SI1222473352

Dari widuri
Revisi per 13 Februari 2017 07.10 oleh Reza zulian pramana (bicara | kontrib) (Definisi SiS+)


Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN APLIKASI FORMULIR SIS+

DENGAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE

BERBASIS ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

OLEH:

1222473352 TAUFAN JHERICO HUTAPEA

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN APLIKASI FORMULIR SIS+

DENGAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE

BERBASIS ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

Disusun Oleh:

NIM  : 1222473352
Nama  : Taufan Jherico Hutapea
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Software Engineering

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung_Rahardja, M.T.I)         (Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594         NIP : 001405

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN APLIKASI FORMULIR SIS+

DENGAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE

BERBASIS ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1222473352
Nama  : Taufan Jherico Hutapea

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Ary Budi Warsito, M.Kom)     (Ruli Supriati, MTI)
NID : 10013     NID : 08166

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN APLIKASI FORMULIR SIS+

DENGAN MENGGUNAKAN WEB SERVICE

BERBASIS ANDROID PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1222473352
Nama  : Taufan Jherico Hutapea

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2015/2016

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 19 2017

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
([[_____]],______)   ([[_______]], _____ )   ([[________]], _____)
NID :______   NID :_______   NID :______

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM  : 1222473352
Nama  : Taufan Jherico Hutapea
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Software Engineering

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2017
Taufan Jherico Hutapea
NIM. 1222473352

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

 

ABSTRAKSI

Android merupakan sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile, Android menyediakan platform terbuka untuk para pegembang untuk menciptakan aplikasi. Aplikasi yang merupakan suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk kebutuhan manusia sangat diperlukan untuk saat ini. Para mahasiswa sendiri sudah banyak yang menggunakan aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan keadaan seperti itu maka perguruan tinggi khususnya Perguruan Tinggi Raharja akan menerapkan aplikasi dalam formulir SiS+. Karena selain penggunaan internet yang kecil, aplikasi sangat mudah untuk dipakai. Formulir SiS+ Perguruan Tinggi Raharja belum memiliki sistem aplikasi, para mahasiswa masih mengakses formulir SiS+ dalam bentuk sistem web. Dengan memanfaatkan web service, sistem dapat melakukan pertukaran informasi antara sistem dengan sistem. Oleh sebab itu peneliti melakukan pembuatan sistem aplikasi dengan menggunakan web service yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para mahasiswa dan memenuhi kebutuhan sistem informasi yang efektif dan efisien dan juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa

Kata Kunci: Aplikasi, Android, Sistem Informasi, SiS+

 

ABSTRACT

Android is an operating system for mobile devices, Android provides an open platform for the developer to create the application. Applications which is a unit of software that is made for human needs is indispensable for today. The students themselves have been many who use applications to meet their needs. In such circumstances, the universities, especially universities Raharja will apply in the application form and SiS +. Because in addition to small internet usage, the application is very easy to wear. SiS + Form College Raharja not have a system application, the students still access the form SiS + in the form of web systems. By utilizing a web service, the system can exchange information between systems with the system. Therefore, investigators working on creating the application system using a web service that is expected to meet the needs of students and meet the needs of information systems effectively and efficiently and also can improve services to students.

Keywords: Applications, Android, Information Systems, SiS +

 

 

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’aalamin.

Segala puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi rahmat dan karunia-Nya, sehingga peneliti dapat menyusun dan menyelesaikan Laporan Skripsi ini yang berjudul “Perancangan Aplikasi Formulir SiS+ Dengan Menggunakan Web Service Berbasis Android Pada Perguruan Tinggi Raharja”.

Laporan Skripsi ini penulis buat untuk memenuhisalah satu syarat untuk mengikuti Sidang Skripsi pada Jurusan TeknikInformatika dengan konsentrasi Software Engineering di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja Iinformatika Tangerang.

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku selaku Ketua STMIK RAHARJA.
  2. Bapak Drs Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang AkademikSTMIK Raharja.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Ary Budi Warsito, M. Kom selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan waktu dan saran kepada peneliti untuk dapat menyelesaikan laporan Skripsi.
  6. Ibu Ruli Supriati, M.TI selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan waktu dan saran kepada peneliti untuk dapat menyelesaikan laporan Skripsi
  7. Ayah, Ibu, dan seluruh keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan moril maupun materil serta doa untuk keberhasilan peneliti
  8. Sahabat – sahabat yang selalu saling memberikan support satu sama lain.
  9. Semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu per satu yang telah membantu penyusunan laporan ini.

