SI1321476307: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 790: Baris 790:
 
Merancang atau mendesain produk adalah merumuskan atau menetapkan bentuk produk yang akan dibuat atau dihasilkan sehingga apa yang akan diproduksi atau dihasilkan sesuai dengan keinginan atau rencana yang telah ditetapkan. Tahapan ini merupakan tahapan awal yang berangkan dari ide dan kemudian dituangkan ke dalam konsep.
 
Merancang atau mendesain produk adalah merumuskan atau menetapkan bentuk produk yang akan dibuat atau dihasilkan sehingga apa yang akan diproduksi atau dihasilkan sesuai dengan keinginan atau rencana yang telah ditetapkan. Tahapan ini merupakan tahapan awal yang berangkan dari ide dan kemudian dituangkan ke dalam konsep.
 
</p></div>
 
</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
 +
Menurut Anton Mabruri KN dalam buku Manajemen Produksi Program Acara TV (2013:23)
 +
<ref name="Mabruri2013"> Mabruri KN, Anton. 2013. Manajemen Produksi Program Acara TV, Jakarta : PT. Grasindo.</ref>.
 +
Planning atau perancangan adalah bagaimana mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi secara keseluruhan, untuk mencapai tujuan tujuan tersebut dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan. Atau istilah lain merupakan proses kognitif (berpikir logis) dalam berpikir mengenai apa yang akan dilakukan dalam suatu kegiatan yang akan terjadi. Proses perencanaan itu meliputi:
 +
</p></div>
 +
<ol>
 +
<p>
 +
    a. Identifikasi tujuan yang ingin dicapai <strong></strong>
 +
</p>
 +
<p>
 +
    b. Rumuskan strategi untuk mencapainya<strong></strong>
 +
</p>
 +
<p>
 +
    c. Atur atau buat peralatan atau sumber daya yang diperlukan<strong></strong>
 +
</p>
 +
<p>
 +
    d. Implementasikan, arahkan dan monitor setiap langkah-langkah<strong></strong>
 +
</p>
 +
</ol>
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah merumuskan atau menetapkan atau menrencanakan produk yang akan dibuat dengan membuat strategi yang baik sehingga apa yang akan diproduksi atau dihasilkan sesuai dengan keinginan dan rencana yang telah ditentukan.
 +
</p></div>
 +
====Proses Perancangan Secara Umum====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
 +
Menurut Anton Mabruri KN dalam buku Manajemen Produksi Program Acara TV (2013:23)
 +
<ref name="Mabruri2013"> Mabruri KN, Anton. 2013. Manajemen Produksi Program Acara TV, Jakarta : PT. Grasindo.</ref>. Proses perancangan produksi adalah merumuskan menyusun semua aktifitas yang diperlukan untuk menghasilkan produk, sehingga semua aktifitas yang diperlukan dapat dihitung, baik waktu maupun biaya.
 +
</p></div>
 +
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Persiapan Data</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Menurut Situmorang dalam buku Analisis Data: Untuk Riset Manajemen dan bisnis (2011:1)
 +
<ref name=" Situmorang2011"> Situmorang, Syafizal Helmi. 2011. Analisis Data: Untuk Riset Manajemen dan bisnis, Medan : USU Press </ref>.
 +
Data bisa di definisikan sekumpulan informasi atau nilai yang diperoleh dari pengalaman (observasi) suatu obyek, data dapat berupa angka dan dapat pula merupakan lambang atau sifat. Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.
 +
</p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Ide</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
 +
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. </p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Konsep</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
 +
Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan - tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual. </p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Media</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
 +
Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain. </p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Visualisasi</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
 +
Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien. </p></div>
 +
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Produksi</li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">
 +
Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.</p></div>
 +
</ol>
  
  

Revisi per 10 Februari 2017 05.03


PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. PRIMARINDO ARGATILE

KABUPATEN SERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1321476307
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. PRIMARINDO ARGATILE

