SI1311475947: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Metode Analisa)
(Metode Analisa)
Baris 506: Baris 506:
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''Metode Analisa Sistem'''<br>Pelaksanaan analisa pada penelitian pelayanan jasa konstruksi pada PT. KES Indonesia dan kasus yang berkaitan, metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode PIECES ''(Performance, Information/Data, Economy, Control, Eviciency, Service)''. <br>Tujuan penggunaan metode analisa ini untuk mengoreksi atau memperbaiki sistem dalam hal akses interaksi komunikasi pelayanan, dari hal-hal yang telah diidentifikasi dapat diambil beberapa masalah yang dihadapi oleh organisasi, kemudian dideskripsikan sehingga masalah dapat segera dipahami dengan baik dan dapat ditindaklanjuti untuk sebuah solusi.<br>Beberapa manfaat dari penggunaan Metode PIECES yang diharapkan pada pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah sebagai berikut:<br>a.Analisa PIECES dapat menerapkan metode efektif dalam kegiatan analisa permasalahan yang terdapat pada inti kegiatan penelitian ini, yaitu terhadap solusi bagi sistem pelayanan jasa konstruksi untuk peningkatan permintaan jasa yang ada pada PT. KES INDONESIA.<br>b.Analisa ''PIECES'' menghubungkan dalam pengembangan aplikasi sistem pelayanan jasa konstruksi BangunRuang yang akan diimplementasikan sesuai tujuan sebagai solusi penelitian, dengan aplikasi sistem BangunRuang nantinya akan dapat direalisasikan agar sejalan dengan strategi pengembangan mutu kinerja manajement perusahaan dan permintaan konsumen pasar atau masyarakat.<br>c.Penerapan metode PIECES nantinya dapat menjadi perantara yang baik dalam mengetahui informasi dan kebutuhan apa yang diperlukan oleh setiap individu pengguna aplikasi sistem.<br>d. Analisa PIECES sangat berguna dalam perencanaan sistem informasi pada saat startegi bisnis tidak berjalan sesuai tujuan perusahaan, dengan memfokuskan pada masalah-masalah yang ada untuk mengetahui solusi terbaik dalam penanganannya.<br>Analisa PIECES sangat maksimal apabila digunakan sejalan dengan analisa value chain  dalam mengidentifikasi proses keseluruhan aktifitas, serta memberikan gambaran luas pada pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan yang paling tepat untuk dilaksanakan</p></li>  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''Metode Analisa Sistem'''<br>Pelaksanaan analisa pada penelitian pelayanan jasa konstruksi pada PT. KES Indonesia dan kasus yang berkaitan, metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode PIECES ''(Performance, Information/Data, Economy, Control, Eviciency, Service)''. <br>Tujuan penggunaan metode analisa ini untuk mengoreksi atau memperbaiki sistem dalam hal akses interaksi komunikasi pelayanan, dari hal-hal yang telah diidentifikasi dapat diambil beberapa masalah yang dihadapi oleh organisasi, kemudian dideskripsikan sehingga masalah dapat segera dipahami dengan baik dan dapat ditindaklanjuti untuk sebuah solusi.<br>Beberapa manfaat dari penggunaan Metode PIECES yang diharapkan pada pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah sebagai berikut:<br>a.Analisa PIECES dapat menerapkan metode efektif dalam kegiatan analisa permasalahan yang terdapat pada inti kegiatan penelitian ini, yaitu terhadap solusi bagi sistem pelayanan jasa konstruksi untuk peningkatan permintaan jasa yang ada pada PT. KES INDONESIA.<br>b.Analisa ''PIECES'' menghubungkan dalam pengembangan aplikasi sistem pelayanan jasa konstruksi BangunRuang yang akan diimplementasikan sesuai tujuan sebagai solusi penelitian, dengan aplikasi sistem BangunRuang nantinya akan dapat direalisasikan agar sejalan dengan strategi pengembangan mutu kinerja manajement perusahaan dan permintaan konsumen pasar atau masyarakat.<br>c.Penerapan metode PIECES nantinya dapat menjadi perantara yang baik dalam mengetahui informasi dan kebutuhan apa yang diperlukan oleh setiap individu pengguna aplikasi sistem.<br>d. Analisa PIECES sangat berguna dalam perencanaan sistem informasi pada saat startegi bisnis tidak berjalan sesuai tujuan perusahaan, dengan memfokuskan pada masalah-masalah yang ada untuk mengetahui solusi terbaik dalam penanganannya.<br>Analisa PIECES sangat maksimal apabila digunakan sejalan dengan analisa value chain  dalam mengidentifikasi proses keseluruhan aktifitas, serta memberikan gambaran luas pada pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan yang paling tepat untuk dilaksanakan</p></li>  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''Metode Analisa Data'''<br>Proses analisa data pada penelitian yang dilaksanakan, mengambil sampling data dengan menggunakan proses analisa terhadap penyebaran pertanyaan dan pernyataan dalam bentuk kuisioner terhadap beberapa masyarakat diantaranya, dilingkungan perumahan sekitar tempat tinggal peneliti, dilingkungan customer PT. KES Indonesia, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui data permasalahan dan keinginan kebutuhan masyarakat yang pasti sebagai data pendukung pengembangan pelaksanaan penelitian pelayanan terkait jasa konstruksi yang akan dijalankan.</p></li>
