SI1321476076: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 1.029: Baris 1.029:
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Saifuddin dalam bukunya yang berjudul “Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis” (2014:129),
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Saifuddin dalam bukunya yang berjudul “Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis” (2014:129),
 
“Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Media merupakan alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan agar dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan”.</p></div>
 
“Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Media merupakan alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan agar dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan”.</p></div>
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Denis McQuail dalam bukunya Halim yang berjudul “Dasar-dasar Jurnalistik” (2015:38) media merupakan jendela (windows) yang memungkinkan khalayak memahami lingkungannya tanpa campur tangan pihak lain, penafsir (''interpreters'') yang membantu khalayak memahami kejelasan atau makna sebuah peristiwa, landasan (platforms) untuk menyampaikan informasi, komunikasi interaktif (''interactive communication'') yang menghubungkan media dan khalayak untuk berinteraksi, penanda (''signpost'') yang memberikan khalayak instruksi dan petunjuk, penyaring (''filters'') yang memilihkan pengalaman dan fokus terhadap suatu aspek tertentu secara sadar dan sistematis atau tidak, cermin (''mirrors'') yang merefleksikan citra masyarakat kerap mengalami distorsi karena adanya keinginan khalayak untuk melihat sisi paling menonjol dan penghalang (''barriers'') yang menutupi kebenaran demi pencapaian propaganda atau pelarian dari suatu kenyataan. </p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Menurut Denis McQuail dalam bukunya Halim yang berjudul “Dasar-dasar Jurnalistik” (2015:38) media merupakan jendela (''windows'') yang memungkinkan khalayak memahami lingkungannya tanpa campur tangan pihak lain, penafsir (''interpreters'') yang membantu khalayak memahami kejelasan atau makna sebuah peristiwa, landasan (''platforms'') untuk menyampaikan informasi, komunikasi interaktif (''interactive communication'') yang menghubungkan media dan khalayak untuk berinteraksi, penanda (''signpost'') yang memberikan khalayak instruksi dan petunjuk, penyaring (''filters'') yang memilihkan pengalaman dan fokus terhadap suatu aspek tertentu secara sadar dan sistematis atau tidak, cermin (''mirrors'') yang merefleksikan citra masyarakat kerap mengalami distorsi karena adanya keinginan khalayak untuk melihat sisi paling menonjol dan penghalang (''barriers'') yang menutupi kebenaran demi pencapaian propaganda atau pelarian dari suatu kenyataan. </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Sedangkan menurut Joshua Meyrowitz dalam bukunya Halim yang berjudul “Dasar-dasar jurnalistik” (2015:40) yakni media sebagai vessel, kendaraan untuk menyampaikan pesan (''content'') secara netral, media sebagai language, media laksana bahada yang memiliki unsur-unsur struktur atau tata kalimat, media sebagai  environment, lingkungan yang penuh dengan berbagai informasi dan keberadaan media untuk menyebarkan secara cepat, tepat, mampu berinteraksi, memenuhi persyaratan fisik, dan kemudahaan belajar.
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Sedangkan menurut Joshua Meyrowitz dalam bukunya Halim yang berjudul “Dasar-dasar jurnalistik” (2015:40) yakni media sebagai vessel, kendaraan untuk menyampaikan pesan (''content'') secara netral, media sebagai language, media laksana bahada yang memiliki unsur-unsur struktur atau tata kalimat, media sebagai  environment, lingkungan yang penuh dengan berbagai informasi dan keberadaan media untuk menyebarkan secara cepat, tepat, mampu berinteraksi, memenuhi persyaratan fisik, dan kemudahaan belajar.
 
Berdasarkan kutipan-kutipan pengertian media yang disampaikan bahwa pengertian media yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil rancangan media yang dapat dijadikan daya tarik dalam menyampaikan informasi tentang jenis layanan yang akan dikerjakan oleh perusahaan yang harus diketahui oleh perusahaan yang memungkinkan membutuhkan bentuk layanan yang akan diberikan oleh PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang. Adapun bentuk media tersebut akan berupa rancangan media ''X-Banner, Web Banner, Roll Banner'', Spanduk, Poster dan media-media kenang-kenangan.
 
Berdasarkan kutipan-kutipan pengertian media yang disampaikan bahwa pengertian media yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil rancangan media yang dapat dijadikan daya tarik dalam menyampaikan informasi tentang jenis layanan yang akan dikerjakan oleh perusahaan yang harus diketahui oleh perusahaan yang memungkinkan membutuhkan bentuk layanan yang akan diberikan oleh PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang. Adapun bentuk media tersebut akan berupa rancangan media ''X-Banner, Web Banner, Roll Banner'', Spanduk, Poster dan media-media kenang-kenangan.
 
