SI1521489442
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI
SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA
PRESTASI TANGERANG
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
TANGERANG
(2018/2019)
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI
SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA
PRESTASI TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1521489442
|
Nama |
: Hafis Fadlillah
|
Fakultas |
: Sains dan Teknologi
|
Program Pendidikan |
: Strata 1
|
Program Studi |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Juli 2019
Rektor |
Ketua Program Studi
| ||||
Universitas Raharja |
Program Studi Teknik Informatika
| ||||
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.) |
(Ruli Supriati, M.Kom)
| ||||
NIP : 000063 |
NIP : 073009
|
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI
SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA
PRESTASI TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1521489442
|
Nama |
: Hafis Fadlillah
|
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Disetujui Oleh :
Tangerang, Juli 2019
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I) |
(Mulyati, S.E., M.M.,M.Pd)
| ||
NID : 11006 |
NID : 11003
|
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI
SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA
PRESTASI TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1521489442
|
Nama |
: Hafis Fadlillah
|
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
TA. 2018/2019
Disetujui Penguji :
Tangerang, Juli 2019
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI
SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA
PRESTASI TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1521489442
|
Nama |
: Hafis Fadlillah
|
Fakultas |
: Sains dan Teknologi
|
Program Pendidikan |
: Strata 1
|
Program Studi |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
(Hafis Fadlillah)
|
NIM : 1521489442
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk pendidikan yang mengarahkan pada perkembangan anak. Pada anak usia dini, anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar. Pada TKIT Bina Prestasi media pembelajaran yang diterapkan adalah media cetak dan media pembelajaran yang masih konvesional yang menggunakan alat peraga dan poster dua dimensi, saat pembelajaran materi yang dianggap secara visual kurang efektif dan interaktif. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan anak, guru dapat menerapkan beberapa media pembelajaran dalam satu paket yang disebut dengan pembelajaran interaktif. Dengan media pembelajaran interaktif yang memiliki beberapa item dalam satu tema. Salah satu media pembelajaran interaktif yang dirancang diantaranya adalah multimedia interaktif berbasis aplikasi dan media-media pembelajaran pendukung lainnya. Dengan menggunakan multimedia interaktif ini dapat memperkenalkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi pada anak usia dini. Metode perancangan media pembelajaran interaktif yang digunakan adalah Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Preproduction, Production dan Postproduction. Perancangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan software Adobe Photoshop, dan Adobe Flash. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan semangat belajar dalam proses pembelajaran pada anak usia dini khususnya siswa-siswi di TKIT Bina Prestasi.
Kata Kunci : Media Pembelajaran,Media Interaktif,Taman Kanak-Kanak.
ABSTRACT
Early childhood education is one form of education that leads to child development. In early childhood, children have a very high curiosity. At TKIT Bina Prestasi, the learning media used are print media and still apply conventional learning media in the form of props and two-dimensional posters, in delivering material that is considered visually less effective and interactive. Therefore, efforts to improve children's skills, teachers can apply several learning media in a package called interactive learning. With interactive learning media that has several items in one theme. One of the interactive learning media designed is application-based interactive multimedia and other supporting learning media. With this interactive multimedia, it can also introduce information and communication technology devices to early childhood. The method of designing interactive learning media used is the Concept of Media Production (KPM) which consists of Preproduction, Production and Postproduction. The design of this interactive learning media uses Adobe Photoshop and Adobe Flash software. Data collection is done by observation, interview, and literature study. Thus, this study aims to create learning media that can increase interest and enthusiasm for learning in the learning process in early childhood especially students at TKIT Bina Prestasi.
Keywords: Learning Media, Interactive Media and Kindergarten
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “Perancangan Animasi Interaktif Sebagai Sarana Pembelajaran Pada TKIT Bina Prestasi Tangerang”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Dalam penyusunan Skripsi ini, media audio visual yang dibuat telah diupayakan semaksimal mungkin agar dapat memenuhi harapan semua pihak, kekurangan dan kelebihan dalam rancangan media audio visual Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu baik dalam segi moril, materil maupun motivasi dalam menyelesaikan Skripsi ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
- Bapak Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
-
Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
-
Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
-
Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja.
-
Ibu Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I., & Ibu Mulyati,S.E., M.M., M.Pd selaku Dosen Pembimbing yang senantiasa memberikan waktunya untuk memberikan bimbingan kepada penulis.
-
Bapak dan Ibu Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan wawasan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penulis.