</p>

Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua kebaikan dan memberikan Rahmat serta Kasih SayangNya kepada semua pihak yang telah membantu Peneliti dalam menyelesaikan Laporan Skripsi.

Peneliti menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Skripsi ini jauh dari sempurna, karena keterbatasan kemampuan Peneliti dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunannya. Oleh karena itu Peneliti mengharapkan bantuan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada kesempatan yang akan datang.

Harapan Peneliti semoga Laporan Skripsi ini dapat bermanfaat bagi Peneliti dan semua pihak yang memerlukannya.

Tangerang, 19 Januari 2017
Taufan Jherico Hutapea
NIM. 1222473352

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pelayanan bagian dari proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas manusia secara langsung, atau menyediakan segala apa yang diperlukan manusia. Pelayanan sebagai usaha melayani kebutuhan manusia, sedangkan melayani adalah membantu menyiapkan atau mengurus apa yang diperlukan manusia.

Komputer bagian dari benda yang bisa melayani manusia yang digunakan untuk mengerjakan dan memproses data ketika sedang bekerja, tetapi seiring berjalannya waktu, komputer dibuat menjadi lebih praktis dan dapat dibawa kemana saja atau yang disebut juga mobile, seperti handphone.

Mobilephone saat ini sangat diminati oleh masyarakat karena beragam fitur, dan terdapat beberapa sistem operasi yang sangat diminati oleh masyarakat seperti android, ios, windows phone. Berbagai keunggulan dari ssitem operasi tersebut adalah di dalamnya terdapat aplikasi yang tersedia untuk memebuhi kebutuhan. Mobile aplikasi dapat melakukan hal yang sama seperti komputer, seperti melakukan pembayaran listrik, dan juga bisa berkomunikasi seperti chatting, video call hingga bermain game. Bukan untuk itu saja, mobile aplikasi juga dibutuhkan kampus-kampus pada saat ini.

Dengan adanya mobile aplikasi aktivitas mahasiswa jadi lebih ringan, khusus nya kebutuhan-kebutuhan untuk mengakses informasi yang ada di kampus maupun mengakses kebutuhan pribadi. Berdasarkan gambaran di atas pada tentang mobile aplikasi penulis mencoba menggambarkan bagaimana mobile aplikasi tersebut bisa diterapkan pada Perguruan Tinggi Raharja. Dengan adanya mobile aplikasi diharapkan memepermudah mahasiswa dalam melakukan aktivitas nya. Penulis akan mencoba menerapkan mobile aplikasi tersebut pada sistem informasi SiS+ di Perguruan Tinggi Raharja.

Perguruan Tinggi Raharja memiliki program sistem informasi untuk melayani kebutuhan mahasiswa yang bernama SiS+. SiS+ (Student Ilearning Service Plus) adalah software yang dirancang khusus untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada mahasiswa dan berfungsi untuk memberikan informasi mengenai jadwal kuliah mahasiswa berdasarkan semester terpilih, menyediakan layanan pembuatan formulir yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan sebagainya secara cepat dan real time dan lain-lain.

Sistem informasi SiS+ pada Perguruan Tinggi Raharja sekarang masih mengggunakan sistem berbasis web dan belum memiliki sistem yang berbasis mobile, seperti yang kita tahu bahwa aplikasi android dekat dengan mahasiswa pengguna sepanjang waktu dan untuk tampilan layar lebih baik di banding mengakses web menggunakan mobile. Karena aplikasi mobile android mendapatkan produktivitas maksimum dengan tenaga sedikit, sedangkan pengguna web akan menghabiskan banyak waktu dengan sistem web karena butuh internet yang lebih besar. Oleh karena itu penulis akan menerapkan sistem informasi SiS+ dengan menggunakan mobile aplikasi, sehingga sistem informasi SiS+ bisa diakses melalui mobile aplikasi Android.

Berdasarkan latar belakang di atas maka judul dari penelitian SKRIPSI ini adalah “Perancangan Aplikasi Formulir SiS+ Dengan Menggunakan Web Service Pada Perguruan Tinggi Raharja Berbasis Android” .

