SI1131469856: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Sistematika Penulisan)
(Metode Penelitian)
Baris 521: Baris 521:
  
 
==Metode Penelitian==
 
==Metode Penelitian==
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data, diantaranya :
 
</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2"></p></div>
 
===Metode Analisa Permasalahan===
 
<ol>
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Observasi (Pengamatan)<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">
 
Metode yang dilakukan penulis dengan melihat, meninjau dan mengamati secara langsung ke lapangan guna mendapatkan data untuk diteliti. Observasi ini dilakukan dengan pengamatan secara langsung ke PT. Anugerah Duta Pratama. </p></li>
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Wawancara<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">
 
Metode yang lakukan dengan cara mengadakan tanya jawab,  dilakukan dengan sistematis dan berlandaskan pada tujuan penelitian. Penulis menggunakan metode interview yaitu dengan melakukan Tanya jawab secara langsung dengan stakeholder .</p></li>
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Studi Pustaka<p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">
 
Materi-materi yang dipergunakan sebagai landasan diperoleh dari berbagai seumber tertulis, meliputi buku, koran, majalah, kamus, internet dan media komunikasi lainnya yang erat kaitannya dengan objek permasalahan .</p></li>
 
</ol>
 
  
===Metode Analisa Perancangan Media===
+
===Metode Pengumpulan Data===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Untuk memperoleh data yang diinginkan dalam penulisan laporan Skripsi ini menggunakan beberapa metode, adapun metode yang digunakan adalah : </p></div><ol><li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Observasi <br> Yaitu penulis mengadakan pengamatan langsung pada Kelurahan Desa Suka Asih Kec. Pasar kemis . Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang merupakan sumber informasi yang sangat penting yang dapat membantu dalam analisa dan untuk langkah selanjutnya dalam rangka pembangunan sistem tersebut.<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Wawancara <br> Interview adalah suatu metode untuk mendapatkan data dan keterangan mengenai data suatu hal dengan cara wawancara atau tanya jawab terhadap pihak-pihak yang terkait dalam hal ini. Penulis melakukan sesi tanya-jawab kepada stakeholder pada Kelurahan Desa Suka Asih Kec. Pasar kemis.<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Studi Pustaka <br>Studi pustaka yang dilakukan penulis bertujuan untuk memperoleh data melalui buku-buku literatur yang memiliki keterkaitan dengan penilitian sebagai bahan referensi. Buku referensi maupun buku pegangan umum yang dipakai berhubungan dengan masalah yang dihadapi guna membedakan dan memperoleh pendekatan teoritis juga untuk landasan teori yang mendukung pembahasan, juga melalui media internet untuk  memperoleh data yang berkaitan guna menunjang kelengkapan data.</ol>
 +
 
 +
===Metode Analisa===
 
<ol>
 
<ol>
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Metode Analisa Perancangan Media <p style="font-family: 'times new roman'text-align: justify;line-height: 2;text-indent: 0.5in">Perancangan media komunikasi visual sebagai penunjang media promosi dan informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, yang selanjutnya dirancang dengan menggunakan program komputer grafis. Media-media  yang akan  digunakan sebagai  sarana  penunjang  promosi PT. Anugerah Duta Pratama dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, dan Corel Draw.</p></li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Metode Analisa Sistem <br>Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Hal ini disebabkan, data akan menuntun kita ke arah temuan ilmiah, bila dianalisis dengan teknik-teknik yang tepat. Analisis dilakukan menggunakan metode analisis SWOT, yai tu kekuatan (strenghts), kelemahan (weakness), kesempatan (oppurtunities), dan yang menjadi ancaman (threats). Analisa SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilih berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktor, kemudian menerapkan dalam gambar matrik SWOT dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah menggunakan konsep service marketing mix (bauran pemasaran jasa) 7P-Product, Price, Promotion, Place, People, Process, dan Physical Evidence.<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;">Metode Analisa Perancangan Program <br> Dalam metode ini penulis menggunakan perancangan program dengan metode flowchart. Flowchart adalah representasi bergambar dari suatu algoritma dimana langkah-langkah digambarkan dalam berbagai bentuk kotak dan aliran logikanya terhubung dengan garis panah.</ol>
 +
 
 +
===Metode Perancangan===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada metode ini, penulis menggunakan metode terstruktur yaitu menggunakan flowchart untuk menjelaskan jalannya sistem yang digunakan. </p></div>
  
</ol>
+
===Metode Prototype===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Alat yang dibuat bersifat prototype atau simulasi alat yang dapat dipergunakan secara nyata uji coba dan penelitian menggunakan sensor Ultrasonic aktif.</p></div>
  
