: Visual Communication Design, Information, The Promotion Of

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Tugas akhir ini, dengan judul “PERANCANGAN BUKU COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. PANTJA SIMPATI CIKUPA TANGERANG” sesuai dengan waktu yang telah ditentukan..

Tujuan dari pembuatan Tugas akhir ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Diploma 3 (D3) jurusan Manajemen Informatika konsentrasi web graphic design di Perguruan Tinggi Raharja.

Terselesaikannya Tugas akhir ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si., selaku Direktur AMIK Raharja Informatika.

  2. Bapak Padeli, M.Kom., selaku Pembantu Direktur I Bidang Akademik AMIK Raharja Informatika.

  3. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn.,M.Si selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Tugas akhir ini.

  4. Ibu Desy Apriyani, S.Kom selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Tugas akhir ini.

  5. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

  6. Seluruh staff dan karyawan Perguruan Tinggi Raharja atas kerjasamanya.

  7. Kedua orang tua, kakak dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.

  8. Aulia Wibisono Karyandi yang telah membantu dan memberikan dukungannya.

  9. Gita Kurnia, Anisya Dinda Maulidya ,Depit Ulan Sari yang telah memberikan dukungan dan semangatnya.

  10. Rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan dukungan.

  11. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun.

Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Tugas akhir ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.

Tangerang, 16 Januari 2017
Suci Cahyani
NIM. 1314376387

DAFTAR TABLE

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR BAGAN


BAB I

PENDAHULUAN

Media komunikasi visual dalam menunjang suatu informasi dan promosi saat ini berkembang sangat pesat, hal ini dikarenakan banyaknya informasi yang dibutuhkan oleh semua orang, sehingga banyak pembuat informasi terus terpacu untuk melakukan perubahan, dimana banyak pihak-pihak yang terlibat, baik yang berhubungan langsung dalam proses penyampaian, maupun penerimaan informasi tersebut.

Peran media promosi sangat berpengaruh dalam sebuah persaingan bisnis. Melalui media promosi, pelaku bisnis dapat lebih mudah memperkenalkan produknya kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan perusahaan. Brand merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan keistimewaan, manfaat, dan jasa tertentu pada pembeli. Semuanya dapat anda tuang ke dalam bentuk media, yakni media promosi.

Media promosi merupakan sarana mengomunikasikan suatu produk atau jasa, brand atau perusahaan dan lainnya agar dapat dikenal masyarakat lebih luas. Di dalam komunikasi terjadi proses untuk menyampaikan pesan, serta berusaha untuk menciptakan citra positif dari perusahaan di mata masyarakat, karena itu setiap instansi atau perusahaan pasti menginginkan perusahaannya dikenal masyarakat luas secara positif, bahkan lebih jauh lagi mereka menginginkan masyarakat tersebut menjadi pengguna jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai hal tersebut, dan kegiatan yang paling berperan serta adalah melalui sebuah Company Profile yang akan digunakan sebagai alat bantu berkomunikasi dan sebagai media pemasaran produk agar dapat dikenal oleh para konsumen dan relasi perusahaan.

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi yang baik dan kerjasama dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut.

PT. Pantja Simpati berlokasi di jalan raya serang km.11 Cikupa-Tangerang, perusahaan tersebut bergerak dalam bidang percetakan berskala nasional. Permasalahan yang ada, pada saat ini PT. Pantja Simpati, telah menggunakan media promosi dan informasi hanya dalam bentuk media komunikasi visual berupa x-banner, brosur, spanduk, dengan cara melakukan pemasaran untuk memperkenalkan produk – produknya dan belum dikemas dalam bentuk media informasi dan promosi yang lebih lengkap dan terorganisir dengan baik, agar dapat menyampaikan informasi profil dan produk perusahaan yang lebih tepat sasaran, setidaknya harus mempunyai sarana media yang dapat menunjang efektivitas dalam proses komunikasi yang ada di perusahaan PT. Pantja Simpati.

Buku company profile dinilai efektif dan dapat dijadikan penunjang dalam program promosi dan informasi pada PT. Pantja Simpati. Adapun buku company profile ini berisikan informasi tentang : Latar belakang,visi dan misi,produk dan layanan,portofolio,dan klien. Media komunikasi visual seperti inilah yang perlu di miliki untuk penunjang komunikasi yang baik pada masyarakat khususnya relasi perusahaan tersebut.

Berdasarkan analisa permasalahan yang ada, yaitu masih minimnya bentuk media yang dapat memberikan informasi yang detail dan sekaligus sebagai penunjang promosi pada saat perusahaan ingin menjual suatu produk perusahaan. Pihak pemasaran atau operasional PT. Pantja Simpati memerlukan sebuah perancangan media komunikasi visual dalam bentuk buku company profile yang mampu mengemas seluruh aset perusahaan meliputi produk, fasilitas, dan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalin relasi atau kerjasama baik dengan klien perseorangan, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait. Maka pada penelitian ini, mencoba mengambil judul dalam Tugas Akhir yaitu : “Perancangan Buku Company Profile Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Pada PT. Pantja Simpati Cikupa Tangerang”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu :

  1. Media dalam bentuk apa yang efektif dan dapat menunjang informasi dan promosi pada PT. Pantja Simpati ?

  2. Bagaimana merancang buku company profile yang menarik dan dapat menunjang promosi dan informasi pada PT. Pantja Simpati ?

