SI1521489106: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
Baris 691: | Baris 691: | ||
===Adobe Photoshop CS6=== | ===Adobe Photoshop CS6=== | ||
===Adobe Illustrator CS6=== | ===Adobe Illustrator CS6=== | ||
+ | |||
+ | =<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''DAFTAR PUSTAKA'''</div>= | ||
+ | <references /> | ||
+ | |||
+ | {{pagebreak}} |
Revisi per 12 September 2018 15.22
PERANCANGAN MEDIA KENANG-KENANGAN SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI
PRODUK JASA PERBANKKAN BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
KCP PASAR ANYAR SUKARASA KOTA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1521489106
|
NAMA |
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
(2017/2018)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA KENANG-KENANGAN SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI
PRODUK JASA PERBANKKAN BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
KCP PASAR ANYAR SUKARASA KOTA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
:1521489106
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Juli 2018
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Teknik Informatika
| ||||
(Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM.) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 00594 |
NIP : 001405
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PERANCANGAN MEDIA KENANG-KENANGAN SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI
PRODUK JASA PERBANKKAN BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
KCP PASAR ANYAR SUKARASA KOTA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1521489106
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Oleh :
Tangerang, Juli 2018
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
( Drs. Sugeng Widada. M.Si ) |
(Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom)
| ||
NID : 06098 |
NID : 15006
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
PERANCANGAN MEDIA KENANG-KENANGAN SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI
PRODUK JASA PERBANKKAN BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
KCP PASAR ANYAR SUKARASA KOTA TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
:1521489106
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Penguji :
Tangerang, Juli 2018
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PERANCANGAN MEDIA KENANG-KENANGAN SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI
PRODUK JASA PERBANKKAN BANK MANDIRI (PERSERO) TBK
KCP PASAR ANYAR SUKARASA KOTA TANGERANG
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM |
: 1521489106
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Juli 2018
NIM : 1521489106
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Penelitian yang bertemakan Perancangan Media Kenag-kenangan ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik program promosi dalam memasarkan produk-produk Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. Unit Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang, agar pemasaran produk ditahun-tahun berikutnya selalu meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode SWOT, mencari peluang dari kekurangan yang diterapkan sebelumnya dalam hal ini menggunakan Perencanaan Media, Perencanaan Pesan (Kreatif), dan Perencanaan Visual, tahapan layout pada Designing terdapat Layout Kasar, Layout Komprehensif dan tahapan Final Art Work. Adapun manfaat dari penelitian yang berupa perancangan media ini adalah untuk meningkatkan perolehan calon nasabah pedagang yang membutuhkan tambahan pengembangan modal usaha di wilayah Kota Tangerang.
Kata Kunci: Merchandise, Promosi Meningkat
ABSTRACT
This research aims to increase the attractiveness of promotional programs in marketing the products of Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. Unit Market Anyar Sukarasa Tangerang City, for product marketing in the following years is always increasing. The method used in this research is using SWOT method, looking for opportunities from previously applied deficiencies in this case using Media Planning, Message Planning (Creative), and Visual Planning, layout stages in Designing there is Crude Layout, Comprehensive Layout and Final Art Work . The benefits of research in the form of media design is to increase the acquisition of prospective customers of traders who need additional capital development business in the area of Tangerang City.
Keywords: Merchandise, Promotion Increase
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur alhamdulillah atas Rahmat dan Hidayah yang diberikan Allah SWT kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan ini, sebagai salah satu syarat untuk melengkapi kurikulum perkuliahan, dengan judul “Perancangan Media Kenang-Kenangan Sebagai Penunjang Promosi Produk Jasa Perbankkan Bank Mandiri ( persero ) Tbk KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang”.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.
Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Laporan ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya terutama kepada :
- Bapak Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM. selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja
- Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si., selaku Pembimbing I yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom, selaku Pembimbing II yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Kedua Orang tua saya, yang telah memberikan doa, dukungan, mendidik, membiayai kehidupan dan pendidikan saya sehingga penulis menjadi pribadi yang mampu percaya diri dan optimis dengan apa yang dilakukan serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
- Dan semua rekan-rekan mahasiswa/i yang telah membantu dalam menyelesaikan Laporan Skripsi).