===Metode Konsep Desain===
+
===Metode Testing===
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Dalam skripsi ini metode testing yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan beberapa kategori, diantaranya : fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi dan terminasi.</p></div>
<p style="line-height: 2">
+
Dalam konsep desain akan disampaikan tahapan-tahapan proses desain media, yaitu : Layout Kasar, Layout Komprehensif, dan Final Art Work </p></div>
+
  
 
==Sistematika Penulisan==
 
==Sistematika Penulisan==

Revisi per 14 September 2015 15.08

PROTOTYPE ROBOT PEMBERSIH SAMPAH WADUK OTOMATIS DAN

MARTPHONE CONTROL BERBASIS ARDUINO PADA

KELURAHAN DESA SUKA ASIH KECAMATAN

PASAR KEMIS KAB TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1131469856
NAMA


JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PROTOTYPE ROBOT PEMBERSIH SAMPAH WADUK OTOMATIS DAN MARTPHONE

CONTROL BERBASIS ARDUINO PADA KELURAHAN DESA SUKA ASIH

KECAMATAN PASAR KEMIS KAB TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1131469856
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Computer System

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juni 2015

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Komputer
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Ferry Sudarto, S.Kom, M.pd)
NIP : 000594
       
NIP : 079010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PROTOTYPE ROBOT PEMBERSIH SAMPAH WADUK OTOMATIS DAN MARTPHONE

CONTROL BERBASIS ARDUINO PADA KELURAHAN DESA SUKA ASIH

KECAMATAN PASAR KEMIS KAB TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1131469856
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Computer System

Disetujui Oleh :

Tangerang,juni 2015

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Gunawan Putrodjojo, Ir., M.M)
   
(Zakaria, Ir.)
NID : 14007
   
NID : 00002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PROTOTYPE ROBOT PEMBERSIH SAMPAH WADUK OTOMATIS DAN MARTPHONE

CONTROL BERBASIS ARDUINO PADA KELURAHAN DESA SUKA ASIH

KECAMATAN PASAR KEMIS KAB TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1131469856
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Computer System

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juni 2015

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PROTOTYPE ROBOT PEMBERSIH SAMPAH WADUK OTOMATIS DAN MARTPHONE

CONTROL BERBASIS ARDUINO PADA KELURAHAN DESA SUKA ASIH

KECAMATAN PASAR KEMIS KAB TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1131469856
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Computer System

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juni 2015

 
 
 
 
 
NIM : 1131469856

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Seiring dengan berkembangnya dunia industri dan teknologi mengenai robot pada zaman sekarang ini, peranan smartphone sebagai media kontrol untuk penunjang dalam mempermudah penggunaanya semakin hari semakin besar dan berkembang, pengontrolan robot yang menggunakan media smartphone telah menghasilkan berbagai kemudahan yang bisa meringankan pekerjaan manusia terutama masalah sampah waduk yang semakin hari semakin tak terkendali akibat dampak yang timbulkan untuk masalah sampah waduk ini, dan media untuk pengontrolan alatnya sendiri tidak hanya menggunakan sensor yang di tanam pada robot itu sendiri melainkan bisa menggunakan media smartphone dan bluetooth sebagai interface antara robot dengan smartphone yang berbasis mikrokontroller Atmega2560 yang di program sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah robot pembersih sampah pada waduk, dan untuk itulah penulis membuat sebuah karya yang berjudul prototype robot pembersih sampah waduk otomatis dan smartphone control berbasis arduino pada kelurahan desa suka asih kecamatan pasar kemis kabupaten tangerang.


Kata Kunci: Robot, Mikrokontroller Atmega2560, Bluetooth

ABSTRACT

Along with the development of industry and technology of the robot in this day and age, the role of the smartphone as a media control for support in facilitating its use increasingly large and growing, controlling a robot that uses a smartphone media has resulted in a wide range of amenities that could alleviate human work mainly waste problems reservoir which is increasingly uncontrollable due to the impact that caused this reservoir for waste problems, and the media to control the instruments themselves not only in the growing use of sensors on the robot itself but can use the media as a smartphone and a Bluetooth interface between the robot with a microcontroller-based smartphone Atmega2560 which in the program so as to produce a cleaning robot garbage in the reservoir, and for which the author makes a work entitled garbage cleaning robot prototype automated reservoirs and smartphone-based control arduino in rural villages like compassion districts Chemish market Tangerang district.


Keywords: Robot, Microcontroller Atmega2560, Bluetooth

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur Saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena rahmat karunia-Nya anugerah dan ijin-Nya serta senantiasa melimpahkan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Serta shalawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari jaman kegelapan sampai jaman yang terang benderang ini.

Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan Laporan Skripsi yang berjudul “prototype robot pembersih sampah waduk otomatis dan smartphone control berbasis arduino pada kelurahan desa suka asih kecamatan pasar kemis kab tangerang”.

