SI1233473325

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PROTOTYPE PENJEMUR KAIN TAPLAK MEJA PADA

INSTANSI UNIT PELAKSANA TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN

WEBCAM BERBASIS RASPBERRY PI


SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :


NIM
: 1233473325
NAMA


JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION AND INNOVATIVE TECHNOLOGY (CCIT)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PROTOTYPE PENJEMUR KAIN TAPLAK MEJA PADA

INSTANSI UNIT PELAKSANA TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN

WEBCAM BERBASIS RASPBERRY PI

Disusun Oleh :

NIM
: 1233473325
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication and Innovative Technology

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, ..... 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Komputer
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd)
NIP : 000594
       
NIP : 079010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PROTOTYPE PENJEMUR KAIN TAPLAK MEJA PADA

INSTANSI UNIT PELAKSANA TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN

WEBCAM BERBASIS RASPBERRY-PI


Dibuat Oleh :

NIM
: 1233473325
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And Innovative Technology (CCIT)

Disetujui Oleh :

Tangerang,.... 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Ignatius Joko Dewanto,Dr.,S.Kom.,MM)
   
(Diah Aryani,S.T.,M.Kom)
NID : 15022
   
NID : 11010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PROTOTYPE PENJEMUR KAIN TAPLAK MEJA PADA

INSTANSI UNIT PELAKSANA TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN

WEBCAM BERBASIS RASPBERRY-PI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1233473325
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And Innovative Technology (CCIT)

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PROTOTYPE PENJEMUR KAIN TAPLAK MEJA PADA INSTANSI

UNIT PELAKSANA TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN

WEBCAM BERBASIS RASPBERRY-PI

Disusun Oleh :

NIM
: 1233473325
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication and Innovative Technology

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, ..... 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1233473325

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAK

Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah berkembang pesat sehingga memberikan manfaat besar ‎dalam segala aspek kehidupan manusia, salah satunya yaitu robot-robot yang dirancang untuk dapat ‎membantu tugas-tugas manusia melalui pengawasan dan kontrol manusia ataupun menggunakan ‎program. Robot sangat membantu manusia dalam banyak bidang, salah satunya proses penjemuran kain taplak meja di lingkungan Unit Pelaksana Tekhnis ,penjemuran kain taplak meja masih menggunakan tenaga manusia, untuk itu robot sangat berperan penting untuk menjemur kain taplak meja. Oleh karena itu,dirancanglah sebuah prototipe sistem penjemur otomatis dengan menggunakan webcam dengan menggunakan RaspberryPi B+ sebagai otak robot dan dibangun menggunakan bahasa pemograman python, motor servo sebagai output pergerakan dengan TP-Link wireless sebagai media komunikasi baik jarak dekat maupun jarak jauh yang berfungsi untuk megirimkan data atau inputan dari aplikasi web browser yang berperansebagai perangkat untuk menampilkan output pengendalian robot dan dipantau melalui webcam secara real time. Proses input terjadi pada saat ip addres raspberry robot dipanggil di web browser yang kemudian akan di munculkan Tampilan interface web browser yang berupa beberapa tombol button yang ‎berfungsi sebagai pengontrol , ketika tombol tersebut ditekan. Dengan prototipe ini nantinya dapat bermanfaat bagi dunia perkantoran atau industri maupun rumah untuk membantu pengontrolan jemuran dengan cara interfaces dan juga memudahkan manusia ketika berpergian namun lupa untuk mengangkat jemuran yang sedang di jemur disaat ketika hujan datang . Selain itu alat ini dapat menyimpan ke tempat yang aman serta dapat membantu pekerjaan manusia ke tempat yang susah di jangkau.