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat diuraikan beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain:

  1. Bagaimana sistem SiS+ yang berjalan pada perguruan tinggi Raharja?
  2. Bagaimana cara merancang atau mengembangkan sistem informasi SiS+ dalam aplikasi Android?
  3. Bagaimana cara menampilkan formulir sisplus pada aplikasi Android?
  4. Bagaimana cara mendownload formulir yang ada di aplikasi sisplus?

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup penelitian dibatasi pada sistem mobile aplikasi yang akan diterapkan pada sistem informasi SiS+

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah:

  1. Tujuan operasional penelitian disini adalah Untuk membuat sistem informasi SiS+ berbasis mobile app.
  2. Tujuan fungsional dari penelitian ini yaitu agar hasil dari penelitian ini dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Tujuan penelitian individual adalah untuk menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, pengenalan dan pengamatan sebuah sistem mobile aplikasi pada sistem informasi SiS+ pada Perguruan tinggi Raharja.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:

Untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mengakses sistem informasi SiS+ kapan saja dan dimana saja. Dan untuk menjadi referensi untuk pengembangan sistem kearah mobile, serta bisa menjadi aplikasi yang disukai mahasiswa dan dosen. Dan manfaat peneliti yaitu dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Raharja dengan membuat laporan yang sistematis

Metode Penelitian

Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan untuk penyusunan SKRIPSI ini, maka digunakan beberapa metode, Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah sebagai berikut:

Metode Pengumpulan Data

Dalam mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode sebagai berikut:

1. Observasi

Metode observasi (pengamatan) adalah metode pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung atau peninjauan secara cermat pada objek yang di teliti. Dalam hal ini peneliti mengunjungi sebuah instansi akademik tepatnya pada Raharja Enrichment Center (REC) sebagai lokasi penelitian untuk mengamati hal atau kondisi yang ada di lapangan dan meminta data yang diperlukan sebagai bahan untuk menulis laporan.

2. Wawancara

Metode wawancara dilakukan dengan proses tanya jawab kepada pihak yang bersangkutan untuk memperoleh informasi untuk mendukung dalam pengembangan aplikasi mobile, disini penulis mewawancarai bapak Muhammad Yusup

3. Studi Pustaka

Yaitu metode untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi dengan masalah yang diteliti. informasi dapat diperoleh dengan mempelajari buku-buku dan literature yang ada. Serta melakukan searching pada internet.

Metode Pengujian

Dalam penelitian ini metode pengujian yang digunkaan yaitu blackbox testing. metode pengujian ini adalah cara atau teknik yang digunakan untuk menguji perangkat lunak, dan untuk mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mengeliminasi suatu kesalahan yang terjadi.

Metode Perancangan

Tahap analisa sistem yaitu: menganalisa sistem yang sedang berjalan, memahami kerja sistem yang berjalan, dan mengidentifikasi kebutuhan informasi sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode perancangan dengan 3 macam diagram uml (unified Modeling language) melalui tahapan menggunakan use case diagram, activity diagram dan sequence diagram, dengan menggunakan framework yang disesuaikan kebutuhan stakeholder. Bahasa pemograman yang digunakan adalah HTML5 dan PHP.

Metode Prototype

Pada metode perancangan ini peneliti metode prototype evolutionary karena peneliti memandang evolusi sistem yang awal menuju ke sistem akhir.

Sistematika Penulisan

Penulisan laporan penelitian di lakukan dengan cara mengelompokan materi menjadi sub bab dengan sistematika sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
    Pada bab ini berisikan tentang latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
    Bab ini berisikan tentang teori-teori yang diambil dari beberapa kutipan buku yang berkaitan dengan sistem serta permasalahan yang di bahas seperti sistem informasi SiS+ dan literature review
BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
    Bab ini berisikan tentang gambaran umum Perguruan Tinggi Raharja yang terdiri dari sejarah singkat, struktur organisasi, dan tugas serta tanggung jawab. Tata laksana sistem yang berjalan yang terdiri dari prosedur sistem yang berjalan. Permasalah yang dialami dan solusi pemecahan masalah
BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
    Bab ini berisi tentang sistem yang diusulkan, rancangan sistem mengenai tampilan – tampilan mobile APLIKASI.
BAB V PENUTUP
    Bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil penelitian dan saran dari hasil penelitian

DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka ini berisi studi pustaka yang digunakan sebagai referensi untuk menyusun laporan ini.

LAMPIRAN
Lampiran ini merupakan daftar yang memuat keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

1. Definisi Sistem

Menurut Al Fatta dalam Muhamad T dan Bambang E (2013:50). [1],sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan atau organisasi.

