SI1233471443

Dari widuri
Revisi per 19 Januari 2020 13.38 oleh Adit12345 (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '  <div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> <p style="line-height: 1">'''MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG'''</P></div>...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

 

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1233471443
NAMA
: ADITYA NUGRAHA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1233471443
Nama
: Aditya Nugraha
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
JProgram Studi
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication and Innovative Technology

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang,2020

Dekan Fakultas
       
Ketua Program Studi
       
Rektor
Universitas Raharja
       
Program Studi Sistem Komputer
       
Universitas Raharja
           
           
           
           
(Sugeng Santsoso, M.Kom)
       
(Ageng Setiani Rafika, S.Kom.,M.Si)
       
(Dr.Po Abas Sunarya,M.Si)
NIP : 000594
       
NIP:
       
NIP:000603

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1233471443
Nama
: Aditya Nugraha

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication and Innovative Technology

Disetujui Oleh :

Tangerang, 20207

us
Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Ignatius Agus Supriyono,S.Kom.,Mm)
   
(Diah Aryani, S.T.,M.Kom)
NID :
   
NID :

UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

MOBILE LENGAN ROBOT PEMINDAH BARANG

MENCURIGAKAN BERBASIS

ARDUINO MEGA

KOTA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1233471443
Nama
: Aditya Nugraha
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
JProgram Studi
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Creative Communication and Innovative Technology

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang,2020

 
 
 
 
 
(Aditya Nugraha)
NIM : 1233471443

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Pada zaman sekarang ini, perkembangan teknologi yang sudah mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat begitu cepat. Dimana selalu saja bemunculan rancangan atau inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi yang terus bermuculan. Termasuk dalam bidang komputer dan informasi. Dengan semakin banyak inovasi-inovasi dalam bidang mikrokontroller penulis mencoba membuat sebuah perangkat kemamaan yang dapat digunakan untuk memindahkan barang terutama barang yang mencurigakan yaitu “Mobile Lengan Robot Pemindah Barang Mencurigakan Berbasis Arduino Mega”yang menggunakan komponen seperti arduino, Bluetooth,Motor Servo.Stepdown, Action Cam dan Smartphone. Lengan robot berbasis arduino ini berfungsi sebagai perangkat keamaan yang berfungsi apabila pengguna fasilitas umum melihat suatu benda yang mencurigakan dan terlalu beresiko untuk memindakan dan mengindentifikasi benda tersebut maka pengguna fasilitas umum dapat mengontrol lengan robot sebagai perantara untuk memindahkan barang tersebut lalu mengidentifikasi benda tersebut sehingga dapat mengurangi tingkat kekhawatiran saat sedang ditempat-tempat umum.

Kata Kunci: Arduino, Bluetooth , Robot , umum, tempat

ABSTRACT

In this day and age, technological development has increased and the development is very fast. Where there are always emerging designs or new innovations in the field of technology that continue to appear. Included in the field of computers and information. With more and more innovations in the field of microcontrollers, the writer tries to make a similarity device that can be used to move goods, especially suspicious items, namely "Mobile Robot Arm Suspicious Moving Goods Based on Arduino Mega" that uses components such as Arduino, Bluetooth, Servo Motor, Stepdown, Action Cam and Smartphone. Arduino-based robot arm functions as a security device that functions when the user of a public facility sees a suspicious object and is too risky to move and identify the object, the user of the public facility can control the robot arm as an intermediary to move the object and then identify the object so as to reduce the object the level of concern when being in public places.


Keyword: Arduino, Bluetooth, Robot, General,Place


KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis ucapkan atas rahmat dan karunia Allah SWT, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi dengan baik.

Laporan ini merupakan salah satu syarat yang ditempuh oleh mahasiswa sebelum melaksanakan Skripsi dalam jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Raharja.

Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi,wawancara, dan sumber literature yang mendukung penulisan ini. Terima kasih kepada keluarga tercinta bapak, ibu dan adik, juga orang-orang tersayang yang telah memberikan motivasi serta doa yang tiada henti demi kesuksesan laporan ini. Dengan dorongan dan semangat yang begitu banyak Puji Syukur Kepada Allah SWT penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik dan tepat waktu. Dalam kesempatan kali ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi serta bejasa dalam perjalanan menyelesaikan laporan Skripsi ini antara lain:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si. selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi.
  3. Bapak Ignatius Agus Supriyono,S.Kom.,MM. selaku sebagai Dosen pembimbing I. Yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik .
  4. Ibu Diah Aryani, S.T.,M.Kom Selaku Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan, dan motivasi kepada penulis.
  5. Bapak Nurman Surachman, S.I.K selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.
  6. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  7. Kepada orang tua, dan semua saudara dalam keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moral, materil, maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Skripsi ini