KABUPATEN SERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476307
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir.Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI

SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. PRIMARINDO ARGATILE

KABUPATEN SERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476307
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

Tahun Akademik 2016/1017

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Drs. Sugeng Widada, M.Si)
   
(Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom)
NID : 06098
   
NID : 15006

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE

SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. PRIMARINDO ARGATILE

KABUPATEN SERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476307
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

|-

NIM
: 1321476307
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1321476307

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Perkembangan teknologi informasi maju begitu pesat, memicu persaingan dalam menggunakan bentuk media penunjang informasi promosi, dengan media berbentuk video dapat menampilkan informasi yang disajikan dalam bentuk informasi yang aktual dan faktual secara bergerak maka media berbasis video dapat memberikan daya tarik terhadap setiap yang melihatnya, disamping dapat ditampilkan secara bergerak media tersebut juga ditunjang efek – efek visual maupun efek – efek audio sehingga akan lebih menambah nilai daya tarik dan keberhasilan dalam penyampaian pesan informasi. PT. Primarindo Argatile merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan keramik lantai dan keramik dinding dengan merk RedHorse, Bergen, Aristocrate, Citicer, Veneta’s, de’oscar dan Optima yang program pemasarannya secara lokal dan luar negeri. Skala lokal ditunjukkan seluruh wilayah Indonesia dan skala luar negri ke Srilangka, Malaysia, Korea Selatan, Thailand dan Pakistan. Media informasi promosi yang digunakan PT. Primarindo Argatile masih berupa media baru menggunakan media sarana promosi yang berbentuk brosur dan promosi secara langsung. Dari bentuk media informasi dalam bentuk video tersebut diharapkan dapat membantu memudahkan penyampaian pesan informasi pada kegiatan – kegiatan yang dilakukan pihak perusahaan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisa perancangan dan metode konsep produksi media (KPM) yang meliputi : pre production, production, dan post production. Dengan demikian pada penelitian ini bermaksud untuk merancang media video profile sebagai penunjang informasi promosi pada PT. Primarindo Argatile, melalui perancangan video profile ini diharapkan dapat memberikan bentuk informasi promosi yang lebih menarik serta mudah diterima khususnya oleh masyarakat Kota Tangerang.

Kata kunci : Video Profile, Informasi, Promosi


ABSTRACT

The development of information technology is advancing so rapidly, triggering competition in the use of media supporting the information campaign, the media-shaped video can display the information presented in the form of actual information and factual basis to move the media-based video can provide appeal to any who saw, in addition to the media displayed move also supported effects - visual effects as well as effects - audio effects that will further add value appeal and success in the delivery of information messages. PT. Primarindo Argatile is a company engaged in the manufacture of ceramic floor and wall tiles with brand RedHorse, Bergen, Aristocrate, Citicer, Veneta's, de'oscar and Optima which marketing programs locally and overseas. Local scale shown throughout Indonesia and abroad to scale Sri Lanka, Malaysia, South Korea, Thailand and Pakistan. Media used promotional information PT. Primarindo Argatile still a new media campaign using media means in the form of brochures and promotions directly. From forms of media in the form of video information is expected to help facilitate the delivery of messages of information on the activities - activities carried out by the company. The methodology used in this study include problem analysis methods, data collection methods, methods of design analysis and methods of media production concept (KPM) which includes: pre-production, production and post production. Thus in this study intends to design video media profile as a supporting promotional information on PT. Primarindo Argatile, via video profile design is expected to provide promotional information form more attractive and easy to be accepted, especially by the people of Tangerang.

Keywords: Video Profile, Information, Promotions.


KATA PENGANTAR


Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN MEDIA VIDEO PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA PT. PRIMARINDO ARGATILE KABUPATEN SERANG”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Penulisan Skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja. Dalam penulisan skripsi ini tidak lepas dari hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan , bantuan nasihat, dan saran serta kerjasama dari berbagai pihak, khususnya pembimbing, segala hambatan tersebut akhirnya diatasi dengan baik.

Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi materil, moril maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Po. Abas Sunarya M.Si selaku Direktur Utama STMIK Raharja.
  2. Bapak Ir. Untung Raharja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku pembantu ketua I bagian akademik STMIK Raharja.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  5. Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si., selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  6. Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom., selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  7. Bapak Tri Hanggono selaku Stakeholder PT. Primarindo Aratile yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi penulis.
  8. Seluruh dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna bagi penulis.
  9. Seluruh staff dan karyawan PT. Primarindo Argatile.
  10. Papa, Mama, mas Aji dan keluarga besar yang selalu memberikan kasih sayang, perhatian, semangat, dukungan moril dan materil serta doa untuk keberhasilan penulis.
  11. Mas Herbert beserta keluarga, yang selalu ada untuk memberikan perhatian, semangat dan masukan dalam menyelesaikan penulisan Laporan Skripsi ini.
  12. Bang Budi, Kaka Intan, Bang Ridwan, Ayu, Dhoriva dan seluruh sahabat yang sudah memberikan dukungan dalam menyelesaikan penulisan Laporan Skripsi ini.
  13. Teman-teman mahasiswa yang telah memberikan dukungan.
  14. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun.

Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.

Tangerang, Januari 2017
Risvi Lutfya Safitri
NIM. 1321476307

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Budget Produksi Media

Tabel 3.2. Elisitasi Tahap 1

Tabel 3.3. Elisitasi Tahap 2

Tabel 3.4. Elisitasi Tahap 3

Tabel 3.5. Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1. Script Writting

Tabel 4.2. Rundown produksi video profile PT. Primarindo Argatile

Tabel 4.3. Time Schedule produksi video profile PT. Primarindo Argatile

Tabel 4.4. Budget Produksi Media

Tabel 4.5. Daftar Crew


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Konsep Dasar Produksi

Gambar 2.2. Tampilan Awal Project di Adobe Illustrator Cs6

Gambar 2.3. Tampilan Awal Project di Adobe After Effect Cs6

Gambar 2.4. Tampilan Awal Project di Adobe Premiere Pro Cs6

Gambar 3.1. Struktur Organisasi PT. Primarindo Argatile

Gambar 4.1. Tahap Konsep Produksi Mavib (KPM)

Gambar 4.2. Tahap Preproduction

Gambar 4.3. Logo PT. Primarindo Argatile

Gambar 4.4. Keramik diatas compyer berjalan

Gambar 4.5. Karyawan meeting evalusai

Gambar 4.6. Keramik diatas compyer berjalan

Gambar 4.7. Karyawan mengecek warna di mesin print digital

Gambar 4.8. Keramik diatas compyer berjalan

Gambar 4.9. Pencampuran bahan baku berupa powder

Gambar 4.10. Mesin press yang sedang mencetak keramik

Gambar 4.11. Alat pengatur mesin press

Gambar 4.12. Pengeringan keramik yang sudah dicetak


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Permasalahan Skripsi

Dalam memasarkan sebuah produk agar dapat bersaing dan dapat menunjukkan nilai eksistansi sebuah produk dibutuhkan sarana media penunjang sebagai daya tarik pada program promosi.

PT. Primarindo Argatile yang beralamatkan di Jl. Raya Serang KM 68, Kibin, Serang. Sebuah perusahaan yang memproduksi keramik dengan merk RedHorse, Bergen, Aristocrate, Citicer, Veneta’s, de’oscar dan Optima yang program pemasarannya secara lokal dan luar negeri. Skala lokal ditunjukkan seluruh wilayah Indonesia dan skala luar negri ke Srilangka, Malaysia, Korea Selatan, Thailand dan Pakistan. Sesuai tujuan pemasaran produk tersebut pada program promosi perusahaan sesuai hasil interview kepada pihak bagian pemasaran hingga saat ini baru menggunakan media sarana promosi yang berbentuk brosur dan promosi secara langsung. Sesuai hasil wawancara yang dilakukan dari media tersebut dinilai belum dapat memenuhi nilai kebutuhan dalam memasarkan produk, untuk itu pihak perusahaan menghendaki untuk dirancang media penunjang penyampaian informasi kepentingan dalam mempromosikan produk dalam bentuk video.