</p></div>
 
</p></div>

Revisi per 27 Juli 2017 18.26




PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG PROMOSI PADA PT. GARUDA

MAINTENANCE FACILITY AEROASIA

TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1321476076
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG PROMOSI PADA PT. GARUDA

MAINTENANCE FACILITY AEROASIA

TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476076
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM)
       
(Junaidi, M.Kom.)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

 


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG PROMOSI PADA PT. GARUDA

MAINTENANCE FACILITY AEROASIA

TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1321476076
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2016 / 2017

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Drs. Sugeng Widada, M.Si.)
   
(Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom)
NID : 06098
   
NID : 15006

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG PROMOSI PADA PT. GARUDA

MAINTENANCE FACILITY AEROASIA

TANGERANG

 

Disusun Oleh :

 

NIM
: 1321476076
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

 


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI

PENUNJANG PROMOSI PADA PT. GARUDA

MAINTENANCE FACILITY AEROASIA

TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1321476076
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2017

 
 
 
 
NIM : 1321476076

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian yang menghasilkan rancangan media komunikasi visual yang dapat digunakan sebagai penunjang daya tarik kerjasama kepada perusahaan agar mendapatkan peningkatan perolehan rekanan kerja sama yang lebih daripada tahun-tahun sebelumnya. Metodologi dipergunakan dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan: tahapan Perencanaan Media, yang terdapat tujuan media, strategi media, dan program media. Tahapan Perencanaan Pesan ( Perencanaan Kreatif ), yang terdapat tujuan pesan dan strategi pesan. Tahapan Perencanaan Visual, terdapat Tujuan Visual, Strategi Visual, Proses Visualisasi, dalam proses visualisasi terdapat proses desgining atau proses desain dari Layout Kasar, Layout Komprehensif, dan Final Artwork. Sebelum digunakan konsep desain tersebut penelitian terdapat: Analisa Permasalahan, Pengumpulan Data, Analisa Perancangan, Konsep Desain, Hasil Rancangan, Sistematika Penulisan Laporan Penelitian, Teori-teori pustaka pendukung penelitian dan lampiran-lampiran pendukung dalam penelitian. Adapun manfaat dari hasil penelitian yang dilakukan sesuai program studi dan konsentrasi yang dimiliki oleh mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif kepada PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.

Kata Kunci : Media, Komunikasi, Kerjasama, Perusahaan.

ABSTRACT

The purpose of the research that produced the design of visual communication media which can be used as supporting the attractiveness of cooperation to the company in order to obtain an increase in the acquisition of partners in a partnership that is more than in previous years. The methodology used in this study there are three stages: stages in Planning Media, which is the purpose of the media, media strategy, and media program. Stages of Planning message (Creative Planning), which is the purpose of the message and message strategy. Visual Planning stages, there are Visuals, Visual Strategies, process visualization, process visualization, there is in the process of desgining or design process from Rough Layouts, Layout is comprehensive, and the Final Artwork. Before use the design concept of the research are: Analysis, problems, Data collection, Design Analysis, design concepts, the results of the draft Research report writing, systematics, theories supporting library research and attachments-attachments supporting research. As for the benefit of the results of research conducted pursuant to the concentration courses and owned by the student can contribute positively to PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.

Keywords: Media, Communication, Cooperation, Company.


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya serta karunia berupa kesehatan yang sekarang ini masih melekat pada diri penulis merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya, dengan karunia ini akhirnya penulis dapat menyelesaikan skrpsi ini dengan judul “Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang” disusun berdasarkan apa yang telah penulis lakukan pada saat melakukan penelitian skripsi yakni pada PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang yang beralamat di Soekarno-Hatta International Airport P.O. Box 1303, BUSH 19100 Cengkareng.