Kata Kunci: Raspberry Pi, Web browser, Webcam

ABSTRACT

Nowadays science and technology is developing rapidly and thus provide great benefits in all aspects of human life, one that is robots that are designed to assist human tasks through human supervision and control, or using the program. Robots help humans in many areas, one of which the process of drying linen tablecloths in the Technical Implementation Unit, drying cloth tablecloths are still using manpower, for the robot is very important for drying linen tablecloths. Therefore, designed a prototype system basking automatically by using a webcam to use Raspberry Pi B + as a robot brain and is built using a programming language python, servo motors as output movements with TP-Link wireless as a medium of communication, both near and distance that serves to megirimkan data or input from a web browser application that berperansebagai device for output control of the robot and is monitored via webcam in real time. The process occurs when the input ip addresses raspberry robot was called in web browser which will then appear in the web browser interface display in the form of a few buttons that function as a controller button, when the button is pressed. With this prototype will be able to benefit the world as well as home offices or industry to help control clothesline by way of interfaces and also enable people when traveling but forgot to lift clothesline being in the sun when when the rain comes. Additionally this tool can save it to a safe place and can help humans work to the place that is difficult to reach.

Keywords: RaspberryPi, Control, Webcam

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, pada jurusan sistem Komputer. Dimana wajib untuk menyelesaikan kuliah strata satu.

Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul “PROTOTYPE PENJEMUR KAIN TAPLAK MEJA PADA INSTANSI UNIT PELAKSANA TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN WEBCAM BERBASIS RASPBERRY-PI”.

Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa tersusunnya skripsi ini bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata,namun juga berkat bantuan berbagai pihak,oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja Tangerang.
  2. Bapak Sugeng Santoso , M.Kom selaku puket 1 STMIK Raharja.
  3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom, M.Pd, selaku Ketua Jurusan Sistem Komputer.
  4. Ignatius Joko Dewanto, Dr.,S.Kom.,MM selaku dosen pembimbing I yang juga telah banyak membantu memberikan waktu, bimbingan dan pengarahan yang sangat berarti selama penyusunan Skripsi .
  5. Diah Aryani,S.T.,M.Kom selaku dosen pembimbing II yang juga telah banyak membantu memberikan waktu, bimbingan dan pengarahan yang sangat berarti selama penyusunan Skripsi .
  6. Kedua Orangtua ku tercinta, yang telah memberikan dorongan moral maupun materil serta do’anya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya sehingga dapat di terapkan dalam skripsi ini.
  8. Sahabat - sahabatku dan teman - teman seperjuangan Skripsi CCIT 2012 yang telah banyak membantu terselesaikannya Skripsi ini, dan juga yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
  9. Rishaldy Prisly yang selalu memberikan support dan meluangkan waktunya untuk membantu menyelesaikan Skripsi ini.
  10. Seluruh pegawai dan kepala UPT PELAKSANA TEKNIS yang telah membantu dalam penelitian ini.

Dalam penyusunan Skripsi ini, penulis menyadari masih banyak kekurangan karena terbatasnya kemampuan yang penulis miliki. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca yang akan sangat membantu untuk menyempurnakan Skripsi ini.

Akhir kata, semoga Skripsi ini dapat diterima sehingga mempunyai arti dan makna yang berarti baik bagi penulis dan terlebih bagi lingkungan sekitar. Semoga rahmat dan hidayah Allah SWT tetap bersama kita, Aamiin.


Tangerang, Juni 2016
Ryan Nofriyansyah
NIM. 1233473325

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di zaman modern seperti sekarang ini perkembangan ilmu teknologi ‎di bidang elektronika dan komunikasi sangatlah berkembang pesat, ‎karenanya banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh lapisan masyarakat, ‎salah satunya untuk mempermudah segala macam pekerjaan di bidang ‎industri, pendidikan, pemerintahan dan lain sebagainya, karena ‎memberikan manfaat besar dalam segala aspek kehidupan manusia. Hal ini ‎dapat dilihat dari pembuatan robot - robot cerdas otomatis maupun ‎terkontrol yang merupakan tuntutan dari dunia industri modern, yang ‎menuntut adanya suatu alat berkemampuan tinggi sehingga dapat ‎menyelesaikan pekerjaan manusia dengan hasil maksimal.

Di kehidupan sehari-hari sering kita melakukan kegiatan penjemuran, tetapi karena kesibukan kerja jemuran pakaian di kantor memiliki kekurangan tidak cepat kering contoh sebagai berikut: pakaian sulit kering dan kelembaban ruangan akan meningkat. Menjemur kain taplak meja di luar ruangan memiliki kekurangan yaitu membutuhkan ruang yang cukup besar dan pakaian akan basah kembali apabila hujan turun.

