SI1312476003

Dari widuri
Revisi per 9 Februari 2017 10.44 oleh Riska laina ulfa (bicara | kontrib) (BAB I)


Lompat ke: navigasi, cari

 

PENGEMBANGAN VIEWBOARD PADA IME KELAS UNTUK

MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN

MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

Disusun Oleh:

NIM
: 1312476003
NAMA

 

JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI BUSINESS INTELLIGENCE

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PENGEMBANGAN VIEWBOARD PADA IME KELAS UNTUK

MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN

MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI

 

Disusun Oleh:

NIM  : 1312476003
Nama  : Riska Laina Ulfa
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Sistem Informasi
Konsentrasi  : Business Intelligence

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Februari 2017

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung_Rahardja, M.T.I)         (Nur Azizah, M.Akt., M.Kom)
NIP : 99001         NIP : 10002

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PENGEMBANGAN VIEWBOARD PADA IME KELAS UNTUK

MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN

MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1312476003
Nama  : Riska Laina Ulfa

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Sistem Informasi

Business Intelligence

Disetujui Oleh :

Tangerang, Februari 2017

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Qurotul Aini, S.Kom., M.T.I)     (Eka Purnama Harahap, S.Kom)
NID : 14012     NID : 16008

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PENGEMBANGAN VIEWBOARD PADA IME KELAS UNTUK

MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN

MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1312476003
Nama  : Riska Laina Ulfa

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Sistem Informasi

Konsentrasi Business Intelligence

Tahun Akademik 2016/2017

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, Februari 2017

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
(____________)   (_____________)   (_____________)
NID :   NID :   NID :

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM  : 1312476003
Nama  : Riska Laina Ulfa
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Sistem Informasi
Konsentrasi  : Business Intelligence

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Februari 2017
Riska Laina Ulfa
NIM. 1312476003

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAK

Media internet saat ini sangat bermanfaat bagi seluruh kalangan, salah satunya dalam bidang pendidikan yang khususnya dalam pembelajaran, Sehingga hal ini mampu mempermudahkan para Mahasiswa untuk belajar serta mengerjakan tugas dimana pun dan kapan saja dengan mudah. Dalam institut Perguruan Tinggi Raharja yang bergerak dibidang teknologi informasi memiliki pembelajaran dengan metode iLearning biasa disebut dengan iLearning Media (iMe) yang menjadi unggulan dalam metode belajar. Dengan adanya iLearning diharapkan mahasiswa mampu lebih termotivasi untuk belajar serta menggebrak tekat mahasiswa untuk menjadi lebih aktif. Keaktifan dapat dilihat dengan adanya aktifitas postingan serta komentar pada iLearning Media (iMe) Class yang dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas dari dosen, sehingga dapat diukur pada sebuah Viewboard yang terletak pada halaman iMe Class , yang nantinya akan memudahkan para dosen untuk memberikan nilai dari tugas-tugas kepada mahasiswanya.

Kata Kunci : Mahasiswa, Motivasi, iLearning Media, Viewboard

ABSTRACT

Internet media today are very beneficial for all walks of life, including in the field of education especially in learning, so that it is capable of ease the students to study and work on assignments anywhere and anytime with ease. In the Institute College Raharja engaged in information technology has a learning method called iLearning with iLearning Media (iMe), which became the flagship in the method of learning. With the expected student capable of iLearning more motivated to learn and determined to push students to become more active. Liveliness can be seen by the existence of activities as well as post comments on iLearning Media (iMe) Class which do the students in doing the duties of professors, so it can be measured ona Viewboard that is located on the page of the iMe Class, which will make it easy forlecturers to give the value of the tasks to the students.

Keywords: student, motivation, iLearning Media, Viewboard

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji syukur Alhamdulillah, Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dengan karunia-Nya, sehingga Penulis berhasil menyelesaikan Skripsi dengan judul "Pengembangan PESSTA+ Berbasis Yii Framework Sebagai Media Validasi Widuri dalam Penilaian Objektif Sidang pada Perguruan Tinggi".