Dalam penyusunan skripsi ini penulis banyak mendapat bantuan secara materil dan moril dari berbagai pihak, oleh sebab itu penulis ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM, selaku Ketua STMIK Raharja Tangerang.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja Tangerang.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom. selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja Tangerang.
  4. Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si., selaku pengajar dikonsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) yang telah memberikan panduan dan yang memberikan masukan, arahan, motivasi dan pemahaman tentang tema yang diteliti sehingga terselesaikan laporan skripsi ini.
  5. Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom, selaku Dosen Pembimbing II yang selalu memberikan support, motivasi dan waktu dalam menyelesaikan skripsi ini.
  6. Bapak Andhika Putra Panengah, selaku Stakeholder unit LCU-TP pada PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang yang telah memberikan kesempatan serta membantu dalam melaksanakan penelitian skripsi ini.
  7. Kepada Orang Tua yang sudah banyak memberikan semangat, doa dan membantu dalam menyelesaikan skripsi ini.
  8. Kepada Teman-teman yang sudah banyak membantu dalam memberikan ide dan motivasi dalam menyelesaikan skripsi ini.
  9. Semua pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini yang telah banyak membantu memberikan masukan, ide dan motivasi dalam menyelesaikan penyusunan laporan skripsi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Demikian penulis ucapkan terima kasih dan berharap semoga penyusunan laporan skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Tangerang, Juli 2017
Leonardo Pandapotan Sitompul
NIM. 1321476076



DAFTAR TABEL

 

Tabel 2.1. Tabel Arti warna

Tabel 3.1. Jenis Perawatan Pesawat

Tabel 3.2. Kapasitas Pelayanan

Tabel 3.3. Kemampuan Perawatan Engine

Tabel 3.4. Kemampuan Perawatan Pesawat oleh unit Line Maintenance

Tabel 3.5. Kondisi Pesaing

Tabel 3.6. Budget Produksi

Tabel 3.7. Elisitasi Tahap 1

Tabel 3.8. Elisitasi Tahap 2

Tabel 3.9. Elistasi Tahap 3

Tabel 4.1. Program Media



DAFTAR GAMBAR

 

Gambar. 2.1. Unsur garis

Gambar. 2.2. Warna Primer

Gambar. 2.3. Warna Sekunder

Gambar. 2.4. Warna Tersier

Gambar. 2.5. Warna RGB

Gambar. 2.6. Warna CMYK

Gambar. 2.7. Karakter Tipografi 1

Gambar. 2.8. Karakter Tipografi 2

Gambar. 2.9. Karakter Tipografi 3

Gambar. 2.10. Karakter Tipografi 4

Gambar. 2.11. Icon Adobe Photoshop CS6

Gambar. 2.12. Menu Bar Photoshop CS6

Gambar. 3.1. Gambar Struktur Organisasi PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang

Gambar. 4.1. Layout Kasar media X-Banner

Gambar. 4.2. Layout Kasar media Roll Banner

Gambar. 4.3. Layout Kasar Spanduk

Gambar. 4.4. Layout Kasar Poster

Gambar. 4.5. Layout Kasar media Jam Dinding

Gambar. 4.6. Layout Kasar media kanan Mug

Gambar. 4.7. Layout Kasar media kiri Mug

Gambar. 4.8. Layout Kasar media depan Mug

Gambar. 4.9. Layout Kasar media Goodie Bag

Gambar. 4.10. Layout Kasar media depan Flash Disk 4GB

Gambar. 4.11. Layout Kasar media belakang Flash Disk 4GB

Gambar. 4.12. Layout Kasar media Web Banner

Gambar. 4.13. Layout Kasar media cover Kalender

Gambar. 4.14. Layout Kasar media Kalender Bulan Januari

Gambar. 4.15. Layout Kasar media Kalender Bulan Febuari

Gambar. 4.16. Layout Kasar media Kalender Bulan Maret

Gambar. 4.17. Layout Kasar media Kalender Bulan April

Gambar. 4.18. Layout Kasar media Kalender Bulan Mei

Gambar. 4.19. Layout Kasar media Kalender Bulan Juni

Gambar. 4.20. Layout Kasar media Kalender Bulan Juli

Gambar. 4.21. Layout Kasar media Kalender Bulan Agustus

Gambar. 4.22. Layout Kasar media Kalender Bulan September

Gambar. 4.23. Layout kasar media Kalender Bulan Oktober

Gambar. 4.24. Layout kasar media Kalender Bulan November

Gambar. 4.25. Layout kasar media Kalender Bulan Desember

Gambar. 4.26. Layout kasar media depan Note Book

Gambar. 4.27. Layout kasar media isi Note Book

Gambar. 4.28. Layout kasar media belakang Note Book

Gambar. 4.29. Layout komprehensif media X-Banner

Gambar. 4.30. Layout komprehensif media Roll Banner

Gambar. 4.31. Layout komprehensif media Spanduk

Gambar. 4.32. Layout komprehensif media Poster

Gambar. 4.43. Layout komprehensif media Kalender Bulan Mei

Gambar. 4.44. Layout komprehensif media Kalender Bulan Juni

Gambar. 4.45. Layout komprehensif media Kalender Bulan Juli

Gambar. 4.46. Layout komprehensif media Kalender Bulan Agustus

Gambar. 4.47. Layout komprehensif media Kalender Bulan September

Gambar. 4.48. Layout komprehensif media Kalender Bulan Oktober

Gambar. 4.49. Layout komprehensif media Kalender Bulan November

Gambar. 4.50. Layout komprehensif media Kalender Bulan Desember

Gambar. 4.51. Layout komprehensif media Note Book

Gambar. 4.52. Final Artwork media X-Banner

Gambar. 4.53. Final Artwork media Roll Banner

Gambar. 4.54. Final Artwork media Spanduk

Gambar. 4.55. Final Artwork media Poster

Gambar. 4.56. Final Artwork media Jam Dinding

Gambar. 4.57. Final Artwork media kanan Mug

Gambar. 4.58. Final Artwork media depan Mug

Gambar. 4.59. Final Artwork media kiri Mug

Gambar. 4.60. Final Artwork media Goodie Bag

Gambar. 4.61. Final Artwork media depan Flash Disk 4GB

Gambar. 4.62. Final Artwork media belakang Flash Disk 4GB

Gambar. 4.63. Final Artwork media Web Banner

Gambar. 4.64. Final Artwork media cover Kalender

Gambar. 4.65. Final Artwork media Kalender Bulan Januari

Gambar. 4.66. Final Artwork media Kalender Bulan Febuari

Gambar. 4.67. Final Artwork media Kalender Bulan Maret

Gambar. 4.68. Final Artwork media Kalender Bulan April

Gambar. 4.69. Final Artwork media Kalender Bulan Mei

Gambar. 4.70. Final Artwork media Kalender Bulan Juni

Gambar. 4.71. Final Artwork media Kalender Bulan Juli

Gambar. 4.72. Final Artwork media Kalender Bulan Agustus

Gambar. 4.73. Final Artwork media Kalender Bulan September

Gambar. 4.74. Final Artwork media Kalender Bulan Oktober

Gambar. 4.75. Final Artwork media Kalender Bulan November

Gambar. 4.76. Final Artwork media Kalender Bulan Desember

Gambar. 4.77. Final Artwork media depan Note Book

Gambar. 4.78. Final Artwork media belakang Note Book

Gambar. 4.79. Final Artwork media isi Note Book



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Teknologi informasi maju sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat dengan berbagai bentuk media sarana penunjang penyampaian informasi dalam dunia usaha, terlebih perusahaan yang terdapat event-event yang diadakan kepada calon rekanan kerja di luar kota maupun luar negeri, tergantung kepada tujuan kegiatan yang diinginkan dari PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.

Agar pada setiap kegiatan mendapatkan kepercayaan dalam tujuan untuk menjalin kerjasama dibutuhkan bentuk media yang dapat dijadikan pencitraan dalam mempromosikan perusahaan. Sesuai dengan hasil wawancara yang dilakukan, bahwa kerjasama yang dilakukan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang meliputi tingkat lokal dan internasional.

Sesuai dengan hasil wawancara yang dilakukan dengan pihak terkait perusahaan. Dalam setiap kegiatan yang dibutuhkan dalam mempromosikan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang. Hingga saat ini belum memiliki bentuk-bentuk media sarana penunjang yang dijadikan daya tarik setiap kegiatan pencitraan yang dilakukan dalam mempromosikan perusahaan.

Saya selaku mahasiswa Teknik Informatika, konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) dalam tugas skripsi mengambil topik penelitian yang diberi judul:”Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.”

Melalui hasil rancangan media jika telah digunakan yang diinginkan dari perusahaan dapat meningkatkan daya tarik dalam mempromosikan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.

Rumusan Masalah

  1. Media apa saja yang dapat efektif dan dapat dijadikan daya tarik dalam mempromosikan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang?
  2. Bagaimana merancang media-media yang dibutuhkan pada setiap kegiatan-kegiatan promosi yang ditujukan kepada calon rekanan kerjasama?
  3. Target apa yang diinginkan dari pihak manajemen PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang. Terhadap hasil rancangan media jika telah digunakan dan efektif?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan menjadi fokus dan terarah, permasalahan dibatasi rancangan media: X-Banner, Web Banner, Roll Banner, Spanduk, Poster dan Media-media kenang-kenangan yang digunakan sebagai daya tarik dalam kegiatan promosi dalam negeri maupun luar negeri untuk mempromosikan PT. Garuda Maintenence Facility AeroAsia Tangerang.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

    A. Tujuan Operasional

    Rancangan media komunikasi visual yang dapat digunakan sebagai media penunjang promosi dengan berisi berbagai informasi terkait perusahaan dan fasilitas dari PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.