Pada kesempatan ini Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini, antara lain:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Ferry Sudarto S.Kom,M.Pd., selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer yang telah memberikan banyak masukan dan motivasi kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik
  3. Bapak Gunawan Putrodjojo,Ir.,MM selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan banyak masukan dan motivasi kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  4. Bapak Zakaria I.r. selaku Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan arahan dalam pembuatan Skripsi ini
  5. Kepada Bapak Gimin dan Ibu Tumini selaku kedua orang tua beserta keluarga yang telah mendukung dan mendoa’akan.
  6. Kepada Arfa, Bowo, Herdian, hary, yuyun dkk. Selaku teman-teman yang sudah memberikan semangat.

Saya berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat serta dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya.

Akhir kata, Saya sampaikan dengan harapan semoga Laporan Skripsi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak.


Tangerang, Juni 2015
Aan Supriyanto
NIM. 1131469856

Daftar isi


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Sistem pengendali loop terbuka

Gambar 2.2 Sistem pengendali loop tertutup

Gambar 2.3 Bagan Alir Sistem (System Flowcharts)

Gambar 2.4 Bagan Alir Dokumen (Document Flowchart)

Gambar 2.5 Bagan Alir Skematik (Schematic Flowchart)

Gambar 2.6 Bagan Alir Program (Program Flowchart)

Gambar 2.7 Bagan Alir Proses (Process Flowchart)