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Tangerang,
Aditya Nugraha
NIM. 1233471443

DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 2.1 Karakteristik Sistem

  2. Gambar 2.2 Sistem Tertutup

  3. Gambar 2.3 Sistem Terbuka

  4. Gambar 2.4 Simbol-simbol Flowchart

  5. Gambar 2.5 Pembuatan Prototype

  6. Gambar 2.6 Arduino Nano

  7. Gambar 2.7 Papan Arduino USB Standar

  8. Gambar 2.8 Mpu 6050

  9. Gambar 2.9 Buzzer

  10. Gambar 2.10 Helm

  11. Gambar 2.11 Relay

  12. Gambar 2.22 Powerbank

  13. Gambar 3.1 Struktur Organisasi

  14. Gambar 3.2 Flowchart Sistem Yang Berjalan

  15. Gambar 3.3 Flowchart Sistem Yang Diusulkan

  16. Gambar 3.4 Cara Kerja Alat

  17. Gambar 3.5 Rancangan Prototype

  18. Gambar 3.6 Diagram Blok

  19. Gambar 3.7 Membuka Aplikasi Fritzing

  20. Gambar 3.8 Halaman Utama Fritzing

  21. Gambar 3.9 Komponen Aplikasi Fritzing

  22. Gambar 3.10 Rancangan Catu Daya

  23. Gambar 3.11 Rangkaian MPU6050

  24. Gambar 3.12 Library MPU6050

  25. Gambar 3.13 Rangkaian Buzzer

  26. Gambar 3.14 Rangkaian Keseluruhan

  27. Gambar 3.15 Membuka Software Arduino

  28. Gambar 3.16 Library Arduino

  29. Gambar 3.17 Mengecek Listing Program

  30. Gambar 3.18 Mengatur Koneksi Port

  31. Gambar 3.19 Pemilihan Board

  32. Gambar 3.20 Upload Program

  33. Gambar 4.1 Rangkaian Uji Coba MPU6050

  34. Gambar 4.2 Rangkaian Uji Coba Hardware

  35. Gambar 4.3 Listing Program Buzzer

  36. Gambar 4.4 Flowchart Sistem Yang Diusulkan

  37. Gambar 4.5 Jendela Listing Program Arduino Ide

  38. Gambar 4.6 Tahapan Penulisan Program Arduino Ide

  39. Gambar 4.7 MPU6050 dan Buzzer

DAFTAR TABEL

  1. Tabel 2.1 Kelebihan Dan Kelemahan Black Box

  2. Tabel 3.1 Perbandingan Metode Perancangan

  3. Tabel 3.2 Elisitasi Tahap I

  4. Tabel 3.3 Elisitasi Tahap II

  5. Tabel 3.4 Elisitasi Tahap III

  6. Tabel 3.5 Final Elisitasi

  7. Tabel 3.6 Elisitasi Tahap I

  8. Tabel 3.7 Elisitasi Tahap II

  9. Tabel 3.9 Elisitasi Tahap III

  10. Tabel 3.10 Final Draft Elisitasi

  11. Tabel 4.1 Schedule

  12. Tabel 4.2 Estimasi Biaya

DAFTAR SIMBOL FLOWCHART

Simbol 1. Simbol Flowchart

DAFTAR SIMBOL FLOWCHART

Simbol 1.2 Simbol Use case

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada zaman sekarang ini, perkembangan teknologi yang sudah mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat begitu cepat. Dimana selalu saja bemunculan karya-karya atau inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi yang terus bermuculan. Termasuk dalam bidang komputer dan informasi. Bermunculannya karya dan inovasi-inovasi dalam dunia teknologi terjadi karena saat ini sangat mudahnya media informasi untuk dapat di akses dan juga tidak perlu untuk mengeluarkan modal atau biaya, hal inilah yang sangat mendorong orang-orang menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk membuat sesuatu rancangan-rancangan baru di bidang teknologi.

Dengan perkembangan teknologi yang jauh berkembang sangat pesat dan mudahnya untuk semua user untuk mengakses media informasi. Sekarang ini manusia lebih banyak menggunakan peralatan-peralatan teknologi yang dapat digunakan secara otomatis di bandingkan peralatan manual yang dinilai kurang praktis,efisien dan lebih memakan banyak waktu untuk menggunakannya.