    B. Tujuan Fungsional

    Rancangan media komunikasi visual yang dapat menarik calon rekanan kerja dalam kegiatan-kegiatan promosi pada PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.

    C. Tujuan Individual

    Memberikan kesempatan kepada peneliti agar dapat mengimplementasikan semua ilmu dan keterampilan yang diperoleh dalam perkuliahan di STMIK Raharja Tangerang, Konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting).

Manfaat Penelitian

A. Manfaat Bagi Perusahaan

  1. Sebagai media promosi untuk meningkatkan kerja sama terhadap rekanan kerja dalam negeri maupun luar negeri.

  2. Meningkatkan citra perusahaan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang dalam kegiatan-kegiatan promosi.

  3. Mendapatkan media promosi yang menarik dan efektif dari hasil rancangan penulis.

B. Manfaat Bagi Mahasiswa

  1. Menjadi sarana pembelajaran dalam membuat perancangan media untuk mempromosikan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang.

  2. Memberikan ide-ide yang kreatif dan keterampilan dalam membuat rancangan media promosi.

  3. Memberikan pengalaman dalam memperluas wawasan serta menerapkan ilmu yang diberikan selama di perkuliahan.

Metodologi Penelitian

Metode Analisa Permasalahan

Dalam menentukan topik penelitian skripsi permasalahan di tentukan berdasarkan hasil analisa permasalahan melalui interview kepada pihak terkait dalam kesempatan ini ditemui dan dilaksanakan wawancara dengan Bapak Andhika Putra Panengah selaku stalkeholder yang dilaksanakan tanggal 13 Maret 2017.

Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Untuk mengetahui permasalahan yang sebenarnya pada perusahaan dilakukan observasi atau terjun langsung ke perusahaan pada tanggal 13 Maret 2017 kepada bagian LCU TP pada saat observasi sebagai kelengkapan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam laporan penelitian sekaligus dilakukan wawancara untuk mendapatkan data dukung perihal gambaran umum perusahaan.

  2. Interview

    Pada saat observasi sebagai kelengkapan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam laporan penelitian sekaligus dilakukan wawancara untuk mendapatkan data dukung perihal gambaran umum perusahaan.

  3. Studi Pustaka

    Sebagai data dukung secara teoritis untuk melandasi pada landasan teori dilakukan dengan menggunakan literature-literature yang relevan dengan topik permasalahan yang diangkat, membaca buku-buku tentang teori-teori tentang desain grafis dan aplikasi-aplikasi program penunjang komputer grafis untuk mendapatkan sumber teori-teori dasar yang dibutuhkan pada landasan teori.

Metode Analisa Perancangan Media

    Untuk melakukan perancangan media penunjang dalam mempromosikan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang, penulis melakukan analisa terhadap media yang sebelumnya digunakan, selain itu melakukan analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, lalu dirancang dengan aplikasi penunjang Adobe Illustrator CS6 dan Adobe Photoshop CS6.

Konsep Desain

    Dalam penelitian skripsi ini penulis melakukan beberapa tahap konsep desain seperti :

      A. Perencanaan Media

      Pada perencanaan media terdapat : Tujuan Media, Strategi Media, dan Program Media, pada perencanaan media akan dijelaskan dan dijabarkan mengenai Tujuan dari masing-masing media yang akan dirancang, dari media yang dirancang target seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan terhadap setiap rancangan media yang dirancang.

      B. Perencanaan Pesan

      Pada perencanaan pesan terdapat : Tujuan Pesan dan Strategi Pesan, melalui bentuk pesan yang dimuat pada setiap media tujuannya apa? Menggunakan strategi bentuk pesan yang bagaimana?.

