SI1222472113
PENERAPAN SISTEM REALTIME BIDDING PADA
APLIKASI LELANG ONLINE MENGGUNAKAN LARAVEL
DAN VUE.JS DI CURALIB TECH
Disusun Oleh :
NIM |
: 1222472113
|
NAMA |
: GARRYANDI FAHRYAN
|
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING
UNIVERSITAS RAHARJA
TANGERANG
2019/2020
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENERAPAN SISTEM REALTIME BIDDING PADA
APLIKASI LELANG ONLINE MENGGUNAKAN LARAVEL
DAN VUE.JS DI CURALIB TECH
Disusun Oleh :
NIM |
: 1222472113
|
Nama |
: GARRYANDI FAHRYAN
|
Telah Disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Studi Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Disetujui Oleh :
Tangerang, Juli 2019
Pembimbing I |
Pembimbing II
| |||
(Nasril Sany, M.Kom) |
(Ilamsyah, M.Kom)
| |||
NID : 08190 |
NID : 011716
|
UNIVERSITAS RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENERAPAN SISTEM REALTIME BIDDING PADA
APLIKASI LELANG ONLINE MENGGUNAKAN LARAVEL
DAN VUE.JS DI CURALIB TECH
Disusun Oleh :
NIM |
: 1222472113
|
Nama |
: GARRYANDI FAHRYAN
|
Disetujui setelah berhasil dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Sistem Informasi
Konsentrasi Komputer Akuntansi
Tahun Akademik 2017/2018
Disetujui Penguji :
Tangerang, Juli 2019/p></div>
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
<p style="line-height: 2">
Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalammenyelesaikan Program Pendidikan Strata1 Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja.</p><p style="line-height: 2">
Penulis menyadari bahwa dengan pertolongan dan izin-Nya,kemudian adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak, penulisdapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya.</p>- Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si, selaku Rektor Universitas Raharja.
- Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom, selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
- Bapak Padeli, M.Kom, selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
- Ibu Ruli Supriati, S.Kom., M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
- Bapak Nasril Sany, M.Kom sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
- Bapak Ilamsyah, M.Kom sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
- Bapak Ahmad Padli selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.
- Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
- Keluarga tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
- Teman-teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.
<p style="line-height: 2">Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih
baik lagi. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.</p>
Tangerang, 18 Juli 2019 | |
Garryandi Fahryan | |
NIM. 1222472113 |
Daftar isi
BAB I
Latar Belakang
<p style="line-height: 2"> Saat ini yang merupakan zaman digital, kita sangat mudah untuk menjual barang secara online baik barang yg baru maupun barang yang bekas. Orang yang akan datang dan menanyakan barang tersebut adalah orang yang butuh, karena orang tersebut memang yang membuka toko
online atau marketplace -nya.</p><p style="line-height: 2">Yang menjadi masalah adalah, orang-orang yang mau membeli di toko online tersebut jika membeli barang bekas selalu menawar harga hingga terendah, sehingga penjual barang bekas tersebut kurang mendapatkan keuntungan apabila yang dijualnya adalah barang-barang
yang tergolong harganya tinggi, seperti kendaraan dan properti.</p>berharga tinggi membutuhkan, ditargetkan dan tidak kepada menawarkan orang yang benar-benar penurunan harga, tetapi menawarkan dengan harga yang lebih tinggi dari harga minimal yang diberikan oleh penjual barang tersebut, dengan syarat penjual barang
tersebut tidak mematok harga sebesar harga jual di toko online .</p>berdiri di bidangnya tersebut (yaitu pelelangan), perusahaan tersebut 12 bernama PT Altolelang yang saat ini ada di wilayah Jakarta Barat dan
Bandung.</p>software house di Jakarta. Software House tersebut melayani satu client , yaitu PT Altolelang tersebut yang nantinya ingin membuat lelang versi
online yang semisal dengan marketplace .</p>aplikasi yang sifatnya realtime dan perlu menanggapi penawaran yang akan diakses oleh orang banyak secara cepat, dan bahkan harus bisa menanggapi jika ada beberapa orang yang akan menawarkan barang
lelangan tersebut secara bersamaan.</p>Realtime Bidding ini akan diaplikasikan pada aplikasi lelang online ini. Realtime Bidding sebenarnya pada praktiknya, digunakan di setiap marketplace untuk mengiklankan barang dengan keyword tertentu, yang keyword tertentu tersebut digunakan tidak mungkin hanya oleh satu
orang, tetapi bisa banyak orang yang memburu keyword tersebut.</p>siapa yang bayarannya paling besar, dia yang akan menggunakan
keyword tersebut.</p>Rumusan Masalah
- <p style="line-height: 2">Apakah kegiatan pelelangan dapat dilakukan secara online dengan menggunakan sistem Realtime Bidding ?</p>
- <p style="line-height: 2">Apakah Vue.js bisa digunakan untuk membuat sistem pelelangan online tersebut menjadi realtime ?</li>
-
Bagaimana hasil dari jalannya proses penawaran lelang online pada saat sebelum dan setelah sistem realtime bidding ini diterapkan?