Berdasarkan beberapa hal ini penulis mencoba untuk membuat suatu perancagan teknologi mikrokontroler yang memberikan kemudahan untuk bisa digunakan oleh umum. Perancangan yang penulis buat ini adalah di khususkan untuk para pengendara motor karena rancangan teknologi yang akan penulis buat adalah “PERANCANGAN MONITORING HELM SIAGA BERBASIS Iot”. Penulis mengambil judul rancangan ini dilatar belakangi karena terus meningkatnya angka kecelakaan pada pengguna jalan terutama pengendara motor yang disebabkan karena pengendara mengantuk saat berkendara dijalan umum.

Dengan adanya rancangan yang penulis buat ini diharapkan dapat berguna untuk pengguna jalan terutama pengguna motor untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan karena pengendara sering mengantuk saat mengendarai motor.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan salah satu tahap dari beberapa tahap yang dilakukan dalam penulisan penelitian. Perumusahan masalah adalah beberapa pertanyaan utama yang dicari dan harus dijawab melalui penelitian. Berdasarkan rancangan yang akan penulis buat ada 3 permasalahan yang penulis temukan, yaitu:

  1. Komponen apa saja yang digunakan untuk membuat perancangan helm siaga ?

  2. Bagaimana cara kerja helm siaga ?

  3. Software dan hardware apa saja yang digunakan untuk membuat perancangan helm siaga?

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian untuk mengungkapkan keinginan peneliti dalam memperoleh jawaban atas permasalahan pada penelitian yang diajukan. Tujuan harus relevan dengan rumusan masalah yang mencerminkan proses penelitian.

Dalam penulisan laporan ini ada beberapa tujuan yang ingin penulis capai dan masih berkaitan dengan rumusan masalah , yaitu sebagai berikut:

  1. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan mikrontroller yang berfungsi sebagai perangkat keamanan saat berkendara.

  2. Tujuan penelitian ini untuk menguji helm siaga agar dapat meningkatkan kesiagaan pengendara bermotor

  3. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan efisiensi helm siaga

Manfaat Penelitian

Penelitian ini memiliki 3 manfaat, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan kesiagaan dan keselamatan dalam berkendara.

  2. Untuk mengurangi tingkat kecelakaan saat berkendara

  3. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam teknologi mikrokontroller

Ruang Lingkup Penelitian

Perancangan ini akan dibuat menggunakan mikrokontroller arduino dan untuk komponen-komponen pendukung yang digunakan adalah menggunakan MPU6050 yang berfungsi untuk mendeteksi kemiringan benda atau dengan kata lain untuk mendeteksi gerakan pengguna helm siaga ini, kemudian penulis juga menggunakan buzzer yang berfungsi sebagai alarm yang akan mengeluarkan bunyi seperti bel. Beberapa komponen ini akan diletakan pada sebuah helm yang akan menjadi kesatuan yaitu sebagai helm siaga.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam skripsi ini, di gunakan metode sebagai berikut :

  1. Metode Observasi
    Penulis melakukan pengamatan data-data untuk melakukan penelitian ini.

  2. Metode wawancara
    Selain observasi penulis juga melakukan metode wawancara untuk memperoleh keterangan pada penelitian ini.

  3. Metode Studi Pustaka
    Membaca buku-buku dan browsing karya-karya ilmiah untuk mecari refensi materi yang bisa digunakan sebagai pemecahan masalah yang ada.

Metode analisa

Metode analisa ini dilakukan dengan beberapa tahapan seperti melakukan survey atau wawancara untuk menganalisa sistem yang berjalan.

Metode Perancangan

Dalam laporan ini menggunakan metode perancangan seperti flowchart yang dibuat mengikuti cara kerja sistem.

Metode Pengujian

Metode pengujian adalah cara atau teknik untuk menguji perangkat lunak, mekanisme ini untuk menentukan data uji yang dapat menguji perangkat lunak secara lengkap.

Metode BlackBox

Metode ini dilakukan untuk mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak.

Sistematika Penulisan

Untuk lebih memahami dengan jelas laporan skripsi ini, maka penulis mengelompokkan materi laporan ini menjadi beberapa bab yang saling berkaitan dan membentuk suatu kesatuan dengan sistematika penyampaiannya sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini menjelaskan tentang uraian secara umum latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan ruang lingkup penelitian.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini berisikan tentang teori-teori dasar dan umum yang diambil dari kutipan-kutipan buku yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang akan dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan.

BAB III PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN

Pada bab ini berisikan tentanng sejarah perusahaan dan juga berisi tentang pembahas perancangan sistem dan cara kerja alat.

UJI COBA DAN ANALISA

Pada bab ini berisikan tentang perancangan sistem yang diusulkan,flowchart, rancangan program, evaluasi alat, dan estimasi biaya

BAB V PENUTUP

Pada bab ini berisikan kesimpulan dan saran penulis.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Adit12345