-
Bapak Ramli Sukardi, selaku stakeholder dari TKIT Bina Prestasi yang telah memberikan izin dan motivasi baik dalam perancangan maupun penyusunan laporan Skripsi ini.
-
Seluruh guru dan staf TKIT Bina Prestasi atas kerjasamanya dan memberikan tempat serta ilmu yang sangat bermanfaat sehingga dapat menyelesaikan Skripsi ini.
-
Seluruh dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan berbagai macam hal dari ilmu pendidikan maupun ilmu keadaban.
- Seluruh staff dan karyawan Perguruan Tinggi Raharja atas bantuan dan kerjasamanya.
- Keluarga tercinta terutama ibu yang sudah sangat peduli dan selalu memberikan nasihat ataupun masukan ketika lagi terpuruk dalam berbagai hal.
- Teman-teman dari semester 1, Oky, Ridho, Vicky, Amel, Fikrah, Dian & Devi yang selalu bareng dan saling support sampai bisa skripsi dan wisuda nantinya.
- Teman-teman Irsya yang selalu menemani disetiap hari ahad, teman menuntut ilmu, teman berbuat kebaikan, teman yang sudah lebih dari sekedar teman.
-
Teman-teman SFIT & WAF yang selalu ada dari jaman penjajahan belanda sampai akhir hayat.
-
Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.
Dalam penyusunan laporan Skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu diharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.
Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.
Tangerang, Juli 2019 | |
Hafis Fadlillah | |
NIM. 1521489442 |
Daftar isi
Tabel 2.1 Literature Riview
Tabel 3.1 Material Produk
Tabel 3.2 Kondisi Pesaing
Tabel 3.3. Analisis SWOT
Tabel 3.4. Budget Produksi Media
Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I
Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II
Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III
Tabel 3.8. Final Elisitasi
Tabel 4.1 Script Writing
Tabel 4.2 Penyusunan Crew
Tabel 4.3 Time Schedule
Tabel 4.4 Anggaran/Budget
Gambar 2.1 Matriks Analisis SWOT
Gambar 3.1 Logo TK
Gambar 3.2 Struktur Organisasi
Gambar 4.1 Pre production
Gambar 4.2 Menu Utama
Gambar 4.3 Menu Materi
Gambar 4.4 Tema Negaraku
Gambar 4.5 Materi Pulau
Gambar 4.6 Materi Bendera
Gambar 4.7 Materi Lambang
Gambar 4.8 Tema Warna
Gambar 4.9 Materi Merah
Gambar 4.10 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah
Gambar 4.11 Materi Kuning
Gambar 4.12 Materi Apa Saja yang Berwarna Kuning
Gambar 4.13 Materi Hijau
Gambar 4.14 Materi Apa Saja yang Berwarna Hijau
Gambar 4.15 Materi Biru
Gambar 4.16 Materi Apa Saja yang Berwarna Biru
Gambar 4.17 Materi Coklat
Gambar 4.18 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah
Gambar 4.19 Materi Ungu
Gambar 4.20 Materi Apa Saja yang Berwarna Ungu
Gambar 4.21 Tema Binatang
Gambar 4.22 Materi Binatang Darat
Gambar 4.23 Materi Macan
Gambar 4.24 Materi Video Macan
Gambar 4.25 Materi Sapi
Gambar 4.26 Materi Video Sapi
Gambar 4.27 Materi Badak
Gambar 4.28 Materi Video Badak
Gambar 4.29 Materi Kuda Nil
Gambar 4.30 Materi Video Kuda Nil
Gambar 4.31 Materi Jerapah
Gambar 4.32 Materi Video Jerapah
Gambar 4.33 Materi Serigala
Gambar 4.34 Materi Video Serigala
Gambar 4.35 Materi Zebra
Gambar 4.36 Materi Video Zebra
Gambar 4.37 Materi Gajah
Gambar 4.38 Materi Video Gajah
Gambar 4.39 Materi Kuda
Gambar 4.40 Materi Video Kuda
Gambar 4.41 Materi Singa
Gambar 4.42 Materi Video Singa
Gambar 4.43 Materi Binatang Laut
Gambar 4.44 Materi Paus
Gambar 4.45 Materi Video Paus
Gambar 4.46 Materi Cumi-Cumi
Gambar 4.47 Materi Video Cumi-Cumi
Gambar 4.48 Materi Kura-Kura
Gambar 4.49 Materi Video Kura-Kura
Gambar 4.50 Materi Pari
