SI1333476049: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 720: Baris 720:
  
 
</ol>
 
</ol>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
 +
<p style="line-height: 2">'''A. Definisi Robot''' </p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2"> Menurut Beni Anggoro (2013:2), "Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, atau menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu". </p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut Jatmiko (2012:18) "Robot adalah mesin yang terlihat seperti manusia dan melakukan berbagai tindakan yang kompleks dari manusia seperti berjalan atau berbicara, atau suatu peralatan yang bekerja secara otomatis".</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Menurut kedua definsi diatas robot adalah sebuah alat yang terprogram didalamnya yang mampu melakukan berbagai pekerjaan sesuai jenis dan fungsinyayang dapat dikendalikan baik dikontrol atau otomatis. Pertama kali kata "robota" diperkenalkan oleh Karel Capek dalam sebuah pentas sandiwara pada tahun 1921 yang berjudul RUR ( Rossum's Universal Robot )". Pentas ini mengisahkan mesin yang menyerupai manusia yang dapat bekerja tanpa lelah yang kemudian memberontak dan menguasai manusia. Istilah "robot" ini kemudian mulai terkenal dan digunakan untuk menggantikan istilah yang dikenal saat itu yaitu automation. Dari berbagai litelatur robot dapat didefinisikan sebagai sebuah alat mekanik yang dapat diprogram berdasarkan informasi dari lingkungan ( melalui sensor ).</p></div>

Revisi per 31 Desember 2017 02.50

ALAT PENYORTIR BENDA MENGGUNAKAN METODE

COLOR DETECTION BERBASIS SMS GATEWAY

PADA PT YANSEN ADI JAYA ABADI


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1333476049
NAMA


JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

ALAT PENYORTIR BENDA MENGGUNAKAN METODE

COLOR DETECTION BERBASIS SMS GATEWAY

PADA PT YANSEN ADI JAYA ABADI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333476049
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication And Innovative Technology

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM)
       
(Ferry Sudarto, S.Kom, M.Pd)
NIP : 000594
       
NIP : 079010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

ALAT PENYORTIR BENDA MENGGUNAKAN METODE

COLOR DETECTION BERBASIS SMS GATEWAY

PADA PT YANSEN ADI JAYA ABADI

Disusun Oleh :

NIM
: 1333476049
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Creative Communication And Innovative Technology

Tahun Akademik 2017 / 2018

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Indrianto, M.T.I)
   
(Dr. Ir. Sudaryono, S.Pd. M.Pd)
NID :12003
   
NID :02012

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

ALAT PENYORTIR BENDA MENGGUNAKAN METODE

COLOR DETECTION BERBASIS SMS GATEWAY

PADA PT YANSEN ADI JAYA ABADI


Dibuat Oleh :

NIM
: 1333476049
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And Innovative Technology

Tahun Akademik 2017/2018

Dewan Penguji,

Tangerang, Januari 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Yang bertanda tangan dibawah ini,

NIM
: 1333476049
Nama
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication And Innovative Technology

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, Januari 2018

 
 
 
 
 
NIM :1333476049

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Benda merupakan sesuatu yang dapat dipegang atau dilihat baik yang merupakan hasil produksi ataupun yang berada dialam yang memiliki kegunaan untuk memenuhi kebutuhan manusia maupun industri. Apalagi jika sebuah benda memiliki warna yang hampir sama atau mirip pasti akan sulit membedakannya, dengan berkembangnya sebuah teknologi dalam bidang industri pada saat ini, maka semakin dibutuhkan sebuah sistem alat penyortir yang mudah digerakan secara otomatis maupun menggunakan smartphone untuk mempermudah pekerjaan manusia. Untuk menjawab pemasalahan tersebut maka dirancanglah alat penyortir benda menggunakan metode color detection berbasis sms gateway sebagai bentuk alat untuk menyortir sebuah benda. Alat ini memiliki cara keja secara otomatis dengan menggunakan lengan robot sebagai tumpuan, gripper sebagai pencapit dan arduino sebagai otak pengendali alat, dengan menggunakan perintah yang dikendalikan melalui smartphone dan terdapat notifikasi pada LCD display benda mana saja yang tersortir. Sistem alat penyortir ini mampu membantu para pekerja menyoritr benda apalagi jika benda tersebut memiliki warna yang hampir sama , maka akan cukup sulit jika seorang pegawai mempunyai minus dalam hal pengelihatan warna, alat ini dapat mempercepat proses penyortiran sehingga menjadikan sistem ini lebih efektif dan lebih efisien dari segi penggunaan hingga pemeliharaan alat.