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">'''Metode Analisa Data'''<br>Proses analisa data pada penelitian yang dilaksanakan, mengambil sampling data dengan menggunakan proses analisa terhadap penyebaran pertanyaan dan pernyataan dalam bentuk kuisioner terhadap beberapa masyarakat diantaranya, dilingkungan perumahan sekitar tempat tinggal peneliti, dilingkungan customer PT. KES Indonesia, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui data permasalahan dan keinginan kebutuhan masyarakat yang pasti sebagai data pendukung pengembangan pelaksanaan penelitian pelayanan terkait jasa konstruksi yang akan dijalankan.</p></li>
 +
 +
====Metode Perancangan====
 +
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Proses perancangan aplikasi sistem digambarkan dengan menggunakan program aplikasi pendukung yaitu visual paradigm berdasarkan hasil analisa data lapangan yang ada, sehingga nantinya menghasilkan suatu model baru yang bisa diusulkan sebagai bentuk solusi akhir. Pada Visual Paradigm For UML Interprise Edition adanya sub fungsional sistem yaitu UML (Uniefied Modeling Language) yang diperuntukan untuk membuat desain arsitekture sebuah sistem, bentuk bagan arsitektur ini bekerja dalam OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dengan kepemilikan bahasa yang konsisten untuk penentuan visualisasi, mengkonstruksi, dan membantu mendokumnetasikan artifact yang terdapat dalam sebuah aplikasi software.</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Selain metode diatas yang digunakan peneliti dalam kegiatan pemodelan aplikasi sistem dalam penelitian ini, bahasa pemrogramman yang digunakan adalah PHP, dengan perancangan basis data menggunakan MySQL-Server, XAMPP sebagai tool server lokal, sebagai software pendukung desain grafis mengunakan Adobe Collection, dan editor text program menggunakan kolaborasi Notepadd++, Sublime Text 3.</p></div>
 +
 +
====Metode Prototype====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada pelaksanaan penelitian ini, mengimplementasikan solusi rancangan aplikasi sistem yang telah diusulkan dan disesuaikan dengan permasalahan yang ada, untuk mengetahui bentuk tampilan interface dan teta letak fungsional fitur aplikasi dengan menggunakan beberapa software pendukung perancangannya, salah satunya yaitu Justinmind dan Prototype. Kedua software  tersebut merupakan beberapa aplikasi pendukung yang dapat digunakan untuk mengimplementasi desain sketsa sebuah program aplikasi kedalam tampilan digital ''interface.'' </p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dalam pelaksanaan hal ini bertujuan menampilkan gambaran yang lebih jelas terhadap tampilan aplikasi sistem kususnya tampilan siklus fungsional yag akan dibuat oleh sistem.</p></div>
 +
 +
====Metode Pengujian====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pelaksanaan pengamatan atas hasil solusi penelitian yang akan dicapai, dalam penelitian ini akan melaksanakan pengujian pada aplikasi sistem yang nantinya menggunakan metode pengujian Blackbox Testing. Penggunaan metode pengujian blackbox dilatarbelakangi adanya upaya untuk menemukan adanya kesalahan dalam beberapa fungsional kategori, diantaranya: fungsi-fungsi penggunaan fitur yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa sistem reading, kesalahan inisialisasi, dan terminasi</p></div>
 +
 +
===Metode Pengujian===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Sistematika dalam penulisan ini diuraikan dalam empat bab, antara lain:<br>BAB I PENDAHULUAN<br>Pada bab ini menjelaskan tentang pendahuluan dimana menguraikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, serta sistematika penulisan dalam laporan ini.<br>BAB II LANDASAN TEORI<br>Pada bab ini dijelaskan beberapa definisi materi pustaka yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literature review yang dapat mendukung dan berhubungan dengan proses penelitian.<br>BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN<br>Pada bab ini menjelaskan tentang analisa gambaran umum perusahaan yang terdiri dari profil perusahaan, uraian sistem yang berjalan dalam manajement perusahaan, bentuk permasalahan yang dihadapi, bentuk alternative pemecahan masalah yang ada, serta uraian user reqirement manajemen perusahaan yang terdiri dalam bentuk elisitasi tahap I sampai III, dan draft final elisitasi yang merupakan bentuk elisitasi akhir sebagai acuan pembuatan sistem untuk penelitian.<br>BAB IV HASIL PENELITIAN<br>Bab ini menjabarkan hasil rancangan yang diusulkan setelah menjalankan analisa penelitian permasalah yang ada. menerangkan usulan sistem yang akan digambarkan dalam bentuk rancangan sistem UML (Unified Modeling Language), flowchart sistem yang diusulkan, rancangan basis data sistem, penyesuaian rancangan program, penyusunan rancangan prototype yang nantinya menggambarkan rancangan sistem yang diusulkan dalam penelitian, penyesuaian konfigurasi sistem yang akan dibuat, pelaksanaan testing yang digunakan, pelaksanaan evaluasi penggunaan sistem yang dibuat, pelaksanaan implementasi sistem kepada user, serta adanya estimasi biaya penelitian dalam pengembangan sistem yang nantinya akan diaplikasikan dalam perusahaan maupun masyarakat umum.<br>BAB IV PENUTUP<br>Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan dari hasil analisa dan implementasi penelitian, serta saran yang dapat diberikan peneliti dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya agar bentuk permasalahan yang ada dapat terselesaikan secara maksimal dalam penelitian selanjutnya, sehingga tujuan dan manfaat utama dari penelitian skripsi ini dapat disampaikan secara baik<br>DAFTAR PUSTAKA<br>LAMPIRAN</p></div>