Dari bentuk media informasi dalam bentuk video tersebut disamping akan menjelaskan orientasi kategori jenis produk, spesifikasi penggunaan produk dan dapat membantu menjelaskan orientasi produk dan keunggulan produk yang diharapkan dapat membantu memudahkan penyampaian pesan informasi pada kegiatan – kegiatan informasi yang dilakukan pihak perusahaan.

Penulis selaku mahasiswa yang memiliki kompetensi dibidang multimedia, desain grafis dan broadcasting, dalam tugas skripsi mengambil tema penelitian perancangan media video profile sebagai penunjang informasi dan promosi pada PT. Primarindo Argatile.

Rumusan Masalah Penelitian

Dari permasalahan yang disampaikan diatas, permasalahan skripsi dirumuskan sebagai berikut:

  1. Media dalam bentuk apa yang dapat dijadikan sarana penyampaian informasi sekaligus sebagai sarana mempromosikan produk?
  2. Bagaimana merancang media berbasi video yang dapat dijadikan daya tarik dalam mempromosikan prosuk keramik PT. Primarindo Argatile?
  3. Setelah digunakannya media video profile yang telah dirancang bentuk kemudahan seperti apa yang dapat menunjang kegiatan - kegiatan pada PT Primarindo Argatile?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan permasalahan masalah fokus dan terarah ruang lingkup pembahasan dibatasi hal – hal yang berhubungan dan dibutuhkan pada proses produksi rancangan media video profile yang akan dijadikan penunjang informasi program promosi PT. Primarindo Argatile.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Penulis mengelompokkan menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Tujuan Operasional

    Menerapkan konsep media Video Profile sebagai sarana informasi dan promosi yang lengkap dan terperinci.

  2. Tujuan Fungsional

    Secara fungsional media Video Profile PT. Primarindo Argatile dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkup perusahaan.

  3. Tujuan Individual

    Untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman serta sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapi kreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalam menyelesaikan Skripsi.

Manfaat Penelitian

  1. Bagi Penulis

    a. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang media penunjang promosi yaitu Video Profile.

    b. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.

    c. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan serta mampu menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis dalam perkuliahan.

  2. Bagi Perusahaan

    a. Sebagai penunjang informasi dan promosi terhadap relasi dan memperlihatkan media Video Profile pada saat rapat untuk melakukan sebuah kerja sama dengan client.

    b. Meningkatkan citra dan sebagai aset perusahaan.

    c. Memberikan informasi tentang perusahaan yang lebih terperinci sehingga konsumen atau relasi PT Primarindo Argatile lebih yakin untuk terus menjadi relasi atau konsumen tetap.

Metodologi Penelitian

Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Metode Analisa Permasalahan, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisa Perancangan, Konsep Produksi Media, Sistematika Penulisan Laporan Skripsi dan Penutup.

  1. Metode Analisa Permasalahan

    Analisa permasalahan dalam penelitian ini digunakan metode dengan bentuk kualitatif deskriptif, yakni permasalahan ditentukan dengan mendiskripsikan bentuk – bentuk permasalahan yang ada di perusahaan dengan mengumpulkan keterangan – keterangan yang diperoleh dari pihak bagian pemasaran secara tanya – jawab yang dilakukan secara langsung dengan pihak kepala bagian pemasaran yakni dengan Bapak Tri Anggono selaku Staff ISO 9001:2008 pada hari Rabu, 9 November 2016.