      C. Perencanaan Visual

      Pada perencanaan visual terdapat Tujuan Visual, Strategi Visual, dan Proses Visualisasi, pada perencanaan visual akan dijelaskan dan dijabarkan mengenai tujuan pesan yang dibuat, strategi pesan yang digunakan, dan tahapan-tahapan proses visualisai yang akan dikerjakan pada saat perencanaan media yang dibuat, pada proses visualisasi terdapat proses desain yang merupakan tahapan dari tahapan layout kasar, layout komprhensif, sampai tahapan final artwork, dari ketiga tahapan tersebut akan diwujudkan melalui bentuk tahapan visualisasi yang dilakukan pada saat perencanaan media, akan dijelaskan tentang bahan-bahan yang dipergunakan dan ukuran dari masing-masing media yang akan dirancang berdasarkan analisa kebutuhan sesuai dengan hasil interview yang dilakukan.

Hasil Rancangan Media

    Adalah merupakan hasil final artwork dari seluruh perencanaan media yang dirancang sehingga gambaran visual final rancangan media dapat diketahui dalam penelitian.

Sistematika Penulisan Laporan Skripsi

Dalam menyusun laporan penelitian skripsi, penulis melakukan sistematika penulisan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penulisan, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, Daftar Pustaka, dan Lampiran-lampiran.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini penulis menguraikan teori-teori dasar, konsep-konsep dasar dan literature review yang melandasi penulisan laporan penelitian skripsi.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini menjelaskan mengenai gambaran objek pada penelitian dalam perusahaan seperti Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Strategi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.

BAB IV KONSEP DESAIN

Pada Bab ini menjelaskan langkah-langkah mengenai perancangan Media seperti Tujuan Media, Strategi Media, Program Media, Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif) yang meliputi Tujuan Kreatif dan Strategi Kreatif, Perencanaan Visual (Konsep Visual) yaitu, Tujuan Visual, Strategi Visual, Penulisan Naskah (Copy Writting), Pengarahan Visualisasi (Art Directing) dan Proses Desain.

BAB V PENUTUP

Bab ini menjelaskan mengenai kesimpulan, saran dan kesan yang diberikan kepada Perusahaan sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

DAFTAR PUSTAKA

Berisi mengenai daftar sumber referensi yang ada dalam penelitian ini.

DAFTAR LAMPIRAN

Berisi daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran guna melengkapi laporan penelitian.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Nasution menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Implementation Sms Gateway In The Development Web Based Information System Schedule Seminar Thesis" (2012:118)"Desain atau perancangan adalah tahapan dimana dimulai analisa mengenai bentuk input sistem, rancangan database, output sistem dan skema alur kerja program".

Sedangkan menurut Pujiriyanto menerangkan dalam bukunya yang berjudul “Pengajaran Pemahaman Melalui Desain.” (2012:27), “Perancangan adalah wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.”

Jadi berdasarkan kutipan-kutipan pengertian perancangan yang disampaikan diatas perancangan dapat disimpulkan adalah sebuah ide dasar dalam perancanaan dan proses gagasan yang tidak teratur dan dengan analisa, maka akan menghasilkan suatu proses perencanaan yang teratur yang bisa diterapkan dengan baik.

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Informasi

Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, maksud dari kalimat tersebut yaitu bahwa informasi sangat penting pada suatu organisasi. Informasi (information) dapat didefinisikan sebagai berikut:

Maimunah, dkk. dalam jurnal CCIT Vol. 5 No 3. “Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi” (2012:284), “pengertian Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya, dan bermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan”, dijelaskan McLeod dalam bukunya Yakub yang berjudul “Pengantar Sistem Informasi” (2012:8), “Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya”.

Dan juga menurut Zakiyudin dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen” (2012:10), “Informasi merupakan satu sumber daya yang sangat diperlukan dalam suatu organisasi. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya”.

Berdasarkan kutipan-kutipan yang disampaikan pengertian informasi dalam penelitian skripsi adalah: menyampaikan data informasi yang diolah berdasarkan struktur orientasi desain komunikasi visual yang digunakan sebagai daya tari dalam mempromosikan infrastruktur yang ditujukan kepada perusahaan yang diharapkan menjadi calon rekanan usaha.

Jenis-Jenis Informasi

Menurut O’Brien dalam bukunya Yakub yang berjudul “Pengantar Sistem Informasi” (2012:150), jenis-jenis informasi dijelaskan sebagai berikut:

    1. Informasi manajerial
      Informasi strategis untuk manajerial tingkat atas, informasi taktis untuk manajerial tingkat menengah, dan informasi operasional untuk manajerial tingkat bawah.
    2. Sumber Informasi
      Sumber informasi dibagi, menjadi informasi internal dan eksternal. Informasi internal adalah informasi yang menggambarkan keadaan (profile), sedangkan informasi eksternal adalah informasi yang menggambarkan ada tidaknya perubahan di luar organisasi. Informasi ini biasanya lebih banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan manajerial tingkat atas.
    3. Informasi Rutinitas
      Informasi rutinitas, dibagi menjadi informasi rutin dan insendentil. Informasi rutin digunakan secara periodik terjadwal dan digunakan untuk penanggulangan masalah rutin, sedangkan informasi insendentil diperlukan untuk penanggulangan masalah khusus.
    4. Informasi fisik
      Informasi fisik, dapat diartikan susunan yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan tenaga pelaksanaan yang secara bersama-sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk, dan sistem informasi dari segi fungsi merupakan suatu proses berurutan dimulai dari pengumpulan data dan diakhiri dengan komunikasi.

Kualitas Informasi

Jogiyanto menjabarkan dalam bukunya Yakub yang berjudul “Pengantar Sistem Informasi” (2012:9), kualitas dari informasi (quality of information) sangat tergantung dari tiga hal yaitu accurate, timelinness, dan relevance.

    1. Relevan (relevance) Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya dan relevansi informasi untuk tiap-tiap orang akan berbeda-beda.
    2. Tepat Waktu (timeliness) Informasi tersebut datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan.
    3. Akurat (accuracy) Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan. Akurat jugaberarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merusak informasi.

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Promosi merupakan suatu kegiatan dalam memberitahukan suatu hal agar khalayak umum mengetahui akan hal tersebut dan diharapkan akan muncul suatu keinginan terhadap hal tersebut, seperti ingin memiliki atau berpartisipasi. Menurut Desrianti dkk dalam Jurnal CCIT Vol.7 No.2. “Perancangan Media Katalog sebagai Penunjang Informasi dan Promosi pada Cv Zero Store” (2014:425), “Promosi merupakan kegiatan untuk menginformasikan tentang spesifikasi produk kepada konsumen. Promosi memiliki peranan penting dalam rangkaian pemasaran, karena kegiatan promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen dengan memikat hati mereka melalui pemberian kesan-kesan baik, yang mampu diingat dan dirasakan oleh konsumen. Sementara lain”.

Dan Maimunah, dkk. menjelaskan dalam jurnal CCIT Vol. 5 No 3. “Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi” (2012:283), "Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu pemasaran".

Menurut Desrianti, dkk. Jurnal CCIT Vol.7 No.3. “Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus pada Bookstore” (2014:425), “Promosi adalah tindakan menginformasikan atau meningkatkan konsumen tentang spesifikasi produk atau merek”.

Berdasarkan kutipan-kutipan yang disampaikan di atas bahwa pengertian promosi yang dimaksud pada program promosi pada PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang adalah: merupakan program yang dipergunakan untuk mensosialisasikan keberadaan bentuk usaha akan layanan dalam hal maintenance pesawat yang akan ditujukan kepada pihak-pihak pengusaha yang nantinya diharapkan mau berkerja sama dengan PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang. Pada kesempatan analisa yang dilakukan khususnya kepada perusahaan, penelitian skripsi diharapkan akan menghasilkan sebuah rancangan media yang dapat dipergunakan sebagai sarana penunjang penyampaian informasi yang akan ditujukan kepada calon-calon pengusaha yang diharapkan dapat kerjasama.

Tujuan Promosi

Menurut Dwintha Ririn Tiyani dalam “Analisa Bauran Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan” (2012:20), dijelaskan beberapa tujuan promosi:

  1. Memodifikasi Tingkah Laku
    Merupakan kegiatan perusahaan dalam promosi, dimana perusahaan berusaha menciptakan kesan yang baik terhadap dirinya atau mendorong pembelian barang dan jasa perusahaan melalui promosi. Dimana dulunya konsumen tidak terlalu menyukai produk perusahaan tersebut, maka dengan bantuan promosi akan merubah tingkah laku konsumen.
  2. Memberi Tahu
    Kegiatan promosi yang ditunjukan untuk memberitahu pasar yang di tuju tentang penawaran perusahaan, sebab tanpa diketahui oleh konsumen dan masyarakat luas meskipun produk yang dihasilkan berkualitas tinggi dan terjangkau oleh konsumen tidak akan berarti banyak, sebab tidak diketahui oleh konsumen atau masyarakat luas.
  3. Membujuk
    Hal ini sebenarnya kurang disukai oleh sebagian masyarakat, akan tetapi dalam kenyataan sekarang justru banyak promosi yang bersifat persuasif. Promosi semacam ini untuk mendorong para konsumen untuk membeli barang yang dipromosikan.
  4. Mengingatkan
    Promosi yang bersifat mengingatkan ini kegiatannya dilakukan untuk mempertahankan merek produk di hati masyarakat. Sifat promosi ini dilakukan pada tahap keunggulan produk, hal ini bertujuan untuk mempertahankan merek produk dihati masyarakat sekaligus mempertahankan pembeli yang ada.