Menurut Ladjamudin dalam Riasti dkk (2011:36). [2],Sistem adalah bagian bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud

Menurut Abdul Kadir dalam Nuari (2013:2). [3],Sistem adalah sekumpulan elemen yang bekerja sama dalam suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi yang berguna.

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan sistem adalah kumpulan dari bagian yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan..

2. Karakteristik Sistem

Menurut Nasikin (2013:20). [4],Suatu sistem mempunyai karakterisitik tertentu yaitu:

1. Komponen Sistem

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen- komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem sekecil apapun, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut supra sistem.

2. Batas Sistem

Batas sistem ( boundary ) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan situasi sistem yang dipandang sebagai satu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup ( scope ) dari sistem tersebut.

3. Lingkungan Luar Sistem

Lingkungan luar (environment) dari suatu sistem adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, jika tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.

4. Penghubung Sistem

Penghubung (interface) merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem yang lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem lainnya membentuk satu kesatuan.

5. Masukan Sistem

Masukan ( input ) adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukkan dapat berupa masukan perawatan ( maintenance input ) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh di dalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

6. Keluaran Sistem

Keluaran (output) adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supra sistem. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil dari sisa pembuangan, sedang informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.

7. Pengolah Sistem

Suatu sistem dapat mempunyai bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan yang lain menjadi keluaran berupa barang jadi. Misalnya, sistem akuntansi akan mengolah data-data transaksi menjadi laporan-laporan keuangan dan laporan-laporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen.

8. Sasaran Sistem

Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran ( objective ). Jika suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada mempunyai nilai guna. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.

Konsep Dasar Data

1. Definisi Data

Menurut Muhamad T dan Bambang E (2013:1). [1],data merupakan deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

Menurut Abdul Kadir dalam Muhamad T muslih dan Bambang E (2013:1). [1],Data adalah suatau bahan mentah yang kelak dapat diolah lebih lanjut untuk menjadi sesuatu yang lebih bermakna.

Menurut Rainer dan Cegielski dalam Oktavia (2011:94). (2013:1). [5],Data adalah deskripsi dasar mengenai sesuatu, peristiwa, aktivitas, dan transaksi yang dicatat, diklasifikasikan, dan disimpan tapi tidak terorganisasi dalam menghasilkan suatu makna yang spesifik.

Dari pendapat di atas, dapat disimpulkan data adalah kejadian atau peristiwa yang di catat dan dapat menghasilkan makna.

Konsep Dasar Informasi

1. Definisi Informasi

Menurut Riasti dkk (2011:36). [6],Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerima nya.

Menurut John dan Gary dalam Sinta S dan Berliana K (2011:29). [7],Informasi adalah data yang telah diletakan dalam konteks yang lebih berarti dan berguna yang dikomunikasikan kepada penerima untuk digunakan di dalam pembuatan keputusan.

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan data informasi adalah informasi adalah data yang sudah diolah dan menjadi lebih berguna untuk penerima.

Konsep Dasar Sistem Informasi

1. Definisi Sistem Informasi

Menurut Ladjamudin dalam Muhamad T dan Bambang E (2013:1) [1],sistem informasi adalah satu kesatuan data olahan yang terientegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.

Menurut Abdul Kadir (2014:8) [3],sistem informasi adalah sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan.

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan sistem informasi adalah satu kesatuan dan sekumpulan komponen yang dapat menhasilkan output yang baik dan mencapai suatu sasaran.

Konsep Dasar Sistem Informasi

Menurut Poerwandari dalam Dewi (2013:8).[8],Observasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan memperhatikan secara akurat, dan mencatat fenomena. Data observasi dikatakan penting oleh poerwandari (Dewi, 2013:8) karena dengan metode observasi akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konteks yang sedang diteliti.

Definisi Wawancara

Menurut Poerwandari dalam Dewi (2013:8).[8]wawancara adalah percakapan yang terjadi antara pewawancara (interviewer) yang mengajukan pertanyaan dan yang diwawancarai (interview) yang memberikan jawaban. Menurut meleong dalam dewi (2013:8) maksud dilakukan wawancara untuk mengetahui informasi tentang pribadi responden, perasaan, pendapat, anggapan, aktivitas, motivasi dan tujuan.