  3. Target seperti apa yang akan dicapai melalui perancangan buku company profile pada PT. Pantja Simpati ?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan Tugas Akhir ini lebih terarah maka pada penelitian ini mencoba untuk membatasi ruang lingkup penelitian, yaitu perancangan media Company Profile PT. Pantja Simpati yang diwujudkan dalam bentuk booklet.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Merancang buku company profile yang efektif bagi perusahaan, dan calon customer, sehingga dapat menunjang informasi dan promosi pada PT. Pantja Simpati.

  2. Untuk dapat menghasilkan desain buku company profile yang menarik untuk menunjang promosi dan informasi dalam menjalin relasi atau kerjasama baik dengan klien perseorangan, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait.

  3. Untuk mencapai target PT. Pantja Simpati dalam hal menyampaikan informasi dan promosi kepada calon customer, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait.

Manfaat Penelitian

  1. Agar melalui media yang dirancang tentang perusahaan atau produk yang di jual dapat disampaikan secara efektif, dan dapat menjadi penunjang media promosi dan informasi sehingga menjawab kebutuhan Pelanggan dari PT. Pantja Simpati.

  2. Agar dapat menghasilkan media promosi dan informasi yang menarik minat calon customer dan klien melalui buku company profile yang diberikan untuk bekerjasama dengan PT. Pantja Simpati.

  3. Dengan direncanakannya buku company profile ini, diharapkan perusahaan akan mencapai target yang ditetapkan, dan dapat memberikan manfaat positif, meningkatkan image perusahaan, meningkatkan daya tarik konsumen, serta diharapkan akan meningkatkan omset pada PT. Pantja Simpati.

Metodologi Penelitian

Penelitian Tugas Akhir ini menggunakan beberapa metode penelitian didalamnya antara lain :

Metode Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan penulis pada hari kamis, 30 September 2016 ke PT. Pantja Simpati dengan Bapak Bahruji sebagai karyawan bagian design di PT. Pantja Simpati.

Metode Pengumpulan Data

Berikut beberapa metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data diantaranya :

  1. Metode Observasi
  2. Metode yang dilakukan penulis dengan melihat, meninjau, dan mengamati secara langsung ke lapangan guna mendapatkan data untuk diteliti. Observasi ini dilakukan dengan pengamatan secara langsung ke PT. Pantja Simpati.

  3. Metode Interview
  4. Metode yang lakukan dengan cara mengadakan tanya jawab, dilakukan dengan sistematis dan berlandaskan pada tujuan penelitian. Penulis menggunakan metode interview yaitu dengan melakukan Tanya jawab secara langsung dengan stakeholder.

  5. Studi Pustaka
  6. Materi-materi yang dipergunakan sebagai landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis meliputi : buku-buku, jurnal, kamus, internet dan media komunikasi lainnya yang erat kaitannya dengan objek permasalahan.

Metode Analisa Perancangan Media

Perancangan media komunikasi visual sebagai penunjang media promosi dan informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, yang selanjutnya dirancang dengan menggunakan program komputer grafis. Media-media yang akan digunakan sebagai sarana penunjang promosi PT. Pantja Simpati dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator Cs 6.

Metode Konsep Desain

Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian Tugas Akhir ini akan menyampaikan, yaitu :

  1. Perancangan Media

  2. Perancangan Pesan

  3. Perancangan Visual

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas alur penelitian ini, maka penulis mengelompokkan materi laporan Tugas Akhir ini menjadi beberapa bab dengan sistematika penulisan, yang disampaikan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

    Dalam bab ini berisi tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

    Dalam bab ini menjelaskan tentang Teori Umum, Teori Khusus, dan Literature Review yang akan mendasari laporan penelitian Tugas Akhir yang diajukan.

BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL

    Bab ini berisi tentang Gambaran Umum Objek Yang Diteliti yaitu, mengenai Sejarah Singkat, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentasion, Marketing Objective, Marketing Strategy, Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan terdiri dari : Konfigurasi Hardware, Software yang digunakan, , Perencanaan Media (Konsep Media), Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif), Perencanaan Visual (Konsep Visual), dan Elisitasi

BAB IV PENUTUP

    Bab ini berisi tentang Kesimpulan dan Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

    Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan Tugas Akhir (TA)

LAMPIRAN

    Daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

  1. Pengertian Perancangan

    Menurut Binanto (2010 : 260)[1], Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alur (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.

    Menurut Soepadmo (2013 : 10)[2], Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.