Gambar 2.8 Contoh Variasi Aplikasi Flowchart

Gambar 2.9 Arduino Uno

Gambar 2.10 Arduino Due

Gambar 2.11 Arduino Leonardo

Gambar 2.12 Arduino Mega

Gambar 2.13 Diagram Arduino Intel Galileo

Gambar 2.14 Arduino Intel Galileo

Gambar 2.15 Arduino Pro Micro AT

Gambar 2.16 Arduino Nano R3

Gambar 2.17 Arduino Mini Atmega

Gambar 2.18 Arduino Mega ADK

Gambar 2.19 Arduino Esplora

Gambar 2.20 Arduino Tipe Serial

Gambar 2.21 Arduino Mega 2560

Gambar 2.22 Arduino Fio

Gambar 2.23 Arduino Lylypad

Gambar 2.24 Arduino BT

Gambar 2.25 Arduino Nano dan Mini

Gambar 2.26 Kompilasi Linking dari program C

Gambar 2.27 Bluethooth Simbol

Gambar 2.28 Konfigurasi Pinout Bluethooth HC-05

Gambar 2.29 Pinaout Relay SPDT

Gambar 2.30 Tampilan Basic4android

Gambar 2.31 The seven layers of OSI

Gambar 2.32 Tampilan tools SDK

Gambar 2.33 Tampilan android simulator

Gambar 2.34 Bentuk fisik motor servo mini

Gambar 2.35 Pulsa kendali motor servo

Gambar 2.36 Bagian Dalam Motor DC

Gambar 2.37 Sensor jarak ultrasonik

Gambar 2.38 Diagram waktu sensor PING

Gambar 2.39. Prinsip kerja sensor ultrasonic

Gambar 2.40 Bentuk fisik dan simbol resistor tetap

Gambar 2.41 Bentuk fisik dan simbol resistor tidak tetap

Gambar 2.42 Susunan lapisan kapasitor

Gambar 2.43 Lapisan dalam kapasitor

Gambar 2.44 Simbol Transistor dari Berbagai Tipe

Gambar 2.45 Rangkaian IC regulator

Gambar 2.46 Lampu led

Gambar 3.1Peta Wilayah kelurahan pasar Kemis

Gambar 3.2 Struktur Organisasi kelurahan Pasar Kemis

Gambar 3.3 Diagram Blok Rangkaian Sistem

Gambar 3.4 Membuka Aplikasi fritzing

Gambar 3.5 halaman utama fritzing

Gambar 3.6 menyimpan project pada fritzing

Gambar 3.7 memasukan komponen pada layar breadboard

Gambar 3.8 Rangkaian Power Supply

Gambar 3.9 Rangkaian Bluethooth HC-06

Gambar 3.10 Rangkaian Motor DC

Gambar 3.11 Rangkaian sensor ultrasonik

Gambar 3.12 Rangkaian Motor Servo

Gambar 3.13 Rangkaian Sistem Keseluruhan

Gambar 3.14 Memulai IDE Arduino

Gambar 3.15 Tampilan layar program Arduino 1.0.5

Gambar 3.16 Membuka Device Manager

Gambar 3.17 Memilih Arduino Mega pada Port COM

Gambar 3.18 Menentukan koneksi port 5 pada Arduino

Gambar 3.19 Memilih Jenis Board Mikrokontroller

Gambar 3.20 Menyimpan file program pada Arduino

Gambar 3.21 Memilih Lokasi Penyimpanan Project

Gambar 3.22 Tampilan Listing Program

Gambar 3.23 Listing Program Keseluruhan

Gambar 3.24 Flowchart Sistem 1

Gambar 4.1 Pengujian rangkaian catu daya

Gambar 4.2 Output dari pengujian rangkaian catu daya

Gambar 4.3 Pengujian rangkaian lampu led

Gambar 4.4 Listing program pengujian lampu led blink

Gambar 4.5 Listing program pengujian lampu led

Gambar 4.6 Pengujian rangkaian Sensor ultrasonik

Gambar 4.7 Listing program sensor ultrasonik

Gambar 4.8 Kondisi Lampu led dan buzzer sebelum aktif

Gambar 4.9 Kondisi Lampu led dan buzzer saat aktif

Gambar 4.10 Rangkaian pengujian rangkaian motor servo

Gambar 4.11 Listing program pengujian rangkaian motor servo

Gambar 4.12 Listing program rangkaian motor servo

Gambar 4.13 Pengujian rangkaian motor dc dengan driver L293D

Gambar 4.14 Listing program untuk pengujian motor dc

Gambar 4.15 Pengujian Rangkaian Motor dc

Gambar 4.16 Listing program keseluruhan

Gambar 4.17 Flowchart sistem yang di usulkan

Gambar 4.18 Tampilan listing program pada Ide Arduino

Gambar 4.19 Proses upload program kedalam arduino

Gambar 4.20 Tampilan prototype form Bluetooth controller


DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Kelebihan dan Kekurangan Prototype

Tabel 2.2 Kelebihan dan Kelemahan Black Box

Tabel 2.3 Metode Technical (T), Operational (O), Economic (E)

Tabel 2.4 Metode High (H), Middle (M), Low (L)

Tabel 2.5 Tipe data bahasa C

Tabel 2.6 Tabel baca resistor

Tabel 2.7 Bahan dielektrik yang di sederhanakan

Tabel 2.8 Karakteristik IC regulator tegangan positif 78xx

Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.4 Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1 Pola pemberian pada driver motor DC L293

Tabel 4.2 Pengolahan Jadwal proses pembuatan system

Tabel 4.3 Pengolahan jadwal penerapan

Tabel 4.4 Estimasi biaya yang dikeluarkan


DAFTAR SIMBOL

SIMBOL FLOWCHART (DIAGRAM ALIR)

SIMBOL ELEKTRONIKA


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi robot pada masa sekarang ini terus diikuti oleh sebagian bahkan hampir semua kalangan di seluruh dunia. Terlepas dari hal di atas, perkembangan robot yang umumnya berbasis komputer dan sistem kontrol yang menggunakan mikrokontroller sudah sangat maju.

Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, peranan peralatan komunikasi dan peralatan kontrol robot sebagai penunjang dalam membantu kegiatan manusia semakin besar. Dengan kemajuan teknologi banyak pekerjaan yang dilakukan dengan bantuan robot-robot canggih, misalnya robot pembersih sampah waduk dengan menggunakan media bluetooth berbasis mikrokontroller Atmega2560. Perlunya pemahaman tentang komponen-komponen elektronika untuk perakitan robot sangat diperluhkah. Rancangan robot pembersih sampah pada waduk menggunakan media bluetooth berbasis mikrokontroller Atmega2560 perlu dikontrol dengan smartphone.

Pada perkembangan teknologi robot saat ini, memungkinkan kita untuk merancang sistem kontrol robot. Khususnya dengan penggunaan bluetooth dan mikrokontroller Atmega2560 dalam membantu suatu pekerjaan, khususnya membersihkan sampah waduk.

Dengan kurangnya sistem pembersih sampah pada waduk maka Kelurahan Desa Suka Asih Kec. Pasar kemis sangat membutuhkan sistem pembersih sampah waduk yang sangat penting untuk meningkatkan kebersihan waduk.

Penerapan sejumlah model teknologi ini harus dalam sebuah kesatuan. Integrasi teknologi ini harus menjadi sebuah bentuk penerapan yang mendukung secara utuh proses yang dilaksanakan sehari-hari di lingkungan sungai tersebut, sehingga usaha dan dana yang dikeluarkan untuk pengadaannya tidak menjadi sia-sia. Sehingga sistem ini akan lebih membantu dalam proses kebersihan sampah waduk di Kelurahan Desa Suka Asih Kec. Pasar kemis, karena itulah penulis mencoba mengajukan judul: “PROTOTYPE ROBOT PEMBERSIH SAMPAH WADUK OTOMATIS DAN SMARTPHONE CONTROL BERBASIS ARDUINO PADA KELURAHAN DESA SUKA ASIH KECAMATAN PASAR KEMIS KABUPATEN TANGERANG”.