Revisi per 16 Oktober 2017 06.11

 


APLIKASI BANGUNRUANG UNTUK PENINGKATAN

PELAYANAN PERMINTAAN JASA KONSTRUKSI & INTERIOR

PADA PT KES INDONESIA


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :


NIM
: 1314477160
NAMA

JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

2017/2018

 


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

APLIKASI BANGUNRUANG UNTUK PENINGKATAN

PELAYANAN PERMINTAAN JASA KONSTRUKSI & INTERIOR

PADA PT. KES INDONESIA

Disusun Oleh :

NIM
: 1311475947
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
:Sistem Informasi Manajemen

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang,....2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir.Untung Rahardja, M.T.I,.MM.)
       
(Nur Azizah, M.Akt, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 078010


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

APLIKASI BANGUNRUANG UNTUK PENINGKATAN

PELAYANAN PERMINTAAN JASA KONSTRUKSI & INTERIOR

PT. KES INDONESIA

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1311475947
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Tahun Akademik 2017/2018

 

Disetujui Oleh :

Tangerang,...2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
( Oleh Soleh, S.Kom.,M.MSi)
   
(Henderi, M.Kom)
NID : 04043
   
NID : 14019


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

APLIKASI BANGUNRUANG UNTUK PENINGKATAN

PELAYANAN PERMINTAAN JASA KONSTRUKSI & INTERIOR

PADA PT. KES INDONESIA

 

Dibuat Oleh :

NIM
: 1311475947
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Tangerang,....2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

APLIKASI BANGUNRUNAG UNTUK PENINGKATAN

PELAYANAN PERMINTAAN JASA KONSTRUKSI & INTERIOR

PADA PT.KES INDONESIA

Disusun Oleh :

NIM
: 1311475947
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
:SIstem Informasi Manajemen

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang,....2017
 
 
 
Nanda Dian Prasetyo
NIM. 1311475947


 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Kepuasan pelayanan konsumen dalam sebuah perusahaan terutama perusahaan bidang jasa adalah diprioritaskan, karena merupakan salah satu poin indikator penilaian keberhasilan suatu perusahaan, penilaian tersebut adalah keberlangsungan prosedur pelayanan dari produsen terhadap konsumen untuk mendukung tingkat fleksibiltas transaksi, sehingga dapat memberikan keuntungan terhadap keduanya. Melihat aktifitas konsumen yang mencari penyedia jasa maupun para ahli konstruksi dalam memperoleh pekerjaan bangunan, umumnya melalui komunikasi lisan dan lingkungan sekitar tanpa mengetahui detail kualitas kompetensi dan pembiayaan nantiya, hal tersebut dapat mengakibatkan tidak maksimalnya kebutuhan akan pelayanan. Meninjau dari permasalahan hal tersebut dan untuk meningkatkan kontribusi pelayanan perusahaan kepada konsumen yang lebih luas jangkauannya, salah satu caranya adalah merancang sebuah aplikasi sistem online yang mempermudah transaksi tersebut. PT. KES Indonesia bermaksud mengembangkan transaksi pelayanan jasa konstruksi dengan pemanfaatan teknologi digital aplikasi sistem BanngunRuang secara online, yang ditujukan untuk membantu konsumen dan penyedia jasa konstruksi dalam memperoleh atau mencari pengguna jasa bangunan maupun interior ruang dengan cepat, aman dan tentunya memenuhi dan sesuai pendanaan yang diinginkan dari suatu perusahaan jasa maupun personal yang ahli di bidang jasa konstruksi. Penelitian ini berorientasi pada objek dan menggunakan metode analisa PIECES (Performance, Information/Data, Economy, Control, Eviciency, Service), elisitasi kebutuhan sistem, serta pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Hypertect Preprocessor (PHP) dengan basis data MySQL-Server. Dengan adanya Aplikasi Sistem BangunRuang secara online diharapkan dapat mempermudah penyedia jasa dan konsumen dalam jasa konstruksi dapat saling berinteraksi dan terpenuhi kebutuhannya dalam pelayanan yang berkualias.


Kata Kunci : Aplikasi, Pelayanan, Konstruksi, Jasa, Digital, Bangunan, PIECES.

ABSTRACT

The priority of customer service satisfaction in a company, especially service company is one of the indicators of the success assessment of a company, the assessment is the continuity of service procedure from the producer to the consumer to support the flexibility level of the transaction so that it can give advantage to both. Seeing the habits of consumers who seek service providers and construction experts in obtaining building work, generally through oral communication and the surrounding environment without knowing the detail of competency quality and financing later, it can result in not maximally the need for service. Reviewing the issues and improving the company's service contribution to a wider range of customers, one way is to design an online system application that simplifies the transaction. PT. KES Indonesia intends to develop construction service transactions with the use of digital technology with BanngunRuang system application online, which is intended to assist consumers and construction service providers in obtaining or seeking users of building and interior space services quickly, safely and of course meet and match the desired funding From a service company or personal who is an expert in the field of construction services. This research is object oriented and uses PIECES (Performance, Information / Data, Economy, Control, Eviciency, Service) analysis methods, system requirement elicitation, and system modeling using UML (Unified Modeling Language) implemented in PHP (Hypertect Preprocessor) With MySQL-Server database. With the application of System BangunRuang online is expected to facilitate service providers and consumers in construction services can interact with each other and fulfilled their needs in a service that berkuality


Keywords: Application, Service, Construction, Services, Digital, Building, PIECES.


KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.Laporan ini disajikan dalam bentuk buku. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan Skripsi ini adalah " ALAT PENGHITUNG JUMLAH LEMBAR KERTAS BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN SENSOR INFRA RED PADA PT.INDAH KIAT ".

Laporan Skripsi ini disusun yang bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom), dan sekaligus sebagai implementasi ilmu yang telah dipelajari selama masa perkuliahan. Laporan Skripsi ini bersumber informasi berdasarkan observasi selama di Lapangan Raharja dan juga dari berbagai literature review yang ada untuk mendukung penulisan dalam laporan Skripsi ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir.Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Ibu Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer.
  4. Bapak Moch.Ibnu Safari, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan dan motivasi kepada penulis.
  5. Bapak Hendra Kusumah, S.Kom selaku Dosen Pembimbing II yang telah banyak meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan kepada penulis.
  6. Bapak Toyib Isnayni selaku Stakeholder yang telah banyak membantu dan memberikan bimbingan serta motivasi kepada penulis selama melakukan observasi.
  7. Kedua orang Tua, Adik dan Saudara tercinta, yang selalu mendoakan dan memotivasi baik berupa moril maupun materil kepada penulis.
  8. Teman-teman seperjuangan Nanda dian prasetio, Agus kurniawan,Mega Agustina Margareta, Muhammad Khiabani Fakhri yang telah berjuang bersama dalam menyelesaikan Laporan Skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat dijadikan acuan bagi penyusun untuk menyempurnakannya dimasa yang akan datang. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pembaca. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat-Nya.



Tangerang,....2017
Nanda Dian Prasetyo
NIM. 1311475947

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

DPerkembangan di bidang transaksi pelayanan jasa merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan dunia teknologi saat ini, karena salah satu tujuan perkembangan teknologi adalah meningkatkan kualitas komunikasi transaksi publik. Pemanfaatan perkembangan teknologi ini mempengaruhi tatanan hidup atau sebuah aturan sistem tertentu dan dapat di manfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam interaksi transaksi pelayanan di bidang jasa konstruksi bangunan dan interior ruangan yang ada di lingkungan masyarakat.

Akses komunikasi masyarakat yang berkaitan dengan jasa konstruksi bangunan begitu dibutuhkan dalam keseharian, karena pelayanan bidang jasa konstruksi ini begitu berperan, terutama dalam kelompok pembangunan properti seperti diantaranya dalam membangun ataupun memperbaiki rumah, gedung, toko, ruangan tertentu, sampai dengan fasilitas sarana pendukung di lingkungan pemukiman. Dengan adanya hal tersebut tidak diiringi oleh perkembangan fasilitas, yang memberikan media penghubung kepada konsumen dan penyedia jasa bangunan/konstruksi untuk saling berkomunikasi dengan lebih cepat dan sesuai kualitas maupun daya keinginan konsumen atau produsen. Selain hal tersebut pihak penyedia jasa yang berkompeten dalam bidang konstruksi tidak bisa mendapatkan informasi pengguna jasa yang membutuhkannya, dan pihak penyedia jasa tidak bisa mencari ataupun mempromosikan jasa nya secara terus menerus. Adanya bentuk proses transasksi diatas dapat menimbulkan ketidak sesuaian terhadap keinginan masyarakat baik pengguna jasa maupun penyedia jasa saat ini untuk lebih cepat, tepat, dan teliti dalam mendapatkan kebutuhan transaksi pelayanan jasa konstruksi.

Melihat perkembangan aktifitas masyarakat dalam pemanfaatan jasa konstruki yang masih mengalami berbagai permasalahan diatas, PT. KES Indonesia sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor & exibition, dengan profesionalitas perusahaan dan kompetensi yang baik dalam bidang jasa pembanguan maupun interior, dengan permasalahan yang sama dalam penanganan manajemen pelayanan konsumen yang masih menggunakan penawaran jasa melalui jaringan bisnis, yaitu personal marketing sebagai tumpuan hasil maksimalilasi produktifitas perusahaan hanya kepada hubungan perkenalan secara personal atau tidak dari bagian marketing. Proses tersebut mengakibatkan tidak maksimalnya peningkatan produktifitas perusahaan terhadap pelayanan kepada konsumen yang membutuhkan jasa kontruksi, dan mengakibatkan sistem pemasaran saat ini kurang efektif, karena diperlukan waktu lama untuk mendapatkan sebuah projek, dan pihak konsumen sendiri tidak bisa mengetahui terhadap penyediaan jasa kontraktor di PT. KES Indonesia.

Inovasi penyediaan sarana pelayanan dengan pemanfaatan teknologi digital aplikasi sistem komunikasi antara konsumen dan penyedia jasa konstruksi seperti PT. KES Indonesia secara online sangat dibutuhkan. Teknologi aplikasi pendukung ini selain membantu interaksi antara konsumen terhadap penyedia jasa konstruksi, namun juga dapat mendukung peningkatan prospek produktifitas kontribusi pelayanan perusahaan maupun personal penyedia jasa, tanpa harus menunggu penawaran pihak lain, dan membantu konsumen untuk dapat melihat kompetensi penyedia jasa dan penawaran biaya yang sesuai dengan kemampuan konsumen, sehingga konsumen dan penyedia jasa konstruksi bangunan maupun interior bisa mendapatkan keuntungan lebih maksimal.