    Kesimpulan yang dapat penulis ambil dari pengertian beberapa ahli, bahwa perancangan itu sendiri berarti tahap awal yang harus dilakukan saat akan membuat sebuah project yang didalamnya terdapat storyboard untuk menggambarkan aliran suatu project dari scene satu ke scene yang lainnya.

  2. Proses Perancangan Secara Umum

    1. Persiapan Data

      Menurut Sunarya dkk (2013 : 81)[3], Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

      Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.

    2. Ide

      Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

    3. Konsep

      Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

    4. Media

      Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

    5. Visualisasi

      Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.

    6. Produksi

      Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.

  3. Pengertian Project

    Menurut Priyatno (2010 : 35)[4], Project adalah susunan klip video, gambar, atau musik di timeline atau storyboard yang sedang dalam pengeditan.

Konsep Dasar Media

  1. Pengertian Media
  2. Menurut Rahardja dkk (2012 : 133)[5], Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for education communication and tecnology) ini menunjukkan bahwa istilah ”media” memiliki makna yang sangat umum.

    Menurut Maimunah (2012 : 284)[6], Media adalah sarana untuk menyimpan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto.

    Dapat disimpulkan bahwa media adalah sarana dalam berbagai unsur komunikasi grafis untuk menyampaikan informasi kepada public yang berupa media cetak maupun media visual.

  3. Jenis – Jenis Media
  4. Menurut Soyomukti (2012 : 200)[7]. terdapat jenis - jenis media sebagai berikut :

    1. Media Cetak, contoh : iklan majalah dan surat kabar.

    2. Media Audio, contoh : radio.

    3. Media Audio Visual, contoh : televisi.

Konsep Dasar Informasi


BAB III

PEMBAHASAN DAN HASIL


BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan analisa yang dilakukan pada PT. Pantja Simpati, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Media yang efektif dan dapat menunjang informasi dan promosi pada PT. Pantja Simpati adalah media Buku Company Profile, karena mampu mengemas seluruh aset perusahaan meliputi produk, fasilitas, dan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalin relasi atau kerjasama baik dengan klien perseorangan, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait.

  2. Dalam merancang buku company profile yang menarik dan dapat menunjang promosi dan informasi pada PT. Pantja Simpati diperlukan konsep desain buku company profile dengan memperhatikan susunan grafis seperti warna, layout, foto, dan pemilihan font yang menarik. Selain itu menampilkan informasi update dengan bahasa yang baik dan mudah di pahami oleh audience.

  3. Dengan direncanakannya buku company profile ini, diharapkan perusahaan akan mencapai target yang meningkat dari sebelumnya dan dapat memberikan manfaat positif, meningkatkan image perusahaan, meningkatkan daya tarik konsumen, dan diharapkan akan meningkatkan omset PT. Pantja Simpati.

Saran

Setelah menganalisa dan mempelajari permasalahan PT. Pantja Simpati seperti yang dibahas sebelumnya, maka penulis memberikan saran atau usulan sebagai berikut:

  1. Agar media company profile ini dapat efektif digunakan PT. Pantja Simpati sebagai penunjang informasi dan promosi, buku company profile ini untuk membantu bagian marketing dalam melakukan presentasi dan diberikan kepada customer tetap dan klien perusahaan, agar dapat menjalin kerjasama denganmemilih jasa percetakan PT. Pantja simpati cikupa Tangerang.

  2. Agar desain buku company profile ini lebih menarik disarankan menggunakan berbagai aspek visual seperti gambar, identitas, warna, informasi yang menarik, tipografi, dan elemen desain yang disesuaikan dengan image PT.Pantja simpati yang bergerak di bidang jasa percetakan dan perkembangan setiap tahunnya.

  3. Agar media buku company profile dapat mencapai target dalam meningkatkan penjualan setiap tahunnya, informasi yang terdapat pada buku company profile hendaknya selalu di update satu tahun sekali sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan PT.Pantja Simpati cikupa Tangerang.


DAFTAR PUSTAKA

  1. Binanto, Iwan. (2010 : 260). Multimedia Digital (Dasar teori dan pengembangannya). Yogyakarta: Andi.
  2. Soepadmo, G. (2013). Panduan Mudah Merancang Bangunan. Jakarta: Niaga Swadaya.
  3. Sunarya, Lusyani. Radiyanto. Erna Susanti. (2013). Enriching Company Profile Sebagai Penunjang Media Informasi dan Promosi pada Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT Vol 7 No.1.
  4. Priyatno, Dewi. (2010). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada PT. Melia Nature Indonesia. Tangerang: STMIK RAHARJA.
  5. Rahardja, Untung. Sugeng Widada. Dewi Immaniar . (2010). KPM Sebagai Pedoman Produksi Media MAVIB (Multimedai Audio Visual and Broadcasting). Journal CCIT Vol.3 No.2.
  6. Maimunah. Lusyani Sunarya. Nina Larasati. (2012). Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi. Tangerang: Journal CCIT Vol.5 No.3 Perguruan Tinggi Raharja.
  7. Soyomukti, N. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.


LAMPIRAN