SI1233471443

Dari widuri
Revisi per 24 Januari 2020 10.48 oleh Adit12345 (bicara | kontrib)


Lompat ke: navigasi, cari

 

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1233471443
NAMA
: ADITYA NUGRAHA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1233471443
Nama
: Aditya Nugraha
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
JProgram Studi
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication and Innovative Technology

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang,2020

Dekan Fakultas
       
Ketua Program Studi
       
Rektor
Universitas Raharja
       
Program Studi Sistem Komputer
       
Universitas Raharja
           
           
           
           
(Sugeng Santsoso, M.Kom)
       
(Ageng Setiani Rafika, S.Kom.,M.Si)
       
(Dr.Po Abas Sunarya,M.Si)
NIP : 000594
       
NIP:
       
NIP:000603

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1233471443
Nama
: Aditya Nugraha

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication and Innovative Technology

Disetujui Oleh :

Tangerang, 20207

us
Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Ignatius Agus Supriyono,S.Kom.,Mm)
   
(Diah Aryani, S.T.,M.Kom)
NID :
   
NID :

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1233471443
Nama
: Aditya Nugraha
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
JProgram Studi
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication and Innovative Technology

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang,2020

 
 
 
 
 
(Aditya Nugraha)
NIM : 1233471443

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Pada zaman sekarang ini, perkembangan teknologi yang sudah mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat begitu cepat. Dimana selalu saja bemunculan rancangan atau inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi yang terus bermuculan. Termasuk dalam bidang komputer dan informasi. Dengan semakin banyak inovasi-inovasi dalam bidang mikrokontroller penulis mencoba membuat sebuah perangkat kemamaan yang dapat digunakan untuk memindahkan barang terutama barang yang mencurigakan yaitu “Mobile Lengan Robot Pemindah Barang Mencurigakan Berbasis Arduino Mega”yang menggunakan komponen seperti arduino, Bluetooth,Motor Servo.Stepdown, Action Cam dan Smartphone. Lengan robot berbasis arduino ini berfungsi sebagai perangkat keamaan yang berfungsi apabila pengguna fasilitas umum melihat suatu benda yang mencurigakan dan terlalu beresiko untuk memindakan dan mengindentifikasi benda tersebut maka pengguna fasilitas umum dapat mengontrol lengan robot sebagai perantara untuk memindahkan barang tersebut lalu mengidentifikasi benda tersebut sehingga dapat mengurangi tingkat kekhawatiran saat sedang ditempat-tempat umum.

Kata Kunci: Arduino, Bluetooth , Robot , umum, tempat

ABSTRACT

In this day and age, technological development has increased and the development is very fast. Where there are always emerging designs or new innovations in the field of technology that continue to appear. Included in the field of computers and information. With more and more innovations in the field of microcontrollers, the writer tries to make a similarity device that can be used to move goods, especially suspicious items, namely "Mobile Robot Arm Suspicious Moving Goods Based on Arduino Mega" that uses components such as Arduino, Bluetooth, Servo Motor, Stepdown, Action Cam and Smartphone. Arduino-based robot arm functions as a security device that functions when the user of a public facility sees a suspicious object and is too risky to move and identify the object, the user of the public facility can control the robot arm as an intermediary to move the object and then identify the object so as to reduce the object the level of concern when being in public places.


Keyword: Arduino, Bluetooth, Robot, General,Place


KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis ucapkan atas rahmat dan karunia Allah SWT, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi dengan baik.

Laporan ini merupakan salah satu syarat yang ditempuh oleh mahasiswa sebelum melaksanakan Skripsi dalam jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Raharja.

Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi,wawancara, dan sumber literature yang mendukung penulisan ini. Terima kasih kepada keluarga tercinta bapak, ibu dan adik, juga orang-orang tersayang yang telah memberikan motivasi serta doa yang tiada henti demi kesuksesan laporan ini. Dengan dorongan dan semangat yang begitu banyak Puji Syukur Kepada Allah SWT penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik dan tepat waktu. Dalam kesempatan kali ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi serta bejasa dalam perjalanan menyelesaikan laporan Skripsi ini antara lain:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi.
  3. Bapak Ignatius Agus Supriyono,S.Kom.,MM. selaku sebagai Dosen pembimbing I. Yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik .
  4. Ibu Diah Aryani, S.T.,M.Kom Selaku Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan, dan motivasi kepada penulis.
  5. Bapak Nurman Surachman, S.I.K selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.
  6. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  7. Kepada orang tua, dan semua saudara dalam keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moral, materil, maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Skripsi ini

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Tangerang,
Aditya Nugraha
NIM. 1233471443

DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 2.1 Karakteristik Sistem

  2. Gambar 2.2 Sistem Tertutup

  3. Gambar 2.3 Sistem Terbuka

  4. Gambar 2.4 Simbol-simbol Flowchart

  5. Gambar 2.5 Pembuatan Prototype

  6. Gambar 2.6 Arduino Nano

  7. Gambar 2.7 Papan Arduino USB Standar

  8. Gambar 2.8 Mpu 6050

  9. Gambar 2.9 Buzzer

  10. Gambar 2.10 Helm

  11. Gambar 2.11 Relay

  12. Gambar 2.22 Powerbank

  13. Gambar 3.1 Struktur Organisasi

  14. Gambar 3.2 Flowchart Sistem Yang Berjalan

  15. Gambar 3.3 Flowchart Sistem Yang Diusulkan

  16. Gambar 3.4 Cara Kerja Alat

  17. Gambar 3.5 Rancangan Prototype

  18. Gambar 3.6 Diagram Blok

  19. Gambar 3.7 Membuka Aplikasi Fritzing

  20. Gambar 3.8 Halaman Utama Fritzing

  21. Gambar 3.9 Komponen Aplikasi Fritzing

  22. Gambar 3.10 Rancangan Catu Daya

  23. Gambar 3.11 Rangkaian MPU6050

  24. Gambar 3.12 Library MPU6050

  25. Gambar 3.13 Rangkaian Buzzer

  26. Gambar 3.14 Rangkaian Keseluruhan

  27. Gambar 3.15 Membuka Software Arduino

  28. Gambar 3.16 Library Arduino

  29. Gambar 3.17 Mengecek Listing Program

  30. Gambar 3.18 Mengatur Koneksi Port

  31. Gambar 3.19 Pemilihan Board

  32. Gambar 3.20 Upload Program

  33. Gambar 4.1 Rangkaian Uji Coba MPU6050

  34. Gambar 4.2 Rangkaian Uji Coba Hardware

  35. Gambar 4.3 Listing Program Buzzer

  36. Gambar 4.4 Flowchart Sistem Yang Diusulkan

  37. Gambar 4.5 Jendela Listing Program Arduino Ide

  38. Gambar 4.6 Tahapan Penulisan Program Arduino Ide

  39. Gambar 4.7 MPU6050 dan Buzzer

DAFTAR TABEL

  1. Tabel 2.1 Kelebihan Dan Kelemahan Black Box

  2. Tabel 3.1 Perbandingan Metode Perancangan

  3. Tabel 3.2 Elisitasi Tahap I

  4. Tabel 3.3 Elisitasi Tahap II

  5. Tabel 3.4 Elisitasi Tahap III

  6. Tabel 3.5 Final Elisitasi

  7. Tabel 3.6 Elisitasi Tahap I

  8. Tabel 3.7 Elisitasi Tahap II

  9. Tabel 3.9 Elisitasi Tahap III

  10. Tabel 3.10 Final Draft Elisitasi

  11. Tabel 4.1 Schedule

  12. Tabel 4.2 Estimasi Biaya

DAFTAR SIMBOL FLOWCHART

Simbol 1. Simbol Flowchart

DAFTAR SIMBOL FLOWCHART

Simbol 1.2 Simbol Use case

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada era sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang semakin pesat. Khususnya dalam bidang teknologi informasi dan komputer. Hal itulah yang menuntut setiap orang untuk lebih siap dalam menghadapi persaingan, salah satunya dalam dunia kerja. Perusahaan-perusahaan besar saat ini saling berkompetisi dalam hal berinovasi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi yang memiliki, tingkat akurasi tinggi, dan efisiensi yang tinggi serta mudah dalam hal pengoperasiannya sebagai alat untuk menunjang produktivitas mereka, salah satunya adalah teknologi lengan robot.

Teknologi lengan Robot adalah suatu perangkat yang digunakan untuk membantu masyarakat pada saat beraktifitas ditempat-tempat umum, dimana seringkali saat masyarakat berjalan ditempat umum tidak jarang melihat dan menemukan benda yang mencurigakan dan tidak dapat mengidentifikasi secara langsung yang dapat mengancam keselamatan diri pribadi. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu perangkat yang digunakan sebagai perantara yang aman untuk mengidentifikas barang dan benda mencurigakan tersebut.

Berdasarkan beberapa hal ini penulis mencoba untuk membuat suatu perancagan teknologi mikrokontroler yang memberikan kemudahan untuk bisa digunakan olDengan adanya perkembangan teknologi sekarang, terutama teknologi komputer dalam membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat dan untuk mengurangi tingkat keresahan pada saat berada ditempat-tempat umum dibutuhkan suatu perangkat teknologi seperti lengan robot yang dapat dioperasikan sebagai perantara untuk mengidentifikasi barang dan benda yang mecurigakan.