Akhir kata, besar harapan penulis mudah-mudahan Laporan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian.
Daftar isi
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Jenis Media
Tabel 1.2 Tabel Arti Warna
Tabel 1.3 Matriks Analisi SWOT
Tabel 3.1 Program Media yang digunakan selama program mempromosikan produk-produk Bank Mandiri 2018
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Tabel Jenis Media
Gambar 1.2 Gambar Unsur Garis
Gambar 1.3 Gambar Warna Primer
Gambar 1.4 Gambar Warna Skunder
Gambar 1.5 Gambar Warna Tersier
Gambar 1.6 Gambar Warna RGB
Gambar 1.7 Gambar Warna CMYK
Gambar 1.8 Gambar Arti Warna
Gambar 1.9 Gambar Karakter Tipografi 1
Gambar 1.10 Gambar Karakter Tipografi 2
Gambar 1.11 Gambar Karakter Tipografi 3
Gambar 1.12 Gambar Karakter Tipografi 4
Gambar 1.13 Gambar Matriks analisis SWOT
Gambar 1.14 Gambar Lembar Kerja Adobe Photoshop CS6
Gambar 1.15 Gambar Interface Adobe Ilustrator
Gambar 1.16 Gambar Menu Adobe Ilustrarto
Gambar 1.17 Gambar Tools Box Ilustrator
Gambar 2.1 Struktur Organisasi Mandiri KCP Pasar Anyar Sukarasa
Gambar 3.1 Tabel Gambar Perogram Media Yang Digunakan Selama Program Mempromosikan Produk Produk Bank Mandiri
Gambar 3.2 Layer Kasar Cover Notes
Gambar 3.3 Layer Kasar Isi Nots
Gambar 3.4 Layer Kasar Bolpoin
Gambar 3.5 Layer Kasar Media Payung
Gambar 3.6Layer Kasar Media Jam dinding
Gambar 3.7Layer Kasar Media Kalender Meja
Gambar 3.8 Layout Komprehensif Cover Notes
Gambar 3.9Layout Komprehensif Isi Notes
Gambar 3.10 Layout Komprehensif Media Bolpoin
Gambar 3.11 Layout Komprehensif Media Payung
Gambar 3.12 Layout Komprehensif Media Jam Dinding
Gambar 3.13 Layout Komprehensif Media Kalender Meja
Gambar 3.14Final Art Work Cover Notes
Gambar 3.15 Final Art Work Isi Notes
Gambar 3.16 Fine Art Work Bolpoin
Gambar 3.17 Fine Art Work Media Payung
Gambar 3.18 Fine Art Work Media Jam Dinding
Gambar 3.19 Fine Art Work Media Kalender Meja
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Kartu Bimbingan Skripsi Perguruan Tinggi Raharja
Lampiran 2 Surat Keterangan Observasi
Lampiran 3 Surat Survei (Sesuai Judul)
Lampiran 4 Validasi Skripsi dan Kwitansi
Lampiran 5 KSTF
Lampiran 6 Formulir Persetujuan dan Penugasan Pembimbing
Lampiran 7 Formulir Seminar Proposal
Lampiran 8 Surat Undangan Stakeholder
Lampiran 9 Formulir Pertemuan Dengan Stakeholder
Lampiran 10 Daftar Wawancara
Lampiran 11 Elisitasi Tahap 1
Lampiran 12 Elisitasi Tahap 2
Lampiran 13 Elisitasi Tahap 3
Lampiran 14 Final Draft Elisitasi
Lampiran 15 Sertifikat Prospek
Lampiran 16 Sertifikat TOEFL RCEP
Lampiran 17 Sertifikat Seminar IT Nasional dan Internasional
Lampiran 18 Bukti Bimbingan via online
Lampiran 19 Katalog Produk
Lampiran 20Daftar Riwayat Hidup
Lampiran 21 Fomulir CekList Validasi Sidang
Lampiran 22 Formulir Pendaftaran Mengikuti Sidang
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Permasalahan Skripsi
Dalam memasarkan sebuah produk jasa Perbankan kepada masyarakat diperlukan sarana penunjang untuk mempermudah pemahaman produk-produk yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terlebih untuk mengembangkan jenis usaha. Selain dari itu juga digunakan penunjang penunjang untuk kenang-kenangan bahwa masyarakat tersebut telah menjalin kerjasama dengan bank yang dihubungi oleh anggota masyarakat, misalnya dengan memberikan media kenang-kenangan sebagai tanda menjalin kerjasama dengan salah satu produk bank yang telah dipasarkan kepada masyarakat. Bank Mandiri adalah salah satu usaha perbankan yang melalui Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa, Jl. Murni No. 02 Sukarasa Kota Tangerang dalam memperkenalkan