SI1222473484

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM

PENJUALAN SEPATU BERBASIS E-COMMERCE PADA

PT. RIDHO WIRA PRATAMA TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1222473484
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

1. Definisi Perancangan Sistem

Perancangan Sistem merupakan tahap selanjutnya setelah analisa sistem. Setelah mendapatkan gambaran dengan jelas tentang apa yang akan dikerjakan pada analisa sistem.

Menurut Siti Aisyah dan Nawang Kalbuana dalam jurnal CCIT (Aisyah dkk,2011:203) Pada metode analisa sistem dan perancangan yang menggunakan metode yang dikenal dengan nama ”System Develoment Life Cycle (SDLC). SDLC merupakan metodelogi umum dalam pengembangan sistem yang menandai kemajuan dai usaha analisa dan desain”. Langkah-langkah SDLC meliputi fase-fase sebagai berikut:

  1. Perancangan Sistem
    Dalam tahapan perencanaan sistem ini dijelaskanbagaimana langkah-langkah dalam perancangan aplikasi kemahasiswaan dengan teknologi mobile.
  2. Analisa Sistem
    Analisa sistem yang akan dirancang, serta melakukan penelitian terhadap kebutuhan-kebutuhan sistem, apa saja kekurangannya.
  3. Perancangan
    Yaitu tahapan untuk melakukan perancangan aplikasi mobile, terdapat tiga tahapan perancangan, yaitu: perancangan interface, perancangan isi, dan perancangan program.

Dari definisi di atas dapat diketahui bahwa tujuan dari pada perancangan sistem adalah untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem dan juga untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemprogram komputer dan ahli-ahli tekhnik lainnya yang terlibat.

1. Definisi Perancangan Sistem

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari tahap perancangan sistem mempunyai maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut :



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM

PENJUALAN SEPATU BERBASIS E-COMMERCE PADA

PT. RIDHO WIRA PRATAMA TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1222473484
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, juni 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM

PENJUALAN SEPATU BERBASIS E-COMMERCE PADA

PT. RIDHO WIRA PRATAMA TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1222473484
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Software Engineering

Tahun Akademik 2015 / 2016

Disetujui Oleh :

Tangerang, Junii 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Sutrisno, M.Kom)
   
(Nasril Sany, S.Kom)
NID : 10020
   
NID : 08190

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

IMPLEMENTASI DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM

PENJUALAN SEPATU BERBASIS E-COMMERCE PADA

PT. RIDHO WIRA PRATAMA TANGERANG


Dibuat Oleh :

NIM
: 1222473484
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juni 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

Yang bertanda tangan dibawah ini,

NIM
: 1222473484
Nama
Jurusan Teknik Informatika
:
Konsentrasi
: Software Engineering

 

 

Menyatakan bahwa Laporan Skripsi ini dari awal sampai akhir merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikasi dari Laporan Skripsi yang telah dipergunakan untuk memenuhi persyaratan mengambil Skripsi guna mendapatkan gelar Sarjana Komputer di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, Juni 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1222473484

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI

PT Ridho Wira Pratama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sepatu di Tangerang. Sistem informasi penjualan yang berjalan saat ini masih konvensional sehingga menyebabkan lambatnya proses kegiatan penjualan dan profit yang didapat masih kurang. Ketidak efektifan juga terjadi pada penerbitan kwitansi penjualan secara manual dan pembuatan laporan penjualan hanya dengan menggunakan Ms. Exel. Dengan adanya berbagai kendala tersebut menyulitkan owner untuk membuat keputusan dalam mengembangkan maupun mengetahui hasil dari laporan penjualan yang sedang berjalan. Penulisan ini menggunakan metode analisa dan perancangan berorientasi objek. Dimulai dari analisa sistem berjalan menggunakan UML, elisitasi kebutuhan sistem, serta penggambaran sistem yang diusulkan melalui UML. Hasil dari penulisan ini berupa aplikasi E-Commerce sebagai bentuk peralihan proses penjualan pada PT Ridho Wira Pratama agar dapat membantu meningkatkan profit serta efisiensi waktu dalam pembuatan laporan penjualan.