Menanggapi permasalahan yang ada di penjemuran dilakukan dengan menggunakan jemuran berukuran kecil (biasanya untuk jemuran handuk) serta berbagai cara kreatif seperti digantung pada balkon, teralis atau pegangan tangga. serta ‎memanfaatkan media elektronika, maka dibuatlah alat untuk merancang ‎dan mengimplementasikan suatu jenis sistem alat dengan judul. “PROTOTYPE SISTEM PENJEMUR KAIN TAPLAK MEJA PADA OPERASIONAL UNIT PELAKSANA TEKHNIS DENGAN MENGGUNAKAN WEBCAM BERBASIS RASPBERRY- PI”.

Perumusan Masalah

Dalam rumusan masalah ini memuat uraian secara rinci dari ‎permasalahan yang di identifikasi pada latar belakang, adapun rumusan ‎masalah dalam penyusunan penelitian ini sebagai berikut :‎

a. Bagaimana prototipe sistem penjemur kain taplak meja berbasis Raspberry bekerja?‎

b. Bagaimana langkah merancang User Interface Raspberry dapat ‎terhubung dengan iPad atau laptop?

c. Bagaimana proses penampilan gambar dari Raspberry ke web browser ?

Tujuan dan Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:‎

Tujuan Individual‎

Mengimplementasikan dan menerapkan ilmu teknologi informasi ‎dan komunikasi khususnya yang didapatkan selama perkuliah.‎

Persyaratan untuk kelulusan mata kuliah skripsi.‎

Tujuan Fungsional‎‎

Membuat mekanisme pengontrolan sistem yang dapat bekerja secara ‎baik yang mampu dihubungkan dan dikendalikan menggunakan ‎web browser pada iPad.

Membuat prototipe sistem penjemur kain taplak meja yang dapat memindahkan dan ‎memposisikan kain dari satu tempat ke tempat yang tidak terkena hujan.‎‎

Tujuan Operasional‎‎

Membantu menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan ‎kantor instansi khususnya di Instansi Pemerintahan.‎‎‎

Merupakan keinginan yang ada dalam diri sendiri dan mengukur ‎kemampuan yang didapat selama menjalani kuliah dan menerapkan ‎ilmu yang didapat.‎

Manfaat Penelitian

Sebuah karya yang baik adalah karya yang memiliki banyak ‎manfaat. Adapun manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini adalah :‎

Manfaat Individual‎ a. Bentuk apresiasi dan kontribusi bagi pengembang teknologi ‎aplikasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi.‎ b. Memaksimalkan dan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam ‎menciptakan sebuah karya yang mengimplementasikan ilmu ‎teknologi informasi dan komunikasi.‎

Manfaat Fungsional‎ a. Mampu membantu untuk menggantikan tugas manusia yang ‎berhubungan dengan tugas fisik seperti memindahkan kain taplak meja.‎ b. Mampu meringakan proses pekerjaan di bidang Pemerintahan.‎

Manfaat Operasional‎ a. Diharapkan kebutuhan pegawai di bidang perkantoran dapat ‎tercapai dan terpenuhi dengan baik.‎ b. Diharapkan pegawai tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga yang ‎berat, namun hanya mengendalikan sistem alat dalam tugasnya.‎

Ruanglingkup Penelitian

Sebagai batasan masalah atas penelitian ini agar tetap fokus dan ‎terarah, maka penulis memberikan ruang lingkup laporan sebagai berikut :‎ 1. ‎Konstruki Prototipe sistem penjemur kain taplak meja yang menggunakan ‎komputer mini Raspberry Pi B+ sebagai otak utama untuk pengendalian ‎dan koneksi antara robot dengan web browser.‎ 2. ‎Untuk pergerakan sistem menggunakan 1 buah dinamo , dan ‎roller sebagai pemutar kain .‎ 3. ‎Hanya perangkat yang mempunyai web browser yang dapat ‎mengendalikan robot.‎ 4. ‎‎ Pengontrolan hanya sebatas adanya koneksi jaringan.‎ 5. Tidak menggunakan sistem otomatisasi ketika turun hujan.

