SI1521489442

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG




Disusun Oleh :


NIM
: 1521489442
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING


UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

(2018/2019)


UNIVERSITAS RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si.)
       
(Ruli Supriati, M.Kom)
NIP : 000063
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I)
   
(Mulyati, S.E., M.M.,M.Pd)
NID : 11006
   
NID : 11003


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

TA. 2018/2019

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF SEBAGAI

SARANA PEMBELAJARAN PADA TKIT BINA

PRESTASI TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1521489442
Nama
: Hafis Fadlillah
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


Menyatakan bahwa Tugas Akhir ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Tugas Akhir yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2019
 
 
(Hafis Fadlillah)
NIM : 1521489442

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk pendidikan yang mengarahkan pada perkembangan anak. Pada anak usia dini, anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar. Pada TKIT Bina Prestasi media pembelajaran yang diterapkan adalah media cetak dan media pembelajaran yang masih konvesional yang menggunakan alat peraga dan poster dua dimensi, saat pembelajaran materi yang dianggap secara visual kurang efektif dan interaktif. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan anak, guru dapat menerapkan beberapa media pembelajaran dalam satu paket yang disebut dengan pembelajaran interaktif. Dengan media pembelajaran interaktif yang memiliki beberapa item dalam satu tema. Salah satu media pembelajaran interaktif yang dirancang diantaranya adalah multimedia interaktif berbasis aplikasi dan media-media pembelajaran pendukung lainnya. Dengan menggunakan multimedia interaktif ini dapat memperkenalkan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi pada anak usia dini. Metode perancangan media pembelajaran interaktif yang digunakan adalah Konsep Produksi Media (KPM) yang terdiri dari Preproduction, Production dan Postproduction. Perancangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan software Adobe Photoshop, dan Adobe Flash. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan semangat belajar dalam proses pembelajaran pada anak usia dini khususnya siswa-siswi di TKIT Bina Prestasi.

Kata Kunci : Media Pembelajaran,Media Interaktif,Taman Kanak-Kanak.

ABSTRACT

Early childhood education is one form of education that leads to child development. In early childhood, children have a very high curiosity. At TKIT Bina Prestasi, the learning media used are print media and still apply conventional learning media in the form of props and two-dimensional posters, in delivering material that is considered visually less effective and interactive. Therefore, efforts to improve children's skills, teachers can apply several learning media in a package called interactive learning. With interactive learning media that has several items in one theme. One of the interactive learning media designed is application-based interactive multimedia and other supporting learning media. With this interactive multimedia, it can also introduce information and communication technology devices to early childhood. The method of designing interactive learning media used is the Concept of Media Production (KPM) which consists of Preproduction, Production and Postproduction. The design of this interactive learning media uses Adobe Photoshop and Adobe Flash software. Data collection is done by observation, interview, and literature study. Thus, this study aims to create learning media that can increase interest and enthusiasm for learning in the learning process in early childhood especially students at TKIT Bina Prestasi.

Keywords: Learning Media, Interactive Media and Kindergarten



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “Perancangan Animasi Interaktif Sebagai Sarana Pembelajaran Pada TKIT Bina Prestasi Tangerang”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Dalam penyusunan Skripsi ini, media audio visual yang dibuat telah diupayakan semaksimal mungkin agar dapat memenuhi harapan semua pihak, kekurangan dan kelebihan dalam rancangan media audio visual Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu baik dalam segi moril, materil maupun motivasi dalam menyelesaikan Skripsi ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :  

  1. Bapak Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.

  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.

  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja.

  5. Ibu Dewi Immaniar Desrianti, S.Kom., M.T.I., & Ibu Mulyati,S.E., M.M., M.Pd selaku Dosen Pembimbing yang senantiasa memberikan waktunya untuk memberikan bimbingan kepada penulis.

  6. Bapak dan Ibu Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan wawasan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penulis.

  7. Bapak Ramli Sukardi, selaku stakeholder dari TKIT Bina Prestasi yang telah memberikan izin dan motivasi baik dalam perancangan maupun penyusunan laporan Skripsi ini.

  8. Seluruh guru dan staf TKIT Bina Prestasi atas kerjasamanya dan memberikan tempat serta ilmu yang sangat bermanfaat sehingga dapat menyelesaikan Skripsi ini.

  9. Seluruh dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan berbagai macam hal dari ilmu pendidikan maupun ilmu keadaban.

