SI1131466520
PENGONTROLAN GERBANG BERBASIS RASPBERRY
PI B MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET MOBILE
MELALUI HANDPHONE
Disusun Oleh:
NIM |
: 1131466520
|
NAMA |
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
(2015/2016)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PENGONTROLAN GERBANG BERBASIS RASPBERRY
PI B MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET MOBILE
MELALUI HANDPHONE
Disusun Oleh:
NIM |
: 1131466520
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Computer System
|
Disahkan Oleh:
Tangerang, Februari 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Sistem Komputer
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Ferry Sudarto,S.Kom. M.Pd)
| ||||
NIP: 000594 |
NIP: 079010
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
PENGONTROLAN GERBANG BERBASIS RASPBERRY
PI B MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET MOBILE
MELALUI HANDPHONE
Dibuat Oleh:
NIM |
: 1131466520
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Komputer
Konsentrasi Computer System
Disetujui Oleh:
Tangerang, Februari 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Indrianto. MT) |
(Hendra Kusuma. S.Kom)
| ||
NID: 05061 |
NID: 14017
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
PENGONTROLAN GERBANG BERBASIS RASPBERRY
PI B MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET MOBILE
MELALUI HANDPHONE
Disusun Oleh:
NIM |
: 1131466520
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Computer System
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Februari 2016
NIM: 1131466520
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Berkomunikasi merupakan proses untuk membangun kontak sosial dengan orang disekitar kita, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk saling berkomunikasi, menggunakan sebuah perangkat handphone atau smartphone. Esensinya Handphone saat ini merupakan gadget multifungsi yang mampu menangkap siaran radio dan televisi, pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Tetapi juga sudah ditanamkan fitur komputer yang memiliki Operating System tersendiri. Jadi seseorang bisa mengubah fungsi Handphone tersebut menjadi mini computer untuk mengontrol sesuatu. Dengan kemampuan Handphone, dapat dimanfaatkan sebagai alat pengontrolan yang mampu mambantu kerja dari seseorang, contohnya fitur Internet Mobile pada Handphone. Dengan menggunakan Internet Mobile, manusia dapat lebih mudah melakukan kegiatan sehari – hari yang berhubungan dengan perangkat yang ada di gedung perkantoran, sekolah, dan di rumah tangga. Untuk mengontrol sebuah perangkat yang ada di perkantoran, sekolah, dan juga di rumah tangga dengan Internet Mobile ini hanya diperlukan konektivitas pada Handphone sebagai penghubung atau penggerak dari perangkat tersebut, konektivitas internet pada Handphone tentu ditentukan dengan adanya mengatifkan paket atau quota internet. Koneksi internet akan berfungsi sebagai penghubung antara Handphone dengan perangkat yang akan menerjemahkan perintah yang dikirimkan oleh Handphone untuk dieksekusi Raspberry Pi B. Raspberry Pi B berperan sebagai otak bagi device hardware. Antara Hndphone dan perangkat, masing – masing diberikan alamat identitas berupa coding , sehingga keduanya dapat saling berkomunikasi.
Kata Kunci : Handphone, Raspberry PI B, Coding, koneksi Internet
Abtract
Communicating is a process to establish social contacts with people around us, one of them by utilizing information technology to communicate, using a mobile device or smartphone. Mobile essence is now a multifunctional gadget is capable of capturing radio and television broadcasts, audio players (MP3) and video, digital cameras, games, and internet services (WAP, GPRS, 3G). But also has embedded features of a computer that has its own operating system. So someone could alter the function of the mobile phones into mini computers to control anything. With the capability of mobile phones, can be used as a control tool capable of helping with the work of a person, for example, the Internet features of Mobile on Mobile. By using the Mobile Internet, people can more easily perform daily activities - day related to existing devices in office buildings, schools, and households. To control a device that is in offices, schools, and also in households with Mobile Internet connectivity is required only on mobile phones as a liaison or driving of such devices, Internet connectivity on mobile phones would be determined by the turn on the package or quotas internet. Internet connection will serve as a liaison between the mobile device that translates commands sent by mobile phones to be executed Raspberry Pi Raspberry Pi B. B acts as the brain of the device hardware. Between Hndphone and devices, respectively - each is given the address of identity in the form of coding, so that both can communicate with each other.