Kata Kunci: Benda, SMS gateway, Lengan robot, Arduino Uno.

ABSTRACT

The something for an objects that can be held or seen whether it is a product or a place of residence that has the utility to meet human and industrial needs. Moreover, if an object has a color that is almost the same or similar it will be difficult to distinguish it, with technological developments in the field of industry today, the more necessary sorter system that is easily driven and mobilized with ease. smartphone to facilitate human work. To answer the problem, the object sorter tool design uses sms gateway-based color detection method as a tool for sorting an object. It has an automatic way of life by using a robot arm as a pedestal, gripper as a coupler and an arduino as a brain control tool, using controlled commands through a smartphone and there is a notification on a sorted LCD display object. This sorting system is able to help the workers imaging objects especially if the objects have almost the same color, it would be very difficult if an employee has a minus in terms of color vision, this tool can speed up the sorting process that makes the system. more effective and more efficient than the use of the term to tool maintenance.

Keywords: Object, SMS gateway, Robot arm, Arduino Uno



KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim,

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini dengan baik. Laporan ini disajikan dalam bentuk buku. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan Skripsi ini adalah " ALAT PENYORTIR BENDA MENGGUNAKAN METODE COLOR DETECTION BERBASIS SMS GATEWAY PADA PT YANSEN ADI JAYA ABADI ”.

Laporan ini merupakan salah satu syarat yang ditempuh oleh mahasiswa sebelum melaksanakan Skripsi dalam jenjang Sarjana jurusan Sistem Komputer pada STMIK Raharja, Tangerang. Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan sumber literature yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa tersusunnya Skripsi ini bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:


1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM. selaku Ketua STMIK Raharja.

2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.

3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer.

4. Bapak Indrianto, M.T. selaku pembimbing I yang telah memberikan banyak masukan dalam penyusunan Skripsi ini.

5. Bapak Dr. Ir. Sudaryono, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan Skripsi ini.

6. Bapak Sumali kepala bagian produksi pada perusahaan sekaligus Stakeholder pada penulisan skripsi ini.

7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

8. Kepada orang tua, dan semua saudara dalam keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil, maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Skripsi ini.

9. Rekan­ rekan seperjuangan yang telah memberikan penulis semangat dalam menyelesaikan Skripsi ini.

10. Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah ikut membantu dalam penyusunan Skripsi ini.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pembaca. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Dan semoga laporan Skripsi ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi seluruh pembaca sekalian.

Tangerang, Januari 2018
Hendri Iksan Setyawan
NIM. 1333476049


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan teknologi khususnya dunia industri semakin pesat sekarang ini menuntut adanya perkembangan dalam hal peningkatan efisiensi produksi dan kebutuhan manusia terhadap peralatan yang cerdas dan dapat bekerja secara otomatis semakin meningkat, sehingga peralatan-peralatan otomatis ini mulai menggantikan peralatan manual. Selain sistem kerja yang detail, kecepatan,ketepatan,serta kuantitas menjadi suatu hal yang wajib dipenuhi dalam proses produksi. Robot menjadi pilihan yang tepat untuk membantu peningkatan efisiensi produksi dan membantu bidang-bidang lainnya.

Pada perusahaan PT Yansen Adi Jaya Abadi penyortiran sangatlah diperlukan yaitu penyortiran barang yang akan di jual, bukankah ketelitian itu adalah cermat, penuh minat, dan berhati-hati dalam menjalankan sesuatu pekerjaan agar tidak terjadi kesalahan. dan memberikan dampak yang positif bagi pekerja dan perusahaan tersebut.

Seseorang dalam melakukan pekerjaan atau usaha selain harus tekun dan ulet hendaknya juga bersikap teliti. Sikap teliti akan membawa keuntungan dan hasil yang maksimal.

Jika seorang pegawai akan menyortir sebuah barang dan sebagian pegawai yang mempunyai minus pada matanya seperti buta warna maka akan besar kemungkinan akan tertukarnya barang dan tidak teliti, besar kemungkinan barang itu akan keliru bahkan tertukar dalam pengiriman sehingga menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak.