Tujuan Penulis dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja,

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa ada bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja .
  2. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direkrur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah,M.Akt.,M.Kom. selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  4. Ibu Qurotul Aini, S.Kom., M.T.I selaku Dosen Pembimbing 1 yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada Penulis.
  5. Ibu Eka Purnama Harahap, S.Kom. selaku Dosen Pembimbing 2 yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada Penulis.
  6. Bapak Ir. Untung Rahardja,M.T.I. selaku Stakeholder yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada Penulis.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Penulis.
  8. Seluruh anggota REC yang memberikan dukungan, arahan dan masukan yang berarti dalam menyelesaikan Skripsi ini.
  9. Rekan-rekan seperjuangan yaitu grup HOUR (Amalia Syahidah, Bambang Hermawan, Eka Marjayanti dan Siti Ela Rohilah MI).
  10. Rekan-rekan seperjuangan grup TimUR 2 ( i-Go, UVO, RUSIA dan OZBI)
  11. Rekan-rekan Gezreq (Ayu Suciani, Fella Megita Putri, Heni Triyani, Meisa Erawati, Novita Heriyani, Olis Rosmawati, Riska Laina Ulfa, Siti Mutmainah, Siti Nurhayati dan Tasya Novelia).
  12. Rubin Hakita Irwin yang senantiasa mendampingi, memotivasi serta memberikan semangat, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini dengan sangat baik.
  13. Teman-teman yang telah banyak memberikan bantuan, saran dan masukan yang berguna, baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga laporan skripsi ini dapat terselesaikan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

</div>

Tangerang, Februari 2017
Riska Laina Ulfa
NIM. 1312476003

 

DAFTAR TABEL

a


DAFTAR GAMBAR

a


DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL HIPO

DAFTAR SIMBOL UML

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Media Internet saat ini sudah menjamur dimana-mana, mesin pencarian ini bekerja sangat cepat sehingga mampu menemukan banyak sekali informasi yang dimaksud oleh pengguna. Sehingga tidak heran kalau sekarang orang bisa mengetahui informasi lebih cepat dimanapun dan kapanpun saja. Inilah penyebab utama yang dipertimbangkan oleh semua orang untuk menyampaikan informasi lewat internet. Media Internet juga bermanfaat untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk dunia pendidikan. Sehingga sekarang ini, internet menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi dunia pendidikan khususnya dalam pembelajarannya.

Peningkatan kualitas pembelajaran perlu pertimbangan dengan adanya perubahan-perubahan dalam pembelajaran, antara lain dari pengiriman informasi sepihak ke pertukaran informasi, perubahan dari model belajar terpusat pada guru ke model terpusat pada peserta didik, dari pembelajaran pasif ke pembelajaran aktif dan partisipatif, dari respon reaktif ke proaktif, dari konteks artificial ke konteks dunia nyata, dari single media ke multimedia. Oleh karena itu, pembelajaran harus berpotensi mengembangkan suasana belajar mandiri. Dalam hal ini, pembelajaran dituntut dapat menarik perhatian peserta didik dan sebanyak mungkin memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology).

Membahas tentang teknologi, tak lepas dari kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan berbagai kemungkinan penerapannya, khususnya pada pembelajaran. Kekuatan TIK pada pembelajaran, akan melahirkan konsep E-Learning, manfaat E-Learning, dan bahan-bahan pembelajaran untuk E-Learning (Budi Murtiyasa, 2012).

Pada Perguruan Tinggi Raharja terdapat sebuah fasilitas pembelajaran online yang disebut dengan iMe (iLearning Media). yang merupakan sebuah site yang dikemas secara khusus untuk kegiatan proses pembelajaran secara online untuk para Mahasiswa/I Pribadi Raharja. Secara garis besar, iMe dibuat untuk meningkatkan metode pembelajaran secara mandiri dan online. iMe (iLearning Media) merupakan sebuah inovasi baru bagi metode perkuliahan berdasarkan 4B, yaitu , Belajar, Bekerja, Berdoa, dan Bermain.

Didalam konteks pembelajaran yang telah berbasis website, Mahasiswa dapat mengerjakan tugas dengan efektif dan efisien yang dikerjakan dalam ruang lingkup iMe kelas Pengantar Teknologi Informasi (PTI) dengan kode kelas PL102A,C dan D pada website pl102.ilearning.me yang didalamnya terdapat aktivitas postingan dan komentar. Tentunya dalam hal tersebut dosen perlu adanya sistem untuk memonitoring aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Untuk memantau aktivitas mahasiswa perlu adanya sebuah tampilan panel dengan tujuan menampilkan informasi yang mudah dibaca dan menampilkan data berupa gambar (Highcharts) yang disebut dengan dashboard dalam Perguruan Tinggi Raharja dashboard biasa disebut dengan istilah viewboard.

Dengan adanya viewboard diharapkan mahasiswa mampu mendorong semangat diri serta termotivasi untuk lebih aktif dalam pembelajaran baik dalam postingan maupun komentar, karena jika mahasiswa tersebut mampu masuk kedalam 10 besar viewboard activity artickel dosen akan memberikan apresiasi berupa Special Contribution (SC) yang menjadi nilai tambahan.