Kata kunci : UML, Konvensional, E-Commerce, PT Ridho Wira Pratama

ABSTRACT

Ridho PT Wira Pratama is one company that is engaged in the sale of shoes in Tangerang. Sales information system currently running a conventional still causing the slow pace of sales activity and the profit is still lacking. Ineffectiveness also occur in manually publishing sales receipt and reporting of sales just by using Ms. Exel. Given these constraints make it difficult for the owner to make the decision to develop or find out the results of the ongoing sales reports. This study, using object-oriented analysis and design. Starting from the analysis of a running system using UML, system requirements elicitation, and the depiction of the proposed system through UML. The results of this paper in the form of E-Commerce applications as an intermediate form in the sales process Ridho Wira PT Pratama in order to help improve the profitability and efficiency of time in making sales report.

Keywords: UML, Conventional, E-Commerce, PT Wira Pratama Ridho



KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Skripsi dengan judul “IMPLEMENTASI DAN PERANCAGAN APLIKASI SISTEM PENJUALAN PRODUK BERBASIS E-COMMERCE PADA PT RIDHO WIRA PRATAMA TANGERANG”.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak, maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesai tepat waktu.

Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso,M.Kom selaku Puket I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Bapak Sutrisno, M.Kom sebagai pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak Nasril Sany, S.Kom sebagai dosen Pembimbing II yang telah membantu, membimbing dan membina dalam pembuatan laporan skripsi ini..
  6. Para Dosen STMIK Raharja yang telah banyak membantu dan membimbing serta memberikan ilmu pengethuanya kepada penulis selama perkuliahan.
  7. Bapak Eko sebagai stakeholder, yang telah membantu dalam memberikan data-data dan membimbing penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsi.
  8. Kepada Orang Tua yang selama ini telah setia memberikan dorongan semangat, perhatian, dan doa.
  9. Para sahabat dan rekan-rekan penulis terutama Joko Triwanto S.Kom, Utama Wiputra S.Kom, Said Salman Farisi, Sopian, Abdul Mujid dan rekan-rekan yang lainnya dimana penulis tidak dapat menyebut satu persatu.

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan-kekurangan serta kelemahan-kelemahan, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT. senantiasa menyertai langkah kita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Amin.


Tangerang, Juni 2016
Nama. Wildanul Maliki
NIM. 1222473484


DAFTAR TABEL

  1. Tabel 3.1. Elisitasi Tahap I
  2. abel 3.2. Elisitasi Tahap II
  3. Tabel 3.3. Elisitasi Tahap III
  4. Tabel 3.4. Final Draft Elisitas
  5. Tabel 4.1. Spesifikasi Basis Wildan Brand
  6. Tabel 4.2. Spesifikasi Basis Wildan Categories
  7. Tabel 4.3. Spesifikasi Basis Wildan Product
  8. Tabel 4.4. Spesifikasi Basis Wildan Cart
  9. Tabel 4.5. Operator Lain-lain
  10. Tabel 4.6. Spesifikasi Basis Wildan Transaction
  11. Tabel 4.7. Testing Black Box
  12. Tabel 4.8. Implementasi Kegiatan
  13. Tabel 4.9. Rancangan Biaya

DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 3.1. Struktur Organisasi PT. Ridho Wira Pratama
  2. Gambar 3.2. Use Case Diagram Yang Berjalan
  3. Gambar 3.3. Activity Diagram Yang Berjalan
  4. Gambar 3.4. Squence Diagram Yang Berjalan
  5. Gambar 4.1. Use Case Diagram Rancangan Sistem Yang Diusulkan
  6. Gambar 4.2. Activity Diagram Sistem Yang Diusulkan untuk Customer
  7. Gambar 4.3. Activity Diagram Sistem Yang Diusulkan untuk Admin
  8. Gambar 4.4. Squence Diagram Rancangan Sistem Yang Dusulkan
  9. Gambar 4.5. State Machine Diagram Rancangan Sistem Yang Diusulkan
  10. Gambar 4.6. Class Diagram Rancangan Sistem Yang Diusulkan
  11. Gambar 4.7. Prototype Halaman Menu Utama
  12. Gambar 4.8. . Prototype Halaman Menu Pesan Produk
  13. Gambar 4.9. Prototype Halaman Login Admin
  14. Gambar 4.10. Prototype Menu User
  15. Gambar 4.11. Tampilan Halaman Menu Utama
  16. Gambar 4.12. Tampilan Halaman Menu Produk
  17. Gambar 4.13. Tampilan Halaman Menu Pesan Produk
  18. Gambar 4.14. Tampilan Halaman Mene Keranjang Belanja
  19. Gambar 4.15. Tampilan Halaman Menu Login Admin
  20. Gambar 4.16. Tampilan Halaman Menu History Belanja dan Laporan
  21. Gambar 4.17. Tampilan Halaman Menu Kategori
  22. Gambar 4.18. Tampilan Halaman Menu Akun

DAFTAR SIMBOL

  1. Simbol Use Case Diagram

    Gambar 1. Simbol Use Case Diagram

  2. Simbol Class Diagram

    Gambar 2. Simbol Class Diagram

  3. Simbol Squence Diagram

    Gambar 3. Simbol Sequence Diagram

  4. Simbol Activity Diagram

    Gambar 4. Simbol Actifity Diagram



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Berkembangnya usaha-usaha perdagangan yang sangat pesat pada saat ini menjadikan informasi sebagai hal yang sangat penting peranannya dalam menunjang jalannya operasi-operasi demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

Teknologi E-Commerce sudah terbukti merupakan salah satu media informasi yang efektif dan efisien dalam penyebaran informasi yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. E-Commerce mempunyai efek yang sangat besar pada perdagangan atau bisnis. Hanya dari rumah atau ruang kantor, calon pembeli dapat melihat produk-produk pada layar komputer, mengakses informasinya, memesan dan membayar dengan pilihan yang tersedia. Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu datang ke toko atau tempat transaksi sehingga dari tempat duduk mereka dapat mengambil keputusan dengan cepat. Transaksi secara online dapat menghubungkan antara penjual dan calon pembeli secara langsung tanpa dibatasi oleh suatu ruang dan waktu. Itu berarti transaksi penjualan secara online mempunyai calon pembeli yang potensial dari seluruh dunia..

Sistem penjualan yang selama ini digunakan oleh PT. Ridho Wira Pratama adalah dengan cara kerjasama dengan toko-toko atau pasar tradisional maupun pasar modern untuk memasarkan produknya yaitu segala jenis sepatu. Sistem penjualan dengan cara ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses penjualan sepatu tersebut maka sistem ini dinilai kurang efektif dan efesien. Oleh karna itu penulis mengambil judul “ Implementasi dan Perancangan Aplikasi Sistem Penjualan Sepatu Berbasis E-Commerce Pada PT Ridho Wira Pratama Tangerang” sebagai tugas penyususnan Skripsi.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang sudah dikemukakan diatas, maka dalam penelitian ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Apakah sistem yang berjalan sudah efektif dan efisien dalam penjualan Sepatu pada PT. Ridho Wira Pratama Tangerang?
  2. Bagaimana merancang sistem penjualan berbasis E-Commerce pada PT. Ridho Wira Pratama Tangerang?
  3. Bagaimana penerapan sistem penjualan berbasis E-Commerce pada PT. Ridho Wira Pratama Tangerang?

