SI1031364461
IMPLEMENTASI MEDIA STREAMING DENGAN
MENGGUNAKAN OPEN SOURCE RED5 DAN LINUX
PADA PT CAHAYA TELEVISI INDONESIA
LAPORAN tugas akhir
OLEH :
NAMA : Riadoh
NIM : 1031364461
JURUSAN jurusan
KONSENTRASI konsen
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
(2014)
ABSTRACT
The progress of the information technology world so quickly supported by the discovery and innovation has brought many changes in people's lives . One of the vigorous use of information technology in use today is the maximization of information technology as a communication tool . By utilizing information technology as a communication medium allows one to communicate while looking at his interlocutor . One device that helps it is a webcam and a microphone . With the help of a webcam and microphone remotely conversation or video conference as if it can be done like a face to face conversation . using a webcam and microphone needed a media server that bridge the communication between the client , one of the media servers that can be used to build a video conferencing system is Red5
Red5 itself is Open Source technology that can act as a flash media server that can stream audio and video , shared object , the client recoreded streams . Red5 supports various multiuser latest APIs including NetConnection , NetStream and SharedObject implementation while providing the RTMP / Servlet . In addition to support for RTMP protocol , application server already has an embedded Tomcat Servlet for JEE Web applications . application development reveals a further advantage with the Spring Framework and Scope based on event -driven service . By using the open source Red5 Media Server , we can develop a platform that is completely open / open and can easily be developed that can be used in Video Conference , Multi - User Gaming and Enterprise Application Software
Keywords : video conferencing , flash media server , Open Source , Red5.
ABSTRAKSI
Kemajuan dunia teknologi informasi yang begitu cepat ditunjang dengan penemuan dan inovasi telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satu penggunaan teknologi informasi yang gencar di gunakan saat ini adalah memaksimalkan teknologi informasi sebagai alat komunikasi. Dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media komunikasi memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat yang membantu hal tersebut adalah webcam dan sebuah microphone. Dengan bantuan webcam dan microphone percakapan jarak jauh atau video conference dapat seakan-akan di lakukan seperti percakapan tatap muka biasa.Selain menggunakan webcam dan microphone diperlukan sebuah media server yang menjebatani komunikasi antara client, salah satu media server yang dapat di gunakan untuk membangun sebuah system video conference adalah Red5. Red5 sendiri adalah teknologi Open Source yang dapat berperan sebagai sebuah flash media server yang dapat melakukan streaming audio maupun video, shared object, recoreded client streams.
Red5 mendukung berbagai multiuser API terkini termasuk NetConnection, NetStream dan SharedObject sambil memberikan implementasi RTMP / Servlet. Di samping dukungan pada protokol RTMP, server aplikasi sudah mempunyai mbedded Tomcat Servlet untuk aplikasi JEE Web. Pengembangan aplikasi menampakan keuntungan lebih lanjut dengan danya Spring Framework and Scope yang berbasis pada layanan event driven. Dengan menggunakan Red5 Media Server open source, kita dapat mengembangkan sebuah platform yang benar-benar terbuka / open dan dapat dengan mudah di kembangkan yang dapat digunakan di Video Conference, Multi-User Gaming dan Enterprise Application Software.
Kata kunci : video conference, flash media server, Open Source, Red5.
1.1. Latar
BelakangPerkembangan internet pada saat ini sudah sangat pesat dengan pemanfaatan sangat luas dan hampir mencakup di segala bidang dan salah satunya yang sedang berkembang pesat yaitu sarana opensource. Opensource merupakan sarana untuk berbagai pihak untuk mengembangkan software atau aplikasi dan salah satunnya adalah Linux dan media steaming Red5,Linux merupakan Operating sistem yang opensource jadi semua orang bisa mengembangkannya tanpa harus akan lisensi dan begitupun Red5 salah satu alternatif server media streaming yang opensource jadi orang bebas untuk
memodifikasi dan mengembangkannya.Perkembangan opensource membuat para pengembang semakin berusaha membuat aplikasi yang mampu memenuhi kebutuhan. Red5 pada dasarnya adalah sebuah flash media server yang dapat melakukan streaming
audio maupun video,shared object,recorded client streams.Dan pada saat ini Red5 sedang di kembangkan di setiap perusahaan,apalagi yang bersifat opensource tidak menutup kemungkinan juga di PT Cahaya Televisi Indonesia sedang di kembangkannya Red5 sebagai alternatif server media streaming walaupun di PT Cahaya Televisi
Indonesia sudah memakai Wowza media server.Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur yang didukung dengan perkembangan teknologi tersebut merupakan sebuah bukti kesungguhan CTV untuk menjadi media informasi dan hiburan bagi
keluarga.Berdasarkan Latar Belakang di atas, penulis membuat laporan Tugas Akhir ini dengan judul “ IMPLEMENTASI MEDIA STREAMING DENGAN MENGGUNAKAN OPENSOURCE RED5 DAN LINUX PADA PT. CAHAYA TELEVISI
INDONESIA”.1.2. Rumusan
MasalahSebagai alternatif media streaming yang tidak berbayar dan mudah untuk di kembangkan juga meminin kan pengeluaran biaya perusahaan,adapun sistem yang saya sedang kembangkan pada Tugas Akhir ini dengan
menggunakan Red5 dan Linux sebagai berikut:Red5 sebagai RTMP (Real Time Messanging Protocol) jadi kita bisa melihat secara live
Audio/Video secara streamingMendukung penyedia konten-konten interaktif seperti live chat,
video conference.Bisa
sebagai mobile streaming.