Bentuk Promosi

Menurut Agus Hermawan dalam bukunya yang berjudul “Komunikasi Pemasaran” (2012:54-55) ada enam bentuk promosi:

  1. Personal Selling
    Adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya.
  2. Mass Selling
    Adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling namun merupakan alternative yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.
  3. Promosi penjualan
    Adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insetif yang dapat diatur untuk merancang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
  4. Public Relations
    Adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
  5. Direct Marketing
    Adalah sistem pemasaran yang bersifat interatif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.
  6. Acara dan Pengalaman
    Merupakan pengembangan publisitas yang mengacu pengadaan kegiatan organisasional yang sifatnya mendukung promosi.
    1. Personal Selling
      Adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya. Kesimpulan dari teori Personal selling adalah : mempengaruhi konsumen secara langsung dengan cara berkomunikasi dengan cara yang baik sehingga konsumen terpengaruh untuk membeli produk tersebut.
    2. Mass Selling
      Adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling namun merupakan alternative yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas. Kesimpulan dari teori Mass selling adalah : Media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk yang akan ditawarkan, penyampaian suatu promosi berupa media cetak dan yang lainnya.
    3. Promosi penjualan
      Adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insetif yang dapat diatur untuk merancang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Kesimpulan dari teori Promosi penjualan adalah : memberikan suatu kupon berhadiah yang menuntut pembeli untuk tertarik dengan produk tersebut.
    4. Public Relations
      Adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Menurut Desrianti, dkk. Jurnal CCIT Vol.5 No.2. “Audio Visual As One Of The Teaching Resources On Ilearning” (2012:133),

"Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for education communication and tecnology) ini menunjukkan bahwa istilah ”media” memiliki makna yang sangat umum".

Menurut Saifuddin dalam bukunya yang berjudul “Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis” (2014:129), “Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Media merupakan alat bantu yang dapat memudahkan pekerjaan agar dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan”.

Menurut Denis McQuail dalam bukunya Halim yang berjudul “Dasar-dasar Jurnalistik” (2015:38) media merupakan jendela (windows) yang memungkinkan khalayak memahami lingkungannya tanpa campur tangan pihak lain, penafsir (interpreters) yang membantu khalayak memahami kejelasan atau makna sebuah peristiwa, landasan (platforms) untuk menyampaikan informasi, komunikasi interaktif (interactive communication) yang menghubungkan media dan khalayak untuk berinteraksi, penanda (signpost) yang memberikan khalayak instruksi dan petunjuk, penyaring (filters) yang memilihkan pengalaman dan fokus terhadap suatu aspek tertentu secara sadar dan sistematis atau tidak, cermin (mirrors) yang merefleksikan citra masyarakat kerap mengalami distorsi karena adanya keinginan khalayak untuk melihat sisi paling menonjol dan penghalang (barriers) yang menutupi kebenaran demi pencapaian propaganda atau pelarian dari suatu kenyataan.

Sedangkan menurut Joshua Meyrowitz dalam bukunya Halim yang berjudul “Dasar-dasar jurnalistik” (2015:40) yakni media sebagai vessel, kendaraan untuk menyampaikan pesan (content) secara netral, media sebagai language, media laksana bahada yang memiliki unsur-unsur struktur atau tata kalimat, media sebagai environment, lingkungan yang penuh dengan berbagai informasi dan keberadaan media untuk menyebarkan secara cepat, tepat, mampu berinteraksi, memenuhi persyaratan fisik, dan kemudahaan belajar.

Berdasarkan kutipan-kutipan pengertian media yang disampaikan bahwa pengertian media yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil rancangan media yang dapat dijadikan daya tarik dalam menyampaikan informasi tentang jenis layanan yang akan dikerjakan oleh perusahaan yang harus diketahui oleh perusahaan yang memungkinkan membutuhkan bentuk layanan yang akan diberikan oleh PT. Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tangerang. Adapun bentuk media tersebut akan berupa rancangan media X-Banner, Web Banner, Roll Banner, Spanduk, Poster dan media-media kenang-kenangan.

Contributors

Fandi Syahrani, Leonardo