Ruang Lingkup Penelitian

Karena terbatasnya waktu maka penulis menyadari akan luasnya permasalahan yang terjadi di PT Ridho Wira Pratama sehingga perlu memberi batasan hanya pada sistem penjualan. Yang dimana berisikan mulai dari pemasaran, product baru, layanan dan laporan penjualan.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut :

  1. Membangun aplikasi penjualan berbasis E-Commerce untuk mempermudah pekerjaan marketing pemasaran dan mempermudah customer untuk memilih dan membeli sepatu dari PT. Ridho Wira Pratama.
  2. Memberikan informasi yang cepat, tepat dan relevan pada proses penjualan sepatu dan Untuk mempromosikan atau lebih memperkenalkan perusahaan kepada semua kalangan masyarakat sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan.
  3. Untuk melangkapi persyaratan pencapaian jenjang Strata Satu dalam bidang ilmu komputer pada jurusan Teknik Informatika di STMIK RAHARJA dan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan.

Manfaat Penelitian

Dari hasil penelitian yang dilakukan, diharapkan memberikan manfaat diantaranya:

  1. Hasil laporan ini diharapkan dapat memberikan masukan pada pihak instansi dan membantu untuk mempermudah perkerjaan jual beli dan pemasaran produk.
  2. Memberikan pengalaman dan memperluas wawasan khususnya kepada diri penulis pribadi dan umumnya kepada mahasiswa pada yang telah diterima selama perkuliahan serta menerapkan teori yang didapat dibangku perkuliahan.
  3. Dengan dihasilkanya aplikasi penjualan berbasis E-Commerce diharapkan meningkatkan mutu pelayanan dan Manajemen PT. Ridho Wira Pratama.

Metodologi Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Dalam hal ini metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan cara mengumpulkan dan menggambarkan data mengenai keadaan secara langsung dari lapangan atau tempatnya yang menjadi objek penelitian untuk mendapatkan data secara relevan.

Teknik pengumpulan data yang penulis melakukan dalam mencari dan mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan menggunakan beberapa metode sebagai berikut:

  1. Obervasi (Observation)
    Datang langsung pada PT. Ridho Wira Pratama yang beralamat di Jl. Raya Cisoka Adiyarsa Kelurahan Bojong Loa Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang-Banten untuk mengamati sistem yang berjalan saat ini, guna mendapatkan data secara langsung pada objek yang diteliti sebagai bahan untuk menulis laporan.
  2. Wawancara (Interview)
    Setelah penulis melakukan metode observasi, selanjutnya penulis berbicara dan memberikan beberapa pertanyaan secara langsung, yakni dari narasumber PT. Ridho Wira Pratama Tangerang Bapak Eko yang menjabat sebagai supervicer untuk memperoleh data informasi yang diperlukan dan mengetahui alur penjualan produk yang sedang berjalan.
  3. Pustaka (Literature)
    Sesudah melaksanakan kedua metode, maka penulis menyusun laporan penelitian, dengan mencari informasi dari beberapa sumber-sumber seperti buku dan sebagainya, guna melengkapi dalam penyusunan laporan SKRIPSI.

Metode Analisis Sistem

Pada penelitian ini digunakan teknik analisa berorientasi obyek dengan UML. Proses analisis dilakukan terhadap hasil tahapan pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.

Metode Perancangan Sistem

Setelah beberapa metode dilaksanakan penulis, selanjutnya yaitu melalakukan metode perancangan sistem, dalam metode ini, penulis menggunakan Metode Prototype dengan tools atau Software UML sebagai rancangan sistem yang diusulkan, dan Macromedia Deamweaver untuk editing dan listing PHP, serta penggunaan MySql sebagai database.

Metode Prototype

Selanjutnya Penulis menggunakan metode prototype, Dalam menerapkan metode prototype ini menggunakan Evolutionary karena pada metode ini, hasil prototype tidak dibuang tetapi digunakan untuk iterasi desain berikutnya. Dalam hal ini, sistem atau produk yang sebenarnya dipandang sebagai evolusi dari versi awal yang sangat terbatas menuju produk final atau produk akhir.

Metode Testing

Salah satu metode yang digunakan si peneliti dalam peneliti ini adalah metode testing black box, dengan menggunakan metode ini peneliti dapat menemukan kesalahan dan mendemonstrasikan fungsional aplikasi saat dioperasikan apakah input diterima dengan benar dan output telah sesuai dengan yang sudah diharapkan.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas mengenai Laporan Skripsi, penulis mengelompokan laporan ini menjadi beberapa sub-sub dengan sistematika penulisan. Penulisan ini terdiri dari lima bab dan beberapa lampiran.

BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penulisan, metodologi penelitian, sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Bab kedua ini berisi tentang landasan teori sebagai konsep dasar dalam pembentukan system, peralatan pendukung (system tool) dan beberapa definisi yang sesuai denan peneletian sehingga menghasilkan karya yang bernilai ilmiah dan memliki daya guna

BAB III : ANALISIS SISTEM BERJALAN

Menganalisis sistem yang sedang berjalan di PT. Ridho Wira Pratama Tangerang yang selanjutnya diharapkan dapat diperoleh suatu jalan keluar untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh penjualan tersebut. Bab ini juga berisi tentang sejarah Perusahaan, visi dan misi, struktur organisasi, deskripsi pekerjaan, analisa sistem yang sedang berjalan yang digambarkan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML).

BAB IV : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Pada bab ini berisi rancangan sistem yang akan di usulkan pada PT. Ridho Wira Pratama Tangerang, bagaimana usulan tersebut dapat diterima dan dapat diterapkan yang nantinya akan bermanfaat bagi PT. Ridho Wira Pratama Tangerang itu sendiri.

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dari hasil pengamatan dan penelitian yang telah dilakukan pada skripsi ini dan beberapa saran yang dapat disampaikan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

1. Definisi Perancangan Sistem

Perancangan Sistem merupakan tahap selanjutnya setelah analisa sistem. Setelah mendapatkan gambaran dengan jelas tentang apa yang akan dikerjakan pada analisa sistem.

Menurut Siti Aisyah dan Nawang Kalbuana dalam jurnal CCIT (Aisyah dkk,2011:203) Pada metode analisa sistem dan perancangan yang menggunakan metode yang dikenal dengan nama ”System Develoment Life Cycle (SDLC). SDLC merupakan metodelogi umum dalam pengembangan sistem yang menandai kemajuan dai usaha analisa dan desain”. Langkah-langkah SDLC meliputi fase-fase sebagai berikut:

  1. Perancangan Sistem
    Dalam tahapan perencanaan sistem ini dijelaskanbagaimana langkah-langkah dalam perancangan aplikasi kemahasiswaan dengan teknologi mobile.
  2. Analisa Sistem
    Analisa sistem yang akan dirancang, serta melakukan penelitian terhadap kebutuhan-kebutuhan sistem, apa saja kekurangannya.
  3. Perancangan
    Yaitu tahapan untuk melakukan perancangan aplikasi mobile, terdapat tiga tahapan perancangan, yaitu: perancangan interface, perancangan isi, dan perancangan program.

Dari definisi di atas dapat diketahui bahwa tujuan dari pada perancangan sistem adalah untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem dan juga untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemprogram komputer dan ahli-ahli tekhnik lainnya yang terlibat.

1. Tujuan Perancangan Sistem

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari tahap perancangan sistem mempunyai maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk memenuhi kebutuhan pemakai sistem (user)
  2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan menghasilkan rancang bangun yang lengkap kepada pemrograman komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat dalam pengembangan atau pembuatan sistem.

Untuk mencapai tujuan tersebut analis sistem harus dapat mencapai sasaran-sasaran sebagai berikut :

  1. Perancangan sistem harus berguna, mudah dipahami dan digunakan
  2. Perancangan sistem harus dapat mendukung tujuan utama perusahaan yang telah didefinisikan pada tahap perencanaan sistem.
  3. Perancangan sistem harus efisien dan efektif untuk dapat mendukung pengolahan transaksi, pengolahan informasi, laporan manajemen dan mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen, termasuk tugas-tugas lainnya yang tidak dilakukan oleh komputer.
  4. Perancangan sistem harus dapat mempersiapkan rancang sistem dalam rancang bangun terinci untuk masing-masing komponen dari sistem informasi yang meliputi:
    a. Data dan Informasi

Contributors

Wildanul Maliki