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimana membuat sistem kontrol robot pembersih sampah waduk dengan menggunakan handphone yang dapat dikomunikasikan melalui bluetooth agar mikrokontroller Atmega2560 dapat menerima perintah.
  2. Bagaimana cara menanamkan bluetooth dalam sistem mikrokontroller Atmega2560, sehingga dapat terkoneksi dengan handphone.
  3. Bagaimana membuat kode-kode khusus untuk pengontrolan.
  4. Bagaimana cara merancang sistem kontrol keseluruhan sehingga dapat dikontrol melalui mikrokontroller Atmega2560.

Ruang Lingkup Penelitian

Berdasarkan permasalahan di atas maka penulis membatasi ruang lingkup hanya terbatas pada pengendalian robot pembersih sampah waduk melalui bluetooth.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan pokok dari penelitian ini adalah :

  1. Operasional
    1. Memiiliki sistem pembersih sampah waduk supaya dapat memperkecil resiko sampah waduk yang menumpuk.
    2. Membangun dan merancang sebuah sistem robot pembersih sampah waduk bebasis mokrokontroller Atmega2560 dengan menggunakan bluetooth, selang waktu antara pengiriman bluetooth dari handphone pengendali ke bluethooth yang terpasang pada alat sesingkat mungkin.
    3. Membangun sistem pengendali robot pembersih sampah waduk dengan cara menginstal blueTerm atau bluetooth controller pada perangkat keras seperti handphone smartphone.
  2. Fungsional
    1. Menerapkan suatu sistem pembersih sampah waduk yang dapat dihandalkan
    2. Dapat membersihkan sampah waduk dengan menggunakan sistem informasi yang digunakan.
  3. Individu
    1. Untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan studi dalam program Strata 1 Jurusan Sistem Komputer di Perguruan Tinggi Raharja.
    2. Untuk menerapkan ilmu yang dipelajari dibangku perkuliahan secara nyata.


Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini adalah :

  1. Operasional
    1. Mengetahui bagaimana cara kerja mikrokontroler,bluetooth dan sensor, sehingga dapat dibangun sebuah sistem pembersih waduk yang lebih baik atau mengembangkan sistem dari hasil penelitian menjadi lebih realible.
    2. Mengimplementasikan sebuah system kontrol robot pembersih sampah waduk yang berbasis mikrokontroller Atmega2560 dan Bluetooth.
    3. Memudahkan membersihkan sampah waduk
  2. Fungsional
    1. Dapat mengurangi sampah pada waduk dan memudahkan masyarakat membersihkan dengan menerapkan sistem pembersih sampah waduk dari hasil penelilitian.
  3. Individu
    1. Untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan studi dalam program Strata 1 Jurusan Sistem Komputer di Perguruan Tinggi Raharja.
    2. Untuk dapat bisa dikembangkan dari hasil penelitian yang sudah ada.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Untuk memperoleh data yang diinginkan dalam penulisan laporan Skripsi ini menggunakan beberapa metode, adapun metode yang digunakan adalah :

  1. Observasi
    Yaitu penulis mengadakan pengamatan langsung pada Kelurahan Desa Suka Asih Kec. Pasar kemis . Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang merupakan sumber informasi yang sangat penting yang dapat membantu dalam analisa dan untuk langkah selanjutnya dalam rangka pembangunan sistem tersebut.
  2. Wawancara
    Interview adalah suatu metode untuk mendapatkan data dan keterangan mengenai data suatu hal dengan cara wawancara atau tanya jawab terhadap pihak-pihak yang terkait dalam hal ini. Penulis melakukan sesi tanya-jawab kepada stakeholder pada Kelurahan Desa Suka Asih Kec. Pasar kemis.
  3. Studi Pustaka
    Studi pustaka yang dilakukan penulis bertujuan untuk memperoleh data melalui buku-buku literatur yang memiliki keterkaitan dengan penilitian sebagai bahan referensi. Buku referensi maupun buku pegangan umum yang dipakai berhubungan dengan masalah yang dihadapi guna membedakan dan memperoleh pendekatan teoritis juga untuk landasan teori yang mendukung pembahasan, juga melalui media internet untuk memperoleh data yang berkaitan guna menunjang kelengkapan data.