Berdasarkan uraian tersebut di atas maka, pada penelitian skripsi ini penulis akan mengambil judul “Aplikasi Bangunruang Untuk Peningkatan Pelayanan Permintaan Jasa Konstruksi & Interior Pada PT. KES Indonesia”, yang diharapkan kedepannya dapat memberikan inovasi komunikasi pelayanan jasa konstruksi terhadap konsumen untuk lebih cepat dan sesuai, selain itu membantu penyedia jasa kususnya PT. KES Indonesia untuk terus aktif produktif memperoleh proyek dan menawarkan jasanya tanpa menunggu konsumen yang menawarkan kebutuhannya.

Rumusan Masalah

Berdasarkan masalah yang diidentifikasikan dari latar belakang, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :

  1. Seperti apa sistem pelayanan jasa konstruksi yang saat ini sedang berjalan pada PT. KES Indonesia dan lingkungan masyarakat?

  2. Apa sajakah kendala yang dialami dalam proses interaksi penggunaan sistem pelayanan jasa konstruksi yang berjalan?

  3. Bagaimanakah proses pembuatan aplikasi transaksi pelayanan jasa BangunRuang menjadi media penghubung antara penyedia jasa seperti PT.KES Indonesia terhadap konsumen dan sebaliknya?

  4. Fungsional aplikasi sistem seperti apa yang dapat membantu pengguna untuk mempermudah interaksi penggunaan jasa konstruksi?

  5. Seperti apakah pemanfaatan sistem aplikasi BangunRuang sehingga dapat meningkatkan angka aktifitas pemanfaatan jasa konstruksi?

Ruang Lingkup

Berdasarkan permasalahan dan identifikasi masalah di atas, Agar mempermudah penulisan serta terfokus penelitian, maka batasan masalah pada skripsi ini, antara lain :

  1. Aplikasi pelayanan jasa konstruksi BangunRuang ini berfokus pada memfasilitasi media interaksi dari konsumen kepada penyedia jasa,. Tidak sampai pada tahap transaksi pembayaran jasa, namun tetap adanya fasilitas validasi konfirmasi data pembayaran jasa.

  2. Target pengguna sistem adalah konsumen pencari jasa konstruksi, developers perumahan, pelaku usaha kontraktor, penyedia jasa bangunan, arsitek.

  3. Sistem akan bertujuan pada fungsional fasilitas interaksi diantaranya,
    a.User konsumen ataupun penyedia jasa, dapat memberikan komentar/pesan terhadap setiap penawaran pekerjaan yang ada.
    b.User dapat memonitor interaksi terakhir, dengan melihat informasi pada dashboard
    c.Sistem memperlihatkan sistem lock apabila telah adanya transaksi pekerjaan antara konsumen dan penyedia jasa, sehingga tidak dapat di akses oleh user lain.
    d.Laporan kesepakan hasil diskusi kerja yang dikeluarkan sistem sebagai bentuk keamanan pelayanan jasa perlindungan kinerja pada konsumen dan penyedia jasa..

  4. Adanya pengelompokan bentuk infrastruktur diantaranya (Gedung, Rumah, Ruangan, Failitas Umum).

  5. Adanya bentuk monitoring interaksi Aplikasi sistem BangunRuang untuk penggunaan aplikasi dan keamanan transaksi antara konsumen dan penyedia jasa.

  6. Menyediakan fitur informasi yang berfokus dan bersinggungan pada pelayanan jasa konstruksi bangunan maupun interior ruang.

Hipotesis

Berdasarkan bentuk analisa dan kajian penelitian yang dilakukan, dengan meninjau dari data lapangan, penulis menyatakan hipotesis penelitian ini adalah:

  1. Model Pelayanan permintaan jasa konstruksi lebih efektif dengan menggunakan sistem aplikasi BangunRuang dari pada penggunaan pelayanan secara konfensional.

  2. Tingkat pemanfataan teknologi pada bidang konstruksi lebih meningkat dalam pengenalan ke masyarakat.

  3. Adanya interaksi antara model pelayanan BangunRuang dan pemanfaatan teknologi dalam bidang konstruksi untuk permintaan jasa konstruksi.

  4. Sistem Aplikasi BangunRuang menjadi solusi bagi konsumen pencari jasa konstruksi, untuk berinteraksi dengan penyedia jasa di lingkungan sekitar maupun dengan penyedia jasa lain yang sesuai dengan permintaan

  5. Tingkat interaksi pelayanan jasa konsturksi dengan menggunakan system aplikasi BangunRuang dapat lebih terkontrol oleh konsumen maupun penyedia jasa.

Tujuan Dan Manfaat

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian yang ingin di capai oleh penulis dalam penelitian skripsi ini dibagi menjadi 3 bagian diantaranya:

  1. Tujuan Operasional:
    a.Menjadikan sarana memperoleh informasi dari sistem transaksi pelayanan jasa konstruksi & interor yang terjadi saat ini pada PT. KES Indonesia, dan umumnya di lingkungan masyarakat.
    b.Mengadakan analisis terhadap permasalah yang sedang terjadi pada kegiatan transaksi pelayanan jasa konstruksi & interior.
    c.Menentukan dan memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang ada dalam pengambilan keputusan.
    d.Melakukan inovasi pengembangan terhadap sistem transaksi pelayanan jasa konstruksi yang sedang berjalan untuk mengikuti perkembangan dunia digital ekonomi.