Definisi Studi Pustaka

Menurut Purnama (2011:2) [6]studi kepustakan merupakan metode pengumpulan data dengan cara mempelajari literature, pake modul dan panduan, buku-buku pedoman, buku-buku perpustakaan dan segala kepustakaan lainnya yang dianggap perlu dan mendukung

Teori Khusus

Definisi SiS+

Menurut Warsito dkk,[9]SIS merupakan kepanjangan dari Student Information Services yang mengandung pengertian sebuah software yang dirancang khusus untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada mahasiswa dan berfungsi untuk memeberikan informasi mengenai: jadwal kuliah mahasiswa berdasarakan semester terpilih, Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa (persemester), tabel Indeks Presentasi Komulatif (IPK), Daftar Nilai, menyediakan layanan pembuatan form yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan sebagainya secara cepat dan real­time. Ada beberapa versi SIS yang dapat dikembangkan diantaranya adalah validasi, Touch screen dan voucher, sis for alumni, OJRS, OOJRS, Batal Tambah Mahasiswa, SIS Adm. Dosen, OJRS for Akademik, Assignment, OJRS, OOJRS, Batal Tambah Mahasiswa, SIS Adm Dosen, OJRS for Akademik, Assignment, OJRS Data Mining, SIS, RPU, SIS, Akademik, SIS Next, serta SIS IAC (intelligentAccesCard).

SIS mengandung pengertian sebuah software yang dirancang khusus untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada mahasiswa dan berfungsi untuk memberikan informasi mengenai:

1. Jadwal kuliah mahasiswa berdasarkan semester terpilih.

2. Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa (persemester).

3. Tabel Indeks Prestasi Komulatif (IPK).

4. Daftar Nilai.

5. Menyediakan layanan pembuatan form yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan sebagainya secara cepat dan real­time.

Konsep Dasar Aplikasi

1. Definisi Aplikasi

Menurut Nurcahyono (2012:16). [10]Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.

Menurut Astuti (2011:34). [11]Aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas.

Berdasarkan pendapat di atas, daapt disimpulkan bahwa aplikasi adalah perangkat lunak atau program yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi.

Konsep Dasar Perangkat Mobile

1. Definisi Mobile

Menurut Turban (2012:277). [12]Mobile application juga biasa disebut dengan mobile apps, yaitu istilah yang digunakan untuk medeskripsikan aplikasi internet yang berjalan pada smartphone atau piranti mobile lainnya. Aplikasi mobile biasanya membantu para penggunanya untuk terkoneksi dengan layanan internet yang biasa diakses pada PC atau mempermudah mereka untuk menggunakan aplikasi internet pada piranti yang bisa dibawa.

Menurut Trisnadoli (2015:69). [13]Mobile adalah perangkat lunak yang berjalan pada platform mobile seperti PDA, handphone, tablet pc dan smartphone.

2. Karakteristik Perangkat Mobile :

Menurut Trisnadoli (2015:70) [13]karakteristik aplikasi mobile sebagai berikut

1. Ukuran yang kecil

Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.

2. Memory yang terbatas

Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).

3. Daya proses yang terbatas

Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop

4. Mengkonsumsi daya yang rendah

Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop

5. Kuat dan dapat diandalkan

Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.

6. Konektivitas yang terbatas

Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung.

7. Masa hidup yang pendek

Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala.

Definisi Android

Menurut Safaat (Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC berbasis Android, 2012:1) [14]Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri yang akan digunakan untuk bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Menurut Mukhlason dkk (2012:3). [13]Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi.

Menurut Wahana dalam Juliansah dkk (2014:48). Mengemukakan perkembangan Android dan keunggulannya diantaranya sebagai berikut:

Gambar 2.2 versi Android (sumber : http://www.Androiddevice99.com/)

Bahasa Pemograman JavaScript

Menurut Prasetio (2014:291), [15]JavaScript adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat web lebih dinamis dan interaktif. JavaScript terintegrasi langsung dengan HTML, kode JavaScript biasanya dituliskan dalam bentuk fungsi yang ditaruh di tag <head> yang dibuka dengan tag <script type=”teks/javascript”>. Kode JavaScript juga bisa diletakkan di file tersendiri yang berkstensi JS (singkatan dari JavaScript).

Bahasa Pemograman HTML

Menurut Sujatmiko (2012:128)[16]), HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web page atau program yang digunakan untuk menulis (membuat) halaman web di internet. Fasilitas / bahasa ini biasanya mempunyai ekstensi htm, html, dan shtml.