1.3. Ruang
LingkupKarena banyaknya system yang ada pada perusahaan PT Cahaya Televisi Indonesia menggunakan Opensource seperti operating sistemnya menggunakan linux dan Wowza media server maka penulis hanya membahas salah satu kegiatan yang sedang di kembangkan yaitu mengenai alternatif Red5 sebagai media streaming Dari sistem instalasi di linux,konfigurasi sampai aplikasi yang di
butuhkannya.1.4. Tujuan
dan Manfaat PenelitianAdapun
tujuan dan manfaat dari penulisan Skripsi ini adalah:1.4.1. Tujuan
Penelitian1. Tujuan
OprasionalYaitu untuk menganalisa, mengetahui dan mempelajari kebutuhan dan permasalahan pada sebuah Server Media Streaming Hal ini akan manjadi bahan pertimbangan dalam merancang sebuah Media Streaming dengan pemilihan media internet, terutama dalam pemilihan
teknik dan alat yang akan digunakan.Yaitu untuk memperluas jangkauan penyiaran dengan memberikan informasi dan
hiburan yang lebih mudah diakses oleh masyarakat.- Tujuan Individual
Yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, pengenalan dan pengamatan visual, penerapan Teknologi Informasi guna menunjang proses bisnis pada PT Cahaya Televisi Indonesia, serta lebih
memberikan gambaran mengenai dunia kerja yang sesungguhnya.1.4.2. Manfaat
PenelitianYaitu memberikan pengetahuan mengenai penerapan ilmu dan teori-teori yang telah diperoleh selama di perkuliahan sehingga dapat diterapkan
dalam dunia kerja yang sesunguhnya kelak.2. Manfaat
OperasionalYaitu
memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dengan merancang Webite Streaming yang didukung dengan tampilan menarik, user friendly dan
informatif.- Manfaat Fungsional
Yaitu memberikan pandangan kepada pihak manajemen dan sebagai pengambilan kebijakan mengenai pemanfaatan mediainternet (Website Streaming) untuk memperluas jangkauan penyiaran sekaligus meningkatkan
jumlah pemirsa.1.5. Maksud dan
TujuanMaksud dari penulisan ini memberikan gambaran tentang hasil riset apa dan bagaimana cara menghasilkan informasi tepat, cepat, dan akurat sehingga dapat menghasilkan keluaran seperti yang diharapkan. Selain itu penulis juga ingin menerapkan antara ilmu pengetahuan yang di dapat di kampus dan secara nyata yang ada di luar. Sedangkan tujuan dari penulisan laporan ini untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan
perkulaihan.1.6. Metode
PenelitianMetode penelitian yang penulis pakai dalam penulisan ini adalah wawancara, observasi dan studi pustaka dengan tujuan mendapatkan data dan
keterangan yang diperlukan. Adapun metodenya sebagai berikut :- Metode Wawancara
Dengan metode ini mengandalkan Tanya jawab (wawancara). Dengan pihak yang terlibat langsung yaitu Bapak Ronald sebagai IT Manager dan Reserch & Development di PT Cahaya Televisi Indonesia dalam pengembangan
proses sistem yang berjalan.- Metode Observasi
Dengan metode ini penulis melakukan pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan dan terjun langsung untuk mengetahui sejauh apa sistem yang sedang di kembangkan bersifat opensource yaitu Red5 di PT Cahaya
Televisi Indonesia dengan masalah yang hendak di bahas.Metode Studi
Pustaka
Dengan metode ini penulis mencari dan mengumpulkan data yang diambil dari beberapa buku
referensi yang berhubungan dengan penulisan laporan riset ini.1.7. Sistematika
PenulisanDidalam penulisan laporan riset ini untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai laporan riset dan mempermudah pemahaman uraian lebih lanjut, maka
penulis membagi pokok topik pembahasannya sebagai berikut :BAB I
PENDAHULUANUmum berisi latar belakang penulis memilih materi tersebut, maksud dan tujuan dari penulisan laporan riset, metode penelitian yang penulis pergunakan untuk memperoleh data yang penulis bahkan, ruang lingkup. Dari permasalahan yang akan penulis bahas dari sistematika dalam penulisan
laporan riset.BAB II LANDASAN
TEORIBab ini menjelaskan tentang segala teori-teori yang berhubungan dengan analisa tenteng Red5 media streaming yang berjalan di operating sistem linux yang menjadi acuan dalam menjelaskan setiap permasalahan dan software atau aplikasi yang mendukung dalam membuat suatu media
streaming.BAB III ANALISA
SISTEM YANG BERJALANBab ini berisi tentang pembahasan sistem yang di analisa oleh penulis, meliputi spesifikasi alat, blok diagram, gambar skema Red5 media streamig, hasil analisa dan masalah yang sering timbul serta
cara pemecahannya.Bab ini berisi kesimpulan akhir dari penulis dari seluruh pokok bahasan dari penulisan laporan Tugas Akhir ( TA ) ini sehingga akan diperoleh gambaran nilai dari awal sampai akhir pembahasan dan saran yang
didapat dari hasil kesimpulan yang nantinya akan berguna.