-
Metodologi Agile untuk proses development-nya.
-
Perancangan sistem pelelangan yang sebelumnya adalah pelelangan secara bukan online menjadi online .
-
Perancangan proses pelelangan menjadi realtime dengan menggunakan Vue.js.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Tujuan dari laporan ini adalah untuk menjabarkan penerapan sistem realtime bidding pada aplikasi lelang online tersebut dan menjabarkan bagaimana implementasinya ke dalam bahasa pemrogramannya.
Selain mempermudah itu tujuan dari laporan proses kegiatan ini juga pelelangan untuk serta pembayarannya yang semua akan dilakukan secara online . Pembayaran sekaligus bid -nya akan dilakukan secara online menggunakan saldo khusus PT Altolelang yang semacam seperti pulsa atau dompet online .
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini dari sisi penulis adalah penulis dapat lebih mensinkronisasikan antara ilmu teori dan fakta yang terjadi di lapangan sehingga dari ilmu teori tersebut, penulis dapat memecahkan permasalahan yang terjadi secara nyata.
Sedangkan manfaat untuk Curalib Tech adalah aplikasi lelang online-nya tersebut bisa dilakukan penawaran oleh banyak orang secara bersamaan, mengurangi resiko lambatnya dalam proses penawaran barang lelangan tersebut.
Adapun manfaat untuk para peserta lelang di PT Altolelang adalah para peserta tersebut dapat melakukan kegiatan pelelangannya tanpa harus datang ke lokasi pelelangan tersebut.
Metode Penelitian
Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
Metode Pengumpulan Data
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dengan cara mengumpulkan dan menggambarkan data mengenai keadaan secara langsung dari lapangan atau objek dari penelitian untuk mendapatkan data secara relevan.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mencari, mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan yaitu:.
- Metode Pengamatan Langsung (Observation)
Penulisan dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek yang diteliti terhadap data-data nasabah serta menganalisa sistem yang dibutuhkan untuk mengetahui unsur-unsur dari sistem tersebut .
- Metode Wawancara (Interview)
Adalah suatu metode untuk mendapatkan data dengan tatap muka dan tanya jawab secara lisan yang dilakukan oleh penulis dengan analis, serta melakukan pencatatan terhadap hasil wawancara untuk dijadikan sumber data.
- Metode Studi Pustaka (Library Research)
Suatu metode untuk mend apatkan data dengan cara mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian dari berbagai sumber yang tertulis dan mempelajari unsur-unsur objek yang diteliti.
Metode Analisa
Setelah proses pengumpulan data yang dilaksanakan melalui beberapa teknik, maka data yang sudah ada akan diolah dan dianalisa supaya mendapatkan suatu hasil akhir yang bermanfaat bagi penelitian. Dalam metode analisa sistem dilakukan melalu 4 (empat) tahap, yaitu :
- Survey terhadap sistem yang berjalan.
- Analisa terhadap temuan sistem.
- Identifikasi kebutuhan informasi.
- Identifikasi persyaratan sistem.
Metode Perancangan
Penulis menggunakan metode perancangan berorientasi objek dengan menggunkan tools UML. Perancangan sistem informasi debitur urut tanggal pada PT. Bank Mandiri Persero KCM Jati Uwung menggunakan software dalam perancangannya, antara lain:
- PHP, merupakan bahasa pemrograman yang dipakai.
- MySQL, merupakan database yang akan digunakan.
- Notepad++, merupakan software yang digunakan untuk men-design web yang akan dibuat.
UML dirancang dengan menggunakan software Visual Paradigma dalam pembuatan Use Case Diagram, Squance Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram.
Sistem Penulisan
Penulisan Skripsi ini disusun menjadi beberapa bab. Dalam setiap bab-nya diberikan gambaran mengenai pokok pembahasan yang ada, sehingga dengan demikian dapat memberikan penjelasan yang lengkap mengenai Skripsi ini. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis meguraikan latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, maksud dan tujuan penelitian, metode penelitian, metode waterfall, dan sistematika penulisan.
- Metode Pengamatan Langsung (Observation)
</ol>