Keterbatasan manusia tidak terkadang membuat manusia lalai dalam bekerja serta, keterbatasan alat yang mungkin sebagai faktor seseorang menjadi tidak memperhatikan lingkungan pekerjaannya, oleh karena itu penulis berinovasi untuk membuat alat sederhana yang mampu membantu para pekerja untuk menyortir benda dengan sendirinya.

Maka dibuatlah sebuah alat yang dapat menyortir sebuah benda agar tersusun rapi dan tidak tertukar yaitu dengan penyortiran menggunakan lengan robot, menggunakan komponen yang tidak asing lagi dikalangan para robotik yaitu Arduino Uno sebagai mikrokontrolernya serta, motor DC (direct current) sebagai penggeraknya, sensor color (colour sensor) sebagai pendeteksi benda, sensor ultrasonic sebagai pengukur jarak pada benda-benda yang berada di depan sebuah pencapit untuk mengambil benda dan menggunakan arduino uno sebagai pusat pengendalianya, hal ini dikarenakan peralatan-peralatan yang dikontrol secara elektronik lebih banyak memberi kemudahan dalam penggunaanya.

Untuk menjawab pemasalahan yang dihadapi, maka penulis merancang alat yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun judul dari alat tersebut adalah “ALAT PENYORTIR BENDA MENGGUNAKAN METODE COLOR DETECTION BERBASIS SMS GATEWAY PADA PT YANSEN ADI JAYA ABADI”.



Rumusan Masalah

Rumusan yang dibuat ini, memuat uraian secara rinci dari permasalahan yang diidentifikasi pada latar belakang. Adapun rumusan masalah dalam penyusunan penelitian ini sebagai berikut:

  1. Bagaimana merancang dan membuat alat penyortir benda dapat bekerja dengan baik ?

  2. Bagaimana cara mengontrol alat penyortir benda agar bisa dikendalikan otomatis maupun melalui handphone ?

  3. Bagaimana alat penyortir benda dapat menyortir benda secara otomatis ?

Ruang Lingkup Penelitian

Sebagai pembatas pembahasan atas penyusunan laporan ini sehingga tetap fokus dan sesuai dengan tujuan, maka penulis memberikan ruang lingkup penelitian sebagai berikut:

  1. Implementasi alat ini dapat gunakan pada ruangan tertutup maupun terbuka , karena alat tersebut adalah multifungsional dalam penempatan.

  2. Alat penyortir benda adalah sebagai alat kerja hanya menyortir sebuah benda padat berwarna dengan cara dijepit dengan gripper pada lengan robot.

  3. Program menggunakan Program Arduino IDE.

  4. Alat Yang dirancang hanya sebatas prototype dan tidak seperti robot yang sesungguhnya.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Setiap penelitian tentunya mempunyai beberapa tujuan dan manfaat, oleh karena itu berikut tujuan penelitian yaitu :

  1. Untuk merancang dan membuat robot penyortir benda pada PT Yansen Adi Jaya Abadi.

  2. untuk membantu para pegawai PT Yansen Adi Jaya Abadi khusunya untuk yang mempunyai minus pada warna dalam melakukan penyortiran barang.

  3. Dapat memberikan solusi cara merancang alat penyortir benda berbasis SMS gateway pada PT Yansen Adi Jaya Abadi.

Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah:

  1. Memberikan kemudahan pada PT Yansen Adi Jaya Abadi beserta para pegawainya dalam menyortir barang agar sesuai dengan warnanya.

  2. Memudahkan para pegawai dalam penyortiran benda.

  3. Menjadikan alat penyortir benda berbasis sms gateway untuk dapat digunakan untuk semua para pegawai tanpa harus memiliki smartphone.

Metode Penelitian

Adapun penjelasan lebih rinci mengenai metode yang digunakan penulis dalam menyusun Laporan Skripsi ini sebagai berikut:

Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi (Pengamatan)

    Metode pengumpulan data yaitu penulis mengadakan pengamatan langsung pada PT Yansen Adi Jaya Abadi, dimana pengamatan tersebut menuju pada pekerja yang masih menggunakan tangan untuk memindahkan sebuah benda berupa bata, karena dengan cara yang masih manual itu dibuatlah alat penyortir benda, agar para pegawai tidak perlu repot-repot dalam menyortir barang. Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang merupakan sumber informasi yang sangat penting yang dapat membantu masalah yang ada pada PT Yansen Adi Jaya Abadi.