  2. Tujuan Fungsional:
    a.Membangun dan mengimplementasikan inovasi aplikasi pelayanan jasa konstruksi bangunan BangunRuang secara online yang dikembangkan pada PT. KES Indonesia, dan bisa digunakan oleh masyarakat umum.
    b.Menyajikan aktifitas interaksi jasa pelayanan dari masyarakat ke produsen penyedia jasa atau sebaliknya yang lebih fleksibel dan lebih terjaga kualitas kinerja dan datanya.
    c.Mempermudah user pengguna jasa maupun penyedia jasa untuk lebih update terhadap perkembangan data pasar mengenai informasi bangunan dan data pendukungnya.

  3. Tujuan Individu :
    a.Mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam tindakan menganalisa suatu permasalahan yang ada dilingkungan sekitar, untuk bisa di berikan solusi bermanfaat yang berkaitan terhadap pemanfaatan teknologi informasi.
    b.Mengimplentasikan ilmu yang sudah di dapatkan dalam proses perkuliahan dalam membantu perkembangan sosial masyarakat.
    c.Membantu masyarakat dalam akses kebutuhan jasa konstruksi dengan membuat fasilitas system BangunRuang secara online.
    d.Sebagai perbandingan antara teori yang telah didapat diperkuliahan terhadap kondisi yang ada pada kondisi lingkungan sekitar atau lapangan kerja.
    e.Sebagai bentuk laporan kelengkapan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana komputer di STMIK Raharja - Tangerang.

Tujuan Dan Manfaat

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian yang ingin di capai oleh penulis dalam penelitian skripsi ini dibagi menjadi 3 bagian diantaranya:

  1. Tujuan Operasional:
    a.Menjadikan sarana memperoleh informasi dari sistem transaksi pelayanan jasa konstruksi & interor yang terjadi saat ini pada PT. KES Indonesia, dan umumnya di lingkungan masyarakat.
    b.Mengadakan analisis terhadap permasalah yang sedang terjadi pada kegiatan transaksi pelayanan jasa konstruksi & interior.
    c.Menentukan dan memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang ada dalam pengambilan keputusan.
    d.Melakukan inovasi pengembangan terhadap sistem transaksi pelayanan jasa konstruksi yang sedang berjalan untuk mengikuti perkembangan dunia digital ekonomi.

  2. Tujuan Fungsional:
    a.Membangun dan mengimplementasikan inovasi aplikasi pelayanan jasa konstruksi bangunan BangunRuang secara online yang dikembangkan pada PT. KES Indonesia, dan bisa digunakan oleh masyarakat umum.
    b.Menyajikan aktifitas interaksi jasa pelayanan dari masyarakat ke produsen penyedia jasa atau sebaliknya yang lebih fleksibel dan lebih terjaga kualitas kinerja dan datanya.
    c.Mempermudah user pengguna jasa maupun penyedia jasa untuk lebih update terhadap perkembangan data pasar mengenai informasi bangunan dan data pendukungnya.

  3. Tujuan Individu :
    a.Mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam tindakan menganalisa suatu permasalahan yang ada dilingkungan sekitar, untuk bisa di berikan solusi bermanfaat yang berkaitan terhadap pemanfaatan teknologi informasi.
    b.Mengimplentasikan ilmu yang sudah di dapatkan dalam proses perkuliahan dalam membantu perkembangan sosial masyarakat.
    c.Membantu masyarakat dalam akses kebutuhan jasa konstruksi dengan membuat fasilitas system BangunRuang secara online.
    d.Sebagai perbandingan antara teori yang telah didapat diperkuliahan terhadap kondisi yang ada pada kondisi lingkungan sekitar atau lapangan kerja.
    e.Sebagai bentuk laporan kelengkapan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana komputer di STMIK Raharja - Tangerang.

Manfaat Penelitian

Adapun Manfaat penelitian yang ingin di capai oleh penulis dalam penelitian ini di bagi menjadi 3 bagian diantaranya sebagai berikut:

  1. Manfaat bagi Individu:
    a.Berkontribusi bagi perkembangan sistem infomasi yang ada untuk memecahkan permasalah dalam bidang pelayanan jasa konstruksi kususnya pada PT. KES INDONESIA dan masyarakat umumnya.
    b.Adanya rasa kepuasan setelah menghasilkan sebuah karya yang dapat dipergunakan dan bermanfaat bagi masyarakat maupun suatu instansi.
    c.Menambah pengetahuan mengenai bidang transaksi pelayanan konstruksi dan Interior ruang, walaupun diluar lingkup keilmuan yang dipelajari di perkuliahan.

  2. Manfaat bagi Institusi Perusahaan dan Masyarakat:
    a.Terciptanya efektifitas dan efisiensi kinerja dalam manajemen project kususnya dalam menghimpun dan mengolah data-data konsumen.
    b.Timbulnya inovasi pemasaran, pelayanan dan peningkatan kontribusi produksi bagi PT. KES Indonesia dalam memperoleh konsumen dengan jangkaun lebih luas.
    c.Sistem BangunRuang ini dapat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi penyedia jasa kontruksi yang ada di sekitarnya dengan lebih cepat, akurat, dan teliti dalam manajemen datanya.
    d.Adanya sarana system BangunRuang yang dapat memberikan control informasi bagi pengguna dalam aktifitas jasa konstruksi, sehingga pencapaian kerja yang lebih terukur oleh penyedia jasa dan konsumen.

