SI1321477138

Dari widuri
Revisi per 29 Juli 2017 18.04 oleh IrfanYafi (bicara | kontrib) (BAB III)


Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIDEO INFORMASI SENI DAN BANGUNAN BERSEJARAH KOTA

TANGERANG PADA DINAS

KOMINFO KOTA

TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1321477138
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN VIDEO INFORMASI SENI DAN BANGUNAN BERSEJARAH KOTA '

TANGERANG PADA DINAS

KOMINFO KOTA

TANGERANG



Disusun Oleh :

NIM
: 1321477138
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN VIDEO INFORMASI SENI DAN BANGUNAN BERSEJARAH KOTA '

TANGERANG PADA DINAS

KOMINFO KOTA

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1321477138
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Lusyani Sunarya,S.Sn.,M.Si)
   
(Maimunah, M.Kom)
NID : 06124
   
NID : 02012

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN VIDEO INFORMASI SENI DAN BANGUNAN BERSEJARAH KOTA '

TANGERANG PADA DINAS

KOMINFO KOTA

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1321477138
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juli 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN VIDEO INFORMASI SENI DAN BANGUNAN BERSEJARAH KOTA '

TANGERANG PADA DINAS

KOMINFO KOTA

TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1321477138
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, Juli 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1321477138

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAK

Akses informasi saat ini menjadi hal yang sangat penting, karena adanya informasi semua orang akan mengetahuinya. Kota Tangerang memiliki sejarah yang menyimpan beragam potensi bangunan bersejarah maupun seni yang menarik untuk menjadi tujuan destinasi wisata. Diskominfo Kota Tangerang merupakan Dinas yang mempunyai wewenang untuk mempromosikan aset seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang. Saat ini Dinas Kominfo Kota Tangerang belum memiliki suatu media informasi yang menjelaskan secara detail yang dapat menarik wisatawan untuk melihat langsung dan mengenal seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang. Video informasi yang dirancang ini menjelaskan keberagaman dan kekayaan seni dan budaya yang ada di Kota Tangerang saat ini, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing serta masyarakat, untuk mengetahui informasi seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mencapai target Diskominfo dalam hal menyampaikan informasi tentang seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang kepada masyarakat dan wisatawan, serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Pengumpulan Data, Analisa Perancangan Media, dan Konsep Produksi Media (KPM) yang meliputi : pre production, production,dan post production. Melalui media informasi Seni dan Bangunan bersejarah Kota Tangerang yang dirancang akan di informasikan melalui : Youtube, Website Tangerang Kota, Website Diskominfo dan facebook. Target yang diharapkan Diskominfo yaitu, wisatawan dan masyarakat dapat mengetahui keanekaragaman seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang, serta dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Tangerang setiap tahunnya..

Kata Kunci: Video, Informasi, Kota Tangerang

ABSTRACT

Access to information is currently a very important thing, because of the information everyone will figure it out. Tangerang has a history that stores a variety of potential historic or artistic interest to be the purpose of tourist destinations. Diskominfo isa service of the Tangerang city has the authority to promote the assets of art and historic buildings of the city of Tangerang. The current Office of Tangerang Kominfo does not yet have a medium of information that explain in detail that can attract tourists to see firsthand and get to know the art of existing and historic buildings in the town of Tangerang. Video information designed this explains the diversity and wealth of art and culture that exists in the town of Tangerang this time, so that it can become an attraction for both local and foreign tourists as well as the public, to know art and historic information that exists in the town of Tangerang. The purpose of this research is to achieve the target of Diskominfo in terms of conveying information about art and historic city of Tangerang to the community and tourists, as well as increase the number of tourists visit every year. As for the research methods used in this study include Data collection, analysis of the design of the Media, and the concept of Media Production (KPM) which include: pre production, production, and post production. Through the medium of information arts and historic city of Tangerang designed will be informed via: Youtube, Tangerang Kota Website, Diskominfo Website, and Facebook. The expected target of Diskominfo, tourists and the public can know the diversity of art and historic buildings that existed in the town of Tangerang, and can increase the number of tourists visiting the city of Tangerang annually.