  2. Metode Pengumpulan Data

    Data – data penunjang laporan skripsi dikumpulkan dengan cara :

      a. Observasi

      Observasi untuk mengetahui kondisi permasalahan yang terkait dengan kebutuhan media sarana penunjang pemasaran produk pada PT. Primarindo Argatile dilaksanakan dengan dating langsung ke perusahaan pada Hari Rabu, 9 November 2016. Pada bagian Staff ISO 9001:2008. Dari hasil observasi disimpulkan untuk dijadikan pijakan dalam menentukan topik penelitian.

      b. Interview

      Disamping observasi terhadap bagian – bagian yang terkait permasalahan skripsi juga dilakukan interview (tanya – jawab) secara langsung kepada Bapak Tri Anggono selaku Staff ISO 9001:2008 dengan menanyakan permasalahan – permasalahan yang terkait dengan kebutuhan efektifitas dan efesiensi dalam mempromosikan keramik PT. Primarindo Argatile.

      Sebagai bukti interview yang diajukan berikut adalah pertanyaan dan jawabannya :

        1. Apakah yang diproduksi oleh PT. Primarindo Argatile?

        Jawab : Keramik dinding, keramik lantai, dengan size 50x50, 40x40, 30x30, 25x40 dan lainnya sesuai kubutuhan produksi dan permintaan konsumen.

        2. Keramik dengan merk apa saja yang diproduksi oleh PT. Primarindo Argatile?

        Jawab : RedHorse, Bergen, Aristocrate, Citicer, Veneta’s, de’oscar dan Optima.

        3. Sejauh mana distribusi pemasaran produk dari PT. Primarindo Argatile?

        Jawab : Sejauh ini PT. Primarindo Argatile mendistribusikan produk secara lokal dan luar negri, yang secara lokal hampir mencangkup seluruh wilayah Indonesia dan luar negri ke Srilangka, Malaysia, Korea Selatan, Thailand dan Pakistan.

        4. Siapa saja konsumen dari PT. Primarindo Argatile?

        Jawab : Konsumen PT. Primarindo Argatile dari perorangan, agen toko atau matrial yang datang secara langsung memesan keramik dengan desain keramik yang telah ada maupun menyesuaikan dengan keinginan konsumen tersebut.

        5. Bagaimana strategi promosi PT. Primarindo Argatile?

        Jawab : Strategi pemasaran kami dengan melakukan penawaran secara langsung ke masyarakat, mengikuti berbagai pameran, dan konsumen biasanya datang langsung ke PT. Primarindo Argatile.

        6. Bentuk media promosi yang digunakan sebelumnya oleh PT. Primarindo Argatile?

        Jawab : Bentuk media yang PT. Primarindo Argatile untuk promosi ini baru berupa brosur.

      c. Studi Pustaka

      Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber, yaitu membaca buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berhubungan dengan topik penelitian.

  3. Metode Analisa Perancangan Media

    Media Company Profile yang dibutuhkan oleh PT. Primarindo Argatile akan diproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis diantaranya: Adobe After Effects CC 2015, dan Adobe Premiere Pro CC 2015.

  4. Metode Konsep Produksi Media

    Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian skripsi ini akan menyampaikan:

      a. Perencanaan video.

      b. Perencanaan pesan.

      c. Perencanaan visual.

Sistematika Penulisan Skripsi

Penulisan terbagi menjadi lima bab dan setiap bab terbagi dalam subab-subab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:

    BAB I PENDAHULUAN

    Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang Permasalahan Objek yang diteliti, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, Sistematika Penulisan dan Penutup.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Dalam bab ini penulis menjelaskan konsep - konsep dasar berdasarkan kutipan teori dasar yang digunakan sebagai landasan teori.

    BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI

    Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan yaitu, mengenai Sejarah Singkat PT. Primarindo Argatile, Struktur Organisasi Perusahaan, Informasi Produk dan Strategi Marketing.

    BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

    Berisi tahapan – tahapan proses produksi media rancangan berupa tahapan preproduction, production dan postproduction.