  3. Manfaat Bagi Kampus Perguruan Tinggi Raharja:
    a.Masukan maupun evaluasi atas hasil penelitian ini terhadap kurikulum yang ada dan sudah diterapkan dalam perkuliahan untuk adanya kesesuaian dengan kebutuhan tenaga kerja yang trampil dan kompeten di bidangnya maupun yang dibutuhkan perusahaan/instansi.
    b.Kegiatan penelitian yang dilakukan diluar lingkungan kampus menunjukan kontribusi pendidikan perguruan tinggi terhadap masyarakat dalam bentuk nyata
    c.Bentuk referensi penelitian yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh Mahasiswa Perguruan Tinggi Raharjas sebagai pengembangan pada penelitian selanjutnya.
    d.d. STMIK Raharja dikenal oleh instansi-instansi lebih luas atas karya penelitian mahasiswanya yang berdampak luas, dan sebagai media promosi Perguruan Tinggi Raharja atas proses manajemen pendidikan yang baik.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Adapun teknik metode pengumpulan data yang di terapkan penulis dalam penelitian skripsi ini sebagai berikut:

  1. Pengamatan (Observasi)
    Untuk kegiatan ini peneliti melakukan pengamatan/observasi langsung di PT. KES INDONESIA Tangerang yang berfokus pada interaksi proses komunikasi pelayanan jasa pada setiap bagian, yang ditawarkan kepada pihak konsumen untuk pengambilan sample data-data terkait dengan objek penelitian.

  2. Wawancara (Interview)
    Kegiatan ini akan dilakukan tanya jawab kepada personal komponen penentu kinerja manajemen di PT. KES INDONESIA, yang merupakan personal user terkait aktifitas jalur komukasi manajemen pemasaran atau publishing dalam perusahaan. Personal komponen tersebut adalah Presiden Directur, GM, Manager Marketing, Tim Marketing, dan perwakilan karyawan pekerja dari masing-masing divisi. Kegiatan interview yang dilakukan pada komponen tersebut bertujuan untuk menentukan analisa prosedural komunikasi pelayanan jasa terhadap customer yang ada pada sistem yang sudah berjalan, untuk kegiatan ekternal managemen perusahaan proses pengambilan data wawancara akan melibatkan konsumen pengguna jasa sebagai sample wawancara terhadap customer.

  3. Studi Pustaka
    Kegiatan pada tahap mengumpulan data dengan cara membaca dan mempelajari paper/tulisan, makalah ataupun referensi lain yang berhubungan dengan masalah yang dibahas pada penelitian, seluruh bahan penelitian tersebut didapat dengan ketenetuan sumber-sumber dari kepustakaan dan media internet.

Metode Analisa

  1. Metode Analisa Sistem
    Pelaksanaan analisa pada penelitian pelayanan jasa konstruksi pada PT. KES Indonesia dan kasus yang berkaitan, metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode PIECES (Performance, Information/Data, Economy, Control, Eviciency, Service).
    Tujuan penggunaan metode analisa ini untuk mengoreksi atau memperbaiki sistem dalam hal akses interaksi komunikasi pelayanan, dari hal-hal yang telah diidentifikasi dapat diambil beberapa masalah yang dihadapi oleh organisasi, kemudian dideskripsikan sehingga masalah dapat segera dipahami dengan baik dan dapat ditindaklanjuti untuk sebuah solusi.
    Beberapa manfaat dari penggunaan Metode PIECES yang diharapkan pada pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah sebagai berikut:
    a.Analisa PIECES dapat menerapkan metode efektif dalam kegiatan analisa permasalahan yang terdapat pada inti kegiatan penelitian ini, yaitu terhadap solusi bagi sistem pelayanan jasa konstruksi untuk peningkatan permintaan jasa yang ada pada PT. KES INDONESIA.
    b.Analisa PIECES menghubungkan dalam pengembangan aplikasi sistem pelayanan jasa konstruksi BangunRuang yang akan diimplementasikan sesuai tujuan sebagai solusi penelitian, dengan aplikasi sistem BangunRuang nantinya akan dapat direalisasikan agar sejalan dengan strategi pengembangan mutu kinerja manajement perusahaan dan permintaan konsumen pasar atau masyarakat.
    c.Penerapan metode PIECES nantinya dapat menjadi perantara yang baik dalam mengetahui informasi dan kebutuhan apa yang diperlukan oleh setiap individu pengguna aplikasi sistem.
    d. Analisa PIECES sangat berguna dalam perencanaan sistem informasi pada saat startegi bisnis tidak berjalan sesuai tujuan perusahaan, dengan memfokuskan pada masalah-masalah yang ada untuk mengetahui solusi terbaik dalam penanganannya.
    Analisa PIECES sangat maksimal apabila digunakan sejalan dengan analisa value chain dalam mengidentifikasi proses keseluruhan aktifitas, serta memberikan gambaran luas pada pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan yang paling tepat untuk dilaksanakan

  2. Metode Analisa Data
    Proses analisa data pada penelitian yang dilaksanakan, mengambil sampling data dengan menggunakan proses analisa terhadap penyebaran pertanyaan dan pernyataan dalam bentuk kuisioner terhadap beberapa masyarakat diantaranya, dilingkungan perumahan sekitar tempat tinggal peneliti, dilingkungan customer PT. KES Indonesia, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui data permasalahan dan keinginan kebutuhan masyarakat yang pasti sebagai data pendukung pengembangan pelaksanaan penelitian pelayanan terkait jasa konstruksi yang akan dijalankan.