Keywords : Handphone, Raspberry PI B, Codingi Internet conection
Salam sejahtera,
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yesus Kristus atas segala berkat rahmat dan anugerah-Nya serta senantiasa melimpahkan kasih-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Skrpisi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan Laporan Skripsi yang berjudul “PENGONTROLAN GERBANG BERBASIS RASPBERRY PI B MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET MOBILE MELALUI HANDPHONE”
Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa tersusunnya Skripsi ini bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
- Bapak Ferry Sudarto.S.Kom. M.Pd selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer STMIK Perguruan Tinggi Raharja,
- Bapak Indrianto. MT, sebagai Dosen Pembimbing I yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis,
- Bapak Hendra Kusuma. S.Kom, sebagai Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan arahan, motivasi serta mengarahkan untuk menjalan alat skripsi ini kepada penulis,
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya,
- Kedua Orangtua tercinta yang tanpa lelah selalu memanjatkan doa dan memberikan segala dukungan moril, materiil dan spritual. “Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan limpahan rahmat kepada Beliau, Amin“,
- Keluarga besar Saya yang ada di tangerang,
- Dela Octarina tercinta yang selalu menemani dan memberikan dukungan dan semangat untuk menyelesaikan penulisan skripsi ini,
- GBI SANGKAKALA yang selalu memberikan motivasi dan dorongan untuk menyelesaikan skripsi ini,
- Teman-teman di UKM Maranatha Raharja Tangerang yang selalu memberikan dukungan dalam hal apapun baik itu waktu, doa dan moral,
- Staf BPR Prima Kredit Mandiri Cabang Imam Bonjol sebagai tempat observasi saya, dan yang selalu memberikan dukungan untuk menyelesaikan skripsi saya ini.
Akhir kata penulis berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
Tangerang, Februari 2016 | |
DESTA KURNIAMAN NDRURU | |
NIM. 1131466520 |
Daftar isi
DAFTAR SIMBOL
Simbol Flowchart (Diagram Alur)
Simbol Elektronika
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1. Kelebihan dan Kelemahan Black Box
Tabel 2.2. Kelebihan dan Kekurangan Prototype
Tabel 3.1. Status LED
Tabel 3.2. Pin GPIO
Tabel 3.3. Elisitasi Tahap I
Tabel 3.4. Elisitasi Tahap II
Tabel 3.5. Elisitasi Tahap III
Tabel 3.6. Final Elisitasi
Tabel 4.1. Perbedaan sistem yang berjalan dan sistem usulan
Tabel 4.2. Pengujian Login
Tabel 4.3. Pengujian Modules Kata
Tabel 4.4. Etimasi Biaya
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1. Sistem Pengendali loop terbuka
Gambar 2.2. Contoh sistem pengendali loop terbuka
Gambar 2.3. Layer TCP/IP
Gambar 2.4. Pergerakan data dalam layer TCP/IP
Gambar 3.1. Struktur Organisasi
Gambar 3.2 Flowchart
Gambar 3.3. DFD Level 1
Gambar 3.4. DFD Level 2
Gambar 3.5. Flowchart
Gambar 3.6. IP Address
Gambar 3.7. Log In
Gambar 3.8. Password
Gambar 3.9. Running Phyton Gerbang
Gambar 3.10. Running Phyto
Gambar 3.1. Raspberry Pi B
Gambar 3.12. Tp-Link WN722N
Gambar 3.13. Tampilan Win32 Disk Imager
Gambar 3.14. Input Memori Card
Gambar 3.15. Tampilan awal Raspbian
Gambar 3.17. Tampilan dekstop awal Raspberry
Gambar 3.18. Flowchart Sistem
Gambar 4.1. Flowchart System
Gambar 4.2. Login
Gambar 4.3. Password
Gambar 4.4. Database Tutup Pintu Gerbang
Gambar 4.5. Tampilan pengaturan alat
Gambar 4.6. Konfigurasi Sistem Usulan
BAB I
Latar Belakang
Sistem kendali merupakan sebuah inovasi yang hadir karena ketertarikan manusia untuk menciptakan sebuah alat yang dapat mengendalikan alat lainnya sekaligus pada sebuah sistem di satu titik. Pada era saat ini semua manusia menginginkan hal yang lebih praktis atau simple dengan tidak menghabiskan waktu yang lama ketika keluar masuk di sebuah gedung perkantoran, sekolah, tempat ibadah bahkan di rumah tangga.