  2. Wawancara

    Selain observasi penulis juga melakukan wawancara untuk memeperoleh keterangan dalam penelitian ini.

  3. Studi Pustaka

    Metode ini dilakukan untuk mencari dan mendapatkan sumber-sumber kajian. Landasan teori yang mendukung, data-data, atau informasi sebagai acuan dalam melakukan perecanaan, percobaan, pembuatan dan penyusunan laporan.

Metode Analisa

Model Analisa yang digunakan adalah dengan menggunakan System Development Lyfe Cycle (SDLC) dengan bebrapa langkah seperti melakukan survey/wawancara menganalisa sistem yang berjalan, memilih atau memecahkan masalah yang baik, menetukan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang akan digunakan, membangun dan mengimplementasikan sistem baru.

Metode Perancangan

Dalam laporan skripsi ini perancangan yang digunakan adalah metode perancangan melalui tahap pembuatan flowchart yang didesain dengan mengikuti cara kerja sistem. Dan pada perancangan alat menggunakan diagram blok, metode ini dimaksudkan untuk bagaimana sistem itu dirancang dan alat apa saja yang dibutuhkan. Pada pembuatan alat ini, penulis menggunakan alat seperti: aplikasi IDE arduino, mikrokontroller arduino uno, memanfaatkan android untuk mengontrol.

Metode Pengujian

Pada metode pengujian ini penulis menggunakan metode pengujian blackbox testing, blackbox testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu, pengujian ini fungsionalitas aplikasi yang bertentangan dengan struktur internal atau cara kerja alat. Pengetahuan khusus dari kode aplikasi / struktur internal dan pengetahuan pemrograman pada umumnya tidak diperlukan. coba blackbox memungkinkan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, di antaranya fungsi-fungsi yang salah atau hilang.

Sistematika Penulisan

Agar lebih memahami laporan Skripsi ini, maka laporan Skripsi ini dikelompokkan ke dalam beberapa sub bab pembahasan dan menggunakan sistematika penyampaian, sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Di bab ini akan menjelaskan mengenai uraian secara umum mengenai: latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian serta sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku yang berkaitan dengan penyusunan laporan kuliah kerja praktek serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian tersebut.

BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Pada bab ini berisikan gambaran tentang sejarah PT Yansen Adi Jaya Abadi, visi dan misi serta struktur organisasi, wewenang tanggung jawab, komponen yang digunakan berikut pembahasan.

BAB IV HASIL PENELITIAN

Bab ini menjelaskan tentang hasil penelitian dari alat yang telah dirancang dan kemudian dilakukan pengujian dari kinerja sistem dan analisa terhadap komunikasi antara alat dan smartphone sebagai pengendali alat penyortir benda serta arduino uno sebagai otak dari keseluruan alat tersebut.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan, dan saran dari pembuatan alat dan laporan sebagai upaya perbaikan kedepan.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Robot

Robot dibuat untuk memudahkan pengerjaan manusia. Saat ini sudah banyak robot yang telah dan sedang dikembangkan. Robot-robot tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 4 bagian, yaitu :

  1. Non mobile robot
  2. Robot ini tidak berpindah posisi sehingga robot ini hanya menggerakkan beberapa anggota tubuhnya saja untuk melakukan fungsi tertentu yang telah dirancang.

  3. Mobile robot
  4. Robot ini dapat memindahkan dirinya dari satu tempat ke tempat lain. Contohnya: Line Follower.

  5. Gabungan Non mobile robot dan Mobile robot
  6. Robot ini merupakan penggabungan dari fungsi-fungsi pada robot mobile dan non-mobile. Sehingga keduanya saling melengkapi dimana robot non mobile dabat terbantu fungsinya dengan bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

  7. Humanoid
  8. Robot ini sengaja dirancang dengan menirukan manusia. Fungsi-fungsi tubuh manusia baik lengan, kaki, mata, dan pergerakan sendi kepala dan bagian lainnya sebisa mungkin diterapkan dirobot ini. Contoh robot ini adalah robot ASIMO buatan Jepang.