produk-produknya kepada para pengusaha yang ada di tengah-tengah masyarakat wilayah Kota Tangerang telah mensosialisasikan jenis produk pinjaman tabungan KUR dan KUM, dalam memasarkan produk produk tersebut agar nantinya pencitraan tertanam di image masyakarakat sebagai tanda kerjasama akan diberikan tanda kerjasama berupa kenangkenangan diantaranya: Media Bolpoint, Media Notes, Media Payung Media Jam Dinding dan Media Kalender Meja. Dari pemberian jenis media-media tersebut selain sebagai tanda 2 kerjasama sekaligus digunakan penanaman image positif kepada masyarakat agar setiap membutuhkan jasa perbankkan selalu ingat kepada produk-produk Bank Mandiri. Saya selaku mahasiswa Teknik Informatikan, Konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) yang memiliki keterampilan di bidang desain grafis dalam tugas Skripsi mengambil topik penelitian Perancangan Media Kenang-kenangan Sebagai Penunjang promosi Produk- Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang dengan diberi judul: “Perancangan Media Kenang-kenangan Sebagai Penunjang Promosi Produk Jasa Perbankkan Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang”. Dari rancangan media-media tersebut diharapkan selain merupakan tanda kerjasama bertujuan menanamkam image positif di masyarakat wilayah Kota Tangerang khususnya para pengusaha-pengusaha kecil yang membutuhkan bantuan tambahan Dana dalam mengembangkan usahanya.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang dikemukakan di atas dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Media Kenang-kenangan dengan bentuk apa yang dapat digunakan sebagai tanda kerjasama dan sekaligus sebagai penanaman image yang di berikan kepada masyarakat?
2. Bagaimana Merancang media kenang-kenangan yang menarik sehingga dapat digunakan sebagai tanda kerjasama dan sekaligus sebagai penanaman image positif oleh masyarakat wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya?
3. Dari hasil rancangan media kenang-kenangan tersebut jika telah digunakan menarik dan efektif apa yang diinginkan dari pihak Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa kota Tangerang?
Ruang Lingkup
Agar pembahasan permasalahan topic skripsi dapat terarah, saya membatasi tentang Perancangan Media Kenang-kenangan yang digunakan sebagai Tanda Kerjasama sekaligus sebagai penanaman image positif kepada masyarakat Kota Tangerang.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Tujuan Operasional:
-
Sebagai Media Tanda Kerjasama kepada setiap masyarakat yang telah menjadi nasabah Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang.
-
Sebagai penunjang dalam mengingatkan kepada para pengusaha kecil setiap mempunyai kebutuhan tambahan modal dalam mengembangkan usahanya.
-
Media memudahkan dan mengingat setiap kebutuhan Perbankkan.
B. Tujuan Fungsional
-
Sebagai media Tanda Kerjasama dalam menjalin hubungan dari Perbankkan kepada masyarakat.
-
Sebagai media penunjang tanda terima kasih kepada masyarakat atas sebagai nasabah Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang.
-
Sebagai penunjang mempromosikan Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang.
-
Sebagai sarana meningkatkan daya tarik kepada setiap calon konsumen untuk menjadi nasabah Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang.
C. Tujuan Individual
-
Sebagai salah satu memenuhi persyaratan menyelesaikan studi di STMIK Raharja Tangerang.
-
Sebagai Bukti mengimplementasikan ilmu dan keterampilan selama kuliah di STMIK Raharja Tangerang.
-
Sebagai referensi kepada adik-adik angkatan sesudahnya atau pihak yang membutuhkan referensi penelitian di bidang Desain Grafis.