Dalam perkembangannya saat ini sistem kendali tidak lagi dikendalikan pada sebuah titik pengendalian saja. Dengan memanfaatkan media transmisi jaringan internet, pengontrolan sistem kendali dapat dilakukan di berbagai titik dari jarak jauh.Namun meski demikian jika dilihat dari sisi perangkat dan pengoperasiannya pengontrolan jarak jauh dengan memanfaatkan media transmisi jaringan internet dirasa kurang praktis.
Mengingat untuk mengontrol sebuah sistem kendali dari jarak jauh maupun jarak dekat diperlukan sebuah server yang harus selalu terkoneksi pada jaringan internet, dan tehubung pada sebuah pusat sistem kendali. Selain itu diperlukannya kestabilan konektivitas media jaringan internet serta luasnya jangkauan sinyal untuk mendapatkan keluasan pengontrolan sistem kendali kapanpun dan dari mana pun. Mengingat kualitas jaringan internet di Indonesia yang masih belum tersebar merata di seluruh daerah dan kurang stabilnya konektivitas jaringan internet, masalah tersebut dianggap sebagai kelemahan dari pengontrolan sistem kendali dengan menggunakan media jaringan internet. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sinyal yang kuat serta stabil dan luas jangkauannya agar dapat mengontrol sistem kendali sesuai dengan kebutuhan kapan saja dari jarak jauh maupun jarak dekat.
Handphone merupakan sebuah perangkat telekomunikasi elektronika yang bersifat mobile. Dalam penggunannya handphone dapat membantu manusia untuk bisa berkomunikasi satu dengan yang lain. Dimanapun, kapapun tanpa melalui media fisik nircable dengan memanfaatkan teknologi media transmisi jaringan Internet melalui handphone GSM/CDMA, bahkan jaringan WI-FI. Handphone saat ini merupakan gadget multifungsi yang mampu menangkap siaran radio, televisi, pemutaran audio (mp3), video, kamera digital, game, dan layanan internet (wap, gprs, 3G). Tetapi juga sudah ditanamkan fitur komputer yang memiliki operating system tersendiri.
Handphone saat ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah layanan jaringan internet. Dengan adanya jaringan / konektivitas jaringan internet dalam handphone, kita dapat mempermudah pekerjaan kita sehari-hari dimana pun kita berada. Dengan mengunakan jaringan internet sebagai alat penghubung atau pengontrolan maka waktu yang yang digunakan lebih efesien dan lebih cepat. Untuk itu perlu dibuat sebuah aplikasi untuk mengontrol peralatan listrik dengan menggunakan internet mobile, implementasi dalam pembuatan alat ini adalah mengontorol sebuah gerbang dengan menggunakan handphone yang bisa dikontrol dimanapun dan kapan pun.
Dalam kesempatan ini penulis mencoba mempersembahan sebuah karya dengan judul “PENGONTROLAN GERBANG BERBASIS RASPBERRY PI B MENGGUNAKAN SISTEM INTERNET MOBILE MELALUI HANDPHONE“. Hal ini penulis lakukan dalam rangka memberikan kontribusi terhadapan perkembangan COS (Computer System) yang merupakan salah satu program studi jurusan Sistem Komputer di Perguruan Tinggi Raharja.
Perumusan Masalah
Beberapa hal yang menjadi perumusan dalam penyusunan laporan antara lain :
Bagaimana cara membuka dan menutup pintu gerbang dengan menggunakan Internet Mobile?