Gambar 4.51 Materi Video Pari
Gambar 4.52 Materi Lele
Gambar 4.53 Materi Video Lele
Gambar 4.54 Materi Lumba-lumba
Gambar 4.55 Materi Materi Video Lumba-lumba
Gambar 4.56 Materi Hiu
Gambar 4.57 Materi Video Hiu
Gambar 4.58 Materi Materi Binatang Udara
Gambar 4.59 Materi Toucan
Gambar 4.60 Materi Video Toucan
Gambar 4.61 Materi Flaminggo
Gambar 4.62 Materi Video Flaminggo
Gambar 4.63 Materi Elang
Gambar 4.64 Materi Video Elang
Gambar 4.65 Materi Kakatua
Gambar 4.66 Materi Video Kakatua
Gambar 4.67 Materi Gagak
Gambar 4.68 Materi Video Gagak
Gambar 4.69 Materi Burung Hantu
Gambar 4.70 Materi Video Burung Hantu
Gambar 4.71 Tema Profesi
Gambar 4.72 Materi Polisi
Gambar 4.73 Materi Pemadam Kebakaran
Gambar 4.74 Materi Perawat
Gambar 4.75 Materi Koki
Gambar 4.76 Materi Guru
Gambar 4.77 Materi Dokter
Gambar 4.78 Scene Keluar
Gambar 4.79 Scene Tutorial
Gambar 4.80 Laptop Lenovo X240
Gambar 4.81 Mouse Laptop
Gambar 4.82 Audio Recorder
Gambar 4.83 Flashdisk
Gambar 4.84 production
Gambar 4.85 Scene Bumper
Gambar 4.86 Menu Utama
Gambar 4.87 Menu Materi
Gambar 4.88 Tema Negaraku
Gambar 4.89 Materi Pulau
Gambar 4.90 Materi Bendera
Gambar 4.91 Materi Lambang
Gambar 4.92 Tema Warna
Gambar 4.93 Materi Merah
Gambar 4.94 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah
Gambar 4.95 Materi Kuning
Gambar 4.96 Materi Apa Saja yang Berwarna Kuning
Gambar 4.97 Materi Hijau
Gambar 4.98 Materi Apa Saja yang Berwarna Hijau
Gambar 4.99 Materi Biru
Gambar 4.100 Materi Apa Saja yang Berwarna Biru
Gambar 4.101 Materi Coklat
Gambar 4.102 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah
Gambar 4.103 Materi Ungu
Gambar 4.104 Materi Apa Saja yang Berwarna Ungu
Gambar 4.105 Tema Binatang
Gambar 4.106 Materi Binatang Darat
Gambar 4.107 Materi Macan
Gambar 4.108 Materi Video Macan
Gambar 4.109 Materi Sapi
Gambar 4.110 Materi Video Sapi
Gambar 4.111 Materi Badak
Gambar 4.112 Materi Video Badak
Gambar 4.113 Materi Kuda Nil
Gambar 4.114 Materi Video Kuda Nil
Gambar 4.115 Materi Jerapah
Gambar 4.116 Materi Video Jerapah
Gambar 4.117 Materi Serigala
Gambar 4.118 Materi Video Serigala
Gambar 4.119 Materi Zebra
Gambar 4.120 Materi Video Zebra
Gambar 4.121 Materi Gajah
Gambar 4.122 Materi Video Gajah
Gambar 4.123 Materi Kuda
Gambar 4.124 Materi Video Kuda
Gambar 4.125 Materi Singa
Gambar 4.126 Materi Video Singa
Gambar 4.127 Materi Binatang Laut
Gambar 4.128 Materi Paus
Gambar 4.129 Materi Video Paus
Gambar 4.130 Materi Cumi-Cumi
Gambar 4.131 Materi Video Cumi-Cumi
Gambar 4.132 Materi Kura-Kura
Gambar 4.133 Materi Video Kura-Kura
Gambar 4.134 Materi Pari
Gambar 4.135 Materi Video Pari
Gambar 4.136 Materi Lele
Gambar 4.137 Materi Video Lele
Gambar 4.138 Materi Lumba-lumba
Gambar 4.139 Materi Materi Video Lumba-lumba
Gambar 4.140 Materi Hiu
Gambar 4.141 Materi Video Hiu
Gambar 4.142 Materi Materi Binatang Udara
Gambar 4.143 Materi Toucan
Gambar 4.144 Materi Video Toucan
Gambar 4.145 Materi Flaminggo
Gambar 4.146 Materi Video Flaminggo
Gambar 4.147 Materi Elang
Gambar 4.148 Materi Video Elang
Gambar 4.149 Materi Kakatua
Gambar 4.150 Materi Video Kakatua
Gambar 4.151 Materi Gagak
Gambar 4.152 Materi Video Gagak
Gambar 4.153 Materi Burung Hantu
Gambar 4.154 Materi Video Burung Hantu
Gambar 4.155 Tema Profesi
Gambar 4.156 Materi Polisi
Gambar 4.157 Materi Pemadam Kebakaran
Gambar 4.158 Materi Perawat
Gambar 4.159 Materi Koki
Gambar 4.160 Materi Guru
Gambar 4.161 Materi Dokter
Gambar 4.162 Scene Keluar
Gambar 4.163 Scene Tutorial