  10. Seluruh staff dan karyawan Perguruan Tinggi Raharja atas bantuan dan kerjasamanya.
  11. Keluarga tercinta terutama ibu yang sudah sangat peduli dan selalu memberikan nasihat ataupun masukan ketika lagi terpuruk dalam berbagai hal.
  12. Teman-teman dari semester 1, Oky, Ridho, Vicky, Amel, Fikrah, Dian & Devi yang selalu bareng dan saling support sampai bisa skripsi dan wisuda nantinya.
  13. Teman-teman Irsya yang selalu menemani disetiap hari ahad, teman menuntut ilmu, teman berbuat kebaikan, teman yang sudah lebih dari sekedar teman.
  14. Teman-teman SFIT & WAF yang selalu ada dari jaman penjajahan belanda sampai akhir hayat.

  15. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Dalam penyusunan laporan Skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu diharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.


Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.


Tangerang, Juli 2019
Hafis Fadlillah
NIM. 1521489442

 


DAFTAR TABEL


Tabel 2.1 Literature Riview

Tabel 3.1 Material Produk

Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

Tabel 3.3. Analisis SWOT

Tabel 3.4. Budget Produksi Media

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III

Tabel 3.8. Final Elisitasi

Tabel 4.1 Script Writing

Tabel 4.2 Penyusunan Crew

Tabel 4.3 Time Schedule

Tabel 4.4 Anggaran/Budget


DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1 Matriks Analisis SWOT

Gambar 3.1 Logo TK

Gambar 3.2 Struktur Organisasi

Gambar 4.1 Pre production

Gambar 4.2 Menu Utama

Gambar 4.3 Menu Materi

Gambar 4.4 Tema Negaraku

Gambar 4.5 Materi Pulau

Gambar 4.6 Materi Bendera

Gambar 4.7 Materi Lambang

Gambar 4.8 Tema Warna

Gambar 4.9 Materi Merah

Gambar 4.10 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah

Gambar 4.11 Materi Kuning

Gambar 4.12 Materi Apa Saja yang Berwarna Kuning

Gambar 4.13 Materi Hijau

Gambar 4.14 Materi Apa Saja yang Berwarna Hijau

Gambar 4.15 Materi Biru

Gambar 4.16 Materi Apa Saja yang Berwarna Biru

Gambar 4.17 Materi Coklat

Gambar 4.18 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah

Gambar 4.19 Materi Ungu

Gambar 4.20 Materi Apa Saja yang Berwarna Ungu

Gambar 4.21 Tema Binatang

Gambar 4.22 Materi Binatang Darat

Gambar 4.23 Materi Macan

Gambar 4.24 Materi Video Macan

Gambar 4.25 Materi Sapi

Gambar 4.26 Materi Video Sapi

Gambar 4.27 Materi Badak

Gambar 4.28 Materi Video Badak

Gambar 4.29 Materi Kuda Nil

Gambar 4.30 Materi Video Kuda Nil

Gambar 4.31 Materi Jerapah

Gambar 4.32 Materi Video Jerapah

Gambar 4.33 Materi Serigala

Gambar 4.34 Materi Video Serigala

Gambar 4.35 Materi Zebra

Gambar 4.36 Materi Video Zebra

Gambar 4.37 Materi Gajah

Gambar 4.38 Materi Video Gajah

Gambar 4.39 Materi Kuda

Gambar 4.40 Materi Video Kuda

Gambar 4.41 Materi Singa

Gambar 4.42 Materi Video Singa

Gambar 4.43 Materi Binatang Laut

Gambar 4.44 Materi Paus

Gambar 4.45 Materi Video Paus

Gambar 4.46 Materi Cumi-Cumi

Gambar 4.47 Materi Video Cumi-Cumi

Gambar 4.48 Materi Kura-Kura

Gambar 4.49 Materi Video Kura-Kura

Gambar 4.50 Materi Pari

Gambar 4.51 Materi Video Pari

Gambar 4.52 Materi Lele

Gambar 4.53 Materi Video Lele

Gambar 4.54 Materi Lumba-lumba

Gambar 4.55 Materi Materi Video Lumba-lumba

Gambar 4.56 Materi Hiu

Gambar 4.57 Materi Video Hiu

Gambar 4.58 Materi Materi Binatang Udara

Gambar 4.59 Materi Toucan

Gambar 4.60 Materi Video Toucan