Banyak masyarakat merasa resah akan adanya kotak barang mencurigakan yang diyakinin bahan peledak seperti bom yang diletakan pada sudut-sudut rumah, ruko, mall dan sudah sampai masuk kedalam bandara oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. POLRES METRO TANGERANG KOTA akan bertanggung jawab penuh atas tindakan yang dilakukan oleh kriminal, Polres Metro Tangerang Kota mengutuskan divisi sumber daya untuk pencegahan pertama pada kotak barang mencurigakan yang dilaporkan masyarakan untuk mengetahui isi dari kotak barang yang mencurigakan tersebut, untuk meminimalisir hal buruk terjadi pada saat membuka kotak barang mencurigakan jika terjadi ledakan yang tidak terduga. Tim divisi sumber daya membutuhkan perlengkapan atribut lengkap serta peralatan khusus untuk mengantisipasi kotak barang mencurigakan yang diyakini masyarakat sewaktu-waktu akan terjadi ledakan, menunjang keselamatan tim divisi sumber daya. Dengan memakai atribut dan peralatan lengkap, merasa kurang efektif dalam melakukan pengecekan kotak barang mencurigakan tersebut, bahan yang tebal dan sulit untuk digerakan akan menghambat proses dari isi kotak barang tersebut untuk mengantisipasi masalah yang dihadapi dan waktu yang cukup terlalu lama.

Adanya sebuah inovasi dengan alternatif yang lebih akurat dan dapat membantu memecahkan permasalahan keresahan masyarakat yang saat ini sedang terjadi yaitu menerapkan metode lengan robot yang bertujuan untuk mengantisipasi hal berbahaya seperti membuka kotak barang yang dicurigai masyarakat, dapat membahayakan nyawa divisi sumber daya dan masyarakat guna untuk memberikan keselamatan divisi sumber daya terciptanya robot berupa lengan yang dilengkapi dengan roda peggerak, remote pegontrol jarak jauh yang tersambung dengan Bluetooth agar lengan robot dapat bergerak sesuai yang dikontrol dalam jarak yang aman. Dengan adanya lengan robot yang dapat menunjang penggunaan sistem pada mobil lengan robot agar lebih efisien. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis mengambil judul “Mobil Lengan Robot Pemindah Barang Mencurigakan Berbasis Arduino Mega”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana merancang mobil lengan robot untuk memindahkan benda berbahaya berbasis arduino?

  2. Bagaimana mobil lengan robot dapat dikontrol dalam jarak yang sangat aman dari kotak barang mencurigakan?

  3. Bagaimana cara melihat object yang dituju tersebut dengan jarak yang aman?

Ruang Lingkup

Sebagai batasan masalah atas penelitian ini agar tetap fokus dan terarah maka penulis membatasi ruang lingkup penelitian sebagai berikut:

Lengan robot dapat berkerja secara efisien untuk lengan robot guna mengantisipasi dan mengidentifikasi hal-hal yang tidak diinginkan dan pembuatan mobil lengan robot ini berbasis arduino mega yang terhubung dengan device berupa smartphone yang berfungsi sebagai media pengontrol mobil lengan robot dan menggunakan koneksi Bluetooth sehinggaa dengan mudah dioperasikan dari jarak yang aman serta menggunakan program Arduino IDE, alat yang dirancang hanya sebatas prototype dan belum dipergunakan secara luas untuk Polres Metro lainnya.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah:

  1. Tujuan Individual
    Tujuan individual dari penelitian ini yaitu:
    a)Untuk mendapatkan pengetahuan tentang mikrokontroler lebih luas.
    b)Mengimplementasikan dan menerapkan ilmu yang penulis dapat selama perkuliahan di Perguruan Tinggi Raharja.
    c)Persyaratan untuk kelulusan mata kuliah Skripsi.

  2. Tujuan Fungsional
    Tujuan Fungsional dari penelitian ini yaitu:
    a)Meranang Mobil Robot dengan Lengan Robot yang dapat berkerja dengan baik dan dikontrol dengan jarak yang aman menggunakan device menggunakan koneksi bluetooth.
    b)Agar rancangan sistem tersebut dapat digunakan untuk mengantisipasi bahaya pada kotak barang mencurigakan.
    c)Untuk membantu masyarakat luas dalam keamanan yang mempertaruhkan nyawa.