Gambar 4.164 Postproduction
Gambar 4.165 Gambar Proses Editing
Gambar 4.166 Gambar Tahap Mixing
Gambar 4.167 Gambar Tahap Exporting
BAB I
Latar Belakang Penelitian
Media pembelajaran merupakan segala hal yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan dari tenaga pendidik sehingga dapat merangsang pikiran, minat dan perhatian yang membuat terjadinya proses belajar lebih optimal. Pelajar membutuhkan sarana yang dapat dijadikan daya tarik dalam kegiatan belajar mengajar. Proses pembelajaran yang efektif menjadikan materi yang disampaikan oleh guru dapat dengan mudah dipahami dengan baik.
Media pembelajaran akan menentukan efektif atau tidaknya suatu proses pembelajaran, media pembelajaran akan menentukan efisien dan kualitas dari kegiatan belajar yang dilaksanakan, media pembelajaran yang menarik dan mudah diterima oleh siswa akan lebih disukai pelajar, dan pelaksanaan pembelajaran akan terlaksana dengan menyenangkan.
Media pembelajaran menggunakan aplikasi media interaktif sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan otak terutama pada anak masa golden age, Golden age adalah usia anak pada masa-masa awal hidupnya di dunia. Menurut Lebond, Bayu (2017.1), “Golden age adalah usia anak ketika mereka berumur 0 sampai dengan 5 tahun. Usia tersebut berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak”. Maka dari itu media pembelajaran interaktif animasi untuk anak TK yang masih termasuk golden age sangat dibutuhkan.
Setelah melakukan observasi di TKIT Bina Prestasi dan melakukan wawancara dengan kepala sekolah pada TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang. Bahwa sistem pembelajaran pada TKIT Bina Prestasi masih dengan menggunakan penunjang media cetak, untuk peserta didik TK sistem pembelajaran menggunakan media cetak kurang efektif sehingga terjadinya pembelajaran yang kurang kondusif. Sehingga sampai saat ini belum tercipta pembelajaran yang sangat efektif bagi siswa-siswi TKIT Bina Prestasi.
Untuk mewujudkan proses belajar yang menyenangkan dan sangat efektif sebelumya sudah menggunakan sarana penunjang seperti menggunakan musik, akan tetapi belum begitu efektif dan menarik para siswa dalam belajar seperti yang ditargetkan oleh sekolah untuk dari itu sebuah media pembelajaran interaktif yang berbasis aplikasi akan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik.
Berdasarkan permasalahan tersebut, makan tema penelitian yang diberi judul, “Perancangan Animasi Interaktif Sebagai Sarana Pembelajaran Pada TKIT Bina Prestasi Tangerang”. Materi yang dibuat untuk media interaktif animasi ini hanya mencakup tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku. Materi yang dibuat seperti hal nya yang diminta TKIT Bina Prestasi untuk 1 semester.
Tujuan Penelitian ini, dengan menggunakan media pembelajaran animasi interaktif bisa menjadikan kegiatan belajar pada TKIT Bina Prestasi efektif dan kondusif, Manfaat penelitian ini menjadikan para siswa belajar dengan hal yang baru sehingga mereka tertarik untuk belajar.
Rumusan Masalah
Permasalahan yang ada pada penelitian yang dilakukan ini, dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana merancang media interaktif sehingga meningkatkan minat belajar pada murid TKIT Bina Prestasi?
- Bagaimana peran media interaktif dalam proses belajar pada TKIT Bina Prestasi ?
- Bagaimana perencanaan media interaktif dengan visual yang menarik sehingga mudah dipahami untuk mendukung pembelajaran murid TKIT Bina Prestasi?
Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup animasi interaktif yang dibuat hanya sebatas materi pada semester 1 (satu) di TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang seperti pengenalan tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Ruang lingkup animasi interaktif yang dibuat hanya sebatas materi pada semester 1 (satu) di TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang seperti pengenalan tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku.
- Untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk animasi sehingga pembelajaran lebih efektif pada sekolah TKIT Bina Prestasi.
- Untuk menghasilkan konsep media pembelajaran sekolah yang inovatif dan kreatif sehingga memiliki daya tarik visualisasi pada TKIT Bina Prestasi.
- Untuk meningkatkan cara pembelajaran pada TKIT Bina Prestasi dalam membantu guru sehingga penyampaian materi lebih mudah dipahami oleh murid.
Manfaat Penelitian
Dari penelitian yang dibuat tentu memiliki manfaat sebagai berikut :
- Sekolah TKIT Bina Prestasi memiliki media pembelajaran interaktif yang efektif.
- Meningkatkan minat dan semangat anak terhadap proses pembelajaran dan mempermudah guru dalam proses mengajar pada TKIT Bina Prestasi.
- Media Interaktif pembelajaran sekolah ini dapat meningkatkan pemahaman visualisasi sehingga materi disampaikan lebih cepat mengerti.
Metode Penelitian
Analisa Permasalahan
Analisa permasalahan didapatkan dari hasil wawancara yang dilaksanakan pada bulan Maret 2019 dengan Bapak Ramli Sukardi selaku Kepala Sekolah Pada TKIT Bina Prestasi tersebut, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan buku cetak yang dirasa kurang begitu efektif dan menarik. Dengan penggunaan media pembelajaran dengan animasi ini, diharapkan dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan interaktif dalam penyampaiannya sehingga dapat membuat peserta didik dapat lebih minat dalam proses belajar.
Pengumpulan Data
- Observasi
Mendapatkan data dengan pengamatan langsung pada TKIT Bina Prestasi dari bulan Maret 2019 - Mei 2019 dengan melakukan pencatatan sistematis yang berhubungan dengan media pembelajaran yang diterapkan pada TKIT Bina Prestasi.
- Metode Wawancara (Interview)
Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka dan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada stakeholder yaitu dengan Bapak Ramli selaku guru TKIT Bina Prestasi pada bulan Maret 2019, untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci dan gambaran mengenai media pembelajaran yang dipergunakan sebelumnya.
- Studi Pustaka
Dalam melengkapi data dukung mengenai teori-teori dasar yang dibutuhkan dalam laporan penelitian, dengan mencari dan membaca literatur-literatur, buku-buku maupun artikel jurnal yang dijadikan untuk melengkapi ketentuan-ketentuan pada penilaian obyektif penguji yang berkaitan dengan yang relevan dengan topik penelitian berbasis media pembelajaran.
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan perusahaan) Weaknesses (kelemahan perusahaan), Opportunities (peluang bisnis) dan Threats (hambatan untuk mencapai tujuan). Analisis SWOT adalah analisis yang terdiri dari analisis lingkungan mikro yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan analisis lingkungan makro yang bertujuan untuk mengetahui peluang dan ancaman bagi perusahaan.
Analisa Perancangan Media
Perancangan media pembelajaran berbasis aplikasi pada TKIT Bina Prestasi dirancang berdasarkan analisa terhadap kebutuhan media yang diajukan kepada stakeholder. Media-media yang akan digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran TKIT Bina Prestasi dirancang dengan menggunakan software Adobe Flash Professional CS6 dan Adobe Photoshop CS6.
Konsep Produksi Media (KPM)
Agar menghasilkan rancangan media yang baik menarik dan efektif digunakan Konsep : Preproductions, Productions dan Post Productions
Sistematika Penulisan
Bab I menjelaskan tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.
Bab II menjelaskan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi. Yang meliputi teori umum, teori khusus, dan literature review.
Bab III berisi tentang sejarah singkat sekolah, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab tiap-tiap bagian, product information, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective (tujuan pemasaran), marketing strategy (strategi pemasaran), budget produksi media, konfigurasi perancangan.
Bab IV ini menjelaskan tentang tahapan Pre production, Production dan Post production. Sesuai dengan tema perancangan yang diobservasi.
Bab V menjelaskan tentang kesimpulan dan saran yang diberikan kepada lembaga sekolah sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.