Definisi PHP

Menurut Supriyanto dalam Muhamad T dan Bambang E (2013:2) [1]), PHP : “Hypertext Preprocessor”, yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada hypertext markup language (HTML)

Definisi JSON

Menurut Lanthaler, M dan Gutl, C. (2012:1) [1]), JSON yang merupakan singakatan dari JavaScript Object Notation adalah format bahasa pertukarann data ringan yang mudah diurai dan dihasilkan.

Definisi Web Service

Menurut Nuari (2014:2)[16]), web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada suatu jaringan. web service bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antar pemograman dan perusahaan, yang memungkinkan sebuah fungsi di dalam web service dapat dipinjam oleh aplikasi lain tanpa perlu mengetahui detail pemograman yang ada di dalamnya.

Menurut Xiaofei (2014:218) [17]),web service adalah sebuah abstraksi yang didefinisikan secara semantik, baik dari serangkaian kegiatan komputasi atau fisik yang melibatkan sejumlah sumber daya, dimasudkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau kebutuhan bisnis.

Definisi WSDL

Menurut darmawangsan dkk (2016:3) [17]), WSDL (Web Service Description Language) adalah format XML yang digunakan untuk menerangkan web service. WSDL menyediakan sebuah kamus XML untuk menjabarkan detil-detil ini.

Definisi XML

Menurut Darmawagsan dkk (2016:3)[17]), Extensible Mark up Language (XML) merupakan salah satu metamarkup language yang berupa teks biasa seperti dokumen HTML. Namun XML dapat menyediakan format tag yang dapat kita tentukan sendiri untuk menggambarkan data secara terstruktur.

Definisi UDDI

Menurut Darmawagsan dkk (2016:3)[17]),UDDI merupakan suatu directory service untuk web service, dimana di dalamnya kita bisa mencari web service berdasarkan keyword dan kategori tertentu.

Definisi Android studio

Menurut Adibhadiansyah (2016:2)[18]),Android studio adalah sebuah IDE untuk Android Development yang diperkenalkan google pada acara google I/O 2013. Android studio merupakan pengembangan dari eclipse IDE, dan dibuat berdasarkan IDE Java populer, yaitu IntelliJ IDEA. Android studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android studio.

Yii Framework

Menurut Warsito dkk (2014:444), [19]),Yii adalah framework (kerangka kerja) PHP berbasis­komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi Web berskala­besar. Yii adalah free software dengan lisensi BSD licence, aplikasi web framework open­sourceyang ditulis dengan PHP5. Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman Web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan. Nama Yii (dieja sebagai /i:/) singkatan dari “Yes It Is!”.

DAFTAR PUSTAKA

  1. 1,0 1,1 1,2 1,3 1,4 1,5 Al Fatta dalam Muhamad T dan Bambang E. 2013.
  2. Ladjamudin dalam Riasti dkk. 2011.
  3. 3,0 3,1 Abdul Kadir dalam Nuari. 2013.
  4. Nasikin. 2011.
  5. Rainer dan Cegielski dalam Oktavia. 2011
  6. 6,0 6,1 Fahrudin A, Purnama B.E, Riasti B.K. Jurnal Speed –Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi. “Pembangunan Sistem Informasi Layanan Haji Berbasis Web Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Ar Rohman Mabrur Kudus”. Volume 3 no 1-2011. ISSN : 1979-9330
  7. John dan Gary dalam Sinta S dan Berliana K. 2011
  8. 8,0 8,1 Poerwandari dalam Dewi. 2013
  9. Warsito, A.B, Muhamad, Y, Makaram, M.I.A. 2015. Jurnal Perancangan Sis+ Menggunakan Metode Yii Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja
  10. Nurcahyono. 2012
  11. Astuti, D.P. 2011. Jurnal Speed.”Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari”. Volume 3 no 4. ISSN 1979-9330
  12. Turban. 2012. Electronic Commerce. A Managerial And Social Networks Perspective. ISSBN 978-3-319-10091-3
  13. 13,0 13,1 13,2 Trisnadoli, A. 2015. Jurnal Komputer Terapan. “Analisis Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak Pada Software Game Berbasis Mobile” Volume 1 no 2. November
  14. Safaat. 2012
  15. Prasetio. 2014
  16. 16,0 16,1 Sujatmiko. 2012
  17. 17,0 17,1 17,2 17,3 Xiaofei . 2014
  18. Adibhadiansyah. 2016
  19. Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama .5B18.5D