Keywords :Video, Information, Tangerang.

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN VIDEO INFORMASI SENI DAN BANGUNAN BERSEJARAH KOTA TANGERANG PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di STMIK Raharja.

Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I,. MM. selaku Ketua STMIK RAHARJA.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom.,selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK RAHARJA.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom.,selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK RAHARJA.
  4. Miss Lusyani Sunarya, S.Sn.,M.Si selaku Pembimbing I, yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaga nya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Ibu Maimunah, M.Kom. selaku Pembimbing II, yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaga nya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  6. Bapak Tisna Wijaya selaku stakeholder dari bagian Pemasaran yang telah membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis selama berlangsungnya SKRIPSI
  7. Seluruh Dosen dan Staff STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
  8. Staff Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang yang telah member masukan, saran serta pembelajaran sehingga setiap pengambilan gambar dapat berjalan dengan lancar.
  9. Kedua Orang Tua saya yang telah memberikan semangat dan motivasi dalam menyelesaikan SKRIPSI.
  10. Dan semua sahabat, rekan-rekan mahasiswa/i yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan Laporan SKRIPSI ini.

Akhir kata, besarharapan penulis mudah-mudahan Laporan SKRIPSI ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat da menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Tangerang, Juli 2017
Irfan Yafi
NIM. 1321477138

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1. Literature Review

Tabel 3.1. Material Produk

Tabel 3.2. Analisis SWOT

Tabel 3.3. Budget Produksi Media

Tabel 3.4. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.6 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.7 Final Elisitasi

Tabel 4.1 Script Writing

Tabel 4.2 Rundown

Tabel 4.3 Daftar Pemain dan Crew

Tabel 4.4 Time Schedule Produksi

Tabel 4.5 Anggaran Produksi

Tabel 4.6 Kesan Visual Effect

Tabel 4.4 Time Schedule Produksi

Tabel 4.5 Anggaran Produksi

DAFTAR BAGAN

Bagan 3.1. Struktur Struktur Organisasi Dinas Kominfo Kota Tangerang

Bagan 4.1. Tahap Konsep Produksi Media (KPM)

Bagan 4.2. Preproduction

Bagan 4.3. Production

Bagan 4.2. Postproduction

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1. Tampilan Jendela Adobe Photoshop CS6