Gambar 4.61 Materi Flaminggo

Gambar 4.62 Materi Video Flaminggo

Gambar 4.63 Materi Elang

Gambar 4.64 Materi Video Elang

Gambar 4.65 Materi Kakatua

Gambar 4.66 Materi Video Kakatua

Gambar 4.67 Materi Gagak

Gambar 4.68 Materi Video Gagak

Gambar 4.69 Materi Burung Hantu

Gambar 4.70 Materi Video Burung Hantu

Gambar 4.71 Tema Profesi

Gambar 4.72 Materi Polisi

Gambar 4.73 Materi Pemadam Kebakaran

Gambar 4.74 Materi Perawat

Gambar 4.75 Materi Koki

Gambar 4.76 Materi Guru

Gambar 4.77 Materi Dokter

Gambar 4.78 Scene Keluar

Gambar 4.79 Scene Tutorial

Gambar 4.80 Laptop Lenovo X240

Gambar 4.81 Mouse Laptop

Gambar 4.82 Audio Recorder

Gambar 4.83 Flashdisk

Gambar 4.84 production

Gambar 4.85 Scene Bumper

Gambar 4.86 Menu Utama

Gambar 4.87 Menu Materi

Gambar 4.88 Tema Negaraku

Gambar 4.89 Materi Pulau

Gambar 4.90 Materi Bendera

Gambar 4.91 Materi Lambang

Gambar 4.92 Tema Warna

Gambar 4.93 Materi Merah

Gambar 4.94 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah

Gambar 4.95 Materi Kuning

Gambar 4.96 Materi Apa Saja yang Berwarna Kuning

Gambar 4.97 Materi Hijau

Gambar 4.98 Materi Apa Saja yang Berwarna Hijau

Gambar 4.99 Materi Biru

Gambar 4.100 Materi Apa Saja yang Berwarna Biru

Gambar 4.101 Materi Coklat

Gambar 4.102 Materi Apa Saja yang Berwarna Merah

Gambar 4.103 Materi Ungu

Gambar 4.104 Materi Apa Saja yang Berwarna Ungu

Gambar 4.105 Tema Binatang

Gambar 4.106 Materi Binatang Darat

Gambar 4.107 Materi Macan

Gambar 4.108 Materi Video Macan

Gambar 4.109 Materi Sapi

Gambar 4.110 Materi Video Sapi

Gambar 4.111 Materi Badak

Gambar 4.112 Materi Video Badak

Gambar 4.113 Materi Kuda Nil

Gambar 4.114 Materi Video Kuda Nil

Gambar 4.115 Materi Jerapah

Gambar 4.116 Materi Video Jerapah

Gambar 4.117 Materi Serigala

Gambar 4.118 Materi Video Serigala

Gambar 4.119 Materi Zebra

Gambar 4.120 Materi Video Zebra

Gambar 4.121 Materi Gajah

Gambar 4.122 Materi Video Gajah

Gambar 4.123 Materi Kuda

Gambar 4.124 Materi Video Kuda

Gambar 4.125 Materi Singa

Gambar 4.126 Materi Video Singa

Gambar 4.127 Materi Binatang Laut

Gambar 4.128 Materi Paus

Gambar 4.129 Materi Video Paus

Gambar 4.130 Materi Cumi-Cumi

Gambar 4.131 Materi Video Cumi-Cumi

Gambar 4.132 Materi Kura-Kura

Gambar 4.133 Materi Video Kura-Kura

Gambar 4.134 Materi Pari

Gambar 4.135 Materi Video Pari

Gambar 4.136 Materi Lele

Gambar 4.137 Materi Video Lele

Gambar 4.138 Materi Lumba-lumba

Gambar 4.139 Materi Materi Video Lumba-lumba

Gambar 4.140 Materi Hiu

Gambar 4.141 Materi Video Hiu

Gambar 4.142 Materi Materi Binatang Udara

Gambar 4.143 Materi Toucan

Gambar 4.144 Materi Video Toucan

Gambar 4.145 Materi Flaminggo

Gambar 4.146 Materi Video Flaminggo

Gambar 4.147 Materi Elang

Gambar 4.148 Materi Video Elang

Gambar 4.149 Materi Kakatua

Gambar 4.150 Materi Video Kakatua

Gambar 4.151 Materi Gagak

Gambar 4.152 Materi Video Gagak

Gambar 4.153 Materi Burung Hantu

Gambar 4.154 Materi Video Burung Hantu

Gambar 4.155 Tema Profesi

Gambar 4.156 Materi Polisi

Gambar 4.157 Materi Pemadam Kebakaran

Gambar 4.158 Materi Perawat

Gambar 4.159 Materi Koki

Gambar 4.160 Materi Guru

Gambar 4.161 Materi Dokter

Gambar 4.162 Scene Keluar

Gambar 4.163 Scene Tutorial

Gambar 4.164 Postproduction

Gambar 4.165 Gambar Proses Editing

Gambar 4.166 Gambar Tahap Mixing

Gambar 4.167 Gambar Tahap Exporting


