SI1433480843

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PROTOTYPE ALAT PENGANTAR MAKANAN

BERBASIS ARDUINO MEGA

PADA BUKIT PELAYANGAN RESTO


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1433480843
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATIVE AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2018/2019


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

(UNIVERSITAS) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PROTOTYPE ALAT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO MEGA

PADA BUKIT PELAYANGAN RESTO

Dibuat Oleh :

NIM
: 1433480843
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi CREATIVE COMMUNICATIVE AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

Tahun Akademik 2018/2019

Disetujui Penguji :

Tangerang, September 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID : 15022
 
NID : 11010


ABSTRACT

The development and technological advancement in the world of culinary make the entrepreneurs have to be more creative to make their restaurant business is no less competitive than other restaurants. This research aims to create a Prototype Tool introduction to the Arduino-based Foods is the latest breakthrough in the world of as culinary as well as one way of attracting the attention of customers and also as the hallmark of a restaurant. The prototype uses a color code as the purpose of an introduction to food, using NodeMcu ESP8266 as a microcontroller that will give orders to the tcs3200 color sensor to read the color codes that are on the table and a DC motor as mover tool.


Keyword: Prototype Food Delivery, Arduino Mega, Radio-Frequency Identification

ABSTRAKSI

Perkembangan dan kemajuan teknologi dalam dunia kuliner membuat para pengusaha harus lebih kreatif untuk membuat usaha restoran mereka agar tidak kalah bersaing dari restoran yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Prototipe Alat Pengantar Makanan Berbasis Arduino mega adalah sebagai terobosan terbaru dalam dunia kuliner juga sebagai salah satu cara menarik perhatian pelanggan dan juga sebagai ciri khas sebuah restoran. Prototipe ini menggunakan RFID sebagai tujuan pengantar makanan, dengan menggunakan Arduino Mega sebagai mikrokontroler yang akan memberi perintah kepada RFID untuk membaca ID yang berada pada meja dan motor Stepper sebagai penggerak alat.


Kata Kunci: Prototipe Pengantar Makanan, Arduino Mega, Radio-Frequency Identification

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “PROTOTYPE ALAT PENGANTAR MAKANAN BERBASI ARDUINO MEGA PADA BUKIT PELAYANGAN RESTO”.

Tujuan penulisan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata I Program Studi Sistem Komputer pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja
  3. Bapak Padeli, M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
  4. Ibu Ageng Setiani Rafika S.Kom., MSi. selaku Ketua Program Studi Sistem Komputer.
  5. Bapak Ignatius Joko Dewanto, Dr., S.Kom., MM. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skrpsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  6. Ibu Diah Aryani, S.T.,M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
  7. Bapak Noval Ardian selaku stakeholder Bukit Pelayangan Resto yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.
  8. 8.Bapak dan ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta yang telah memberikan, doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik
  10. 10.Teman – teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masi jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi.

<p style="line-height: 2">Semoga Laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.</p>



Tangerang, September 2019
ALFIANTORO
NIM. 1433480843


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

<p style="line-height: 2"> Industri restoran atau rumah makan yang kita ketahui adalah sebuah tempat yang menyediakan makanan serta minuman dan memiliki fasilitasnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Industri ini sering kita jumpai dibanyak lokasi, di kota maupun ditempat terpencil yang memiliki resort wisata. </p>
<p style="line-height: 2">Pelayanan pada sebuah restoran memiliki fungsi penting dimana pelayan akan berhadapan langsung dengan para pelanggan. Dengan demikian peranan pelayan sangant berpengaruh sebagai tingkat kepuasan pelanggan dan kualitas restoran tersebut.</p>
<p style="line-height: 2">Dalam pengantaran makanan pada restoran ada sebuah sistem pengantaran makanan yang biasa dikirim oleh manusia, ada beberapa masalah apabila masih menggunakan sumber daya manusia karena terdapat kekurangan yaitu manusia bisa absen masuk kerja yang dikarenakan sakit atau masalah lainnya. Dan lainnya adalah masalah pembiyayaan manusia masih terlalu mahal karena mengikuti aturan pemerintah atau UMR (Upah Minimum Regional).</p>
<p style="line-height: 2">Sebuah robotika dibuat memiliki fungsi untuk mempermudah sesuatu pekerjaan, media pembelajaran, atau hanya sebagai media permainan. Sebagai contoh robot pramusaji yang saat ini banyak berkembang di negara-negara maju. Robot pengantar makanan tidak hanya sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan juga sebagai alat untuk daya tarik sebuah restoran yang menggunakannya.</p>
<p style="line-height: 2">Sebuah robotika dibuat memiliki fungsi untuk mempermudah sesuatu pekerjaan, media pembelajaran, atau hanya sebagai media permainan. Sebagai contoh robot pramusaji yang saat ini banyak berkembang di negara-negara maju. Robot pengantar makanan tidak hanya sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan juga sebagai alat untuk daya tarik sebuah restoran yang menggunakannya.</p>
  • <p style="line-height: 2">Dari latar belakang diatas maka penelitian ini mengambil judul “PROTOTYPE ALAT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO MEGA PADA BUKIT PELAYANGAN RESTO”.