    BAB V PENUTUP

    Bab ini berisi kesimpulan kalimat yang menjawab poin – poin kalimat rumusan masalah yang ditujukan kepada perusahaan demi perbaikan program pemasaran produk keramik untuk waktu mendatang.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Gatoet Soepadmo, dalam buku Panduan Mudah Merancang Bangunan (2013:10)[1], Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi baik, fungsi timbul karena adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan dan mengembangkan hidup.

Menurut Anton Mabruri KN dalam buku Manajemen Produksi Program Acara TV (2013:21) [2] . Merancang atau mendesain produk adalah merumuskan atau menetapkan bentuk produk yang akan dibuat atau dihasilkan sehingga apa yang akan diproduksi atau dihasilkan sesuai dengan keinginan atau rencana yang telah ditetapkan. Tahapan ini merupakan tahapan awal yang berangkan dari ide dan kemudian dituangkan ke dalam konsep.

Menurut Anton Mabruri KN dalam buku Manajemen Produksi Program Acara TV (2013:23) [2]. Planning atau perancangan adalah bagaimana mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi secara keseluruhan, untuk mencapai tujuan tujuan tersebut dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan. Atau istilah lain merupakan proses kognitif (berpikir logis) dalam berpikir mengenai apa yang akan dilakukan dalam suatu kegiatan yang akan terjadi. Proses perencanaan itu meliputi:

    a. Identifikasi tujuan yang ingin dicapai

    b. Rumuskan strategi untuk mencapainya

    c. Atur atau buat peralatan atau sumber daya yang diperlukan

    d. Implementasikan, arahkan dan monitor setiap langkah-langkah

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah merumuskan atau menetapkan atau menrencanakan produk yang akan dibuat dengan membuat strategi yang baik sehingga apa yang akan diproduksi atau dihasilkan sesuai dengan keinginan dan rencana yang telah ditentukan.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Anton Mabruri KN dalam buku Manajemen Produksi Program Acara TV (2013:23) [2]. Proses perancangan produksi adalah merumuskan menyusun semua aktifitas yang diperlukan untuk menghasilkan produk, sehingga semua aktifitas yang diperlukan dapat dihitung, baik waktu maupun biaya.

  1. Persiapan Data
  2. Menurut Situmorang dalam buku Analisis Data: Untuk Riset Manajemen dan bisnis (2011:1)

    [3]. Data bisa di definisikan sekumpulan informasi atau nilai yang diperoleh dari pengalaman (observasi) suatu obyek, data dapat berupa angka dan dapat pula merupakan lambang atau sifat. Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilah dan seleksi, apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Data bisa berupa data informatif atau data estesis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estesis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain menggunakan komputer, data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.

  3. Ide
  4. Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

  5. Konsep
  6. Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan - tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

  7. Media
  8. Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

  9. Visualisasi
  10. Yang dimaksud visualisasi disini adalah sebuah penjabaran yang berasal dari sebuah konsep kedalam bentuk visual. Visualisasi sangat erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing. Hasil akhir yang didapat dari proses ini adalah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan kemauan klien.

  11. Produksi
  12. Setelah visualisasi selesai dan disetujui oleh klien, maka proses terakhir yang diperlukan adalah proses produksi. Tujuannya adalah agar hasil visualisasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik atau media luar ruang. Proses produksi memang tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik diharuskan untuk memahami sebuah proses produksi, agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.



DAFTAR PUSTAKA

  1. Soepadmo, Gatoet. 2013. Panduan Mudah Merancang Bangunan, Jakarta : Niaga Swadaya.
  2. 2,0 2,1 2,2 Mabruri KN, Anton. 2013. Manajemen Produksi Program Acara TV, Jakarta : PT. Grasindo.
  3. Situmorang, Syafizal Helmi. 2011. Analisis Data: Untuk Riset Manajemen dan bisnis, Medan : USU Press