Metodologi Penelitian

penelitian dilakukan untuk merancang suatu jemuran pakaian otomatisyang dapat mendeteksi hujan da membuat sebuah mekanisme penarikan jemuran sehingga pakaian tidak basah kembali terkena hujan. Proses perancangan dilakukan didasarkan pada siklus proses desain yang diperkenalkan oleh Brown (2008),yaitu:

1. Proses Inspirasi (Inspiration)

Pada tahapan ini dilakukan penentuan target. Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dijelaskan dalam bagian Pendahuluan, yaitu. Menjemur kain taplak meja yang masih yang masih menggunakan sistem menggunakan tenaga manusia yaitu ? ketika hujan turun kain akan basah apabila kita sedang tidak berada di tempat . Masalah yang dapat diselesaikan dengan adanya produk ini adalah menghilangkan rasa khawatir pada saat meninggalkan jemuran di rumah. Dalam tahap ini dilakukan juga wawancara terhadap target pasar mengenai kebutuhan mereka.

1. Proses Ideasi (Ideation)

Selanjutnya, dilakukan penelitian terhadap produk yang tersedia di pasaran. Riset terhadap jemuran yang ada di pasaran saat ini menunjukkan bahwa jemuran masih mengalami masalah yang sama mengenai hujan, yaitu jemuran akan menjadi basah kembali apabila turun hujan. Beberapa contoh percobaan untuk menyelesaikan masalah yang sama, yaitu jemuran dengan pelindung plastik yang dipasang di jemuran itu sendiri. Kelemahannya adalah masih membutuhkan tenaga manusia untuk memasang pelindung plastik tersebut pada saat hujan. Apabila pelindung plastik dipasang pada saat menjemur maka pelindung tersebut akan menghalangi aliran angin yang digunakan untuk membantu proses penjemuran pakaian. Berdasarkan kebutuhan dan motivasi dari pengguna akhir yang diperoleh dari hasil wawancara dilakukan proses pencarian ide melalui brainstorming. Sesi brainstroming untuk menghasilkan ide dilakukan dalam waktu 3 hari dengan jumlah responden 10 orang. Selanjutnya dilakukan pembuatan sketsa dan prototipe. Prototipe awal (alfa) dibuat dengan perangkat lunak 3D CAD (SolidWorks) yang digunakan untuk proses realisasi rancangan dan pengukuran kekutan produk. Setelah itu, dilakukan pembuatan prototipe beta untuk merealisasikan rancangan fisik dan pengujian mekanisme otomatisasi yang dimiliki oleh jemuran.

1. Proses Implementation (Implementation)

Proses implementasi tidak secara menyeluruh pada tahap ini namun dilakukan estimasi biaya dan analisis kelayakan secara sederhana.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dalam hal penyusunan dan dapat ‎dipahami lebih jelas, laporan ini dibagi atas beberapa bab yang berisi urutan ‎secara garis besar dan kemudian dibagi lagi dalam sub-sub yang akan ‎membahas dan menguraikan masalah yang lebih terperinci.‎)

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, ‎ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan ‎sistematika penulisan.‎

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori dan literature review ‎yang sesuai dan akurat sehingga bisa mendukung penelitian dalam ‎penulisan sehingga menghasilkan karya tulis yang bernilai ilmiah.‎

BAB III PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN

Bab ini memuat metode analisis yang di gunakan adalah metode brown didasarkan pada siklus proses desain yang diperkenalkan oleh Brown yaitu Proses inspirasi (Inspiration). Proses ideasi (Ideation). Proses Implementasi (Implemention).

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DI USULKAN

Dalam bab ini membahas tentang sistem yang akan ‎diusulkan seperti usulan prosedur sistem berjalan, flowchart sistem ‎yang diusulkan, rancangan prototipe, konfigurasi sistem, pengujian, ‎evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya.‎

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari ‎hasil karya sebagai upaya untuk perbaikan dan pengembangan ‎kedepannya.‎

BAB II

LANDASAN TEORI