    Bagian-bagian penting dalam robot:


    a). Sistem Kontroler

    Merupakan rangkaian elektronik yang setidak-tidaknya terdiri dari rangkaian prosesor ataupun mikrokontroler, signal conditioning untuk sensor (analog dan atau digital), dan driver untuk actuator.


    b). Mekanik Robot

    Merupakan system mekanik yang dapat terdiri dari setidak-tidaknya sebuah fungsi. Dapat berupa kaki ataupun roda.


    c).Sensor

    Merupakan perangkat atau komponen yang bertugas mendeteksi hasil gerakan atau fenomena lingkungan yang diperlukan oleh sistem kontroler. Dapat dibuat dari sistem yang paling sederhana seperti sensor ON / OFF menggunakan limit switch, sistem analog, sistem bus parallel, sistem bus serial, hingga sistem mata kamera.


    d). Sistem Kontrol Robot

    Kontrol adalah bagian yang amat penting dalam robotik. Sistem robotik tanpa kontrol hanya akan menjadi benda mekatronik yang mati. Dalam sistem kontrol robotik terdapat dua bagian yaitu perangkat keras elektronik dalam perangkat lunak yang berisi program kemudi dan algoritma kontrol.


    e). Aktuator

    Merupakan perangkat elektromekanik yang menghasilkan daya gerakan. Dapat dibuat dari sistem motor listrik, motor DC servo, motor DC stepper, ultrasonic motor, linear motor, system pneumatic ( perangkat kompresi berbasis udara atau gas nitrogen ), dan perangkat hidrolik ( berbasis bahan cair seperti oli ). Untuk meningkatkan tenaga mekanik aktuator atau torsi gerakan dapat dipasang sistem gearbox, baik sistem direct-gear ( sistem lurus, sistem ohmic / worm-gear, planetary gear. ), spochet-chain ( gear-rantai, gear-belt, ataupun system wire-roller, dll.).


    f). Sistem Roda

    Merupakan sistem mekanik yang dapat menggerakkan robot untuk berpindah posisi. Dapat terdiri dari sedikitnya sebuah roda penggerak (drive dan steer), dua roda differensial (kiri-kanan independen ataupun sistem belt seperti tank), tiga roda ( synchro drive atau sisem holonomic ), empat roda ( Ackermann model / car like mobile robot ataupun sistem mecanum wheels ) atupun lebih.


    g). Sistem Kaki

    Pada dasarnya sistem kaki adalah gerakan “roda” yang didesain sedemikian rupa hingga memiliki kemampuan gerak seperti mahluk hidup. Robot berjalan dengan sistem dua kaki atau biped robot memiliki struktur kaki seperti manusia setidak-tidaknya memiliki sendi-sendi yang mewakili pergelangan kaki, lutut, dan pinggul.


    h). Sistem Tangan

    Merupakan bagian atau anggota badan robot selain sistem roda atau kaki. Dalam konteks mobile robot, bagian tangan ini dikenal sebagai manipulator yaitu sistem gerak yang berfungsi untuk memanipulasi ( memegang, mengambil, mengangkat, memindah, atau mengolah ) obyek. Lengan dapat dibuat kaku / tegar ( rigid ) ataupun fleksibel ( fleksibel manipulator ). Sistem tangan memiliki bagian khusus yang disebut sebagai gripper atau grasper ( pemegang ).

A. Definisi Robot

Menurut Beni Anggoro (2013:2), "Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, atau menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu".

Menurut Jatmiko (2012:18) "Robot adalah mesin yang terlihat seperti manusia dan melakukan berbagai tindakan yang kompleks dari manusia seperti berjalan atau berbicara, atau suatu peralatan yang bekerja secara otomatis".

Menurut kedua definsi diatas robot adalah sebuah alat yang terprogram didalamnya yang mampu melakukan berbagai pekerjaan sesuai jenis dan fungsinyayang dapat dikendalikan baik dikontrol atau otomatis. Pertama kali kata "robota" diperkenalkan oleh Karel Capek dalam sebuah pentas sandiwara pada tahun 1921 yang berjudul RUR ( Rossum's Universal Robot )". Pentas ini mengisahkan mesin yang menyerupai manusia yang dapat bekerja tanpa lelah yang kemudian memberontak dan menguasai manusia. Istilah "robot" ini kemudian mulai terkenal dan digunakan untuk menggantikan istilah yang dikenal saat itu yaitu automation. Dari berbagai litelatur robot dapat didefinisikan sebagai sebuah alat mekanik yang dapat diprogram berdasarkan informasi dari lingkungan ( melalui sensor ).

Contributors

Hendriiksan