Rumusan Masalah

Pada dasarnya penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang kemudian digunakan untuk dapat memecahkan masalah. Dari latar belakang di atas, maka didapatkan masalah yang berkaitan dengan proses belajar mahasiswa kelas (PTI) Pengantar Teknologi Informasi. Namun sangat disayangkan karena dalam Perguruan Tinggi yang berbasis IT (Information Technology), Mahasiswa/i kelas (PTI) Pengantar Teknologi Informasi menjalankan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar kurang memanfaatkan pra sarana sistem iMe (iLearning Media) yang telah memberikan kemudahan untuk mengerjakan tugas secara online dengan efektif dan efisien.

Sesuai dengan latar belakang masalah penelitian yang telah diuraikan pada bahasan sebelumnya, Maka dapat dirumuskan beberapa pertanyaan sebagai berikut:

  1. Bagaimana menerapkan pembelajaran secara online pada Perguruan Tinggi Raharja ?
  2. Apakah dengan memanfaatkan iMe (iLearning Media) dapat efektif dan efisien dalam mengerjakan tugas Mahasiswa/i pada kelas PL102A, PL102C, PL102D?
  3. Apakah dengan adanya Viewboard iMe dapat meningkatan motivasi pembelajaran Mahasiswa/i pada kelas PL102A, PL102C, PL102D?

Dengan begitu Pribadi Raharja diharapkan memiliki motivasi untuk belajar lebih semangat, dengan adanya pemanfaatan metode pembelajaran dengan iMe (iLearning Media), Berdasarkan permasalahan yang sudah dijabarkan maka penulis mengambil judul “PENGEMBANGAN VIEWBOARD PADA IME KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI” untuk jadi penelitian SKRIPSI

Ruang Lingkup Penelitian

Untuk mempermudah dalam penulisan SKRIPSI ini, maka dibatasi dengan adanya ruang lingkup penelitian, diantaranya yaitu:

  1. Penelitian ini diimplementasikan pada mahasiswa/i iLearning pada Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Penelitian ini hanya yang terdaftar pada iMe (iLearning Media) kelas Pengantar Teknologi Informasi (PTI) pl102.ilearning.me Tahun ajaran 2016/2017
  3. Penelitian ini dikembangkan hanya pada mahasiswa/i iLearning matakuliah PTI dengan kode kelas PL201A, PL201C, PL201D pada Perguruan Tinggi Raharja
  4. Pengguna iMe (iLearning Media) hanya pada pengguna yang memiliki Rinfo
  5. Sistem viewboard hanya dapat diakses dengan online
  6. Sistem viewboard hanya terdiri dari aktivitas jumlah postingan dan komentar
  7. Sistem viewboard hanya terdiri dari viewboard keseluruhan kelas PL102A,C,D dan dan dari bagian per kode kelas
  8. Terdapat metode perancangan dengan metode flowchart

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Dalam setiap penelitian pasti memiliki tujuan untuk dapat menyelesaikan masalah yang sudah didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan. Dan berdasarkan perumusan masalah yang sudah diuraikan maka tujuan dalam penelitian ini adalah:

  1. Untuk mengetahui peranan pembelajaran secara online pada Perguruan Tinggi Raharja
  2. Untuk menciptakan efektif dan efisiensi Mahasiswa/i Perguruan Tinggi Raharja dalam mengerjakan tugas pada iMe .
  3. Untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar

Manfaat Penelitian

Manfaat penilitian dari tercapainya tujuan penelitian dan terjawabnya rumusan masalah secara akurat. Maka manfaat dari penelitian ini yaitu:

  1. Dengan adanya pembelajaran secara online mampu meningkatkan kualitas pembelajaran
  2. Dengan adanya iMe (iLearning Media) dapat membuat Mahasiswa/i lebih efektif dan efisien dalam belajar.
  3. Dengan adanya viewboard iMe dapat membuat mahasiswa/i lebih aktif dalam pembelajaran mengerjakan tugas.

Metode Penelitian

<p style="line-height: 2">Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam pembuatan Laporan SKRIPSI dengan menggunakan metode sebagai berikut:</p>
  1. Metode observasi (Pengamatan)
    Penelitian telah melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran kelas Pengantar Teknologi Informasi (PTI) dengan kode kelas PL102A, PL102C, PL102D yang terdapat pada kelas iLearning di Perguruan Tinggi Raharja. Kemudian dari pengamatan yang telah dilakukan, penelitian ini dapat mengumpulkan data sebagai sumber informasi guna memperoleh data yang berhubungan dengan penelitian serta mengetahui kondisi sistem viewboard iMe kelas pada Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Metode Wawancara
    Metode ini dilakukan dengan proses tanya jawab dengan pihak yang berkaitan dengan projek secara langsung, dan metode wawancara ini lakukan bersama Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Stakeholder.
  3. Metode Studi Pustaka
    Metode ini berfungsi untuk mendapatkan informasi serta data dari beberapa sumber (literature), buku, dan beberapa jurnal untuk kebutuhan penganalisaan serta pengembangan yang terkait dengan laporan ini.

Metode Analisa

<p style="line-height: 2">Metode analisa sistem yang digunakan untuk penelitian ini yaitu berupa analisa sistem elisitasi dan akan dibuktikan dalam pencapaian strategi.</p>

Metode Perancangan

<p style="line-height: 2">Metode perancangan yang digunakan untuk menjabarkan perancangan yaitu dengan menggunakan metode Flowcharts, prototyping dan HIPO (Hirarchy Plus Input Proses Output).</p>

Metode Pengumpulan Data

<p style="line-height: 2">Pada metode pengumpulan data, penulis melakukan beberapa tahapan yaitu dengan adanya Quisioner untuk kelas Pengantar Teknologi Informasi (PTI) dengan kode matakuliah PL102A, PL102C, PL102D.</p>

Metode Pengujian

<p style="line-height: 2">Penguji adalah proses eksekusi suatu program untuk menemukan kesalahan sebulum digunakan oleh pengguna akhir (end-user). Salahsatu metode pengujian perangkat lunak yang digunakan adalah Black Box Testing yang merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional pada perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program. Serta metode black box dapat mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan telah sesuai dengan yang diharapkan.</p>

Sistematika Penulisan

<p style="line-height: 2">Untuk memudahkan dalam membuat penulisan laporan dan pembahasanya secara sistematis, maka penulisan Laporan SKRIPSI ini terdiri dari beberapa sub bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:</p>

BAB I PENDAHULUAN

<p style="line-height: 2">BAB I PENDAHULUAN</p>

<p style="line-height: 2">Bab ini menjelaskan tentang informasi umum, yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penelitian.

</p>

<p style="line-height: 2">BAB II LANDASAN TEORI</p>

<p style="line-height: 2">Bab ini dijelaskan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

</p>

<p style="line-height: 2">BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN</p>

<p style="line-height: 2">Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, tatak laksana sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement.

</p>

<p style="line-height: 2">BAB IV METODOLOGI PENELITIAN</p>

<p style="line-height: 2">Bab ini berisikan mind mapping project, Analisa sistem yang diusulkan, metode analisa sistem elisitasi, strategi, rancangan program HIPO dan Prototype, testing, evaluasi, konfigurasi sistem yang diusulkan, implementasi</p>

<p style="line-height: 2">BAB V PENUTUP</p>

<p style="line-height: 2">Bab ini berisikan kesimpulan dan saran dari hasil laporan SKRIPSI</p>

<p style="line-height: 2">DAFTAR PUSTAKA</p>

<p style="line-height: 2">LAMPIRAN</p>

BAB II

LANDASAN TEORI

BAB III

ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

BAB IV

METODOLOGI PENELITIAN

BAB V

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA



DAFTAR LAMPIRAN

<p style="line-height: 2"> Lampiran A: </p>
<p style="line-height: 2">Pada “Lampiran A” ini berisi tentang berkas-berkas yang diperlukan sebagai persyaratan Skripsi, diantaranya yaitu:</p>
A.1. Validasi Skripsi
A.2. Surat Penugasan Kerja
A.3. Daftar mata kuliah yang belum diambil atau gagal
A.4. Formulir Permohonan Usulan Penelitian Skripsi
A.5. Surat Pengantar Observasi Skripsi
A.6. Kartu Studi Tetap Final (KSTF)
A.7. Kartu Bimbingan Skripsi
A.8. Formulir Permohonan Penggantian Judul Skripsi
A.9. Daftar Nilai
A.10. Kwitansi Skripsi, Raharja Career, dan Sidang Skripsi
A.11. Formulir Seminar Proposal Skripsi
A.12. Formulir Final Presentasi Skripsi
A.13. Formulir Pertemuan Stakeholder Skripsi
A.14. Sertifikat Prospek
A.15. Sertifikat Toefl
A.16. Sertifikat Seminar Nasional
A.17. Sertifikat Seminar Internasional
A.18. Sertifikat Raharja Career
A.19. Katalog Produk
A.20. Ijazah SMA
A.21. CV (Curiculum Vitae)


<p style="line-height: 2"> Lampiran B: </p>
<p style="line-height: 2">Pada “Lampiran B” ini berisi tentang berkas-berkas yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan sebagai persyaratan Skripsi, diantaranya yaitu:</p>
B.1. Bukti Assignment iDU
B.2. Surat Implementasi Stakeholder