Metode Analisa

  1. Metode Analisa Sistem
    Analisis data merupakan salah satu langkah penting dalam rangka memperoleh temuan-temuan hasil penelitian. Hal ini disebabkan, data akan menuntun kita ke arah temuan ilmiah, bila dianalisis dengan teknik-teknik yang tepat. Analisis dilakukan menggunakan metode analisis SWOT, yai tu kekuatan (strenghts), kelemahan (weakness), kesempatan (oppurtunities), dan yang menjadi ancaman (threats). Analisa SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilih berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktor, kemudian menerapkan dalam gambar matrik SWOT dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah menggunakan konsep service marketing mix (bauran pemasaran jasa) 7P-Product, Price, Promotion, Place, People, Process, dan Physical Evidence.
  2. Metode Analisa Perancangan Program
    Dalam metode ini penulis menggunakan perancangan program dengan metode flowchart. Flowchart adalah representasi bergambar dari suatu algoritma dimana langkah-langkah digambarkan dalam berbagai bentuk kotak dan aliran logikanya terhubung dengan garis panah.

Metode Perancangan

Pada metode ini, penulis menggunakan metode terstruktur yaitu menggunakan flowchart untuk menjelaskan jalannya sistem yang digunakan.

Metode Prototype

Alat yang dibuat bersifat prototype atau simulasi alat yang dapat dipergunakan secara nyata uji coba dan penelitian menggunakan sensor Ultrasonic aktif.

Metode Testing

Dalam skripsi ini metode testing yang digunakan yaitu Blackbox Testing. Blackbox Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba blackbox memungkinkan pengembang software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan beberapa kategori, diantaranya : fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi dan terminasi.

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas penelitian ini, maka penulis mengelompokkan materi laporan menjadi beberapa bab dengan sistematika penyampaiannya disampaikan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Berisi mengenai latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Berisi konsep-konsep dasar yang mendasari laporan skripsi secara teoritis dan ilmiah, diantaranya konsep dasar perancangan, konsep dasar media, konsep dasar desain, teori desain komunikasi visual, konsep dasar promosi, dan definisi-definisi dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Berisi gambaran umum obyek yang diteliti, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasai, wewenang dan tanggung jawab, informasi produk, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objecktive (tujuan pemasaran), marketing stategy (strategi pemasaran), dan konfigurasi perancangan.

BAB IV KONSEP DESAIN

Berisi tahapan-tahapan : Perancangan Media yang didalamnya terdapat Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media. Perencanaan Pesan (Perancangan Kreatif), yang berisi Tujuan Pesan (Tujuan Kreatif) dan Strategi Pesan (Strategi Kreatif). Perancangan Visual, yang berisi Tujuan Visual, Strategi Visual, dan Proses Desain (Desigging). Pada proses desain teradapat Layout Kasar, Layout Komprehensif, dan Final Art Work.

BAB V PENUTUP

Kesimpulan yang menjawab poin-poin permasalahan yang disampaikan pada perumusan masalah.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN


BAB II

LANDASAN TEORI

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Binanto, 2010. Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Pada tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari scene ke scene lain.

Sedangkan menurut Nasution, 2012:118. Perancangan adalah tahapan dimana dimulai mengenai bentuk input sistem, rancangan database, output sistem dan skema alur kerja program. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.

Adapun yang dimaksud perancangan dalam penelitian ini adalah tahap pembuatan sebuah media promosi berbentuk desain katalog produk yang dilakukan melalui tahapan-tahapan dari perancangan media, perancangan pesan, sampai tahap perancangan visual, tahapan-tahapan dilakukan guna mendapatkan rancangan visual yang kreatif yang telah terencana dan tersusun secara sistematika.

Proses Perancangan Secara Umum

1. Menurut Hendi Hendratman, 2014:21-32 proses perancangan di bagi :

Literature Review

BAB III

ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Gambaran Umum Perusahaan

Sejarah Singkat Perusahaan

Perguruan Tinggi Raharja bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Penelitian Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang.LPPK Raharja diresmikan pada tanggal 3 Januari 1994 oleh bapak walikota Tangerang Drs. H. Zakaria Mahmud, Raharja telah terdaftar pada Depdiknas Kotamadya Tangerang dengan nomor 201/PLSM/02.4/L.93. Lembaga inilah yang mempelopori penggunaan operating system windows dan aplikasinya diwilayah Tangerang dan sekitarnya, hal tersebut mendapat respon positif dan jumlah peminatnya pun meningkat pesat seiring dengan kerjasama yang di lakukan oleh lembaga ini dengan sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Tangerang.

Karena semakin pesatnya perkembangan dan pertumbuhan akan komputerisasi dan meningkatnya peminat masyarakat Tangerang maka pada tanggal 24 Maret 1999 LPPK Raharja berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika yang diresmikan melalui surat keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 56/D/O/1999 yang diserahkan langsung dari Bapak Prof. Dr. Udju D. Rusdi selaku Koordinator KOPERTIS wilayah IV Jawa Barat kepada ketua yayasan Nirwana Nusantara Ibu Kasarina Sudjono. Pada tanggal 2 Februari 2000 dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika.