Gambar 4.1. Bumper Opening logo Pemerintahan Kota Tangerang

Gambar 4.2. Tampilan tulisan kominfo Kota Tangerang

Gambar 4.3. Tampilan slide video seni dan bangunan kota tangerang

Gambar 4.4. Bandara kota tangerang

Gambar 4.5. Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang

Gambar 4.6. Masjid Raya Al’Azhom Kota Tangerang

Gambar 4.7. Tugu Adipura Kota Tangerang

Gambar 4.8. Taman Potret Kota Tangerang

Gambar 4.9. Jam Gede Jasa Kota Tangerang

Gambar 4.10. Tari Lenggang ciri khas Kota Tangerang

Gambar 4.11. Silat Beksi Ciri Khas Kota Tangerang

Gambar 4.12. Barongsai Kota Tangerang

Gambar 4.13. Kesenian Pehcun Kota Tangerang

Gambar 4.14. Bangunan Kelenteng Boen Tek Bio Kota Tangerang

Gambar 4.15. Suasana Ibadah Kelenteng Boen Tek Bio Kota Tangerang

Gambar 4.16. Persembahan Kelenteng Boen Tek Bio Kota Tangerang

Gambar 4.17. Bangunan Museum Benteng heritage Kota Tangerang

Gambar 4.18. Bacaan Museum Benteng Heritage Kota Tangerang

Gambar 4.19. Lukisan Pasar Lama Museum Benteng Heritage

Gambar 4.20. Peninggalan China Zaman Dulu Museum Benteng Heritage

Gambar 4.21. Gedung Bangunan Lapas Anak Kota Tangerang

Gambar 4.22. Suasana Sekitar Lapas Anak Kota Tangerang

Gambar 4.23. Aktifitas Sekitar Lapas Anak Kota Tangerang

Gambar 4.24. Bangunan Masjid Jami Kali Pasir Kota Tangerang

Gambar 4.25. Sekitar Makam Masjid Jami Kali Pasir Kota Tangerang

Gambar 4.26. Suasana Dalam Masjid Jami Kali Pasir Kota Tangerang

Gambar 4.27. Suasana Bangunan Masjid Pintu Seribu Kota Tangerang

Gambar 4.28. Suasana Bangunan Bendungan Pintu Air Sepuluh

Gambar 4.29. Wawancara Masyarakat Kota Tangerang

Gambar 4.30. CLOSING

Gambar 4.31. Camera Cannon DSLR 760 D

Gambar 4.32. Camera Drone Phantom 3 Pro

Gambar 4.33. Tripod

Gambar 4.34. Microfon Shotgun

Gambar 4.35. Sony HD

Gambar 4.36. DVD

Gambar 4.37. Adobe Premier CS6

Gambar 4.38. Adobe Photoshop CS 6

Gambar 4.39. After Effect CS6

DAFTAR SIMBOL


DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

 

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Saat ini akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena adanya informasi semua orang akan mengetahuinya. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetak ataupun media elektronik, dari media itulah masyarakat dapat memperoleh informasi. Informasi menjadikan sumber kebutuhan untuk masyarakat tanpa terkecuali. Dengan adanya kebutuhan informasi sangat dirasakan akan terus bertambah bagi setiap orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu. Rasa ingin taupun akan muncul ketika seseorang ingin menambah pengetahuaannya.

Kota Tangerang memiliki potensi seni dan bangunan bersejarah yang cukup menarik dan prospektif. Manakala potensi tersebut dapat dikelola dengan baik, termasuk dengan pola promosi yang gigih dan canggih serta mendunia, maka mata rantai obyek-obyek seni dan bangunan bersejarah di Kota Tangerang akan menjadi salah satu andalan sumber pendapatan daerah sekaligus promosi daerah yang strategis.

Kota Tangerang terletak di Provinsi Banten. Nama Tangerang, berasal dari bahasa Sunda yang berarti “Tanda”. Kota Tangerang dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Tangerang, seiring dengan pertumbuhan kawasan, pemerintah melalui UU. Nomor 22 Tahun 1999 tentang perubahan Kota Madya menjadi Kota Tangerang. Kota Tangerang terletak sangat strategis karena berdekatan langsung dengan Ibu Kota Negara DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang, Depok, dan Bogor. Dengan luas kawasan mencapai 17.730 HA, Kota Tangerang merupakan Kota terbesar di Provinsi Banten dan Kota terbesar ketiga di kawasan perkotaan JABOTABEK setelah Kota Jakarta. Saat ini Kota Tangerang dipimpin oleh Walikota H. Arief R. Wismansyah, B. Sc., M. Kes.

Kawasan yang memiliki sejarah panjang ini menyimpan beragam potensi bangunan bersejarah maupun seni yang menarik untuk menjadi tujuan destinasi wisata. Pembahasan mengenai seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang ternyata tidak kalah menarik akan keberagamannya. Rata-rata dari mayoritas masyarakat nya sendiri memiliki beragam suku, ras, dan agama yang berbeda mulai dari suku Betawi, Sunda, Jawa, sampai Tionghoa, maupun juga dengan keberagaman agamanya. Masyarakat Kota Tangerang memiliki keberagaman agama yang cukup kaya yaitu didominasi pemeluk agama Islam disusul dengan pemeluk agama Kristen, Katolik, Budha dan yang terakhir Hindu.