    Rumusan Masalah

    Berdasarkan latar belakang diatas, dapat ditarik beberapa rumusan permasalahan sebagai berikut :

    1. T1.Bagaimana merancang prototype alat untuk mengantar makanan berbasis Arduino?

    2. Bagaimana mengendalikan sebuah alat pengantar makanan sesuai sistem yang diajukan/ dipesan?

    Ruang Lingkup Penelitian

    Ruang lingkup penelitian ini adalah merancang sebuah berbasis RFID dengan menggabungkan beberapa alat lainnya dan menjadi sebuah prototype alat pengantar makanan dimana untuk menjawab rumusan masalah di atas.

    Dimana cakupan penelitian ini meliputi :

    1. Prototype menggunakan RFID sebagai otak untuk pengontrolan alat agar dapat bekerja.

    2. 2.Motor Dc sebagai penggerak roda yang akan menggerakan alat dari satu tempat ke tempat lainnya.

    3. Motor Driver sebagai pengontrol kecepatan dana rah gerak Motor DC.

    4. Sensor RFID sebagai titik pemberhentian sebuah meja yang dituju.

    Tujuan dan Manfaat Penelitian

    Berdasarkan rumusan masalah diatas tujuan penelitian ini sebagai berikut:

    Tujuan Penelitian

    1. Menghasilkan prototype alat pengantar makanan dalam menghidangkan makanan dan minuman untuk pelanggan di Bukit Pelayangan Resto.

    2. 2.Menghasilkan analisis dan perancangan alat pengantar makanan dalam menghidangkan makanan dan minuman untuk pelanggan di Bukit Pelayangan Resto.

    Manfaat Penelitian

    Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

    1. 1.Dapat meningkatkan pelayanan yang lebih efisien.

      1. 2.Dapat meningkatkan minat pengunjung dengan adanya alat pengantar makanan.

    2. Dapat memberikan pelayanan yang lebih modern.


    Metode Penelitian

    Metode yang digunakan dalam penulisan Skipsi ini terdiri dari tahapan:

    Metode Pengumpulan Data

    Pada tahapan ini dilakukan pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan.

    Wawancara dilakukan dengan pihak BUKIT PELAYANGAN RESTO untuk mengetahui kebutuhan penunjang operasional yang sedang berjalan di BUKIT PELAYANGAN RESTO ini. Khususnya terkait dengan perawatan dan pengawasan terhadap bayi yang baru dilahirkan.

    Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui sumber buku dan tulisan terkait dengan Arduino maupun laporan KKP yang terdahulu sebagai referensi. Sumber-sumber lain yang mendukung penelitian ini di peroleh melalui internet seperti penelitian-penelitian dan jurnal-jurnal yang telah ada.

    Metode Analisa

    Pada tahap ini dilakukan analisa jaringan dan sistem yang telah di implementasikan dan telah berjalan di puskesmas tersebut. Kemudian dilakukan penelitian terhadap kekurangan dan kelebihan terhadap sistem yang sedang berjalan.

    Metode Perancangan

    Pada tahap ini dilakukan perancangan alat Pengantar Makanan pada Bukit Pelayangan Resto dan di implementasikan dari sistem yang telah di rancang.

    Metode Prototype

    Metode yang dipakai adalah metode prototype evolutionary, karena dengan evolutionary ini sistem atau produk yang sebenarnya dipandang sebagai evolusi dari versi awal yang sangat terbatas menuju produk final.

    Metode Pengujian

    Metode testing ini digunakan untuk menganalisa suatu identitas sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi saat sistem diterapkan. Penulis menggunakan metode Black Box karena metode Black Box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.

    Sistematika Penulisan

    Untuk memahami lebih jelas laporan ini, maka materi-materi yang tertera pada Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini di kelompokan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut:

    BAB I : PENDAHULUAN

    Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.

    BAB II : LANDASAN TEORI

    Bab ini berisikan teori-teori dasar atau umum dan teori-teori khusus berupa pengertian dan definisi yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang dibahas serta literature review yang berhubungan dengan penelitian.

    BAB III : PEMBAHASAN

    Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat BUKIT PELAYANGAN RESTO, struktur organisasi, metode penelitian, metode analisa, metode perancangan, metode perancangan prototype, metode pengujian.

    BAB IV : PEMBAHASAN

    Bab ini berisi uji coba, metode black box, uji coba hardware, flowchar sistem yang diusulkan, diagram gambar sistem, rancangan program, konfigurasi sistem usulan, testing, implementasi, estimasi biaya.

    BAB V : PENUTUP

    Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah di uraikan pada bab-bab sebelumnya.

    DAFTAR PUSTAKA

    DAFTAR LAMPIRAN


  • Contributors

    Admin, Alfiantoro