Pada tanggal 2 Februari 2000 AMIK Raharja Informatika menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menjalankan studi formal untuk program Diploma I (DI) dengan memberikan gelar Ahli Pratama dan Program Diploma II (DII) dengan memberikan gelar Ahli Muda dan Diploma III (DIII) dengan memberikan gelar Ahli Madya kepada lulusannya, sesuai dengan surat keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta wilayah IV Jawa Barat dengan Nomor 3024/004/KL/1999.

Kemudian pada tanggal 7 September 2000 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 354/Dikti/Kep/2000 menambah 2 program yakni D3 Teknik Informatika dan D3 Komputer Akuntasi.

Kini AMIK Raharja Informatika mempunyai 3 (tiga) program studi Diploma III dengan jurusan Manajemen Informatika (MI), Teknik Informatika (TI), dan Komputer Akuntansi (KA) yang masing-masing jurusan memberikan gelar Ahli Madya (A.md), Ahli Muda (AM), Ahli Pratama (AP) kepada lulusannya.

Pada tanggal 20 Oktober 2000 dalam usahanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pada lulusan AMIK RAHARJA INFORMATIKA meningkatkan statusnya dengan membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) RAHARJA. Dengan surat keputusan Nomor 42/01/YNN/PR/II/200. ketua Yayasan Nirwana Nusantara mengajukan permohonan pendirian STMIK RAHARJA kepada Mendiknas KOPERTIS Wilayah IV jawa barat dengan 3 (tiga) program studi SI Jurusan Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika(TI), dan Sistem Komputer (SK), hal tersebut telah mendapat tanggapan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan surat keputusan Nomor 5706/D/T/2000. Tidak hanya sampai disini, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas lulusan RAHARJA sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Raharja, bahwa dalam kurun waktu tidak lebih dari 5 tahun sudah berdiri Universitas RAHARJA.

Pada saat ini, Perguruan Tinggi Raharja pun telah meningkatkan mutu dan kualitasnya melalui sertifikat Akreditasi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 5 April 2006 dengan sertifikat Akreditasi Nomor 00117/Ak-1-DIII-03/DFXMEI/IV/2002 yang berisi Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika Terakreditasi A.
  2. Pada tanggal 4 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08479/Ak-X-SI-001/CAGTLF/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa studi Strata 1 Teknik Informatika di STMIK Raharja terakreditasi B.
  3. Pada tanggal 11 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08523/Ak-X-S1-002/CAGSIM/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Sistem Informasi di STMIK Raharja terakreditasi B.
  4. Pada tanggal 3 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 006/BAN-PT/AK-VIII/DPI-III/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika terakreditasi B.
  5. Pada tanggal 25 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 019/BAN-PT/AK-X/SI/VIII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program Strata 1 Sistem Komputer di STMIK Raharja terakreditasi B.
  6. Pada tanggal 29 Desember 2007 sesuai surat keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 017/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/XII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Teknik Informatika di AMIK Raharja Informatika dengan terakreditasi B.
  7. Pada tanggal 18 Januari 2008 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 019/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/I/2008 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma Tiga Komputerisasi Akuntansi di AMIK Raharja Informatika terakreditasi A.
  8. Pada tanggal 08 Juli 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 010/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.
  9. Pada tanggal 23 September 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.

Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Tugas dan Tanggung Jawab

1. Presiden Direktur

Wewenang :

  1. Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tanggung Jawab :

  1. Pemimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga edukatif, mahasiswa, tenaga administrasi dan terhadap lingkungan.

2. Direktur

Wewenang:

  1. Merupakan wakil presiden direktur.
  2. membantu presiden direktur dalam berbagai kegiatan.

3.Pembantu (Bidang Akademik)

Wewenang :

  1. Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
  2. Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
  3. Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mengadakan afiliasi.
  5. Membina dan mengembangkan kelembagaan.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

4.Pembantu Direktur II (Administrasi)

Wewenang :

  1. Melaksanakan dan mengelola seluruh kegiatan administrasi dan keuangan.
  2. Membina dan mengembangkan kepegawaian.
  3. Mengadakan sarana dan prasarana kepegawaian.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang keuangan dan administrasi.

5. Pembantu Direktur III (Bidang Kemahasiswaan)

Wewenang :

  1. Membina kegiatan kemahasiswaan.
  2. Membina kehidupan mahasiswa dalam kampus sehingga dapat mengembangkan penalaran.
  3. Membina dan mengawasi kegiatan lembaga mahasiswa serta unit kegiatan khusus akademik.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang kemahasiswaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa.

6.Asisten Direktur Akademik

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
  7. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien, pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar, kemajuan kualitas pelayanan akademik yang berkesinambungan, dan kelancaran proses belajar mengajar.