Manfaat Penelitian
1. Dapat dijadikan media daya tarik dalam menjalin kerjasama kepada setiap calon konsumen atau nasabah.
2. Dapat dijadikan media mempermudah mengetahui produk-produk yang dipasarkan kepada masyarakat.
3. Dapat meningkatkan perolehan nasabah setiap tahunnya dari pihak Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang.
Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian yang digunakan dengan Metode Swot, yakni peneliti melakukan observasi datang langsung di pihak Perbankkan dengan melakukan Tanya jawab untuk mencari kelemahan-kelebihan media yang sebelumnya digunakan dan untuk mencari peluang yang kemungkinan dapat dijadikan pemecahan permasalahan dalam memasarkan produk perbankkan khususnya di bagian Pemasaran Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang, dengan demikian dapat dijadikan dasar analisa permasalahan skripsi yang dijadikan topik penelitian.
Selain melakukan analisa permasalah dengan bentuk Tanya jawab kepada pihak yang terkait dengan Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Pasar Anyar Sukarasa Kota Tangerang, Peneliti sebagi dasar teori yang dibutuhkan dalam menunjang laporan skripsi, peneliti juga membaca buku-buku Desain Grafis, literature-literatur.
berhubungan dengan topic penelitian skripsi dan juga mengutip teori-teori dari artikel journal nasional maupun journal Internasional.
Dalam analisa Perancangan, agar menghasilkan rancangan media kenang-kenangan yang baik dan berkualitas penulis juga menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang rancangan desain grafis diantaranya: Adobe Photoshop maupun Adobe Illustrator.
Adapun konsep desain yang digunakan adalah Konsep Desain yang terdapat Tahapan Perencanaan Media yang terdapat:(Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media), Perencanaan Pesan terdapat: (Tujuan Pesan dan Strategi Pesan). Perencanaan Visual terdapat (Tujuan Visual, Strategi Visual dan Konsep Visualisasi yang terdapat: warna-warna yang dibutuhkan, Jenis huruf yang digunakan dan gaya penerapan grafis yang digunakan sampai Proses Desain atau Desgining dari Tahapan Layout Kasar, Layout Komprehensif dan Final Art Work.
Sistematika Penulisan Laporan Skripsi
Di dalam sistematika penulisan Laporan Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :
BAB I
Berisi tentang Latar Belakang Permasalahan Skripsi, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, Konsep Desain dan Sistematika Penulisan Laporan Skripsi, Daftar Pustaka dan Lampiran-Lampiran.
BAB II
Berisi Tentang teori-teori dasar yang digunakan sebagai Landasan Teori.
BAB III
Berisi Tentang Gambaran umum Obyek yang diteliti berupa: Sejarah Singkat Perusahaan yang diteliti, Struktur Organisasi, 7 Wewenang dan Tanggung Jawab Tiap-tiap Bagian, Informasi Produk, Strategi Pemasaran dan Segmentasi Pasar.
BAB IV
Berisi tentang Konsep Desain dari tahapan Perencanaan Media, Perencanaan Pesan dan Perencanaan visual.
BAB V
Berisi Penutup berupa Kesimpulan Penelitian dan saran yang ditujukan kepada Perusahaan yang diteliti.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB II
LANDASAN TEORI
Konsep Dasar Perancangan
1.Pengertian Perancangan
Menurut Maimunah dkk dalam buku Jurnal CCIT Media Informasi melalui Desain yang diterbitkan oleh STIMIK AMIKOM Yogyakarta (2017:38)[1], Perancangan adalah Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.
Menurut Hartati dalam buku Analisis Perancangan e-Commerce oleh STMIK Prangsewu Lampung (2013:2)[2],“Perancangan sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan. Tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem sehingga setelah instalasi dari sistem akan benar benar memuaskan rancangan bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap analisa sistem”
Menurut Soepadmo dalam buku Panduan mudah merancang bangunan oleh Niaga swadaya Jakarta (2013:10)[3], Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.
Berdasarkan sumber teori dasar yang di sampaikan di atas, pengertian perancangan pada penelitian ini adalah, merancang sebuah media berbasis stak dengan bentuk Spanduk, Brosur dan katalog yang akan di pergunakan sebagai sarana penunjang peningkatan efektifitas tentanfg penjualan produk yang di manfaatkan kepada masyarakat.