  3. Tujuan Oprasional
    Tujuan oprasional dari penelitian ini yaitu:
    1.Merupakan keinginan yang ada dalam diri sendiri dan mengukur kemampuan apakah dapat membuat Mobil Robot dengan Lengan Robot yang dapat dioprasikan dan dikontrol dengan jarak yang aman pada device yang sudah terkoneksi bluetooth.
    2.Untuk membantu memudahkan pekerjaan divisi sumber daya dalam menangani hal yang sangat berbahaya dan mengancan keselamatan, dengan memanfaatkan mobil lengan robot yang dapat dikontrol dengan jarak yang aman dari kotak barang mencurigakan dapat diatasi dengan cepat secara efektif.

Manfaat Penelitian

  1. Manfaat individual
    Memudahkan pekerjaan divisi sumber daya untuk mencegah hal-hal berbahaya yang mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

  2. Manfaat Fungsional
    Dengan menggunakan kontrol yang terkoneksi Bluetooth dari device, diharapkan dapat mudahkan pekerjaan divisi sumber daya mengatasi kotak barang mencurigakan secara efektif dan aman pada jarak yang sudah ditentukan.

  3. Manfaat Oprasional
    Penelitian ini dapat membantu mengurangi angka kecelakan dan meningkatkan keselamatan saat bertugas yang dikarenakan kelalaian dan tidak hati-hatinya dalam membuka kotak barang mencurigakan.

Metode Penelitian

Metode SDLC (Sistem Development Life Cycle)

SDLC (Sistem Development Life Cycle) adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan Pemeliharaan (maintenance).

Proses SDLC (Sistem Development Life Cycle)

  1. Analisi Sistem
    Analisis system adalah penguraian dari suatu system yang utuh kedalam kegiatan-kegiatan komponennya, dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan, yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.

  2. Desain Sistem (Design)
    Desain Sistem adalah persiapan rancang bangun implementasi yang menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk yang berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah kedalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi, menyangkut di dalamnya konfigurasi komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem.

  3. Uji Coba Sistem (Testing)
    Uji coba sistem merupakan elemen yang kritis dari SQA(Software Quality Assurance) dan mempresentasikan tinjauan ulang yang menyeluruh terhadap spesifikasi, desain dan pengkodean. Ujicoba mempresentasikan ketidak normalan yang terjadi pada pengembangan software. Selama definisi awal dan fase pembangunan, pengembangan berusaha untuk membangun software dari konsep yang abstrak sampai dengan implementasi yang memungkinkan.

  4. Impementasi Sistem (Implementation)
    Tahap implementasi adalah tahap dimana semua elemen dan aktivitas sistem disatukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    a)Menyiapkan Fasilitas Fisik, Fasilitas-fasilitas fisik yang disiapkan antara lain komputer dan peripheralnya, termasuk keamanan fisik untuk menjaga berlangsungnya peralatan dalam jangka waktu yang lama.
    b)Menyiapkan Pemakai, Pemakai disiapkan dengan terlebih dahulu yaitu dengan memberikan pelatihan secara prosedural maupun tutorial mengenai sistem informasi sesuai fungsi tugasnya. Tujuannya adalah agar para pemakai mengerti dan mengusai operasi sistem dan cara kerja sistem serta apa saja yang diperoleh dari sistem.
    c)Melakukan Simulasi, Kegiatan simulasi berupa pengujian sistem secara nyata yang melibatkan personil yang sesungguhnya.

  5. Pemeliharaan Sistem (Maintenance)
    Ada 3 alasan perlunya pemeliharaan sistem, yaitu:
    a) Untuk membenarkan kesalahan atau kelemahan sistem yang tidak terdeteksi pada saat pengujian.
    b) Untuk membuat sistem up to date
    c) Untuk meningkatkan kemampuan system

Sistematika Penulisan

Laporan ini berbagi dalam beberapa bab yang berisi urutan secara garis besar dan kemudian dibagi lagi dalam sub-sub yang akan membahas dan menguraikan masalah yang lebih terperinci. Secara garis besar penulisan ini terdiri dari:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisi uraian latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab kedua ini berisi landasan teori sebagai konsep dasar dalam penyusunan alat dan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian sehingga menghasilkan karya yang bernilai ilmiah dan memiliki daya bermanfaat.

BAB III PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN

Bab ini menjelaskan tentang gambaran umum perusahaan yang terdiri dari sejarah singkat Polres Metro Tangerang Kota dan pembahasan tentang perancangan sistem.

BAB IV UJI COBA DAN IMPLEMENTASI

Pada bab ini berisikan tentang perancangan sistem yang diusulkan,flowchart, rancangan program, evaluasi alat, dan estimasi biaya

BAB V PENUTUP

Pada bab ini berisikan kesimpulan dan saran dari penulis

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Adit12345