Hal ini sangat berpengaruh terutama pada nilai-nilai seni dan bangunan bersejarah setempat. Berbicara mengenai keberagaman khas seni dan banguan bersejarah Kota Tangerang, ada beberapa jenis kesenian khas dari Kota Tangerang, diantaranya adalah : Tari Lenggang Cisadane, Barongsai, Pehcun dan Silat Beksi. Selain kesenian Kota Tangerang juga kaya akan wisata dan bangunan bersejarah seperti : Bangunan Masjid Pintu Seribu, Bangunan Boen Tek Bio, Bangunan Museum Benteng Heritage, Bangunan Masjid Jami Kalipasir, Bangunan bendungan Pintu Air 10, dan Bangunan Lapas Anak. Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Tangerang merupakan Dinas yang mempunyai wewenang untuk mempromosikan aset seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang. Adapun Dinas tersebut terletak di Gedung Pusat Pemerintahan Lt.4 yang beralamatkan di Jl.Satria Sudirman Kota Tangerang. Dinas ini dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, serta terdapat satu Sekretariat dan tiga bidang, diantaranya : Bidang Pos dan Telekomunikasi, Bidang Telematika, Bidang Pengolahan Data dan Desiminasi Informasi.

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) secara berkelanjutan menata dan mempromosikan aset seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan warga Kota Tangerang dan meningkatkan peran Kota Tangerang dalam konsentrasi seni dan bangunan bersejarah Nasional, namun seiring berkembangnya informasi mengenai seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang, Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) membutuhkan perancangan media video informasi seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang pada Dinas Kominfo Kota Tangerang dengan informasi yang up to date sesuai perkembangan Kota Tangerang saat ini, agar melalui perancangan video informasi seni dan bangunan bersejarah ini masyarakat atau wisatawan lebih mengenal seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang, sehingga melalui video informasi yang dirancang, dapat menarik wisatawan dan investor lokal, serta meningkatkan sumber pendapatan daerah, dimana sektor seni dan bangunan bersejarah sebagai salah satu lambung devisa yang memiliki value ekspektasi yang tinggi. Oleh karena itu, agar dapat menyampaikan informasi destinasi seni dan bangunan bersejarah terbaru yang lebih efektif setidaknya, Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) harus memiliki sarana media yang dapat menunjang efektivitas dalam mempromosikan seni dan bangunan bersejarah di Kota Tangerang.

Saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) belum memiliki suatu media yang dapat menarik wisatawan untuk melihat langsung seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang, sehingga masyarakat belum banyak mengenal kesenian dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang. Dengan demikian, maka dalam penelitian ini dilakukan Perancangan Video informasi seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang Pada Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO).

Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan terhadap DISKOMINFO, maka dibutuhkan media informasi dan promosi yang menarik dan juga up to date untuk memudahkan Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) dalam memberikan informasi promosi tentang seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang melalui media channel youtube dan website, agar seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang, lebih di kenal oleh masyarakat luas, menarik wisatawan dan investor lokal, serta meningkatkan sumber pendapatan daerah.

Berdasarkan analisa di atas, maka penelitian ini mengangkat tema Skripsi dengan judul: “Perancangan Video informasi Seni dan Bangunan Bersejarah Kota Tangerang Pada Dinas Kominfo Kota Tangerang”.

Rumusan Masalah

Dari permasalahan yang telah disampaikan di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Media apa yang dibutuhkan Diskominfo Kota Tangerang dalam menginformasikan dan mempromosikan seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang ?
  2. Bagaimana merancang media informasi dan promosi yang menarik dan dapat dikenal oleh masyarakat ?
  3. Target seperti apa yang akan di capai melalui perancangan video informasi seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang ?

Ruang Lingkup Penelitian

Dalam ruang lingkup penelitian ini dilakukan pembatasan masalah yang akan di teliti yaitu Perancangan Video informasi seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang Pada Dinas Kominfo Kota Tangerang yang meliputi profil Kota Tangerang khususnya seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang meliputi Bangunan Masjid Pintu Seribu, bangunan Boen Tek Bio, Bangunan Museum Benteng Heritage, bangunan Masjid Jami Kalipasir, bangunan bendungan Pintu Air 10, dan bangunan Lapas Anak. Kesenian Kota Tangerang meliputi : Tari Lenggang Cisadane, Barongsai, Pehcun dan Silat Beksi.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini yaitu :

  1. Untuk merancang media video sebagai penunjang informasi Dinas Kominfo Kota Tangerang dalam rangka memperkenalkan hal-hal yang berkaitan dengan seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang.
  2. Untuk mempermudah pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) dalam menarik perhatian, mempromosikan, dan memperkenalkan seni dan bangunan bersejarah di Kota Tangerang kepada wisatawan dan masyarakat luas.
  3. Untuk mencapai target Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) dalam hal menyampaikan informasi tentang seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang kepada masyarakat serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahun nya.