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Media pembelajaran merupakan segala hal yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan dari tenaga pendidik sehingga dapat merangsang pikiran, minat dan perhatian yang membuat terjadinya proses belajar lebih optimal. Pelajar membutuhkan sarana yang dapat dijadikan daya tarik dalam kegiatan belajar mengajar. Proses pembelajaran yang efektif menjadikan materi yang disampaikan oleh guru dapat dengan mudah dipahami dengan baik.

Media pembelajaran akan menentukan efektif atau tidaknya suatu proses pembelajaran, media pembelajaran akan menentukan efisien dan kualitas dari kegiatan belajar yang dilaksanakan, media pembelajaran yang menarik dan mudah diterima oleh siswa akan lebih disukai pelajar, dan pelaksanaan pembelajaran akan terlaksana dengan menyenangkan.

Media pembelajaran menggunakan aplikasi media interaktif sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan otak terutama pada anak masa golden age, Golden age adalah usia anak pada masa-masa awal hidupnya di dunia. Menurut Lebond, Bayu (2017.1), “Golden age adalah usia anak ketika mereka berumur 0 sampai dengan 5 tahun. Usia tersebut berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak”. Maka dari itu media pembelajaran interaktif animasi untuk anak TK yang masih termasuk golden age sangat dibutuhkan.

Setelah melakukan observasi di TKIT Bina Prestasi dan melakukan wawancara dengan kepala sekolah pada TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang. Bahwa sistem pembelajaran pada TKIT Bina Prestasi masih dengan menggunakan penunjang media cetak, untuk peserta didik TK sistem pembelajaran menggunakan media cetak kurang efektif sehingga terjadinya pembelajaran yang kurang kondusif. Sehingga sampai saat ini belum tercipta pembelajaran yang sangat efektif bagi siswa-siswi TKIT Bina Prestasi.

Untuk mewujudkan proses belajar yang menyenangkan dan sangat efektif sebelumya sudah menggunakan sarana penunjang seperti menggunakan musik, akan tetapi belum begitu efektif dan menarik para siswa dalam belajar seperti yang ditargetkan oleh sekolah untuk dari itu sebuah media pembelajaran interaktif yang berbasis aplikasi akan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik.

Berdasarkan permasalahan tersebut, makan tema penelitian yang diberi judul, “Perancangan Animasi Interaktif Sebagai Sarana Pembelajaran Pada TKIT Bina Prestasi Tangerang”. Materi yang dibuat untuk media interaktif animasi ini hanya mencakup tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku. Materi yang dibuat seperti hal nya yang diminta TKIT Bina Prestasi untuk 1 semester.

Tujuan Penelitian ini, dengan menggunakan media pembelajaran animasi interaktif bisa menjadikan kegiatan belajar pada TKIT Bina Prestasi efektif dan kondusif, Manfaat penelitian ini menjadikan para siswa belajar dengan hal yang baru sehingga mereka tertarik untuk belajar.


Rumusan Masalah

Permasalahan yang ada pada penelitian yang dilakukan ini, dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimana merancang media interaktif sehingga meningkatkan minat belajar pada murid TKIT Bina Prestasi?
  2. Bagaimana peran media interaktif dalam proses belajar pada TKIT Bina Prestasi ?
  3. Bagaimana perencanaan media interaktif dengan visual yang menarik sehingga mudah dipahami untuk mendukung pembelajaran murid TKIT Bina Prestasi?