  3. Metode Perancangan

    Proses perancangan aplikasi sistem digambarkan dengan menggunakan program aplikasi pendukung yaitu visual paradigm berdasarkan hasil analisa data lapangan yang ada, sehingga nantinya menghasilkan suatu model baru yang bisa diusulkan sebagai bentuk solusi akhir. Pada Visual Paradigm For UML Interprise Edition adanya sub fungsional sistem yaitu UML (Uniefied Modeling Language) yang diperuntukan untuk membuat desain arsitekture sebuah sistem, bentuk bagan arsitektur ini bekerja dalam OOAD (Object Oriented Analysis and Design) dengan kepemilikan bahasa yang konsisten untuk penentuan visualisasi, mengkonstruksi, dan membantu mendokumnetasikan artifact yang terdapat dalam sebuah aplikasi software.

    Selain metode diatas yang digunakan peneliti dalam kegiatan pemodelan aplikasi sistem dalam penelitian ini, bahasa pemrogramman yang digunakan adalah PHP, dengan perancangan basis data menggunakan MySQL-Server, XAMPP sebagai tool server lokal, sebagai software pendukung desain grafis mengunakan Adobe Collection, dan editor text program menggunakan kolaborasi Notepadd++, Sublime Text 3.

    Metode Prototype

    Pada pelaksanaan penelitian ini, mengimplementasikan solusi rancangan aplikasi sistem yang telah diusulkan dan disesuaikan dengan permasalahan yang ada, untuk mengetahui bentuk tampilan interface dan teta letak fungsional fitur aplikasi dengan menggunakan beberapa software pendukung perancangannya, salah satunya yaitu Justinmind dan Prototype. Kedua software tersebut merupakan beberapa aplikasi pendukung yang dapat digunakan untuk mengimplementasi desain sketsa sebuah program aplikasi kedalam tampilan digital interface.

    Dalam pelaksanaan hal ini bertujuan menampilkan gambaran yang lebih jelas terhadap tampilan aplikasi sistem kususnya tampilan siklus fungsional yag akan dibuat oleh sistem.

    Metode Pengujian

    Pelaksanaan pengamatan atas hasil solusi penelitian yang akan dicapai, dalam penelitian ini akan melaksanakan pengujian pada aplikasi sistem yang nantinya menggunakan metode pengujian Blackbox Testing. Penggunaan metode pengujian blackbox dilatarbelakangi adanya upaya untuk menemukan adanya kesalahan dalam beberapa fungsional kategori, diantaranya: fungsi-fungsi penggunaan fitur yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa sistem reading, kesalahan inisialisasi, dan terminasi

    Metode Pengujian

    Sistematika dalam penulisan ini diuraikan dalam empat bab, antara lain:
    BAB I PENDAHULUAN
    Pada bab ini menjelaskan tentang pendahuluan dimana menguraikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, serta sistematika penulisan dalam laporan ini.
    BAB II LANDASAN TEORI
    Pada bab ini dijelaskan beberapa definisi materi pustaka yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literature review yang dapat mendukung dan berhubungan dengan proses penelitian.
    BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
    Pada bab ini menjelaskan tentang analisa gambaran umum perusahaan yang terdiri dari profil perusahaan, uraian sistem yang berjalan dalam manajement perusahaan, bentuk permasalahan yang dihadapi, bentuk alternative pemecahan masalah yang ada, serta uraian user reqirement manajemen perusahaan yang terdiri dalam bentuk elisitasi tahap I sampai III, dan draft final elisitasi yang merupakan bentuk elisitasi akhir sebagai acuan pembuatan sistem untuk penelitian.
    BAB IV HASIL PENELITIAN
    Bab ini menjabarkan hasil rancangan yang diusulkan setelah menjalankan analisa penelitian permasalah yang ada. menerangkan usulan sistem yang akan digambarkan dalam bentuk rancangan sistem UML (Unified Modeling Language), flowchart sistem yang diusulkan, rancangan basis data sistem, penyesuaian rancangan program, penyusunan rancangan prototype yang nantinya menggambarkan rancangan sistem yang diusulkan dalam penelitian, penyesuaian konfigurasi sistem yang akan dibuat, pelaksanaan testing yang digunakan, pelaksanaan evaluasi penggunaan sistem yang dibuat, pelaksanaan implementasi sistem kepada user, serta adanya estimasi biaya penelitian dalam pengembangan sistem yang nantinya akan diaplikasikan dalam perusahaan maupun masyarakat umum.
    BAB IV PENUTUP
    Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan dari hasil analisa dan implementasi penelitian, serta saran yang dapat diberikan peneliti dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya agar bentuk permasalahan yang ada dapat terselesaikan secara maksimal dalam penelitian selanjutnya, sehingga tujuan dan manfaat utama dari penelitian skripsi ini dapat disampaikan secara baik
    DAFTAR PUSTAKA
    LAMPIRAN

Contributors

Nanda Dian Prasetyo