Manfaat Penelitian

  1. Melalui media video informasi seni dan bangunan bersejarah yang disampaikan Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) ini, wisatawan dan masyarakat dapat mengetahui keanekaragaman seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang.
  2. Sebagai media penunjang informasi dan promosi pada Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) untuk menarik minat wisatawan dan masyarakat untuk berkunjung dan mengetahui lebih detail mengenai seni dan bangunan bersejarah yang ada di Kota Tangerang.
  3. Melalui perancangan media video informasi seni dan bangunan bersejarah Kota Tangerang ini, target yang diharapkan yaitu, dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Tangerang, serta meningkatkan image Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Tangerang.

Metode Penelitian

Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode Pengumpulan Data, Analisa Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM).

Pengumpulan Data

Data-data pendukung laporan skripsi dikumpulkan dengan cara:

  1. Observasi
    Observasi adalah pengambilan data yang diperlukan untuk penyusunan penelitian Skripsi melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada bagian Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Tangerang.
  2. Wawancara (Interview)
    Suatu cara pengumpulan data dengan tanya jawab secara langsung yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi. Metode wawancara digunakan penulis untuk mendapatkan data dengan cara mengajukan wawancara pada hari selasa, 6 maret 2017 dengan Bapak Tisna Wijaya selaku stakeholder pada Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Tangerang, dan juga pihak-pihak yang terkait dengan judul penelitian.
  3. Studi Pustaka
    studi pustaka melalui buku-buku, jurnal dan sumber terkait lainnya, untuk melengkapi data-data yang relevan dalam pemilihan judul yang berkaitan dengan video informasi kebudayaan Kota Tangerang pada Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Tangerang.

Analisa Perancangan Media

Media video Pariwisata yang dibutuhkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Tangerang, akan diproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer video diantaranya : Adobe Premiere Pro Cs6, Adobe After Effects Cs6 dan Adobe Photoshop CS6.

Konsep Produksi Media (KPM)

Konsep Produksi Media (KPM) yang digunakan didalam penelitian Skripsi ini Menurut Nugroho (2014 : 106 – 110) adalah sebagai berikut :

  1. Pre-Production merupakan proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam sebuah produksi (shooting) film/ video.
  2. Production merupakan proses pelaksanaan produksi (shoting) yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan dari proses Pre-Production.
  3. Post Production merupakan akhir dari pengambilan gambar dan masuk kepenyelesaian akhir yaitu editing atau pengeditan gambar, penambahan title, animasi dan special effects, grafik, musik, sound effects, audio dubing dan output ke media video.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas laporan penelitian ini, maka materi laporan skripsi ini dikelompokkan menjadi beberapa bab dengan sistematika penyampainnya disusun sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini membahas tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian dan terakhir Sistematika Penulisan yang memberikan gambaran tentang keterangan deskriptif dari setiap bab.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini membahas tentang konsep dan teori dasar yang melandasi permasalahan penelitian dan menjadi acuan penulis sesuai dengan topik perancangan yang dibuat dalam penyusunan laporan skripsi. Yang meliputi Teori Umum, Teori Khusus, dan Literature Review

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti, yang meliputi Sejarah Singkat, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective (Tujuan Pemasaran), Marketing Strategi (Strategi Pemasaran), Budget Produksi Media, Konfigurasi Perancangan, dan Elisitasi.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA (KPM)

Bab ini menjelaskan tentang konsep produksi media berbasis video (KPM), yang di dalamnya terdapat pre production, production dan post production.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

BAB III

ANALISA SISTEM BERJALAN

BAB IV

BAB V

==DAFTAR PUSTAKA==

Contributors

IrfanYafi