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup animasi interaktif yang dibuat hanya sebatas materi pada semester 1 (satu) di TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang seperti pengenalan tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Ruang lingkup animasi interaktif yang dibuat hanya sebatas materi pada semester 1 (satu) di TKIT Bina Prestasi Periuk Tangerang seperti pengenalan tentang binatang, warna, profesi, dan negaraku.

  1. Untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk animasi sehingga pembelajaran lebih efektif pada sekolah TKIT Bina Prestasi.
  2. Untuk menghasilkan konsep media pembelajaran sekolah yang inovatif dan kreatif sehingga memiliki daya tarik visualisasi pada TKIT Bina Prestasi.
  3. Untuk meningkatkan cara pembelajaran pada TKIT Bina Prestasi dalam membantu guru sehingga penyampaian materi lebih mudah dipahami oleh murid.

Manfaat Penelitian

Dari penelitian yang dibuat tentu memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Sekolah TKIT Bina Prestasi memiliki media pembelajaran interaktif yang efektif.
  2. Meningkatkan minat dan semangat anak terhadap proses pembelajaran dan mempermudah guru dalam proses mengajar pada TKIT Bina Prestasi.
  3. Media Interaktif pembelajaran sekolah ini dapat meningkatkan pemahaman visualisasi sehingga materi disampaikan lebih cepat mengerti.

Metode Penelitian

Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapatkan dari hasil wawancara yang dilaksanakan pada bulan Maret 2019 dengan Bapak Ramli Sukardi selaku Kepala Sekolah Pada TKIT Bina Prestasi tersebut, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan buku cetak yang dirasa kurang begitu efektif dan menarik. Dengan penggunaan media pembelajaran dengan animasi ini, diharapkan dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan interaktif dalam penyampaiannya sehingga dapat membuat peserta didik dapat lebih minat dalam proses belajar.

Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Mendapatkan data dengan pengamatan langsung pada TKIT Bina Prestasi dari bulan Maret 2019 - Mei 2019 dengan melakukan pencatatan sistematis yang berhubungan dengan media pembelajaran yang diterapkan pada TKIT Bina Prestasi.

  2. Metode Wawancara (Interview)

    Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka dan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada stakeholder yaitu dengan Bapak Ramli selaku guru TKIT Bina Prestasi pada bulan Maret 2019, untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci dan gambaran mengenai media pembelajaran yang dipergunakan sebelumnya.

  3. Studi Pustaka

    Dalam melengkapi data dukung mengenai teori-teori dasar yang dibutuhkan dalam laporan penelitian, dengan mencari dan membaca literatur-literatur, buku-buku maupun artikel jurnal yang dijadikan untuk melengkapi ketentuan-ketentuan pada penilaian obyektif penguji yang berkaitan dengan yang relevan dengan topik penelitian berbasis media pembelajaran.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan perusahaan) Weaknesses (kelemahan perusahaan), Opportunities (peluang bisnis) dan Threats (hambatan untuk mencapai tujuan). Analisis SWOT adalah analisis yang terdiri dari analisis lingkungan mikro yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan analisis lingkungan makro yang bertujuan untuk mengetahui peluang dan ancaman bagi perusahaan.

Analisa Perancangan Media

Perancangan media pembelajaran berbasis aplikasi pada TKIT Bina Prestasi dirancang berdasarkan analisa terhadap kebutuhan media yang diajukan kepada stakeholder. Media-media yang akan digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran TKIT Bina Prestasi dirancang dengan menggunakan software Adobe Flash Professional CS6 dan Adobe Photoshop CS6.


Konsep Produksi Media (KPM)

Agar menghasilkan rancangan media yang baik menarik dan efektif digunakan Konsep : Preproductions, Productions dan Post Productions


Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN

Bab I menjelaskan tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab II menjelaskan tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulisan sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi. Yang meliputi teori umum, teori khusus, dan literature review.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab III berisi tentang sejarah singkat sekolah, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab tiap-tiap bagian, product information, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective (tujuan pemasaran), marketing strategy (strategi pemasaran), budget produksi media, konfigurasi perancangan.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Bab IV ini menjelaskan tentang tahapan Pre production, Production dan Post production. Sesuai dengan tema perancangan yang diobservasi.

BAB V PENUTUP

Bab V menjelaskan tentang kesimpulan dan saran yang diberikan kepada lembaga sekolah sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA


LAMPIRAN

Contributors

Admin, Hafis Fadlillah