7. Kepala Jurusan

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Assisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan kurikulum jurusan.
  2. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan pengangkatan dosen baru dan pemberhentian dosen.
  4. Memberikan kebijakan administratif Akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, dan pembukaan semester pendek.
  5. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
  6. Memberikan sanksi Akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan bahan ajar, monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen, terlaksananya penelitian, seminar, pembinaan prestasi akademik mahasiswa dan peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannya.

8. Asisten Direktur Finansial

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pembuatan budget pada setiap bagian dan pelaksanaan pemakaian dana.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor, pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya dan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan budgeting pada setiap bagian, dan tersedianya dana atas budget yang telah disetujui.
  2. Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pendanaan aktifitas yang berkesinambungan.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

9. Layanan Keuangan Mahasiswa(LKM)

Wewenang:

  1. Mengusulkan prosedur layanan keuangan kepada Asisten Direktur Finansial
  2. Mengusulkan tentang unit baru yang dibutuhkan kepada Asisiten Direktur Finansial.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran proses penerimaan keuangan mahasiswa
  2. Bertanggung jawab atas penagihan tunggakan mahasiswa.

10. Asisten Direktur Operasional(ADO)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijaksanaan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
  2. Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan dan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

11. Registrasi Perkuliahan dan Ujian(RPU)

Bagian registrasi perkuliahan dan ujian terdiri dari dua bagian antara lain:

A. Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)

Wewenang :

  1. Berwenang memberikan kebijakan yang berhubungan dengan proses registrasi mahasiswa.
  2. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan
  4. Mengusulkan kepada ADO untuk pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi POM mulai dari persiapan hingga pada penutupan setiap semesternya.
  2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi batal tambah dan jumlah mahasiswa yang melakukan POM.
  3. Bertanggung jawab atas seluruh informasi mengenai registrasi mahasiswa.

B. Perkuliahan dan Ujian (PU)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada ADO atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar serta kebijakan yang diambil.
  2. Mengusulkan kepada ADO tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang dianggap telah melanggar tata tertib karyawan.
  4. Mengusulkan kepada kepala jurusan untuk kelas perkuliahan yang dapat dibuka.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pendokumentasian perkuliahan dan ujian.

Tata Laksana Sistem Yang Berjalan

Prosedur Sistem Yang Berjalan

Rancangan Prosedur Sistem Berjalan

Analisa Sistem Yang Berjalan

Metode Analisa Sistem

Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran

Konfigurasi Sistem Berjalan

Permasalahan yang dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah

User Requirement

Elisitasi Tahap I

Elisitasi Tahap II

Elisitasi Tahap III

Final Draft Elisitasi

BAB IV

HASIL PENELITIAN

Rancangan Sistem Usulan

Prosedur Sistem Usulan

Use Case Diagram Sistem Yang Diusulkan

Activity Diagram Yang Diusulkan

Sequence Diagram Yang Diusulkan

Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Rancangan Basis Data

Normalisasi

Spesifikasi Basis Data

Flowchart System yang diusulkan

Rancangan Program

Rancangan Prototipe

Konfigurasi Sistem Usulan

Spesifikasi Hardware

Aplikasi Yang Digunakan

Hak Akses

Testing

Evaluasi

Implementasi

Schedule

Penerapan

Estimasi Biaya

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah

Ini isi dari kesimpulan terhadap rumusan masalah

Ini isi dari kesimpulan terhadap rumusan masalah

Ini isi dari kesimpulan terhadap rumusan masalah

Kesimpulan Terhadap Tujuan dan Manfaat Penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap tujuan dan manfaat penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap tujuan dan manfaat penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap tujuan dan manfaat penelitian

Kesimpulan terhadap metode penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap metode penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap metode penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap metode penelitian

Saran

Ini berisi saran anda

Kesan

DAFTAR PUSTAKA


DAFTAR LAMPIRAN

  1. Lampiran Daftar Riwayat Hidup
  2. Lampiran Kartu Bimbingan Skripsi.
  3. Lampiran Formulir Seminar Proposal.
  4. Lampiran Formulir Pertemuan dengan stakeholder.
  5. Lampiran Sertifikat Prospek
  6. Lampiran Sertifikat RCEP (TOEFL)
  7. Lampiran Sertifikat Seminar Internasional
  8. Lampiran Sertifikat IT
  9. Lampiran Formulir Pergantian judul
  10. Lampiran Surat Keterangan dari perusahaan
  11. Lampiran Surat Keterangan Implementasi dari perusahaan.
  12. Lampiran Daftar Pertanyaan Wawancara.
  13. Lampiran Kwitansi Pembayaran Skripsi, Raharja carer dan sidang
  14. Hibah
  15. Kartu Studi Tetap Final
  16. Cek Validasi Sidang
  17. Katalog Produk
  18. Slide Persentasi