Bagaimana membuat aplikasi yang mampu menjadikan media pengontrolan untuk membuka dan menutup pintu gerbang?
Apa alat yang digunakan untuk dapat memebuka dan menutup pintu gerbang dengan menggunakan Internet Mobile?
Ruang Lingkup Penelitian
Sebagai pembatasan pembahasan atas penyusunan laporan ini untuk tetap fokus dan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, maka penulis memberikan ruang lingkup penelitian sebagai berikut :
Aplikasi Handphone yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu gerbang pada sebuah gedung.
Pengontrolan alat sebatas membuka dan menutup pada pintu gerbang.
Komponen pendukung yang digunakan dalam pembuatan alat.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat protoype sebuah alat untuk membuka dan menutup pintu gerbang.
Manfaat Penilitian
Sebuah Karya yang baik adalah karya yang memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini adalah :
Bentuk apresiasi dan kontribusi bagi pengembangan teknologi aplikasi dibidang teknologi informasi.
Memaksimalkan Handphone dalam sistem Internet Mobile dan pemanfaatan yang memberikan konstribusi yang baik sehingga memberikan inovasi yang baik.
Metode Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Dalam melakukan penelitian ini, maka metode yang penulis gunakan adalah :
Observasi
Studi Pustaka
Diskusi Ilmiah
Melalui pengamatan dan pengalaman yang didapat untuk mengetahui proses pengerjaan untuk menghasilkan protoptype aplikasi dan rancangan device yang digunakan sebagai pembuka dan penutup pintu gerbang. Melalui pengamatan lapangan untuk memperoleh informasi tentang jenis bahan atau peralatan apa saja yang dibutuhkan, tentunya ekonomis dapat terjangkau, namun tetap memenuhi kriteria.
Metode untuk mendapatkan informasi dengan mencatat dan mempelajari buku-buku atau literature review yang berhubungan dengan penelitian dan berbagai sumber yang tertulis maupun elektronik. Sebagian besar penulis melakukan pengumpulan data dan metode diambil dari situs-situs internet, dan sisanya dari buku cetak.
Mengumpulkan data dengan melakukan serangkaian diskusi dengan pihak lain yang lebih memahami dan menguasai, sehingga didapat pemecahan masalah yang dihadapi.
Metode Analisa
Pada metode ini penulis menganalisa suatu sistem yang sudah ada, bagaimana sistem itu berjalan dan apa kekurangan dari sistem tersebut. Pada sistem yang sekarang dalam penggunaannya masih manual, sehingga membutuhkan alat yang dapat digunakan dengan mudah.
Metode Perancangan
Dalam metode perancangan ini kita dapat mengetahui bagaimana sistem itu dirancang dan alat apa saja yang dibutuhkan.
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas mengenai laporan Skripsi, penulis mengelompokkan laporan ini menjadi beberapa sub-sub dengan sistematika penulisan. Penulisan ini terdiri dari lima bab dan beberapa lampiran.
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab kedua ini berisi tentang landasan teori sebagai konsep dasar dalam penyusunan alata dan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian sehingga menghasilkan karya yang bernilai ilmiah dan memiliki daya guna.
BAB III : PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang pembahasan dan perancangan sistem penggerak raspberry PI B yang dikoneksikan dengan sebuah aplikasi pada handphone melalui jaringan internet, sehingga pintu gerbang yang akan dikontrol oleh user dapat berjalan dengan baik sesuai yang kita inginkan.
BAB IV : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSUKAN
Dalam bab ini penulis menguraikan sistem yang akan diusulkan seperti usulan prosedur yang baru, diagram rancangan sistem, rancangan basis data yang terdiri dari normalisasi dan spesifikasi basis data, Flowchart sistem yang diusulkan, rancangan prototipe, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, schedulle implementasi, dan estimasi biaya.
BAB V : PENUTUP
Bab ini merupakan bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dan saran dari hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan pada Skripsi ini.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN